Saran pengganti ANKI 2GD matic

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by XMTdeluxe »

noire wrote: Sat Sep 09, 2023 0:24
Akhir juni kemarin laka tunggal nabrak pohon pas dibawa istri, low speed padahal (kurang dari 30kph) karena siang-siang dan kondisi jalan sekitar rumah yang juga tidak memungkinkan kalau kenceng2 karena pecah-pecah dan sangat bergelombang dan sedang ada proyek pengerjaan jalan. Sebenernya agak heran dengan durability nya karena saya awalnya expect masih repairable karena ladder frame (apa mungkin ladder framenya overrated aja? dan ekspektasi saya ketinggian gara2 hilux nya topgear :mky_01: ) .
Airbag ngembang Om? Nggak repairable nya bgmn maksudnya Om? Chassisnya kena dan tdk bisa diperbaiki kah?
Jaman saya masih SMP, pernah dgn bapak saya datang ke bengkel perbaiki chassis hardtop habis nabrak juga. Diluruskan lagi. Menangnya Ladder Frame kan chassisnya masih bisa diusahakan, meskipun hasilnya tergantung peralatan dan bengkelnya juga. Tapi lebih punya harapan daripada monokok. Kalau monokok nabrak kena chassis kan sdh gak bisa diapa2kan lagi, gak akan pernah sama. Harus segera dibuang saja.
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

ChZ wrote: Sat Sep 09, 2023 2:52
noire wrote: Fri Sep 08, 2023 8:46
Siap om, selama masih bisa pertamax saya ok, kalau wajib pertabo ini yang repot planning refueling nya.
Kalau light offroading capability apakah pernah coba? secara visual kayaknya RW lebih ceper dari RM dan RE y om?

dan apakah perawatan nissan se horror itu? kalau untuk kota selevel surabaya kira-kira aman kah y? secara dealer nissan sendiri tinggal 2 disini. apakah ada yang bisa sharing om?
seingat ane RW naik 10mm ground clearancenya dari RM. 175 ke 185 mm.

light nya ini seberapa light om? sebenernya jelek2 gini kemampuan crawlingnya CVT di CRV 1.5 turbo cukup enak selipnya ngebantu banget nanjak. travel suspensi lbh main daripada RM yang keras.

mungkin kendalanya di bagian percabangan muffler yang mudah mentok kalo dipake blusukan ke jalan2 jelek (ada di video autonetmagz). bisa diatasi dengan ganti ban atau ninggiin suspensi dikit sih. yang AWD di luar ground clearance 200mm.

horror sih engga om, itu xtrail dari T30 konstruksinya ya mirip-mirip secara mekanis. bengkel banyak yang bisa. boleh la kalau dapet yang bagus.

tapi personal opinion : kalau mau pake lamaaaa >5 thn liat nasib atpmnya sih ane agak males. penjualnya aja angot2an ngurusin kenapa kita yang harus repot ngurusin sendiri :ungg:
Noted om, kayaknya kalau jadi ke rw bakal perlu ditingikan sedikit.

Light nya ini akan unpaved dan semi gravel dengan cukup banyak pothole besar sih om, mungkin mirip2 bagian terburuk rute purwodadi-blora - cuma akan banyak tanjakan turunan.

Nanti saya coba cek video nya autonet juga :big_exellent:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

XMTdeluxe wrote: Sat Sep 09, 2023 3:52
noire wrote: Sat Sep 09, 2023 0:24
Akhir juni kemarin laka tunggal nabrak pohon pas dibawa istri, low speed padahal (kurang dari 30kph) karena siang-siang dan kondisi jalan sekitar rumah yang juga tidak memungkinkan kalau kenceng2 karena pecah-pecah dan sangat bergelombang dan sedang ada proyek pengerjaan jalan. Sebenernya agak heran dengan durability nya karena saya awalnya expect masih repairable karena ladder frame (apa mungkin ladder framenya overrated aja? dan ekspektasi saya ketinggian gara2 hilux nya topgear :mky_01: ) .
Airbag ngembang Om? Nggak repairable nya bgmn maksudnya Om? Chassisnya kena dan tdk bisa diperbaiki kah?
Jaman saya masih SMP, pernah dgn bapak saya datang ke bengkel perbaiki chassis hardtop habis nabrak juga. Diluruskan lagi. Menangnya Ladder Frame kan chassisnya masih bisa diusahakan, meskipun hasilnya tergantung peralatan dan bengkelnya juga. Tapi lebih punya harapan daripada monokok. Kalau monokok nabrak kena chassis kan sdh gak bisa diapa2kan lagi, gak akan pernah sama. Harus segera dibuang saja.
Ngembang om, chassis depan ada kena miring dikit katanya dan turbo kena. Kata bengkelnya masih bisa diusahakan di repair, tapi akan lama dan mahal dan ada risk tidak bisa kembali sempurna. Asuransinya menyarankan TLO dan akhirnya saya setujui karena khawatir tidak bisa kembali normal - kebetulan saya tipe yang agak sensitif dengan feel mobil dan khawatir kecewa kedepannya
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by darrelund »

crv turbo udah cocok lah

tinggal rapihin kaki"

pasang peredam

klo mau rada tinggi bisa belikan coilover & tebelin ban
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by ChZ »

noire wrote: Sat Sep 09, 2023 3:55 Noted om, kayaknya kalau jadi ke rw bakal perlu ditingikan sedikit.

Light nya ini akan unpaved dan semi gravel dengan cukup banyak pothole besar sih om, mungkin mirip2 bagian terburuk rute purwodadi-blora - cuma akan banyak tanjakan turunan.

Nanti saya coba cek video nya autonet juga :big_exellent:
bisa banget gitu om. kalo beli seken kaki kaki ada yang rusak malah enak sekalian di upgrade aja :big_grin:



yang ini om, knalpotnya crv turbo beberapa kali nyangkut. pendek bgt emang itu knalpot wkwkwkkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by ricz »

Dari point" diatas sih...

Saran saya antara Innova GD lagi (cuma ini bakal tidak terasa ganti mobil :mky_07: ) , CRV Turbo / RM (ini tergantung budget dan dapatnya yang gimana) dan X-Trail...

Innova / Fortuner KD dan Pajero Sport lama ketuaan, bakal sedikit njomplang dari mobil yg sekarang apalagi soal kehalusan mesin yg tidak akan sehalus 2GD.. On a side note, Fortuner / Pajero Sport lama ga senyaman Innova (dan ini terjadi di gen berikutnya, Pajero Sport baru cukup nyaman tapi dia limbung parah)

CX-5, ini baris kedua cukup sempit jadi ga akan terlalu nyaman utk penumpang blkg..

Fortuner VRZ, ini akses naik turunnya bakal lebi susah dari Innova karena dia tinggi, dan bantingan tidak seenak Innova GD yang sekarang..

====

Untuk CRV RM dan X-Trail dia masih bs pake Pertalite, meanwhile CRV Turbo bisa tetapi utk situasi kepepet, recommendnya ttp minimal oktan 92..
2021 Fortuner VRZ
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by Pboyz97 »

noire wrote: Sat Sep 09, 2023 0:24

Thank you om untuk masukannya, akan coba saya explore untuk dari dari wilayah lain.

Akhir juni kemarin laka tunggal nabrak pohon pas dibawa istri, low speed padahal (kurang dari 30kph) karena siang-siang dan kondisi jalan sekitar rumah yang juga tidak memungkinkan kalau kenceng2 karena pecah-pecah dan sangat bergelombang dan sedang ada proyek pengerjaan jalan. Sebenernya agak heran dengan durability nya karena saya awalnya expect masih repairable karena ladder frame (apa mungkin ladder framenya overrated aja? dan ekspektasi saya ketinggian gara2 hilux nya topgear :mky_01: ) .

Kebetulan sepertinya akan berusaha tidak sering2 ganti mobil dulu di era transisi teknologi ini, khawatir rugi banyak, jadi memang hanya akan replace1 unit saja dengan keep sienta. :mky_01:

kalo sienta dikeep ya voxy coret dulu deh, 2gd lg, anf or anps udh pilihan tepat & sesuai kriteria. kalo pengen monokok bisa consider crv turbo pres cuma minusnya interior quality agak kurang dan kekedapannya nggak sekedap anki (kebetulan saya udh pernah piara keduanya) tp kalo kenyamanan jauh upgrade dari anki maupun sienta menurut saya hehehe or kalo emg mau 5 seater bisa consider AN HRV SE/ RS
noire wrote: Sat Sep 09, 2023 0:28

Kebetulan ANKI 2GD saya juga udah jalan hampir 90k, kurang lebih expektasi saya ownership experience nya (untuk mechanical parts) akan sama dengan VRZ mestinya - sisanya tinggal tunggu veto istri dan mertua soal aksesibilitas. Cuma masih khawatir soal 2 hal yaitu:
1. Masa depan diesel di indo yang juga sudah ada thread sendiri terpisah disini, khawatir susah refueling nantinya
2. Kesehatan mesin, terutama kalau owner sebelumnya agak jorok. Kira-kira aman kah om kalau km diatas 100rb? red flag seperti apa yang perlu dihindari? apakah ada tips yang bisa dibagikan?
kebetulan saya sudah beberapa kali piara diesel dan semua beli seken
kalo poin 1. tergantung daerahnya, kalo di kota saya, jakarta, diesel udh nggak sebanyak dulu, biosolar ngga semua spbu jual, jd mau nggak mau kudu isi dex, tapi kalo di luar jabodetabek, saya rasa diesel masih aman sentosa, masih cukup mudah refuelingnya, apalagi peminat diesel di daerah tempat tinggal om di awal thread masih sangat banyak menurut pengamatan sotoy saya, jadi harusnya kalo disana masa depan dieselnya buat long term saya rasa masih aman2 aja

kalo poin 2. aman, asal pemakaiannya telaten . perawtannya bener & rutin. paling aman kalo saya yg pertama ganti oli berikut oli maticnya jg + ganti filsol, karena kita nggak tau pemakaian owner sblmnya seperti apa, itu kalo kita udh beli mobilnya. tp kalo red flagnya kalo saya beli diesel yg pertama harus lolos inspeksi, seperti bebas tabrak & banjir, kedua jg mesin kl bisa jangan bekas bongkaran or turun mesin or ngobos (ngebul, dari kenalpot keluar asep putih padahal mobil lg jalan pelan nggak di gas or lg diem) + suara agak kasar + service recordnya jelas, itu aja kalo saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by KielConstantine »

Kalo masih pengen rasain solar busuk isi cuman 300rb sampe luber luber, ya pelihara ladderframe lg aja om. Anytype will do the business :big_biglaugh:

Trus klo cuman light offroad ke pedesaan, selama jalanannya kg ancur banget ya monokok macem CRV udah ok. Mau enak yg RM K24 dah. Full tank pertalit masih joss
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1403
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by AbdulHakim »

KielConstantine wrote: Sat Sep 09, 2023 7:48 Kalo masih pengen rasain solar busuk isi cuman 300rb sampe luber luber, ya pelihara ladderframe lg aja om. Anytype will do the business :big_biglaugh:

Trus klo cuman light offroad ke pedesaan, selama jalanannya kg ancur banget ya monokok macem CRV udah ok. Mau enak yg RM K24 dah. Full tank pertalit masih joss
hahaha.. kalo mau pake "cheat-code" biosolar atau pertalite, TS harusnya consider zenix hybrid G, dengan konsumsi bbm paling parah anggaplah 1:15 pake pertalite harga 10rb per liter mah dompet aman banget :big_biglaugh:
tapi sayang zenix kalo ga jadi mobil perang siy, kalo jadi garage queen dan jalan jelek tipis2 siy udah bener itu hunting crv rw seken, cuma perhatiin racksteernya aja, itu komponen kalo ganti se-assy lumayan soalnya (untuk ukuran aHond).
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by faridrach »

Mirip kasus saya maret lalu.

Cari pengganti ANKI 2GD setelah odo 117rb km, setelah menimbang2 cukup lama akhirnya pilihan jatuh ke ANF 2GD, ternyata menurut saya sbg driver ini adalah upgrade di sisi handling (ANKI terlalu empuk menurut saya jd kayak naik kapal) dan kekedapan kabin yang saya gak nyangka ternyata sekedap ini, Venturer diesel pun masih kalah kedap kalau dibanding ANF.

Di rumah kebetulan saya sering sharing mobil baik punya kakak/ortu, ada ANKI bensin, Veloz, Panther Grand Touring, Mercy E300.

Seenak2nya engine bensin, tetep rasanya susah pindah dari diesel, terutama 2GD.

Torsi melimpah, melibas jalan apapun siap, solar 6800/liter, nikmat mana lagi yang kau dustakan :big_weee:

AWET, IRIT, BUANTER :big_biglaugh:
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

darrelund wrote: Sat Sep 09, 2023 5:31 crv turbo udah cocok lah

tinggal rapihin kaki"

pasang peredam

klo mau rada tinggi bisa belikan coilover & tebelin ban
Thank you om, masuk ke pertimbangan :big_exellent:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

ChZ wrote: Sat Sep 09, 2023 6:20
noire wrote: Sat Sep 09, 2023 3:55 Noted om, kayaknya kalau jadi ke rw bakal perlu ditingikan sedikit.

Light nya ini akan unpaved dan semi gravel dengan cukup banyak pothole besar sih om, mungkin mirip2 bagian terburuk rute purwodadi-blora - cuma akan banyak tanjakan turunan.

Nanti saya coba cek video nya autonet juga :big_exellent:
bisa banget gitu om. kalo beli seken kaki kaki ada yang rusak malah enak sekalian di upgrade aja :big_grin:



yang ini om, knalpotnya crv turbo beberapa kali nyangkut. pendek bgt emang itu knalpot wkwkwkkw.
Hehe, iya, bisa jadi justifikasi kuat juga ke bini :upss: :big_blushing:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by pengendiesel »

faridrach wrote: Sat Sep 09, 2023 9:54 Mirip kasus saya maret lalu.

Cari pengganti ANKI 2GD setelah odo 117rb km, setelah menimbang2 cukup lama akhirnya pilihan jatuh ke ANF 2GD, ternyata menurut saya sbg driver ini adalah upgrade di sisi handling (ANKI terlalu empuk menurut saya jd kayak naik kapal) dan kekedapan kabin yang saya gak nyangka ternyata sekedap ini, Venturer diesel pun masih kalah kedap kalau dibanding ANF.

Di rumah kebetulan saya sering sharing mobil baik punya kakak/ortu, ada ANKI bensin, Veloz, Panther Grand Touring, Mercy E300.

Seenak2nya engine bensin, tetep rasanya susah pindah dari diesel, terutama 2GD.

Torsi melimpah, melibas jalan apapun siap, solar 6800/liter, nikmat mana lagi yang kau dustakan :big_weee:

AWET, IRIT, BUANTER :big_biglaugh:
Anehnya saya setuju dengan point ini.
Kalo fortuner sudah jelas : keras, gak enak, kebanting2, kekocok2. Tapi di balik itu semua,jadinya jauh lebih predictable dibanding anki yang berusaha nyaman tapi malah susah diprediksi. Pernah bawa anki lewat jembatan panjang 20 meteran tinggi 2 meter, naik dulu lalu turun ,lari 60,mobilnya sudah ke mana2 lumayan liar.
Di tempat yang sama,speed sama bawa fortuner jauh lebih aman. Cuma ya gitu,siapkan pinggang cadangan kalo jalan jauh naek forti.
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

Pboyz97 wrote: Sat Sep 09, 2023 6:37 kalo sienta dikeep ya voxy coret dulu deh, 2gd lg, anf or anps udh pilihan tepat & sesuai kriteria. kalo pengen monokok bisa consider crv turbo pres cuma minusnya interior quality agak kurang dan kekedapannya nggak sekedap anki (kebetulan saya udh pernah piara keduanya) tp kalo kenyamanan jauh upgrade dari anki maupun sienta menurut saya hehehe or kalo emg mau 5 seater bisa consider AN HRV SE/ RS

kebetulan saya sudah beberapa kali piara diesel dan semua beli seken
kalo poin 1. tergantung daerahnya, kalo di kota saya, jakarta, diesel udh nggak sebanyak dulu, biosolar ngga semua spbu jual, jd mau nggak mau kudu isi dex, tapi kalo di luar jabodetabek, saya rasa diesel masih aman sentosa, masih cukup mudah refuelingnya, apalagi peminat diesel di daerah tempat tinggal om di awal thread masih sangat banyak menurut pengamatan sotoy saya, jadi harusnya kalo disana masa depan dieselnya buat long term saya rasa masih aman2 aja

kalo poin 2. aman, asal pemakaiannya telaten . perawtannya bener & rutin. paling aman kalo saya yg pertama ganti oli berikut oli maticnya jg + ganti filsol, karena kita nggak tau pemakaian owner sblmnya seperti apa, itu kalo kita udh beli mobilnya. tp kalo red flagnya kalo saya beli diesel yg pertama harus lolos inspeksi, seperti bebas tabrak & banjir, kedua jg mesin kl bisa jangan bekas bongkaran or turun mesin or ngobos (ngebul, dari kenalpot keluar asep putih padahal mobil lg jalan pelan nggak di gas or lg diem) + suara agak kasar + service recordnya jelas, itu aja kalo saya
Thank you om untuk tips nya :big_exellent:

Kebetulan di surabaya memang aman om, dan karena jadi garage queen selama di dalam kota surabaya pasti akan dex/shell diesel untuk menghindari gel. Khawatirnya malah kalau lagi blusukan :mky_01: Dulu pas pandemi pernah bolang ke solo, pas fuel tinggal kurang dari seperempat, non pertamina tidak ada, mau isi dex dimana-mana kosong, untung masih dapat jatah biosol seperempat tank - masih pede balik ke tol dan cari spbu dalam tol sebelum balik surabaya. Udah mulai horror dan mikir, apakah ini rasanya range anxiety kalau pakai BEV :big_slap:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

AbdulHakim wrote: Sat Sep 09, 2023 9:13
KielConstantine wrote: Sat Sep 09, 2023 7:48 Kalo masih pengen rasain solar busuk isi cuman 300rb sampe luber luber, ya pelihara ladderframe lg aja om. Anytype will do the business :big_biglaugh:

Trus klo cuman light offroad ke pedesaan, selama jalanannya kg ancur banget ya monokok macem CRV udah ok. Mau enak yg RM K24 dah. Full tank pertalit masih joss
hahaha.. kalo mau pake "cheat-code" biosolar atau pertalite, TS harusnya consider zenix hybrid G, dengan konsumsi bbm paling parah anggaplah 1:15 pake pertalite harga 10rb per liter mah dompet aman banget :big_biglaugh:
tapi sayang zenix kalo ga jadi mobil perang siy, kalo jadi garage queen dan jalan jelek tipis2 siy udah bener itu hunting crv rw seken, cuma perhatiin racksteernya aja, itu komponen kalo ganti se-assy lumayan soalnya (untuk ukuran aHond).
Bener om, cuma agak khawatir gel karena jadi garage queen hehe - jadi hanya akan pakai dex di surabaya kalau beli diesel lagi. Khawatirnya pas keluar kota malah pusing di tempat2 yang dex dan dexlite tidak ada - apalagi kalau nantinya tidak bisa beli biosol :ungg:

Sedang mempertimbangkan CRV juga, cuma belum punya gambaran seberapa boros mesin K24 di CRV - rencananya akan minimal pertamax, tetapi kalau sampai selevel borosnya dengan xtrail T31, mungkin akan terpaksa pakai pertalite. Kalau CRV turbo rencana memang minimal pakai pertamax kalau ada pertamax. Hanya berharap tidak seperti F30 atau subaru yang minim ron 95/98 saja :ngacir:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

pengendiesel wrote: Sat Sep 09, 2023 10:15
faridrach wrote: Sat Sep 09, 2023 9:54 Mirip kasus saya maret lalu.

Cari pengganti ANKI 2GD setelah odo 117rb km, setelah menimbang2 cukup lama akhirnya pilihan jatuh ke ANF 2GD, ternyata menurut saya sbg driver ini adalah upgrade di sisi handling (ANKI terlalu empuk menurut saya jd kayak naik kapal) dan kekedapan kabin yang saya gak nyangka ternyata sekedap ini, Venturer diesel pun masih kalah kedap kalau dibanding ANF.

Di rumah kebetulan saya sering sharing mobil baik punya kakak/ortu, ada ANKI bensin, Veloz, Panther Grand Touring, Mercy E300.

Seenak2nya engine bensin, tetep rasanya susah pindah dari diesel, terutama 2GD.

Torsi melimpah, melibas jalan apapun siap, solar 6800/liter, nikmat mana lagi yang kau dustakan :big_weee:

AWET, IRIT, BUANTER :big_biglaugh:
Anehnya saya setuju dengan point ini.
Kalo fortuner sudah jelas : keras, gak enak, kebanting2, kekocok2. Tapi di balik itu semua,jadinya jauh lebih predictable dibanding anki yang berusaha nyaman tapi malah susah diprediksi. Pernah bawa anki lewat jembatan panjang 20 meteran tinggi 2 meter, naik dulu lalu turun ,lari 60,mobilnya sudah ke mana2 lumayan liar.
Di tempat yang sama,speed sama bawa fortuner jauh lebih aman. Cuma ya gitu,siapkan pinggang cadangan kalo jalan jauh naek forti.
Sepakat om, kemarin habis lumayan juga untuk coba beberapa setup upgrade suspensi ANKI, blm sampai ke yang bener2 enak, tapi akhirnya memutuskan untuk disudahi dan diterima saja karena sudah jauh mending daripada standar :glodak:
Sedang menimbang-nimbang kalau mau mengulang modif yang sama (minimal ke settingan terakhir) kalau beli ANKI lagi sementara dompet berkata jangan karena base price ANKI seken yang mahal masih harus ditambah budget modif kaki-kaki lagi :big_think:

Tapi memang seperti kata om Faridrach,tidak pusing mau kemana, bonus biosol murmer dan terutama torsinya memang ngangenin :big_blushing:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by darrelund »

ChZ wrote: Sat Sep 09, 2023 6:20 yang ini om, knalpotnya crv turbo beberapa kali nyangkut. pendek bgt emang itu knalpot wkwkwkkw.
potong aja tu tip knalpotnya

bikin yg angled kyk di rens rover

kapan lalu perna liat civic FC exhaust tip nya mangap. kyknya gasruk itu :big_biglaugh:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by Pboyz97 »

faridrach wrote: Sat Sep 09, 2023 9:54 Mirip kasus saya maret lalu.

Cari pengganti ANKI 2GD setelah odo 117rb km, setelah menimbang2 cukup lama akhirnya pilihan jatuh ke ANF 2GD, ternyata menurut saya sbg driver ini adalah upgrade di sisi handling (ANKI terlalu empuk menurut saya jd kayak naik kapal) dan kekedapan kabin yang saya gak nyangka ternyata sekedap ini, Venturer diesel pun masih kalah kedap kalau dibanding ANF.

Di rumah kebetulan saya sering sharing mobil baik punya kakak/ortu, ada ANKI bensin, Veloz, Panther Grand Touring, Mercy E300.

Seenak2nya engine bensin, tetep rasanya susah pindah dari diesel, terutama 2GD.

Torsi melimpah, melibas jalan apapun siap, solar 6800/liter, nikmat mana lagi yang kau dustakan :big_weee:

AWET, IRIT, BUANTER :big_biglaugh:
benar sekali. saya juga ngalamin sendiri. saya juga pernah ada di posisi yg sama. awalnya saya main mobil diesel seken ANF 2GD 2018 VRZ emg bikin ketagihan. berhubung row 2 nya nggak terlalu nyaman + ada yg mau bayarin lumayan tinggi diatas harga ambil saya akhirnya saya lepas setelah piara bbrp bulan . nah buat penggantinya saya cari lah anki 2gd at tipe g , karena emg maunya ada kembalian buat modal usaha , sampe akhirnya abis hunting 1,5 tahun dan survei sekitar 14-15 unit dapet yg tahun 2018 km 41rb asli record A2K. seiring berjalannya waktu, anki 2gd saya pake selama 1,5 tahun odo udh 63rb , namun sayangnya anki saya mengalami sedikit insiden ditabrakkin ke tembok pas dibawa bapak saya , bagian bokong kiri kena sundul belakang forklift pas lg dibawa ke bogor sampe tulang di bagian bawah belakang kiri bengkok + plafon jg brodol gara2 sering bgt dipake buat bawa barang jakarta - bogor- bekasi - depok PP :big_biglaugh: , sampai akhirnya mobil tersebut saya jual awal tahun ini

pas cari penggantinya ,saya pernah ada di posisi om, setelah nimbang2 cukup lama akhirnya pilihan jatuh ke ANPS Dakar 2018. kandidatnya memang pas rencana awal ANF 2GD TRD 2017-2019 atau ANPS dakar 2017-2019. kalo kekedapan memang saya akuin anf lebih kedap dibanding anki, tp bagusnya anki dari empuknya itu nyaman, buat row 2 berasa lebih nyaman anki dibanding anf (pengalaman saya miara keduanya)

memang betul, saya sendiri walaupun udh make beberapa mobil bensin mulai dari brio, avxen, gnki bensin, hrv 2 generasi, xpander, an brv, jazz, yaris, crv, cx5, voxy sampe lexus rx tetep saya merasa masih perlu 1 mobil diesel dirumah buat dipake sendiri :big_biglaugh:

bener bgt. apalagi buat lukot, gaada lawan deh. udh irit, lega, perawatan murah, muat banyak, torsi gede, tarikan ngisi disemua putaran, part gampang mau kw mau ori ada semua, bengkel banyak, aftersales terjamin , make oli sm bbm apa aja bisa & dijual lagi ngga jatoh jatoh amat harganya :big_biglaugh:

noire wrote: Sat Sep 09, 2023 10:21

Thank you om untuk tips nya :big_exellent:

Kebetulan di surabaya memang aman om, dan karena jadi garage queen selama di dalam kota surabaya pasti akan dex/shell diesel untuk menghindari gel. Khawatirnya malah kalau lagi blusukan :mky_01: Dulu pas pandemi pernah bolang ke solo, pas fuel tinggal kurang dari seperempat, non pertamina tidak ada, mau isi dex dimana-mana kosong, untung masih dapat jatah biosol seperempat tank - masih pede balik ke tol dan cari spbu dalam tol sebelum balik surabaya. Udah mulai horror dan mikir, apakah ini rasanya range anxiety kalau pakai BEV :big_slap:
wah enak jg ya, di kota saya jakarta udh mulai dibatesin, nggak semua SPBU jual, jd kalo emergency mau nggak mau kudu beli dex. kalo diluar jabodetabek jangan dulu deh pake BEV. kita liat dulu durability & maintenancenya dibanding bensin or diesel paling cepet 3-5 tahun dari skrg baru saya bisa trust sm BEV apalagi buat lukot :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by sapifr22 »

2GD sebenarnya tangguh juga.
Saya pakai ANKI 2GD sampai 170k aman sentosa, cuma karena batch awal, sempat kena turbo putu.
Tapi selepas claim warranty, lancar tanpa masalah.
Tdk perlu terlalu khawatir utk mesin, cari yang service recordnya rapi.

Kalau sayang mertua, hindari mobil2 tinggi seperti ANF.
Apalagi Zenix, lebih sulit dibanding ANF utk orang tua.
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by mr_mytplx »

sapifr22 wrote: Sat Sep 09, 2023 17:29
Kalau sayang mertua, hindari mobil2 tinggi seperti ANF.
Apalagi Zenix, lebih sulit dibanding ANF utk orang tua.
kok bisa om? padahal kan lantainya zenix lebih rendah drpd anf.

mau naik anf mst naik footstep dl.
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by sapifr22 »

ANF lebih mudah karena ada footstep.
Zenix, posisi kursi agak ke tengah dan agak tinggi karena ada baterai di lantai.
Yg gasoline share platform yg sama, jadi tanpa baterai pun sama tingginya.
Paling pas pakai footstep juga, cuma jadi terlalu mepet tanah.
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 759
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by silentIm2 »

Crv RW dah pilihan ok. Cuma kalo seken perhatikan isu oil dilution (oli bau bensin) dan CVT masih smooth.

Kalo emang minat Almaz, bisa dipertimbangkan Almaz hybrid, karena meskipun ga seirit Zenix, dibanding mobil sekelas yg non hybrid termasuk irit dan powernya cukup gede. Garansi baterai 8 tahun jadi menurut saya harusnya cukup worry free ya.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Sat Aug 04, 2018 5:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by noire »

Thank you om-om semua sarannya, maaf beberapa hari terakhir agak padat jadwalnya, ngga sempat reply satu persatu.

Sepertinya semakin mengerucut ke beberapa opsi dengan beberapa contender baru setelah sempat lihat2 beberapa unit seken dan baru:

1. Inova diesel matic 2GD seken
2. Fortuner G matic 2GD seken
3. CRV RM 2.4 seken
4. CRV RW 1.5T seken
5. Xtrail T32 2.5 seken
6. Grand vitara

Rencana masih mau survey2 GIASS surabaya minggu depan,
dan kemungkinan opsi 2 mungkin akan langsung dibungkus kalau deal nego harga tanpa ke GIASS lagi, kebetulan ketemu yang kondisi cukup pristine dan penawaran harga bargain dari pemilik langsung. :e-pray:
silentIm2 wrote: Sun Sep 10, 2023 4:33 Crv RW dah pilihan ok. Cuma kalo seken perhatikan isu oil dilution (oli bau bensin) dan CVT masih smooth.

Kalo emang minat Almaz, bisa dipertimbangkan Almaz hybrid, karena meskipun ga seirit Zenix, dibanding mobil sekelas yg non hybrid termasuk irit dan powernya cukup gede. Garansi baterai 8 tahun jadi menurut saya harusnya cukup worry free ya.
Kalau untuk isu oil dilution CRV ini apakah banyak kejadian juga di Indo om? dan apakah spesifik ke RW, atau apakah RM juga ada isu serupa?

Untuk Almaz hybrid sebenarnya juga masuk pertimbangan om, cm kayaknya belum ada yang review sama sekali long term nya bagaimana. Masih agak khawatir meskipun dealernya dekat rumah :mky_01:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1403
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by AbdulHakim »

noire wrote: Wed Sep 13, 2023 6:29 Thank you om-om semua sarannya, maaf beberapa hari terakhir agak padat jadwalnya, ngga sempat reply satu persatu.

Kalau untuk isu oil dilution CRV ini apakah banyak kejadian juga di Indo om? dan apakah spesifik ke RW, atau apakah RM juga ada isu serupa?

Untuk Almaz hybrid sebenarnya juga masuk pertimbangan om, cm kayaknya belum ada yang review sama sekali long term nya bagaimana. Masih agak khawatir meskipun dealernya dekat rumah :mky_01:
kalo yg pernah saya baca, oil dilution pada CRV RW ini terjadi di luar negri khususnya saat musim dingin (winter), faktor temperatur yg sangat dingin di bawah 5 deg celcius berakibat oli mesin yg belum mencapai viskositas ideal tapi engine sudah running.
Mungkin yang lebih paham bisa mengkoreksi saya dan menambahkan.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Saran pengganti ANKI 2GD matic

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: Wed Sep 13, 2023 6:50
noire wrote: Wed Sep 13, 2023 6:29 Thank you om-om semua sarannya, maaf beberapa hari terakhir agak padat jadwalnya, ngga sempat reply satu persatu.

Kalau untuk isu oil dilution CRV ini apakah banyak kejadian juga di Indo om? dan apakah spesifik ke RW, atau apakah RM juga ada isu serupa?

Untuk Almaz hybrid sebenarnya juga masuk pertimbangan om, cm kayaknya belum ada yang review sama sekali long term nya bagaimana. Masih agak khawatir meskipun dealernya dekat rumah :mky_01:
kalo yg pernah saya baca, oil dilution pada CRV RW ini terjadi di luar negri khususnya saat musim dingin (winter), faktor temperatur yg sangat dingin di bawah 5 deg celcius berakibat oli mesin yg belum mencapai viskositas ideal tapi engine sudah running.
Mungkin yang lebih paham bisa mengkoreksi saya dan menambahkan.
Di indo sejauh ini ane blm pernah denger.

Mungkin concern nya lebih ke unit yang low KM bisa cek via dipstick.

Takutnya dipanasin doang kurang lama, soalnya civic / CRV ini cold start AFR kayaknya rich sekali. CRV ane aja kalo cold suara NGUONGGGGGG nya kenceng pdhl cuma ganti downpipe catless :big_grin:

Kalo km agak high di atas 50k, cek meler2 di head gasketnya. Murah kok tapi gantinya skalian stel klep aja drpd bolak balik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7