Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

monzastradale
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Aug 25, 2023 9:18
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Vario

Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Post by monzastradale »

Misi agan agan dan suhu-suhu ane pengen berbagi cerita nih setelah ane selalu jadi silent reader di forum ini soal motor kesayangan ane, si Vira (si Vira nih jenisnya Honda Vario 110 gan :big_peace: )

Image
Kenalin, ini Vira

Kemaren kan ane udah saatnya ganti oli si Vira, biasanya ane males banget ngulik oli motor, tapi mendadak ane terpaksa harus ngulik soalnya bengkel langganan ane lagi tutup pulang kampung yang punyaπŸ˜… jadinya mau ga mau cari bengkel lain. Cuma pas di bengkel lain pas ditanya mo pake apa, ane bingung soalnya kaga tau oli yg enak kan. Jadinya ane tanya dulu rekomendasi dr abangnya aja. Abis ngobrol sama abangnya, doi bilang suruh pake oli AHM alias oli ATPM bawaan Honda. Sempet tanya2 ke mekaniknya ini oli rekomen ga, doi bilang sih pelanggan dia yang make puas2 aja, ni oli katanya jarang nguap dan mesin motor jadi ngacir...

Akhirnya setelah banyak pertimbangan dan banyak nanya, akhirnya pilihan jatuh ke oli AHM MPX2 :big_deal:
Image
Sumber foto dari websitenya langsung Oli AHM MPX 2, ane lupa foto pas di bengkel wkwkwk

Ane yang awalnya skeptis sama oli bawaan pabrik ternyata tidak seburuk itu ferguso....Ternyata ni oli ahm performanya enak juga khususnya di putaran bawah, yang awalnya ngeden sekarang jadi langsung loss :big_exellent: karena putaran bawah lebih enak otomatis bensin jadi lebih irit karena gaperlu ngegas dalem :big_love: jujur ane gaada ekspektasi apa2 sama ni oli, eh ternyata di luar ekspetasi performanya di jalan. Sebenernya ane juga milih oli ini karna harganya bersaing juga sih gan, terutama buat ane yang dompetnya terbatas :big_blushing:

Berawal dari coba2, ane dan vira jadi seneng! Jadi kalo agan2 atau sista2 pada lagi bingung juga kayak ane mau pake oli apa buat motor matic, oli AHM MPX 2 ini bisa jadi pertimbangan sih. Oiya tapi harus hati2 juga ya gan jgn sampe dapet oli palsu, pokoknya scan barcode dulu deh di bengkel manapun biar ga apes dapet oli palsu :big_dunno:

Gitu aja sih sharing ane pake oli ahm, btw ane bukan sales ahm ya jadi tolong jangan dibully :big_childish: semoga cerita ane bermanfaat. kalo di sini ada yang punya pengalaman yang sama gak nih gan pernah pake oli ahm? yuk kita ngobrol dan sharing bareng di sini hehe :big_peace:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Post by zonepublic »

Enak karena masih baru olinya dan filter udara abis dibersihin,kalo udah beberapa ribu km ya kerasa tuh perubahannya
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Post by MSU »

yang pasti mesti asli..krn makin laris oli makin banyak palsunya
udah gitu yang disalahin tar makernya dah
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Post by ilhami »

kalau saya karena motor cuma untuk antar jemput, pakai MPX atau oli pabrikan.
merek lain yang saya percara minimal pertamina dan shell
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Post by Poporing »

kalo oli baru emang enak om...
btw, itu MPX cepet kerasa ga enaknya. pemakaiannya cuma buat 2k kalo ga salah
jadinya sy selalu pake SPX kalo misalnya itu bengkel ada... kalo SPX bisa ampe 4k, tp sy tetep ganti di 2k-2.5k
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1403
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Post by AbdulHakim »

Poporing wrote: ↑Fri Oct 20, 2023 2:36 kalo oli baru emang enak om...
btw, itu MPX cepet kerasa ga enaknya. pemakaiannya cuma buat 2k kalo ga salah
jadinya sy selalu pake SPX kalo misalnya itu bengkel ada... kalo SPX bisa ampe 4k, tp sy tetep ganti di 2k-2.5k
sama om, saya kalo kepepet ganti oli vario, pasti ganti oli SPX-2 di ahass.
tapi skrg dah nyetok repsol platinum, jadi ampe bbrp kali jadwal oci ke depan masih aman.
monzastradale
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Aug 25, 2023 9:18
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Vario

Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Post by monzastradale »

zonepublic wrote: ↑Thu Oct 19, 2023 16:58 Enak karena masih baru olinya dan filter udara abis dibersihin,kalo udah beberapa ribu km ya kerasa tuh perubahannya
tapi ini first impression-nya udh positif om, kan ada tuh oli yg bahkan first impression-nya aja udh gaenak :big_think:
MSU wrote: ↑Thu Oct 19, 2023 23:50 yang pasti mesti asli..krn makin laris oli makin banyak palsunya
udah gitu yang disalahin tar makernya dah
betul bgt om, apalagi skrng makin marak2nya oli palsu dgn kemasan yg sama persis. harus lebih teliti lagi biar ga apes di mesin motor dan kantong hehe
ilhami wrote: ↑Fri Oct 20, 2023 2:10 kalau saya karena motor cuma untuk antar jemput, pakai MPX atau oli pabrikan.
merek lain yang saya percara minimal pertamina dan shell
apapun olinya yang penting rutin ganti oli dan jangan sampe dapet oli palsu :big_exellent:
Poporing wrote: ↑Fri Oct 20, 2023 2:36 kalo oli baru emang enak om...
btw, itu MPX cepet kerasa ga enaknya. pemakaiannya cuma buat 2k kalo ga salah
jadinya sy selalu pake SPX kalo misalnya itu bengkel ada... kalo SPX bisa ampe 4k, tp sy tetep ganti di 2k-2.5k
sy sih selalu ganti oli tiap 2.000-2.500km atau 3 bulan om, krn sy prinsipnya mending pake oli biasa aja engga mahal tapi rajin ganti oli hehehe. kalo spx itu kan dia full sintesis kan yah om jd wajar seharusnya bisa lebih lama pakenya :big_okay:
AbdulHakim wrote: ↑Fri Oct 20, 2023 10:07
Poporing wrote: ↑Fri Oct 20, 2023 2:36 kalo oli baru emang enak om...
btw, itu MPX cepet kerasa ga enaknya. pemakaiannya cuma buat 2k kalo ga salah
jadinya sy selalu pake SPX kalo misalnya itu bengkel ada... kalo SPX bisa ampe 4k, tp sy tetep ganti di 2k-2.5k
sama om, saya kalo kepepet ganti oli vario, pasti ganti oli SPX-2 di ahass.
tapi skrg dah nyetok repsol platinum, jadi ampe bbrp kali jadwal oci ke depan masih aman.
mantap om yg penting jangan telat ganti oli, pake oli sesuai spek motor dan jgn sampe kena oli palsu :big_deal:
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Post by fl4b1e »

saya juga kemarin demi ngejar uji emisi motor di planet ban kepaksa servuis. 140ribuan dapet ganti oli xten, oli gardan, servis cvt sama Throttle body. hasilnya lumayan kok. tarikan lumayan enteng. hitung-hitung kalau 3 bulan sekali sih lumayan juga yaa... Dan sebenernya rada deg2an juga pakai oli ga dikenal kayak xten ini.

sebelumnya saya suka gantian servis di yamaha, sama hanya ganti oli di shell tuk yamaha lexi saya.
monzastradale
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Aug 25, 2023 9:18
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Vario

Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Post by monzastradale »

fl4b1e wrote: ↑Sat Oct 21, 2023 11:06 saya juga kemarin demi ngejar uji emisi motor di planet ban kepaksa servuis. 140ribuan dapet ganti oli xten, oli gardan, servis cvt sama Throttle body. hasilnya lumayan kok. tarikan lumayan enteng. hitung-hitung kalau 3 bulan sekali sih lumayan juga yaa... Dan sebenernya rada deg2an juga pakai oli ga dikenal kayak xten ini.

sebelumnya saya suka gantian servis di yamaha, sama hanya ganti oli di shell tuk yamaha lexi saya.
Yupp om intinya oli apapun yang penting sesuaikan dengan kebutuhan kita, budget kita berapa, rutin ganti oli, dan jangan sampe dapet oli palsu. Mau oli atpm, oli merk a yang terkenal, oli merk b yang baru itu yang penting dilihat juga sertifikat API-nya, Insyaallah udah aman om :big_okay:
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Post by fl4b1e »

monzastradale wrote:
fl4b1e wrote: ↑Sat Oct 21, 2023 11:06 saya juga kemarin demi ngejar uji emisi motor di planet ban kepaksa servuis. 140ribuan dapet ganti oli xten, oli gardan, servis cvt sama Throttle body. hasilnya lumayan kok. tarikan lumayan enteng. hitung-hitung kalau 3 bulan sekali sih lumayan juga yaa... Dan sebenernya rada deg2an juga pakai oli ga dikenal kayak xten ini.

sebelumnya saya suka gantian servis di yamaha, sama hanya ganti oli di shell tuk yamaha lexi saya.
Yupp om intinya oli apapun yang penting sesuaikan dengan kebutuhan kita, budget kita berapa, rutin ganti oli, dan jangan sampe dapet oli palsu. Mau oli atpm, oli merk a yang terkenal, oli merk b yang baru itu yang penting dilihat juga sertifikat API-nya, Insyaallah udah aman om :big_okay:
Yupp.. setuju Mbah.
Soedirman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Nov 28, 2023 7:15

Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Post by Soedirman »

Mantaaap reviewnya om...
RBCrew
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Feb 01, 2024 10:37
Location: yogya
Daily Vehicle: Suzuki Bandit 150

Re: Nyobain Oli ATPM, eh Ternyata...

Post by RBCrew »

Ane ada bbrp motor yg pernah bbrp kali pake oki Atpm.
Pertama Suprek Geter punya anak ane. Awal2 pakainya, pakai Spx untuk motor bergigi.
Awalnya doang enak cuman sampe 200-an km.
Abis itu yaa gitu deh, motor cepet panas sehingga tenaga ngempos, mesin bunyi klutuk klutuk, dan ga enak banget buat ditarik tarik.
Trus sempet juga bbrp kali cobain oli, dari LM, Ams. LM enak tapi lumayan mehong. Ams mahal, enaknya cuman di 1000km pertama tapi abis itu turun drastis performnya.

Akhirnya nyobain Ecstar R9000, kok ternyata enak dipakenya. Mesin engga klutuk klutuk lagi khasnya mesin K56, suhu ngga cepet panas. Malahan kemaren sempet kelupaan ganti oli, sejak agustus 2023-Januari 2024 belum ganti oli itu Ecstar. Ada kalik 5000 km karena agustus sampe oktober kmrn dia periode KKN.

Saat drained, volumenya udah berkurang dikit, tapi anak ane ga ngerasain bedanya. Masih juga betot betot gas.

Ini juga saya alamin di Bandit 150 saya. Awal2 punya, diisiin ecstar R7000. Trus servis berikutnya saya coba pakai LM, ternyata kok pindah persneleng nya ngga se smooth kalo pake ecstar. Nariknya juga malah tidak sengacir pake ectar.
Akhirnya saya balik lagi ke ecstar tapi upgrade ke R9000. Busedd.. larinya ngacirr, pindah persneleng juga uenteng banget. Perform baru mulai terasa turun saat 1800-2000km dipakai.

Estimasi saya R9000 ini bisa dipaksa sampai 3000km, karena pernah sampai 2700 km belum saya ganti ganti karena tanggung masih dipakai touring.

Disclaimer, Suprek Geter 2017 dibeli seken di KM on going 20ribuan km.. Untuk bandot 2018 juga beli seken di KM 10ribuan km.
Last edited by RBCrew on Mon Feb 12, 2024 0:30, edited 1 time in total.