(bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by ChZ »

nyotsaeba wrote: Fri Nov 17, 2023 3:14 Mau komen urusan resale value mobil tertentu jeblok :

Mobkas murni urusan supply vs demand, byk demand, harga pst tinggi.

Motuba macem avanza panther kisul masih nahan krn bisa dipake usaha om, baik travel atau angkutan. Yg penting jalan running cost rendah bbm busuk, parts kawe 999, servis gampang. Skrg bandingin aja sm motuba lain macam crv gen 2, 3, stream, odyssey, toyota alphard gen 1, NAV, or boil luxury bmw x3, x5 jadul, yg mau beli cuma user pribadi aja, itupun khusus yg punya nyali dan kantong buat operasional & maintenance.

Pasar mobkas yg likuid mayoritas diisi sm org yg ga mampu beli baru. Ngobrol sm sales mobkas skrg bilang ampun2an pasar. Mobkas diatas 300jt skrg susah bener jualnya, yg muter malahan harga 100jtan kyk yaris bapao, brv, rush. Kalangan gini biasanya sih sensitif sm biaya bbm ya, kalo bisa cari yg isi bensin pertalit 200rb bisa cukup pake tiap hari selama seminggu.
klo urusan BMW merci jadul itu laku juga om... tapi tipe spesifik aja kayak 318i M43 e36 / e46. soalnya image nya gaya tapi bensin irit...

323i / 325i apalagi seri 5 seri 7... laku setengah taun juga sukur.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kemalmakbar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
Location: Surabaya, Jawa Timur

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by kemalmakbar »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
1. Buat saya penting karena bisa mereduksi pengeluaran bulanan secara cukup signifikan
2. Kenyamanan seperti NVH dan kelembutan suspensi di mata saya juga menjadi faktor penting kalo konsumsi bbm mobil itu udah irit.
3. Kalo saya sih mending peremajaan biar gak repot-repot ganti sparepart kalo usia mobilnya udah tinggi. Lebih peace of mind menurut saya.
4. Saya enggak rela ngeluarin dana lebih buat dapetin mobil dengan kualitas yang setara mobil harian sebelumnya (in case kalau saya punya)
5. Buat saya, jelas pindah ke matic biar enak dipake di dalam kota
6. Kalo ada defect pada fitur-fitur tersebut mending saya stay away dari mobil-mobil yang punya defect itu
7. Brio gen 2 atau Mazda 2 Skyactiv
8. Sementara gak ada mobil harian saya.
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by nyotsaeba »

ChZ wrote:
nyotsaeba wrote: Fri Nov 17, 2023 3:14 Mau komen urusan resale value mobil tertentu jeblok :

Mobkas murni urusan supply vs demand, byk demand, harga pst tinggi.

Motuba macem avanza panther kisul masih nahan krn bisa dipake usaha om, baik travel atau angkutan. Yg penting jalan running cost rendah bbm busuk, parts kawe 999, servis gampang. Skrg bandingin aja sm motuba lain macam crv gen 2, 3, stream, odyssey, toyota alphard gen 1, NAV, or boil luxury bmw x3, x5 jadul, yg mau beli cuma user pribadi aja, itupun khusus yg punya nyali dan kantong buat operasional & maintenance.

Pasar mobkas yg likuid mayoritas diisi sm org yg ga mampu beli baru. Ngobrol sm sales mobkas skrg bilang ampun2an pasar. Mobkas diatas 300jt skrg susah bener jualnya, yg muter malahan harga 100jtan kyk yaris bapao, brv, rush. Kalangan gini biasanya sih sensitif sm biaya bbm ya, kalo bisa cari yg isi bensin pertalit 200rb bisa cukup pake tiap hari selama seminggu.
klo urusan BMW merci jadul itu laku juga om... tapi tipe spesifik aja kayak 318i M43 e36 / e46. soalnya image nya gaya tapi bensin irit...

323i / 325i apalagi seri 5 seri 7... laku setengah taun juga sukur.
Iya yak, yg penting tampilan elit dan bbm irit, nasih bisa laku lah wkwkwk.
Ujung2 nya org mau yg bbm irit, krn kan maunya mbl dipake tiap hari. Kl boros ya boncos. Kecuali punya 2 mbl, harian sm buat gaya, yg mana biasanya jarang lah beli second.

Lihat di diler mbl bks premium, km nya rendah2 abiss, 5 thn rata cm 20-30rb an, ada yg belasan rb malah. Kadang mikir jg ini beli mobil buat apaan yak, masa cuma weekend doang dipakenya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by ChZ »

nyotsaeba wrote: Fri Nov 17, 2023 3:34 Iya yak, yg penting tampilan elit dan bbm irit, nasih bisa laku lah wkwkwk.
Ujung2 nya org mau yg bbm irit, krn kan maunya mbl dipake tiap hari. Kl boros ya boncos. Kecuali punya 2 mbl, harian sm buat gaya, yg mana biasanya jarang lah beli second.

Lihat di diler mbl bks premium, km nya rendah2 abiss, 5 thn rata cm 20-30rb an, ada yg belasan rb malah. Kadang mikir jg ini beli mobil buat apaan yak, masa cuma weekend doang dipakenya.
kadang kalo mobil sese besar boros mewah ya ikhlas aja ditawar berapa sama bakul drpd jadi pajangan garasi menuh2in space... :mky_07: ujungnya yang bikin resale value jelek ya ini, lah wong lakunya aja sama pedege semua :mky_07:

dimari kadang orang kaya suka lucu lucu om mobil kebanyakan ampe lupa punya lah (ada beneran saking banyaknya mobil lupa punya mobilnya),

mobil kinyis2 kilometer seceng antara sayang dipakenya atau belinya dulu gak nyoba terus dipake kok gak enak. mangkrak deh di garasi krn mau dijual cuma ditawar murah ya disimpen aja buat jalan2.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by Ibet »

nyotsaeba wrote: Fri Nov 17, 2023 3:14 Mau komen urusan resale value mobil tertentu jeblok :

Mobkas murni urusan supply vs demand, byk demand, harga pst tinggi.

Motuba macem avanza panther kisul masih nahan krn bisa dipake usaha om, baik travel atau angkutan. Yg penting jalan running cost rendah bbm busuk, parts kawe 999, servis gampang. Skrg bandingin aja sm motuba lain macam crv gen 2, 3, stream, odyssey, toyota alphard gen 1, NAV, or boil luxury bmw x3, x5 jadul, yg mau beli cuma user pribadi aja, itupun khusus yg punya nyali dan kantong buat operasional & maintenance.

Pasar mobkas yg likuid mayoritas diisi sm org yg ga mampu beli baru. Ngobrol sm sales mobkas skrg bilang ampun2an pasar. Mobkas diatas 300jt skrg susah bener jualnya, yg muter malahan harga 100jtan kyk yaris bapao, brv, rush. Kalangan gini biasanya sih sensitif sm biaya bbm ya, kalo bisa cari yg isi bensin pertalit 200rb bisa cukup pake tiap hari selama seminggu.
ini saya perhatiin di fb marketplace juga sih om,
saya liat di salah satu grup jual beli merc lawas (w124, w202, dll) itu banyak sekali orang jual dan belum laku juga,
mungkin berat juga ngempanin bensin nya (?) dari yg harganya 30 jt sampe kelas kolektor pun sama

malah yg rame di range harga japanese econo box 90s 60-100 jt nah itu cepet sekali laku nya
terutama yg terkenal irit dan parts murah, kaya karimun kotak gitu cepet lakunya

di kelas 1200cc modern car 2010 up, jelas yg mayan nahan itu kaya brio - agya/ayla - vios - city etc

gatau alesannya, mungkin ya efisiensi kali ya, tadinya naik mobil cc 2000 up kerasa juga tuh bensin 15 rb nya

sementara section sedan yg harganya masih nahan malah soluna, starlet, dan yg saya liat lagi naik, city (08~13)
bejosupangat
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by bejosupangat »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
Tergantung mobilnya. Kalau A~B segment ya harus fuel efficient, tapi C segment above ya gak harus wong memang sudah nasibnya boros (clearly written in owner's manual on how thirsty they are), except probably hybrids.

2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
Ya, irit tapi sakit pinggang / fanny / dengkul / elbow karena poorly-designed ergonomics ya buat apa.

3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
Kalau sekarang ini mobil preferensi saya semakin langka populasi brand new car nya, jadi ya saya keep jangka panjang saja (either nanti jadi classic atau jadi scrap).

4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu [cencored]
Inevitable, mau tidak mau ya tambah uang untuk retain di segment yang sama.

5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
Saya tetap & akan cari manual (which is a dying species), walaupun saya juga ada automatic gearbox tapi ini tidak dicari (adanya itu untuk mobil yang dimaksud).

6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
Bukan yang utama tadi nice to have kalau terpaksa (toh ADAS bisa deactivated walaupun mesti terus menerus karena dia by default akan active).

7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
Something with manual gearbox, A / B segment hatchback / saloon.

8 apa mobil harian anda saat ini?
Ignis 5MT 890 kgs go-kart (irit banget) & H-1 2.4 petrol 4AT 2.5-tonnes behemoth (boros banget)
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by pendoli »

1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
Ngga si. Harian gw <30km avg itu juga ga setiap hari keluar

2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
Woiya jelas

3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
Gw sebenernya penganut make mobil jangka panjang, kecuali kebutuhannya berubah. Kebetulan 7 tahun terakhir memang kebutuhan berubah2
Vios ke sienta karena sientanya gratis
Sienta ke voxy karena ternyata butuh yg gedean
Voxy dijual karena redundant mertua beli alphard dan ertiga
GLA diganti f30 karena mau lebih nyaman reliable dan hemat 🤭
e39…. belum rela ganti tapi sebenernya redundant sama f30. pure emosi saja 😅 dalam hal ini dia kalah fungsi sama airev buat mobil blusukan gang dan hemat (kebetulan ini niche yg ga ada di rumah)

4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?


Kalau bisa ya selalu lebih baik atau setidaknya setara

5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
Selalu matic si gw

6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
Sensing otonom: ga tertarik
Epb: ga suka
Dashcam: bisa nambah sendiri
Airbag abs vsc: e39 dah ada (walau kadang modul mati wkwk)

7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
Kayanya SUV EV menarik, bisa melipat semua mobil jadi satu. Bini maunya iX , gw malah kepikirnya volvo itu atau ioniq, walau budget kayajya lebi cocok ke mg zs ev 🤣 enaknya EV ya setidaknya NVH defaultnya lebih dikit drpd ice…

8 apa mobil harian anda saat ini?
F30 2019
E39 2001
Airev 2023
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by nyotsaeba »

Ibet wrote:
nyotsaeba wrote: Fri Nov 17, 2023 3:14 Mau komen urusan resale value mobil tertentu jeblok :

Mobkas murni urusan supply vs demand, byk demand, harga pst tinggi.

Motuba macem avanza panther kisul masih nahan krn bisa dipake usaha om, baik travel atau angkutan. Yg penting jalan running cost rendah bbm busuk, parts kawe 999, servis gampang. Skrg bandingin aja sm motuba lain macam crv gen 2, 3, stream, odyssey, toyota alphard gen 1, NAV, or boil luxury bmw x3, x5 jadul, yg mau beli cuma user pribadi aja, itupun khusus yg punya nyali dan kantong buat operasional & maintenance.

Pasar mobkas yg likuid mayoritas diisi sm org yg ga mampu beli baru. Ngobrol sm sales mobkas skrg bilang ampun2an pasar. Mobkas diatas 300jt skrg susah bener jualnya, yg muter malahan harga 100jtan kyk yaris bapao, brv, rush. Kalangan gini biasanya sih sensitif sm biaya bbm ya, kalo bisa cari yg isi bensin pertalit 200rb bisa cukup pake tiap hari selama seminggu.
ini saya perhatiin di fb marketplace juga sih om,
saya liat di salah satu grup jual beli merc lawas (w124, w202, dll) itu banyak sekali orang jual dan belum laku juga,
mungkin berat juga ngempanin bensin nya (?) dari yg harganya 30 jt sampe kelas kolektor pun sama

malah yg rame di range harga japanese econo box 90s 60-100 jt nah itu cepet sekali laku nya
terutama yg terkenal irit dan parts murah, kaya karimun kotak gitu cepet lakunya

di kelas 1200cc modern car 2010 up, jelas yg mayan nahan itu kaya brio - agya/ayla - vios - city etc

gatau alesannya, mungkin ya efisiensi kali ya, tadinya naik mobil cc 2000 up kerasa juga tuh bensin 15 rb nya

sementara section sedan yg harganya masih nahan malah soluna, starlet, dan yg saya liat lagi naik, city (08~13)
Kenyataan pahit: harga bbm naiknya lbh cepat dr kenaikan income rakyat indo kebanyakan.

Hitungan real : awal 2000an lulus mulai kerja gaji 1,8 jt. Bbm waktu itu sy inget sekitar 1150/l premium, mayoritas semua mbl jepun bisa lah nenggak selang kuning. Gaji sebulan setara 1562l bbm premium.

Sekarang 1562l pertalit aja setara 15,62jt, kerja dimana fresh grad bisa dpt gaji segitu? Apalg kl itungnya nanti pake pertamax saat pertalite dibatasin.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by zonepublic »

nyotsaeba wrote: Fri Nov 17, 2023 3:34
ChZ wrote:
nyotsaeba wrote: Fri Nov 17, 2023 3:14 Mau komen urusan resale value mobil tertentu jeblok :

Mobkas murni urusan supply vs demand, byk demand, harga pst tinggi.

Motuba macem avanza panther kisul masih nahan krn bisa dipake usaha om, baik travel atau angkutan. Yg penting jalan running cost rendah bbm busuk, parts kawe 999, servis gampang. Skrg bandingin aja sm motuba lain macam crv gen 2, 3, stream, odyssey, toyota alphard gen 1, NAV, or boil luxury bmw x3, x5 jadul, yg mau beli cuma user pribadi aja, itupun khusus yg punya nyali dan kantong buat operasional & maintenance.

Pasar mobkas yg likuid mayoritas diisi sm org yg ga mampu beli baru. Ngobrol sm sales mobkas skrg bilang ampun2an pasar. Mobkas diatas 300jt skrg susah bener jualnya, yg muter malahan harga 100jtan kyk yaris bapao, brv, rush. Kalangan gini biasanya sih sensitif sm biaya bbm ya, kalo bisa cari yg isi bensin pertalit 200rb bisa cukup pake tiap hari selama seminggu.
klo urusan BMW merci jadul itu laku juga om... tapi tipe spesifik aja kayak 318i M43 e36 / e46. soalnya image nya gaya tapi bensin irit...

323i / 325i apalagi seri 5 seri 7... laku setengah taun juga sukur.
Iya yak, yg penting tampilan elit dan bbm irit, nasih bisa laku lah wkwkwk.
Ujung2 nya org mau yg bbm irit, krn kan maunya mbl dipake tiap hari. Kl boros ya boncos. Kecuali punya 2 mbl, harian sm buat gaya, yg mana biasanya jarang lah beli second.

Lihat di diler mbl bks premium, km nya rendah2 abiss, 5 thn rata cm 20-30rb an, ada yg belasan rb malah. Kadang mikir jg ini beli mobil buat apaan yak, masa cuma weekend doang dipakenya.
Nah itu maksudnya,contoh sampelnya nih,harga bekas toyota alpard 2006 harganya cuma 2x yaris 2006 padahal harga baru di jamannya alpard 3,5x yaris
harga bekas Honda accord 2010 harganya bahkan lebih murah daripada honda jazz/city RS 2010,padahal barunya accord 3x jazz/city
Bikin ngiler ga tuh klo di marketplace mokas kaya gt makannya saya bikin trid ini krn klo lihat dr 10 responden poin no 1 8 responden masih mementingkan kons irit bahan bakar,beda dengan jaman 10-20 tahun lalu mungkin bisa 50% yg mentingin kons bbm
Ini saya bicara regional indonesia lho,mungkin klo di luar negeri spt amerika bisa beda krn di amerika cc mobil besar2 smua yg laku,mobil bawah 2000cc ga laku disana meskipun bbm di amerika lbh mahal
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by nyotsaeba »

zonepublic wrote:
nyotsaeba wrote: Fri Nov 17, 2023 3:34
ChZ wrote: klo urusan BMW merci jadul itu laku juga om... tapi tipe spesifik aja kayak 318i M43 e36 / e46. soalnya image nya gaya tapi bensin irit...

323i / 325i apalagi seri 5 seri 7... laku setengah taun juga sukur.
Iya yak, yg penting tampilan elit dan bbm irit, nasih bisa laku lah wkwkwk.
Ujung2 nya org mau yg bbm irit, krn kan maunya mbl dipake tiap hari. Kl boros ya boncos. Kecuali punya 2 mbl, harian sm buat gaya, yg mana biasanya jarang lah beli second.

Lihat di diler mbl bks premium, km nya rendah2 abiss, 5 thn rata cm 20-30rb an, ada yg belasan rb malah. Kadang mikir jg ini beli mobil buat apaan yak, masa cuma weekend doang dipakenya.
Nah itu maksudnya,contoh sampelnya nih,harga bekas toyota alpard 2006 harganya cuma 2x yaris 2006 padahal harga baru di jamannya alpard 3,5x yaris
harga bekas Honda accord 2010 harganya bahkan lebih murah daripada honda jazz/city RS 2010,padahal barunya accord 3x jazz/city
Bikin ngiler ga tuh klo di marketplace mokas kaya gt makannya saya bikin trid ini krn klo lihat dr 10 responden poin no 1 8 responden masih mementingkan kons irit bahan bakar,beda dengan jaman 10-20 tahun lalu mungkin bisa 50% yg mentingin kons bbm
Ini saya bicara regional indonesia lho,mungkin klo di luar negeri spt amerika bisa beda krn di amerika cc mobil besar2 smua yg laku,mobil bawah 2000cc ga laku disana meskipun bbm di amerika lbh mahal
Lihat hitungan sy di post atas om, dl tahun 2000an fresh grad sy piara feroza jadul yg bbm nya kyk tangki bocor, dalkot 1:6-7 max, itu ga masalah.
Skrg pake mobil rakyat jelata yg konsumsi segitu sih ogah wkwkwk
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by farizfsa »

1 untuk daily ga mikirin konsumsi bensin, PP kantor cuma 12km. sehari mobil abis lah seliter, hampir 2 bulan sekali baru isi full tank.

2 NVH dan build quality penting, karena banyak di dalam mobil, jadi harus halus dan enak.

3 yes, apa lg kalo mbl ga rewel dan mbl2 baru teknologi nya masih oke dan ga kalah sama mbl zaman now. mbl zaman now aja blm tentu ada fitur2 di mbl2 saya skrg wwkwkw.

4 5-8 tahun lah biar ga bosen, tp biasanya ga ganti malah nambah xixix

5 yes harus matic, kecuali mbl bak masih harus manual

6 ya harus kekinian deh, kl sensing2 an ga penting2 amat, minimal cruise control wajib.

7 kepikiran S400 hybrid W222 sama alphard hybrid, kayanya nyaman

8 bmw 520d/Lexus ES300h/VW Tiguan Allspace
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by lexnic »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
saya coba kasih jawaban mnurut pandangan pribadi. sblm menjawab pertanyaan2 tdi, di rmh kita ada 2 mobil:
1. GNKI 2KD 4AT keluaran 2013 (yg msh belum jdi barong).
2. All new livina 4AT keluaran 2019.
dua2nya beli dri baru dan service record tercatat dgn jelas. keduanya dipake gantian, tergantung yg mana yg lg ada di luar. seminggu sekali tukar posisi, misal mobil 1 minggu ini di luar terus maka minggu depan mobil 1 masuk garasi & mobil 2 yg di luar dst.

nah, utk jawaban atas pertanyaan2 TS:
1. apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
ANS: penting, tapi mnurut saya yg lbh penting adalah konsumsi BBM sebanding dgn performa mobilnya.

2. apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
ANS: jelas dong, klo gk mnding motoran aja.

3. apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
ANS: selama kondisi msh bagus & nyaman dipake, ya dipertahankan. soalnya saya termasuk orang yg klo pake barang selalu hati2.

4. jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
ANS: idem dgn no 3. saya hanya pertimbangin beli baru klo misal mobil yg skrg dirasa udh bener2 gk enak.

5. apakah anda memilih pindah dari mobil trAmisi manual ke trAmisi automatic (apapun jenis trAmisinya) untuk mobil harian?
ANS: pada dasarnya, saya suka nyetir om. jdi mau manual ato automatic gk mslh (biarpun msti macet2an). :mky_01:

6. apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
ANS: yg sifatnya esensial (misal airbag, ABS, parking sensor, corner sensor) wajib ada, tapi sisanya (misal EPB, kamera 360, sunroof) gk pnting.

7. apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
ANS: saya udh puas dgn 2 mobil yg ada di rmh. tapi klo memungkinkan, saya kpingin pnya BMW E46 325i yg facelift. :big_peace:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by XMTdeluxe »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 jadi sekalian mau sebar kuesioner

1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
Jelas. Bisa pertalite atau tidak juga sangat penting.

2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
Better NVH tidak, built quality (durability, aftersales) sangat penting lebih dari konsumsi BBM.

3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) apapun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
Sebenarnya tidak, justru kalau bisa habis masa garansi langsung trade in lagi. Syaratnya yang baru : Durability, konsumsi BBM minimal sama. NVH (Kenyamanan) harus meningkat. Harga reasoneable.

4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,......anda pilih mana? .........anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
Menambah dana maksimal 2 kali dari harga mobil harian sekarang. Misal mobil sekarang beli barunya 150 juta, 3 tahun lagi maksimal budget 300 juta. 225 juta (1,5 kali) paling ideal. Kualitas jelas tidak setara (teknologi, kenyamanan). Kalau tebal plat dll, nggak terlalu mikirin karena ini mobil harian. Bukan mobil weekend atau mobil kondangan.

5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
Jelas. Bahkan utk mobil weekend saja prefer metik. Sekali nyoba metik dan terbiasa, sudah malas pakai manual lagi.

6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
Cukup safety aktif standar seperti : Airbag 2, ABS EBD VSC, lain-lainnya over requirement. Low risk Low maintenance syarat utama mobil harian bagi saya. Bahkan hybrid sempurna mild macam di ertiga adalah kekurangan bagi saya, kecuali memang mobil hybrid spt yarcross yang sengaja mempertimbangkan efisiensi bahan bakar. CVT pun sebenarnya minus point daripada torque converter, tapi tidak terlalu menentukan (karena pilihannya sudah mayoritas kesana, tdk banyak pilihan).

7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
New Baleno HB AT. Tapi kalau mobil harian yg sekarang mau agak lama dipertahankan (misal sampai 5 tahun) pengennya sih nambah sedan2 kayak camry, altis, accord atau W204/W211/W212. Sekarang mobil tempur semua ada nya. Boring...

8 apa mobil harian anda saat ini?
Ayla type R 1.2 AT 3NR-VE. Badass banget ini mobil ternyata. Mechanical nya juara, nggak nyangka... trims Om2 disini atas sharingnya dulu.

terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Sama-sama Om, very nice thread :big_deal: :big_smile]


Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil

Sama Om, saya pengennya naik motor. Sayangnya saya nggak bisa dan belum berani. Padahal sepedaan bisa :big_childish:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Fri Nov 17, 2023 5:39 Ini saya bicara regional indonesia lho,mungkin klo di luar negeri spt amerika bisa beda krn di amerika cc mobil besar2 smua yg laku,mobil bawah 2000cc ga laku disana meskipun bbm di amerika lbh mahal
Di amrik ga akan ngalami 2000 sese konsumsi 1:6. Mobil sese besar di sana itu kebutuhan. Efficiency max ga akan tercapai dgn citycar 1200cc dengan jalan extra lebar dan panjang blm size nya ngga akan muat dgn rata2 penduduk. Jazz aja ngga laku.

2000-3000 sese di freeway ga berasa boros sih pasti.

Di amrik orang kere aja pake minivan mesin V6. Mobil bwt rakyat sana sama kayak motor disini. Rakjat sana ya ga minta bbm yang harganya setengah dollar krn emang incomenya juga beda.

Ya bayangin aja standar ngopinya starbak goban se cup itu harian kelas kuli, dimari starling atau sasetan. Dimari starbak dipuja gen Z minuman fancy gaul di sono minuman supir truck. Wkwkwkwk. Supir truck di sini minum starbak ya bisa.... Bisa puasa sebulan.

Yg mahal di sono itu rumah. Indo yg mahal dua duanya. Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 213
Joined: Wed Jan 25, 2017 1:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by levofloxacine »

ChZ wrote: Fri Nov 17, 2023 6:28
zonepublic wrote: Fri Nov 17, 2023 5:39 Ini saya bicara regional indonesia lho,mungkin klo di luar negeri spt amerika bisa beda krn di amerika cc mobil besar2 smua yg laku,mobil bawah 2000cc ga laku disana meskipun bbm di amerika lbh mahal
Di amrik ga akan ngalami 2000 sese konsumsi 1:6. Mobil sese besar di sana itu kebutuhan. Efficiency max ga akan tercapai dgn citycar 1200cc dengan jalan extra lebar dan panjang blm size nya ngga akan muat dgn rata2 penduduk. Jazz aja ngga laku.

2000-3000 sese di freeway ga berasa boros sih pasti.

Di amrik orang kere aja pake minivan mesin V6. Mobil bwt rakyat sana sama kayak motor disini. Rakjat sana ya ga minta bbm yang harganya setengah dollar krn emang incomenya juga beda.

Ya bayangin aja standar ngopinya starbak goban se cup itu harian kelas kuli, dimari starling atau sasetan. Dimari starbak dipuja gen Z minuman fancy gaul di sono minuman supir truck. Wkwkwkwk. Supir truck di sini minum starbak ya bisa.... Bisa puasa sebulan.

Yg mahal di sono itu rumah. Indo yg mahal dua duanya. Wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk.
di indo bukannya rumah murah pake banget om dibanding luar negeri, negara maju macam amrik, kanada, jepun, korea harga rumah sepentil ampun2an, di indo modal 2-3 M udah dapet landed house lumayan :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by ChZ »

levofloxacine wrote: Fri Nov 17, 2023 7:45
di indo bukannya rumah murah pake banget om dibanding luar negeri, negara maju macam amrik, kanada, jepun, korea harga rumah sepentil ampun2an, di indo modal 2-3 M udah dapet landed house lumayan :big_think:
kalo di pikir2 bener juga ya om di sini mah orang gaji puluhan jut aja masih kebeli tuh rumah tapak. walaupun kalo di jabodetabek case nya ya di bodetabek bgt. wakakkakaka.

di kanada sepupu ane yg tinggal gaji udah ratusan jut di rupiahin, ya tetep ngontrak apartment bareng pacarnya :ungg: diceritain bokapnya, rumah emang udah gila di kanada harganya pada level kg kebeli. keknya buat mafia2 cuci duit doang itu properti :mky_07: ampe pada level mending ngontrak seumur idup daripada beli rumah tapak krn lebih murah jauh.

emang standar kelayakan hidupnya beda. wkwkwkwkkwkwkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9683
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Nov 17, 2023 7:56
levofloxacine wrote: Fri Nov 17, 2023 7:45
di indo bukannya rumah murah pake banget om dibanding luar negeri, negara maju macam amrik, kanada, jepun, korea harga rumah sepentil ampun2an, di indo modal 2-3 M udah dapet landed house lumayan :big_think:
kalo di pikir2 bener juga ya om di sini mah orang gaji puluhan jut aja masih kebeli tuh rumah tapak. walaupun kalo di jabodetabek case nya ya di bodetabek bgt. wakakkakaka.

di kanada sepupu ane yg tinggal gaji udah ratusan jut di rupiahin, ya tetep ngontrak apartment bareng pacarnya :ungg: diceritain bokapnya, rumah emang udah gila di kanada harganya pada level kg kebeli. keknya buat mafia2 cuci duit doang itu properti :mky_07: ampe pada level mending ngontrak seumur idup daripada beli rumah tapak krn lebih murah jauh.

emang standar kelayakan hidupnya beda. wkwkwkwkkwkwkw.
LN itu kebutuhan pangan dan papan luar biasa value nya

tp giliran sekunder dan tertiernya, on par valuenya sama di Indo
makanya mereka gak kenal nyicil ipon 15 pro max, dkk :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by esaka »

1. Nope. Bini gw yang mikir.
2. Yes. Peredaman lebih baik, naikan lebih enak itu wajib nomor satu.
3. Yes. Cari yang kualitasnya sama dari segi durabilitas, NVH, dan abuse-able.
4. Beli yang bikin puas supaya nggak ngeluh.
5. Nope. Driving is a skill not for play-play. Manual for life. Gw udah nyoba metik dan gw lebih gampang ngantuk daripada naik manual. :big_biglaugh:
6. Semakin yakin untuk tidak ganti. Driving is a skill. Jadi ada unsur tanggung jawabnya. Too much distraction while driving is just bad.
7. Innova Reborn, Harrier, atau Lexus RX (semuanya seken)
8. Kijang Innova 2.0V tahun 2005.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by pendoli »

Suryaputra wrote: Fri Nov 17, 2023 8:51 [
makanya mereka gak kenal nyicil ipon 15 pro max, dkk :big_biglaugh:
Pada nyicil kok.. pake kontrak pascabayar…
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by zonepublic »

Suryaputra wrote: Fri Nov 17, 2023 8:51
ChZ wrote: Fri Nov 17, 2023 7:56
levofloxacine wrote: Fri Nov 17, 2023 7:45
di indo bukannya rumah murah pake banget om dibanding luar negeri, negara maju macam amrik, kanada, jepun, korea harga rumah sepentil ampun2an, di indo modal 2-3 M udah dapet landed house lumayan :big_think:
kalo di pikir2 bener juga ya om di sini mah orang gaji puluhan jut aja masih kebeli tuh rumah tapak. walaupun kalo di jabodetabek case nya ya di bodetabek bgt. wakakkakaka.

di kanada sepupu ane yg tinggal gaji udah ratusan jut di rupiahin, ya tetep ngontrak apartment bareng pacarnya :ungg: diceritain bokapnya, rumah emang udah gila di kanada harganya pada level kg kebeli. keknya buat mafia2 cuci duit doang itu properti :mky_07: ampe pada level mending ngontrak seumur idup daripada beli rumah tapak krn lebih murah jauh.

emang standar kelayakan hidupnya beda. wkwkwkwkkwkwkw.
LN itu kebutuhan pangan dan papan luar biasa value nya

tp giliran sekunder dan tertiernya, on par valuenya sama di Indo
makanya mereka gak kenal nyicil ipon 15 pro max, dkk :big_biglaugh:
Labour cost di amerika jauh lebih tinggi dari negara lain sih,makannya final goal orang di negara manapun selalu negara paman sam
Klo produk2 tersier sih murah karena domestik produk sana dan diproduksi pake mesin di negara seperti cina
Pangan sebenernya bisa murah dengan rekayasa genetik bioteknologi,tapi orang sana juga aware dan tidak mau konsumsi produk hasil rekayasa genetik gituan,klo di sini pasti laku karena orang sini tidak aware
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by kendibocor »

pendoli wrote: Fri Nov 17, 2023 12:12
Suryaputra wrote: Fri Nov 17, 2023 8:51 [
makanya mereka gak kenal nyicil ipon 15 pro max, dkk :big_biglaugh:
Pada nyicil kok.. pake kontrak pascabayar…
Ngomongin ipon, disini sebenernya jg si authorized reseller itu pd tau kok barang segitu harganya uda ga masuk ke mayoritas orang sini, makanya uda brp tahun ini harga ga naek2 diteken kurleb segituan. Sama promo pake cc gila2an sampe disc cicilan 2-3 bulan. Kalo orng indo disuruh beli cash hape 25 jt tanpa ada promo ini itu ya babak belur lah itu penjualan. Harga cash segitu berarti 5 bulan umr jkt loh. Tp hebatnya cicilan gitu, orng gaji umr aja bisa beli. Bawahan gw gaji sedikit diatas umr aja kebeli kok dengan nyicil, entah nyicil pake cc apa pinjol. Nah gw aja masi pake ipon 7s bekas bini :big_weee:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Nov 17, 2023 8:51
LN itu kebutuhan pangan dan papan luar biasa value nya

tp giliran sekunder dan tertiernya, on par valuenya sama di Indo
makanya mereka gak kenal nyicil ipon 15 pro max, dkk :big_biglaugh:
itu menurut ane pe er terbesarnya govt indo. gmn nyenengin "mafia mafia" properti sambil tetep meratiin hajat hidup rakyatnya. :upss:

LN macem jepang korea amrik si udah nemu sweet spotnya. amrik orang ga bisa beli tapi ngontrak masih masuk akal. wong urusan kontrakan aja di regulasi banget si pemilik properti ga bsa sembarangan naikin harga kontrakan krn si pengontrak boleh nolak kalo dinaikin :upss:

emang macem sini, kontrakan dipake bisnis, bisnisnya laku dikit harga kontrak auto dinaikin ampe yang ngontrak ga betah :upss: terus kontrakan kaga dilanjutin, dibuat bisnis yang serupa eh malah kg laku, mampus aja lah oportunis2 macem gini :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Fri Nov 17, 2023 12:16
Labour cost di amerika jauh lebih tinggi dari negara lain sih,makannya final goal orang di negara manapun selalu negara paman sam
Klo produk2 tersier sih murah karena domestik produk sana dan diproduksi pake mesin di negara seperti cina
Pangan sebenernya bisa murah dengan rekayasa genetik bioteknologi,tapi orang sana juga aware dan tidak mau konsumsi produk hasil rekayasa genetik gituan,klo di sini pasti laku karena orang sini tidak aware
lbh tepatnya, globalisasi ploduk2 amerika yang bikin begini :upss: barang yg dipersepsikan "biasa" dan sehari-hari oleh rakjat amrik, sama rakjat sini dianggep mewah.

contoh ipon, starbak, mekbuk, mekdonal, kaepci, dll. iya, bwt orang kismin makan kaepci dan mekdi itu mewah. tp skrg kaepci yang core businessnya jualan ayam jg mulai rada terancam dan skrg liat kaepci relatif sepi. krn orang jualan ayam goreng crispy yg harga 15 rebu udah sama nasi dan minum. kaepci paket 30 40 rebu baru dapet minum :upss: terakhir2 liat gerai kaepci aja jual paket berdua 40 rebu dapet 2 ayam 2 nasi ntah itu ayamnya se imut apa :upss:

kl aipun ya jelas lah, barang produksinya dimana, dimari masih kena cukai hampir kaya mobil. gimana ngga mahal. mangkanya kesian rakjat indo ini, income lebih rendah jauh dari luar, tp dibebani barang2 yang lebih mahal. enaknya sih sekarang kalo punya kerjaan di bayar USD org standarnya ngikut sono, gajinya bisa lebih tinggi jauh drpd manajer perush lokal dimari :upss:

ga heran tuh amrik ngamuk2 skrg. asia ud berdikari terutama china. blom skrg sentimen isu panas israel palestin yang pada boikot boikot produk mereka.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Fri May 28, 2021 16:02

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by silenzo »

zonepublic wrote: Thu Nov 16, 2023 14:15 ngobrolin mobil harian yuk,di marketplace jubel mokas banyak sekali mobil2 >5 tahun yg bagus2 dijual sampe bingung
tapi yang bikin heran mobil diesel Tua dari panther,kijang disel sampe mitsubishi kuda,apalagi innova 2kd tahun 90an sampai 5 tahun kebelakang yg kondisinya udah parah2 tapi peminatnya tetap banyak,harganya bertahan kuat sedangkan mobil SUV,sedan2 mid dan premium yang berbahan bakar bensin turun terus apalagi yg ber kapasitas CC besar >1500cc seperti Honda CRV,accord,toyota camry,nissan xtrail,serena
contoh sampel harga baru Honda CRV 2.4,Nissan Xtrail ,honda accord VTIL 2010 dan Kijang Innova Diesel G 2010 lebih mahal honda CRV 2.4,xtrail dan accord 2x lipat tapi harga bekasnya Kijang innova diesel malah lebih mahal,sekarang harga CRV 2.4 sama dengan harga Jazz RS untuk tahun yang sama
jadi sekalian mau sebar kuesioner
1 apakah konsumsi BBM penting untuk mobil harian anda?
2 apakah kenyamanan (better NVH,built quality yang bagus) menjadi syarat lebih penting daripada konsumsi bbm untuk mobil harian anda?
3 apakah anda memilih mempertahankan mobil berumur (5 tahun lebih) appaun alasannya (kualitas lebih bagus,depresiasi harga jual kembali,dll) atau peremajaan ganti mobil baru untuk mobil harian anda,kalau GANTI MOBIL apa syarat anda dalam memilih pengganti mobil harian anda?
4 jika anda memilih GANTI MOBIL BARU tiap beberapa tahun,kita tahu bahwa kualitas mobil jaman sekarang menurun jauh dari segi ketebalan plat,built quality dibanding mobil keluaran 10-20 tahun lalu
cuma sekarang digantikan dengan banyaknya tambahan fitur2,misal avanza,ertiga 10 tahun lalu harganya under 200 juta , innova,civic 10 tahun lalu harga under 350 juta
saat ini kijang innova,honda civic harganya udah 2x lipatnya 700-800 juta atau avanza ertiga yang menyentuh hampir 400 juta dan jika anda mau ganti mobil harian anda sekarang anda pilih mana? dengan dana yang sama tapi anda mendapatkan mobil yg kualitas dan kelasnyanya turun 1-2 tingkat dari mobil anda sebelumnya atau anda rela menambah dana 1-2x lipat ketika anda beli mobil harian anda dulu DITAMBAH harga bekas mobil harian anda untuk mendapatkan mobil dengan kualitas setara dengan mobil harian anda beli sebelumnya?
5 apakah anda memilih pindah dari mobil transmisi manual ke transmisi automatic (apapun jenis transmisinya) untuk mobil harian?
6 apakah perkembangan teknologi mobil baru melalui fitur2 seperti sensing2 semi autonomus,sensor2,electronic parking brake,fitur keamanan dashcam,airbag,abs di mobil keluaran terbaru membuat anda tertarik untuk pindah ke mobil baru untuk harian atau malah takut dan tidak mau ganti?
7 apa incaran anda untuk mobil harian saat ini?
8 apa mobil harian anda saat ini?
terima kasih telah berpartisipasi meladeni kegabutan saya :big_biglaugh: :big_peace:

Btw saya pribadi sih jarang naik mobil karena saya orangnya tidak sabaran,jadi prefer motoran,liburan ke jogja aja motoran karena menghemat separo waktu daripada naik mobil
1. Ya
2. Tidak.
3. Mempertahankan.
4. Menambah dana.
5. Ya.
6. Ya.
7. Tidak ada.
8. Veloz CVT Q TSS.
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: (bincang bincang gabut) MOBIL HARIAN

Post by lexnic »

ChZ wrote: Sat Nov 18, 2023 3:09
zonepublic wrote: Fri Nov 17, 2023 12:16
Labour cost di amerika jauh lebih tinggi dari negara lain sih,makannya final goal orang di negara manapun selalu negara paman sam
Klo produk2 tersier sih murah karena domestik produk sana dan diproduksi pake mesin di negara seperti cina
Pangan sebenernya bisa murah dengan rekayasa genetik bioteknologi,tapi orang sana juga aware dan tidak mau konsumsi produk hasil rekayasa genetik gituan,klo di sini pasti laku karena orang sini tidak aware
lbh tepatnya, globalisasi ploduk2 amerika yang bikin begini :upss: barang yg dipersepsikan "biasa" dan sehari-hari oleh rakjat amrik, sama rakjat sini dianggep mewah.

contoh ipon, starbak, mekbuk, mekdonal, kaepci, dll. iya, bwt orang kismin makan kaepci dan mekdi itu mewah.
yg bikin tren ini emg kurang ajar sih hahaha. barang yg biasa aja malah kesannya jdi mewah. IMO, bukan bermaksud jelek ya, setarbak ini rasanya biasa aja (cuma menang merk doang). msh banyak brand kopi lain yg rasanya jauh lbh enak dan beberapa malah harganya lbh masuk akal. mekdi, kaepci, raja burger, dkk ini pdhl kelasnya fast food dan tergolong gk sehat lho, tapi malah dianggap "mewah" sama orang sini..
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]