Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

alvinnt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Aug 16, 2022 15:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Evalia

Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by alvinnt »

Baru 3 bulan minang Evalia '12, odo 127xxx, kena 'musibah' dobel:
  • Jalan 1-2 bulan, rack steer mulai oblak. Kedengeran bunyi 'tek-tek' ketika digoyang dari kiri ke kanan, dan sebaliknya. kadang rada berat juga kalo dibelokin ampe ujung, dan pentokan ke kanan lebih besar daripada ke kiri. kalo dispooring ga bisa lurus. ada indikasi sepertinya yang punya sebelumnya cuma servis, ga ganti.
  • Gasket rocker cover minta diganti karena meler oli. Gara-gara ini, jadinya bakar oli dan bikin mesin cepat ngelitik. baru aja kemarin carbon clean, ga nyampe 100km mulai balik lagi ngelitiknya. Padahal uda isi RON92. Untungnya kompresi piston masih bagus, jadi ga perlu turun mesin. Mekanik bilang bisa disiasati sementara waktu dengan top-up oli setiap beberapa waktu sekali
Budget perbaikan untuk keduanya ada, tapi yang jadi masalah adalah waktu. kebetulan lagi lumayan sibuk sama proyek/hal lain, jadinya perlu nyicil perbaikan. Mobil juga dipake daily. Ini rincian estimasi perbaikan:
  • untuk gasket uda tanya bakal kena 3.7 di BeRes (mereka saranin ganti covernya sekalian. sayangnya ga sempet foto pas kemarin buka, jadi agak susah debat). Busi juga uda minta ganti, jadinya kemungkinan bisa nambah 600k.
  • Rack Steer bisa 3 s/d 5. rack & pinionnya sendiri sekitar 2.2 di tokoijo. outer tierod harusnya masih aman, tadi digoyang-goyang masih utuh. entah part yang lain.
Pertanyaannya, karena kelihatannya bakal perlu ke dua bengkel yang berbeda, bagaimana atur prioritasnya ya?

atau ada saran bengkel spesialis yang bisa beresin keduanya dalam waktu yang berdekatan?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by b0ku »

alvinnt wrote: Wed Sep 06, 2023 18:20 Baru 3 bulan minang Evalia '12, odo 127xxx, kena 'musibah' dobel:
  • Jalan 1-2 bulan, rack steer mulai oblak. Kedengeran bunyi 'tek-tek' ketika digoyang dari kiri ke kanan, dan sebaliknya. kadang rada berat juga kalo dibelokin ampe ujung, dan pentokan ke kanan lebih besar daripada ke kiri. kalo dispooring ga bisa lurus. ada indikasi sepertinya yang punya sebelumnya cuma servis, ga ganti.
  • Gasket rocker cover minta diganti karena meler oli. Gara-gara ini, jadinya bakar oli dan bikin mesin cepat ngelitik. baru aja kemarin carbon clean, ga nyampe 100km mulai balik lagi ngelitiknya. Padahal uda isi RON92. Untungnya kompresi piston masih bagus, jadi ga perlu turun mesin. Mekanik bilang bisa disiasati sementara waktu dengan top-up oli setiap beberapa waktu sekali
Budget perbaikan untuk keduanya ada, tapi yang jadi masalah adalah waktu. kebetulan lagi lumayan sibuk sama proyek/hal lain, jadinya perlu nyicil perbaikan. Mobil juga dipake daily. Ini rincian estimasi perbaikan:
  • untuk gasket uda tanya bakal kena 3.7 di BeRes (mereka saranin ganti covernya sekalian. sayangnya ga sempet foto pas kemarin buka, jadi agak susah debat). Busi juga uda minta ganti, jadinya kemungkinan bisa nambah 600k.
  • Rack Steer bisa 3 s/d 5. rack & pinionnya sendiri sekitar 2.2 di tokoijo. outer tierod harusnya masih aman, tadi digoyang-goyang masih utuh. entah part yang lain.
Pertanyaannya, karena kelihatannya bakal perlu ke dua bengkel yang berbeda, bagaimana atur prioritasnya ya?

atau ada saran bengkel spesialis yang bisa beresin keduanya dalam waktu yang berdekatan?
mesin nissan mah emang doyan ngelitik dan biang keroknya setau saya EGR :big_bored:

biasanya tinggal berishin EGRnya harusnya ilang gelitiknya

kalo bakar oli harusnya engak deh dulu freed saya bakar oli sampe kering aja kagak cuma makin kenceng aja larinya tuh mesin karena olinya gak ada akhirnya stang pistonnya gak ada beban jd mesin lebih ringan kerjanya cuma gak lama ada suara klotok2x metal bulannya pecah karena gak ada oli yang ngelindungin dari gesekan :big_biglaugh:

mendingan sih racksterr dulu handling lebih bahaya kalo mesin paling cuma mogok aja itupun tinggal jaga kinerjanya biar gak terlalu berat :big_think:
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by t105erd »

Kalo posisi di Jakarta dan sekitarnya banyak bgt kok bengkel spesialis Nissan yg paham. Kaya Jasmin motor dan Family motor.

Udah bener racksteer yang kena buka yg lain? Kalo gitu ganti full set aja merk heiker, bensco, lks. Biasanya sudah sama tie rod nya.

Kalo permesinan nanti di bengkel aja deh sama pakarnya supaya analisanya jelas, siapa tau EGR, PCV valve dll, setau saya kalo packing head cover rembes ga bakal ngaruh brebet deh, cek businya basah oli ga?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by ChZ »

Kalau sy beresin mesin aja dulu. Lbh sakit kepala kalo mesin merembet kemana mana. Nginepnya bisa lama sekali blm kalo dipake gak enak jalannya.

Kaki kaki repairnya asal part ready sehari jg jadi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by Greenhunter »

1. Saya pernah ganti bushing + seal pinion saja di racksteer OGL dan sdh berkurang banyak bunyinya. Kalau bunyi lagi bakal ganti merk heiker saja.
2. Gasket rocker cover gak usah beli di beres, mahal amir, saya beli di toped harga 55rb saja dipasag juga sdh gak rembes lagi olinya.
Saya beli disini : https://tokopedia.link/CR5B3RLVSCb.
Mungkin gasket yg disarankannoleh beres itu gasket lengkap yang seperti ini : https://tokopedia.link/R6WOU28VSCb.
Kalau hanya oli rembes ke busi setahu saya cukup ganti yang ini saja : https://tokopedia.link/1zzHKzZVSCb
Coba tanya ke bengkel lain apakah bener seperti itu ? Jangan melulu ke beres ongkos kerja dan harga partnya bedanya cukup banyak.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by farizfsa »

benerin mesin dulu aja, lebih potensi ngerembet kemana2 kalo ga cpt di benern

kalo kaki2 suspensi kan itu itu aja, bisa belakangan

om om diatas sudah kasi arahan yang lebih murah itu, coba di cek2 siapa tau jd bisa benerin semua
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by blloewy »

1. Rack steer mesti dicek apakah cukup bushing saja yg diganti atau memang sdh kena pinion nya. Kl.hanya bushing ya ganti bushing ori nya aja 150 plus jasa.
2. Gasket Rocker cover memang di beres infonya wajib beli sama cover, ngga bisa gasket aja u mesin HR15DE nya L11 ini. Tp bisa disiasati dgn beli gasketnya aja. Kalau oli kebakar baiknya segera ganti dan jangan ditunda.
Seingat saya evalia itu pakai mesin Livina L11 yang sdh ngga pake EGR.
Dan mesin ini malah lbh awet krn kompresi turun dan bisa pake ron 90.
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by DOHC »

t105erd wrote: Wed Sep 06, 2023 23:28 Kalo posisi di Jakarta dan sekitarnya banyak bgt kok bengkel spesialis Nissan yg paham. Kaya Jasmin motor dan Family motor.
:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:

mending kasi bawa ke asemreges atau musatek sana skalian


:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by t105erd »

DOHC wrote: Thu Sep 07, 2023 13:10
t105erd wrote: Wed Sep 06, 2023 23:28 Kalo posisi di Jakarta dan sekitarnya banyak bgt kok bengkel spesialis Nissan yg paham. Kaya Jasmin motor dan Family motor.
:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:

mending kasi bawa ke asemreges atau musatek sana skalian


:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Zonk yaa om, di tempat saya ada nih cabang bengkelnya
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5706
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by sintoni »

Kalau di setir ane, jadi agak berat + dia ga mau balik kalau diputar gimana ya?

Jadi agak capek bawa mobilnya karena kalau abis belokin setir biar dikit aja dia ga mau balik.

Itu perlu ganti assy atau seal bushing doang ya? Atau perlu ks fat doang?

Di EPS batumakam jg.
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by Greenhunter »

Setir gak mau balik biasanya settingan rack steernya terlalu kencang atau bushingnya rack steer abis ganti teflon dan masih baru ? Kalau saya sdh kapok ganti bushing, gak bisa bener2 sembuh, rugi ongkos bongkar pasang dan waktu, lebih baik beli utuh heiker
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by blloewy »

sintoni wrote: Thu Sep 07, 2023 13:37 Kalau di setir ane, jadi agak berat + dia ga mau balik kalau diputar gimana ya?

Jadi agak capek bawa mobilnya karena kalau abis belokin setir biar dikit aja dia ga mau balik.

Itu perlu ganti assy atau seal bushing doang ya? Atau perlu ks fat doang?

Di EPS batumakam jg.
Pas ganti bushing khan ditest dulu Om.
Itu setir balik normal apa ngga.
Kl sdh dipasang ngga mau balik biasanya ini mah papan gilesan nya sdh kena.
Bushingnya ganti ori apa yg teflon ini Om?
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by blloewy »

DOHC wrote: Thu Sep 07, 2023 13:10
t105erd wrote: Wed Sep 06, 2023 23:28 Kalo posisi di Jakarta dan sekitarnya banyak bgt kok bengkel spesialis Nissan yg paham. Kaya Jasmin motor dan Family motor.
:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:

mending kasi bawa ke asemreges atau musatek sana skalian


:mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
Dahulu sich bagus jd rujukan emang.
Semakin kesini semakin.... :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by marmut »

blloewy wrote: Thu Sep 07, 2023 23:18
Dahulu sich bagus jd rujukan emang.
Semakin kesini semakin.... :big_grin:




semakin..... yakin untuk beralih ke :

"blloewy motorsport sepesialis nissan"

:mky_08:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by sh00t »

marmut wrote: Fri Sep 08, 2023 4:52
blloewy wrote: Thu Sep 07, 2023 23:18
Dahulu sich bagus jd rujukan emang.
Semakin kesini semakin.... :big_grin:




semakin..... yakin untuk beralih ke :

"blloewy motorsport sepesialis nissan"

:mky_08:
Nah, ini yang punya bengkel sudah nongol. TS @alvinnt sudah hubungi belum? :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5706
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by sintoni »

Greenhunter wrote: Thu Sep 07, 2023 22:52
blloewy wrote: Thu Sep 07, 2023 23:18
Itu belom diganti apa2 om, masih bawaan itu steernya. Haha.

Belom pernah bongkar, ini odo baru tembus 70k baru ada masalah begitu.

Jadi mungkin bushing bawaan sudah keok ya?
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by Greenhunter »

sintoni wrote: Fri Sep 08, 2023 7:18
Greenhunter wrote: Thu Sep 07, 2023 22:52
blloewy wrote: Thu Sep 07, 2023 23:18
Itu belom diganti apa2 om, masih bawaan itu steernya. Haha.

Belom pernah bongkar, ini odo baru tembus 70k baru ada masalah begitu.

Jadi mungkin bushing bawaan sudah keok ya?
Melihat odometernya semoga masih bisa diselamatkan dgn biaya yg minim.

Kalau saya belum pernah alami setir berat saat di belokkan. Menurut om @blloewy itu papan gilesannya yang kena.

Kasus di saya bunyi pada saat kendaraan diem mesin hidup setir digerakkan ke kanan kiri agak cepat ada bunyi klutuk klutuk. Kalau seperti itu bushing rack steernya. Saya ganti bushing dan seal pinionnya setelah itu bunyi berkurang banyak tapi tdk bener2 hilang, berkurang 90 % kira kira. Kalau bunyinya kambuh lagi akan ganti rack steer utuh saja.
Pada saat yg sama ada mobil teman ertiga kasus sama persis, saya pilih bushing ori dia pilih ganti bushing teflon. Selang 1 bulan dari ganti itu bunyi rack steernya dia kembali lagi, oleh bengkel di coba setting rack steernya sdh paling keras yg setir masih bisa balik normal tetep bunyi, kalau mau pebih keras lagi setir akan berat kata bengkelnya.
Dari situ saya menyimpulkan kalau ganti bushing ori saja, kalau bunyi lagi langsung ganti utuh dgn merk heiker yg bnyk dipasaran. di toped bnyk jual merk nissan / dus polos /oem dengan harga yg menggiurkan, tapi itu barang tdk jelas rekondisi / palsu / bekas dibersihkan lagi, kalau mereka ditanya jawabnya oem barang lelangan, dll.
Saran saya untuk om cari dahulu toko sparepart yg ready rack steer utuh dan toko yg jual bushing rack steer baru ke bengkel untuk cek. Kalau setelah di buka ternyata bushingnya saja yg rusak ganti dengan orinya kalau papan gilesannya yg rusak sudah tahu harus beli rack steer utuh dimana. Kalau di surabaya saya ada tahu toko yg jual bushingnya dan rack steer utuh, PM aja kalo mau tahu, langsung dibuka disini ntar dikira endorse padahal gak dapet duit promosi.
alvinnt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Aug 16, 2022 15:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Evalia

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by alvinnt »

thanks buat reply semuanya.

kemarin udah cek ke salah satu tempat spooring yang lumayan sering disebut di forum ini di meruya, kata mekaniknya karena masih minor, pake aja ampe bener-bener berat, baru ganti 1 gelondong. yang lain (tie rod, link arm, crossmember, sway bar) sih sehat. kalo lihat dari kap mesin, kelihatan ada histori ganti bushing bulan 2 tahun 2022 (ditempel sama bengkel kaki-kakinya). ya mungkin tahun depan lah ya baru diganti.

kalo soal mesin, kemarin baru nemu spesialis deket-deket meruya juga. mungkin coba cek ah di sana kena berapa. kalo ngga, mungkin perlu main ke GS wkwk
maydhi09
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by maydhi09 »

alvinnt wrote: Fri Sep 15, 2023 17:50 thanks buat reply semuanya.

kemarin udah cek ke salah satu tempat spooring yang lumayan sering disebut di forum ini di meruya, kata mekaniknya karena masih minor, pake aja ampe bener-bener berat, baru ganti 1 gelondong. yang lain (tie rod, link arm, crossmember, sway bar) sih sehat. kalo lihat dari kap mesin, kelihatan ada histori ganti bushing bulan 2 tahun 2022 (ditempel sama bengkel kaki-kakinya). ya mungkin tahun depan lah ya baru diganti.

kalo soal mesin, kemarin baru nemu spesialis deket-deket meruya juga. mungkin coba cek ah di sana kena berapa. kalo ngga, mungkin perlu main ke GS wkwk
Jadi blm ad perbaikan rack steer ya om? Tapi itu jadi lurus gak om saat spooring?
alvinnt
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Aug 16, 2022 15:42
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Evalia

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by alvinnt »

maydhi09 wrote: Sat Sep 16, 2023 2:35
alvinnt wrote: Fri Sep 15, 2023 17:50 thanks buat reply semuanya.

kemarin udah cek ke salah satu tempat spooring yang lumayan sering disebut di forum ini di meruya, kata mekaniknya karena masih minor, pake aja ampe bener-bener berat, baru ganti 1 gelondong. yang lain (tie rod, link arm, crossmember, sway bar) sih sehat. kalo lihat dari kap mesin, kelihatan ada histori ganti bushing bulan 2 tahun 2022 (ditempel sama bengkel kaki-kakinya). ya mungkin tahun depan lah ya baru diganti.

kalo soal mesin, kemarin baru nemu spesialis deket-deket meruya juga. mungkin coba cek ah di sana kena berapa. kalo ngga, mungkin perlu main ke GS wkwk
Jadi blm ad perbaikan rack steer ya om? Tapi itu jadi lurus gak om saat spooring?
coba mungkin 1-2 bulan lagi spooring, kalo sekarang kayaknya kecepetan sih. tapi kata mekanik masih bisa lurus.

kemarin pas perbaikan head gasket lumayan juga biayanya. ketemu ada 1 koil uda minta diganti, karena udah retak.
  • Karet head gasket + repair + ganti selang PCV 1150k
  • Koil 350k
masih lebih murah dari bengkel resmi sih
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Prioritas Perbaikan: Mesin vs Kaki-kaki

Post by marmut »

alvinnt wrote: Mon Sep 18, 2023 19:15
[*] Karet head gasket + repair + ganti selang PCV 1150k
[*] Koil 350k
[/list]

masih lebih murah dari bengkel resmi sih


head gasket dari karet? :big_think:

hebat bener....

itu 1150k udah sama ongkosnya? murah amat. kalo saya bakal nulis 2,5jt di bon buat jasa ganti head gasket.


*edit : 2,5jt jasa saja dan open bill.