(bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by ChZ »

lexnic wrote: Sat Nov 18, 2023 4:04
yg bikin tren ini emg kurang ajar sih hahaha. barang yg biasa aja malah kesannya jdi mewah. IMO, bukan bermaksud jelek ya, setarbak ini rasanya biasa aja (cuma menang merk doang). msh banyak brand kopi lain yg rasanya jauh lbh enak dan beberapa malah harganya lbh masuk akal. mekdi, kaepci, raja burger, dkk ini pdhl kelasnya fast food dan tergolong gk sehat lho, tapi malah dianggap "mewah" sama orang sini..
ya emg lawannya imperialis rakus barat pengen kuasai semua susah deh apalagi kita jg bekas jajahan bule yg mandang bule lebih unggul :ungg: mangkanya franchise amrik ini diboikot panik, lah amrik kan supporter #1 nya israel :upss:

indo soal makan/minum sehari hari emang diuntungin banget kita produk pertanian perkebunan lokal nya udah bagus. pendekar kopi si udah gak ngelirik starbak urusan kopi item. yg enak di starbak justru menu non-coffee :upss:

dulu bokap pernah iseng bantu adiknya post kena PHK buka usaha ayam goreng macem kaepci, jual 15ribu udah sama minum aja masih masuk om sempet rame sebelum tutup akibat pandemi.

di kampung ane apalagi yg terkenal fried chicken murah ot* yg harganya juga 10-15 rebu dan skrg menjamur rame dimana-mana :upss: pantesan panik dan sepi tuh kaepci sekarang.

klo soal ipon dan mobil, di amrik orang pake produk apel tuh biasa ky orang sini pake s*msun* apa siomi kali wkwkwkwkkw, kuli mobilnya camry. :upss: d sini camry minimal hrs jadi direktur dulu :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by zonepublic »

ChZ wrote: Sat Nov 18, 2023 3:09
zonepublic wrote: Fri Nov 17, 2023 12:16
Labour cost di amerika jauh lebih tinggi dari negara lain sih,makannya final goal orang di negara manapun selalu negara paman sam
Klo produk2 tersier sih murah karena domestik produk sana dan diproduksi pake mesin di negara seperti cina
Pangan sebenernya bisa murah dengan rekayasa genetik bioteknologi,tapi orang sana juga aware dan tidak mau konsumsi produk hasil rekayasa genetik gituan,klo di sini pasti laku karena orang sini tidak aware
lbh tepatnya, globalisasi ploduk2 amerika yang bikin begini :upss: barang yg dipersepsikan "biasa" dan sehari-hari oleh rakjat amrik, sama rakjat sini dianggep mewah.

contoh ipon, starbak, mekbuk, mekdonal, kaepci, dll. iya, bwt orang kismin makan kaepci dan mekdi itu mewah. tp skrg kaepci yang core businessnya jualan ayam jg mulai rada terancam dan skrg liat kaepci relatif sepi. krn orang jualan ayam goreng crispy yg harga 15 rebu udah sama nasi dan minum. kaepci paket 30 40 rebu baru dapet minum :upss: terakhir2 liat gerai kaepci aja jual paket berdua 40 rebu dapet 2 ayam 2 nasi ntah itu ayamnya se imut apa :upss:

kl aipun ya jelas lah, barang produksinya dimana, dimari masih kena cukai hampir kaya mobil. gimana ngga mahal. mangkanya kesian rakjat indo ini, income lebih rendah jauh dari luar, tp dibebani barang2 yang lebih mahal. enaknya sih sekarang kalo punya kerjaan di bayar USD org standarnya ngikut sono, gajinya bisa lebih tinggi jauh drpd manajer perush lokal dimari :upss:

ga heran tuh amrik ngamuk2 skrg. asia ud berdikari terutama china. blom skrg sentimen isu panas israel palestin yang pada boikot boikot produk mereka.
Income USA buat kerjaan tingkat buruh $25/jam,kalau di indo sehari aja buat yg kerjaan tingkat buruh tinggal di luar ibukota belum tentu nyampe $10/HARI
lexnic wrote: Sat Nov 18, 2023 4:04
ChZ wrote: Sat Nov 18, 2023 3:09
zonepublic wrote: Fri Nov 17, 2023 12:16
Labour cost di amerika jauh lebih tinggi dari negara lain sih,makannya final goal orang di negara manapun selalu negara paman sam
Klo produk2 tersier sih murah karena domestik produk sana dan diproduksi pake mesin di negara seperti cina
Pangan sebenernya bisa murah dengan rekayasa genetik bioteknologi,tapi orang sana juga aware dan tidak mau konsumsi produk hasil rekayasa genetik gituan,klo di sini pasti laku karena orang sini tidak aware
lbh tepatnya, globalisasi ploduk2 amerika yang bikin begini :upss: barang yg dipersepsikan "biasa" dan sehari-hari oleh rakjat amrik, sama rakjat sini dianggep mewah.

contoh ipon, starbak, mekbuk, mekdonal, kaepci, dll. iya, bwt orang kismin makan kaepci dan mekdi itu mewah.
yg bikin tren ini emg kurang ajar sih hahaha. barang yg biasa aja malah kesannya jdi mewah. IMO, bukan bermaksud jelek ya, setarbak ini rasanya biasa aja (cuma menang merk doang). msh banyak brand kopi lain yg rasanya jauh lbh enak dan beberapa malah harganya lbh masuk akal. mekdi, kaepci, raja burger, dkk ini pdhl kelasnya fast food dan tergolong gk sehat lho, tapi malah dianggap "mewah" sama orang sini..
Itu namanya branding value nilainya bisa berlipat2 dari hpp produknya sendiri,smua negara aliansi paman sam spt jepang,korea juga gitu
Makannya brand produk2 korea juga bernilai tinggi dan dihargai lebih disini,promosinya udah ga lewat iklan karena tahu orang ga suka lihat iklan,tp lewat kebudayaan spt serian,seni tari&musik
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Sat Nov 18, 2023 6:35
Income USA buat kerjaan tingkat buruh $25/jam,kalau di indo sehari aja buat yg kerjaan tingkat buruh tinggal di luar ibukota belum tentu nyampe $10/HARI
iya itu, krn globalisasi dan franchise spt starbak itu ternyata pake policy 1 harga jadi kena di negara yang kulinya dibayar ngga sampe 10 ribu perjam, jadi barang premium :upss:

om jangankan luar ibukota, ane masih sangat yakin di ibukota aja msh ada yg bergaji ga ampe 2 juta perbulan :upss: dimari standar upah kadang cuma jadi aturan legal om buruh ilegal mah banyak. upahnya kadang malah bener bener nol rupiah ampe mentok sejuta setengah jg udah bagus

nol rupiah? lha iya, kalo gaji 3 bulan kaga dibayar mah 0 rupiah atuh :mky_07:

tp harga mobilnya 2-3 kali lipet amrik :upss: klo kata om NR dulu, kita beli mobil di indo tuh 1 mobil dihargain 2 mobil :big_weee: mobilnya blom masuk aja udah kena ina inu
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by peterming77 »

pendoli wrote: Fri Nov 17, 2023 12:12
Suryaputra wrote: Fri Nov 17, 2023 8:51 [
makanya mereka gak kenal nyicil ipon 15 pro max, dkk :big_biglaugh:
Pada nyicil kok.. pake kontrak pascabayar…
hooh, beli ip disana "murah" soalnya harga masuk kontrak pascabayar, trus bisa opsi upgrade ip mau 1 tahun atau 2 tahun. Disini ada sih yg gitu masuk pascabayar, tapi harga ip nya ditambah di bulanan pascabayar, sempat hitung2an lebih murah cicilan 0% pake card daripada kontrak pascabayar :big_biglaugh:

Sama juga beli mobil disana pake sistem leasing, anggap sewa bulanan, jatuhnya ga mahal (selain harga mobilnya juga ga semahal indo), di forum Reddit BMW yg keluar dibahas 325i keatas, 6 inline, sering muncul yg 2 door, harga (bekas) dihitung IDR murah sekali, jarang nongol yg 320i :big_smoking: begitu disini 320i jadi barang mewah, yg 2 door tahun lama harga bekas bisa beli 3 Brio :big_weee:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by qushay20019 »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
Ya

2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
Ya

3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
Rawat mobil berumur yg BQ bagus

4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
Gak keduanya. Rawat aja apa yg ada

5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
Ya, kota ane makin hari makin parah macetnya, apalagi sejak pandemi selesai

6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
Tidak. Yang penting matic dan AC dingin. Fitur jaman now kebanyakan bikin ribet aja

7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
Jok 3 baris, bensin, matic, AWD, monokok.

8 apa mobil harian anda saat ini?
Gak ada. Terakhir make City GD8 manual sebelum dijual buat uang sekolah
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by Zaxis »

Hidup cuma sekali ini
Kalo ada duit nya ya nikmatin aja ganti2 mobil
Kerja juga jadi ada motivasi tiap taon mau jajan mobil
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by pengendiesel »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
1. Pastinya. Pernah pelihara mobil 1:5. Mau starter aja sudah males duluan
2. Mobil jaman now bqnya rata2 asem semua. Anf saya umur 6 bulan sudah rattle. Beda sama sedan2 90an,hampir gak ada rattle meski umur belasan taon
3. Untuk sekarang masih cocok buat nguli. Ada yang mau masuk ulang tahun ke 8
4. Tergantung lagi suka yang mana. Harga lebih tinggi bukan jaminan lebih cocok
5. Pake matic dari 2010. Sekarang sudah bosen. Taon lalu sempat iseng nyopir granmax pik up antar provinsi, pp 900 km. Asik banget tuh sensasi transmisi manualnya, berasa konek sama mobil. Beda sama matic yang susah dapet feel menyatu gini. Next kalo mau ganti/tambah mobil,pengen yang manual,kalo bisa 6 speed
6. Malah merepotkan. Fitur2 mobil kekinian sudah kelewat batas wajar,malah jadi merepotkan. Contoh paling sederhana, auto headlamp anf. Dodol banget. Blm pernah coba otonomus,tpi kayaknya gak perlu deh. Maklum saya generasi jendela engkol
7. Anki disel/forti manual. Jimny manual. Mungkin ada saran mobil manual apa yang asik buat harian?
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by zonepublic »

pengendiesel wrote: Sat Nov 18, 2023 14:50
7. Anki disel/forti manual. Jimny manual. Mungkin ada saran mobil manual apa yang asik buat harian?
Gajah2 mana enak manualnya bodinya gede buat sruntal sruntul di kemacetan kok sulit,
Hatchback aja klo mau cari yg irit dan asik bisa sruntal sruntul,tapi lihat situ seleranya mobil tinggi2 kayanya paling realistis lirik suzuki espresso baru,jimny jb64 ya gpp kalo ga sayang buat sruntal sruntulnya
63bc33393b514.png
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by KielConstantine »

peterming77 wrote: Sat Nov 18, 2023 7:54 Sama juga beli mobil disana pake sistem leasing, anggap sewa bulanan, jatuhnya ga mahal (selain harga mobilnya juga ga semahal indo),
Nah ini, gw jg heran knp sistem leasing kita kg adopt kek di US jg.

Enak leasing brand new serie-5 misal mau durasi 3 tahun sahaja. Ditahun ketiga tinggal dibalikin ke dealer / pilih buat lunasin jd milik pribadi. Ya asiknya sih balikin lg ke dealer; trus coba lease mobil laen contoh A6 brand new buat another next 3 years ahead..

Jd kita kg kebagian pusing ngempanin riper pleisur kalang kabut bgitu jd hak milik. Apalagi pas warranty expired. Sama urusan pas mau ngejual ditawar pedege harga nyungsep ke jurang :big_slap:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by walid_007 »

KielConstantine wrote: Sat Nov 18, 2023 16:54
peterming77 wrote: Sat Nov 18, 2023 7:54 Sama juga beli mobil disana pake sistem leasing, anggap sewa bulanan, jatuhnya ga mahal (selain harga mobilnya juga ga semahal indo),
Nah ini, gw jg heran knp sistem leasing kita kg adopt kek di US jg.

Enak leasing brand new serie-5 misal mau durasi 3 tahun sahaja. Ditahun ketiga tinggal dibalikin ke dealer / pilih buat lunasin jd milik pribadi. Ya asiknya sih balikin lg ke dealer; trus coba lease mobil laen contoh A6 brand new buat another next 3 years ahead..

Jd kita kg kebagian pusing ngempanin riper pleisur kalang kabut bgitu jd hak milik. Apalagi pas warranty expired. Sama urusan pas mau ngejual ditawar pedege harga nyungsep ke jurang :big_slap:
disini cmn ada sewa dan kredit beli
engine roaring!
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by lexnic »

ChZ wrote: Sat Nov 18, 2023 7:31
zonepublic wrote: Sat Nov 18, 2023 6:35
Income USA buat kerjaan tingkat buruh $25/jam,kalau di indo sehari aja buat yg kerjaan tingkat buruh tinggal di luar ibukota belum tentu nyampe $10/HARI
iya itu, krn globalisasi dan franchise spt starbak itu ternyata pake policy 1 harga jadi kena di negara yang kulinya dibayar ngga sampe 10 ribu perjam, jadi barang premium :upss:

om jangankan luar ibukota, ane masih sangat yakin di ibukota aja msh ada yg bergaji ga ampe 2 juta perbulan :upss: dimari standar upah kadang cuma jadi aturan legal om buruh ilegal mah banyak. upahnya kadang malah bener bener nol rupiah ampe mentok sejuta setengah jg udah bagus

nol rupiah? lha iya, kalo gaji 3 bulan kaga dibayar mah 0 rupiah atuh :mky_07:

tp harga mobilnya 2-3 kali lipet amrik :upss: klo kata om NR dulu, kita beli mobil di indo tuh 1 mobil dihargain 2 mobil :big_weee: mobilnya blom masuk aja udah kena ina inu
pas awal2 kerja skitar 5 tahun yg lalu, gaji saya cuma setara UMR jkt lebih dikit. tinggal msh di rmh ortu & klo ngantor nebeng bokap smpe kantornya dia trus saya nyambung naik transjakarta ke kantor. pulangnya naik transjakarta lg ke kantor bokap, bru kita jalan ke rmh bareng2. ada kalanya saya kpingin beli ini itu, tapi akhirnya saya tahan2 (kcuali emg bener2 butuh) soalnya sadar diri klo gaji msh pas2an. :big_biglaugh:

tahun lalu di kantor ane, ada kjadian bgini. ada karyawan yg bru masuk, otomatis dia msti probation 3 bulan dulu sblm diangkat jdi pegawai tetap. lha setelah probation 3 bulan, malah diangkat jdi pegawai kontrak. kontraknya selama 1 tahun, nnti setelah kontrak 1 tahun ini beres & dirasa performanya bagus, bru diangkat jdi pegawai tetap. kasian ngeliatnya, serasa dikibulin sama HRDnya. pdhl pas interview dijanjiin posisi karyawan tetap setelah probation 3 bulan. saya gk tanya detail mengenai gaji & benefit yg dia terima. tapi setau saya, psti benefit kyk asuransi kesehatan & bonus yg diterima beda dgn yg pegawai tetap.

kasus lain, kadang orangnya digaji tapi msti ngerjain kerjaan2 yg bukan bagian dri job desc nya gara2 perusahaan lg ngirit. ato yg lbh gk enak lg, gajinya ditunggak sama perusahaan tapi tetep disuruh kerja kyk biasa..
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by lexnic »

zonepublic wrote: Sat Nov 18, 2023 6:35
lexnic wrote: Sat Nov 18, 2023 4:04
ChZ wrote: Sat Nov 18, 2023 3:09

lbh tepatnya, globalisasi ploduk2 amerika yang bikin begini :upss: barang yg dipersepsikan "biasa" dan sehari-hari oleh rakjat amrik, sama rakjat sini dianggep mewah.

contoh ipon, starbak, mekbuk, mekdonal, kaepci, dll. iya, bwt orang kismin makan kaepci dan mekdi itu mewah.
yg bikin tren ini emg kurang ajar sih hahaha. barang yg biasa aja malah kesannya jdi mewah. IMO, bukan bermaksud jelek ya, setarbak ini rasanya biasa aja (cuma menang merk doang). msh banyak brand kopi lain yg rasanya jauh lbh enak dan beberapa malah harganya lbh masuk akal. mekdi, kaepci, raja burger, dkk ini pdhl kelasnya fast food dan tergolong gk sehat lho, tapi malah dianggap "mewah" sama orang sini..
Itu namanya branding value nilainya bisa berlipat2 dari hpp produknya sendiri,smua negara aliansi paman sam spt jepang,korea juga gitu
Makannya brand produk2 korea juga bernilai tinggi dan dihargai lebih disini,promosinya udah ga lewat iklan karena tahu orang ga suka lihat iklan,tp lewat kebudayaan spt serian,seni tari&musik
apalagi korea tuh. halus bgt marketing nya, diselipin ke film ato serial mereka. ato klo gk, di endorse sama artis2 mereka. ditambah sama kpop yg emg lg booming, tinggal tunggu customer aja deh hahaha :big_biglaugh:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by ChZ »

lexnic wrote: Sun Nov 19, 2023 3:25
pas awal2 kerja skitar 5 tahun yg lalu, gaji saya cuma setara UMR jkt lebih dikit. tinggal msh di rmh ortu & klo ngantor nebeng bokap smpe kantornya dia trus saya nyambung naik transjakarta ke kantor. pulangnya naik transjakarta lg ke kantor bokap, bru kita jalan ke rmh bareng2. ada kalanya saya kpingin beli ini itu, tapi akhirnya saya tahan2 (kcuali emg bener2 butuh) soalnya sadar diri klo gaji msh pas2an. :big_biglaugh:

tahun lalu di kantor ane, ada kjadian bgini. ada karyawan yg bru masuk, otomatis dia msti probation 3 bulan dulu sblm diangkat jdi pegawai tetap. lha setelah probation 3 bulan, malah diangkat jdi pegawai kontrak. kontraknya selama 1 tahun, nnti setelah kontrak 1 tahun ini beres & dirasa performanya bagus, bru diangkat jdi pegawai tetap. kasian ngeliatnya, serasa dikibulin sama HRDnya. pdhl pas interview dijanjiin posisi karyawan tetap setelah probation 3 bulan. saya gk tanya detail mengenai gaji & benefit yg dia terima. tapi setau saya, psti benefit kyk asuransi kesehatan & bonus yg diterima beda dgn yg pegawai tetap.

kasus lain, kadang orangnya digaji tapi msti ngerjain kerjaan2 yg bukan bagian dri job desc nya gara2 perusahaan lg ngirit. ato yg lbh gk enak lg, gajinya ditunggak sama perusahaan tapi tetep disuruh kerja kyk biasa..
Wkwkwkw nah gitu gitu lah om, gimana orang kita ga susah hidupnya. Kisah dikibulin HRD soal status kepegawaian aja banyak bener. Company males bayar lebih dijadiin pegawai kontrak yg diperpanjang terus :upss:

Ga salah klo dibilang dulu yang ngejajah itu tuan tanah tuan tanah lokal sendiri yg kongkalikong sama bule, orang skrg aja masih banyak :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by zonepublic »

lexnic wrote: Sun Nov 19, 2023 3:25
ChZ wrote: Sat Nov 18, 2023 7:31
zonepublic wrote: Sat Nov 18, 2023 6:35
Income USA buat kerjaan tingkat buruh $25/jam,kalau di indo sehari aja buat yg kerjaan tingkat buruh tinggal di luar ibukota belum tentu nyampe $10/HARI
iya itu, krn globalisasi dan franchise spt starbak itu ternyata pake policy 1 harga jadi kena di negara yang kulinya dibayar ngga sampe 10 ribu perjam, jadi barang premium :upss:

om jangankan luar ibukota, ane masih sangat yakin di ibukota aja msh ada yg bergaji ga ampe 2 juta perbulan :upss: dimari standar upah kadang cuma jadi aturan legal om buruh ilegal mah banyak. upahnya kadang malah bener bener nol rupiah ampe mentok sejuta setengah jg udah bagus

nol rupiah? lha iya, kalo gaji 3 bulan kaga dibayar mah 0 rupiah atuh :mky_07:

tp harga mobilnya 2-3 kali lipet amrik :upss: klo kata om NR dulu, kita beli mobil di indo tuh 1 mobil dihargain 2 mobil :big_weee: mobilnya blom masuk aja udah kena ina inu
pas awal2 kerja skitar 5 tahun yg lalu, gaji saya cuma setara UMR jkt lebih dikit. tinggal msh di rmh ortu & klo ngantor nebeng bokap smpe kantornya dia trus saya nyambung naik transjakarta ke kantor. pulangnya naik transjakarta lg ke kantor bokap, bru kita jalan ke rmh bareng2. ada kalanya saya kpingin beli ini itu, tapi akhirnya saya tahan2 (kcuali emg bener2 butuh) soalnya sadar diri klo gaji msh pas2an. :big_biglaugh:

tahun lalu di kantor ane, ada kjadian bgini. ada karyawan yg bru masuk, otomatis dia msti probation 3 bulan dulu sblm diangkat jdi pegawai tetap. lha setelah probation 3 bulan, malah diangkat jdi pegawai kontrak. kontraknya selama 1 tahun, nnti setelah kontrak 1 tahun ini beres & dirasa performanya bagus, bru diangkat jdi pegawai tetap. kasian ngeliatnya, serasa dikibulin sama HRDnya. pdhl pas interview dijanjiin posisi karyawan tetap setelah probation 3 bulan. saya gk tanya detail mengenai gaji & benefit yg dia terima. tapi setau saya, psti benefit kyk asuransi kesehatan & bonus yg diterima beda dgn yg pegawai tetap.

kasus lain, kadang orangnya digaji tapi msti ngerjain kerjaan2 yg bukan bagian dri job desc nya gara2 perusahaan lg ngirit. ato yg lbh gk enak lg, gajinya ditunggak sama perusahaan tapi tetep disuruh kerja kyk biasa..
Karena itu hubungannya dengan skema pesangon di UU tenaker,klo pegawai kontrak ,abis kontrak tdk diperpanjang ya tidak dpt pesangon,klo pegawai tetap ketika dipecat harus diberi pesangon yg tidak sedikit
Ya begitulah nakal2nya perusahaan,biasanya perusahaan yg keluar masuk pegawainya tinggi,termasuk perusahaan tidak sehat sebenarnya
dregon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sat Feb 23, 2019 13:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner VRZ

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by dregon »

1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
Penting, karena rata2 mobilitas 60km/hari. Belum kalau liburan nyetir ke bandung atau bali

2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
penting juga, saya gak tahan kalau mobil rattle. langsung bawa ke bengkel untuk beresin.

3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
Saya gak akan ganti mobil harian saya (fortie VRZ) sampai ini rusak. Depresiasi mobil baru berasa banget. Kalaupun sampai ganti mobil harus yang irit dan badak juga.

4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
Gak akan ganti mobil kecuali terpaksa.

5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian? iya, pegel pake manual.
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
sunroof, EPB bikin repot. Kalau dashcam saya pasang sendiri aja.
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
pengennya innova diesel. tapi istri gak suka. Gak mau dikira mobil travel wkwk. Kalaupun sampe ganti, fortie VNT masih oke lah
8 apa mobil harian anda saat ini?
Fortie VRZ
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by pengendiesel »

zonepublic wrote: Sat Nov 18, 2023 15:19
pengendiesel wrote: Sat Nov 18, 2023 14:50
7. Anki disel/forti manual. Jimny manual. Mungkin ada saran mobil manual apa yang asik buat harian?
Gajah2 mana enak manualnya bodinya gede buat sruntal sruntul di kemacetan kok sulit,
Hatchback aja klo mau cari yg irit dan asik bisa sruntal sruntul,tapi lihat situ seleranya mobil tinggi2 kayanya paling realistis lirik suzuki espresso baru,jimny jb64 ya gpp kalo ga sayang buat sruntal sruntulnya
63bc33393b514.png
Kebetulan saya bukan tipe driver sruntal sruntul om. Gimana mau sruntulan, di kota saya paling jauh 1km sudah ketemu lampu merah. Jadinya useless.
Tapi kalo memang doyan sruntal sruntul, imho enakan manual. Respon mesin jauh lebih direct.
Yang bikin susah buat sruntulan itu sizenya kan? Bukan transmisinya. Anki matic sama mt sizenya sama persis

Hatchback entah kenapa masih blom pernah cocok dengan kebutuhan saya, mungkin selera saya yang terlalu mature (bahasa halus umur sudah tuuuaaaa)
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by zonepublic »

pengendiesel wrote: Mon Nov 20, 2023 8:29
zonepublic wrote: Sat Nov 18, 2023 15:19
pengendiesel wrote: Sat Nov 18, 2023 14:50
7. Anki disel/forti manual. Jimny manual. Mungkin ada saran mobil manual apa yang asik buat harian?
Gajah2 mana enak manualnya bodinya gede buat sruntal sruntul di kemacetan kok sulit,
Hatchback aja klo mau cari yg irit dan asik bisa sruntal sruntul,tapi lihat situ seleranya mobil tinggi2 kayanya paling realistis lirik suzuki espresso baru,jimny jb64 ya gpp kalo ga sayang buat sruntal sruntulnya
63bc33393b514.png
Kebetulan saya bukan tipe driver sruntal sruntul om. Gimana mau sruntulan, di kota saya paling jauh 1km sudah ketemu lampu merah. Jadinya useless.
Tapi kalo memang doyan sruntal sruntul, imho enakan manual. Respon mesin jauh lebih direct.
Yang bikin susah buat sruntulan itu sizenya kan? Bukan transmisinya. Anki matic sama mt sizenya sama persis

Hatchback entah kenapa masih blom pernah cocok dengan kebutuhan saya, mungkin selera saya yang terlalu mature (bahasa halus umur sudah tuuuaaaa)
Emang klo suka sruntal sruntul enak manual model espresso,katana aman lewat gravel suv bodi kecil,kalo bodi besar atau ikut antri di jalan biasa dikit2 macet ,lampu lantas ya enak matic,mau fun apa jg pegel yg ada
RCMN
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by RCMN »

Sharing juga om, sebagai kuli kantoran di jakpus, tinggal di perbatasan jaktim-bekasi
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
Sangat penting. Gw orgnya senang banget kalo bisa dapet kpl setinggi2nya dari mobil yg dimiliki haha.
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
Untuk mobil harian gw lebih milih BBM irit.
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
Pengennya 5 tahun sekali ganti, biar gak bosen, kalo ada rezekinya.
Kemarin pun ganti setelah 5 tahun pake, pas waktunya karena memang sedang cari yg akomodasi lebih juga karena baru ada keluarga baru.
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU ...[redacted]... sekarang anda pilih mana?
Lebih pilih BBM irit biarpun kualitas lain2 lebih ampas.
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
Karena kerja di Jakarta, ya, gw pilih matic untuk mobil sehari2.
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
Gak ngaruh karena gak begitu penting buat mobil harian. Kalo ada syukur, kalo bisa lebih murah tanpa fitur2 tsb ya pilih yg itu.
Buat gw yg penting untuk mobil harian itu cukup kamera & sensor parkir mundur.
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
Seandainya saat ini sedang perlu mobil harian untuk dibeli, mempertimbangkan Brio/Agya-Ayla.
8 apa mobil harian anda saat ini?
HRV RV

Note:
Pengalaman pernah punya mobil ke-2 untuk ganjil/genap yaitu mobil Eropa yg usianya sudah >15 tahun,
Weekday pusing mikirin bensin cepet abis, weekend habis waktu di bengkel. LOL akhirnya jual rugi deh.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by AbdulHakim »

RCMN wrote: Mon Nov 20, 2023 10:29 Pengalaman pernah punya mobil ke-2 untuk ganjil/genap yaitu mobil Eropa yg usianya sudah >15 tahun,
Weekday pusing mikirin bensin cepet abis, weekend habis waktu di bengkel. LOL akhirnya jual rugi deh.
the real definition of SAHABAT BENGKEL ya om, endless money pits :upss:
tapi kalo pas mobilnya sehat, sebanding ga dengan kenyamanannya om?
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by severmaya »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil

1. Selama ga di bawah 1:6 ga penting berarti
2. Iya, saya lumayan suka nyetir
3. Pertahanin mobil lama, karena mobil baru yang kenyamanannya sama harganya dah ga masuk akal.
4. Skip
5. Ngga juga
6. Tergantung, untuk fitur sensing-sensingan walaupun nanti saya ganti kendaraan ga akan ambil yang menggunakan fitur tsb. Kalau abs,dashcam, airbag rasanya memang perlu ya, bahkan untuk abs atau airbag itu harus dan mobil kebanyakan sekarang memang sudah ada fitur tsb.
7. CRV turbo atau harrier mungkin kalau memang mau ganti
8. Altis 2011 dan xtrail 2007, seringnya xtrail.
RCMN
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by RCMN »

AbdulHakim wrote: Mon Nov 20, 2023 13:25 the real definition of SAHABAT BENGKEL ya om, endless money pits :upss:
tapi kalo pas mobilnya sehat, sebanding ga dengan kenyamanannya om?
Betul om, sahabat bengkel DAN sahabat pertamina.
Biasanya kan pilih salah satu, lha ini harus berteman dekat dengan keduanya. :D

Tapi kalo lagi sehat sih sebanding lah dengan kenyamanannya.
Anak gw aja sedih pas mobilnya dijual, padahal dulu pernah kejadian mogok di MBZ sama dia.
Kitanya aja yg gak tega kalo sampe kejadian kayak gitu lagi. :D
User avatar
NovaCammy
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Thu Jul 20, 2023 12:31
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yaris 2014

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by NovaCammy »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
1. Yep penting, karena berpengaruh banget ke budget bulanan. Apalagi pas bensin naik hehe.

2. Nggak terlalu penting, mungkin udah kebiasaan segel lagu pas bawa mobil jadi tidak terlalu kerasa.

3. Untuk sekarang masih akan dipertahankan. Kebetulan beberapa bulan lalu ada wacana mau beli mobil baru. Tetapi karena kualitas tidak sebanding dengan mobil lama yah tetap dipertahanin. Kalau buat saya syaratnya dia atleast nimble + ultra seat dan kalau ukuran yang nggak besar (Karena saya nggak suka banget suv dkk).

4. Untuk sekarang masih bertahan pakai mobil lama. Karena kasarnya it still works. Dibanding dengan mobil baru harga sebanding tapi banyak hal yang “dikurangi”

5. Otomatis, karena daerah saya pasti macet dimana-mana. Bahkan jarak dekat ke kantor kadang macet juga.

6. Sebenarnya buat saya tidak perlu banyak adas. Paling yang kepakai banget yah sensor parkir belakang, selain itu menurut saya a tidak perlu. Soalnya pernah pinjam city hatch kakak yang ada Honda sensing, banyak fitur saya nggak pakai sama sekali dan kadang mengganggu (Kalau nggak salah cmbs yah yang kadang rem sendiri).

7.Antara city hatch atau Mazda 2

8. Yaris E 2014
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 414
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by fl4b1e »

ini pandangab pribadi ya:

1.apakah konsumsi BBM penting untuk mobil?

Penting. Bukan faktor yang paling penting, tapi penting. Sebenernya ada satu faktor yang lupa ditanya Om, servicenya mahal atau ngga sama spare part-nya mudah atau kagak. Ini yang saya kombinasi sama BBM sebagai faktor.


2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?

Tergantung. Selain NVH ada faktor yg menurut saya lebih penting yakni posisi duduk berkendara. Kalau mobil yg mnrr saya ga enak duduknya dah lgs ga masuk list. Misal, erivi itu ga masuk list saya. Kursi pocong atau ngga ada sandaran belakang, atau duduk di jok belakang mentok, itu ga masuk list saya. Mbah itu relatif kalau mnrt saya.


3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?

Ini balik ke nomor 1 saya biaya perawatan. Namanya mobil harian, maunya ga sering masuk bengkel, dan kalau bisa biaya ganti sparepart itu ga melonjak maalah bujet. Makanya saya pilih baru tuk poin ini. Mobil baru yg servicenya susah juga saya hindari.


4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana?

Ini mobil harian kan ngomongnya sama kayak nomor 4 sama nomor 1 saya. Mending baru krnbservice. Ga harus yg mahal2 kayak Innovalah Krn size-nya gak kompak tuk harian. Avanz, Ertiga, xpander, Creta, hrv, brv wrv itu dah cukup tuk saya Krn tinggal di kota besar.


5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?

Matic. Karena jalanan Jakarta macet.


6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking

Tergantung. ESP/kontrol traksi, 2 airbag itu wajib sama kayak kursi driver yang bisa naik turun serta tilt teleskopik. Lainnya belum segitunya.

7. Incaran saya saat ini tuk mobil harian Stargazer X, Yaris Cross Hybrid.

Knp ga masukin mobil listrik, belum pede masalah service.

8. Mobil harian saat ini Suzuki XL7 dan Hyundai Creta