Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by sintoni »

Tapi percayalah, mobil gajah diesel ini kayak si Dukur atau Portuner atau Ribon biarpun ga enak lah apalah limbung lah.

Tapi ngangeni, skrg aja sering kepikiran OPS Dakar lama ane.

Biar limbung dll, tapi rasanya antep aja suspensinya, siap kemana aja.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by KielConstantine »

sintoni wrote: Mon Aug 28, 2023 8:09 Tapi percayalah, mobil gajah diesel ini kayak si Dukur atau Portuner atau Ribon biarpun ga enak lah apalah limbung lah.

Tapi ngangeni, skrg aja sering kepikiran OPS Dakar lama ane.

Biar limbung dll, tapi rasanya antep aja suspensinya, siap kemana aja.
Justru itu dy sensasi kuda liar ajrut ajrutan yg dicari mbahh. Didepan mo ada apa jg trabass hajarrr :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by darrelund »

ChZ wrote: Mon Aug 28, 2023 7:20
Iya bener bgt tuh transmisinya nurunin gigi agresif bener. Kek kg bisa alus wkwkwkwk.

Angin ban kg cek sih kemaren. Biasa ma camer disamain anginnya ma pabrikan.

Emg berarti hrs dibawa pedal to the kampret yak :mky_03: iya biasa bawa honda turbo cvt mo nyalip rasanya lebih pinter tuh cvt nurunin rasio wakakakak.
ndak harus pedal to kampret sih um, cuma dicab 7seater ini cocok dipake buat jelajah belantara hutan/ long trip sekalian.

peace of mind utk explore tempat, gada lawan, tinggal bawa cadangan / space consummable seh ud bisa kemana aja, aplg 4x4 :big_biglaugh:

tapi klo dipake di kota mah mending monokok ajah, lebi forgiving :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by kendibocor »

sintoni wrote: Mon Aug 28, 2023 8:09 Tapi percayalah, mobil gajah diesel ini kayak si Dukur atau Portuner atau Ribon biarpun ga enak lah apalah limbung lah.

Tapi ngangeni, skrg aja sering kepikiran OPS Dakar lama ane.

Biar limbung dll, tapi rasanya antep aja suspensinya, siap kemana aja.
Sebagai mantan pengguna diesel ane kangennya cuman 1, isi 300-400rb biosol uda ampir fulltank lg :big_biglaugh:

Selebihnya sampe skrng blm pgn lg punya diejel :big_bored:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by Pboyz97 »

NestlePureLife wrote: Mon Aug 28, 2023 7:34

Sebagai mantan pengguna 2gd 2021
Agree at all point described
Untuk range segitu blm ada lawan di tol
Even abis saya jual ganti fortie malah dikomplain istri lebih enak innova 😆
setuju om, kebetulan sebelum miara reborn sempet piara fortie vrz 2018 jg & memang lebih enak innova, apalagi row 2 nya. terlebih punya om yg fl & tipe V, gaheran lebih enak, secara udh improve kekedapannya & bantingan suspensinya dibanding tipe g & tipe pfl nya, kebetulan saya pernah coba yg 2021 memang 2 hal itu improve dibanding tipe g pfl punya saya dulu hehehe, walaupun kalo nyetir sendiri & duduk didepan saya akuin lebih enak fortie.

kalo fl 2021 mah jangan heran, dibanding reborn pfl punya saya dulu aja lebih enak innova om, apalagi rebornnya fl hehehe, salah 1 alasan saya jual vrz ganti ke reborn karena yg saya bold itu, row 2nya lebih nyaman dan empuk dibanding fortie, selain waktu itu memang perlu kembalian jg buat modal usaha :big_biglaugh: , sampai akhirnya si reborn kena insiden kejedot tembok pas dibawa sm bapak saya + kena sundul bokong forklift jg gara2 operatornya ngantuk pas dibawa ke daerah bogor waktu itu pas mobil lg parkir sampe tulangan samping belakang kirinya yg deket bemper bengkok :big_biglaugh: , alhasil beberapa bulan kemudian mobil tersebut direlakan untuk dilego & sekarang pake ANPS dakar 2018 beli seken jg tetep enakkan innova row 2 nya menurut saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by sintoni »

KielConstantine wrote: Mon Aug 28, 2023 8:30 Justru itu dy sensasi kuda liar ajrut ajrutan yg dicari mbahh. Didepan mo ada apa jg trabass hajarrr :mky_07:
kendibocor wrote: Mon Aug 28, 2023 11:59 Sebagai mantan pengguna diesel ane kangennya cuman 1, isi 300-400rb biosol uda ampir fulltank lg :big_biglaugh:

Selebihnya sampe skrng blm pgn lg punya diejel :big_bored:
Tapi beneran loh, rasanya lbih pede aja bawa ladder diesel, mau kemana aja hayok.

Malah ane ngerasa ladder diesel kalau jalannya rusak malah lebih mantep dibanding monokok. Haha.
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by McLaren »

Saya si belum test zenix untuk ratusan km yaa om..
Tp enakan zenix si klo untuk ngetoll..

Beda cerita kalo acara nanjak2 bengek yaa, enakan reborn diesel.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Mon Aug 28, 2023 11:59
Sebagai mantan pengguna diesel ane kangennya cuman 1, isi 300-400rb biosol uda ampir fulltank lg :big_biglaugh:

Selebihnya sampe skrng blm pgn lg punya diejel :big_bored:
iya 1-1nya kelebihan beli gajah dijel yg ane bisa pikirkan ya bisa isi solar jelek wakakkaka.

trs sekarang aliran isi minimal 600 rebu fulltank tp kalo ride qualitynya begitu anggep aja bayar lebih buat kesenangan dan kenyamanan lebih di jalan :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by kendibocor »

sintoni wrote: Tue Aug 29, 2023 1:20
KielConstantine wrote: Mon Aug 28, 2023 8:30 Justru itu dy sensasi kuda liar ajrut ajrutan yg dicari mbahh. Didepan mo ada apa jg trabass hajarrr :mky_07:
kendibocor wrote: Mon Aug 28, 2023 11:59 Sebagai mantan pengguna diesel ane kangennya cuman 1, isi 300-400rb biosol uda ampir fulltank lg :big_biglaugh:

Selebihnya sampe skrng blm pgn lg punya diejel :big_bored:
Tapi beneran loh, rasanya lbih pede aja bawa ladder diesel, mau kemana aja hayok.

Malah ane ngerasa ladder diesel kalau jalannya rusak malah lebih mantep dibanding monokok. Haha.
Ane jarang lewat jalan rusak sih om, jdnya mungkin dptnya ga enaknya doang kali ya jln bergelombang dikit goyang2 :mky_04: :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by bensinsolar »

Zenix naikannya memang lmyn enak. Pernah duduk di 3rd row Zenix waktu di Bali selama 2 jam perjalanan. Cukup lega & bantingannya OK. Space lmyn luas dibanding ANKI. Sampe2 mertua saya beli 2 Zenix (1 V gasoline & 1 Q hybrid)...
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by ariswp »

saya sih lebih menyarankan zenix
memang buat tol terutama tol tanjakan panjang misal di padalarang dan ungaran enak turbodiesel
Tapi buat lurusan ini M20 FkS juga masih enak,
Di perkotaan malah lebih enak lagi, berasa bawa mobil lebih kecil padahal body bongsor
Handling udah beda kelas sama kapal reborn, interior lebih lega

Kalo pertimbangan emang jalan relatif bagus di jawa, ambil zenix aja, even sering transjawabahn masih worth zenix kok
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by Chr1stm1 »

vote Zenix, karena pas saya cobain, kerasa koq naek kelasnya
Reborn enak sih, cuma sekelas LMPV macam Xpander aja udah bisa nyamain koq in term NVHnya ( kecuali tenaga mesinnya yah )
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by Iriawans »

kalau saya secara desain pilih Zenix sih, soalnya dari dulu sampai sekarang gak pernah suka sama desain eksterior Innova reborn :mky_01:

pernah bbrp kali jadi penumpang baris 2 Venturer Diesel rute tol dan jalan non tol di Jawa Tengah (Solo-Yogya-Semarang), lebih nyaman dibanding naik ANF. Tapi kalau dibandingkan dengan Zenix G HV yg saya gunakan sehari2, juga sebagai penumpang baris 2, jauh lebih nyaman, lebih lapang Zenix.
Bulan lalu di Surabaya rute dalkot saya jadi penumpang baris 2 Venturer, entah sugesti atau apa koq berasa goyang2 banget :big_weee:
weekend kemarin di tol Cikampek ketemu Zenix Q dibawanya seruntulan sepertinya cukup bertenaga :mky_03:
pierrecardin
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Fri Feb 19, 2016 10:33

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by pierrecardin »

Ikut sumbang saran om, kebetulan ane baru 1 minggu pakai zeniq Q HEV. Kalau bicara kenyamanan dibanding reborn bumi dan langit jauh lebih nyaman zenix mulai dari posisi duduk, kestabilan di dalam kabin, termaksud lewat jalan jelek. Apalagi kalau dibandingkan fitur dan chasis ya, sudah jelas 2 spesies berbeda.
Sy kebetulan pernah short use pakai venturer bokap 2 bulanan, yang buat berbeda dan mungkin bisa menjadi significant point of differences menurut sy adalah rasa berkendaranya yang gak bisa dibandingkan. Mau bagaimanapun reborn itu sensasi rasa berkendaranya apalagi kalau dipakai luar kota "sesuatu" apalagi didukung dengan torsi besar dan perasaan peace of mind nya considering ini mobil toyota yg sangat durable + ladder frame.
Nah kalau Zenix yg saya rasain (kemarin sempat bawa dr lampung - bintaro) lebih kepada orientasi kenyamanan dan ada perasaan "sayang" untuk dipake dgn gaya berkendara yang agresif. Meskipun untuk cruising sy lebih prefer pakai zenix karena ini mobil antep banget di tol dan dipake manuver nikung agak tajam.
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by zzzprince »

adityawei wrote: Sun Aug 27, 2023 12:32 Cb test drive dulu aja om..
RWD ngga selamanya jelek kok.. kalao ngomongin durability sdh pasti menang.. kalahnya reborn diesel sih sdh pasti di oli lebih banyak ( dan mahal ) + sering cek filter solar kalau pakai biosol..

Skr pake CRV RW non prestij om.. ambil seken karena harga lebih bersahabat drpd 2GD yg kegoreng banget..
Congrats mobil barunya om.. boleh deh dipertimbangkan CRV ini, cuma harus hunting 2nd kali yaa, kalau brand new harganya dah hampir 2x zenix...
AbdulHakim wrote: Sun Aug 27, 2023 14:13 Ijin sumbang saran ya om
Jawa? Monocoque saja, ambil Zenix gasoline, lebih worry free ke depannya.
Di sini saya liat Zenix ngantri di dispenser RON90, no issue kyknya, aToyot pasti sudah setting biar aman dikasih bbm bersubsidi.
rencana pemakaian full jawa, paling kalo ada tenaga dan waktunya pingin roadtrip tipis ke p. bali om
iseng nimbrung di grup FB zenix, malah temuin beberapa kasus pakai pertamax gelitik, pake pertalite malah normal.. apa ecu nya dituning retard pengapiannya ya?
darrelund wrote: Sun Aug 27, 2023 14:40 tergantung rute

klo mayoritas aspal mah enakan zenix

begimanapun empuknya ribon, ttp geter" kecilnya itu walo ga kerasa tapi bikin badan cape. akumulatif

atau klo mau seru dikit, paling crv turbo :big_biglaugh:
mayoritas aspal om, paling kalo blusukan ke rumah mertua ada beberapa bagian jalan yg belum begitu mulus, tapi masih ok lah gak separah di kalimantan hehe..
crv turbo pernah numpang punya temen, emang ok sih, cuma harga brand new nya itu om... polda minta kalo bisa beli yg buka bungkus..
ctopher7 wrote: Sun Aug 27, 2023 15:25 kalo dibilang reborn plain rasa bawanya, menurut saya sih engga ya. reborn diesel diisi biosolar aja narik om, saya pake anf isi full bio solar aja tarikan bawahnya berasa ngisi. cuman atasnya rada bengek, apalagi kalo uda lewat 150.

kalo handling, lebih enak anf standar drpd reborn standar. rebordnstandar berasa jauh lebih limbung (uda nyobain sndiri, venturer 2021 dan anf 2021). mungkin karena settingan mpv dibikin lebih lembek drpd suv

intinya kalo ngejer operasional murah pake bio solar, silahkan beli 2gd/1gd. kalo ga demen bio solar, banyak mobil yang lebih enak drpd ini dengan harga yang sama
sorry om, maksud ane plain dalam artian handlingnya .. base on nyetir gnki dan reborn 2gd 2016.. kalo tenaga ya nampol pas dalam kota, belom pernah pake 2gd kalo di tol jarak jauh

untuk ANF kayanya belom dulu, budget blm masuk soalnya om
carlzeiss wrote: Sun Aug 27, 2023 15:38 Zenix aja om, skrg mah milih reborn diesel cuman klo pake dimedan yang kurang bersahabat sama emg doyan cumi cumi sisanya zenix refinement dari reborn
noted om, kayanya lebih condong zenix yaa untuk penggunaan dalkot rutin - roadtrip tipis. thanks sarannya om
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by zzzprince »

KielConstantine wrote: Sun Aug 27, 2023 18:59
Budget brarti kurang lebih 400 jt kan ya..

Coba CR-V turbo prestige PFL deh
CX-5 prefl juga ok
Zenix g hybrid jg masuk seh buat rasain teknologi baru

Di pulau jawa masih gampang pelihara modelan diatas. Kcuali emang daerah2 pulau laen pasti ane kasih saran reborn bensin .. klo pake diesel 2gd di pulau laen malah susah cari solar ya. Jadi whats the point pelihara diesel klo tinggal di sumatra / kalimantan :big_biglaugh:
halo om,
budget maks di otr zenix G Hybrid, dan rencana mau masuk KKB aja, jadi prefer ambil baru
CRV udah pernah nyoba punya temen, dan ok sih, sayang aja belom mau dilepas itu CRV... masih rada mikir2 kalo ambil 2nd dari yg bukan kenalan,
kemarin beli brand new toyota aja ggra nyoba dealer lain, jadi ada aja drama tuh mobil,

dan iya, di kalimantan solar ampun2 deh antrinya bisa seharian, lawannya truk tronton, agak bersyukur ambil gnki bensin bukan solar waktu itu
Pboyz97 wrote: Mon Aug 28, 2023 2:08
kebetulan ex user gnki v bensin at 2014, reborn g diesel at 2018, avanza g mt 2017, 2018 & 2019 yg mesinnya persis transmover + sekarang pake AN Voxy 2023 yg drivetrainnya mirip zenix hybrid . tergantung jawanya dimana, secara pulau jawa lumayan gede dan ada beberapa provinsi. tapi kalo ts nya sendiri ada kata kunci "roadtrip jkt - sby" per 3 bulan saya merem reborn diesel at udh. kecuali jawanya makenya cuma muter muter jabodetabek aja baru zenix. tapi kalo sering luar kota, apalagi 3 bulan sekali saya merem reborn diesel. biarpun plain rasa bawanya tapi enak bgt buat lukot, saya dulu pernah bawa reborn saya jakarta- cirebon - tegal - semarang - solo - karanganyar PP lari 120 bener2 effortless bgt :big_biglaugh: , konsumsi bbmnya kalo lukot jg gajauh beda sm zenix HV, paling beda 2-3 km doang. zenix HV enaknya kalo dipake muter2 dalkot, soalnya dia jauh lebih irit dibanding diesel, tapi kalo lukot, apalagi jakarta - surabaya, saya merem diesel udh, konsumsi bbm gajauh beda tapi tarikannya jauhhhh lebih asyikk hehehe. pengalaman lukot pake voxy tarikannya ampun deh, bengekkk bgt, mau nyalip aja mesti digas dalam dulu. sedangkan pas pake reborn diesel bener2 effortless, gas 1/2 aja udh berasa tarikannya :big_biglaugh: . kalo di sby mah gausah kuatir soal diesel, justru populasi diesel terbanyak di jawa ada disana setau saya hehehe . sm kalo dari GNKI + transmover ke reborn bakal nyaman kok, gak berasa plain, malah berasa upgrade dari segi fitur, desain & teknologinya hehehe, apalagi punya om gnki nya bensin . udh memenuhi kriteria kalo emg mau dijadiin 1 mobil aja itu reborn diesel, tipe g jg udh cukup sebenernya kalo emg mau merasakan semua kelebihan reborn, tp kalo mau yg lebih kedap sm fitur lebih lengkap bisa lirik tipe v , q or venturer , harusnya di budget zenix G hybrid dapet yg tahun muda kondisi bagus kalo di kota saya jabodetabek hehehe . sm zenix, walaupun saya akuin jauh lebih modern, jauh lebih nyaman & jauh lebih empuk dibanding reborn tp entah knp dari segi naikkan, drivetrain, bq masih lebih solid gnki / reborn. dulu pas ke iims saya liat zenix q aja menyedikan bq nya terutama di bagian engine baynya, nggak kaya mobil 600 jt. masih jauh lebih solid gnki & reborn saya dulu hehehe, makanya saya waktu itu batal upgrade & mutusin buat ambil voxy. jangka panjang kalo skrg apalagi om sering lukot saya merem reborn, karena emg durabilitynya udh teruji dari tahun ke tahun hehehe

nah, sekedar sharing aja ya, setelah menjual gnki buat dijadiin reborn , terus rebornnya dijual barengan sm crv turbo dan dijadian 1 mobil aja yaitu voxy. akhirnya beberapa bulan lalu saya memutuskan buat nambah lagi ANPS dakar 2018 seken. alasannya sama kaya om. saya adalah orang yg doyan roadtrip lewat transjawa sm kek TS nya, tp pemakaian harian jg. pengalaman bawa voxy jakarta bandung full load orang - barang bener2 bengek bgt, mau nanjak jg tarikan lemot parah, even dibanding crv turbo saya dulu yg sama2 cvt pun masih lebih responsif crv dibanding voxy / zenix kondisi full loadnya, reborn diesel ? gausah ditanya, jkt sby bener2 effortless bgt, dulu saya geber sampe 180 kpj aja gampang bgt dapetnya di transjawa :big_biglaugh: , makanya saya nambah lg piaraan diesel1 biji buat lukot or tol. mobil voxy saya biar jadi mobil dalkot jabodetabek aja / saya pake pas lg bawa ibu / nenek saya yg memang perlu mobil yg gampang akses keluar masuknya karena sliding door hehehe

saran lain bisa pertimbangkan ANF ANPS or kalo mau monokok bisa lirik CX5 / CRV turbo pres hehehe
review nya super lengkap om, jadi dapet lah bayangan pastinya gimana..
intinya reborn masih paling badak buat pemakaian kemana-mana
dan yes mobil rencananya banyak dipake di area dalkot jakarta om, road trip paling 3bln sekali
kalo ANF ANPS kayanya overbudget kalau brand new om
sapifr22 wrote: Mon Aug 28, 2023 2:33 Zenix yang cocok utk road trip yg Q, TSSnya nikmat betul di tol yang rapi.
Effortless utk driver...

Ada 1 point lagi yang penting, operational cost.
Kalau tega pakai biosolar utk reborn, murahnya ngga ada lawan, bahkan dibanding LCGC sekalipun. Dalkot, lurkot.
Kalau Zenix G HV atau gasoline, minimal pertamax.
hehehe yang Q kayanya nyaman buat penumpang tengah om
btw TSS nya zenix ini apa sama seperti yg dipake di raize ya?
sintoni wrote: Mon Aug 28, 2023 8:09 Tapi percayalah, mobil gajah diesel ini kayak si Dukur atau Portuner atau Ribon biarpun ga enak lah apalah limbung lah.

Tapi ngangeni, skrg aja sering kepikiran OPS Dakar lama ane.

Biar limbung dll, tapi rasanya antep aja suspensinya, siap kemana aja.
sekarang pake unit apa om?
bensinsolar wrote: Tue Aug 29, 2023 4:01 Zenix naikannya memang lmyn enak. Pernah duduk di 3rd row Zenix waktu di Bali selama 2 jam perjalanan. Cukup lega & bantingannya OK. Space lmyn luas dibanding ANKI. Sampe2 mertua saya beli 2 Zenix (1 V gasoline & 1 Q hybrid)...
wah ini baru mantep, bisa bandingkan 2 zenix dengan powertrain yang beda
untuk zenix bensin dan hybrid apa ada perbedaan mencolok dari segi vibrasi mesin dan perawatannya om? oli harus sama sama encer ya?
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by zzzprince »

ariswp wrote: Tue Aug 29, 2023 9:04 saya sih lebih menyarankan zenix
memang buat tol terutama tol tanjakan panjang misal di padalarang dan ungaran enak turbodiesel
Tapi buat lurusan ini M20 FkS juga masih enak,
Di perkotaan malah lebih enak lagi, berasa bawa mobil lebih kecil padahal body bongsor
Handling udah beda kelas sama kapal reborn, interior lebih lega

Kalo pertimbangan emang jalan relatif bagus di jawa, ambil zenix aja, even sering transjawabahn masih worth zenix kok
noted om, awalnya emang udah condong reborn g at, terus berpikir dengan up harga 50jt an dapat mobil yang teknologi baru, fresh, polda juga naksir modelnya yang luas, sementara kalo reborn kesannya lebih sempit daripada GNKI, dan medan yang akan dilalui cenderung lebih halus daripada di kalimantan.
Chr1stm1 wrote: Tue Aug 29, 2023 9:25 vote Zenix, karena pas saya cobain, kerasa koq naek kelasnya
Reborn enak sih, cuma sekelas LMPV macam Xpander aja udah bisa nyamain koq in term NVHnya ( kecuali tenaga mesinnya yah )
perbedaan kelasnya signifikan kah om? saya nyetir xp facelift dan reborn/gnki malah lebih rileks di xp entah kenapa
Iriawans wrote: Tue Aug 29, 2023 9:55 kalau saya secara desain pilih Zenix sih, soalnya dari dulu sampai sekarang gak pernah suka sama desain eksterior Innova reborn :mky_01:

pernah bbrp kali jadi penumpang baris 2 Venturer Diesel rute tol dan jalan non tol di Jawa Tengah (Solo-Yogya-Semarang), lebih nyaman dibanding naik ANF. Tapi kalau dibandingkan dengan Zenix G HV yg saya gunakan sehari2, juga sebagai penumpang baris 2, jauh lebih nyaman, lebih lapang Zenix.
Bulan lalu di Surabaya rute dalkot saya jadi penumpang baris 2 Venturer, entah sugesti atau apa koq berasa goyang2 banget :big_weee:
weekend kemarin di tol Cikampek ketemu Zenix Q dibawanya seruntulan sepertinya cukup bertenaga :mky_03:
siap om, kayanya buat trans jawa lebih nyaman si zenix ini ya, btw zenix G si om apa ada keluhan selama pemakaian? indent brp lama om?
pierrecardin wrote: Wed Aug 30, 2023 4:10 Ikut sumbang saran om, kebetulan ane baru 1 minggu pakai zeniq Q HEV. Kalau bicara kenyamanan dibanding reborn bumi dan langit jauh lebih nyaman zenix mulai dari posisi duduk, kestabilan di dalam kabin, termaksud lewat jalan jelek. Apalagi kalau dibandingkan fitur dan chasis ya, sudah jelas 2 spesies berbeda.
Sy kebetulan pernah short use pakai venturer bokap 2 bulanan, yang buat berbeda dan mungkin bisa menjadi significant point of differences menurut sy adalah rasa berkendaranya yang gak bisa dibandingkan. Mau bagaimanapun reborn itu sensasi rasa berkendaranya apalagi kalau dipakai luar kota "sesuatu" apalagi didukung dengan torsi besar dan perasaan peace of mind nya considering ini mobil toyota yg sangat durable + ladder frame.
Nah kalau Zenix yg saya rasain (kemarin sempat bawa dr lampung - bintaro) lebih kepada orientasi kenyamanan dan ada perasaan "sayang" untuk dipake dgn gaya berkendara yang agresif. Meskipun untuk cruising sy lebih prefer pakai zenix karena ini mobil antep banget di tol dan dipake manuver nikung agak tajam.
congrats mobil barunya om, komparasi nya pun pakai flagship, jadi bisa ketahuan maximum performance antara tiap spesies.. sip om :big_okay:

untuk zenix memang lebih cocok di perkotaan ya om? dan venturer lebih cocok buat jalan agak jauh.
boleh di detailkan perasaan "sesuatu" nya itu om? masih penasaran hehe
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by Pboyz97 »

zzzprince wrote: Thu Aug 31, 2023 4:30

halo om,
budget maks di otr zenix G Hybrid, dan rencana mau masuk KKB aja, jadi prefer ambil baru
CRV udah pernah nyoba punya temen, dan ok sih, sayang aja belom mau dilepas itu CRV... masih rada mikir2 kalo ambil 2nd dari yg bukan kenalan,
kemarin beli brand new toyota aja ggra nyoba dealer lain, jadi ada aja drama tuh mobil,

dan iya, di kalimantan solar ampun2 deh antrinya bisa seharian, lawannya truk tronton, agak bersyukur ambil gnki bensin bukan solar waktu itu
yg saya bold bawa inspektor yg ngerti mobil dan independen, dijamin aman, saya kebetulan udah pake beberapa kali dan recomended, kalo mau info lebih detil bisa pm saya hehehe . saya sendiri udh beberapa kali pake mobil seken aman2 aja so far walaupun jarang yg sekali jadi, alias perlu cek beberapa unit dulu baru milih mana yg worth dibeli dari segi harga dan kondisi
zzzprince wrote: Thu Aug 31, 2023 4:30 review nya super lengkap om, jadi dapet lah bayangan pastinya gimana..
intinya reborn masih paling badak buat pemakaian kemana-mana
dan yes mobil rencananya banyak dipake di area dalkot jakarta om, road trip paling 3bln sekali
kalo ANF ANPS kayanya overbudget kalau brand new om

yes, apalagi yg saya bold, saya tetep merem reborn, 3 bulan sekali termasuk sering lohh hehehe, kecuali om lukotnya 1 tahun sekali baru ambil zenix. sebagai gambaran kenalan ortu saya ada yg beli zenix karena memang dipake 90% dalkot jabodetabek aja, keluar kota aja paling banter jg 1 tahun sekali pake mobil, seringnya pake pesawat or kereta :big_biglaugh: . dulu sblm pake zenix , gnki nya aja umur 9 tahun dari 2014 pas saya angkut pertengahan tahun ini km nya cuma 48rb karena memang jarang bgt dipake & seumur hidupnya itu mobil cuma 3x ke luar kota itupun paling jauh ke bandung doang, sisanya muter2 doang di jakarta hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 508
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by Chr1stm1 »

Chr1stm1 wrote: Tue Aug 29, 2023 9:25 vote Zenix, karena pas saya cobain, kerasa koq naek kelasnya
Reborn enak sih, cuma sekelas LMPV macam Xpander aja udah bisa nyamain koq in term NVHnya ( kecuali tenaga mesinnya yah )
perbedaan kelasnya signifikan kah om? saya nyetir xp facelift dan reborn/gnki malah lebih rileks di xp entah kenapa


Imo, jauh Om, berasa banget naek kelasnya.
Gapnya jauh gak kayak dari innova barong ke reborn. cmiiw
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by alexand »

kalo pakenya keluar kota, diesel lebih enak, mau nyalip juga pede karena torsi gede
dan kalo ngisi biosolar 6800 berasa murah banget operasional mobil kijang 2GD walaupun kalo sekalian di racunin pake HSS EDT

tapi kalo mobilnya jarang di jalanin saya rekomendasi ngi solar DEX aja biar gak ada istilah solar basi / busuk

lalu untuk zenix G HV kalo per tahun di bawah 20rb km rasanya masih kurang worth pengiritan karena hybrid nya
lebih baik zenix V gasoline aja biar gak berasa kopongan mobilnya
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by Iriawans »

zzzprince wrote: Thu Aug 31, 2023 4:42
Iriawans wrote: Tue Aug 29, 2023 9:55 kalau saya secara desain pilih Zenix sih, soalnya dari dulu sampai sekarang gak pernah suka sama desain eksterior Innova reborn :mky_01:

pernah bbrp kali jadi penumpang baris 2 Venturer Diesel rute tol dan jalan non tol di Jawa Tengah (Solo-Yogya-Semarang), lebih nyaman dibanding naik ANF. Tapi kalau dibandingkan dengan Zenix G HV yg saya gunakan sehari2, juga sebagai penumpang baris 2, jauh lebih nyaman, lebih lapang Zenix.
Bulan lalu di Surabaya rute dalkot saya jadi penumpang baris 2 Venturer, entah sugesti atau apa koq berasa goyang2 banget :big_weee:
weekend kemarin di tol Cikampek ketemu Zenix Q dibawanya seruntulan sepertinya cukup bertenaga :mky_03:
siap om, kayanya buat trans jawa lebih nyaman si zenix ini ya, btw zenix G si om apa ada keluhan selama pemakaian? indent brp lama om?
inden sktr 5 bulan Om, tapi kemarin Ktr beli 1 lagi tipe G HV cuma 2 bln indennya. So far ok sih Om, cuma spion yg masih manual aja agak annoying. Driver Ktr juga happy pake Zenix karena jarang ke SPBU :mky_02:
copper
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Aug 24, 2023 2:00

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by copper »

kemaren coba duduk di row 3 dengan konfigurasi penumpang:
3 penumpang di baris ke 3,
3 penumpang di baris ke 2,
2 orang di row 1 (incl. supir)
saya duduk di bagian kanan row 3.
luar biasa lega ya, dengkul aman (row 2 maju dikit aja).
suspensinya jg nyaman gak limbung
minusnya cm 1, dengan tingi 175 cm, kepala saya mepet dengan hand grip dan bentuk plafonnya yang agak miring ke kiri
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by bensinsolar »

zzzprince wrote: Thu Aug 31, 2023 4:30
bensinsolar wrote: Tue Aug 29, 2023 4:01 Zenix naikannya memang lmyn enak. Pernah duduk di 3rd row Zenix waktu di Bali selama 2 jam perjalanan. Cukup lega & bantingannya OK. Space lmyn luas dibanding ANKI. Sampe2 mertua saya beli 2 Zenix (1 V gasoline & 1 Q hybrid)...
wah ini baru mantep, bisa bandingkan 2 zenix dengan powertrain yang beda
untuk zenix bensin dan hybrid apa ada perbedaan mencolok dari segi vibrasi mesin dan perawatannya om? oli harus sama sama encer ya?
Yg hybrid belum pernah nyoba, barangnya baru dateng mid agustus. Nanti kalo ud coba ya.
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by quyquy »

Masih penasaran sama Zenix non Hybrid, konsumsi bensin nya berapaan ya, baik dalam kota atau luar kota?

Ada yg bilang konsumsi realnya dalam kota dapat 1:9nan dan luar kota non tol 1:14an..

Kalo reborn diesel kan dalam kota bisa dapat 1:11-12an dan luat kota non tol 1:16an..
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Reborn vs zenix pemakaian di Jawa?

Post by Pboyz97 »

quyquy wrote: Wed Sep 06, 2023 4:56 Masih penasaran sama Zenix non Hybrid, konsumsi bensin nya berapaan ya, baik dalam kota atau luar kota?

Ada yg bilang konsumsi realnya dalam kota dapat 1:9nan dan luar kota non tol 1:14an..

Kalo reborn diesel kan dalam kota bisa dapat 1:11-12an dan luat kota non tol 1:16an..
kebetulan saya user AN Voxy 2023 yg drivetrainnya mirip2 sm zenix non hybrid. kalo dalkot 1:9-11. kalo lukot 1:14-15
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV