Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Harchi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 760
Joined: Sat Dec 08, 2012 10:14

Re: Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Post by Harchi »

Panther touring 2001 atau kuda grandia diesel dpt kyknya. Nyaman iya, irit sih biasa aja, tapi bisa bio solar subsidi. Toyota ist jg cukup nyaman sih buat mobil kelas2 hatchback begitu
If you can't stop thinking about it...buy it!!!
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Fri Oct 27, 2023 13:21 Menarik banget bahas ttg F/C mobil CC kecil VS CC gede ...

Secara mekanikal begini : combustion chamber besar, berarti piston jg besar. Piston besar otomatis ukuran valve jg ikutan besar. Valve-in normalnya 45-55% dari diameter piston, valve-out sekitar 85% dari valve-in.

Dlm sirklus 4 langkah, valve in kan fungsinya memasukan campuran udara & bahan bakar ke ruang bakar. Di sini berarti semakin besar udara otomatis fuel injector menyemprotkan bahan bakar lebih banyak. Kalau combustion chamber besar, valve in besar, tapi lebih dikit/irit campuran udara + bahan bakar itu hitungannya dari mana ? :mky_07:
ujungnya kalo udah real world kembali ke
- bobot mobil
- jenis mobil (SUV pasti makan bensin lebih gede)
- jenis transmisi dan setelan seperti software tuning dan gear ratio.

tapi kalau udah ngomong kondisi traffic daily macet-macetan dalam kota (biasanya) cc sangat ngaruh. :mky_03: kecuali yang cc besar punya kemampuan matiin silinder, kompresi tinggi, idling stop, atau teknologi yang bisa kecilin bukaan valve atau teknologi aneh lainnya.

gampangnya, yang uda pernah pake CRV 2400cc pindah ke CRV 1500cc turbo kek ane sih berasa banget kalo macet macetan tuh CRV 2.4 kons nya bisa fantastis jadi 1:4-5 kalo macet parah :mky_03:

ane di kampung jarang macet, CRV 2400cc kaki sopan aja 1:7 kalo kalap dikit jadi 1:6, 1500cc turbo bejek2 masih dapet 1:9-10.

gap antara fuel cons dalam kota / luar kota cc gede tuh gila. luar kota mungkin 1:10 lebih karena gimana2 torsi lebih besar jd rpm lebih anteng kalo ngetoll, dalem kota bisa 1:5 :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AdrBee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu May 25, 2023 8:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015

Re: Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Post by AdrBee »

ChZ wrote: Sat Oct 28, 2023 3:14 ujungnya kalo udah real world kembali ke
- bobot mobil
- jenis mobil (SUV pasti makan bensin lebih gede)
- jenis transmisi dan setelan seperti software tuning dan gear ratio.

tapi kalau udah ngomong kondisi traffic daily macet-macetan dalam kota (biasanya) cc sangat ngaruh. :mky_03: kecuali yang cc besar punya kemampuan matiin silinder, kompresi tinggi, idling stop, atau teknologi yang bisa kecilin bukaan valve atau teknologi aneh lainnya.

gampangnya, yang uda pernah pake CRV 2400cc pindah ke CRV 1500cc turbo kek ane sih berasa banget kalo macet macetan tuh CRV 2.4 kons nya bisa fantastis jadi 1:4-5 kalo macet parah :mky_03:

ane di kampung jarang macet, CRV 2400cc kaki sopan aja 1:7 kalo kalap dikit jadi 1:6, 1500cc turbo bejek2 masih dapet 1:9-10.

gap antara fuel cons dalam kota / luar kota cc gede tuh gila. luar kota mungkin 1:10 lebih karena gimana2 torsi lebih besar jd rpm lebih anteng kalo ngetoll, dalem kota bisa 1:5 :mky_07:
Ikut nimbrung karena kebetulan daily driver saya lg dibahas.

Itu CR-V 2.4 gen berapa ya dan diisi BBMnya apa ya, atau mungkin kurang sehatkah?
Soalnya saya pake CR-V RE 2.4 belum pernah sampe dapet 1: 5-7an. Mentok-mentok 1:7,5 itupun karena bbrp kali jadi genset pas nunggu istri balik, normalnya 1:8,5-9,2 kpl.
Rute saya setiap hari PP Cibubur-Kuningan (kantor istri)-Sudirman, pasti taulah jam pergi dan pulang kerja kayak gimana.
Kalo compare ke Altis memang beda jauh, bahkan Altis ini lebih irit ketimbang Yaris Bakpao temen ane.
Altis rute yang sama persis bisa dapet 1:12-13,5 kpl.

Dan kedua mobil ini setiap isi bensin saya hitung pake metode full to full, ada deviasi sekitar 0,2-0,5 kpl untuk kedua mobil itu.

Untuk gaya nyetir natural sesuai kondisi jalan, kombinasi gaspol dan nyantai kalo lg macet.

Image
f078cacc-e4cb-4697-93ac-ae2acd37ae9b.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Post by ChZ »

AdrBee wrote: Sat Oct 28, 2023 4:26 Ikut nimbrung karena kebetulan daily driver saya lg dibahas.

Itu CR-V 2.4 gen berapa ya dan diisi BBMnya apa ya, atau mungkin kurang sehatkah?
Soalnya saya pake CR-V RE 2.4 belum pernah sampe dapet 1: 5-7an. Mentok-mentok 1:7,5 itupun karena bbrp kali jadi genset pas nunggu istri balik, normalnya 1:8,5-9,2 kpl.
Rute saya setiap hari PP Cibubur-Kuningan (kantor istri)-Sudirman, pasti taulah jam pergi dan pulang kerja kayak gimana.
Kalo compare ke Altis memang beda jauh, bahkan Altis ini lebih irit ketimbang Yaris Bakpao temen ane.
Altis rute yang sama persis bisa dapet 1:12-13,5 kpl.

Dan kedua mobil ini setiap isi bensin saya hitung pake metode full to full, ada deviasi sekitar 0,2-0,5 kpl untuk kedua mobil itu.

Untuk gaya nyetir natural sesuai kondisi jalan, kombinasi gaspol dan nyantai kalo lg macet.

Image
f078cacc-e4cb-4697-93ac-ae2acd37ae9b.jpeg
pake gen 3-4-5. 2400cc dan 1500cc. dulu gen 3-4 pake premium/pertalite. skrg 1500 ya pake pertabo :mky_03:

gen 3 6.5. 7.5 rekor paling irit sih udah pake pertamax segala. tapi terakhir waktu punya di servis dan di stel klep segala kebetulan mekanik honda ane boleh dibilang orangnya detail sekali tiap tune up stel klep selalu wajib.
gen 4 irit dikit 7.5, 8 ya pernah.
gen 5 paling boros 8.7 waktu breakin. normal ya 9.5 - 10. skrg sering pake luar kota averaging 1:12 bejek mulu.

di kota ane seringnya jarak pendek emang lebih boros. ngga bisa dibandingin rute dan kota juga beda. tapi kalo 8.5 vs 12 kpl sih itu wajar selisih segitu utk 1800cc vs 2400cc.

ya ngga apple to apple juga teknologi udah beda CVT vs AT biasa tp buat gambaran aja kalo sering macet cc besar lebih gila minumnya. kalo jarak panjang mirip2.

terus yang asem lagi kadang mesin2 honda itu setelan klep pabriknya ngga sama. dan ini kayaknya ngaruh sekali soalnya CRV 2.4 gen 4 juga ngga dikit yang cuma dapet 1:6.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AdrBee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu May 25, 2023 8:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015

Re: Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Post by AdrBee »

ChZ wrote: Sat Oct 28, 2023 4:32 pake gen 3-4-5. 2400cc dan 1500cc. dulu gen 3-4 pake premium/pertalite. skrg 1500 ya pake pertabo :mky_03:

gen 3 6.5. 7.5 rekor paling irit sih udah pake pertamax segala. tapi terakhir waktu punya di servis dan di stel klep segala kebetulan mekanik honda ane boleh dibilang orangnya detail sekali tiap tune up stel klep selalu wajib.
gen 4 irit dikit 7.5, 8 ya pernah.
gen 5 paling boros 8.7 waktu breakin. normal ya 9.5 - 10. skrg sering pake luar kota averaging 1:12 bejek mulu.

di kota ane seringnya jarak pendek emang lebih boros. ngga bisa dibandingin rute dan kota juga beda. tapi kalo 8.5 vs 12 kpl sih itu wajar selisih segitu utk 1800cc vs 2400cc.

ya ngga apple to apple juga teknologi udah beda CVT vs AT biasa tp buat gambaran aja kalo sering macet cc besar lebih gila minumnya. kalo jarak panjang mirip2.

terus yang asem lagi kadang mesin2 honda itu setelan klep pabriknya ngga sama. dan ini kayaknya ngaruh sekali soalnya CRV 2.4 gen 4 juga ngga dikit yang cuma dapet 1:6.
Pengaruh BBM kayaknya jadi fuel consnya drop, saya selama ini isi RON92, soalnya mesin CR-V ini sekalinya keisi Pertalite atau sejenisnya rasanya kayak berat/malas untuk gerak.
Dan dibengkel langganan juga diinfo CR-V ini setelan klepnya harus pas, busi dan filter udara juga jangan sampe kotor.

Mungkin tipikal kota Om kayak Bandung kali ya, yang kalo weekend macetnya ga ngotak dan banyak nanjak-nanjak, kalo iya sih wajar ya, Altis juga kalo dalkot Bandung lebih parah dari Jakarta.

Memang ga on par antara Altis dan CRV om, segi cc dan transmisi, cuma memang Altis ini untuk 1800 sih kelewat irit ya. Pernah bawa mobil 1500 lainnya kayak Yaris Bakpao, Livina L11 CVT, Sienta, bahkan sewa Xpander CVT di Bali kok rasanya irit Altis ya.

Apa CVT sepengaruh itu misalnya dibanding 1800cc nya Civic FD dan FB (karena sampe sekarang belum pernah bawa 2 mobil itu) yang masih pake AT konvensional.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Post by ChZ »

AdrBee wrote: Sat Oct 28, 2023 5:02 Pengaruh BBM kayaknya jadi fuel consnya drop, saya selama ini isi RON92, soalnya mesin CR-V ini sekalinya keisi Pertalite atau sejenisnya rasanya kayak berat/malas untuk gerak.
Dan dibengkel langganan juga diinfo CR-V ini setelan klepnya harus pas, busi dan filter udara juga jangan sampe kotor.

Mungkin tipikal kota Om kayak Bandung kali ya, yang kalo weekend macetnya ga ngotak dan banyak nanjak-nanjak, kalo iya sih wajar ya, Altis juga kalo dalkot Bandung lebih parah dari Jakarta.

Memang ga on par antara Altis dan CRV om, segi cc dan transmisi, cuma memang Altis ini untuk 1800 sih kelewat irit ya. Pernah bawa mobil 1500 lainnya kayak Yaris Bakpao, Livina L11 CVT, Sienta, bahkan sewa Xpander CVT di Bali kok rasanya irit Altis ya.

Apa CVT sepengaruh itu misalnya dibanding 1800cc nya Civic FD dan FB (karena sampe sekarang belum pernah bawa 2 mobil itu) yang masih pake AT konvensional.
semarang om saya. betul mirip2 bandung suka macet dan banyak nanjak2. dulu si pake premium larinya enak banget. CRV gen 4 saya kena pertalite awal2 juga masih enak. kayaknya pertalite belakangan aja yang rada busuk.

CRV turbo banyak keluhan juga bensin cuma 1:8. pengaruh setelan klep si. saya abis setel klep juga agak improve tapi dari segi tenaga. uda remap berasa lebih alus keluaran tenaganya jd konsumsi kebantu dikit.

imo pengalaman pake civic 1.8 R18 FB juga 1:10 di surabaya. ngga beda jauh dengan jazz yang 1500cc malah banyak keluhan boros cuma dapet 1:9. kayaknya selain pengaruh transmisi dan desain mesin (civic R18 juga desain mesinnya unik jadi bisa irit) juga power to weight biasa lebih dapet di mesin 1.8 + body sedan jadi aerodinamis.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AdrBee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu May 25, 2023 8:01
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CRV 2010 dan Altis 2015

Re: Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Post by AdrBee »

ChZ wrote: Sat Oct 28, 2023 5:11 semarang om saya. betul mirip2 bandung suka macet dan banyak nanjak2. dulu si pake premium larinya enak banget. CRV gen 4 saya kena pertalite awal2 juga masih enak. kayaknya pertalite belakangan aja yang rada busuk.

CRV turbo banyak keluhan juga bensin cuma 1:8. pengaruh setelan klep si. saya abis setel klep juga agak improve tapi dari segi tenaga. uda remap berasa lebih alus keluaran tenaganya jd konsumsi kebantu dikit.

imo pengalaman pake civic 1.8 R18 FB juga 1:10 di surabaya. ngga beda jauh dengan jazz yang 1500cc malah banyak keluhan boros cuma dapet 1:9. kayaknya selain pengaruh transmisi dan desain mesin (civic R18 juga desain mesinnya unik jadi bisa irit) juga power to weight biasa lebih dapet di mesin 1.8 + body sedan jadi aerodinamis.
Berarti valid Om, persentase berhenti dan merayapnya lebih banyak ketimbang jalan. Semarang apalagi sejak ada tol udah jadi pintu masuk utama buat ke kota-kota lainnya.

Saya dapet konsumsi segitu karena ikutin saran-saran suhu dan member sini juga, pake oli yang agak encer 5W-30, lumayan membantu selain servis rutin dsb.

Yang saya notice dari mobil-mobil 1500 CVT skrng utk pickup diawal dia agak berat ya dan ketika cruising 100 kmh di harus tetep injek gas agak lumayan supaya stabil, kalo yg CVT Altis ini kan cruising 100kmh dia gaperlu injek gas dalam dan RPM juga di 1700an, lebih rendah 200-300 RPM dibanding mobil yang saya sebut tadi. Yang ajaib ini CRV kalo cruising 120kmh lebih irit dari cruising 90-100kmh (dikecepatan ini di suka pindah ke gigi 4-5 4-5 matiknya)

Lumayan juga Civic FB untuk AT konven bisa dapet segitu, pantes banyak jadi mobil dinas instansi-instansi.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Sat Oct 28, 2023 3:14
Or4cle wrote: Fri Oct 27, 2023 13:21 Menarik banget bahas ttg F/C mobil CC kecil VS CC gede ...

Secara mekanikal begini : combustion chamber besar, berarti piston jg besar. Piston besar otomatis ukuran valve jg ikutan besar. Valve-in normalnya 45-55% dari diameter piston, valve-out sekitar 85% dari valve-in.

Dlm sirklus 4 langkah, valve in kan fungsinya memasukan campuran udara & bahan bakar ke ruang bakar. Di sini berarti semakin besar udara otomatis fuel injector menyemprotkan bahan bakar lebih banyak. Kalau combustion chamber besar, valve in besar, tapi lebih dikit/irit campuran udara + bahan bakar itu hitungannya dari mana ? :mky_07:
ujungnya kalo udah real world kembali ke
- bobot mobil
- jenis mobil (SUV pasti makan bensin lebih gede)
- jenis transmisi dan setelan seperti software tuning dan gear ratio.

tapi kalau udah ngomong kondisi traffic daily macet-macetan dalam kota (biasanya) cc sangat ngaruh. :mky_03: kecuali yang cc besar punya kemampuan matiin silinder, kompresi tinggi, idling stop, atau teknologi yang bisa kecilin bukaan valve atau teknologi aneh lainnya.

gampangnya, yang uda pernah pake CRV 2400cc pindah ke CRV 1500cc turbo kek ane sih berasa banget kalo macet macetan tuh CRV 2.4 kons nya bisa fantastis jadi 1:4-5 kalo macet parah :mky_03:

ane di kampung jarang macet, CRV 2400cc kaki sopan aja 1:7 kalo kalap dikit jadi 1:6, 1500cc turbo bejek2 masih dapet 1:9-10.

gap antara fuel cons dalam kota / luar kota cc gede tuh gila. luar kota mungkin 1:10 lebih karena gimana2 torsi lebih besar jd rpm lebih anteng kalo ngetoll, dalem kota bisa 1:5 :mky_07:
Nahh, ini faktor lain selain di ruang bakar & valve. Omongin traffic daily dlm kondisi macet, stop & go engine otomatis "kerja berat" menjalankan mobil dari posisi diam hingga bergerak maju. Ditambah berat kosong mobil cc kecil VS cc besar bedanya kurang lebih 400 Kgs (belum ditambah orang). Bisa dibayangin berapa byk F/C yg dikeluarkan kalo macetnya panjang buat mobil lebih dr 2400 cc (N/A). Teknologi VCM di Honda sedikit membantu, tapi ribet & ongkos perbaikannya mahal kalo bermasalah. Kompresi tinggi di Mazda butuh BBM bagus, minimal pertamax. Teknologi VTEC pun kalo di rpm tinggi VTEC bekerja otomatif mengaktifkan profile cam agresif, ujung2nya ya boros bbm. In fact, Honda aja sdh meninggalkan teknologi VTEC di Honda Pilot V6, alasannya gak jauh dari emisi & regulasi go green :big_bored: jadi solusi mau hemat carilah mobil cc kecil lebih kecil (+ forced induction)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Sat Oct 28, 2023 5:30
Nahh, ini faktor lain selain di ruang bakar & valve. Omongin traffic daily dlm kondisi macet, stop & go engine otomatis "kerja berat" menjalankan mobil dari posisi diam hingga bergerak maju. Ditambah berat kosong mobil cc kecil VS cc besar bedanya kurang lebih 400 Kgs (belum ditambah orang). Bisa dibayangin berapa byk F/C yg dikeluarkan kalo macetnya panjang buat mobil lebih dr 2400 cc (N/A). Teknologi VCM di Honda sedikit membantu, tapi ribet & ongkos perbaikannya mahal kalo bermasalah. Kompresi tinggi di Mazda butuh BBM bagus, minimal pertamax. Teknologi VTEC pun kalo di rpm tinggi VTEC bekerja otomatif mengaktifkan profile cam agresif, ujung2nya ya boros bbm. In fact, Honda aja sdh meninggalkan teknologi VTEC di Honda Pilot V6, alasannya gak jauh dari emisi & regulasi go green :big_bored: jadi solusi mau hemat carilah mobil cc kecil lebih kecil (+ forced induction)
..... atau hybrid dengan konsekuensi ganti batre di belakang yang jauh lebih mahal daripada biaya bbm selama 5 taun dan kapasitas batre yang pasti akan terus menurun :ungg:

makanya i call nonsense mau irit beli hybrid karena seiring pemakaian kapasitas batre itu terus turun dan konsumsi bbmnya nggak akan se fantastis barunya. blom lagi body mobilnya sebagong innova mau seberapa sering tuh batre imut di zenix charge cyclenya :big_bored:

principlesnya tetep body makin ringan = nggak butuh cc besar = irit.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Post by ChZ »

AdrBee wrote: Sat Oct 28, 2023 5:28
Berarti valid Om, persentase berhenti dan merayapnya lebih banyak ketimbang jalan. Semarang apalagi sejak ada tol udah jadi pintu masuk utama buat ke kota-kota lainnya.

Saya dapet konsumsi segitu karena ikutin saran-saran suhu dan member sini juga, pake oli yang agak encer 5W-30, lumayan membantu selain servis rutin dsb.

Yang saya notice dari mobil-mobil 1500 CVT skrng utk pickup diawal dia agak berat ya dan ketika cruising 100 kmh di harus tetep injek gas agak lumayan supaya stabil, kalo yg CVT Altis ini kan cruising 100kmh dia gaperlu injek gas dalam dan RPM juga di 1700an, lebih rendah 200-300 RPM dibanding mobil yang saya sebut tadi. Yang ajaib ini CRV kalo cruising 120kmh lebih irit dari cruising 90-100kmh (dikecepatan ini di suka pindah ke gigi 4-5 4-5 matiknya)

Lumayan juga Civic FB untuk AT konven bisa dapet segitu, pantes banyak jadi mobil dinas instansi-instansi.
ampe tiap weekend rasa lebaran. :big_bored: rame banget.

kalo 1500 CVT NA sekarang emang dibuat lebih cepet pickup speednya tapi kalo buat akselerasi jadi agak belet. itu HRV 1500 NA baru kan aslinya ngga belet kalo ngga dibejek. kickdownnya aja belet abis :big_bored:

iya om ane aja sering bilang ni honda corolla abis feel bawanya lebih mirip corolla dan bentuknya identik mobil dinas :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
rafleejun
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Tue Aug 13, 2013 6:32

Re: Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Post by rafleejun »

Wih nah ini selalu kangen disini karena banyak ilmu :big_love:

Btw altis gen pertama non vvti ini irit dengan catatan ga kejebak macet

Rute Pulogadung ke tegal alur dmn jalurnya arah bandara sore pasti macet parah di tol, Paling irit 1:8 seringnya 1:6-7, btw 1ZZ ini overstruk tp non vvti nya main rpm atas, knalpot resonator custom buat ngejar lemot dibawah (sblmnya bocor knalpot cm mentok 1:6)

Di Scan semua normal, dan area mesin udh balik standar

Mungkin pilihan terbaik gen 2 dg Dual vvti dan cvt, dnger2 cvt itu ga bs dibejek kyk AT ya
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Need saran pengganti Corolla Altis gen 1 2001

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Sat Oct 28, 2023 5:58
Or4cle wrote: Sat Oct 28, 2023 5:30
Nahh, ini faktor lain selain di ruang bakar & valve. Omongin traffic daily dlm kondisi macet, stop & go engine otomatis "kerja berat" menjalankan mobil dari posisi diam hingga bergerak maju. Ditambah berat kosong mobil cc kecil VS cc besar bedanya kurang lebih 400 Kgs (belum ditambah orang). Bisa dibayangin berapa byk F/C yg dikeluarkan kalo macetnya panjang buat mobil lebih dr 2400 cc (N/A). Teknologi VCM di Honda sedikit membantu, tapi ribet & ongkos perbaikannya mahal kalo bermasalah. Kompresi tinggi di Mazda butuh BBM bagus, minimal pertamax. Teknologi VTEC pun kalo di rpm tinggi VTEC bekerja otomatif mengaktifkan profile cam agresif, ujung2nya ya boros bbm. In fact, Honda aja sdh meninggalkan teknologi VTEC di Honda Pilot V6, alasannya gak jauh dari emisi & regulasi go green :big_bored: jadi solusi mau hemat carilah mobil cc kecil lebih kecil (+ forced induction)
..... atau hybrid dengan konsekuensi ganti batre di belakang yang jauh lebih mahal daripada biaya bbm selama 5 taun dan kapasitas batre yang pasti akan terus menurun :ungg:

makanya i call nonsense mau irit beli hybrid karena seiring pemakaian kapasitas batre itu terus turun dan konsumsi bbmnya nggak akan se fantastis barunya. blom lagi body mobilnya sebagong innova mau seberapa sering tuh batre imut di zenix charge cyclenya :big_bored:

principlesnya tetep body makin ringan = nggak butuh cc besar = irit.
Ooooo iya mbah, ada hybrid atau EV juga.
Zenix laris manis di pasaran, kita liat aja issue2 daya tahan batre nya...