All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Profith83 »

bzt4 wrote: Fri Dec 22, 2023 10:44
Profith83 wrote: Fri Dec 22, 2023 8:28 Hallo senior2x SerayaMotor.

Tolong tanya tentang posisi titik dongkrak.

Paling bagus dongkrak mobil di titik yang mana yah? karena salah dongkrak bisa bisa chasis atau body mobil bengkok
cmiiw ya, setau saya letaknya di samping bawah sejajar pintu. kalo sisi depan lebih dekat ke engsel, sedangkan sisi belakang lebih dekat ke posisi tempat pintu terbuka.
Sisi depan berarti di casis samping?
Atau kalau saya punya dongkrak buaya apakah bisa besi melintang hubungkan chasis? Kalau gak salah juga tempat karet mounting transmisi
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Profith83 »

k1493nk wrote: Sat Dec 23, 2023 1:16
Profith83 wrote: Fri Dec 22, 2023 8:28 Hallo senior2x SerayaMotor.

Tolong tanya tentang posisi titik dongkrak.

Paling bagus dongkrak mobil di titik yang mana yah? karena salah dongkrak bisa bisa chasis atau body mobil bengkok
Ada diagramnya di dongkrak bawaan.
Kalau ban belakang cukup jelas. Bisa di benjolan besi model u hadap keatas, atau di gardan.
Ban depan yang belum jelas dimana
Kalau
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by marmut »

Profith83 wrote: Fri Dec 22, 2023 8:28 Hallo senior2x SerayaMotor.

Tolong tanya tentang posisi titik dongkrak.

Paling bagus dongkrak mobil di titik yang mana yah? karena salah dongkrak bisa bisa chasis atau body mobil bengkok


punya mobil ladder frame bingung titik dongkrak?

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

gimana kalo pake bmw?

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
bzt4
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LCGC

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by bzt4 »

Profith83 wrote: Sat Dec 23, 2023 15:50
bzt4 wrote: Fri Dec 22, 2023 10:44
Profith83 wrote: Fri Dec 22, 2023 8:28 Hallo senior2x SerayaMotor.

Tolong tanya tentang posisi titik dongkrak.

Paling bagus dongkrak mobil di titik yang mana yah? karena salah dongkrak bisa bisa chasis atau body mobil bengkok
cmiiw ya, setau saya letaknya di samping bawah sejajar pintu. kalo sisi depan lebih dekat ke engsel, sedangkan sisi belakang lebih dekat ke posisi tempat pintu terbuka.
Sisi depan berarti di casis samping?
Atau kalau saya punya dongkrak buaya apakah bisa besi melintang hubungkan chasis? Kalau gak salah juga tempat karet mounting transmisi
bukan di sasis samping om, maksud sy di komen diatas itu ancer2 posisinya kalo di sisi depan. kalo tumpuannya bener om, di besi yang panjang itu, tp yg ratanya ya. kan kalo dilihat bentuk besinya seperti ini:

\ _ _ — — _ _ /

kalo dongkrak buaya sy belum pernah nyoba om, pakainya yg bawaan aja. nggak tau deh kalo pake buaya apa bisa ke tengah lagi, soalnya kan kalo pake bawaan enggak sampai. haha
tp ini kalo sy ya om. cmiiw
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Profith83 »

bzt4 wrote: Sat Dec 23, 2023 23:22
Profith83 wrote: Sat Dec 23, 2023 15:50
bzt4 wrote: Fri Dec 22, 2023 10:44

cmiiw ya, setau saya letaknya di samping bawah sejajar pintu. kalo sisi depan lebih dekat ke engsel, sedangkan sisi belakang lebih dekat ke posisi tempat pintu terbuka.
Sisi depan berarti di casis samping?
Atau kalau saya punya dongkrak buaya apakah bisa besi melintang hubungkan chasis? Kalau gak salah juga tempat karet mounting transmisi
bukan di sasis samping om, maksud sy di komen diatas itu ancer2 posisinya kalo di sisi depan. kalo tumpuannya bener om, di besi yang panjang itu, tp yg ratanya ya. kan kalo dilihat bentuk besinya seperti ini:

\ _ _ — — _ _ /

kalo dongkrak buaya sy belum pernah nyoba om, pakainya yg bawaan aja. nggak tau deh kalo pake buaya apa bisa ke tengah lagi, soalnya kan kalo pake bawaan enggak sampai. haha
tp ini kalo sy ya om. cmiiw
Oh besi yang melintang menghubungkan sasis samping kiri dan kanan yah yah om?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Profith83 »

marmut wrote: Sat Dec 23, 2023 16:33
Profith83 wrote: Fri Dec 22, 2023 8:28 Hallo senior2x SerayaMotor.

Tolong tanya tentang posisi titik dongkrak.

Paling bagus dongkrak mobil di titik yang mana yah? karena salah dongkrak bisa bisa chasis atau body mobil bengkok


punya mobil ladder frame bingung titik dongkrak?

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

gimana kalo pake bmw?

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Mobil sedan malah enak om. Posisinya sdh pasti
bzt4
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LCGC

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by bzt4 »

Profith83 wrote: Sun Dec 24, 2023 0:06
Oh besi yang melintang menghubungkan sasis samping kiri dan kanan yah yah om?
Iya om, betul, yang melintang, dari kiri ke kanan, yg berada dekat area mesin.
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pilotgaruda »

Misi suhu2..mau tanya.

Mobil saya anki 2019 diesel at. Kilometer 37rb. Rutin bengkel resmi, dan ga ada modif2an apa2 sama sekali.

Ada kejadian aneh di mobil ana. Mesin suka mendadak mati sendiri, disertai tulisan "charging malfunction" dgn gambar aki di display. Terutama saat baru dipanasin. Abis itu distater2 tp mesin ga nyala2. gejalanya kaya bbm ga masuk ke mesin. ana lock ulang dr remot, trus unlock, baru mesin mau nyala, tp pake diinjek gas dulu. Mesin ga mau nyala kaya imobilizernya masih aktif..


Anehnya kejadiannya hanya pada saat ana keluar kota aja. Selama pake di dalem kota ga pernah kaya gini. Udah 2x kaya gini. Pertama di puncak, dan sekarang di yogya (ana domisili bsd. Ini Kumat lagi pas ana sekarang lg di yogya)

Isi bbm bio solar di spbu yg bersih solarnya, dan pake racun ptt. Kl luar kota selalu pertadex. Ga ada indikator filter solar kotor maupun apa2. Kayak murni bbm ga masuk ke mesin

Ada yg tau kenapa?
bzt4
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LCGC

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by bzt4 »

pilotgaruda wrote: Sun Dec 24, 2023 5:09 Misi suhu2..mau tanya.

Mobil saya anki 2019 diesel at. Kilometer 37rb. Rutin bengkel resmi, dan ga ada modif2an apa2 sama sekali.

Ada kejadian aneh di mobil ana. Mesin suka mendadak mati sendiri, disertai tulisan "charging malfunction" dgn gambar aki di display. Terutama saat baru dipanasin. Abis itu distater2 tp mesin ga nyala2. gejalanya kaya bbm ga masuk ke mesin. ana lock ulang dr remot, trus unlock, baru mesin mau nyala, tp pake diinjek gas dulu. Mesin ga mau nyala kaya imobilizernya masih aktif..


Anehnya kejadiannya hanya pada saat ana keluar kota aja. Selama pake di dalem kota ga pernah kaya gini. Udah 2x kaya gini. Pertama di puncak, dan sekarang di yogya (ana domisili bsd. Ini Kumat lagi pas ana sekarang lg di yogya)

Isi bbm bio solar di spbu yg bersih solarnya, dan pake racun ptt. Kl luar kota selalu pertadex. Ga ada indikator filter solar kotor maupun apa2. Kayak murni bbm ga masuk ke mesin

Ada yg tau kenapa?
ini tebak-tebakan aja ya om,
sepertinya itu ada hubungannya dgn pemakaian mobil dalam waktu lama. bisa jd karena penggunaan elektrikal selama di jalan, sprt nyalanya lampu di malam hari, atau penggunaan soket acc buat ngecas hp/gadget lainnya. intinya ada kondisi dimana kelistrikan seperti terganggu membuat daya kayak nggak ngisi.
mobilnya standar kan om? nggak ada ganti lampu/klakson/pasang audio kan?
berarti curiga yg pertama di aki. kpn terakhir ganti aki om?
kalo aki masih baru, kemungkinan kedua ya alternatornya. kalo bukan juga berarti ada hubungannya sama wiring sepertinya. kalo ketiganya aman, nggak tau deh darimana.

nggak coba diperiksa ke bengkel buat dicek om? tp jd kebuang waktu liburannya...
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by walid_007 »

KielConstantine wrote: Sat Dec 23, 2023 9:23
walid_007 wrote: Sat Dec 23, 2023 7:47 halo
reborn sy ngalamin geter klo di kecepatan 130-150 . setir bergeter dody juga ikutan
klo di kecepatan dibawah itu dan diatas itu ga geter lagi
., kemdudian di kec 60-80 an ada bunyi ngung2 ngung2
kira2 dr ban apa ada bearing rusak ya
reborn nik 22 km 50rb
tq
Coba difinish balance dulu aja bann nya om . Tambahin timah…

Odo masih goban harusnya mah engine + kaki2 OEM sehat walafiat
siap omm thankss
engine roaring!
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pilotgaruda »

bzt4 wrote: Sun Dec 24, 2023 6:13
pilotgaruda wrote: Sun Dec 24, 2023 5:09 Misi suhu2..mau tanya.

Mobil saya anki 2019 diesel at. Kilometer 37rb. Rutin bengkel resmi, dan ga ada modif2an apa2 sama sekali.

Ada kejadian aneh di mobil ana. Mesin suka mendadak mati sendiri, disertai tulisan "charging malfunction" dgn gambar aki di display. Terutama saat baru dipanasin. Abis itu distater2 tp mesin ga nyala2. gejalanya kaya bbm ga masuk ke mesin. ana lock ulang dr remot, trus unlock, baru mesin mau nyala, tp pake diinjek gas dulu. Mesin ga mau nyala kaya imobilizernya masih aktif..


Anehnya kejadiannya hanya pada saat ana keluar kota aja. Selama pake di dalem kota ga pernah kaya gini. Udah 2x kaya gini. Pertama di puncak, dan sekarang di yogya (ana domisili bsd. Ini Kumat lagi pas ana sekarang lg di yogya)

Isi bbm bio solar di spbu yg bersih solarnya, dan pake racun ptt. Kl luar kota selalu pertadex. Ga ada indikator filter solar kotor maupun apa2. Kayak murni bbm ga masuk ke mesin

Ada yg tau kenapa?
ini tebak-tebakan aja ya om,
sepertinya itu ada hubungannya dgn pemakaian mobil dalam waktu lama. bisa jd karena penggunaan elektrikal selama di jalan, sprt nyalanya lampu di malam hari, atau penggunaan soket acc buat ngecas hp/gadget lainnya. intinya ada kondisi dimana kelistrikan seperti terganggu membuat daya kayak nggak ngisi.
mobilnya standar kan om? nggak ada ganti lampu/klakson/pasang audio kan?
berarti curiga yg pertama di aki. kpn terakhir ganti aki om?
kalo aki masih baru, kemungkinan kedua ya alternatornya. kalo bukan juga berarti ada hubungannya sama wiring sepertinya. kalo ketiganya aman, nggak tau deh darimana.

nggak coba diperiksa ke bengkel buat dicek om? tp jd kebuang waktu liburannya...
Standart semua om. Aki jg masih bagus. Sbelom di bawa roadtrip udah dicek. Cm pake car charger aja dimobil. Audio mati, lampu jg ga pake (jalan pagi).

InsyaAllah sampe jakarta mau cek ke bengkel lagi
Tengkyu ya om udah jawab
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Profith83 »

pilotgaruda wrote: Sun Dec 24, 2023 5:09 Misi suhu2..mau tanya.

Mobil saya anki 2019 diesel at. Kilometer 37rb. Rutin bengkel resmi, dan ga ada modif2an apa2 sama sekali.

Ada kejadian aneh di mobil ana. Mesin suka mendadak mati sendiri, disertai tulisan "charging malfunction" dgn gambar aki di display. Terutama saat baru dipanasin. Abis itu distater2 tp mesin ga nyala2. gejalanya kaya bbm ga masuk ke mesin. ana lock ulang dr remot, trus unlock, baru mesin mau nyala, tp pake diinjek gas dulu. Mesin ga mau nyala kaya imobilizernya masih aktif..


Anehnya kejadiannya hanya pada saat ana keluar kota aja. Selama pake di dalem kota ga pernah kaya gini. Udah 2x kaya gini. Pertama di puncak, dan sekarang di yogya (ana domisili bsd. Ini Kumat lagi pas ana sekarang lg di yogya)

Isi bbm bio solar di spbu yg bersih solarnya, dan pake racun ptt. Kl luar kota selalu pertadex. Ga ada indikator filter solar kotor maupun apa2. Kayak murni bbm ga masuk ke mesin

Ada yg tau kenapa?
Mau jawab bingung karena display nya yang nyala aki.
Tapi seperti solar telat gejalanya.

Om sdh pernah ganti filter solar?
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pilotgaruda »

[quote=Profith83 post_id=1286389 time=1703428472
[/quote]

Mau jawab bingung karena display nya yang nyala aki.
Tapi seperti solar telat gejalanya.

Om sdh pernah ganti filter solar?
[/quote]

Udah pernah gan. Dulu pas pertama kali eror kaya gini pas di puncak, udah 7-8 bulan yg lalu. Itu filter solarnya baru ganti, masih fresh.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by MSU »

pilotgaruda wrote: Sun Dec 24, 2023 5:09 Misi suhu2..mau tanya.

Mobil saya anki 2019 diesel at. Kilometer 37rb. Rutin bengkel resmi, dan ga ada modif2an apa2 sama sekali.

Ada kejadian aneh di mobil ana. Mesin suka mendadak mati sendiri, disertai tulisan "charging malfunction" dgn gambar aki di display. Terutama saat baru dipanasin. Abis itu distater2 tp mesin ga nyala2. gejalanya kaya bbm ga masuk ke mesin. ana lock ulang dr remot, trus unlock, baru mesin mau nyala, tp pake diinjek gas dulu. Mesin ga mau nyala kaya imobilizernya masih aktif..


Anehnya kejadiannya hanya pada saat ana keluar kota aja. Selama pake di dalem kota ga pernah kaya gini. Udah 2x kaya gini. Pertama di puncak, dan sekarang di yogya (ana domisili bsd. Ini Kumat lagi pas ana sekarang lg di yogya)

Isi bbm bio solar di spbu yg bersih solarnya, dan pake racun ptt. Kl luar kota selalu pertadex. Ga ada indikator filter solar kotor maupun apa2. Kayak murni bbm ga masuk ke mesin

Ada yg tau kenapa?
Tebak2 aja om...kalo kondisi full standard....mgkn cek dulu kepala aki ada yg kendor atau ga
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pilotgaruda »

MSU wrote: Mon Dec 25, 2023 2:39
pilotgaruda wrote: Sun Dec 24, 2023 5:09 Misi suhu2..mau tanya.

Mobil saya anki 2019 diesel at. Kilometer 37rb. Rutin bengkel resmi, dan ga ada modif2an apa2 sama sekali.

Ada kejadian aneh di mobil ana. Mesin suka mendadak mati sendiri, disertai tulisan "charging malfunction" dgn gambar aki di display. Terutama saat baru dipanasin. Abis itu distater2 tp mesin ga nyala2. gejalanya kaya bbm ga masuk ke mesin. ana lock ulang dr remot, trus unlock, baru mesin mau nyala, tp pake diinjek gas dulu. Mesin ga mau nyala kaya imobilizernya masih aktif..


Anehnya kejadiannya hanya pada saat ana keluar kota aja. Selama pake di dalem kota ga pernah kaya gini. Udah 2x kaya gini. Pertama di puncak, dan sekarang di yogya (ana domisili bsd. Ini Kumat lagi pas ana sekarang lg di yogya)

Isi bbm bio solar di spbu yg bersih solarnya, dan pake racun ptt. Kl luar kota selalu pertadex. Ga ada indikator filter solar kotor maupun apa2. Kayak murni bbm ga masuk ke mesin

Ada yg tau kenapa?
Tebak2 aja om...kalo kondisi full standard....mgkn cek dulu kepala aki ada yg kendor atau ga
Kenceng semua. Td pompa difilter dicoba di pump sampe keras. Di stater nyala. Sekitar 5 menitan mati lagi. Kaya solar dr filter ga naik ke mesin.

Mungkin masuk angin ga? Ga pernah keabisan solar sih selama punya
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by MSU »

pilotgaruda wrote: Mon Dec 25, 2023 5:43
MSU wrote: Mon Dec 25, 2023 2:39
pilotgaruda wrote: Sun Dec 24, 2023 5:09 Misi suhu2..mau tanya.

Mobil saya anki 2019 diesel at. Kilometer 37rb. Rutin bengkel resmi, dan ga ada modif2an apa2 sama sekali.

Ada kejadian aneh di mobil ana. Mesin suka mendadak mati sendiri, disertai tulisan "charging malfunction" dgn gambar aki di display. Terutama saat baru dipanasin. Abis itu distater2 tp mesin ga nyala2. gejalanya kaya bbm ga masuk ke mesin. ana lock ulang dr remot, trus unlock, baru mesin mau nyala, tp pake diinjek gas dulu. Mesin ga mau nyala kaya imobilizernya masih aktif..


Anehnya kejadiannya hanya pada saat ana keluar kota aja. Selama pake di dalem kota ga pernah kaya gini. Udah 2x kaya gini. Pertama di puncak, dan sekarang di yogya (ana domisili bsd. Ini Kumat lagi pas ana sekarang lg di yogya)

Isi bbm bio solar di spbu yg bersih solarnya, dan pake racun ptt. Kl luar kota selalu pertadex. Ga ada indikator filter solar kotor maupun apa2. Kayak murni bbm ga masuk ke mesin

Ada yg tau kenapa?
Tebak2 aja om...kalo kondisi full standard....mgkn cek dulu kepala aki ada yg kendor atau ga
Kenceng semua. Td pompa difilter dicoba di pump sampe keras. Di stater nyala. Sekitar 5 menitan mati lagi. Kaya solar dr filter ga naik ke mesin.

Mungkin masuk angin ga? Ga pernah keabisan solar sih selama punya
Mirip gejala masuk angin...paling cek selang2...klem2 ama pas ganti filter solar mesti kenceng krn takutnya kendor malah angin jd masuk
bzt4
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LCGC

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by bzt4 »

om @pilotgaruda,

itu waktu muncul error di layarnya pertama kali di puncak apakah terjadi setelah ganti aki terakhir, atau sebelum ganti aki?
mau nambahin aja,
bisa jd bener seperti kata om @MSU, coba akinya dicek pemasangannya, mungkin bisa di lepas dulu trus pasang lagi.
soalnya kalo dari cerita om, sy nebaknya itu fuel pump seperti terganggu fungsinya akibat kurangnya pasokan listrik.
selain itu berdampak juga ke immobilizernya jd kayak nggak bisa berfungsi dengan benar.
dan juga apakah ada kabel² di area mesin yang kebuka akibat terkelupas atau digigit binatang.
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pilotgaruda »

Update:

Alhamdulillah innova ana udah up and running lagi.

Kemaren panggil ths dateng kerumah. Udah dianalisa. Problemnya di filter solar yg karet ring luarnya getas. Jadi housing filternya kemasukan udara (solar sampai netes2 ke jalan saat mesin nyala).

Ana terakhir ganti pake filter yg 100rban. Kalau pakai filter yg ori, housing dan filter rapet. Sehingga kalopun karet luar kendor, masih ada karet2 yg di filter yg nahan udara.

Karena filter yg ana pakai kw (ukuran berbeda sedikit sekali dgn ori), housing dan filter jadi tidak terlalu ngepres. Jadi saat karet luar sudah getas sedikit, masuklah udara ke housing filter. Sedikit saja udara masuk melalui celah2 karet yg udah getas, udah bikin mesin ga mau nyala dan solar netes2.

Bisa jadi masukan utk ana dan agan2 disini untuk lebih selektif kalau beli filter solar.

Thanks agan2.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9684
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by Suryaputra »

pilotgaruda wrote: Wed Dec 27, 2023 2:27 Update:

Alhamdulillah innova ana udah up and running lagi.

Kemaren panggil ths dateng kerumah. Udah dianalisa. Problemnya di filter solar yg karet ring luarnya getas. Jadi housing filternya kemasukan udara (solar sampai netes2 ke jalan saat mesin nyala).

Ana terakhir ganti pake filter yg 100rban. Kalau pakai filter yg ori, housing dan filter rapet. Sehingga kalopun karet luar kendor, masih ada karet2 yg di filter yg nahan udara.

Karena filter yg ana pakai kw (ukuran berbeda sedikit sekali dgn ori), housing dan filter jadi tidak terlalu ngepres. Jadi saat karet luar sudah getas sedikit, masuklah udara ke housing filter. Sedikit saja udara masuk melalui celah2 karet yg udah getas, udah bikin mesin ga mau nyala dan solar netes2.

Bisa jadi masukan utk ana dan agan2 disini untuk lebih selektif kalau beli filter solar.

Thanks agan2.
nice info mbah

emang asli debest yaa
walaupun hanya sebuah filter, tapi impactnya itu gak sebanding ngirit VS akibat nya :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pukapukk
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Jan 08, 2024 10:50
Location: semarang
Daily Vehicle: reborn diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pukapukk »

halo... salam kenal...

kebetulan saya habis meminang reborn diesel 2nd, th 2018 km baru jalan 62k
saya cek record service ini belum pernah ada penggantian oli matic

untuk area semarang, apakah bengkel resmi nasmoco recomended untuk flushing?
atau adakah bengkel rekomendasi untuk ganti oli maticnya ?

untuk oli saya baca2 di sini rekomendasi dari om Turbo Aisin AFW+ ya? kalau di toped seller yang rekomended apa ya?

untuk remap sekalian, di semarang mana ya yang recomended?

terima kasih sebelumnya
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by well »

pukapukk wrote: Tue Jan 09, 2024 8:57 halo... salam kenal...

kebetulan saya habis meminang reborn diesel 2nd, th 2018 km baru jalan 62k
saya cek record service ini belum pernah ada penggantian oli matic

untuk area semarang, apakah bengkel resmi nasmoco recomended untuk flushing?
atau adakah bengkel rekomendasi untuk ganti oli maticnya ?

untuk oli saya baca2 di sini rekomendasi dari om Turbo Aisin AFW+ ya? kalau di toped seller yang rekomended apa ya?

untuk remap sekalian, di semarang mana ya yang recomended?

terima kasih sebelumnya
kalau flushing di beres jg gpp, cuma biasanya tidak boleh bawa oli sendiri.
kalau di Auto 2*** flushing metic harganya standart.
dapat harga brp om? seri apa?
pukapukk
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Jan 08, 2024 10:50
Location: semarang
Daily Vehicle: reborn diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pukapukk »

well wrote: Tue Jan 09, 2024 9:58
pukapukk wrote: Tue Jan 09, 2024 8:57 halo... salam kenal...

kebetulan saya habis meminang reborn diesel 2nd, th 2018 km baru jalan 62k
saya cek record service ini belum pernah ada penggantian oli matic

untuk area semarang, apakah bengkel resmi nasmoco recomended untuk flushing?
atau adakah bengkel rekomendasi untuk ganti oli maticnya ?

untuk oli saya baca2 di sini rekomendasi dari om Turbo Aisin AFW+ ya? kalau di toped seller yang rekomended apa ya?

untuk remap sekalian, di semarang mana ya yang recomended?

terima kasih sebelumnya
kalau flushing di beres jg gpp, cuma biasanya tidak boleh bawa oli sendiri.
kalau di Auto 2*** flushing metic harganya standart.
dapat harga brp om? seri apa?
seri v dapet di 350
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by forzanetti »

pukapukk wrote: Tue Jan 09, 2024 8:57 halo... salam kenal...

kebetulan saya habis meminang reborn diesel 2nd, th 2018 km baru jalan 62k
saya cek record service ini belum pernah ada penggantian oli matic

untuk area semarang, apakah bengkel resmi nasmoco recomended untuk flushing?
atau adakah bengkel rekomendasi untuk ganti oli maticnya ?

untuk oli saya baca2 di sini rekomendasi dari om Turbo Aisin AFW+ ya? kalau di toped seller yang rekomended apa ya?

untuk remap sekalian, di semarang mana ya yang recomended?

terima kasih sebelumnya
setau saya kalo oli matic Aisin lebih cocok AFW VI buat reborn, visconya lebih deket ke Toyota WS meskipun AFW+ juga compatible ke WS.

seller Aisin bisa ke Indo Utama Otoparts, kalo ga salah itu distributor utama Aisin di Indonesia.

CMIIW
pukapukk
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Mon Jan 08, 2024 10:50
Location: semarang
Daily Vehicle: reborn diesel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by pukapukk »

forzanetti wrote: Tue Jan 09, 2024 16:23
pukapukk wrote: Tue Jan 09, 2024 8:57 halo... salam kenal...

kebetulan saya habis meminang reborn diesel 2nd, th 2018 km baru jalan 62k
saya cek record service ini belum pernah ada penggantian oli matic

untuk area semarang, apakah bengkel resmi nasmoco recomended untuk flushing?
atau adakah bengkel rekomendasi untuk ganti oli maticnya ?

untuk oli saya baca2 di sini rekomendasi dari om Turbo Aisin AFW+ ya? kalau di toped seller yang rekomended apa ya?

untuk remap sekalian, di semarang mana ya yang recomended?

terima kasih sebelumnya
setau saya kalo oli matic Aisin lebih cocok AFW VI buat reborn, visconya lebih deket ke Toyota WS meskipun AFW+ juga compatible ke WS.

seller Aisin bisa ke Indo Utama Otoparts, kalo ga salah itu distributor utama Aisin di Indonesia.

CMIIW
Oh AFW VI udah dexron VI sementara AFW+ baru dexron III, tetapi baca2 di belakang Om Turbo rekomen AFW+

seller nya ini bukan ya? https://www.tokopedia.com/indoautoshop/etalase/pelumas
banyak palsunya ga sih? ngeri2 juga beli oli di online katanya banyak yang palsu
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 4)

Post by well »

pukapukk wrote: Tue Jan 09, 2024 10:21
well wrote: Tue Jan 09, 2024 9:58
pukapukk wrote: Tue Jan 09, 2024 8:57 halo... salam kenal...

kebetulan saya habis meminang reborn diesel 2nd, th 2018 km baru jalan 62k
saya cek record service ini belum pernah ada penggantian oli matic

untuk area semarang, apakah bengkel resmi nasmoco recomended untuk flushing?
atau adakah bengkel rekomendasi untuk ganti oli maticnya ?

untuk oli saya baca2 di sini rekomendasi dari om Turbo Aisin AFW+ ya? kalau di toped seller yang rekomended apa ya?

untuk remap sekalian, di semarang mana ya yang recomended?

terima kasih sebelumnya
kalau flushing di beres jg gpp, cuma biasanya tidak boleh bawa oli sendiri.
kalau di Auto 2*** flushing metic harganya standart.
dapat harga brp om? seri apa?
seri v dapet di 350
ngeri harganya, kuat banget..
mobil kantor sy pakai reborn bensin kmrn flushing pakai AFW VI, so far tdk ada kendala, sy tidak tahu apa transmisinya sama dengan yg diesel apa tdk.