Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by darrelund »

b0ku wrote: Fri Sep 01, 2023 13:46
rajapb wrote: Fri Sep 01, 2023 12:52 wah mobil 90s yg belom ada CC kira2 bisa lolos gak ya? kalo iya goodbye deh mobil 90s impian kita semua
om CC itu cuma matter of time aja jadi ladang bisnis kalo lama2x mobil kudu pake CC buat lolos uji emisi bisa2x lama2x bukan cuma maling spion sama pelek bisa2x cc kita di maling juga tinggal modal power tools yang kuat aja :big_biglaugh:

jd mobil2x tua itu juga bisa di pakein CC disini aja gak perlu jadi jarang ada yang jual kalo di luar catalic racing juga ada malahan :mky_03:
setau oe standar emisi pas testing disesuaikan sama tahun produksi um. koreksi yah

jadi ya harusnya aman aja

atau kyk um boku bilang, ladang bisniz baru :big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by ilhami »

Kenapa sih harus ditilang, seharusnya dibawa ke SPBU terdekat langsung isi minimal pertamax.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by ilhami »

Toyota Innova Diesel (2019) Kena Tilang pada Razia Uji Emisi

https://otomotif.kompas.com/read/2023/0 ... isi?page=2

padahal DIesel tahun segitu standar nya masih EURO 2
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by b0ku »

ilhami wrote: Sat Sep 02, 2023 1:39 Toyota Innova Diesel (2019) Kena Tilang pada Razia Uji Emisi

https://otomotif.kompas.com/read/2023/0 ... isi?page=2

padahal DIesel tahun segitu standar nya masih EURO 2
filter solar EGR ngaruh banget om.........apalagi isi solar wassalam dah emisinya :mky_07:

mobil saya aja pernah kan EX peminum solar itu ud pake dex terus saya purging tiba2x suara mesinnya lsg berubah dari kasar jd alus beneran itu diesel sensitif banget sama BBMnya biarpun di kasih yang busuk macem minyak goreng aja gelinding.........
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by darrelund »

ud uji emisi terus diapain lg tuh

ada controlnya ndak

misal ada stiker emisi & pajak spt diluar sana, integrasi ke sistim. klo ga lolos emisi dilarang perpanjang stnk

klo ga ya sama boong :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by ChZ »

b0ku wrote: Fri Sep 01, 2023 8:30
paling ketara ya bali macet iya cuma langit udara enak bener :mky_07:

di jkt mobil itu cuma 4jt gabung jabodetabek paling 5-8jt :big_bored:

dan juara emisi itu selalu dari power generation PLTU PLTD bahkan kapal kargo gabung mobil aja gak bisa ngalahin emisinya :wkkk:

https://www.iea.org/reports/co2-emissions-in-2022

jd kite2x ini cuma jadi kambing item doank apalagi disuruh ganti listrik yang jelas2x malah bakalan tambah parah :big_bored:
ada gak yah yang nekat gugat di meja ijo... eh tapi udah digugat sih. udah dinyatakan bersalah jg.

harusnya digugat terus diajak taruhan kalo emang bener penyebabnya kendaraan pribadi. ya udah kita turutin mogok ga pake mobil seminggu AQI masih jelek gak. full WFH kayak zaman covid. keluar rumah ga boleh lbh dari 2 kilo. mobil boleh jalan mobil listrik aja udah. kasih dah apa maunya mereka.

kita liat rata-rata seminggu turun gak tuh. kalo turun di bawah 20% boleh dah kita diduitin uji emisi. kalo turun cuma 5% yah harusnya rakyat dpt kompensasi :mky_03:

minimal sesek napas duitnya bisa buat healing ke bali apa lombok. buktiin sekalian bali makin macet udaranya masih seger :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by kendibocor »

darrelund wrote: Sat Sep 02, 2023 2:35 ud uji emisi terus diapain lg tuh

ada controlnya ndak

misal ada stiker emisi & pajak spt diluar sana, integrasi ke sistim. klo ga lolos emisi dilarang perpanjang stnk

klo ga ya sama boong :big_biglaugh:
Harusnya gini sih drpd sekedar tilang bayar doang. Goalnya kan mengurangi polusi, ya kalo mbl ga lewat uji emisi jgn kasih jalan.
Btw standar uji emisinya pake euro 4 ya?
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by lexnic »

kendibocor wrote: Sat Sep 02, 2023 3:09
darrelund wrote: Sat Sep 02, 2023 2:35 ud uji emisi terus diapain lg tuh

ada controlnya ndak

misal ada stiker emisi & pajak spt diluar sana, integrasi ke sistim. klo ga lolos emisi dilarang perpanjang stnk

klo ga ya sama boong :big_biglaugh:
Harusnya gini sih drpd sekedar tilang bayar doang. Goalnya kan mengurangi polusi, ya kalo mbl ga lewat uji emisi jgn kasih jalan.
Btw standar uji emisinya pake euro 4 ya?
nah, ini yg jdi pertanyaan saya om setelah iseng coba uji emisi sndiri kmrn. apa tandanya klo kendaraan kita udh ikut uji emisi & udh lulus? klo cuma sekedar nampang di website uji emisi DKI (https://ujiemisi.jakarta.go.id) doang, ya gmpng aja ngakalinnya. kita bisa kongkalikong sama tempat uji emisi utk masukin data kendaraan kita ke website tsb tanpa harus ikut uji emisi :big_biglaugh: . hrusnya ada stiker lulus uji emisi & data uji emisinya diintegrasi ke data kendaraan kita di samsat.

klo gk, ya sia2 kita uji emisi. yg ada malah jdi potensi pungli lg dong. :big_bored:

utk standarnya, kemungkinan pake euro 4 (diliat dri parameter yg dipake di mobil saya). ato mngkin menyesuaikan sama tahun produksi kendaraannya (cmiiw).
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by lexnic »

Polisi menegaskan penilangan dilakukan pada pengendara yang tak lolos, bukan ke pengendara yang belum melakukan uji emisi. Tilang akan diberikan kepada pengendara yang tidak lolos uji emisi. Bagi mereka yang kendaraannya lolos uji, tidak akan ditindak.

"Sementara kalau yang belum pernah diuji, saat diuji memenuhi standar, kan tidak perlu ditilang. Tidak ada pelanggaran layak jalan di situ. Dikatakan kendaraan yang bersangkutan layak jalan, jadi semua itu berdasarkan layak uji. Dasar dan penindakannya," kata Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan saat dihubungi, Kamis (31/8/2023).

Baca artikel detiknews, "Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat Lolos Uji Emisi? Cek Infonya" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6908607 ... ek-infonya.
klo dri pemahaman awam saya, brarti kita gk perlu uji emisi sndiri. misalkan kena razia, mereka kan hrus melakukan uji emisi kendaraan kita dulu sblm diputusin utk ditilang ato engga. klo kendaraannya dirawat dgn baik, pede aja bakal lulus uji emisi hahaha :mky_01: .

toh skrg jga msh blm jelas apa penanda kendaraannya udh lulus uji emisi ato belum selain dri ngecek di website uji emisi DKI (https://ujiemisi.jakarta.go.id).
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by kendibocor »

lexnic wrote: Sat Sep 02, 2023 3:20
kendibocor wrote: Sat Sep 02, 2023 3:09
darrelund wrote: Sat Sep 02, 2023 2:35 ud uji emisi terus diapain lg tuh

ada controlnya ndak

misal ada stiker emisi & pajak spt diluar sana, integrasi ke sistim. klo ga lolos emisi dilarang perpanjang stnk

klo ga ya sama boong :big_biglaugh:
Harusnya gini sih drpd sekedar tilang bayar doang. Goalnya kan mengurangi polusi, ya kalo mbl ga lewat uji emisi jgn kasih jalan.
Btw standar uji emisinya pake euro 4 ya?
nah, ini yg jdi pertanyaan saya om setelah iseng coba uji emisi sndiri kmrn. apa tandanya klo kendaraan kita udh ikut uji emisi & udh lulus? klo cuma sekedar nampang di website uji emisi DKI (https://ujiemisi.jakarta.go.id) doang, ya gmpng aja ngakalinnya. kita bisa kongkalikong sama tempat uji emisi utk masukin data kendaraan kita ke website tsb tanpa harus ikut uji emisi :big_biglaugh: . hrusnya ada stiker lulus uji emisi & data uji emisinya diintegrasi ke data kendaraan kita di samsat.

klo gk, ya sia2 kita uji emisi. yg ada malah jdi potensi pungli lg dong. :big_bored:

utk standarnya, kemungkinan pake euro 4 (diliat dri parameter yg dipake di mobil saya). ato mngkin menyesuaikan sama tahun produksi kendaraannya (cmiiw).
Dapet hasil test uji emisinya om kalo sudah uji emisi, disitu dinyatakan lulus apa nggak. Kemaren ane sih dapet. Kalo integrasi2an segala wait n see dlu om, biasa kan disini ramenya musiman aja. Brp tahun lalu jg heboh uji emisi uji emisi trus issuenya hilang, knalpot brong jg hilang razianya. Blm tentu jg 2-3 bulan lg masi rajin razia uji emisi. Kemaren ane uji emisi karena gratis aja di astra bmw, kalo suruh bayar sih males jg :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by lexnic »

kendibocor wrote: Sat Sep 02, 2023 3:37
lexnic wrote: Sat Sep 02, 2023 3:20
kendibocor wrote: Sat Sep 02, 2023 3:09

Harusnya gini sih drpd sekedar tilang bayar doang. Goalnya kan mengurangi polusi, ya kalo mbl ga lewat uji emisi jgn kasih jalan.
Btw standar uji emisinya pake euro 4 ya?
nah, ini yg jdi pertanyaan saya om setelah iseng coba uji emisi sndiri kmrn. apa tandanya klo kendaraan kita udh ikut uji emisi & udh lulus? klo cuma sekedar nampang di website uji emisi DKI (https://ujiemisi.jakarta.go.id) doang, ya gmpng aja ngakalinnya. kita bisa kongkalikong sama tempat uji emisi utk masukin data kendaraan kita ke website tsb tanpa harus ikut uji emisi :big_biglaugh: . hrusnya ada stiker lulus uji emisi & data uji emisinya diintegrasi ke data kendaraan kita di samsat.

klo gk, ya sia2 kita uji emisi. yg ada malah jdi potensi pungli lg dong. :big_bored:

utk standarnya, kemungkinan pake euro 4 (diliat dri parameter yg dipake di mobil saya). ato mngkin menyesuaikan sama tahun produksi kendaraannya (cmiiw).
Dapet hasil test uji emisinya om kalo sudah uji emisi, disitu dinyatakan lulus apa nggak. Kemaren ane sih dapet. Kalo integrasi2an segala wait n see dlu om, biasa kan disini ramenya musiman aja. Brp tahun lalu jg heboh uji emisi uji emisi trus issuenya hilang, knalpot brong jg hilang razianya. Blm tentu jg 2-3 bulan lg masi rajin razia uji emisi. Kemaren ane uji emisi karena gratis aja di astra bmw, kalo suruh bayar sih males jg :big_biglaugh:
i see. saya jga dapet hasil tesnya om, tapi ya berupa kertas seukuran STNK trus disitu ada detail hasil uji emisinya. saya kira dapet yg modelan stiker (kyk yg dipake di luar negeri) hehehe.

integrasi2an jga sbenernya saya gk ngarep bnyk om. lha wong cek fisik yg dilakukan di samsat pas ganti plat nomor aja cuma sekedar gesek no rangka & no mesin. sisanya kyk perlampuan, rem, kelengkapan kendaraan (misal ban serep, tool kit, segitiga pengamanan, dll) gk dicek sama sekali pdhl ada checklist nya di lembar pengecekannya :big_biglaugh:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by Zaxis »

Pltu ditutup,apa dah siap listrik naik?

Nanti Harga listrik naik pada tereak2 lagi pemerintah zolimin rakyat kecil
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by r1409 »

kalo soal polusi kendaraan bermotor, penyebab utamanya justru bukan mobil, tapi dari sepeda motor.

gas buang mobil masih terfilter pake EGR, CC dll. kalo motor? mana ada begituan, langsung buang begitu aja ke udara bebas tanpa terfilter sama sekali. itu yg menyumbang partikulat polusi yg parah. meskipun konsumsi bbm mobil lebih banyak dari motor (3-5x lipat) tapi setau saya kadar polusi yg terfilter di sistem EGR dan CC udah diatas 80%, jadi 1 motor lebih parah polusinya dibanding 1 mobil, meskipun itu motor baru sekalipun. nah, tinggal dikalikan aja ada berapa motor di jakarta? jaman sekarang begitu mudahnya kredit motor, DP bahkan bisa sampe gratis, 1 rumah bisa punya sampe lebih dari 3-4 motor buat bapak, ibu, dan tiap anak punya sendiri.
belum lagi motor2 tua butut yg masih banyak berkeliaran, yg asapnya bahkan jelas terlihat dan baunya menyengat.

nah yg jadi pertanyaan,bisakah pemerintah tegas melawan industri motor? paling tidak mewajibkan produsen motor memasang CC atau sejenisnya untuk memfilter emisi, atau menerapkan standar EURO seperti pada mobil.

dan soal uji emisi, harusnya diberlakukan test awal dulu yang bisa diterapkan kapan saja oleh semua petugas tanpa perlu nunggu alat, hasil test dlsb, yaitu dengan mata. kalau asap terlihat mata, berarti langsung ga lulus, dan polisi bisa tilang ditempat. itu aja untuk uji tahap awal, udah cukup. kalau sudah berhasil diterapkan di lapangan baru masuk tahap selanjutnya yaitu pengujian dengan alat.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by ChZ »

r1409 wrote: Sat Sep 02, 2023 5:00 kalo soal polusi kendaraan bermotor, penyebab utamanya justru bukan mobil, tapi dari sepeda motor.

gas buang mobil masih terfilter pake EGR, CC dll. kalo motor? mana ada begituan, langsung buang begitu aja ke udara bebas tanpa terfilter sama sekali. itu yg menyumbang partikulat polusi yg parah. meskipun konsumsi bbm mobil lebih banyak dari motor (3-5x lipat) tapi setau saya kadar polusi yg terfilter di sistem EGR dan CC udah diatas 80%, jadi 1 motor lebih parah polusinya dibanding 1 mobil, meskipun itu motor baru sekalipun. nah, tinggal dikalikan aja ada berapa motor di jakarta? jaman sekarang begitu mudahnya kredit motor, DP bahkan bisa sampe gratis, 1 rumah bisa punya sampe lebih dari 3-4 motor buat bapak, ibu, dan tiap anak punya sendiri.
belum lagi motor2 tua butut yg masih banyak berkeliaran, yg asapnya bahkan jelas terlihat dan baunya menyengat.

nah yg jadi pertanyaan,bisakah pemerintah tegas melawan industri motor? paling tidak mewajibkan produsen motor memasang CC atau sejenisnya untuk memfilter emisi, atau menerapkan standar EURO seperti pada mobil.

dan soal uji emisi, harusnya diberlakukan test awal dulu yang bisa diterapkan kapan saja oleh semua petugas tanpa perlu nunggu alat, hasil test dlsb, yaitu dengan mata. kalau asap terlihat mata, berarti langsung ga lulus, dan polisi bisa tilang ditempat. itu aja untuk uji tahap awal, udah cukup. kalau sudah berhasil diterapkan di lapangan baru masuk tahap selanjutnya yaitu pengujian dengan alat.
imo ini sama seperti kasus rangka patah yang QC nya ugal-ugalan, emisi motor jg ugal-ugalan. bayangin mobil udah lebih dari 30 thn pake injeksi, motor kecil (moped / scooter) baru thn berapa alih ke injeksi? org ane thn 2011 aja masih pake jupiter Z karbu brand new baru setaun kemudian muncul seri injeksinya.

blm pengguna motor juga mayoritas pasti isi bbm bersubsidi.

combo bbm bersubsidi dan gas buang tak terfilter, plus mesin karbu.

nggak ada yang mikirin emisi utk kendaraan ginian, orang dijual nya di negara third world. :big_bored:

mobil krn hampir semua model dijual worldwide jd jelek2 sudah ada catcon nya dan system injeksi elektronik lebih canggih jd lepas catcon pun masih lebih bersih.

kenapa gak ditegesin? ya orang terang terangan terbukti kartel aja cuma diminta bayar denda :big_bored: gak ada pengawasan lebih untuk praktek bisnisnya. life goes on kayak gak terjadi apa-apa.

dan kasus esaf pun akan berlanjut sama : menguap.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
NovaCammy
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Jul 20, 2023 12:31
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yaris 2014

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by NovaCammy »

Sebenarnya kalau udah yakin lolos harusnya nggak perlu
tes mandiri sih. Toh nanti pas kena razia dites juga dan
kalau lolos nggak ditilang.

Kecuali kalau nanti diwajibkan harus punya surat keterangan
lolos uji emisi kalau nggak ditilang.

Bikin repot aja hehe Karena saya bukan orang jakarta cuma weekend seeing ke jakarta.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by doge »

r1409 wrote: Sat Sep 02, 2023 5:00 kalo soal polusi kendaraan bermotor, penyebab utamanya justru bukan mobil, tapi dari sepeda motor.

gas buang mobil masih terfilter pake EGR, CC dll. kalo motor? mana ada begituan, langsung buang begitu aja ke udara bebas tanpa terfilter sama sekali. itu yg menyumbang partikulat polusi yg parah. meskipun konsumsi bbm mobil lebih banyak dari motor (3-5x lipat) tapi setau saya kadar polusi yg terfilter di sistem EGR dan CC udah diatas 80%, jadi 1 motor lebih parah polusinya dibanding 1 mobil, meskipun itu motor baru sekalipun. nah, tinggal dikalikan aja ada berapa motor di jakarta? jaman sekarang begitu mudahnya kredit motor, DP bahkan bisa sampe gratis, 1 rumah bisa punya sampe lebih dari 3-4 motor buat bapak, ibu, dan tiap anak punya sendiri.
belum lagi motor2 tua butut yg masih banyak berkeliaran, yg asapnya bahkan jelas terlihat dan baunya menyengat.

nah yg jadi pertanyaan,bisakah pemerintah tegas melawan industri motor? paling tidak mewajibkan produsen motor memasang CC atau sejenisnya untuk memfilter emisi, atau menerapkan standar EURO seperti pada mobil.

dan soal uji emisi, harusnya diberlakukan test awal dulu yang bisa diterapkan kapan saja oleh semua petugas tanpa perlu nunggu alat, hasil test dlsb, yaitu dengan mata. kalau asap terlihat mata, berarti langsung ga lulus, dan polisi bisa tilang ditempat. itu aja untuk uji tahap awal, udah cukup. kalau sudah berhasil diterapkan di lapangan baru masuk tahap selanjutnya yaitu pengujian dengan alat.
di vario 150 th 2015 di knalpotnya ada tulisan CAT, itu ada cc nya kan ya?

btw kyknya sejak masuk injeksi di mesin motor udh sekalian pasang cc
:ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by MSU »

doge wrote: Sat Sep 02, 2023 6:59
r1409 wrote: Sat Sep 02, 2023 5:00 kalo soal polusi kendaraan bermotor, penyebab utamanya justru bukan mobil, tapi dari sepeda motor.

gas buang mobil masih terfilter pake EGR, CC dll. kalo motor? mana ada begituan, langsung buang begitu aja ke udara bebas tanpa terfilter sama sekali. itu yg menyumbang partikulat polusi yg parah. meskipun konsumsi bbm mobil lebih banyak dari motor (3-5x lipat) tapi setau saya kadar polusi yg terfilter di sistem EGR dan CC udah diatas 80%, jadi 1 motor lebih parah polusinya dibanding 1 mobil, meskipun itu motor baru sekalipun. nah, tinggal dikalikan aja ada berapa motor di jakarta? jaman sekarang begitu mudahnya kredit motor, DP bahkan bisa sampe gratis, 1 rumah bisa punya sampe lebih dari 3-4 motor buat bapak, ibu, dan tiap anak punya sendiri.
belum lagi motor2 tua butut yg masih banyak berkeliaran, yg asapnya bahkan jelas terlihat dan baunya menyengat.

nah yg jadi pertanyaan,bisakah pemerintah tegas melawan industri motor? paling tidak mewajibkan produsen motor memasang CC atau sejenisnya untuk memfilter emisi, atau menerapkan standar EURO seperti pada mobil.

dan soal uji emisi, harusnya diberlakukan test awal dulu yang bisa diterapkan kapan saja oleh semua petugas tanpa perlu nunggu alat, hasil test dlsb, yaitu dengan mata. kalau asap terlihat mata, berarti langsung ga lulus, dan polisi bisa tilang ditempat. itu aja untuk uji tahap awal, udah cukup. kalau sudah berhasil diterapkan di lapangan baru masuk tahap selanjutnya yaitu pengujian dengan alat.
di vario 150 th 2015 di knalpotnya ada tulisan CAT, itu ada cc nya kan ya?

btw kyknya sejak masuk injeksi di mesin motor udh sekalian pasang cc
Betul setau saya pas jaman injeksi udh sekalian pasang CC
Cm blm ada test motor injeksi tua pake CC lolos ga.
Kl yg di berita ojol pake supra X diisi pertamax ga lolos malah menurut sy bensinnya terlalu bagus utk kompresi supra...jdnya ga kebakar sempurna
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by the-mantal »

r1409 wrote: Sat Sep 02, 2023 5:00 kalo soal polusi kendaraan bermotor, penyebab utamanya justru bukan mobil, tapi dari sepeda motor.

gas buang mobil masih terfilter pake EGR, CC dll. kalo motor? mana ada begituan, langsung buang begitu aja ke udara bebas tanpa terfilter sama sekali. itu yg menyumbang partikulat polusi yg parah. meskipun konsumsi bbm mobil lebih banyak dari motor (3-5x lipat) tapi setau saya kadar polusi yg terfilter di sistem EGR dan CC udah diatas 80%, jadi 1 motor lebih parah polusinya dibanding 1 mobil, meskipun itu motor baru sekalipun. nah, tinggal dikalikan aja ada berapa motor di jakarta? jaman sekarang begitu mudahnya kredit motor, DP bahkan bisa sampe gratis, 1 rumah bisa punya sampe lebih dari 3-4 motor buat bapak, ibu, dan tiap anak punya sendiri.
belum lagi motor2 tua butut yg masih banyak berkeliaran, yg asapnya bahkan jelas terlihat dan baunya menyengat.

nah yg jadi pertanyaan,bisakah pemerintah tegas melawan industri motor? paling tidak mewajibkan produsen motor memasang CC atau sejenisnya untuk memfilter emisi, atau menerapkan standar EURO seperti pada mobil.

dan soal uji emisi, harusnya diberlakukan test awal dulu yang bisa diterapkan kapan saja oleh semua petugas tanpa perlu nunggu alat, hasil test dlsb, yaitu dengan mata. kalau asap terlihat mata, berarti langsung ga lulus, dan polisi bisa tilang ditempat. itu aja untuk uji tahap awal, udah cukup. kalau sudah berhasil diterapkan di lapangan baru masuk tahap selanjutnya yaitu pengujian dengan alat.
Setuju. Emg sumber polusi terbesar itu dari motor baik dari partikulat dan jumlah motor beredar. Makanya harusnya pemerintah memprioritaskan transisi ke kendaraan listrik itu dari motor dlu krn akan signifikan ngurangin emisi. Di sisi lain motor listrik itu jauh lbh make sense drpd mobil listrik, krn batere yg lbh kecil jd skali ganti batere ga bikin sakit hati (teorinya)
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by fl4b1e »

the-mantal wrote:
r1409 wrote: Sat Sep 02, 2023 5:00 kalo soal polusi kendaraan bermotor, penyebab utamanya justru bukan mobil, tapi dari sepeda motor.

gas buang mobil masih terfilter pake EGR, CC dll. kalo motor? mana ada begituan, langsung buang begitu aja ke udara bebas tanpa terfilter sama sekali. itu yg menyumbang partikulat polusi yg parah. meskipun konsumsi bbm mobil lebih banyak dari motor (3-5x lipat) tapi setau saya kadar polusi yg terfilter di sistem EGR dan CC udah diatas 80%, jadi 1 motor lebih parah polusinya dibanding 1 mobil, meskipun itu motor baru sekalipun. nah, tinggal dikalikan aja ada berapa motor di jakarta? jaman sekarang begitu mudahnya kredit motor, DP bahkan bisa sampe gratis, 1 rumah bisa punya sampe lebih dari 3-4 motor buat bapak, ibu, dan tiap anak punya sendiri.
belum lagi motor2 tua butut yg masih banyak berkeliaran, yg asapnya bahkan jelas terlihat dan baunya menyengat.

nah yg jadi pertanyaan,bisakah pemerintah tegas melawan industri motor? paling tidak mewajibkan produsen motor memasang CC atau sejenisnya untuk memfilter emisi, atau menerapkan standar EURO seperti pada mobil.

dan soal uji emisi, harusnya diberlakukan test awal dulu yang bisa diterapkan kapan saja oleh semua petugas tanpa perlu nunggu alat, hasil test dlsb, yaitu dengan mata. kalau asap terlihat mata, berarti langsung ga lulus, dan polisi bisa tilang ditempat. itu aja untuk uji tahap awal, udah cukup. kalau sudah berhasil diterapkan di lapangan baru masuk tahap selanjutnya yaitu pengujian dengan alat.
Setuju. Emg sumber polusi terbesar itu dari motor baik dari partikulat dan jumlah motor beredar. Makanya harusnya pemerintah memprioritaskan transisi ke kendaraan listrik itu dari motor dlu krn akan signifikan ngurangin emisi. Di sisi lain motor listrik itu jauh lbh make sense drpd mobil listrik, krn batere yg lbh kecil jd skali ganti batere ga bikin sakit hati (teorinya)
Setuju sih om idenya.

Btw, sebnernya pemerintah dah kasih diskon tuk pembelian motor listrik kan diskon sampai 7 juta..
Tapi syaratnya kayaknya bakalan susah tuk warga yang pas2an. Secara ga bisa kredit. Jadi sebenrnya motor listrik 20an juta kalau diskon 7 juta ya jadi 13 juta.

Tapi kalau syaratnya kayak instalasiPLN di rumah cuma 900 Watt dan lupa 3 syarat lainnya, serta ga bisa kredit ya susah sih menurut aya..

Serta, harga batere di motor listrik itu memang ga bisa dibilang murah. Bersaing lho sama kalau beli harga batere di Ertiga hybrid..

Kalau Alva one aja batere kalau ga salah 10an juta, harga motor 30 juta. Kalau apolytron Fox R kalau sewa batere itu motornya 21 juta. Tapi kalau ga sewa batere itu tambah 17 juta jadi 38 juta.. jadi, hitung2 bisa beli motor bensin dekond juga sebenernya

Saya sih memang lagi pertimbangkan motor listrik, jadi lagi liat2:) kayaknya kalau beli ga bakalan yg seharga ADV gitu.. takut ga sesuai sama ekspektasi saya .
.wwkwkk..
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by b0ku »



MANTEP bahan bakar EV :big_biglaugh:
the-mantal wrote: Sat Sep 02, 2023 10:58
Setuju. Emg sumber polusi terbesar itu dari motor baik dari partikulat dan jumlah motor beredar. Makanya harusnya pemerintah memprioritaskan transisi ke kendaraan listrik itu dari motor dlu krn akan signifikan ngurangin emisi. Di sisi lain motor listrik itu jauh lbh make sense drpd mobil listrik, krn batere yg lbh kecil jd skali ganti batere ga bikin sakit hati (teorinya)
hmm gimana ya om saya awalnya setuju2x aja kalo motor jadi EV semua cuma makin banyak tau malah makin menghawatirkan apalagi motor posisi kalo parkir dempet2xan di ruang sempit inget kejadian satu motor bensin kebakar di basement apt aja ud banyak nyamber mobil dan motor laen kebakar gimana motor listrik apalagi saya ud liat beberapa dasyatnya motor listrik kalo dah meledak belom itu motor std safetynya bakalan lebih rendah di banding mobil :big_bored:







disini lengkap kok dijelasin

lagian biaya overhaul motor bensin vs ganti batre jauh lebih murah overhaul juga om batre itu kalo beli bisa 6-8jt :big_biglaugh:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 693
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by hackers11 »

Pas razia dites atau harus nunjukin bukti tes?
Mending kalo dites, kalo engga sih serem juga.
Apa udah ada "jasa" cetak custom lolos tes di Tokped?

Bisa laku ntar hahahaha
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by kendibocor »

hackers11 wrote: Sat Sep 02, 2023 16:24 Pas razia dites atau harus nunjukin bukti tes?
Mending kalo dites, kalo engga sih serem juga.
Apa udah ada "jasa" cetak custom lolos tes di Tokped?

Bisa laku ntar hahahaha
Kalo malsuin kertasnya doang gampang om, punya ilmu ngedit di komputer dikit jg bisa. Tp datanya bisa dicek online, kalo polisi iseng ngecek trus ga ada datanya ane rasa bakalan tetep di tes emisi lg.
b0ku wrote: Sat Sep 02, 2023 13:14

MANTEP bahan bakar EV :big_biglaugh:
the-mantal wrote: Sat Sep 02, 2023 10:58
Setuju. Emg sumber polusi terbesar itu dari motor baik dari partikulat dan jumlah motor beredar. Makanya harusnya pemerintah memprioritaskan transisi ke kendaraan listrik itu dari motor dlu krn akan signifikan ngurangin emisi. Di sisi lain motor listrik itu jauh lbh make sense drpd mobil listrik, krn batere yg lbh kecil jd skali ganti batere ga bikin sakit hati (teorinya)
hmm gimana ya om saya awalnya setuju2x aja kalo motor jadi EV semua cuma makin banyak tau malah makin menghawatirkan apalagi motor posisi kalo parkir dempet2xan di ruang sempit inget kejadian satu motor bensin kebakar di basement apt aja ud banyak nyamber mobil dan motor laen kebakar gimana motor listrik apalagi saya ud liat beberapa dasyatnya motor listrik kalo dah meledak belom itu motor std safetynya bakalan lebih rendah di banding mobil :big_bored:







disini lengkap kok dijelasin

lagian biaya overhaul motor bensin vs ganti batre jauh lebih murah overhaul juga om batre itu kalo beli bisa 6-8jt :big_biglaugh:
Ya EV mau bener2 bersih harus kayak di norway, pembangkit listriknya dr tenaga air. Kalo kayak di indo pake2 batubara jg ya sama aja bohong. Makanya gw blg yg beli EV kalo alesannya lingkungan sih ga masuk, tp kalo nyarinya instant torque sama keheningan ya sah2 aja beli EV.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by ilhami »

https://databoks.katadata.co.id/datapub ... -dari-pltu

keinginan untuk lepas dari batubara (45,44%) rasanya masih sulit
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 693
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by hackers11 »

kendibocor wrote:
hackers11 wrote: Sat Sep 02, 2023 16:24 Pas razia dites atau harus nunjukin bukti tes?
Mending kalo dites, kalo engga sih serem juga.
Apa udah ada "jasa" cetak custom lolos tes di Tokped?

Bisa laku ntar hahahaha
Kalo malsuin kertasnya doang gampang om, punya ilmu ngedit di komputer dikit jg bisa. Tp datanya bisa dicek online, kalo polisi iseng ngecek trus ga ada datanya ane rasa bakalan tetep di tes emisi lg.
b0ku wrote: Sat Sep 02, 2023 13:14

MANTEP bahan bakar EV :big_biglaugh:
the-mantal wrote: Sat Sep 02, 2023 10:58
Setuju. Emg sumber polusi terbesar itu dari motor baik dari partikulat dan jumlah motor beredar. Makanya harusnya pemerintah memprioritaskan transisi ke kendaraan listrik itu dari motor dlu krn akan signifikan ngurangin emisi. Di sisi lain motor listrik itu jauh lbh make sense drpd mobil listrik, krn batere yg lbh kecil jd skali ganti batere ga bikin sakit hati (teorinya)
hmm gimana ya om saya awalnya setuju2x aja kalo motor jadi EV semua cuma makin banyak tau malah makin menghawatirkan apalagi motor posisi kalo parkir dempet2xan di ruang sempit inget kejadian satu motor bensin kebakar di basement apt aja ud banyak nyamber mobil dan motor laen kebakar gimana motor listrik apalagi saya ud liat beberapa dasyatnya motor listrik kalo dah meledak belom itu motor std safetynya bakalan lebih rendah di banding mobil :big_bored:







disini lengkap kok dijelasin

lagian biaya overhaul motor bensin vs ganti batre jauh lebih murah overhaul juga om batre itu kalo beli bisa 6-8jt :big_biglaugh:
Ya EV mau bener2 bersih harus kayak di norway, pembangkit listriknya dr tenaga air. Kalo kayak di indo pake2 batubara jg ya sama aja bohong. Makanya gw blg yg beli EV kalo alesannya lingkungan sih ga masuk, tp kalo nyarinya instant torque sama keheningan ya sah2 aja beli EV.
Oh, jadi kalo misal ada razia sop-nya cek emisi langsung atau plokisnya cek database om?
Emejing juga itu macetnya kalo udah lolos ato engga semua dicek.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Ga lolos uji emisi sukarela -> tilang

Post by kendibocor »

hackers11 wrote: Sun Sep 03, 2023 3:43 Oh, jadi kalo misal ada razia sop-nya cek emisi langsung atau plokisnya cek database om?
Emejing juga itu macetnya kalo udah lolos ato engga semua dicek.
Wah gatau om kalo SOPnya :big_biglaugh:
Tp maksudnya kalo mo malsuin kertas uji emisi bisa gampang dilacak sih, tinggal buka web uji emisi aja itu.

Masalah macet apa nggak ya uda pasti bikin macet lah, ga diapa2in aja jalanan jkt macetnya ga wajar apalagi ada razia :upss:
Waktu jaman mau digalakin uji emisi brp tahun lalu, ada tempat uji emisi on the spot deket jalur ane plg kerja. Itu ga gitu bikin macet sih karena jalanannya gede dan bukan jalanan utama. Ya kalo polkis mo razia harus liat2 tempat dan timing waktu razianya kalo gamau bikin macet parah.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20