Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by kendibocor »

Bikin skala prioritas dlu aja om TS mau yg paling penting dr mobilnya apa, drpd tambah bingung.
Tp kalo ngeliat itu semua sih ya yg paling masuk kayanya hrv rs, cuma ya hatus berdamai sama panoramic roofnya aja. Fitur2 segala kayanya uda cukup kok selaen speaker harman kartonnya aja sama road noise yg kurang. Masalah kaki2 kan masih garansi selama brp tahun.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by kendibocor »

Promtheus wrote: Fri Sep 01, 2023 17:49
darrelund wrote: Fri Sep 01, 2023 11:24 cx30 yang ini um, bukan yang CX3

ato ga ya cx5 aja, ud paling sensible liat harganya

klo tig allspace/crv 2022 gimana um? diskonnya pada gede tuh. tapi gada warna merah seh....

Image
Iya om ntah kenapa meskipun seri spesialnya mazda tapi khusus cx30 ini boring terlalu main aman desainnya untuk edisi spesial imho. Cladding plastiknya agak ketebelan dan dimensinya kyk kecil sempit gituuu mirip" lexus ux vibesnya, kecil nanggung kurang keliatan mewah padahal harganya lumayan imho :ungg:
Kalo tiguan vw ga dulu dehh dual clutch ga tau detailnya dry atau wet tp denger dual clutch vw cuma inget isu mechatronicnya, apa lagi atpmnya ind*m*bil begitu juga kelakuannya :big_dunno:
Model luar CX30 emang kurang sih, tp soal kemewahan interior mah X1 aja lewat um :upss:

Saran bikin skala prioritas dlu aja om TS mau yg paling penting dr mobilnya apa, drpd tambah bingung.
Tp kalo ngeliat itu semua sih ya yg paling masuk kayanya hrv rs, cuma ya harus berdamai sama panoramic roofnya aja. Fitur2 segala kayanya uda cukup kok selaen speaker harman kartonnya aja sama road noise yg kurang. Masalah kaki2 kan masih garansi selama brp tahun.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by ChZ »

Promtheus wrote: Fri Sep 01, 2023 17:07
Iya sih emak" jangan yang ribet perawatannya tapi sayang ngeganjel di value for moneynya HRV RS itu andaikan ada kamera 360 atau elektrik seat aja mendingan deh. Kalo jalan ke luar kota berbanyak orang udah ada diesel ladder frame si jadi cari yang kompak aja :big_peace:
kalo bs dipush diskon di bawah 500 jadi value nurut ane sih om. 490 jt dapet 1.5 turbo paling kenceng di harga sgitu kapan lagi. :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by ExorT »

ChZ wrote: Sat Sep 02, 2023 2:57
Promtheus wrote: Fri Sep 01, 2023 17:07
Iya sih emak" jangan yang ribet perawatannya tapi sayang ngeganjel di value for moneynya HRV RS itu andaikan ada kamera 360 atau elektrik seat aja mendingan deh. Kalo jalan ke luar kota berbanyak orang udah ada diesel ladder frame si jadi cari yang kompak aja :big_peace:
kalo bs dipush diskon di bawah 500 jadi value nurut ane sih om. 490 jt dapet 1.5 turbo paling kenceng di harga sgitu kapan lagi. :mky_03:
Kalo kriteria banyak nanjak dan tikungan, hrv rs lemot abis responnya. Bisa2nya ada jeda kopong berat ngeden beberapa detik gitu, terus tiba2 surge "kasar" ngejambak.

Ternyata di review CX5 moladin (ralat, ternyata masi di cintamobil) juga ada gejala sama. Cx5 2022 FL dibawa tikungan nanjak2 juga ada delay jeda kopong berat ngeden, sebelum tau2 engine surge nge-response dengan "kasar".

Analoginya kalau di manual, harusnya masuk gigi 2, tapi ini mobil kita paksa stay di gigi 4, setelah keluar tikungan kita merasa kok di gigi 4 ga kuat ya, ngeden, lgsg kita shift ke 2. Alhasil ya rpm langsung lompat ke tinggi dan surge tenaga keluar, tapi ya ridenya kasar.



Menit 18:50 an.

Menurut saya ini, bukan mobilnya yang underpowered, tapi lebih ke logic ecu / transmisi. Entahlah. Soalnya di hrv 1.8 ya enak2 aja, nanjak smooth terkontrol.


Jadi ini sepertinya memang harus di test drive, bukan cuman honda, mazda saja, biar tahu karakteristik mobilnya di tanjakan pegunungan.

Dah lah kabur dulu, ntar dibilang ane sales merk lain yang jelekin honda lagi. Padahal di garasi skrg ada pelihara 3 honda.

Kasian kadang sales2 ini, selalu jadi kambing hitam. Wkwkwkw.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by ChZ »

ExorT wrote: Sat Sep 02, 2023 3:22
Kalo kriteria banyak nanjak dan tikungan, hrv rs lemot abis responnya. Bisa2nya ada jeda kopong berat ngeden beberapa detik gitu, terus tiba2 surge "kasar" ngejambak.

Ternyata di review CX5 moladin juga ada gejala sama. Cx5 2022 FL dibawa tikungan nanjak2 juga ada delay jeda kopong berat ngeden, sebelum tau2 engine nge-response dengan "kasar".

Analoginya kalau di manual, harusnya masuk gigi 2, tapi ini mobil kita paksa stay di gigi 4, setelah keluar tikungan kita merasa kok di gigi 4 ga kuat ya, ngeden, lgsg kita shift ke 2. Alhasil ya rpm langsung lompat ke tinggi dan surge tenaga keluar, tapi ya ridenya kasar.



Menit 18:50 an.

Jadi ini sepertinya memang harus di test drive, bukan cuman honda, mazda saja, biar tahu karakteristik mobilnya di tanjakan pegunungan.

Dah lah kabur dulu, ntar dibilang ane sales merk lain yang jelekin honda lagi. Padahal di garasi skrg ada pelihara 3 honda.

Kasian kadang sales2 ini, selalu jadi kambing hitam. Wkwkwkw.
setelan mobil sekarang selalu utamakan high gear om. sayangnya di mobil2 turbo kena high gear = rpm drop = keluar dari boost threshold.

di CRV turbo saya juga. pernah sekali yang bawa adik, bilang kok nanjak ngeden yah, ampe begitu dia injek gas lbh dalem langsung lompat tuh mobil. ini kondisi sdh remap. tp throttle setting emang gak dibuat agresif sama tunernya.

emang setelah saya coba2 mobil matik rasanya kangen berkendara dgn manual om... matik cuma pol polan pasrah dgn programming dan sayangnya emang diprogram buat irit bbm.

cuma giliran kena macet, langsung pegel ngopling :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by ExorT »

ChZ wrote: Sat Sep 02, 2023 3:30
setelan mobil sekarang selalu utamakan high gear om. sayangnya di mobil2 turbo kena high gear = rpm drop = keluar dari boost threshold.

di CRV turbo saya juga. pernah sekali yang bawa adik, bilang kok nanjak ngeden yah, ampe begitu dia injek gas lbh dalem langsung lompat tuh mobil. ini kondisi sdh remap. tp throttle setting emang gak dibuat agresif sama tunernya.

emang setelah saya coba2 mobil matik rasanya kangen berkendara dgn manual om... matik cuma pol polan pasrah dgn programming dan sayangnya emang diprogram buat irit bbm.

cuma giliran kena macet, langsung pegel ngopling :ngacir:
Hahaaha, iya persis dah seperti yang saya rasa.

Waktu parkir mundur tanjakan juga nih Om. Berasa sekali ngedennya. Digas dikit ga gerak dan ngeden, digas banyak lompat/spin.

Kalau di HRV 1.8 NA, delivery tenaganya sangat smooth, bisa ditaker pedal gasnya. Reverse jadi smooth ga banyak drama.

Pegel kaki kan juga bagian olahraga om. Sampe gym, bisa skip leg day. Tapi pedal gasnya juga kasih per yang berat. Biar ga gede sebelah. wkwkwkw
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by kendibocor »

Kalo nanjak gamau drop rpm, tahan aja di S/L atau D3-D2 atau kalo tiptronic ya ganti manual, atau masuk mode sport :ngacir:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by ChZ »

ExorT wrote: Sat Sep 02, 2023 4:04
Hahaaha, iya persis dah seperti yang saya rasa.

Waktu parkir mundur tanjakan juga nih Om. Berasa sekali ngedennya. Digas dikit ga gerak dan ngeden, digas banyak lompat/spin.

Kalau di HRV 1.8 NA, delivery tenaganya sangat smooth, bisa ditaker pedal gasnya. Reverse jadi smooth ga banyak drama.

Pegel kaki kan juga bagian olahraga om. Sampe gym, bisa skip leg day. Tapi pedal gasnya juga kasih per yang berat. Biar ga gede sebelah. wkwkwkw
dulu kejadian waktu stock gitu, skrg di remap mendingan sih mundurnya.

iya mana adik ane biasa bawa HRV 1.8 udah remapan juga :mky_07:

nah ntu cocoknya di mobil2 eropa jadul om. kopling berat gas juga berat :mky_03: steer juga berat mayan sampe gym gak perlu pemanasan
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by ExorT »

kendibocor wrote: Sat Sep 02, 2023 4:06 Kalo nanjak gamau drop rpm, tahan aja di S/L atau D3-D2 atau kalo tiptronic ya ganti manual, atau masuk mode sport :ngacir:
CVT yang teakhir ini aneh karateristiknya Om.

Misal di jalan santai di kecepatan 50, iseng cek pindah ke mode manual cek, ternyata di gigi 4.

Giliaran mau mengurangi kecepatan (engine brake) secara mode manual, turunin ke 3 (tetap ngeloss), turunin ke 2 (tetap ngeloss), ke 1 baru berasa.

Ya, aneh sekali masa mesti cetek turun 3 baru mau engine brake.

DI yang 1.8 non FL, kita cetek turunin gigi, mesin langsung menderu, "ngunggg". Dan ini terjadi di setiap turun gigi. Jauh lebih fun. Malah setiap ngerem deket lampu merah, selalu ane downshift manual.

Ane bukan expert cara kerja transmisi, tapi mode manual di gigi 1 ini terlalu lebar rationya. Giliran 2-3-4 seterus nya terlalu rapat2.

Di sport juga ga ngaruh Om, RPM tetep drop di tanjakan (kecepatan rendah).

Ya kata mbah Chz sih, dari programmingnya :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by ChZ »

ExorT wrote: Sat Sep 02, 2023 4:27 CVT yang teakhir ini aneh karateristiknya Om.

Misal di jalan santai di kecepatan 50, iseng cek pindah ke mode manual cek, ternyata di gigi 4.

Giliaran mau mengurangi kecepatan (engine brake) secara mode manual, turunin ke 3 (tetap ngeloss), turunin ke 2 (tetap ngeloss), ke 1 baru berasa.

Ya, aneh sekali masa mesti cetek turun 3 baru mau engine brake.

DI yang 1.8 non FL, kita cetek turunin gigi, mesin langsung menderu, "ngunggg". Dan ini terjadi di setiap turun gigi. Jauh lebih fun. Malah setiap ngerem deket lampu merah, selalu ane downshift manual.

Ane bukan expert cara kerja transmisi, tapi mode manual di gigi 1 ini terlalu lebar rationya. Giliran 2-3-4 seterus nya terlalu rapat2.

Di sport juga ga ngaruh Om, RPM tetep drop di tanjakan (kecepatan rendah).

Ya kata mbah Chz sih, dari programmingnya :big_biglaugh:
nah bener kan logic programming transmisinya :big_bored:

selain buat irit jg biar awet. krn digas dikit sudah langsung lock-up. minimal slip, jadi transmisi lebih adem. problem dgn cvt2 yg cepat rusak karena terlalu banyak selip = panas. slip bisa bantu buat crawl / nanjak.

macem kita orang bawa manual 1/2 kopling. ini sama transmisinya nggak di 1/2 kopling, di torque xx Nm lsg dioper rasio lebih tinggi jd berat dan rpm drop.

transmisi2 minim selip itu kelemahannya emg di tanjakan yg butuh torque tp nahan speed. DSG juga sama. di indo reputasinya kurang awet karena dipaksa selip terus (nanjak2, crawling, creeping on traffic).
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by ExorT »

ChZ wrote: Sat Sep 02, 2023 4:59
nah bener kan logic programming transmisinya :big_bored:

selain buat irit jg biar awet. krn digas dikit sudah langsung lock-up. minimal slip, jadi transmisi lebih adem. problem dgn cvt2 yg cepat rusak karena terlalu banyak selip = panas. slip bisa bantu buat crawl / nanjak.

macem kita orang bawa manual 1/2 kopling. ini sama transmisinya nggak di 1/2 kopling, di torque xx Nm lsg dioper rasio lebih tinggi jd berat dan rpm drop.

transmisi2 minim selip itu kelemahannya emg di tanjakan yg butuh torque tp nahan speed. DSG juga sama. di indo reputasinya kurang awet karena dipaksa selip terus (nanjak2, crawling, creeping on traffic).
Oo, jadi begitu penjelasannya tranmisinya. Ketambahan juga bobotnya ini. 1.4 ton (curb weight), sebelum turbo boost, ya just ordinary 1.5 NA FWD.

Dibanding LMPV 7 seater yang rata2 beratnya kurang dari 1.2 ton, belum lagi kalo RWD. Ya ditinggal terus waktu exit tikungan :mky_07:

Untungnya selama di jalan non tanjakan, ini combinasi mesin/transmisinya masih oke sekali.

Untuk road noise, mobil ini masih sangat2 tolerable. Jauh sekali improvementnya dibanding 1.8 non FL. Sangat2 oke untuk cruising luar kotaan.

Jalan bumpy luar kotaan juga masih lumayan smooth. Ngga kekocok2 seperti yang lama. Tapi kalo tikungan mesti pelan-pelan, bodyrollnya lebih berasa.

Kabin 2nd row nya luas. Tapi bagasi kelihatannya lebih sempit dibanding yang lama karena slope roofnya yang lebih melandai. Kopernya ga bisa buat yang tinggi-tinggi.

Bolehlah dipertimbangkan beli HRV RS. Apalgi kalo diskon nya gede.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by pendoli »

Dari pengalaman, GLA tidak direkomendasikan 🙏🏼
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5706
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by sintoni »

ExorT wrote: Sat Sep 02, 2023 3:22
ChZ wrote: Sat Sep 02, 2023 2:57
Promtheus wrote: Fri Sep 01, 2023 17:07
Iya sih emak" jangan yang ribet perawatannya tapi sayang ngeganjel di value for moneynya HRV RS itu andaikan ada kamera 360 atau elektrik seat aja mendingan deh. Kalo jalan ke luar kota berbanyak orang udah ada diesel ladder frame si jadi cari yang kompak aja :big_peace:
kalo bs dipush diskon di bawah 500 jadi value nurut ane sih om. 490 jt dapet 1.5 turbo paling kenceng di harga sgitu kapan lagi. :mky_03:
Kalo kriteria banyak nanjak dan tikungan, hrv rs lemot abis responnya. Bisa2nya ada jeda kopong berat ngeden beberapa detik gitu, terus tiba2 surge "kasar" ngejambak.

Ternyata di review CX5 moladin (ralat, ternyata masi di cintamobil) juga ada gejala sama. Cx5 2022 FL dibawa tikungan nanjak2 juga ada delay jeda kopong berat ngeden, sebelum tau2 engine surge nge-response dengan "kasar".

Analoginya kalau di manual, harusnya masuk gigi 2, tapi ini mobil kita paksa stay di gigi 4, setelah keluar tikungan kita merasa kok di gigi 4 ga kuat ya, ngeden, lgsg kita shift ke 2. Alhasil ya rpm langsung lompat ke tinggi dan surge tenaga keluar, tapi ya ridenya kasar.

Menurut saya ini, bukan mobilnya yang underpowered, tapi lebih ke logic ecu / transmisi. Entahlah. Soalnya di hrv 1.8 ya enak2 aja, nanjak smooth terkontrol.


Jadi ini sepertinya memang harus di test drive, bukan cuman honda, mazda saja, biar tahu karakteristik mobilnya di tanjakan pegunungan.

Dah lah kabur dulu, ntar dibilang ane sales merk lain yang jelekin honda lagi. Padahal di garasi skrg ada pelihara 3 honda.

Kasian kadang sales2 ini, selalu jadi kambing hitam. Wkwkwkw.
Berarti harus Turbodiesel om.
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by ExorT »

sintoni wrote: Sat Sep 02, 2023 6:30
Berarti harus Turbodiesel om.
Kebo2 gede turbodiesel ga bisa sat set lah Om. Ane juga ada ANPS Innova, tapi ga pernah suka nyetirnya. Bonyok yang doyan mobil2 gede.

Ga harus turbodiesel gede lah Om. Ane juga bawa 1.8 dan 2.0 NA, enak2 aja ga ada masalah di racikan delivery tenaganya. Padahal tenaga on paper jauh dibawah 1.5 Turbo.

Kalau ga nyobain sendiri disituasi terntu, sulit masuk logika memang Om. Karena kalo cuman tanjakan panjang, asal turbo spool, ya enteng2 aja ini. Cenderung buas. :big_exellent:
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by Chr1stm1 »

Yaris Cross Hybrid, emak2 pasti suka iritnya ampun...
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by doge »

ExorT wrote: Sat Sep 02, 2023 4:27
kendibocor wrote: Sat Sep 02, 2023 4:06 Kalo nanjak gamau drop rpm, tahan aja di S/L atau D3-D2 atau kalo tiptronic ya ganti manual, atau masuk mode sport :ngacir:
CVT yang teakhir ini aneh karateristiknya Om.

Misal di jalan santai di kecepatan 50, iseng cek pindah ke mode manual cek, ternyata di gigi 4.

Giliaran mau mengurangi kecepatan (engine brake) secara mode manual, turunin ke 3 (tetap ngeloss), turunin ke 2 (tetap ngeloss), ke 1 baru berasa.

Ya, aneh sekali masa mesti cetek turun 3 baru mau engine brake.

DI yang 1.8 non FL, kita cetek turunin gigi, mesin langsung menderu, "ngunggg". Dan ini terjadi di setiap turun gigi. Jauh lebih fun. Malah setiap ngerem deket lampu merah, selalu ane downshift manual.

Ane bukan expert cara kerja transmisi, tapi mode manual di gigi 1 ini terlalu lebar rationya. Giliran 2-3-4 seterus nya terlalu rapat2.

Di sport juga ga ngaruh Om, RPM tetep drop di tanjakan (kecepatan rendah).

Ya kata mbah Chz sih, dari programmingnya :big_biglaugh:
ini hrv yg rv emg rasio cvtnya sekasar"nya (asumsi ini yg dipake utk locking di S1) di 2.526 (n/a) sm 2.645 (turbo)

kalo di girbox manual ini rasio biasanya adanya di gigi 2 ; klo gigi 1nya manual itu biasa di rasio 4an

klo final gearnya hrv rv sndiri bnernya udh lumayan kasar di 5.436 (n/a) sm 5.047 (turbo)

yaa emg tujuannya biar ngga ndut"an, jd rasio gearboxnya diambilin alus

klo manual modern (kls mobil ribon kebawah) kan gigi 1nya agak ndut"an klo sering stopgo
:ngacir:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by Pboyz97 »

Promtheus wrote: Fri Sep 01, 2023 4:21 Halo om" suhu & teman" SM semua, lagi butuh saran nih untuk memilih mobil yang paling pas buat ibu saya yang barusan pensiun.

Ok langsung aja, jadi ceritanya karena sudah pensiun aktivitas sehari" lebih sering di sekitaran rumah saja, jadi butuh mobil yang kompak ukurannya 5 seater saja dan kalo bisa irit :mky_01: . Nah tapi di sisi lain mobil ini juga nanti mungkin akan sesekali kalo weekend dipake untuk healing ke daerah Puncak (banyak nanjak) atau mungkin luar kota lainnya kalo cuma sedikit orang yang ikut, jadi butuh yang mesinnya enak juga.

Budget: Rp. 500 - 600 jtan

Berdasarkan observasi di GIIAS 2023 kemarin

OPSI BARU
Honda HRV RS
Harga: Rp. 529 Jt Diskon 20 Jt jadi 509 Jt + 2,5 jt kalo warna merah jadi 511,5 jt(?)
Positif:
+ Brand Honda (Cukup bergengsi dimata ibu" arisan?)
+ Model Cakep dan masih fresh
+ Tenaga OK
+ Biaya servis lebih murah(?)
+ Dimensi bodi cocok (cukup kompak untuk ibu")
Negatif:
- Tidak value for money (Minim fitur tidak sebanding dengan harganya)
- Panoramic roof puzzle gajelas
- Kaki" rentan(?) Saya perhatikan banyak kasus HRV baru kaki cepat bunyi(?)
- Ganti oli tiap 3000 - 5000 KM(?)

Subaru Crosstrek
Harga : Rp. 549,5 jt Diskon harus serius dulu dan sifatnya pengajuan jadi keburu mager...
Positif:
+ Made in Japan
+ AWD (Tidak terpakai)
+ Ground clearance tinggi
+ Fitur sesuai harga
+ Dimensi bodi cocok
+ Build quality
Negatif:
- Gengsi brand (Hanya petrolhead yang tau kualitasnya dan kurang terkenal dimata ibu" arisan dan orang awam Indonesia)
- Desain biasa aja + banyak bohlam
- After sales dan service masih dipertanyakan (?) Harga sparepart (?)
- AWD BBM jadi lebih boros(?)
- Tenaga pas"an dan wajib RON 95(?)

Mazda CX5 Kuro
Harga: 618,8 jt Diskon(?) ga sempet mampir kemarin.
Positif:
+ Made In Japan
+ Build quality rasa eropa (NVH super)
+ Fitur sebanding dengan harga
+ Desain cakep banget apalagi warna merahnya :big_love:
+ Tenaga OK
Negatif:
- Sparepart mahal dan susah? (Sempet dengar lampu depan 1nya bisa 30an juta++ dan barangnya indent(?) jadi kalau ada uangnya pun belum tentu bisa langsung dapet barangnya(?) :big_think: )
- Bodi agak kebesaran dikit
- Model udah cukup lama bentar lagi ganti all new?

OPSI BEKAS
- Lexus NX200T 2016
- Peugeot 3008 2021
- Mercedes Benz GLA 2016
Tapi kalo mobil premium bekas pajak tahunannya lumayan(?) dan ga terlalu paham perawatan kedepannya gmn hehe

Oh iya tinggalnya di daerah Serpong jadi kalau untuk showroom dan tempat servis sebenernya cukup aman ya harusnya.
Sekian hasil analisa saya jadi butuh pendapat dari om" suhu sekalian agar bisa dapet mobil yang benar" sesuai. Terima kasih sebelumnya :big_deal:
kebetulan saya ex user cx5 2018 , crv turbo pres 2019 yg mesinnya sama kaya HRV RS & lexus rx 2018 + sekarang pake HRV SE 2023. kalo diantara semua saya vote CX5 , kedua HRV RS kalo baru. walaupun buat saya HRV SE kalo buat lukot udh cukup bgt. saya pake ke puncak aja tarikannya lumayan enak buat ukuran mobil 1.500 cc cvt hehehe, tp kl om mau yg rs ya udh cukup bgt itu, tenaga udh pasti gede buat ukuran HRV, dulu saya pake kakaknya aja crv turbo udh enak bgt lukot, harusnya di HRV yg bobot dan body nya lebih kecil lebih enak lg tarikannya. kl ganti oli 3rb-5b km nggak jg . saya dlu di crv ganti oli per 10rb masih aman2 aja sampe dijual bulan beberapa bulan lalu heheh

terus kalo cx5, kebetulan saya sblm make yg 2018 saya pernah pake jg yg gen 1 2013, part kalo tinggal di jabodetabek gak susah2 amat, beresnya masih ada yg bs handle. cm emg inden partnya agak lama . mahal ya relatif, kalo sama sama di beres mah sama aja om kaya kompetitor sekelasnya, minusnya mazda soal parts cm ada di spesialis dan part aftermarketnya aja yg agak kurang. jd mau gak mau kudu ke beres hehehe

kalo seken jika opsinya cuma 3 itu, saya vote nx. paling mending kayanya dibanding yg lain. walaupun kl saya jadi ts nya, buat seken, saya akan consider RX270 / BMW X1. perawatan kedepannya kl lexus aman2 aja, termasuk paling terjangkau dibanding opsi bekas yg lain, biaya maintenancenya ngga beda jauh sm alphard or camry. dulu saya pake kakaknya 2,5 tahun aman2 aja, aftersales terjamin part gampang karena it's toyota, gaada masalah yg aneh2 sampe dijual bulan lalu, cuma ganti oli sm servis rutin aja hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by ExorT »

doge wrote: Sat Sep 02, 2023 10:51
ini hrv yg rv emg rasio cvtnya sekasar"nya (asumsi ini yg dipake utk locking di S1) di 2.526 (n/a) sm 2.645 (turbo)

kalo di girbox manual ini rasio biasanya adanya di gigi 2 ; klo gigi 1nya manual itu biasa di rasio 4an

klo final gearnya hrv rv sndiri bnernya udh lumayan kasar di 5.436 (n/a) sm 5.047 (turbo)

yaa emg tujuannya biar ngga ndut"an, jd rasio gearboxnya diambilin alus

klo manual modern (kls mobil ribon kebawah) kan gigi 1nya agak ndut"an klo sering stopgo
Kalo dibandingin dengan HRV RU (1.5) final gear nya di 5.948. Lebih gede di old hrv.

Jadi secara teori, harusnya HRV RU 1.5 lebih galak akselarasinya dibanding RV 1.5 ya? (forwrd ratio nya sama, dan tanpa liat bobot).

Ya pantes RU lemot abis bawahnya, udah final gearnya dikecilin, bobotnya bertambah.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by farizfsa »

Bener gans x1 kena engine mounting lumayan sering, ganti trans engine mounting di sekitaran 6.5jt setiap 3-4 taun sekali ganti

Kalo peugeot si gausah pusing, selama masih di jawa2 aja. Pengalaman punya pug beberapa kalo ga pernah pusing spareparts
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by doge »

ExorT wrote: Sat Sep 02, 2023 12:18
doge wrote: Sat Sep 02, 2023 10:51
ini hrv yg rv emg rasio cvtnya sekasar"nya (asumsi ini yg dipake utk locking di S1) di 2.526 (n/a) sm 2.645 (turbo)

kalo di girbox manual ini rasio biasanya adanya di gigi 2 ; klo gigi 1nya manual itu biasa di rasio 4an

klo final gearnya hrv rv sndiri bnernya udh lumayan kasar di 5.436 (n/a) sm 5.047 (turbo)

yaa emg tujuannya biar ngga ndut"an, jd rasio gearboxnya diambilin alus

klo manual modern (kls mobil ribon kebawah) kan gigi 1nya agak ndut"an klo sering stopgo
Kalo dibandingin dengan HRV RU (1.5) final gear nya di 5.948. Lebih gede di old hrv.

Jadi secara teori, harusnya HRV RU 1.5 lebih galak akselarasinya dibanding RV 1.5 ya? (forwrd ratio nya sama, dan tanpa liat bobot).

Ya pantes RU lemot abis bawahnya, udah final gearnya dikecilin, bobotnya bertambah.
ooh kasar jg yg di hrv lama

iya bner gitu, rasio makin kasar, aksel makin jos
:ngacir:
User avatar
Promtheus
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Wed Feb 03, 2016 12:40
Location: Serpong

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by Promtheus »

AbdulHakim wrote: Sat Sep 02, 2023 0:58 Toyota Corolla Cross GR Hybrid.
Hybrid kalo jarang dipakai malah rugi eh iritnya ga berasa dan jd ga balik modal untuk ganti batrenya setelah 5 tahun.
FR6 wrote: Sat Sep 02, 2023 1:07 HRV RS aja Om, tu mobil bakal jadi Rare Normal Cars. Bisa di goreng juga harga jualnya kalo nanti bosen. Trust me! ✌🏻
Nah iya nih nanti bakal discontinue jadi bakal nahan ya harusnya :big_exellent:
kendibocor wrote: Sat Sep 02, 2023 2:30 Bikin skala prioritas dlu aja om TS mau yg paling penting dr mobilnya apa, drpd tambah bingung.
Tp kalo ngeliat itu semua sih ya yg paling masuk kayanya hrv rs, cuma ya hatus berdamai sama panoramic roofnya aja. Fitur2 segala kayanya uda cukup kok selaen speaker harman kartonnya aja sama road noise yg kurang. Masalah kaki2 kan masih garansi selama brp tahun.
Panoramic roof bisa berdamai sih hrsnya soalnya mobil bersunroof di rumah pun jga ga pernah dibuka"
hahaha harman karton :big_biglaugh: untung sekeluarga bukan kuping audiophile jadi aman harusnya
kalo suara road noise nanti tinggal kasih peredam bawah aja kan yaaa ga sampe 5 jt hrsnya beres yaa :big_think:
ChZ wrote: Sat Sep 02, 2023 2:57 kalo bs dipush diskon di bawah 500 jadi value nurut ane sih om. 490 jt dapet 1.5 turbo paling kenceng di harga sgitu kapan lagi. :mky_03:
Nah ini sebenernya kemarin udah hampir spk di giias cuma disana katanya khusus brio, wrv, hrv dipukul rata diskon maksimalnya udah ditentuin dari pusat jadi batal deh. Soalnya si sales keceplosan sebelum giias diskon bisa 30jt++ kalo ga salah :big_bored:
pendoli wrote: Sat Sep 02, 2023 5:49 Dari pengalaman, GLA tidak direkomendasikan 🙏🏼
Wah ga rekomen ya GLA, siap langsung coret dari list thank you om :big_deal:
Chr1stm1 wrote: Sat Sep 02, 2023 9:06 Yaris Cross Hybrid, emak2 pasti suka iritnya ampun...
Irit sih memang, tapi kalo jarang dipake jadi mubaziir malah ga balik modal harus ganti batrenya setiap 5 tahun(?). Sama yang paling bikin ilfeel YC itu sasisnya DNGA udah cukup sama Raize di rumah :ngacir:
4JA-1 M/T 2014
4N15 A/T 2018
2GD-FTV A/T 2019
1KR-VET A/T 2021
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by ricz »

Dari list yang om berikan, kayanya paling cocok HRV (mau SE atau RS pun oke), atau 3008 (mobil ini unique designnya, kayanya emak" bakal keren kalo naik ini)
2021 Fortuner VRZ
User avatar
Promtheus
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Wed Feb 03, 2016 12:40
Location: Serpong

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by Promtheus »

Pboyz97 wrote: Sat Sep 02, 2023 12:13 kebetulan saya ex user cx5 2018 , crv turbo pres 2019 yg mesinnya sama kaya HRV RS & lexus rx 2018 + sekarang pake HRV SE 2023. kalo diantara semua saya vote CX5 , kedua HRV RS kalo baru. walaupun buat saya HRV SE kalo buat lukot udh cukup bgt. saya pake ke puncak aja tarikannya lumayan enak buat ukuran mobil 1.500 cc cvt hehehe, tp kl om mau yg rs ya udh cukup bgt itu, tenaga udh pasti gede buat ukuran HRV, dulu saya pake kakaknya aja crv turbo udh enak bgt lukot, harusnya di HRV yg bobot dan body nya lebih kecil lebih enak lg tarikannya. kl ganti oli 3rb-5b km nggak jg . saya dlu di crv ganti oli per 10rb masih aman2 aja sampe dijual bulan beberapa bulan lalu heheh

terus kalo cx5, kebetulan saya sblm make yg 2018 saya pernah pake jg yg gen 1 2013, part kalo tinggal di jabodetabek gak susah2 amat, beresnya masih ada yg bs handle. cm emg inden partnya agak lama . mahal ya relatif, kalo sama sama di beres mah sama aja om kaya kompetitor sekelasnya, minusnya mazda soal parts cm ada di spesialis dan part aftermarketnya aja yg agak kurang. jd mau gak mau kudu ke beres hehehe

kalo seken jika opsinya cuma 3 itu, saya vote nx. paling mending kayanya dibanding yg lain. walaupun kl saya jadi ts nya, buat seken, saya akan consider RX270 / BMW X1. perawatan kedepannya kl lexus aman2 aja, termasuk paling terjangkau dibanding opsi bekas yg lain, biaya maintenancenya ngga beda jauh sm alphard or camry. dulu saya pake kakaknya 2,5 tahun aman2 aja, aftersales terjamin part gampang karena it's toyota, gaada masalah yg aneh2 sampe dijual bulan lalu, cuma ganti oli sm servis rutin aja hehehe
Wuih mantap om pengalaman megang banyak mobil. Oh HRV non turbo cukup ok ya nanjak"(?) soalnya liat review"nya bahkan aksel 0 - 100nya payah bgt eh...
Sebenernya ganti oli 3000 - 5000 KM gpp si soalnya nanti mobil jg jarang dipake paling setaun ga sampai 5000 KM. Oli juga ada expirednya kan jadi ya memang harus ganti anyway tiap tahun hehe.

Wuih RX300 kalo servis rutin berkala biasanya abis brp kemarin? Jujur masih awam dan takut sebenernya kalo miara eropa blm ada pengalaman sama sekali. Takut kena bom waktu demi gengsi :mky_04:
farizfsa wrote: Sat Sep 02, 2023 13:04 Bener gans x1 kena engine mounting lumayan sering, ganti trans engine mounting di sekitaran 6.5jt setiap 3-4 taun sekali ganti

Kalo peugeot si gausah pusing, selama masih di jawa2 aja. Pengalaman punya pug beberapa kalo ga pernah pusing spareparts
Andaikan X1 itu 4 silinder itu mungkin bisa jadi opsi terbaik jugaa. Mau dibilang 3 silindernya beda dan canggih tetep aja tidak bisa dipungkiri hukum alam 3 silinder ga seimbang jd geter". Oh cukup terjangkau ya kalo 6,5 jt, soalnya saya pernah baca apa salah ya, itu gantinya bisa kena belasan - puluhan juta gitu :ungg:

Harus hunting tapi yaaa mungkin kalo sparepart" pug gituu nanti 5 - 10 thn lagi misalnya.
4JA-1 M/T 2014
4N15 A/T 2018
2GD-FTV A/T 2019
1KR-VET A/T 2021
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by ChZ »

Promtheus wrote: Mon Sep 04, 2023 3:59
Nah ini sebenernya kemarin udah hampir spk di giias cuma disana katanya khusus brio, wrv, hrv dipukul rata diskon maksimalnya udah ditentuin dari pusat jadi batal deh. Soalnya si sales keceplosan sebelum giias diskon bisa 30jt++ kalo ga salah :big_bored:
tunggu 2-3 bulan lagi jelang akhir taun kan diobral tuh RS. ga mungkin mau keep di stockyard lama lama soalnya mau diarahin orang buat beli HRV Hybrid :mky_03: ada yg spknya sampe di refund.

skrg honda pelit diskon soalnya mau diarahin ke kredit. kalo gak mager kredit tawar aja bunga 0%.

tp kalo mager kredit ya tunggu aja sampe akhir taun :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Saran Mobil Pensiun Untuk Emak" + Jadi Weekend Car

Post by darrelund »

ExorT wrote: Sat Sep 02, 2023 12:18
doge wrote: Sat Sep 02, 2023 10:51
ini hrv yg rv emg rasio cvtnya sekasar"nya (asumsi ini yg dipake utk locking di S1) di 2.526 (n/a) sm 2.645 (turbo)

kalo di girbox manual ini rasio biasanya adanya di gigi 2 ; klo gigi 1nya manual itu biasa di rasio 4an

klo final gearnya hrv rv sndiri bnernya udh lumayan kasar di 5.436 (n/a) sm 5.047 (turbo)

yaa emg tujuannya biar ngga ndut"an, jd rasio gearboxnya diambilin alus

klo manual modern (kls mobil ribon kebawah) kan gigi 1nya agak ndut"an klo sering stopgo
Kalo dibandingin dengan HRV RU (1.5) final gear nya di 5.948. Lebih gede di old hrv.

Jadi secara teori, harusnya HRV RU 1.5 lebih galak akselarasinya dibanding RV 1.5 ya? (forwrd ratio nya sama, dan tanpa liat bobot).

Ya pantes RU lemot abis bawahnya, udah final gearnya dikecilin, bobotnya bertambah.
kan memang yg RU lebih ngacir um, di dyno aja powernya lebi besar 10hp

RV sama enjinir dihalusin krn emang ngejer smooth drivingnya, bukan karakter atletis spt yg RU

demennya sama RU dia feel ala" diesel, bawahnya di toel dikit ud ngacir

cuma krn FG kasar jd yah hi speed ga terlalu padat

dah nyoba di tanjakan jg, RU punya mayan ngacir seh......