Saking rendahnya enak dipretelin aja kali yak. Mayan kan part jg paling mirip2 sama model yg ditiru anggep aja part kawe copotan
Yg punya dfsk jg ketiban enak carinya part copotan murmer
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Yah emg ujungnya banting hargab0ku wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 7:04kalo brandnya gak kuat ud pasti jatoh om harganya jgnkan brandnya gak kuat yang ud establish ada aja model yang nyungsepSuryaputra wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 5:49
K-car yg dah puluhan tahun di sini aja, masih bnyk seller mobkas ragu (konteksnya kecepatan liquid for cash).
bener gak tuh?
*colek @boku
tapi kalo liquid tergantung harga om justru banyak mobil korea bekas lebih gampang di jual di pasar secondnya karena harganya terjun akhirnya value for moneynya tinggi tapi ya ntar urusan pas yang pakenya aja ntar kalo dah rewel
soalnya kalo di second bisa berubah kasus paling lucu ya MOBILIO VS BRV barunya BRV kagak laku cuma bekasnya MOBILIO yang susah dijualnya BRV mah gampang banget karena brv mobilio harganya sama2x jatuh tapi BRV value for moneynya lebih berasa di harga bekas gitu pula sienta kalo ud second gampang banget jualannya
MG aja gampang jualnya soalnya harga bekasnya miring buat suv tahun segitu, awal tahun creta sempet gampang jual second tuh makin kesini makin susah padahal harga pasarnya turun mulu
kalo pengalaman saya dulu jual optra 2004 beli 2006 88jt barunya 180jtan saya pake 2 tahun ud tabrak orang ketiban pohon kelapa kaca depan ud pecah 2x jual lagi malah laku 86jt jual di poskota jem 9 ud di sikat orang ud saking rendahnya harga pasar turun aja susah tapi mau di goreng juga susah merek gak jelas siapa yang mau beli mahal2x
prediksi saya omoda ini mah calon2x barang panas di pasaran second baru gak laku tapi pas second harganya jatoh jd value for money tinggal partsnya aja gimana kalo parts kayak chevy biarpun gak laku tapi gampang di cari mah gampang banget jual bekasnya
kalo kayak DFSK mau di banting kek apa juga puyeng harganya, jualannya kek gak niat sih......
saya kalo liat ni mobil di jalan kesian sama yang punya mobil sama kesian sama yang pegang mereknya
Ah ngeclaim warranty di pabrikan H tegak jg banyak dramanya om. Malah dlu dramanya yg heboh beres super proaktifnya berlebihan sampe ganti mesin ga bilang2 owner, malah bikin curiga ada apa2 yg ga beresb0ku wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 7:13hmm gw yakin itu warranty pasti ada TNCnya musti baca yang detail itukendibocor wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 7:09 Selama chery ga lari dr sini sih kejamin lah warranty mesinnya kan lama tuh. Beli jandanya umur 5 thn masih adem ayem.
Garansi Kendaraan
PT Chery Motor Indonesia berkomitmen seluruh pelanggan setia Chery Indonesia dengan memberikan garansi kendaraan selama 6 tahun/150.000 km apabila terdapat cacat material atau kesalahan dari hasil kerja pabrik.
Garansi Mesin
PT Chery Motor Indonesia memberikan garansi selama 10 tahun/1.000.000 km spesial untuk mesin Tiggo series dengan ketentuan mesin tersebut mengalami cacat material atau kesalahan dari hasil kerja pabrik.
Garansi Mesin
PT Chery Motor Indonesia memberikan garansi selama 10 tahun/1.000.000 km spesial untuk mesin Tiggo series dengan ketentuan mesin tersebut mengalami cacat material atau kesalahan dari hasil kerja pabrik.
judulnya loe musti sewa ilmuan ahli fisika buat claim ni garansi kalo mereka tinggal bantah itu rusak pemakaian pak.......... kmnya aja ud 200.000 berarti ud musti overhaul ini pak 20jt lah........
lihat honda punya
intinya mereka yakin mobil mereka aman selama gak di modifikasi padahal ada faktor geber2x bikin mobil cepet rusakSyarat & Ketentuan
−
Konsumen yang dapat membeli Extended Warranty:
Sebelum melewati masa garansi standar yaitu 3 tahun atau 100.000 km (tidak ada toleransi).
Kondisi kendaraan dalam keadaan baik dan sesuai standar, tidak ada modifikasi dan penggunaan material yang tidakgenuine / tidak asli dari Honda (pengecekan diawal mungkin akan dibutuhkan untuk menentukan kondisi ini.
Rutin melakukan perawatan dari bengkel resmi Honda selama periode garansi standar dan selama periode dari program Extended Warranty Full coverage secara tepat waktu / sesuai jadwal.
Belum memiliki Extended Warranty Lite.
Ketentuan Extended Warranty Full coverage sesuai dengan ketentuan garansi standar dalam Buku Garansi dan Perawatan.
Wajib membawa sertifikat setiap kali melakukan perawatan berkala.
Program ini tidak dapat dipindahkan ke kendaraan lain.
Dengan melakukan pembelian Extended Warranty Full coverage, pelanggan akan mendapatkan manfaat tambahan yaitu potongan harga sebesar 2.5% untuk total biaya jasa & suku cadang pada saat melakukan perawatan berkala atau perbaikan umum di Dealer Honda selama masa garansi standar & masa perpanjangan garansi. Syarat & Ketentuan:
Potongan harga 2.5% berlaku sejak pelanggan membeli program Extended Warranty Full coverage sampai dengan masa berlaku Extended Warranty Full coverage berakhir.
Pelanggan wajib membawa & menunjukkan Extended Warranty Full coverage Certificate untuk mendapatkan manfaat potongan harga 2.5%.
Potongan harga 2.5% untuk perawatan berkala berlaku untuk seluruh biaya jasa & penggantian suku cadang kecuali bagi pelanggan yang berada dalam masa program Honda Extra Care – Paket Perawatan Berkala.
Potongan harga 2.5% untuk perbaikan umum berlaku untuk seluruh biaya jasa & penggantian suku cadang kecuali pengerjaan garansi & jenis pekerjaan body & paint. Perbaikan yang termasuk jenis pekerjaan body & paint adalah pekerjaan yang melibatkan proses las/ ketok, dempul, poles & pengecatan (pekerjaan bodi).
Potongan harga 2.5% berlaku di seluruh Dealer Resmi Honda di Indonesia.
Potongan harga 2.5% tidak dapat digabungkan dengan program potongan harga lainnya
gak ada tapi2x kalo rusak ya rusak berarti cacat karena gak tahan sampe km yang di tentukan
kayak saya dulu livina lagi masuk bengkel nissan tau2x di kasih tau ganti shock belakang ya soalnya ud rusak padahal menurut saya kmnya wajar2x aja shocknya jebol cuma di mereka itu masih masuk garansi jd di ganti gratis
Setuju om. Intinya biarkan brand baru berkembang dan membuktikan diri. Gak perlu dijudge rendah dibanding brand mainstream jepangan. Karena kalau terlalu membela brand mainstream, kompetisi gak berkembang dan market yg rugi. Biarkan mereka yg berdarah2 untuk gaet konsumen, lbh efisien, lbh berani kasih value for money, lbh rela potong margin cuan supaya harga lbh murah dibanding kompetitor. At the end, masyarakat yg untung dgn banyaknya merek yg bersaing di marketkendibocor wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 9:20Ah ngeclaim warranty di pabrikan H tegak jg banyak dramanya om. Malah dlu dramanya yg heboh beres super proaktifnya berlebihan sampe ganti mesin ga bilang2 owner, malah bikin curiga ada apa2 yg ga beresb0ku wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 7:13hmm gw yakin itu warranty pasti ada TNCnya musti baca yang detail itukendibocor wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 7:09 Selama chery ga lari dr sini sih kejamin lah warranty mesinnya kan lama tuh. Beli jandanya umur 5 thn masih adem ayem.
Garansi Kendaraan
PT Chery Motor Indonesia berkomitmen seluruh pelanggan setia Chery Indonesia dengan memberikan garansi kendaraan selama 6 tahun/150.000 km apabila terdapat cacat material atau kesalahan dari hasil kerja pabrik.
Garansi Mesin
PT Chery Motor Indonesia memberikan garansi selama 10 tahun/1.000.000 km spesial untuk mesin Tiggo series dengan ketentuan mesin tersebut mengalami cacat material atau kesalahan dari hasil kerja pabrik.
Garansi Mesin
PT Chery Motor Indonesia memberikan garansi selama 10 tahun/1.000.000 km spesial untuk mesin Tiggo series dengan ketentuan mesin tersebut mengalami cacat material atau kesalahan dari hasil kerja pabrik.
judulnya loe musti sewa ilmuan ahli fisika buat claim ni garansi kalo mereka tinggal bantah itu rusak pemakaian pak.......... kmnya aja ud 200.000 berarti ud musti overhaul ini pak 20jt lah........
lihat honda punya
intinya mereka yakin mobil mereka aman selama gak di modifikasi padahal ada faktor geber2x bikin mobil cepet rusakSyarat & Ketentuan
−
Konsumen yang dapat membeli Extended Warranty:
Sebelum melewati masa garansi standar yaitu 3 tahun atau 100.000 km (tidak ada toleransi).
Kondisi kendaraan dalam keadaan baik dan sesuai standar, tidak ada modifikasi dan penggunaan material yang tidakgenuine / tidak asli dari Honda (pengecekan diawal mungkin akan dibutuhkan untuk menentukan kondisi ini.
Rutin melakukan perawatan dari bengkel resmi Honda selama periode garansi standar dan selama periode dari program Extended Warranty Full coverage secara tepat waktu / sesuai jadwal.
Belum memiliki Extended Warranty Lite.
Ketentuan Extended Warranty Full coverage sesuai dengan ketentuan garansi standar dalam Buku Garansi dan Perawatan.
Wajib membawa sertifikat setiap kali melakukan perawatan berkala.
Program ini tidak dapat dipindahkan ke kendaraan lain.
Dengan melakukan pembelian Extended Warranty Full coverage, pelanggan akan mendapatkan manfaat tambahan yaitu potongan harga sebesar 2.5% untuk total biaya jasa & suku cadang pada saat melakukan perawatan berkala atau perbaikan umum di Dealer Honda selama masa garansi standar & masa perpanjangan garansi. Syarat & Ketentuan:
Potongan harga 2.5% berlaku sejak pelanggan membeli program Extended Warranty Full coverage sampai dengan masa berlaku Extended Warranty Full coverage berakhir.
Pelanggan wajib membawa & menunjukkan Extended Warranty Full coverage Certificate untuk mendapatkan manfaat potongan harga 2.5%.
Potongan harga 2.5% untuk perawatan berkala berlaku untuk seluruh biaya jasa & penggantian suku cadang kecuali bagi pelanggan yang berada dalam masa program Honda Extra Care – Paket Perawatan Berkala.
Potongan harga 2.5% untuk perbaikan umum berlaku untuk seluruh biaya jasa & penggantian suku cadang kecuali pengerjaan garansi & jenis pekerjaan body & paint. Perbaikan yang termasuk jenis pekerjaan body & paint adalah pekerjaan yang melibatkan proses las/ ketok, dempul, poles & pengecatan (pekerjaan bodi).
Potongan harga 2.5% berlaku di seluruh Dealer Resmi Honda di Indonesia.
Potongan harga 2.5% tidak dapat digabungkan dengan program potongan harga lainnya
gak ada tapi2x kalo rusak ya rusak berarti cacat karena gak tahan sampe km yang di tentukan
kayak saya dulu livina lagi masuk bengkel nissan tau2x di kasih tau ganti shock belakang ya soalnya ud rusak padahal menurut saya kmnya wajar2x aja shocknya jebol cuma di mereka itu masih masuk garansi jd di ganti gratis
Si chery sih liat pake kacamata netral aja, sampe ada yg claim dipersulit baru boleh pesimis sama tuh brand. Sblm ada laporan kaya gini kasih kesempatan lah berkembang tanpa harus mengeluarkan pendapat yg tendensius menjatuhkan ni brand. Biarin aja brand2 baru berkembang karena ga selamanya mobil itu oondah ma toyotah doang, kasi kesempatan aja bwat membuktikan apa mereka bisa kasih value lebih disini. Kalo emang nantinya claim rese kaya modelnya kemaren si ahem rangka patah masih ngeles aja baru dah tuh boleh pesimis warranty mereka banyak TnC yg ambigu n gawsa dibeli lg
Contoh aja tuh wolenk walaupun dihujat sana sini n banyak kekurangan, tp adanya mereka dikit banyak mempengaruhi brand2 mainstream jepang bwat kasih mbl yg specnya lebih lg.
Kalo pake kacamata kuda mulu brand2 mainstream selalu dipuja2 paling baik, ya jdnya tuh pabrikan makin ngasal aja kasih produk
Just my 2 cent
Neo imperialisme jepang masih berjalan mulus ommobilover wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 9:52Setuju om. Intinya biarkan brand baru berkembang dan membuktikan diri. Gak perlu dijudge rendah dibanding brand mainstream jepangan. Karena kalau terlalu membela brand mainstream, kompetisi gak berkembang dan market yg rugi. Biarkan mereka yg berdarah2 untuk gaet konsumen, lbh efisien, lbh berani kasih value for money, lbh rela potong margin cuan supaya harga lbh murah dibanding kompetitor. At the end, masyarakat yg untung dgn banyaknya merek yg bersaing di marketkendibocor wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 9:20Ah ngeclaim warranty di pabrikan H tegak jg banyak dramanya om. Malah dlu dramanya yg heboh beres super proaktifnya berlebihan sampe ganti mesin ga bilang2 owner, malah bikin curiga ada apa2 yg ga beresb0ku wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 7:13
hmm gw yakin itu warranty pasti ada TNCnya musti baca yang detail itu
Garansi Kendaraan
PT Chery Motor Indonesia berkomitmen seluruh pelanggan setia Chery Indonesia dengan memberikan garansi kendaraan selama 6 tahun/150.000 km apabila terdapat cacat material atau kesalahan dari hasil kerja pabrik.
Garansi Mesin
PT Chery Motor Indonesia memberikan garansi selama 10 tahun/1.000.000 km spesial untuk mesin Tiggo series dengan ketentuan mesin tersebut mengalami cacat material atau kesalahan dari hasil kerja pabrik.
Garansi Mesin
PT Chery Motor Indonesia memberikan garansi selama 10 tahun/1.000.000 km spesial untuk mesin Tiggo series dengan ketentuan mesin tersebut mengalami cacat material atau kesalahan dari hasil kerja pabrik.
judulnya loe musti sewa ilmuan ahli fisika buat claim ni garansi kalo mereka tinggal bantah itu rusak pemakaian pak.......... kmnya aja ud 200.000 berarti ud musti overhaul ini pak 20jt lah........
lihat honda punya
intinya mereka yakin mobil mereka aman selama gak di modifikasi padahal ada faktor geber2x bikin mobil cepet rusak
gak ada tapi2x kalo rusak ya rusak berarti cacat karena gak tahan sampe km yang di tentukan
kayak saya dulu livina lagi masuk bengkel nissan tau2x di kasih tau ganti shock belakang ya soalnya ud rusak padahal menurut saya kmnya wajar2x aja shocknya jebol cuma di mereka itu masih masuk garansi jd di ganti gratis
Si chery sih liat pake kacamata netral aja, sampe ada yg claim dipersulit baru boleh pesimis sama tuh brand. Sblm ada laporan kaya gini kasih kesempatan lah berkembang tanpa harus mengeluarkan pendapat yg tendensius menjatuhkan ni brand. Biarin aja brand2 baru berkembang karena ga selamanya mobil itu oondah ma toyotah doang, kasi kesempatan aja bwat membuktikan apa mereka bisa kasih value lebih disini. Kalo emang nantinya claim rese kaya modelnya kemaren si ahem rangka patah masih ngeles aja baru dah tuh boleh pesimis warranty mereka banyak TnC yg ambigu n gawsa dibeli lg
Contoh aja tuh wolenk walaupun dihujat sana sini n banyak kekurangan, tp adanya mereka dikit banyak mempengaruhi brand2 mainstream jepang bwat kasih mbl yg specnya lebih lg.
Kalo pake kacamata kuda mulu brand2 mainstream selalu dipuja2 paling baik, ya jdnya tuh pabrikan makin ngasal aja kasih produk
Just my 2 cent
gak ngomongin di lapangannya si om kalo urusan bengkel sama H tegak liat aja om postingan lama saya saya salah satu orang yang doyan ngehujat bengkel resminya H tegakkendibocor wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 9:20
Ah ngeclaim warranty di pabrikan H tegak jg banyak dramanya om. Malah dlu dramanya yg heboh beres super proaktifnya berlebihan sampe ganti mesin ga bilang2 owner, malah bikin curiga ada apa2 yg ga beres
Si chery sih liat pake kacamata netral aja, sampe ada yg claim dipersulit baru boleh pesimis sama tuh brand. Sblm ada laporan kaya gini kasih kesempatan lah berkembang tanpa harus mengeluarkan pendapat yg tendensius menjatuhkan ni brand. Biarin aja brand2 baru berkembang karena ga selamanya mobil itu oondah ma toyotah doang, kasi kesempatan aja bwat membuktikan apa mereka bisa kasih value lebih disini. Kalo emang nantinya claim rese kaya modelnya kemaren si ahem rangka patah masih ngeles aja baru dah tuh boleh pesimis warranty mereka banyak TnC yg ambigu n gawsa dibeli lg
Contoh aja tuh wolenk walaupun dihujat sana sini n banyak kekurangan, tp adanya mereka dikit banyak mempengaruhi brand2 mainstream jepang bwat kasih mbl yg specnya lebih lg.
Kalo pake kacamata kuda mulu brand2 mainstream selalu dipuja2 paling baik, ya jdnya tuh pabrikan makin ngasal aja kasih produk
Just my 2 cent
DAN wolenk pun garansinya sama gak ada omongin cacat pabrikGaransi Umum Kendaraan: 3 Tahun Atau 100,000 Km*
Wuling memberikan gratis biaya jasa servis berkala* sampai dengan 100,000 KM atau 3 tahun mana yang tercapai lebih dahulu.
Komponen Utama Mesin: 5 Tahun Atau 100,000 Km*
Meliputi front cylinder, cylinder head, crankshaft, connecting rod, valve guides, camsharts, engine cover, oil pump, timing sprocket, timing chain, timing belt, intake/exhaust manifold, pistons, oil pan shell,camshaft/crankshaft bearing caps, flywheel.
Free Jasa Servis Perawatan Berkala
Wuling memberikan gratis biaya jasa servis berkala* sampai dengan 50,000 KM atau 4 tahun mana yang tercapai lebih dahulu.
Ngomongin warranty d indo itu...kendibocor wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 9:20 Ah ngeclaim warranty di pabrikan H tegak jg banyak dramanya om. Malah dlu dramanya yg heboh beres super proaktifnya berlebihan sampe ganti mesin ga bilang2 owner, malah bikin curiga ada apa2 yg ga beres
Si chery sih liat pake kacamata netral aja, sampe ada yg claim dipersulit baru boleh pesimis sama tuh brand. Sblm ada laporan kaya gini kasih kesempatan lah berkembang tanpa harus mengeluarkan pendapat yg tendensius menjatuhkan ni brand. Biarin aja brand2 baru berkembang karena ga selamanya mobil itu oondah ma toyotah doang, kasi kesempatan aja bwat membuktikan apa mereka bisa kasih value lebih disini. Kalo emang nantinya claim rese kaya modelnya kemaren si ahem rangka patah masih ngeles aja baru dah tuh boleh pesimis warranty mereka banyak TnC yg ambigu n gawsa dibeli lg
Contoh aja tuh wolenk walaupun dihujat sana sini n banyak kekurangan, tp adanya mereka dikit banyak mempengaruhi brand2 mainstream jepang bwat kasih mbl yg specnya lebih lg.
Kalo pake kacamata kuda mulu brand2 mainstream selalu dipuja2 paling baik, ya jdnya tuh pabrikan makin ngasal aja kasih produk
Just my 2 cent
Kalo disana mah ga kenal copyright om, yg ada copy is right wkwkwkChZ wrote:Ngomongin warranty d indo itu...kendibocor wrote: ↑Wed Oct 04, 2023 9:20 Ah ngeclaim warranty di pabrikan H tegak jg banyak dramanya om. Malah dlu dramanya yg heboh beres super proaktifnya berlebihan sampe ganti mesin ga bilang2 owner, malah bikin curiga ada apa2 yg ga beres
Si chery sih liat pake kacamata netral aja, sampe ada yg claim dipersulit baru boleh pesimis sama tuh brand. Sblm ada laporan kaya gini kasih kesempatan lah berkembang tanpa harus mengeluarkan pendapat yg tendensius menjatuhkan ni brand. Biarin aja brand2 baru berkembang karena ga selamanya mobil itu oondah ma toyotah doang, kasi kesempatan aja bwat membuktikan apa mereka bisa kasih value lebih disini. Kalo emang nantinya claim rese kaya modelnya kemaren si ahem rangka patah masih ngeles aja baru dah tuh boleh pesimis warranty mereka banyak TnC yg ambigu n gawsa dibeli lg
Contoh aja tuh wolenk walaupun dihujat sana sini n banyak kekurangan, tp adanya mereka dikit banyak mempengaruhi brand2 mainstream jepang bwat kasih mbl yg specnya lebih lg.
Kalo pake kacamata kuda mulu brand2 mainstream selalu dipuja2 paling baik, ya jdnya tuh pabrikan makin ngasal aja kasih produk
Just my 2 cent
Culture customer service di sini masih tergantung kemurahan hati si pemegang merek, sama level tega tegaan gebrak meja SA.
Aneh gak, kadang nge claim warranty yang katanya gratis tapi bensin dan taxi kita bolak balik bengkel ga d cover ? pdhl ongkosnya mau sama kayak servis rutin 1x.
Ngomongin produk sbenernya emang hukum alam produk semakin ditekan harganya pasti kualitas caur mbah. Dan sayangnya industri china emang istilah dagangnya "ngerusak".
Say, jepangan itu mahal di quality controlnya ngerti sendiri budaya jepang kalo QC kek mana. Tp QC teliti itu mahal, dan kita liat sendiri gmn level QC mobil makin berantakan terutama di level 500jt ke bawah. Penyakit ini ngga cuma menjangkiti jepang, jerman jg sama. Mercy dan BMW desainnya makin jelek dan interior isinya plastik, pdhl tau sendiri mercy 80s itu alergi ma material plastik idealisme akhirnya kalah sama kompetisi.
Yang asem, china emang reverse engineering doang modalnya. Makanya bisa murah. Otaknya udah pake otak orang jepang dan jerman, dia tinggal niru. Dilindungin pemerintahnya pulak.
untuk urusan mobil listrik, sepertinya China udah lebih advance dari JpnChZ wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 2:40
harus diakui hebat sih, ga rela cuma jadi tukang jait. musti boleh ngintip daleman teknologinya kerjasama joint venture sama perusahaan lokal.
sementara market paling potensial ngga mungkin dilewatin. ya sekarang istilahnya mereka metik hasilnya.
skrg mau jepang mau jerman sbenernya "menyesuaikan" sana sini dengan standar nya china supaya kompetitif.
back to basic aja mereka : bisnis ya nyari untung. modal sekecil kecilnya, profit sebesar-besarnya. jpn amerika jerman yang ngerjain PR mereka tinggal nyontek
saking masifnya disrupsi bisnis china same dimana-mana musti nge regulasi tuh produk cina masuk ke pasar negara mereka. berlaku di semua lini kok gadget otomotif sampe yang baru-baru ini khan urusan toktokshop dan sayangnya ngga cuma indo yang gini. europ aja hrs regulasi EV EV china yang masuk.
urusan chip batre dll pasti china lebih gampang produksi masif. ditambah mobil aki kan ngga perlu level kepresisian engineering macem internal combustion yg banyak moving parts.AbdulHakim wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 3:22
untuk urusan mobil listrik, sepertinya China udah lebih advance dari Jpn
mobil BYD dibedah sama otomotif JPN untuk "melihat" teknologi battery dan charging processnya
CMIIW
Sama yang ini :
Memang ndak kompatibel. Mau nguber cycle time cepet tapi akurasi kelas mikron ya harus beli mesin2 kelas wahid yang run-out-nya cuma 1 mikron per 100.000 parts. Mesin segitu harganya ajaib, udah gitu pabrik yang bisa bikin ndak banyak, jumlahnya seiprit pulak...
+1Bibieight wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 7:28 Yang ini :Sama yang ini :Memang ndak kompatibel. Mau nguber cycle time cepet tapi akurasi kelas mikron ya harus beli mesin2 kelas wahid yang run-out-nya cuma 1 mikron per 100.000 parts. Mesin segitu harganya ajaib, udah gitu pabrik yang bisa bikin ndak banyak, jumlahnya seiprit pulak...
Makanya Jepang sama Jerman untuk urusan ICE hebat2 ya disitu, secara kultur memang biasa berurusan dengan barang njelimet, liat aja hasil kerja mereka diluar otomotif, macam lensa, kamera, alat2 ukur dll, presisi banget kan. Bayangin 1000 part yang saling terkait satu sama lain dan presisinya harus terkait juga, butuh puluhan tahun biar bisa sempurna kan. Penyebab mobcin berasa kayak ada off gitu kan ya gini, ada aja satu dua part yang ndak nyambung....
Kayak si Omoda ini, mau dry apa wet DCT kan tetep lebih njlimet mekanisnya dari CVT, yang VW/Audi aja enggak bisa langsung sekali tembak bikin DCT bener apalagi bikinan RRC....
Makanya saya heran, mobcin disini koq mau buang uang main dua kaki, ICE ya BEV iya, mau usaha gimanapun ndak bakal mereka menang sama Nippon di ICE, liat aja itu malaz sama defesek, bisa bikin irit = jepang aja sampe hari ini ndak nyampe... Benernya mumpung angin bagus harusnya langsung all out di BEV, dari pricing bisa main dumping di battery pack, iklan2/campaign2/medsos2 kontras-in ICE vs BEV, kasih trade-in battery pack tiap abis warranty dll....
makanya om ini kultur industrinya aja udah beda. yg ditonjolin sama japan engineering selalu level precisionnya yang tinggi. jerman selalu unggulin keberanian mereka ngulik teknologi baru. itali selalu form over function. kulturnya inline dengan natur internal combustion engine. inget toyota dulu tukang bikin mesin jahit. wkwkwkwk.Bibieight wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 7:28 Yang ini :Sama yang ini :Memang ndak kompatibel. Mau nguber cycle time cepet tapi akurasi kelas mikron ya harus beli mesin2 kelas wahid yang run-out-nya cuma 1 mikron per 100.000 parts. Mesin segitu harganya ajaib, udah gitu pabrik yang bisa bikin ndak banyak, jumlahnya seiprit pulak...
Makanya Jepang sama Jerman untuk urusan ICE hebat2 ya disitu, secara kultur memang biasa berurusan dengan barang njelimet, liat aja hasil kerja mereka diluar otomotif, macam lensa, kamera, alat2 ukur dll, presisi banget kan. Bayangin 1000 part yang saling terkait satu sama lain dan presisinya harus terkait juga, butuh puluhan tahun biar bisa sempurna kan. Penyebab mobcin berasa kayak ada off gitu kan ya gini, ada aja satu dua part yang ndak nyambung....
Kayak si Omoda ini, mau dry apa wet DCT kan tetep lebih njlimet mekanisnya dari CVT, yang VW/Audi aja enggak bisa langsung sekali tembak bikin DCT bener apalagi bikinan RRC....
Makanya saya heran, mobcin disini koq mau buang uang main dua kaki, ICE ya BEV iya, mau usaha gimanapun ndak bakal mereka menang sama Nippon di ICE, liat aja itu malaz sama defesek, bisa bikin irit = jepang aja sampe hari ini ndak nyampe... Benernya mumpung angin bagus harusnya langsung all out di BEV, dari pricing bisa main dumping di battery pack, iklan2/campaign2/medsos2 kontras-in ICE vs BEV, kasih trade-in battery pack tiap abis warranty dll....
justru itu makin membuktikan kalau level of precisionnya menurun. karena makin massal, harus cari cara gimana supaya produksi efisien.tapi ya betul namanya diproduksi diluar, presisinya beda.mobilover wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 8:27 QC tingkat dewa cuma berlaku utk barang CBU jepang ah mnrt saya. Barang CKD indo banyak masalah (ingat kasus innova reborn fortuner batch awal banyak cacat putunya, HRV kaki lemah dan sunroof bocor, dll). Barang CBU thailand agak mendingan tp tetap gak bisa nyamain level QC made in japan. Karyawan pabriknya memang beda mental kerjanya sih. Mental orang jepang dalam QC beda dgn orang asia tenggara yg cenderung gampangin.
Sy setuju sih chinese brand kudu fokus ke EV aja. Mesin bensin udah susah ngejar ketinggalan start dari established brand. Mereka seharusnya dr awal branding sebagai EV leader untuk bikin impresi kl mau EV yah pilih merek china gitu
QC bagus khusus barang cbu mbah, ckd jg busuk semuaChZ wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 7:55
maaf ngomong barang cungkwo seringkali konsumennya yang jadi guinea pig nya krn kultur industrinya memang gitu. kasarannya bodo amat, mau murah kok cari selamet. di sisi lain ya pasti invest supaya kualitas makin baik. kalau ada yang main modelkit, bakal kaget sekarang hampir ga bisa bedain bootleg sama ori band*i jepang, ketauannya kalo dirakit ya yang china punya musti dimodif dikit2 pake "kreativitas" krn ada kurang presisinya
Nah makanya ane ga bilang japanese rakitan indo specific. Jerman rakitan sini SKD juga byk bilang kacau paintwork finishingnya beda. Kalau udah ngomong tangan yang ngegarap ya susah lagi itu.kendibocor wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 8:44QC bagus khusus barang cbu mbah, ckd jg busuk semuaChZ wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 7:55
maaf ngomong barang cungkwo seringkali konsumennya yang jadi guinea pig nya krn kultur industrinya memang gitu. kasarannya bodo amat, mau murah kok cari selamet. di sisi lain ya pasti invest supaya kualitas makin baik. kalau ada yang main modelkit, bakal kaget sekarang hampir ga bisa bedain bootleg sama ori band*i jepang, ketauannya kalo dirakit ya yang china punya musti dimodif dikit2 pake "kreativitas" krn ada kurang presisinya
Kalo masyarakat jd guinea pig sih, disini pabrikan jepang jg sama aja. Contoh paling nyata ya si ahem kemaren
Susahnya regulator nurut sama konglomerasi n ga ada standar keselamatan, jdnya masyarakat "dikerjain" doang suruh beli barang gitu. Makin menjadi2 karena masyarakatnya jg pendidikan ga gitu tinggi jd merk masih jd patokan no 1.
Sama2 ga ada standar keselamatan yg jelas, bedanya di cungkuo pemerintah ga bisa dilawan. Terjadi pembiaran supaya industri cepat berkembang sekalian sambil trial n error supaya ga menghambat, lama2 kalo sudah makin matang mungkin akan keluar jg standar keselamatan yg ga kalah sama yurop. Kalo di wakanda, terjadi pembiaran bwat semata2 keuntungan aja. Kalo ada startup mo bikin mobil produk sendiri siap2 dihalangi kiri kanan
Bukannya gw memuja2 tiongkok (ga ada gunanya jg), tp yg selama ini terjadi mau produk tiongkok dibully kayak apapun jg tetep semua akan made in tiongkok pada waktunya
Ujung2nya terima nasib mbah jd masyarakat wakandah, kecuali kita golongan atas yg bisa beli mbl cbu ya terima aja dpt mbl overpriced n kualitas seadanya, soalnya ga ada pilihan. Emang settingnya produksi kendaraan di wakanda ya substandar dibanding di nippon or yuropnya sendiri. Toh masyarakatnya jg cuman butuh mbl gelinding dan yg penting merknya T n H. Margin perbedaan kualitas antara jepan-yurop sama cungkuo jg jadinya ga gitu jauh.ChZ wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 8:51Nah makanya ane ga bilang japanese rakitan indo specific. Jerman rakitan sini SKD juga byk bilang kacau paintwork finishingnya beda.kendibocor wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 8:44QC bagus khusus barang cbu mbah, ckd jg busuk semuaChZ wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 7:55
maaf ngomong barang cungkwo seringkali konsumennya yang jadi guinea pig nya krn kultur industrinya memang gitu. kasarannya bodo amat, mau murah kok cari selamet. di sisi lain ya pasti invest supaya kualitas makin baik. kalau ada yang main modelkit, bakal kaget sekarang hampir ga bisa bedain bootleg sama ori band*i jepang, ketauannya kalo dirakit ya yang china punya musti dimodif dikit2 pake "kreativitas" krn ada kurang presisinya
Kalo masyarakat jd guinea pig sih, disini pabrikan jepang jg sama aja. Contoh paling nyata ya si ahem kemaren
Susahnya regulator nurut sama konglomerasi n ga ada standar keselamatan, jdnya masyarakat "dikerjain" doang suruh beli barang gitu. Makin menjadi2 karena masyarakatnya jg pendidikan ga gitu tinggi jd merk masih jd patokan no 1.
Sama2 ga ada standar keselamatan yg jelas, bedanya di cungkuo pemerintah ga bisa dilawan. Terjadi pembiaran supaya industri cepat berkembang sekalian sambil trial n error supaya ga menghambat, lama2 kalo sudah makin matang mungkin akan keluar jg standar keselamatan yg ga kalah sama yurop. Kalo di wakanda, terjadi pembiaran bwat semata2 keuntungan aja. Kalo ada startup mo bikin mobil produk sendiri siap2 dihalangi kiri kanan
Bukannya gw memuja2 tiongkok (ga ada gunanya jg), tp yg selama ini terjadi mau produk tiongkok dibully kayak apapun jg tetep semua akan made in tiongkok pada waktunya
Endingnya kan ane juga kasih disclaimer jepangan musti "menyesuaikan" macem cutting cost sana sini utk produk lower end.
Dan ujungnya kalau beli jepangan hasil cutting cost akhirnya buat apa beli jepangan kan krn kita appreciate produk jepang kan kepresisian engineeringnya
Itulah, yang pasarnya dirusak cungkwo ga cuma otomotif koq. Segala lini dirusak. Gadget terutama balas dendam mereka ogah terus2an jadi tukang jait krn kulinya murah dan mau kerja nonstopkendibocor wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 8:59
Ujung2nya terima nasib mbah jd masyarakat wakandah, kecuali kita golongan atas yg bisa beli mbl cbu ya terima aja dpt mbl overpriced n kualitas seadanya, soalnya ga ada pilihan. Emang settingnya produksi kendaraan di wakanda ya substandar dibanding di nippon or yuropnya sendiri. Toh masyarakatnya jg cuman butuh mbl gelinding dan yg penting merknya T n H. Margin perbedaan kualitas antara jepan-yurop sama cungkuo jg jadinya ga gitu jauh.
Balik lg ke omoda, nih mbl kalo cuman liat sekilas interior exterior, kalah loh haerpi segala. Tp memang durability, mekanikal, dll yg dibalik kulitnya ini yg butuh pembuktian. Pembuktian baru bisa didapet ya dengan berjalannya waktu. Kalo ternyata 5-10thn lg nih mbl tetep relatif no problem sih jatoh2nya sangat value for money sih.
Nah itu oom, kagak tertarik sama Omoda ICE, DCT, cungkuo pula, penasaran ama EV-nya malah. Interior, trim kayak gitu kalo pake EV kan ndak mikir DCT ambrol lah, setting mesin gak nyambung sama transmisinya lah. Tinggal liat, setting EV-nya bisa mirip2 Ioniq enggak, kalo disini kan golden standarnya buat EV yang umum masih Ioniq mestinya…. Kira2 yang EV bisa gak ya kena 500an setelah subsidikendibocor wrote: ↑Thu Oct 05, 2023 8:59 Balik lg ke omoda, nih mbl kalo cuman liat sekilas interior exterior, kalah loh haerpi segala. Tp memang durability, mekanikal, dll yg dibalik kulitnya ini yg butuh pembuktian. Pembuktian baru bisa didapet ya dengan berjalannya waktu. Kalo ternyata 5-10thn lg nih mbl tetep relatif no problem sih jatoh2nya sangat value for money sih.