Saran pengganti ANKI 2GD matic

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by ExorT »

ChZ wrote: Wed Sep 13, 2023 7:05
AbdulHakim wrote: Wed Sep 13, 2023 6:50
noire wrote: Wed Sep 13, 2023 6:29 Thank you om-om semua sarannya, maaf beberapa hari terakhir agak padat jadwalnya, ngga sempat reply satu persatu.

Kalau untuk isu oil dilution CRV ini apakah banyak kejadian juga di Indo om? dan apakah spesifik ke RW, atau apakah RM juga ada isu serupa?

Untuk Almaz hybrid sebenarnya juga masuk pertimbangan om, cm kayaknya belum ada yang review sama sekali long term nya bagaimana. Masih agak khawatir meskipun dealernya dekat rumah :mky_01:
kalo yg pernah saya baca, oil dilution pada CRV RW ini terjadi di luar negri khususnya saat musim dingin (winter), faktor temperatur yg sangat dingin di bawah 5 deg celcius berakibat oli mesin yg belum mencapai viskositas ideal tapi engine sudah running.
Mungkin yang lebih paham bisa mengkoreksi saya dan menambahkan.
Di indo sejauh ini ane blm pernah denger.

Mungkin concern nya lebih ke unit yang low KM bisa cek via dipstick.

Takutnya dipanasin doang kurang lama, soalnya civic / CRV ini cold start AFR kayaknya rich sekali. CRV ane aja kalo cold suara NGUONGGGGGG nya kenceng pdhl cuma ganti downpipe catless :big_grin:

Kalo km agak high di atas 50k, cek meler2 di head gasketnya. Murah kok tapi gantinya skalian stel klep aja drpd bolak balik.
Kalau di Indo, pengalaman pribadi, wajib periksa dipstick oli dari habis servis. Terutama kalo di tagihan masuknya 4 liter.

Setau ane, 1.5 Turbo, kapasitas olinya hanya 3.5 liter (termasuk filter).

Kalau overfill, msein jadi lemot dan boros.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by ChZ »

ExorT wrote: Wed Sep 13, 2023 7:10 Kalau di Indo, pengalaman pribadi, wajib periksa dipstick oli dari habis servis. Terutama kalo di tagihan masuknya 4 liter.

Setau ane, 1.5 Turbo, kapasitas olinya hanya 3.5 liter (termasuk filter).

Kalau overfill, msein jadi lemot dan boros.
Betul overfillnya suka kelupaan tuh beres. Ntah mekanik magang apa gimana.

Pake filter 3.7, tanpa filter 3.4 apa 3.5 lupa. kalo ampe 4ltr overfill abis wakakakaka.

Emang aneh mesin turbo cenggo cuma 3.5 literan wakakaka. Tp kalo ngomong nguap ya asal spek tepat penguapan minim. Ga tau sih kalo long drain, ane tetep 5000-6000 ganti :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 465
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by FR6 »

Anki G AT 2GD banyak yg ready Om. kalo ga masalah sama kopongannya sih gas aja..
gak ada ruginya beli Anki, kuat bgt harga jual nya, boleh dibilang kalah sama inflasi aja, secara angka nya gak jauh dari harga baru kalo diliat2.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by AbdulHakim »

ChZ wrote: Wed Sep 13, 2023 7:13
ExorT wrote: Wed Sep 13, 2023 7:10 Kalau di Indo, pengalaman pribadi, wajib periksa dipstick oli dari habis servis. Terutama kalo di tagihan masuknya 4 liter.

Setau ane, 1.5 Turbo, kapasitas olinya hanya 3.5 liter (termasuk filter).

Kalau overfill, msein jadi lemot dan boros.
Betul overfillnya suka kelupaan tuh beres. Ntah mekanik magang apa gimana.

Pake filter 3.7, tanpa filter 3.4 apa 3.5 lupa. kalo ampe 4ltr overfill abis wakakakaka.

Emang aneh mesin turbo cenggo cuma 3.5 literan wakakaka. Tp kalo ngomong nguap ya asal spek tepat penguapan minim. Ga tau sih kalo long drain, ane tetep 5000-6000 ganti :upss:
Ga di beres ga di bengkel biasa, emang musti diliatin mekaniknya pas nuang wkwkwk
tapi pas di bengkel biasa, mekaniknya lebih pinter loh, itu filter diolesnya dulu, dituang, baru dipasang.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: Wed Sep 13, 2023 8:14
Ga di beres ga di bengkel biasa, emang musti diliatin mekaniknya pas nuang wkwkwk
tapi pas di bengkel biasa, mekaniknya lebih pinter loh, itu filter diolesnya dulu, dituang, baru dipasang.
di tempat langganan ane, biasa mau ngecek via dipstick.

beres kadang asal tuang abis aja gak diliatin dipstick udah overfill apa belum :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by ExorT »

AbdulHakim wrote: Wed Sep 13, 2023 8:14
ChZ wrote: Wed Sep 13, 2023 7:13
ExorT wrote: Wed Sep 13, 2023 7:10 Kalau di Indo, pengalaman pribadi, wajib periksa dipstick oli dari habis servis. Terutama kalo di tagihan masuknya 4 liter.

Setau ane, 1.5 Turbo, kapasitas olinya hanya 3.5 liter (termasuk filter).

Kalau overfill, msein jadi lemot dan boros.
Betul overfillnya suka kelupaan tuh beres. Ntah mekanik magang apa gimana.

Pake filter 3.7, tanpa filter 3.4 apa 3.5 lupa. kalo ampe 4ltr overfill abis wakakakaka.

Emang aneh mesin turbo cenggo cuma 3.5 literan wakakaka. Tp kalo ngomong nguap ya asal spek tepat penguapan minim. Ga tau sih kalo long drain, ane tetep 5000-6000 ganti :upss:
Ga di beres ga di bengkel biasa, emang musti diliatin mekaniknya pas nuang wkwkwk
tapi pas di bengkel biasa, mekaniknya lebih pinter loh, itu filter diolesnya dulu, dituang, baru dipasang.
Bukan masalah pinter ga pinter om, tapi ini "sistemik" dan official dari honda nya.

Coba saja cek di website official nya honda indonesia .com tentang panduan servis per model. Ditulisnya 4 liter.

Ane dulu sempat tanya di beres, karena oli epro turbo, hanya dijual botolan. Bukan drum2an seperti epro gold.

DI hrv lama, juga 3.5 liter, 7 tahun ganti oli di tempat yang sama, ga pernah overfill sekali pun.

Jadi entah karena males kasih penjelasan ke customer, dituanglah itu botol ke 4, full.

Ya positive nya sih, mereka ga ngumpetin jatah sisa. Kan bisa saja di simpen 1/2nya buat next customer. :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by ChZ »

ExorT wrote: Wed Sep 13, 2023 8:26
Ya positive nya sih, mereka ga ngumpetin jatah sisa. Kan bisa saja di simpen 1/2nya buat next customer. :big_biglaugh:
ampe kalo ganti di luar, kadang suka lupa om masih nyimpen oli sisa. tuh kemaren ngumpulin sisa-sisa olmes kyu eit mayan hemat cuma beli 2 liter buat nambahin, CVTFnya irit seliter kurang :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by Pboyz97 »

noire wrote: Wed Sep 13, 2023 6:29 Thank you om-om semua sarannya, maaf beberapa hari terakhir agak padat jadwalnya, ngga sempat reply satu persatu.

Sepertinya semakin mengerucut ke beberapa opsi dengan beberapa contender baru setelah sempat lihat2 beberapa unit seken dan baru:

1. Inova diesel matic 2GD seken
2. Fortuner G matic 2GD seken
3. CRV RM 2.4 seken
4. CRV RW 1.5T seken
5. Xtrail T32 2.5 seken
6. Grand vitara

Rencana masih mau survey2 GIASS surabaya minggu depan,
dan kemungkinan opsi 2 mungkin akan langsung dibungkus kalau deal nego harga tanpa ke GIASS lagi, kebetulan ketemu yang kondisi cukup pristine dan penawaran harga bargain dari pemilik langsung. :e-pray:

opsi 2 mending vrz atau trd. fitur lebih lengkap + lebih liquid jg. tipe g entah knp fiturnya agak kurang menurut saya. or opsi 1 bisa dipertimbangkan juga yg tipe v /q / venturer hehehe . kalo mau monokok saya vote opsi no 4 yg prestigenya hehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by AbdulHakim »

ExorT wrote: Wed Sep 13, 2023 8:26 Ya positive nya sih, mereka ga ngumpetin jatah sisa. Kan bisa saja di simpen 1/2nya buat next customer. :big_biglaugh:
kalo yg di-bold ini saya ngalamin di brand T hehe
Tuang include filter total 4,2 liter as per manual book, tapi sisa 0.8 liternya ga dibalikin :big_slap:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by pengendiesel »

noire wrote: Sat Sep 09, 2023 10:46
pengendiesel wrote: Sat Sep 09, 2023 10:15
faridrach wrote: Sat Sep 09, 2023 9:54 Mirip kasus saya maret lalu.

Cari pengganti ANKI 2GD setelah odo 117rb km, setelah menimbang2 cukup lama akhirnya pilihan jatuh ke ANF 2GD, ternyata menurut saya sbg driver ini adalah upgrade di sisi handling (ANKI terlalu empuk menurut saya jd kayak naik kapal) dan kekedapan kabin yang saya gak nyangka ternyata sekedap ini, Venturer diesel pun masih kalah kedap kalau dibanding ANF.

Di rumah kebetulan saya sering sharing mobil baik punya kakak/ortu, ada ANKI bensin, Veloz, Panther Grand Touring, Mercy E300.

Seenak2nya engine bensin, tetep rasanya susah pindah dari diesel, terutama 2GD.

Torsi melimpah, melibas jalan apapun siap, solar 6800/liter, nikmat mana lagi yang kau dustakan :big_weee:

AWET, IRIT, BUANTER :big_biglaugh:
Anehnya saya setuju dengan point ini.
Kalo fortuner sudah jelas : keras, gak enak, kebanting2, kekocok2. Tapi di balik itu semua,jadinya jauh lebih predictable dibanding anki yang berusaha nyaman tapi malah susah diprediksi. Pernah bawa anki lewat jembatan panjang 20 meteran tinggi 2 meter, naik dulu lalu turun ,lari 60,mobilnya sudah ke mana2 lumayan liar.
Di tempat yang sama,speed sama bawa fortuner jauh lebih aman. Cuma ya gitu,siapkan pinggang cadangan kalo jalan jauh naek forti.
Sepakat om, kemarin habis lumayan juga untuk coba beberapa setup upgrade suspensi ANKI, blm sampai ke yang bener2 enak, tapi akhirnya memutuskan untuk disudahi dan diterima saja karena sudah jauh mending daripada standar :glodak:
Sedang menimbang-nimbang kalau mau mengulang modif yang sama (minimal ke settingan terakhir) kalau beli ANKI lagi sementara dompet berkata jangan karena base price ANKI seken yang mahal masih harus ditambah budget modif kaki-kaki lagi :big_think:

Tapi memang seperti kata om Faridrach,tidak pusing mau kemana, bonus biosol murmer dan terutama torsinya memang ngangenin :big_blushing:
Sekalian sumbang saran. Kalo saya di posisi spt ini, pasti pilih lederprem disel. Sekalian fortuner/pajero.
Kenapa? Karena sudah ada sienta. Bensin, monokok.
Jadi ada 2 mobil yang bisa saling melengkapi.
Mau pergi nyaman,praktis,banyak lewat tol, pake sienta.
Mau pergi ke tempat2 yang gak jelas, pake forti/pajero.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by darrelund »

ChZ wrote: Wed Sep 13, 2023 7:05
AbdulHakim wrote: Wed Sep 13, 2023 6:50
noire wrote: Wed Sep 13, 2023 6:29 Thank you om-om semua sarannya, maaf beberapa hari terakhir agak padat jadwalnya, ngga sempat reply satu persatu.

Kalau untuk isu oil dilution CRV ini apakah banyak kejadian juga di Indo om? dan apakah spesifik ke RW, atau apakah RM juga ada isu serupa?

Untuk Almaz hybrid sebenarnya juga masuk pertimbangan om, cm kayaknya belum ada yang review sama sekali long term nya bagaimana. Masih agak khawatir meskipun dealernya dekat rumah :mky_01:
kalo yg pernah saya baca, oil dilution pada CRV RW ini terjadi di luar negri khususnya saat musim dingin (winter), faktor temperatur yg sangat dingin di bawah 5 deg celcius berakibat oli mesin yg belum mencapai viskositas ideal tapi engine sudah running.
Mungkin yang lebih paham bisa mengkoreksi saya dan menambahkan.
Di indo sejauh ini ane blm pernah denger.

Mungkin concern nya lebih ke unit yang low KM bisa cek via dipstick.

Takutnya dipanasin doang kurang lama, soalnya civic / CRV ini cold start AFR kayaknya rich sekali. CRV ane aja kalo cold suara NGUONGGGGGG nya kenceng pdhl cuma ganti downpipe catless :big_grin:

Kalo km agak high di atas 50k, cek meler2 di head gasketnya. Murah kok tapi gantinya skalian stel klep aja drpd bolak balik.
kyknya grgr ni desain mesin terlalu dingin, jadi di banjirin bengsin supaya cepet panas

tapi sebelum panas, bengsin yg ga kebakar turun ke oli :big_biglaugh:
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

darrelund wrote: Wed Sep 13, 2023 10:15
ChZ wrote: Wed Sep 13, 2023 7:05
AbdulHakim wrote: Wed Sep 13, 2023 6:50
kalo yg pernah saya baca, oil dilution pada CRV RW ini terjadi di luar negri khususnya saat musim dingin (winter), faktor temperatur yg sangat dingin di bawah 5 deg celcius berakibat oli mesin yg belum mencapai viskositas ideal tapi engine sudah running.
Mungkin yang lebih paham bisa mengkoreksi saya dan menambahkan.
Di indo sejauh ini ane blm pernah denger.

Mungkin concern nya lebih ke unit yang low KM bisa cek via dipstick.

Takutnya dipanasin doang kurang lama, soalnya civic / CRV ini cold start AFR kayaknya rich sekali. CRV ane aja kalo cold suara NGUONGGGGGG nya kenceng pdhl cuma ganti downpipe catless :big_grin:

Kalo km agak high di atas 50k, cek meler2 di head gasketnya. Murah kok tapi gantinya skalian stel klep aja drpd bolak balik.
kyknya grgr ni desain mesin terlalu dingin, jadi di banjirin bengsin supaya cepet panas

tapi sebelum panas, bengsin yg ga kebakar turun ke oli :big_biglaugh:
Kalau ini kayaknya aman sih y om baik di RM ataupun RW untuk indo. Rencana memang akan langsung disuruh check up atau opname ringan begitu ambil seken untuk full check ke bengkel teman.

Om ChZ, CMIIW untuk K24 di CRV RM ini DOHC kan y om? begitu juga dengan L15 di RW nya? keduanya untuk setel klep apakah dengan penggantian shim? Hanya versi 2.0 baik di RM ataupun RW yang pakai R20 SOHC? maaf saya benar2 awam mesin honda hehe :mky_01:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

Oh ya kelupaan mention bahwa setelah TD fortuner G kemarin (yang menurut saya cukup sehat dan full pristine shocknya), istri saya berkomentar kalau suspensinya jauh lebih empuk dari ANKI saya yang sudah ternoda kaki-kaki nya - kebetulan setup kaki kaki ANKI kami kemarin memang agak keras untuk mengincar cornering (mid speed) tanpa limbung di tol, untuk di jalanan hancur atau polisi tidur, kebetulan style driving kami santai jadi lewat saja dengan cukup nyaman (mertua approved).

Dengan komparasi seperti itu, apakah kira2 ke kerasan suspensi CX 5 (di compare ke fortuner current gen dan mengesampingkan baris kedua yg agak sempit) masih masuk batas yang bisa diterima? kebetulan belum sempat cari CX5 untuk dilihat2 memang harus test duduk dulu sih beliaunya. CX5 muncul kembali karena dengar2 meskipun kompresi tinggi, minimal masih ron 91 (masih bisa pertamax yang ada dimana-mana)
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by pengendiesel »

noire wrote: Fri Sep 15, 2023 0:04 Oh ya kelupaan mention bahwa setelah TD fortuner G kemarin (yang menurut saya cukup sehat dan full pristine shocknya), istri saya berkomentar kalau suspensinya jauh lebih empuk dari ANKI saya yang sudah ternoda kaki-kaki nya - kebetulan setup kaki kaki ANKI kami kemarin memang agak keras untuk mengincar cornering (mid speed) tanpa limbung di tol, untuk di jalanan hancur atau polisi tidur, kebetulan style driving kami santai jadi lewat saja dengan cukup nyaman (mertua approved).

Dengan komparasi seperti itu, apakah kira2 ke kerasan suspensi CX 5 (di compare ke fortuner current gen dan mengesampingkan baris kedua yg agak sempit) masih masuk batas yang bisa diterima? kebetulan belum sempat cari CX5 untuk dilihat2 memang harus test duduk dulu sih beliaunya. CX5 muncul kembali karena dengar2 meskipun kompresi tinggi, minimal masih ron 91 (masih bisa pertamax yang ada dimana-mana)
Kalo merasa fortuner enak, harusnya pasti gak masalah dengan cx5.
Dulu sempat td singkat cx5,kalo dibandingkan forti sih jauh lebih enak cx5 ke mana2. Memang pas itu sebagian besar jalannya mulus,tapi pas kena jalan gak rata enak kok. Suspensinya lebih ke arah kenyal daripada keras.
Coba td saja dulu,soalnya ukuran kenyamanan suspensi tiap orang bisa beda.

Btw,penasaran innovanya diganti apa saja sampai forti dibilang empuk? :big_biglaugh:
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by antonyaulia »

Saran dari orang yang sangat awam permobilan, tapi punya permasalahan sama dengan anda yang ganti dari reborn G 2016. Ternyata saya tidak menemukan masalah berarti saat ganti ke ANPS 2017, kenyamanan juga baik2 saja, masih bisa ditolerir, terbukti juga mobil ini laku keras di pasaran, kalo gak enak mana mungkin laku. Sekarang kilometer dah 96K juga masih oke. Kemudian saya di 2019 tambah pake VRZ juga baik2 saja sampai sekarang, kilometer dah more than 50K. tidak ada masalah juga. Saya akui memang 2GD itu nyaman ya, tapi saya berpikir, kalo anda tipe orang yang tidak sangat rewel atau bukan otomotif freak, saya pikir tidak akan menjadi masalah berarti saat anda memutuskan mengganti dengan dua pilihan mobil tersebut meskipun seken ya. Kalo saya keduanya beli baru ya pas itu, dua2nya juga minum full biosol dan dua2nya saya ajak kerja keras, solo - bali 3 bulan sekali untuk kerja nyeles. Iya saya memang Sales, meski yang saya jual produksi keluarga sendiri, jadi dituntut ni mobil dua2nya bawa beban berat saat kerja, dan dua2nya oke2 saja. Servis wajib rutin dan ganti filter solar harus tiap 10K ya.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by iamwewe »

ExorT wrote: Wed Sep 13, 2023 7:10
Kalau di Indo, pengalaman pribadi, wajib periksa dipstick oli dari habis servis. Terutama kalo di tagihan masuknya 4 liter.

Setau ane, 1.5 Turbo, kapasitas olinya hanya 3.5 liter (termasuk filter).

Kalau overfill, msein jadi lemot dan boros.
baru liat postingan ini..

kayanya sih emang kan waktu awal2 cibo launch, ada isu kan ya soal oli nguap? kalo gk salah ada case yang sampe customernya di ganti unit baru.

trus om.. kalo masalah overfill ini ya. gimana cara ngakalinnya ya? maksudnya gini. kalo kita isi full 4liter, harapannya nanti misal emang terjadi penguapan oli kan nanti volume oli yg ada di dalem masih dalam tahap wajar. dibanding kalo misal kita isi 3.5liter, lalu terjadi penguapan, anggeplah 3 liter sisanya? lbh bahaya bukan? jgn diketawain ya, ini logika org awam aja kaya saya :mky_01:

kalo disuruh sering2 cek level ketinggian oli sih ya emang saya orgnya males sih ginian wkwkw. atau sebenernya fitur oil life di speedometer honda udh canggih, kalo sampe ketinggian oli kurang, dia juga nyala?

tapi waktu kmrn servis pertama di km1000, sy minta ganti oli mesin dan filter oli sih. itu emang di tagihan masuknya 4liter, tapi tetep yg diisi 3.5liter. saya dikasih botol oli bekas nya yg kesisa 0.5liter. :big_exellent:
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by krniawnhdr »

xtrail om...lebih nyaman...jossss
atau sekalian santa fe om.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by Pboyz97 »

noire wrote: Fri Sep 15, 2023 0:04 Oh ya kelupaan mention bahwa setelah TD fortuner G kemarin (yang menurut saya cukup sehat dan full pristine shocknya), istri saya berkomentar kalau suspensinya jauh lebih empuk dari ANKI saya yang sudah ternoda kaki-kaki nya - kebetulan setup kaki kaki ANKI kami kemarin memang agak keras untuk mengincar cornering (mid speed) tanpa limbung di tol, untuk di jalanan hancur atau polisi tidur, kebetulan style driving kami santai jadi lewat saja dengan cukup nyaman (mertua approved).

Dengan komparasi seperti itu, apakah kira2 ke kerasan suspensi CX 5 (di compare ke fortuner current gen dan mengesampingkan baris kedua yg agak sempit) masih masuk batas yang bisa diterima? kebetulan belum sempat cari CX5 untuk dilihat2 memang harus test duduk dulu sih beliaunya. CX5 muncul kembali karena dengar2 meskipun kompresi tinggi, minimal masih ron 91 (masih bisa pertamax yang ada dimana-mana)
kebetulan ex user vrz 2018 & cx5 elite 2018. kalo dibanding cx5 ya lebih empuk cx5 om. kl om merasa suspensi fortuner udh empuk, cx5 bakal berasa lebih empuk lg. tapi kalo saya tinggal di sby saya bakal stick to crv aja. aftersalesnya entah knp masih meragukan merek ini kalo di luar jabodetabek. kalo saya tinggal di jabodetabek saya akan pilih cx5 kl cuek sm akomodasi secara bengkelnya masih ada yg bs handle hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by ChZ »

noire wrote: Thu Sep 14, 2023 23:55 Om ChZ, CMIIW untuk K24 di CRV RM ini DOHC kan y om? begitu juga dengan L15 di RW nya? keduanya untuk setel klep apakah dengan penggantian shim? Hanya versi 2.0 baik di RM ataupun RW yang pakai R20 SOHC? maaf saya benar2 awam mesin honda hehe :mky_01:
Iya skrg DOHC om. Sohc skrg keknya udah afkir semua sejak CRV ganti model terakhir 2.0 CRV masih R20 sohc.

Kemarin si gak ada ganti apa2 yg diganti karet paking cover klepnya agak rembes. Wkwkwkw.

Yang bikin lama nunggu mesin adem. Bisa 1/2 hari sendiri. Ni mesin L15 turbo panas banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Fri Sep 15, 2023 1:21
baru liat postingan ini..

kayanya sih emang kan waktu awal2 cibo launch, ada isu kan ya soal oli nguap? kalo gk salah ada case yang sampe customernya di ganti unit baru.

trus om.. kalo masalah overfill ini ya. gimana cara ngakalinnya ya? maksudnya gini. kalo kita isi full 4liter, harapannya nanti misal emang terjadi penguapan oli kan nanti volume oli yg ada di dalem masih dalam tahap wajar. dibanding kalo misal kita isi 3.5liter, lalu terjadi penguapan, anggeplah 3 liter sisanya? lbh bahaya bukan? jgn diketawain ya, ini logika org awam aja kaya saya :mky_01:

kalo disuruh sering2 cek level ketinggian oli sih ya emang saya orgnya males sih ginian wkwkw. atau sebenernya fitur oil life di speedometer honda udh canggih, kalo sampe ketinggian oli kurang, dia juga nyala?

tapi waktu kmrn servis pertama di km1000, sy minta ganti oli mesin dan filter oli sih. itu emang di tagihan masuknya 4liter, tapi tetep yg diisi 3.5liter. saya dikasih botol oli bekas nya yg kesisa 0.5liter. :big_exellent:
Dulu nguap soalnya epro gold ga sesuai spek mesin mbah itu epro gold di mesin NA lama macem K24 aja dipake goceng jg udah kasar.

Skrg pake epro turbo aman. Nguap pun mestinya ga ampe abis 1/2 liter sendiri.

oil life di ahond bacanya dari fuel flow. Jd gak bisa tuh ngebaca working hoursnya atau brp bulan. Makanya dulu isu kan yang bisa nyala per 2000 km. Keknya itu skrg di update biar "lambat" dikit bacanya. biasa keknya thn 2016-2018 itu beta testing civic turbo / CRV turbo softwarenya banyak kaco kalo di remap jg wheel speed sensornya perlu di re-calibrate biar gak bikin bacaan error.

Mblnya didiemin lama jg dia gak nyuruh ganti oli mbah. :mky_03: kek CRV ane kilometernya di oil life ya segitu2 aja pdhl nganggur tuh mobil.

Overfill ditap lagi aja mbah kalo masih di bengkel :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Fri Sep 15, 2023 2:21
Iya skrg DOHC om. Sohc skrg keknya udah afkir semua sejak CRV ganti model terakhir 2.0 CRV masih R20 sohc.

Kemarin si gak ada ganti apa2 yg diganti karet paking cover klepnya agak rembes. Wkwkwkw.

Yang bikin lama nunggu mesin adem. Bisa 1/2 hari sendiri. Ni mesin L15 turbo panas banget.
nah ini nih bener. puanas pol mesinnya. posisi mesin mati, 1jam 2jam aja masih aja kerasa hawa panasnya. padahal mobil diparkir di depan, lapangan terbuka angin nya lumayan kenceng.

terakhir waktu remap, ngobrol2, jadi katanya karena lambda nya tinggi apa rendah dah gitu gw juga lupa. trs disetel sdkt biar gk tll sepanas itu. gk tau juga sih efek realnya ke mesin dan driving experience gimana. cuma mungkin yg paling masuk akal buat sy pribadi, karet2 di dalem ruang mesin nggak cepet getas.
ChZ wrote: Fri Sep 15, 2023 2:25
Dulu nguap soalnya epro gold ga sesuai spek mesin mbah itu epro gold di mesin NA lama macem K24 aja dipake goceng jg udah kasar.

Skrg pake epro turbo aman. Nguap pun mestinya ga ampe abis 1/2 liter sendiri.

oil life di ahond bacanya dari fuel flow. Jd gak bisa tuh ngebaca working hoursnya atau brp bulan. Makanya dulu isu kan yang bisa nyala per 2000 km. Keknya itu skrg di update biar "lambat" dikit bacanya. biasa keknya thn 2016-2018 itu beta testing civic turbo / CRV turbo softwarenya banyak kaco kalo di remap jg wheel speed sensornya perlu di re-calibrate biar gak bikin bacaan error.

Mblnya didiemin lama jg dia gak nyuruh ganti oli mbah. :mky_03: kek CRV ane kilometernya di oil life ya segitu2 aja pdhl nganggur tuh mobil.

Overfill ditap lagi aja mbah kalo masih di bengkel :mky_03:
makanya dulu nggak terlalu berani ambil FC pertimbangannya gitu.. berita nya kan kenceng banget tuh sampe dikata vampir oli.

epro turbo itu ya, kalo di liat dibelakangnya tulisnya diproduksi oleh idemit**su lho. hebat juga oli idemit, tapi harga murah gitu.

kalo sampe mobil didiemin trus minta ganti oli sih, cabein aja mobilnya sekalian.........

kagak sih, aman.. saya kan pas kelar service ganti oli, dikasih tuh sisa oli epro setengah botol.. disuruh bawa pulang. aman dah harusnya mah. ntar service goceng baru diperhatiin lagi deh pastiin cuma 3.5liter
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Fri Sep 15, 2023 3:29
nah ini nih bener. puanas pol mesinnya. posisi mesin mati, 1jam 2jam aja masih aja kerasa hawa panasnya. padahal mobil diparkir di depan, lapangan terbuka angin nya lumayan kenceng.

terakhir waktu remap, ngobrol2, jadi katanya karena lambda nya tinggi apa rendah dah gitu gw juga lupa. trs disetel sdkt biar gk tll sepanas itu. gk tau juga sih efek realnya ke mesin dan driving experience gimana. cuma mungkin yg paling masuk akal buat sy pribadi, karet2 di dalem ruang mesin nggak cepet getas.


makanya dulu nggak terlalu berani ambil FC pertimbangannya gitu.. berita nya kan kenceng banget tuh sampe dikata vampir oli.

epro turbo itu ya, kalo di liat dibelakangnya tulisnya diproduksi oleh idemit**su lho. hebat juga oli idemit, tapi harga murah gitu.

kalo sampe mobil didiemin trus minta ganti oli sih, cabein aja mobilnya sekalian.........

kagak sih, aman.. saya kan pas kelar service ganti oli, dikasih tuh sisa oli epro setengah botol.. disuruh bawa pulang. aman dah harusnya mah. ntar service goceng baru diperhatiin lagi deh pastiin cuma 3.5liter
kalo punya kocheng berasa kochengnya suka tiduran di kap, enak kan anget wakakakka.

yg epro green - blue - gold itu dari id*mitsu. kalo yg epro turbo denger2 rebadge en*os sust*na. dulu agak aneh juga kok oli buat turbo2 spek tinggi gini disamain sama oli generik buat HRV brio dkk temp mesinnya aja gak sama. makanya dulu udah curiga, hajar aja langsung beli Q8.

itu HCF-2 juga kurang kompatibel mbah kalo sering bawa pedal to the kampret. cepet banget kepanasan transmisinya, mana terakhir pake HCF-2 udah males di drain bau sangitnya ampun ampunan artinya panas bgt itu oli di dalem ampe bau nyengat.

tp kalo bawa kalem2 aja gak ada masalah.

wakakakka kan kalo misal kek punya mitsu itungan bulannya jalan mbah. kalo ahond ga ada itungan bulannya. jd tuh mobil mau nganggur 2 taun jg indikator gak jalan. di CRV ane karena sekali hajar luar kotaan dan jarang pake dalkot, jadi minta gantinya bisa ampe 10k sekali di indikator :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

Pertanyaan tambahan om2 sekalian, sambil nunggu klaim asuransi cair dan mulai bisa serius hunting intensif.

Masih sambil desk research dan barusan ketemu satu review CRV RW dari C*T Indonesia ini

Ngeri juga dengernya 2x turbo jebol di umur segitu, sementara sempat skimming subforum CRV turbo sepertinya tidak ada yang kena masalah serupa.

Saya khawatir kl beli RW seken dan sudah diluar garansi, dan jadi mikir lebih aman beli K24 NA kl memang RW lumayan rentan turbonya :mky_01:

Untuk CRV RW, apakah ada batch2 yang perlu dihindari atau lebih hati2 ketika hunting? Misalnya seperti 2GD batch2 awal yang sempat ada isu putu dan jedug. Atau case tersebut lebih ke arah apes saja?

Terima kasih
Last edited by noire on Sun Sep 17, 2023 10:18, edited 1 time in total.
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

ChZ wrote: Fri Sep 15, 2023 3:39
iamwewe wrote: Fri Sep 15, 2023 3:29
nah ini nih bener. puanas pol mesinnya. posisi mesin mati, 1jam 2jam aja masih aja kerasa hawa panasnya. padahal mobil diparkir di depan, lapangan terbuka angin nya lumayan kenceng.

terakhir waktu remap, ngobrol2, jadi katanya karena lambda nya tinggi apa rendah dah gitu gw juga lupa. trs disetel sdkt biar gk tll sepanas itu. gk tau juga sih efek realnya ke mesin dan driving experience gimana. cuma mungkin yg paling masuk akal buat sy pribadi, karet2 di dalem ruang mesin nggak cepet getas.


makanya dulu nggak terlalu berani ambil FC pertimbangannya gitu.. berita nya kan kenceng banget tuh sampe dikata vampir oli.

epro turbo itu ya, kalo di liat dibelakangnya tulisnya diproduksi oleh idemit**su lho. hebat juga oli idemit, tapi harga murah gitu.

kalo sampe mobil didiemin trus minta ganti oli sih, cabein aja mobilnya sekalian.........

kagak sih, aman.. saya kan pas kelar service ganti oli, dikasih tuh sisa oli epro setengah botol.. disuruh bawa pulang. aman dah harusnya mah. ntar service goceng baru diperhatiin lagi deh pastiin cuma 3.5liter
kalo punya kocheng berasa kochengnya suka tiduran di kap, enak kan anget wakakakka.

yg epro green - blue - gold itu dari id*mitsu. kalo yg epro turbo denger2 rebadge en*os sust*na. dulu agak aneh juga kok oli buat turbo2 spek tinggi gini disamain sama oli generik buat HRV brio dkk temp mesinnya aja gak sama. makanya dulu udah curiga, hajar aja langsung beli Q8.

itu HCF-2 juga kurang kompatibel mbah kalo sering bawa pedal to the kampret. cepet banget kepanasan transmisinya, mana terakhir pake HCF-2 udah males di drain bau sangitnya ampun ampunan artinya panas bgt itu oli di dalem ampe bau nyengat.

tp kalo bawa kalem2 aja gak ada masalah.

wakakakka kan kalo misal kek punya mitsu itungan bulannya jalan mbah. kalo ahond ga ada itungan bulannya. jd tuh mobil mau nganggur 2 taun jg indikator gak jalan. di CRV ane karena sekali hajar luar kotaan dan jarang pake dalkot, jadi minta gantinya bisa ampe 10k sekali di indikator :mky_03:
Baru tahu om, kalau indikatornya berbasis flow gitu, bisa di override kan ya warningnya?
Dulu di mitsu saya pada bisa di override kalau km blm nyampai pada target bulan yang ditentukan (pas awal2 masih garansi dan servicenya di beres). Pas udah lepas beres saya main long drain dengan oli bagusan dan bisa diset sendiri bulannya karena km nya juga tidak nambah segitu banyak juga.

Wah perumahan saya juga banyak masalah kocheng :big_cat: , alamat wajib parkir dalam garasi, ngga bisa diparkir di carport ini kalau ngga mau jadi singgasana kocheng
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

pengendiesel wrote: Fri Sep 15, 2023 0:41
noire wrote: Fri Sep 15, 2023 0:04 Oh ya kelupaan mention bahwa setelah TD fortuner G kemarin (yang menurut saya cukup sehat dan full pristine shocknya), istri saya berkomentar kalau suspensinya jauh lebih empuk dari ANKI saya yang sudah ternoda kaki-kaki nya - kebetulan setup kaki kaki ANKI kami kemarin memang agak keras untuk mengincar cornering (mid speed) tanpa limbung di tol, untuk di jalanan hancur atau polisi tidur, kebetulan style driving kami santai jadi lewat saja dengan cukup nyaman (mertua approved).

Dengan komparasi seperti itu, apakah kira2 ke kerasan suspensi CX 5 (di compare ke fortuner current gen dan mengesampingkan baris kedua yg agak sempit) masih masuk batas yang bisa diterima? kebetulan belum sempat cari CX5 untuk dilihat2 memang harus test duduk dulu sih beliaunya. CX5 muncul kembali karena dengar2 meskipun kompresi tinggi, minimal masih ron 91 (masih bisa pertamax yang ada dimana-mana)
Kalo merasa fortuner enak, harusnya pasti gak masalah dengan cx5.
Dulu sempat td singkat cx5,kalo dibandingkan forti sih jauh lebih enak cx5 ke mana2. Memang pas itu sebagian besar jalannya mulus,tapi pas kena jalan gak rata enak kok. Suspensinya lebih ke arah kenyal daripada keras.
Coba td saja dulu,soalnya ukuran kenyamanan suspensi tiap orang bisa beda.

Btw,penasaran innovanya diganti apa saja sampai forti dibilang empuk? :big_biglaugh:
Bener om, mesti tes duduk juga sambil jalan ini. Mertua saya juga lebih appreciate tidak limbung daripada terombang ambing seperti kapal layaknya bawaan ANKI hehe

Upgrade tipis2 aja kok om, krn budget di scrut ketat sama menkeu, jadi malu kl dibandingkan banyak sesepuh yang sudah jauh lebih banyak trial dan error dibanding saya disini. Saya cuma ganti semua bushing ke PU dan lebih banyakan beberapa kali ganti coilover, shock absorber dan ban - terakhir pakai dan memutuskan stop di K*B excel G depan belakang dengan ban LM705 krn udah cukup enak dan balance dengan kebutuhan tapi masih cukup empuk dan ringan di budget. Tp kl ditotal2 benernya jatuhnya bisa dapat setup highend juga :big_slap:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125