Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by zzzprince »

Izin gelar thread dimari om momod dan member serayamotor

Kali ini mau minta opini plus-minus nya zenix dan reborn baik dari pemakai maupun ex pemakai

Background
Kebetulan 4 tahun terakhir pakai RWD Ladder Frame 2014 GNKI E MT Bensin angkut bekas dan 2021 Transmover angkut dari baru, penggunaan dalam kota Balikpapan dan kadang dipake ke area yang belom mulus jalannya. Sempet bawa Calya dari Jawa tapi gak kuat kalo ketemu daerah yang belom aspal dan banyak perbukitan, pasti selip dan akhirnya pulang lagi mobilnya ke Jawa dipake mertua.

Sejauh ini Transmover yang bolak balik claim warranty, sementara GNKI baru jajan kopling sama seal cover valve. Berhubung mau pindah penempatan balik lagi ke Jawa dan ada wacana GNKI dan Transmover mau dilipet aja jadi 1 unit baru buat pake di Jawa. GNKI udah ada yg minat dan mungkin Transmover juga bakal dijual di Kalimantan.

Liat harga kijang series yang depresiasinya cukup kecil, dan di Jawa masih melimpah biosolar dan juga tol pada mulus, pingin angkut salah satu Zenix G HV atau Reborn Diesel AT, rencana pemakaian harian dan akan roadtrip Jakarta-surabaya per 3bulan nyetir berdua istri.

Kira-kira dengan penggunaan saya, cocoknya ke zenix atau reborn ya,? Sekilas stereotype yang sering didenger reborn badak, tapi plain rasa bawanya. Sementara zenix udah terapkan teknologi terbaru, tapi ya batere nya ada masa pakainya, harapan mobil bisa dipake jangka panjang tapi gak terlalu plain biar gak bosen nyetir mobilnya. Mohon masukannya, mungkin ada yang bisa kasih opini selain reborn/zenix juga boleh, terima kasih.

Regards
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by adityawei »

Ikut jawab

Jalanan banyak rusak ? Reborn
Jalanan alus, butuh lega di dalem ? Zenix

Issue di zenix so far yang paling mengganggu buat saya adalah built quality yang ngaco, semoga next batch membaik.. selama ga ada masalah sama BQ interiornya sih zenix enak2 aja.. buat baterai sebenernya ngga bs dijawab dalam waktu dekat sih.. toh garani 8 tahun / 160rb km ( untung2an rusak / ngga )
Untuk plain nyetir sih, impresi saya zenix malah berasa lebih plain dari reborn, tipikal mobil nyaman, setir enteng..
Cari fun to drive ? Go for mazda / honda..


Btw saya habis pindah dari 2kd 2013 ke monokok jg.. males beli reborn 2gd. Cari unit seger susah, sekalinya ada unit seger harganya ngawur..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by zzzprince »

adityawei wrote:Ikut jawab

Jalanan banyak rusak ? Reborn
Jalanan alus, butuh lega di dalem ? Zenix

Issue di zenix so far yang paling mengganggu buat saya adalah built quality yang ngaco, semoga next batch membaik.. selama ga ada masalah sama BQ interiornya sih zenix enak2 aja.. buat baterai sebenernya ngga bs dijawab dalam waktu dekat sih.. toh garani 8 tahun / 160rb km ( untung2an rusak / ngga )
Untuk plain nyetir sih, impresi saya zenix malah berasa lebih plain dari reborn, tipikal mobil nyaman, setir enteng..
Cari fun to drive ? Go for mazda / honda..


Btw saya habis pindah dari 2kd 2013 ke monokok jg.. males beli reborn 2gd. Cari unit seger susah, sekalinya ada unit seger harganya ngawur..
Mungkin kedepannya jalan yg dilewatin lebih Alus daripada yg dilalui pas di Kalimantan om.. berarti cenderung ambil zenix aja yaa, bosen juga 4thn pake RWD melulu

Btw ambil unit monokok dari merk dan tipe apa om?
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by adityawei »

zzzprince wrote:
adityawei wrote:Ikut jawab

Jalanan banyak rusak ? Reborn
Jalanan alus, butuh lega di dalem ? Zenix

Issue di zenix so far yang paling mengganggu buat saya adalah built quality yang ngaco, semoga next batch membaik.. selama ga ada masalah sama BQ interiornya sih zenix enak2 aja.. buat baterai sebenernya ngga bs dijawab dalam waktu dekat sih.. toh garani 8 tahun / 160rb km ( untung2an rusak / ngga )
Untuk plain nyetir sih, impresi saya zenix malah berasa lebih plain dari reborn, tipikal mobil nyaman, setir enteng..
Cari fun to drive ? Go for mazda / honda..


Btw saya habis pindah dari 2kd 2013 ke monokok jg.. males beli reborn 2gd. Cari unit seger susah, sekalinya ada unit seger harganya ngawur..
Mungkin kedepannya jalan yg dilewatin lebih Alus daripada yg dilalui pas di Kalimantan om.. berarti cenderung ambil zenix aja yaa, bosen juga 4thn pake RWD melulu

Btw ambil unit monokok dari merk dan tipe apa om?
Cb test drive dulu aja om..
RWD ngga selamanya jelek kok.. kalao ngomongin durability sdh pasti menang.. kalahnya reborn diesel sih sdh pasti di oli lebih banyak ( dan mahal ) + sering cek filter solar kalau pakai biosol..

Skr pake CRV RW non prestij om.. ambil seken karena harga lebih bersahabat drpd 2GD yg kegoreng banget..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by ChZ »

adityawei wrote: Sun Aug 27, 2023 12:32 Skr pake CRV RW non prestij om.. ambil seken karena harga lebih bersahabat drpd 2GD yg kegoreng banget..
Wuih dah dapet RW bro? :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by adityawei »

ChZ wrote:
adityawei wrote: Sun Aug 27, 2023 12:32 Skr pake CRV RW non prestij om.. ambil seken karena harga lebih bersahabat drpd 2GD yg kegoreng banget..
Wuih dah dapet RW bro? :big_grin:
Udahh.. full record.. recall aman, checklist sing tak tanya semua amann.. wkwkwkwkwk
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by ChZ »

adityawei wrote: Sun Aug 27, 2023 13:20 Udahh.. full record.. recall aman, checklist sing tak tanya semua amann.. wkwkwkwkwk
Mantap... Welkam to the club bro :mky_03:

Ane 2 hari di jakarta dpt pinjeman ribon 2.8 suv... Biasa kena monokok cape ama bantingannya ribon SUV. Wkwkwkwkw
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by adityawei »

ChZ wrote:
adityawei wrote: Sun Aug 27, 2023 13:20 Udahh.. full record.. recall aman, checklist sing tak tanya semua amann.. wkwkwkwkwk
Mantap... Welkam to the club bro :mky_03:

Ane 2 hari di jakarta dpt pinjeman ribon 2.8 suv... Biasa kena monokok cape ama bantingannya ribon SUV. Wkwkwkwkw
Dpt unitnya agak lmyn ini
2020 akhir, full peredam, KM 36k..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by ChZ »

adityawei wrote: Sun Aug 27, 2023 13:29
ChZ wrote:
adityawei wrote: Sun Aug 27, 2023 13:20 Udahh.. full record.. recall aman, checklist sing tak tanya semua amann.. wkwkwkwkwk
Mantap... Welkam to the club bro :mky_03:

Ane 2 hari di jakarta dpt pinjeman ribon 2.8 suv... Biasa kena monokok cape ama bantingannya ribon SUV. Wkwkwkwkw
Dpt unitnya agak lmyn ini
2020 akhir, full peredam, KM 36k..
Wah apik. Meh podo duwe ku kilometere :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by AbdulHakim »

zzzprince wrote: Sun Aug 27, 2023 8:19 Izin gelar thread dimari om momod dan member serayamotor

Kali ini mau minta opini plus-minus nya zenix dan reborn baik dari pemakai maupun ex pemakai

Background
Kebetulan 4 tahun terakhir pakai RWD Ladder Frame 2014 GNKI E MT Bensin angkut bekas dan 2021 Transmover angkut dari baru, penggunaan dalam kota Balikpapan dan kadang dipake ke area yang belom mulus jalannya. Sempet bawa Calya dari Jawa tapi gak kuat kalo ketemu daerah yang belom aspal dan banyak perbukitan, pasti selip dan akhirnya pulang lagi mobilnya ke Jawa dipake mertua.

Sejauh ini Transmover yang bolak balik claim warranty, sementara GNKI baru jajan kopling sama seal cover valve. Berhubung mau pindah penempatan balik lagi ke Jawa dan ada wacana GNKI dan Transmover mau dilipet aja jadi 1 unit baru buat pake di Jawa. GNKI udah ada yg minat dan mungkin Transmover juga bakal dijual di Kalimantan.

Liat harga kijang series yang depresiasinya cukup kecil, dan di Jawa masih melimpah biosolar dan juga tol pada mulus, pingin angkut salah satu Zenix G HV atau Reborn Diesel AT, rencana pemakaian harian dan akan roadtrip Jakarta-surabaya per 3bulan nyetir berdua istri.

Kira-kira dengan penggunaan saya, cocoknya ke zenix atau reborn ya,? Sekilas stereotype yang sering didenger reborn badak, tapi plain rasa bawanya. Sementara zenix udah terapkan teknologi terbaru, tapi ya batere nya ada masa pakainya, harapan mobil bisa dipake jangka panjang tapi gak terlalu plain biar gak bosen nyetir mobilnya. Mohon masukannya, mungkin ada yang bisa kasih opini selain reborn/zenix juga boleh, terima kasih.

Regards
Ijin sumbang saran ya om
Jawa? Monocoque saja, ambil Zenix gasoline, lebih worry free ke depannya.
Di sini saya liat Zenix ngantri di dispenser RON90, no issue kyknya, aToyot pasti sudah setting biar aman dikasih bbm bersubsidi.
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 292
Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by marr »

Nimbrung juga yaa om

Ane skrng ada reborn bensin metik 2017 di rumah.. lately lagi dapet mobil kantor reborn 2gd manual yg kebetulan diisinya full dex… aluss narik fun bener tarikannya dibanding sama yg bensin 🤣🤣🤣

Mulai galau kepikiran mau tuker guling sama reborn 2gd, pas liat PL harganya beda tipis sama zenik bensin..

Salah satu concern lain pengen reborn aja krn garasi udh mepet bgt.. takut pake zenix ga muat masuk rumah krn mobilnya menggendut dari reborn
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by darrelund »

tergantung rute

klo mayoritas aspal mah enakan zenix

begimanapun empuknya ribon, ttp geter" kecilnya itu walo ga kerasa tapi bikin badan cape. akumulatif

atau klo mau seru dikit, paling crv turbo :big_biglaugh:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by ctopher7 »

kalo dibilang reborn plain rasa bawanya, menurut saya sih engga ya. reborn diesel diisi biosolar aja narik om, saya pake anf isi full bio solar aja tarikan bawahnya berasa ngisi. cuman atasnya rada bengek, apalagi kalo uda lewat 150.

kalo handling, lebih enak anf standar drpd reborn standar. rebordnstandar berasa jauh lebih limbung (uda nyobain sndiri, venturer 2021 dan anf 2021). mungkin karena settingan mpv dibikin lebih lembek drpd suv

intinya kalo ngejer operasional murah pake bio solar, silahkan beli 2gd/1gd. kalo ga demen bio solar, banyak mobil yang lebih enak drpd ini dengan harga yang sama
pecinta bio solar
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by carlzeiss »

Zenix aja om, skrg mah milih reborn diesel cuman klo pake dimedan yang kurang bersahabat sama emg doyan cumi cumi sisanya zenix refinement dari reborn
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by KielConstantine »

zzzprince wrote: Sun Aug 27, 2023 8:19 Kira-kira dengan penggunaan saya, cocoknya ke zenix atau reborn ya,? Sekilas stereotype yang sering didenger reborn badak, tapi plain rasa bawanya. Sementara zenix udah terapkan teknologi terbaru, tapi ya batere nya ada masa pakainya, harapan mobil bisa dipake jangka panjang tapi gak terlalu plain biar gak bosen nyetir mobilnya. Mohon masukannya, mungkin ada yang bisa kasih opini selain reborn/zenix juga boleh, terima kasih.
Budget brarti kurang lebih 400 jt kan ya..

Coba CR-V turbo prestige PFL deh
CX-5 prefl juga ok
Zenix g hybrid jg masuk seh buat rasain teknologi baru

Di pulau jawa masih gampang pelihara modelan diatas. Kcuali emang daerah2 pulau laen pasti ane kasih saran reborn bensin .. klo pake diesel 2gd di pulau laen malah susah cari solar ya. Jadi whats the point pelihara diesel klo tinggal di sumatra / kalimantan :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by kendibocor »

+1 bwat zenix.
Kalo biasa pake bensin nanti pake solar berasa brisik, geter, n bau apalg kalo isi biosol. Lagian pake seputaran p.jawa mah jalanan uda mulus semua. Kecuali niatannya bwat jd cumi ngebul remap2an trus zigzag di tol baru deh :ngacir:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by Pboyz97 »

zzzprince wrote: Sun Aug 27, 2023 8:19 Izin gelar thread dimari om momod dan member serayamotor

Kali ini mau minta opini plus-minus nya zenix dan reborn baik dari pemakai maupun ex pemakai

Background
Kebetulan 4 tahun terakhir pakai RWD Ladder Frame 2014 GNKI E MT Bensin angkut bekas dan 2021 Transmover angkut dari baru, penggunaan dalam kota Balikpapan dan kadang dipake ke area yang belom mulus jalannya. Sempet bawa Calya dari Jawa tapi gak kuat kalo ketemu daerah yang belom aspal dan banyak perbukitan, pasti selip dan akhirnya pulang lagi mobilnya ke Jawa dipake mertua.

Sejauh ini Transmover yang bolak balik claim warranty, sementara GNKI baru jajan kopling sama seal cover valve. Berhubung mau pindah penempatan balik lagi ke Jawa dan ada wacana GNKI dan Transmover mau dilipet aja jadi 1 unit baru buat pake di Jawa. GNKI udah ada yg minat dan mungkin Transmover juga bakal dijual di Kalimantan.

Liat harga kijang series yang depresiasinya cukup kecil, dan di Jawa masih melimpah biosolar dan juga tol pada mulus, pingin angkut salah satu Zenix G HV atau Reborn Diesel AT, rencana pemakaian harian dan akan roadtrip Jakarta-surabaya per 3bulan nyetir berdua istri.

Kira-kira dengan penggunaan saya, cocoknya ke zenix atau reborn ya,? Sekilas stereotype yang sering didenger reborn badak, tapi plain rasa bawanya. Sementara zenix udah terapkan teknologi terbaru, tapi ya batere nya ada masa pakainya, harapan mobil bisa dipake jangka panjang tapi gak terlalu plain biar gak bosen nyetir mobilnya. Mohon masukannya, mungkin ada yang bisa kasih opini selain reborn/zenix juga boleh, terima kasih.

Regards
kebetulan ex user gnki v bensin at 2014, reborn g diesel at 2018, avanza g mt 2017, 2018 & 2019 yg mesinnya persis transmover + sekarang pake AN Voxy 2023 yg drivetrainnya mirip zenix hybrid . tergantung jawanya dimana, secara pulau jawa lumayan gede dan ada beberapa provinsi. tapi kalo ts nya sendiri ada kata kunci "roadtrip jkt - sby" per 3 bulan saya merem reborn diesel at udh. kecuali jawanya makenya cuma muter muter jabodetabek aja baru zenix. tapi kalo sering luar kota, apalagi 3 bulan sekali saya merem reborn diesel. biarpun plain rasa bawanya tapi enak bgt buat lukot, saya dulu pernah bawa reborn saya jakarta- cirebon - tegal - semarang - solo - karanganyar PP lari 120 bener2 effortless bgt :big_biglaugh: , konsumsi bbmnya kalo lukot jg gajauh beda sm zenix HV, paling beda 2-3 km doang. zenix HV enaknya kalo dipake muter2 dalkot, soalnya dia jauh lebih irit dibanding diesel, tapi kalo lukot, apalagi jakarta - surabaya, saya merem diesel udh, konsumsi bbm gajauh beda tapi tarikannya jauhhhh lebih asyikk hehehe. pengalaman lukot pake voxy tarikannya ampun deh, bengekkk bgt, mau nyalip aja mesti digas dalam dulu. sedangkan pas pake reborn diesel bener2 effortless, gas 1/2 aja udh berasa tarikannya :big_biglaugh: . kalo di sby mah gausah kuatir soal diesel, justru populasi diesel terbanyak di jawa ada disana setau saya hehehe . sm kalo dari GNKI + transmover ke reborn bakal nyaman kok, gak berasa plain, malah berasa upgrade dari segi fitur, desain & teknologinya hehehe, apalagi punya om gnki nya bensin . udh memenuhi kriteria kalo emg mau dijadiin 1 mobil aja itu reborn diesel, tipe g jg udh cukup sebenernya kalo emg mau merasakan semua kelebihan reborn, tp kalo mau yg lebih kedap sm fitur lebih lengkap bisa lirik tipe v , q or venturer , harusnya di budget zenix G hybrid dapet yg tahun muda kondisi bagus kalo di kota saya jabodetabek hehehe . sm zenix, walaupun saya akuin jauh lebih modern, jauh lebih nyaman & jauh lebih empuk dibanding reborn tp entah knp dari segi naikkan, drivetrain, bq masih lebih solid gnki / reborn. dulu pas ke iims saya liat zenix q aja menyedikan bq nya terutama di bagian engine baynya, nggak kaya mobil 600 jt. masih jauh lebih solid gnki & reborn saya dulu hehehe, makanya saya waktu itu batal upgrade & mutusin buat ambil voxy. jangka panjang kalo skrg apalagi om sering lukot saya merem reborn, karena emg durabilitynya udh teruji dari tahun ke tahun hehehe

nah, sekedar sharing aja ya, setelah menjual gnki buat dijadiin reborn , terus rebornnya dijual barengan sm crv turbo dan dijadian 1 mobil aja yaitu voxy. akhirnya beberapa bulan lalu saya memutuskan buat nambah lagi ANPS dakar 2018 seken. alasannya sama kaya om. saya adalah orang yg doyan roadtrip lewat transjawa sm kek TS nya, tp pemakaian harian jg. pengalaman bawa voxy jakarta bandung full load orang - barang bener2 bengek bgt, mau nanjak jg tarikan lemot parah, even dibanding crv turbo saya dulu yg sama2 cvt pun masih lebih responsif crv dibanding voxy / zenix kondisi full loadnya, reborn diesel ? gausah ditanya, jkt sby bener2 effortless bgt, dulu saya geber sampe 180 kpj aja gampang bgt dapetnya di transjawa :big_biglaugh: , makanya saya nambah lg piaraan diesel1 biji buat lukot or tol. mobil voxy saya biar jadi mobil dalkot jabodetabek aja / saya pake pas lg bawa ibu / nenek saya yg memang perlu mobil yg gampang akses keluar masuknya karena sliding door hehehe

saran lain bisa pertimbangkan ANF ANPS or kalo mau monokok bisa lirik CX5 / CRV turbo pres hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by Pboyz97 »

adityawei wrote: Sun Aug 27, 2023 8:28 Ikut jawab

Jalanan banyak rusak ? Reborn
Jalanan alus, butuh lega di dalem ? Zenix

Issue di zenix so far yang paling mengganggu buat saya adalah built quality yang ngaco, semoga next batch membaik.. selama ga ada masalah sama BQ interiornya sih zenix enak2 aja.. buat baterai sebenernya ngga bs dijawab dalam waktu dekat sih.. toh garani 8 tahun / 160rb km ( untung2an rusak / ngga )
Untuk plain nyetir sih, impresi saya zenix malah berasa lebih plain dari reborn, tipikal mobil nyaman, setir enteng..
Cari fun to drive ? Go for mazda / honda..


Btw saya habis pindah dari 2kd 2013 ke monokok jg.. males beli reborn 2gd. Cari unit seger susah, sekalinya ada unit seger harganya ngawur..
+1. dulu pernah ngalamin sendiri dit , awalnya buat nyari gantinya VRZ yg udh sold + HRV E CVT 2018 PFL yg memang rencananya mau dilipet jadi 1 mobil aja + ada kembalian waktu itu. alhasil diputuskan lah buat hunting reborn diesel at tipe g tahun 2016 -2019. memang cari yg seger susah, apalagi yg gw cari dulu tipe G , yg banyak dipake AKAP, PT , rental, travel , km nya rata2 gondrong & ada yg puteran jg + rata2 jg bekas prakarya aka oprek aka modif hehehe . cari yg low km asli record susah bgt, dan sekalipun ada unit seger, harga ngawur, eh laku jg gasampe 2 hari jg :big_biglaugh: . sampe akhirnya menyerah karena udh survei 6 bulan lebih dari 10 unit keliling jabodetabek nggak ada yg cocok mulai dari ex laka, ex banjir, odo puteran, interior ancur bekas modif, wiring2 akal2an, ada semua disitu. perburuan sempet terhenti beberapa waktu, sampe akhirnya hrv gw ada yg mau diatas harga beli gw dulu & finally sold , sehingga harus buru2 cari penggantinya, alhasil hunting reborn pun dilanjutkan. sampe akhirnya awal tahun lalu dapet tipe g diesel at 2018 km 45 rb asli record A2K minus baret2 pemakaian doang. memang warnanya gak sesuai dengan yg gw mau, awalnya pengen warna hitam or putih tp dapetnya silver, gpp yg penting kondisi masuk , secara sebelum unit itu udh cek sekitar 14 apa 15 unit dan itu yg paling masuk kondisinya hehehe, ada yg seger jg kek yg lu bilang, tp harganya ngawur & keduluan orang + akhirnya dapet setelah nyari 1,5 tahun hehehe

btw congrats ya dit buat crv turbonya, semoga awet & enjoy makenya hehehe
Last edited by Pboyz97 on Mon Aug 28, 2023 2:36, edited 1 time in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by sapifr22 »

Zenix yang cocok utk road trip yg Q, TSSnya nikmat betul di tol yang rapi.
Effortless utk driver...

Ada 1 point lagi yang penting, operational cost.
Kalau tega pakai biosolar utk reborn, murahnya ngga ada lawan, bahkan dibanding LCGC sekalipun. Dalkot, lurkot.
Kalau Zenix G HV atau gasoline, minimal pertamax.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by ChZ »

darrelund wrote: Sun Aug 27, 2023 14:40 tergantung rute

klo mayoritas aspal mah enakan zenix

begimanapun empuknya ribon, ttp geter" kecilnya itu walo ga kerasa tapi bikin badan cape. akumulatif

atau klo mau seru dikit, paling crv turbo :big_biglaugh:
ane kemaren 2 hari dipinjemin portuner 2.8 GR ngider2 jakarta bsd. tiap lewat jalan gak rata selalu dilema mo dihajar apa direm.

bener mobilnya diciptakan buat hajar jalan jelek.

tapi kalo dihajar gw yang dihajar semobil :mky_07:

ampun dah itu dari ban ke kabin bisa berasa banget getaran kecil2nya.

mana remnya antara gak ngerem apa pakem sekali jd bikin orang kaget. susah kan, torsi gede SUV bisa hajar jalan jelek tp pegel kena jalan keriting sementara jalanan 1 kilo alus 1 kilo keriting ngeremnya kudu ancang2 ujungnya kg bisa nikmatin torsi gedenya :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Mon Aug 28, 2023 4:04
darrelund wrote: Sun Aug 27, 2023 14:40 tergantung rute

klo mayoritas aspal mah enakan zenix

begimanapun empuknya ribon, ttp geter" kecilnya itu walo ga kerasa tapi bikin badan cape. akumulatif

atau klo mau seru dikit, paling crv turbo :big_biglaugh:
ane kemaren 2 hari dipinjemin portuner 2.8 GR ngider2 jakarta bsd. tiap lewat jalan gak rata selalu dilema mo dihajar apa direm.

bener mobilnya diciptakan buat hajar jalan jelek.

tapi kalo dihajar gw yang dihajar semobil :mky_07:

ampun dah itu dari ban ke kabin bisa berasa banget getaran kecil2nya.

mana remnya antara gak ngerem apa pakem sekali jd bikin orang kaget. susah kan, torsi gede SUV bisa hajar jalan jelek tp pegel kena jalan keriting sementara jalanan 1 kilo alus 1 kilo keriting ngeremnya kudu ancang2 ujungnya kg bisa nikmatin torsi gedenya :big_biglaugh:
Ga blg2 mbah ke jkt :mky_03:
Kalo portuner speed trap di bsd doang mah hajar aja, kecuali depan ikea alsut yg uda kayak poldur mini, itu kalo dihajar bisa digebukin seisi mobil :big_slap:

Masalah rem emang kayaknya khas toyoti, ditoel dikit langsung gigit. Susah dibuat linear alus kayak oondah, bmw segala. Mazda jg rada2 mirip ma toyoti tp versi bisa lebih alus dikit. Yg malesin rem ditoel dikit nose-dive, kalo akselerasi di power mode jg suka loncat :big_bored:
Emang mobil bukan bwat alus2an atau refined driving, tp bwat hajar jalanan :big_smoking:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Mon Aug 28, 2023 4:37
Ga blg2 mbah ke jkt :mky_03:
Kalo portuner speed trap di bsd doang mah hajar aja, kecuali depan ikea alsut yg uda kayak poldur mini, itu kalo dihajar bisa digebukin seisi mobil :big_slap:

Masalah rem emang kayaknya khas toyoti, ditoel dikit langsung gigit. Susah dibuat linear alus kayak oondah, bmw segala. Mazda jg rada2 mirip ma toyoti tp versi bisa lebih alus dikit. Yg malesin rem ditoel dikit nose-dive, kalo akselerasi di power mode jg suka loncat :big_bored:
Emang mobil bukan bwat alus2an atau refined driving, tp bwat hajar jalanan :big_smoking:
anterin cw ane dinas mbah :mky_03:

nah mbah, masalahnya ada 2 :
1. mobil camer
2. nyetirnya sambil bawa camer

maen hajar hajar semobil kegoncang bisa dipecat jadi calon mantu :ngacir: kalo gw bawa sendirian ya bodo amat dah sikaaat semua.

trs ama 1 lagi mbah, metik 6 spit toyota ampun gak refinednya. selip selip mulu. di toll abis cruising mo nyalip aja bingung dulu.

emang bener sih pantes kesannya ni mobil arrowgun, bawanya harus driving style gak sayang mobil dan gak sayang tulang pingang :ngacir:

aselinya ditawarin pake ioniq5 tp gw sungkan, masih kinyis :ungg: cuma sempet icip nyetir siangnya abis dari bandara doank sih wakakakkak
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by darrelund »

ChZ wrote: Mon Aug 28, 2023 4:04 ane kemaren 2 hari dipinjemin portuner 2.8 GR ngider2 jakarta bsd. tiap lewat jalan gak rata selalu dilema mo dihajar apa direm.

bener mobilnya diciptakan buat hajar jalan jelek.

tapi kalo dihajar gw yang dihajar semobil :mky_07:

ampun dah itu dari ban ke kabin bisa berasa banget getaran kecil2nya.

mana remnya antara gak ngerem apa pakem sekali jd bikin orang kaget. susah kan, torsi gede SUV bisa hajar jalan jelek tp pegel kena jalan keriting sementara jalanan 1 kilo alus 1 kilo keriting ngeremnya kudu ancang2 ujungnya kg bisa nikmatin torsi gedenya :big_biglaugh:
emang mobil utility seh, hiluk dibagusin isinya :big_biglaugh:

klo soal ngerem itu kyknya ada efek dari transmisi yg dia pasang gigi tinggi terus, otomatis crawlingnya jg jadi kenceng

ud gitu klo full stop turun giginya agresif, jadi mobil mau full stop kyk ditarik dari belakang :big_biglaugh:

skrg gimana ga kenceng org ngerayap aja mulai dari gigi 4 :big_biglaugh:

makanya klo macet"an oe pakai manual mode & posisi gigi 2, lebih predictable crawlingnya.

klo feel pedal seh mirip" sama masda, alus punya

dan tekanan ban jg somehow ngaruh ke behavior transmisiny? kapan lalu kan tekanan ban sisi kiri turun jadi 26psi, kanan ttp std 29psi. jadi bego itu girbok :big_biglaugh:

diratain semua ke 29 ud normal lagi

klo mau nyalip di preload dulu um, ud nemu celah lgsg kagetin aja pedalnya. lgsg ngacir. klo dari posisi cruising santai mah ndak respon itu transmisi
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by ChZ »

darrelund wrote: Mon Aug 28, 2023 6:23 emang mobil utility seh, hiluk dibagusin isinya :big_biglaugh:

klo soal ngerem itu kyknya ada efek dari transmisi yg dia pasang gigi tinggi terus, otomatis crawlingnya jg jadi kenceng

ud gitu klo full stop turun giginya agresif, jadi mobil mau full stop kyk ditarik dari belakang :big_biglaugh:

skrg gimana ga kenceng org ngerayap aja mulai dari gigi 4 :big_biglaugh:

makanya klo macet"an oe pakai manual mode & posisi gigi 2, lebih predictable crawlingnya.

klo feel pedal seh mirip" sama masda, alus punya

dan tekanan ban jg somehow ngaruh ke behavior transmisiny? kapan lalu kan tekanan ban sisi kiri turun jadi 26psi, kanan ttp std 29psi. jadi bego itu girbok :big_biglaugh:

diratain semua ke 29 ud normal lagi

klo mau nyalip di preload dulu um, ud nemu celah lgsg kagetin aja pedalnya. lgsg ngacir. klo dari posisi cruising santai mah ndak respon itu transmisi
Iya bener bgt tuh transmisinya nurunin gigi agresif bener. Kek kg bisa alus wkwkwkwk.

Angin ban kg cek sih kemaren. Biasa ma camer disamain anginnya ma pabrikan.

Emg berarti hrs dibawa pedal to the kampret yak :mky_03: iya biasa bawa honda turbo cvt mo nyalip rasanya lebih pinter tuh cvt nurunin rasio wakakakak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Tue Sep 13, 2016 5:27

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by NestlePureLife »

Pboyz97 wrote: Mon Aug 28, 2023 2:08
zzzprince wrote: Sun Aug 27, 2023 8:19 Izin gelar thread dimari om momod dan member serayamotor

Kali ini mau minta opini plus-minus nya zenix dan reborn baik dari pemakai maupun ex pemakai

Background
Kebetulan 4 tahun terakhir pakai RWD Ladder Frame 2014 GNKI E MT Bensin angkut bekas dan 2021 Transmover angkut dari baru, penggunaan dalam kota Balikpapan dan kadang dipake ke area yang belom mulus jalannya. Sempet bawa Calya dari Jawa tapi gak kuat kalo ketemu daerah yang belom aspal dan banyak perbukitan, pasti selip dan akhirnya pulang lagi mobilnya ke Jawa dipake mertua.

Sejauh ini Transmover yang bolak balik claim warranty, sementara GNKI baru jajan kopling sama seal cover valve. Berhubung mau pindah penempatan balik lagi ke Jawa dan ada wacana GNKI dan Transmover mau dilipet aja jadi 1 unit baru buat pake di Jawa. GNKI udah ada yg minat dan mungkin Transmover juga bakal dijual di Kalimantan.

Liat harga kijang series yang depresiasinya cukup kecil, dan di Jawa masih melimpah biosolar dan juga tol pada mulus, pingin angkut salah satu Zenix G HV atau Reborn Diesel AT, rencana pemakaian harian dan akan roadtrip Jakarta-surabaya per 3bulan nyetir berdua istri.

Kira-kira dengan penggunaan saya, cocoknya ke zenix atau reborn ya,? Sekilas stereotype yang sering didenger reborn badak, tapi plain rasa bawanya. Sementara zenix udah terapkan teknologi terbaru, tapi ya batere nya ada masa pakainya, harapan mobil bisa dipake jangka panjang tapi gak terlalu plain biar gak bosen nyetir mobilnya. Mohon masukannya, mungkin ada yang bisa kasih opini selain reborn/zenix juga boleh, terima kasih.

Regards
kebetulan ex user gnki v bensin at 2014, reborn g diesel at 2018, avanza g mt 2017, 2018 & 2019 yg mesinnya persis transmover + sekarang pake AN Voxy 2023 yg drivetrainnya mirip zenix hybrid . tergantung jawanya dimana, secara pulau jawa lumayan gede dan ada beberapa provinsi. tapi kalo ts nya sendiri ada kata kunci "roadtrip jkt - sby" per 3 bulan saya merem reborn diesel at udh. kecuali jawanya makenya cuma muter muter jabodetabek aja baru zenix. tapi kalo sering luar kota, apalagi 3 bulan sekali saya merem reborn diesel. biarpun plain rasa bawanya tapi enak bgt buat lukot, saya dulu pernah bawa reborn saya jakarta- cirebon - tegal - semarang - solo - karanganyar PP lari 120 bener2 effortless bgt :big_biglaugh: , konsumsi bbmnya kalo lukot jg gajauh beda sm zenix HV, paling beda 2-3 km doang. zenix HV enaknya kalo dipake muter2 dalkot, soalnya dia jauh lebih irit dibanding diesel, tapi kalo lukot, apalagi jakarta - surabaya, saya merem diesel udh, konsumsi bbm gajauh beda tapi tarikannya jauhhhh lebih asyikk hehehe. pengalaman lukot pake voxy tarikannya ampun deh, bengekkk bgt, mau nyalip aja mesti digas dalam dulu. sedangkan pas pake reborn diesel bener2 effortless, gas 1/2 aja udh berasa tarikannya :big_biglaugh: . kalo di sby mah gausah kuatir soal diesel, justru populasi diesel terbanyak di jawa ada disana setau saya hehehe . sm kalo dari GNKI + transmover ke reborn bakal nyaman kok, gak berasa plain, malah berasa upgrade dari segi fitur, desain & teknologinya hehehe, apalagi punya om gnki nya bensin . udh memenuhi kriteria kalo emg mau dijadiin 1 mobil aja itu reborn diesel, tipe g jg udh cukup sebenernya kalo emg mau merasakan semua kelebihan reborn, tp kalo mau yg lebih kedap sm fitur lebih lengkap bisa lirik tipe v , q or venturer , harusnya di budget zenix G hybrid dapet yg tahun muda kondisi bagus kalo di kota saya jabodetabek hehehe . sm zenix, walaupun saya akuin jauh lebih modern, jauh lebih nyaman & jauh lebih empuk dibanding reborn tp entah knp dari segi naikkan, drivetrain, bq masih lebih solid gnki / reborn. dulu pas ke iims saya liat zenix q aja menyedikan bq nya terutama di bagian engine baynya, nggak kaya mobil 600 jt. masih jauh lebih solid gnki & reborn saya dulu hehehe, makanya saya waktu itu batal upgrade & mutusin buat ambil voxy. jangka panjang kalo skrg apalagi om sering lukot saya merem reborn, karena emg durabilitynya udh teruji dari tahun ke tahun hehehe

nah, sekedar sharing aja ya, setelah menjual gnki buat dijadiin reborn , terus rebornnya dijual barengan sm crv turbo dan dijadian 1 mobil aja yaitu voxy. akhirnya beberapa bulan lalu saya memutuskan buat nambah lagi ANPS dakar 2018 seken. alasannya sama kaya om. saya adalah orang yg doyan roadtrip lewat transjawa sm kek TS nya, tp pemakaian harian jg. pengalaman bawa voxy jakarta bandung full load orang - barang bener2 bengek bgt, mau nanjak jg tarikan lemot parah, even dibanding crv turbo saya dulu yg sama2 cvt pun masih lebih responsif crv dibanding voxy / zenix kondisi full loadnya, reborn diesel ? gausah ditanya, jkt sby bener2 effortless bgt, dulu saya geber sampe 180 kpj aja gampang bgt dapetnya di transjawa :big_biglaugh: , makanya saya nambah lg piaraan diesel1 biji buat lukot or tol. mobil voxy saya biar jadi mobil dalkot jabodetabek aja / saya pake pas lg bawa ibu / nenek saya yg memang perlu mobil yg gampang akses keluar masuknya karena sliding door hehehe

saran lain bisa pertimbangkan ANF ANPS or kalo mau monokok bisa lirik CX5 / CRV turbo pres hehehe
Sebagai mantan pengguna 2gd 2021
Agree at all point described
Untuk range segitu blm ada lawan di tol
Even abis saya jual ganti fortie malah dikomplain istri lebih enak innova 😆