Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Segala motor tipe scooter (Mio, Kymco, Vespa, Vario, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

Halo om,

sesuai judul saya sedang mencari motor matic yang kaki-kakinya paling kuat untuk dibawa melewati jalan aspal yg rusak (bukan offroad tp aspal rusak aja) dan banyak tanjakan, 125cc - 150cc. Bobot pengendara 80kg dan sekitar 150kg kl boncengan.

Mungkin akan banyak yg menyarankan ADV tapi saya blm tau jg walaupun temanya adventure tp apakah kaki2nya kuat?

Kandidat saya :
Freego 125 terbaru
ADV 160
PCX 160
NMAX terbaru
Aerox terbaru (ini agak skeptis krn jok penumpang belakang agak tipis)
Kymco Like

Sebelumnya sy pernah pake Aerox dan ADV tapi belum pernah pake jangka panjang di jalan jelek. Tenaga sy lebih cocok dengan Aerox, tapi kenyamanan suspensi ADV lebib empuk.

Terima kasih sebelumnya.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by zonepublic »

Adv,pcx,vario 160 jangan,desain mesinnya salah itu mountingnya gantung,crankcasenya sering jebol,klo bisa dpt adv 150 masih mending karena mounting mesinnya dibawah jadi klo kena benturan mesinnya aman
Tapi buat tanjakan ya lemot klo motor matik harus dimodif cvtnya ganti roller dan per centri
Saran saya klo jalan aspal jelek dan banyak tanjakan jangan motor matik,ambil cb150x atau sekalian crf
Klo yamaha saya ga mau komen krn dulu trakir pake yamaha F1ZR jujur yamaha klo bikin produk nanggung2 dipake lama ga enak
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

zonepublic wrote:Adv,pcx,vario 160 jangan,desain mesinnya salah itu mountingnya gantung,crankcasenya sering jebol,klo bisa dpt adv 150 masih mending karena mounting mesinnya dibawah jadi klo kena benturan mesinnya aman
Tapi buat tanjakan ya lemot klo motor matik harus dimodif cvtnya ganti roller dan per centri
Saran saya klo jalan aspal jelek dan banyak tanjakan jangan motor matik,ambil cb150x atau sekalian crf
Klo yamaha saya ga mau komen krn dulu trakir pake yamaha F1ZR jujur yamaha klo bikin produk nanggung2 dipake lama ga enak
Makasih sarannya om, sementara perlunya matic nih krn motor kopling sy blm lancar. Motor trail jg kurang nyaman buat boncengers. Kl Nmax itu kaki2nya kuat nggak?
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 544
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by whitehorse4 »

Saya ada nmax 2015 sampai dijual 2022 kemarin baru ganti komstir aja sih, msh emak kaki2nya
Kalau shock belakang emang bawaan dari lahir keras, mau empukan bisa ganti pakai punya kakaknya XMax
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by vincewonk »

R32GTR wrote: Wed Nov 15, 2023 12:51 Halo om,

sesuai judul saya sedang mencari motor matic yang kaki-kakinya paling kuat untuk dibawa melewati jalan aspal yg rusak (bukan offroad tp aspal rusak aja) dan banyak tanjakan, 125cc - 150cc. Bobot pengendara 80kg dan sekitar 150kg kl boncengan.

Mungkin akan banyak yg menyarankan ADV tapi saya blm tau jg walaupun temanya adventure tp apakah kaki2nya kuat?

Kandidat saya :
Freego 125 terbaru
ADV 160
PCX 160
NMAX terbaru
Aerox terbaru (ini agak skeptis krn jok penumpang belakang agak tipis)
Kymco Like

Sebelumnya sy pernah pake Aerox dan ADV tapi belum pernah pake jangka panjang di jalan jelek. Tenaga sy lebih cocok dengan Aerox, tapi kenyamanan suspensi ADV lebib empuk.

Terima kasih sebelumnya.
Saya punya kymco like noodoe. Jujur travel suspensinya sih pendek bgt pak. Ini jd masalah di jalan bumpy. Motornya luar biasa enak. Dan belum lagi sparepartnya yg agak susah. Kalau udah biasa sih, ga masalah. Saya udah maklum aj.

Yg jd issue motor matic ini travel suspensinya pendek2, ini dia yg bikin motornya ga enak di jalan rusak. Kalau mentok sih pinggang kita jd sokbrekernya. Disini enaknya adv, travelnya panjang.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by zonepublic »

R32GTR wrote: Wed Nov 15, 2023 14:02
zonepublic wrote:Adv,pcx,vario 160 jangan,desain mesinnya salah itu mountingnya gantung,crankcasenya sering jebol,klo bisa dpt adv 150 masih mending karena mounting mesinnya dibawah jadi klo kena benturan mesinnya aman
Tapi buat tanjakan ya lemot klo motor matik harus dimodif cvtnya ganti roller dan per centri
Saran saya klo jalan aspal jelek dan banyak tanjakan jangan motor matik,ambil cb150x atau sekalian crf
Klo yamaha saya ga mau komen krn dulu trakir pake yamaha F1ZR jujur yamaha klo bikin produk nanggung2 dipake lama ga enak
Makasih sarannya om, sementara perlunya matic nih krn motor kopling sy blm lancar. Motor trail jg kurang nyaman buat boncengers. Kl Nmax itu kaki2nya kuat nggak?
Kalo dr pilihan motor matik diatas soal kaki ya tgl ganti shockbreker klo rusak
Screenshot_2023-11-15-23-45-16-055_org.mozilla.firefox.jpg
Adv 150 lebih tinggi 40mm drpd nmex
Screenshot_2023-11-15-23-45-02-915_org.mozilla.firefox.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 693
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by hackers11 »

Nmax selama pake 5 tahunan ga didesain bwt jalan jelek sih. Idealnya bwt dalkot cruising.
Selama naik gojek Honda memang LBH ramah suspensinya.
Tp bener, agak rawan yg desain sekarang semuanya.

Kalo jalan jelek sih idealnya yg ringan aja motornya, kelas beat, Mio dll.

Nmax itu keliatan kecil tp 130an kg beratnya. Xmax berat di 180an
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by pengendiesel »

Banyak tanjakan = banyak turunan.
Apa ga lebih baik pake motor non matic? Matic rawan rem blong
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by fansdiesel »

kalo mau yang kuat kaki kakinya ya motor yang didesain adventure

Xride 125
atau ADV 160
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by satriakarisma »

bebek aja om kl kopling belum lancar.

hehehe.
enak tinggal naik turunin gigi.
tanjakan turunan sih anteng ya, turunan apalagi ada engine break.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Suryaputra »

satriakarisma wrote: Thu Nov 16, 2023 5:20 bebek aja om kl kopling belum lancar.

hehehe.
enak tinggal naik turunin gigi.
tanjakan turunan sih anteng ya, turunan apalagi ada engine break.
storagenya bebek terbatas sayangnya.
maka dr itu skutik laku keras
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by ilhami »

black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by black2345 »

Matic honda lagi rame rangka esaf yg karatan, yg aman vario 160, pcx & adv. Untuk suspensi adv sepertinya paling ok. Pilihan lain nmax tp sering mentok suspensi depannya, sy pake sehari2 ketemu lubang agak dalem ngilu suaranya
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

whitehorse4 wrote:Saya ada nmax 2015 sampai dijual 2022 kemarin baru ganti komstir aja sih, msh emak kaki2nya
Kalau shock belakang emang bawaan dari lahir keras, mau empukan bisa ganti pakai punya kakaknya XMax
Wah ide bagus ganti shock, yamaha memang problemnya shock keras dan rem harus pake tenaga kl mau pakem. Tapi tenaga oke banget.
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

vincewonk wrote:
R32GTR wrote: Wed Nov 15, 2023 12:51 Halo om,

sesuai judul saya sedang mencari motor matic yang kaki-kakinya paling kuat untuk dibawa melewati jalan aspal yg rusak (bukan offroad tp aspal rusak aja) dan banyak tanjakan, 125cc - 150cc. Bobot pengendara 80kg dan sekitar 150kg kl boncengan.

Mungkin akan banyak yg menyarankan ADV tapi saya blm tau jg walaupun temanya adventure tp apakah kaki2nya kuat?

Kandidat saya :
Freego 125 terbaru
ADV 160
PCX 160
NMAX terbaru
Aerox terbaru (ini agak skeptis krn jok penumpang belakang agak tipis)
Kymco Like

Sebelumnya sy pernah pake Aerox dan ADV tapi belum pernah pake jangka panjang di jalan jelek. Tenaga sy lebih cocok dengan Aerox, tapi kenyamanan suspensi ADV lebib empuk.

Terima kasih sebelumnya.
Saya punya kymco like noodoe. Jujur travel suspensinya sih pendek bgt pak. Ini jd masalah di jalan bumpy. Motornya luar biasa enak. Dan belum lagi sparepartnya yg agak susah. Kalau udah biasa sih, ga masalah. Saya udah maklum aj.

Yg jd issue motor matic ini travel suspensinya pendek2, ini dia yg bikin motornya ga enak di jalan rusak. Kalau mentok sih pinggang kita jd sokbrekernya. Disini enaknya adv, travelnya panjang.
Kymco tahun muda masih susah juga ya spareparts nya?
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

zonepublic wrote:
R32GTR wrote: Wed Nov 15, 2023 14:02
zonepublic wrote:Adv,pcx,vario 160 jangan,desain mesinnya salah itu mountingnya gantung,crankcasenya sering jebol,klo bisa dpt adv 150 masih mending karena mounting mesinnya dibawah jadi klo kena benturan mesinnya aman
Tapi buat tanjakan ya lemot klo motor matik harus dimodif cvtnya ganti roller dan per centri
Saran saya klo jalan aspal jelek dan banyak tanjakan jangan motor matik,ambil cb150x atau sekalian crf
Klo yamaha saya ga mau komen krn dulu trakir pake yamaha F1ZR jujur yamaha klo bikin produk nanggung2 dipake lama ga enak
Makasih sarannya om, sementara perlunya matic nih krn motor kopling sy blm lancar. Motor trail jg kurang nyaman buat boncengers. Kl Nmax itu kaki2nya kuat nggak?
Kalo dr pilihan motor matik diatas soal kaki ya tgl ganti shockbreker klo rusak
Screenshot_2023-11-15-23-45-16-055_org.mozilla.firefox.jpg
Adv 150 lebih tinggi 40mm drpd nmex
Screenshot_2023-11-15-23-45-02-915_org.mozilla.firefox.jpg
Takutnya lebih dari sekadar ganti shock om, kl dari pendapat om sepertinya lebih kr adv150 ya?
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

hackers11 wrote:Nmax selama pake 5 tahunan ga didesain bwt jalan jelek sih. Idealnya bwt dalkot cruising.
Selama naik gojek Honda memang LBH ramah suspensinya.
Tp bener, agak rawan yg desain sekarang semuanya.

Kalo jalan jelek sih idealnya yg ringan aja motornya, kelas beat, Mio dll.

Nmax itu keliatan kecil tp 130an kg beratnya. Xmax berat di 180an
Beat dan mio akan kurang kuat untuk di tanjakan om, ini jalan jelek plus tanjakan panjang. Maksudnya Nmax ga di desain untuk jalan jelek lebih ke keras atau kaki cepet rusak? Kl mesin sy percaya kuat sih krn sempet punya aerox 155.
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

pengendiesel wrote:Banyak tanjakan = banyak turunan.
Apa ga lebih baik pake motor non matic? Matic rawan rem blong
Selama ini aman om pake matic di daerah penuh tanjakan curam.
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

satriakarisma wrote:bebek aja om kl kopling belum lancar.

hehehe.
enak tinggal naik turunin gigi.
tanjakan turunan sih anteng ya, turunan apalagi ada engine break.
Bagasinya om ga ada, kl beli box duit lagi. Btw bebek 150cc rekomendasi apa?
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

Iya sih cuma katanya ada penurunan kualitas dibandingkan sebelumnya dan mesin gantung spt kata salah satu om yg jawab disini.
R32GTR
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by R32GTR »

black2345 wrote:Matic honda lagi rame rangka esaf yg karatan, yg aman vario 160, pcx & adv. Untuk suspensi adv sepertinya paling ok. Pilihan lain nmax tp sering mentok suspensi depannya, sy pake sehari2 ketemu lubang agak dalem ngilu suaranya
Keras ya om nmax?
hotoriii
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Thu Jan 09, 2020 5:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by hotoriii »

ambil saja apapun yg om suka hehe, matic apapun yg penting kalau lewat jalan rusak jangan terlalu ngebut & in case ada lubang besar yg gak bisa dihindari jangan rem mendadak (impactnya ke badan & motor malah lebih parah kalau rem mendadak), selama cara ridingnya diperhatikan sy kira aman2 saja kok untuk long term

sy experience sehari2 pakai scoopy, medan campuran 1/3 aspal rusak, 1/3 makadam rusak, 1/3 aspal halus, medan mostly tanjakan, usia motor ~4 tahun dengan odo ~50k km, pemakaian mirip2 om campuran sendiri / kadang bonceng / yg agak abusive kalau pas bonceng ditambah sekalian bawa barang belanjaan sekitar 20 - 30 kg di dek
kemarin2 memang ganti shock tp saya ganti bukan karena rusak tp karena info mekanik langganan bagusnya diganti karena sudah usia
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by zonepublic »

R32GTR wrote: Sun Nov 19, 2023 3:17
zonepublic wrote:
R32GTR wrote: Wed Nov 15, 2023 14:02 Makasih sarannya om, sementara perlunya matic nih krn motor kopling sy blm lancar. Motor trail jg kurang nyaman buat boncengers. Kl Nmax itu kaki2nya kuat nggak?
Kalo dr pilihan motor matik diatas soal kaki ya tgl ganti shockbreker klo rusak
Screenshot_2023-11-15-23-45-16-055_org.mozilla.firefox.jpg
Adv 150 lebih tinggi 40mm drpd nmex
Screenshot_2023-11-15-23-45-02-915_org.mozilla.firefox.jpg
Takutnya lebih dari sekadar ganti shock om, kl dari pendapat om sepertinya lebih kr adv150 ya?
Ya klo bisa dpt unit adv 150 2nd bagus,yg pasti jangan mesin 160cc honda lah,salah desain itu
Ntar klo ambil adv 150 roller sama per centrinya diganti yg 14-18 gram punya vario 125/150 aja,biar buat tanjakan kuat,krn roller bawaan beratnya 20gram buat ngejar top speed tp berat di tarikan awal
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by vincewonk »

R32GTR wrote: Sun Nov 19, 2023 1:14
vincewonk wrote:
R32GTR wrote: Wed Nov 15, 2023 12:51 Halo om,

sesuai judul saya sedang mencari motor matic yang kaki-kakinya paling kuat untuk dibawa melewati jalan aspal yg rusak (bukan offroad tp aspal rusak aja) dan banyak tanjakan, 125cc - 150cc. Bobot pengendara 80kg dan sekitar 150kg kl boncengan.

Mungkin akan banyak yg menyarankan ADV tapi saya blm tau jg walaupun temanya adventure tp apakah kaki2nya kuat?

Kandidat saya :
Freego 125 terbaru
ADV 160
PCX 160
NMAX terbaru
Aerox terbaru (ini agak skeptis krn jok penumpang belakang agak tipis)
Kymco Like

Sebelumnya sy pernah pake Aerox dan ADV tapi belum pernah pake jangka panjang di jalan jelek. Tenaga sy lebih cocok dengan Aerox, tapi kenyamanan suspensi ADV lebib empuk.

Terima kasih sebelumnya.
Saya punya kymco like noodoe. Jujur travel suspensinya sih pendek bgt pak. Ini jd masalah di jalan bumpy. Motornya luar biasa enak. Dan belum lagi sparepartnya yg agak susah. Kalau udah biasa sih, ga masalah. Saya udah maklum aj.

Yg jd issue motor matic ini travel suspensinya pendek2, ini dia yg bikin motornya ga enak di jalan rusak. Kalau mentok sih pinggang kita jd sokbrekernya. Disini enaknya adv, travelnya panjang.
Kymco tahun muda masih susah juga ya spareparts nya?
jujur kalo kymco ga bs expect kita spt punya honda yamaha, bahkan suzuki pun masih jauh lebih gampang drpd kymco.
suzuki ini bs pesan lsg dr indomobil, jd masih ketolong. yamaha honda bs cari di kebon jeruk.

kymco jujur saya stok sendiri fast movingnya. seburuk itu? ya begitulah. kalau kayak lampu body part? ya tutup mata aj, saya py agility EV lampu pecah sampai skrg nyari ga dapet2. kacau banget. saya handcarry dr luar negeri pas dinas akhirnya. belom lagi sakit hati di sundul emak2 lampu saya pecah dan bilangnya mocin mah murah, sini saya gantiin. ketika saya kasi liat harga satu set lampunya di tokopedia, komentarnya saya orang susah ga ada duit segitu. kalau gtu jgn main WA trus saya lagi berhenti lampu merah anda sundul.
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4426
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Motor Matic Apa Yang Paling Kuat Kaki-Kakinya

Post by Ryan Steele »

R32GTR wrote: Wed Nov 15, 2023 12:51 Halo om,

sesuai judul saya sedang mencari motor matic yang kaki-kakinya paling kuat untuk dibawa melewati jalan aspal yg rusak (bukan offroad tp aspal rusak aja) dan banyak tanjakan, 125cc - 150cc. Bobot pengendara 80kg dan sekitar 150kg kl boncengan.

Mungkin akan banyak yg menyarankan ADV tapi saya blm tau jg walaupun temanya adventure tp apakah kaki2nya kuat?

Kandidat saya :
Freego 125 terbaru
ADV 160
PCX 160
NMAX terbaru
Aerox terbaru (ini agak skeptis krn jok penumpang belakang agak tipis)
Kymco Like

Sebelumnya sy pernah pake Aerox dan ADV tapi belum pernah pake jangka panjang di jalan jelek. Tenaga sy lebih cocok dengan Aerox, tapi kenyamanan suspensi ADV lebib empuk.

Terima kasih sebelumnya.
Banyak aspal rusak, saya saran bebek aja. Ground clearance lebih tinggi. Diameter velg juga lebih besar, imho lebih aman lindas lubang. Tanjakan & turunan gak masalah, terutama di turunan bisa pakai engine brake. Saya ketemu tutup drainase dari beton yang pecah, sebelum persimpangan dengan traffic light, saya lewatin aja lubangnya, gak nyangkut. Kalau pakai matic, saya lewat sampingnya, gak berani lindas 😅

Saya ada 3 motor di garasi. New jupiter mx karbu non kopling, revo 110 (punya mertua), sama nmax new
Klo urusan ketemu jalan gak bagus, saya ngandelin mx. Ground clearance lebih tinggi. Kekurangannya: storage. Bagasi cuma muat kunci² doank. Jadi saya pasang box, awalnya ukuran 29 liter, untuk barang².

Hitung²an, lebih murah biaya ada 2 motor, 1 untuk wara-wiri rumah - stasiun, 1 untuk wara-wiri stasiun - kantor, revo mertua, yang dipakai setahun sekalipun belum tentu, saya bawa ke kantor, kemudian beli yang 39 liter untuk dipasang di revo.

Tapi ketika pandemi, saya akhirnya 'touring' ke kantor. Revo dibawa pulang, saya pakai mx terus. Box 39 nempel di mx, box 29 di revo. Tapi setelah ada nmax, ini yang lebih sering dipakai bwt 'touring' ke kantor. Tapi musim hujan begini prefer bawa mx, lebih handal lewat banjir dibanding motor matic. Dan nmax tetap pakai box meskipun bagasi muat helm.

Box 39 liter saya pasang ke motor yang saya pakai untuk 'touring', yang 29 ke motor yang lain. Klo ngantornya keretaan, biasanya pakai mx, ya box yang lagi terpasang gak masalah. Revo udah gak pakai box, tapi bracket masih terpasang. Behelnya lupa simpan di mana
no signature