Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by MrRichardhn »

Siang semua, ingin tanya-tanya rekomendasi mobil pengganti Harrier orangtua di rumah.

Kebetulan Harrier kami tahun ini sudah habis asuransinya, dan tidak bisa diperpanjang lagi setelah 15 tahun minta terus ke agen asuransinya untuk diperpanjang hehe. Harrier ini seringkali dipakai oleh orangtua untuk perjalanan luar kota Jakarta-Bandung, tidak jauh-jauh amat tapi treknya terbukti cukup membuat Harrier kami kewalahan di usianya sekarang. Juga pastinya ada beberapa part yang perlu diremajakan sesegera mungkin karena faktor usia. Kalau saya yang pakai mungkin bakal tenang-tenang aja, toh mobilnya masih enak, parts berlimpah, dan servisnya pun juga mudah. Tapi orangtua saya lebih memilih mobil baru dengan alasan "ease of mind", dan juga dengan adanya asuransi, masih bisa kalau terjadi apa-apa di jalan ketika dipakai mobilnya.
20231206_114616.jpg

Kriteria mobil yang diinginkan orangtua adalah mobil baru atau bekas yang:
- Bukan Sedan, karena orangtua sudah terbiasa dengan posisi menyetir Harrier.
- Punya bantingan suspensi yang nyaman ketika dipakai di tol, khususnya jalan layang MBZ.
- Mobil masih bisa nunggak bensin RON 92, dengan konsumsi BBM sama atau lebih irit dari Harrier.
- Masih bisa disetir sendiri kalau lagi tidak ada supir (alias tidak besar ukurannya)
- Untuk mobil bekas, umur mobil maksimal 5 tahun.
- Harga dibawah 1m


Agak banyak ya persyaratannya, tapi pada akhirnya setelah menonton beberapa review di youtube dan membaca banyak thread di SM dan forum-forum lainnya. Sejauh ini listnya adalah:

Mobil baru:
- Honda CRV RS Hybrid (Masalahnya si Hybrid ini sudah menyentuh angka 8xx buat sebuah CRV, BQ nothing special tapi cukup solid, bahan jok kulitnya agak bikin geleng-geleng kepala)
- Honda CRV RS Turbo (Sama kayak di atas, tapi harga beli lebih murah namun masih mahal di 7xx, jok baris ke-3 pun gak guna juga malah makan ruang bagasi)
- Mazda CX5 (Ukurannya pas, harga masih di 6xx tapi duduk di baris ke-2 lebih sempit. BQ dan bahan interior bagus, cuma masih skeptis dengan reliability, spareparts not widely available, dan juga cerita horror STNK & BPKB keluarnya lama minta ampun)
- Toyota Voxy R90 (menang di aspek CBU Jepang, yang berarti BQ bagus. Harga pun masih di 6xx rendah. Ukuran mobil overall lebih pendek dan tidak selebar Harrier, tapi katanya agak boyo ya kalau di tol?)
- Toyota Innova Zenix V/Q Hybrid (Ini masih 50:50 karena masih nunggu improvement, BQ masih agak meh, keluar-masuk kabin agak aneh karena lantainya tinggi, tapi menang di brand reliability dan image mobilnya yang bisa dipakai kemana saja tanpa mengundag rasa iri)
- Toyota Innova Zenix V Gasoline (pemikiran yang sama dengan hybrid, tapi sepertinya ini bakal jauh lebih awet untuk pemakaian jangka panjang tapi harus mengorbankan keiritan bensin)

Mobil bekas:
- Lexus RX300 Luxury 2018-2022 (Secara spiritual, cocoknya memang upgrade ke ini. Tapi bensinnya harus RON 95 keatas, dan artinya running costnya berbeda cukup signifikan)
- Honda Odyssey RC 2019 (Facelift dan pre-Honda Sensing, HU masih full touch sensitive tombolnya tapi no big deal sih)
- Honda Odyssey RC 2021 (Facelift dan sudah Honda Sensing, HU sudah Carplay dan Android Auto juga ada tombol fisik buat volume dan tuning)

Sekian dilema saya saat ini. Mohon rekomendasinya, maklum saya masih agak newbie kalau bahas-bahas mobil agak baru jadi manatau ada yang punya rekomendasi mobil yang yang lebih pas :big_childish:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by kendibocor »

Dengan harga mbl yg makin ugal2an, harga CX5 masih masuk akal sih sebenernya. Coba aja tanya disc akhir tahun dpt brp. Reliability gawsa pusing, wong platform masih sama kayak gen 1. Mesin ga pernah denger yg aneh2 uda 1 dekade lebih. Minusnya berasa usang aja uda end of life cyclenya. Zenix ya kepentok BQ yg substandar bwat mbl 600jt. Crv hybrid? Mending ioniq 5 sekalian kayanya crv turbo harganya rada2 ngawur. Voxy sebenernya good choice kalo sering pergi rame2 atau baris 3 kepake tp mobil roti tawar tentu manuver ga lincah kaya suv. Apalagi dia cvt kan? Pas nanjak2 di cipularang kayanya bakalan rada kedodoran bwat mesin 2.0 NA. Tp ya ada supir paling duduk dibelakang toh?
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
bzt4
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LCGC

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by bzt4 »

dengan kriteria dan pilihan yg diberikan, kalo sy diposisi TS yg paling masuk sih crv turbo. apabila mau dipake 15 tahun lagi sih yg ICE aja. kalo dirasa crv ketinggian harganya, alternatif lain diluar itu semua ya hrv rs turbo, cuma bantingannya nggak se firm crv.
btw awet ya harriernya 15 thn masih low km. itu 2.4 atau airs?
note: sy bukan sales/fanboy.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by farizfsa »

Mertua ada pake rx300 2019 kali ya lupa, di cekokin pertalite km udh 70rb, yg KO cuma o2 sensor, kl scan diag yg lain aman.

Isi ron92 sekarang aman2 aja.

Kalo ga rx, alphard aja om, cari yg mesin 3.5, borosnya sm lah kaya harrier itu
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by dsign1990 »

IMHO ganti mobil kalau bukan karena faktor ekonomi yg lagi down , penggantinya minimal harus dari kelas yang setara, paling make sense ganti ke Lexus RX , dan kalau lihat riwayat pemakaian sebelumnya yang 15 th odo 99rb
an km , maka selisih Pertamax ke pertabo gak bakal gitu berasa
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by ChZ »

saran paling realistis : di test drive saja semuanya. mahal/enggak ya relatif. 800 juta CRV hybrid pada bilang mahal, laku-laku aja udah kyk kacang goreng di kampung saya tiap hari ketemu 1.

kalau luxury trimming interior ngaruh, definitely semua mobil baru yg disebutin gak ada yang masuk.

tapi kalau untuk no hassle dr pengalaman CRV turbo aja paling cocok. platform dan engine ini bandel banget udah proven sy aja rencana pakai CRV civic turbo ampe 10 thn lebih.

hybrid saya ga segitu sreg karena akan ada battery replacement yang costly (dan kapasitas akan nurun terus seiring usage, masalahnya capacity gak bisa diclaim ke warranty, jd ya sudah pasrah aja, lagi buat sy repot mobil punya 2 energy source. higher cost to maintain. udah bener pake 1 mesin aja).

antara CRV turbo, atau RX300 kalau peduli luxury trimming.

CX-5 udah aging model yg skrg. platform dan enginenya jg sudah waktunya afkir krn advantage skyactiv platformnya udah lama kesalip sama pabrikan2 dgn money dan resource lebih banyak malah mereka jual diri ke toyota biar bs survive.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by b0ku »

lah di bawah 1m napa gak ganti aja RX200T 800jtan buat 2018 :big_think:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by Pboyz97 »

MrRichardhn wrote: Wed Dec 06, 2023 13:08 Siang semua, ingin tanya-tanya rekomendasi mobil pengganti Harrier orangtua di rumah.

Kebetulan Harrier kami tahun ini sudah habis asuransinya, dan tidak bisa diperpanjang lagi setelah 15 tahun minta terus ke agen asuransinya untuk diperpanjang hehe. Harrier ini seringkali dipakai oleh orangtua untuk perjalanan luar kota Jakarta-Bandung, tidak jauh-jauh amat tapi treknya terbukti cukup membuat Harrier kami kewalahan di usianya sekarang. Juga pastinya ada beberapa part yang perlu diremajakan sesegera mungkin karena faktor usia. Kalau saya yang pakai mungkin bakal tenang-tenang aja, toh mobilnya masih enak, parts berlimpah, dan servisnya pun juga mudah. Tapi orangtua saya lebih memilih mobil baru dengan alasan "ease of mind", dan juga dengan adanya asuransi, masih bisa kalau terjadi apa-apa di jalan ketika dipakai mobilnya.

20231206_114616.jpg


Kriteria mobil yang diinginkan orangtua adalah mobil baru atau bekas yang:
- Bukan Sedan, karena orangtua sudah terbiasa dengan posisi menyetir Harrier.
- Punya bantingan suspensi yang nyaman ketika dipakai di tol, khususnya jalan layang MBZ.
- Mobil masih bisa nunggak bensin RON 92, dengan konsumsi BBM sama atau lebih irit dari Harrier.
- Masih bisa disetir sendiri kalau lagi tidak ada supir (alias tidak besar ukurannya)
- Untuk mobil bekas, umur mobil maksimal 5 tahun.
- Harga dibawah 1m


Agak banyak ya persyaratannya, tapi pada akhirnya setelah menonton beberapa review di youtube dan membaca banyak thread di SM dan forum-forum lainnya. Sejauh ini listnya adalah:

Mobil baru:
- Honda CRV RS Hybrid (Masalahnya si Hybrid ini sudah menyentuh angka 8xx buat sebuah CRV, BQ nothing special tapi cukup solid, bahan jok kulitnya agak bikin geleng-geleng kepala)
- Honda CRV RS Turbo (Sama kayak di atas, tapi harga beli lebih murah namun masih mahal di 7xx, jok baris ke-3 pun gak guna juga malah makan ruang bagasi)
- Mazda CX5 (Ukurannya pas, harga masih di 6xx tapi duduk di baris ke-2 lebih sempit. BQ dan bahan interior bagus, cuma masih skeptis dengan reliability, spareparts not widely available, dan juga cerita horror STNK & BPKB keluarnya lama minta ampun)
- Toyota Voxy R90 (menang di aspek CBU Jepang, yang berarti BQ bagus. Harga pun masih di 6xx rendah. Ukuran mobil overall lebih pendek dan tidak selebar Harrier, tapi katanya agak boyo ya kalau di tol?)
- Toyota Innova Zenix V/Q Hybrid (Ini masih 50:50 karena masih nunggu improvement, BQ masih agak meh, keluar-masuk kabin agak aneh karena lantainya tinggi, tapi menang di brand reliability dan image mobilnya yang bisa dipakai kemana saja tanpa mengundag rasa iri)
- Toyota Innova Zenix V Gasoline (pemikiran yang sama dengan hybrid, tapi sepertinya ini bakal jauh lebih awet untuk pemakaian jangka panjang tapi harus mengorbankan keiritan bensin)

Mobil bekas:
- Lexus RX300 Luxury 2018-2022 (Secara spiritual, cocoknya memang upgrade ke ini. Tapi bensinnya harus RON 95 keatas, dan artinya running costnya berbeda cukup signifikan)
- Honda Odyssey RC 2019 (Facelift dan pre-Honda Sensing, HU masih full touch sensitive tombolnya tapi no big deal sih)
- Honda Odyssey RC 2021 (Facelift dan sudah Honda Sensing, HU sudah Carplay dan Android Auto juga ada tombol fisik buat volume dan tuning)

Sekian dilema saya saat ini. Mohon rekomendasinya, maklum saya masih agak newbie kalau bahas-bahas mobil agak baru jadi manatau ada yang punya rekomendasi mobil yang yang lebih pas :big_childish:
kebetulan ex user CRV turbo pres, CX5 elite, RX 300 luxury & sekarang user voxy R90. serta sudah pernah TD harrier model kaya ts nya punya sodara, zenix gasoline dan hybrid + crv rs

kalo saya jadi tsnya, saya bakal pick alphard G ATPM 2018-2020. paling masuk kriteria dan budget. upgrade hampir disemua sisi terutama kenyamanan, karena jok row 2 jg termasuk yg paling tebel & paling empuk juga dibanding kandidat lain (kecuali oddys), saya gabisa komen karena blm pernah td apalagi punya hehehe

kalo CRV gen 6 ya cukup worthed, jauh improvenya dibanding crv rw saya dulu, kalo mau cari mobil yg all rounder juga saya pilih crv. ballance semua. nyaman dapet, empuk dapet, fitur udh lumayan lengkap, lega, dan practical + masih enak buat disetir dan punya tarikan, handling serta driving feel yg oke. walaupun masih dibawah cx5, tapi 3 aspek yg terakhir saya sebutkan bakal upgrade dari harrier , even sm lexus rx300 pun masih lebih enak crv nyetirnya. tp kalo cari kenyamanan dengan benchmark harrier, crv baru ya jangan harap bisa setara, paling kenyamanan standar kelasnya menurut saya, secara class jg never lies, tp dapet dealbreaker di fitur, driving feel, tarikan , handling dan model yg fresh karena baru

cx5 reliable kok, aftersales juga kalo tinggal di jabodetabek masih aman2 aja, bengkel banyak yg bs handle. dulu saya pake 3 tahun sampe dijual di km 54rb cuma ganti shock belakang kiri kanan doang, sisanya aman, cuma servis rutin dan ganti oli aja . tapi ya minus paling fatal ada di akomodasi yg emg agak kurang, apalagi dibanding crv, kenyamanan jg dibanding kandidat lain termasuk yg paling keras bantingan suspensinya. tp dibanding semua kandidat, cx5 lah yg punya driving feel, tarikan , dan handling yg paling oke dibanding semua kandidat, even lexus rx sekalipun (kebetulan saya pernah piara crv turbo pres 2019, cx5 elite 2018 & rx 300 luxury 2018 barengan)

kalo voxy 90. hmm, gimana ya, jujur aja saya agak nyesel ambil ini, apalagi waktu itu sampe2 merelakan 2 mobil yaitu reborn diesel dan crv turbo pres buat digulung jadi 1 mobil ini, even saya termasuk antrian inden dari 2022 & baru dapet bulan mei kmrn , saran saya jangan ambil ini kecuali memang butuh bgt mobil yg gampang akses masuknya or nyari akomodasinya aja , gak worthed di harga segitu menurut saya, banyak minusnya
- walaupun CBU jepang, tapi bqnya biasa2 aja, masih bagussan CX5 elite saya dulu + sejak mobil kmnya baru 1.000 perak, sudah rattle dan geter dari pintu belakang sebelah kiri, bolak balik bengkel pas servis rutin gak sembuh, akhirnya pasrah aja deh, gedein audio aja, kalo bukan karena pusaka keluarga , secara ibu dan nenek saya suka dengan kepraktisan, akomodasi & akses masuknya yg gampang sehingga mobil ini jadi salah 1 mobil kesayangan dikeluarga saya, sudah saya jual dari jauh jauh hari
- BOYO PAKE BANGET di tol. saya bilang gini karena memang saya punya unitnya & sudah pernah saya bawa ke puncak , bandung ,semarang, jogja dan solo. gacuma di tol, di tanjakkan kondisi full load jg bengek parah, minus yg agak fatal buat saya di mobil ini pas lari 120 di transjawa berasa mau terbang, mobil goyang kekiri kekanan. perbandingan saya rute sama pake CRV turbo, innova reborn diesel, cx5 elite, anf vrz & ANPS dakar ngga ada yg segitunya + kalo di tanjakkan full load mesti diurut dulu pedal gasnya, saya kemaren di jogja aja pake mode manual kalo nanjak, kalo pake mode d, bakal ngos ngosan mobilnya :big_biglaugh:
- bantingan nggak empuk2 amat buat mpv sliding door. well, memang membaik dibanding gen sblmnya, tp dibanding c26 & c27 saya berani bilang masih lebih empuk c26 % c27 dibanding voxy saya. mobil ini all rounder alias serba cukup aja, cukup fun to drive dan cukup nyaman, secara driving feel, tarikan dan handlingnya masih dibawah biante + bantingan suspensi, keempukkan dan kenyamanan masih dibawah serena

cuma plusnya ya fitur lumayan, desain exterior dan interior cakep, akomodasi, kelegaan dan kepraktisan juara + akses masuknya jg gampang

kalo zenix no lah, bakal berasa downgradenya kalo dari harrier, apalagi ngomong BQ sm kenyamanan, kalo pindah dari trio ladder or kelas bawahnya baru cocok ( no offence ya) . sm reborn dan gnki saya dulu aja masih lebih solid reborn & gnki interiornya, kalo zenix entah knp agak kurang bq nya buat harga segitu. cm plusnya ya fitur banyak, irit bbm buat dalkotnya terutama kl yg hybrid, interiornay cakep + nyaman juga buat row 2 & dalkotnya secara skrg udh 1 platform sm voxy , udh gak 1 platform sm fortuner lg hehehe

RX300 luxury ngga harus ron 95 kok, saya pake 3 tahunan beli seken pake pertamax terus sampe dijual awal tahun ini gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli aja


kalo saya buat mobil baru vote crv . kalo seken RX, tapi yg f sport hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by imingwahyudi »

MrRichardhn wrote: Wed Dec 06, 2023 13:08 Siang semua, ingin tanya-tanya rekomendasi mobil pengganti Harrier orangtua di rumah.

Kebetulan Harrier kami tahun ini sudah habis asuransinya, dan tidak bisa diperpanjang lagi setelah 15 tahun minta terus ke agen asuransinya untuk diperpanjang hehe. Harrier ini seringkali dipakai oleh orangtua untuk perjalanan luar kota Jakarta-Bandung, tidak jauh-jauh amat tapi treknya terbukti cukup membuat Harrier kami kewalahan di usianya sekarang. Juga pastinya ada beberapa part yang perlu diremajakan sesegera mungkin karena faktor usia. Kalau saya yang pakai mungkin bakal tenang-tenang aja, toh mobilnya masih enak, parts berlimpah, dan servisnya pun juga mudah. Tapi orangtua saya lebih memilih mobil baru dengan alasan "ease of mind", dan juga dengan adanya asuransi, masih bisa kalau terjadi apa-apa di jalan ketika dipakai mobilnya.


Mobil baru:
- Honda CRV RS Hybrid (Masalahnya si Hybrid ini sudah menyentuh angka 8xx buat sebuah CRV, BQ nothing special tapi cukup solid, bahan jok kulitnya agak bikin geleng-geleng kepala)
- Honda CRV RS Turbo (Sama kayak di atas, tapi harga beli lebih murah namun masih mahal di 7xx, jok baris ke-3 pun gak guna juga malah makan ruang bagasi)
- Mazda CX5 (Ukurannya pas, harga masih di 6xx tapi duduk di baris ke-2 lebih sempit. BQ dan bahan interior bagus, cuma masih skeptis dengan reliability, spareparts not widely available, dan juga cerita horror STNK & BPKB keluarnya lama minta ampun)
- Toyota Voxy R90 (menang di aspek CBU Jepang, yang berarti BQ bagus. Harga pun masih di 6xx rendah. Ukuran mobil overall lebih pendek dan tidak selebar Harrier, tapi katanya agak boyo ya kalau di tol?)
- Toyota Innova Zenix V/Q Hybrid (Ini masih 50:50 karena masih nunggu improvement, BQ masih agak meh, keluar-masuk kabin agak aneh karena lantainya tinggi, tapi menang di brand reliability dan image mobilnya yang bisa dipakai kemana saja tanpa mengundag rasa iri)
- Toyota Innova Zenix V Gasoline (pemikiran yang sama dengan hybrid, tapi sepertinya ini bakal jauh lebih awet untuk pemakaian jangka panjang tapi harus mengorbankan keiritan bensin)

Mobil bekas:
- Lexus RX300 Luxury 2018-2022 (Secara spiritual, cocoknya memang upgrade ke ini. Tapi bensinnya harus RON 95 keatas, dan artinya running costnya berbeda cukup signifikan)
- Honda Odyssey RC 2019 (Facelift dan pre-Honda Sensing, HU masih full touch sensitive tombolnya tapi no big deal sih)
- Honda Odyssey RC 2021 (Facelift dan sudah Honda Sensing, HU sudah Carplay dan Android Auto juga ada tombol fisik buat volume dan tuning)

Sekian dilema saya saat ini. Mohon rekomendasinya, maklum saya masih agak newbie kalau bahas-bahas mobil agak baru jadi manatau ada yang punya rekomendasi mobil yang yang lebih pas :big_childish:

Standar nyaman nya udah jauh banget ke RX/Harrier. Mobil-mobil brand new ya malah macam step down 1-2 langkah dari mobil sekarang, eventho harga ya udah mepet 1 miliar juga. Kalo ada 2nd hand XC90 gen sekarang on market, boleh lah sikat Om
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by AbdulHakim »

RX300 yg tahun 2019 sekitar 880-an, tapi RX300 tahun 2020 1,1M
itu beda setahun doang padahal, apa karena 2020 itu udah facelift ya? bukannya tahun 2021 RX300 facelift nya?
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by carlzeiss »

mau nyaranin opsi yg agak unik , toyota BZ4X , unik , langka dan its toyota
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by rakyatwkwkland »

Biar oom TS makin bingung, ane ikut nambahin kandidat : Hyundai Santa Fe

:ngacir:

Tadinya mau nyaranin palisade atau cx9 karena tenaga terus kenyamanannya harusnya pasti bisa nyaingin harrier, tp ada concern ukuran mobil jadinya coret deh. Itu dua mobil gedenya bukan main. Jadi tambahan saran satu lagi paling santa fe. Denger2 sih urusan kenyamanan lumayan bersaing ya sama cx5 dan CRV RW. Kalo ambil yg diesel juga makin enak buat nanjak2 di cipularang. Model jg masih seger.
MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by MrRichardhn »

kendibocor wrote: Wed Dec 06, 2023 17:47 Dengan harga mbl yg makin ugal2an, harga CX5 masih masuk akal sih sebenernya. Coba aja tanya disc akhir tahun dpt brp. Reliability gawsa pusing, wong platform masih sama kayak gen 1. Mesin ga pernah denger yg aneh2 uda 1 dekade lebih. Minusnya berasa usang aja uda end of life cyclenya. Zenix ya kepentok BQ yg substandar bwat mbl 600jt. Crv hybrid? Mending ioniq 5 sekalian kayanya crv turbo harganya rada2 ngawur. Voxy sebenernya good choice kalo sering pergi rame2 atau baris 3 kepake tp mobil roti tawar tentu manuver ga lincah kaya suv. Apalagi dia cvt kan? Pas nanjak2 di cipularang kayanya bakalan rada kedodoran bwat mesin 2.0 NA. Tp ya ada supir paling duduk dibelakang toh?
Hmm iya juga ya, hari ini baru aja iseng melipir ke dealer buat liat-liat Zenix. Aduh masih aja BQnya begini… kasar banget plastik2nya, padahal lagi duduk di dalem tipe Q. Tapi memang mobilnya terbukti irit banget sih ya. Juga kalo harga CRV iya agak overpriced, juga walau nanti di 2024 ada diskon past iya masih ada di 7xx ya dengan jok kulit sintetis yang agak nganu kualitas sintetisnya buat mobil di harga segitu…

Oiya kalau Ioniq5 masih belom berani beli di harga segitu buat EV hehe, apalagi udah pernah coba juga pas dari Bandara ke rumah kita sekeluarga iseng pake Silver-Bird yang Ioniq5 dan bantingannya dirasa engga enak-enak banget, masih jauh lebih enak Harrier buat jalan jauh. Positifnya memang Ioniq5 ini walau initial investmentnya (pas beli) mahal, tapi long term dia pajak dan isi “bensin”nya murah sih ya. Gak tau nanti bakal begimana longevity baterenya dan mobilnya sendiri. Sebenernya kalo mobil EV sudah ada Leaf di rumah hehe, range lebih pendek memang tapi bantingan lebih enak, ukuran lebih pas buat dalam kota, dan BQnya as expected; Solid. Bisa dibawa JKT-BDG juga tapi pas nyampe Bandung kudu langsung charge lagi.

Hmm iya, banyak yang bilang Voxy boyo. Orantua gak suka-suka banget sih speeding tapi kalo power figurenya begini (lebih boyo dari Harrier) pasti bakal protes juga kayaknya ya.

bzt4 wrote: Wed Dec 06, 2023 22:17 dengan kriteria dan pilihan yg diberikan, kalo sy diposisi TS yg paling masuk sih crv turbo. apabila mau dipake 15 tahun lagi sih yg ICE aja. kalo dirasa crv ketinggian harganya, alternatif lain diluar itu semua ya hrv rs turbo, cuma bantingannya nggak se firm crv.
btw awet ya harriernya 15 thn masih low km. itu 2.4 atau airs?
note: sy bukan sales/fanboy.
Iyess makanya ngelirik CRV Turbo soalnya mesinnya dah terbukti awetnya dan kasus oil dilution pun sudah engga kedengeran lagi setelah improvement setelah batch awal mesin ini muncul.
Yaa lumayan om, kita pake keluar kotanya Cuma Jakarta-Bandung aja, itupun gak setiap akhir pekan. Ini 240G biasa om, non AirS.
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by MrRichardhn »

farizfsa wrote: Thu Dec 07, 2023 0:14 Mertua ada pake rx300 2019 kali ya lupa, di cekokin pertalite km udh 70rb, yg KO cuma o2 sensor, kl scan diag yg lain aman.
Isi ron92 sekarang aman2 aja.
Kalo ga rx, alphard aja om, cari yg mesin 3.5, borosnya sm lah kaya harrier itu
Ahh I see, jadi Lexus ini walau dibilangnya minimal RON 95, masih tetep bisa pake 92 ya, negatifnya ya sensor O2 lebih sering tewas hehe.
Masalahnya kalo Alphard kegedean om, orangtua seneng sebenernya kalo naik Alphard entah itu pas dari Bandara ato pas kemaren kondangan kakak-kakak saya. Tapi ya kendalanya ukurannya kegedean dan orangtua saya gak segede saya badannya hehe, jadi bakal kewalahan pas bawanya nanti.
dsign1990 wrote: Thu Dec 07, 2023 0:48 IMHO ganti mobil kalau bukan karena faktor ekonomi yg lagi down , penggantinya minimal harus dari kelas yang setara, paling make sense ganti ke Lexus RX , dan kalau lihat riwayat pemakaian sebelumnya yang 15 th odo 99rb
an km , maka selisih Pertamax ke pertabo gak bakal gitu berasa
Yes, pemikirannya sih begitu ya. Si Lexus RX ini sudah paling cocok sebagai penggantinya, tanggal cari unitnya aja nih yang cocok harganya :big_biglaugh:.
Selisih Pertamax sama Pertabo kadang agak ambigu om, bisa-bisa gede selisihnya ato nanti bisa sedikit selisihnya, dan juga RON 92 paling banyak tersedia juga.
ChZ wrote: Thu Dec 07, 2023 2:47 saran paling realistis : di test drive saja semuanya. mahal/enggak ya relatif. 800 juta CRV hybrid pada bilang mahal, laku-laku aja udah kyk kacang goreng di kampung saya tiap hari ketemu 1.
kalau luxury trimming interior ngaruh, definitely semua mobil baru yg disebutin gak ada yang masuk.
tapi kalau untuk no hassle dr pengalaman CRV turbo aja paling cocok. platform dan engine ini bandel banget udah proven sy aja rencana pakai CRV civic turbo ampe 10 thn lebih.
hybrid saya ga segitu sreg karena akan ada battery replacement yang costly (dan kapasitas akan nurun terus seiring usage, masalahnya capacity gak bisa diclaim ke warranty, jd ya sudah pasrah aja, lagi buat sy repot mobil punya 2 energy source. higher cost to maintain. udah bener pake 1 mesin aja).
antara CRV turbo, atau RX300 kalau peduli luxury trimming.
CX-5 udah aging model yg skrg. platform dan enginenya jg sudah waktunya afkir krn advantage skyactiv platformnya udah lama kesalip sama pabrikan2 dgn money dan resource lebih banyak malah mereka jual diri ke toyota biar bs survive.
Hmmm, selama ini lumayan awet ya CRVnya. Konsumsi BBM juga denger-denger irit juga ini yang Turbo, minusnya memang khas mobil Turbo agak boros pake olinya. :big_think:
Nah kenapa ada kepikiran yang versi Turbo, karena pemikiran ini. Nantinya bakal begimana system Hybridnya, apakah bakal bikin boncos ato engga. Selama ini lihat temen pake Hybrid Toyota lumayan awet sih ya, Cuma gak tau nih kalo Hybridnya Honda.
CX5 memang kepincutnya karena BQ sih ya, ride quality memang stiff tapi kalo teknologi mesin kayaknya masih bisa diandalkan. Toh selama ini belum ada yang bermasalah besar mesinnya.
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by MrRichardhn »

Pboyz97 wrote: Thu Dec 07, 2023 4:55 kebetulan ex user CRV turbo pres, CX5 elite, RX 300 luxury & sekarang user voxy R90. serta sudah pernah TD harrier model kaya ts nya punya sodara, zenix gasoline dan hybrid + crv rs

kalo saya jadi tsnya, saya bakal pick alphard G ATPM 2018-2020. paling masuk kriteria dan budget. upgrade hampir disemua sisi terutama kenyamanan, karena jok row 2 jg termasuk yg paling tebel & paling empuk juga dibanding kandidat lain (kecuali oddys), saya gabisa komen karena blm pernah td apalagi punya hehehe

kalo CRV gen 6 ya cukup worthed, jauh improvenya dibanding crv rw saya dulu, kalo mau cari mobil yg all rounder juga saya pilih crv. ballance semua. nyaman dapet, empuk dapet, fitur udh lumayan lengkap, lega, dan practical + masih enak buat disetir dan punya tarikan, handling serta driving feel yg oke. walaupun masih dibawah cx5, tapi 3 aspek yg terakhir saya sebutkan bakal upgrade dari harrier , even sm lexus rx300 pun masih lebih enak crv nyetirnya. tp kalo cari kenyamanan dengan benchmark harrier, crv baru ya jangan harap bisa setara, paling kenyamanan standar kelasnya menurut saya, secara class jg never lies, tp dapet dealbreaker di fitur, driving feel, tarikan , handling dan model yg fresh karena baru

cx5 reliable kok, aftersales juga kalo tinggal di jabodetabek masih aman2 aja, bengkel banyak yg bs handle. dulu saya pake 3 tahun sampe dijual di km 54rb cuma ganti shock belakang kiri kanan doang, sisanya aman, cuma servis rutin dan ganti oli aja . tapi ya minus paling fatal ada di akomodasi yg emg agak kurang, apalagi dibanding crv, kenyamanan jg dibanding kandidat lain termasuk yg paling keras bantingan suspensinya. tp dibanding semua kandidat, cx5 lah yg punya driving feel, tarikan , dan handling yg paling oke dibanding semua kandidat, even lexus rx sekalipun (kebetulan saya pernah piara crv turbo pres 2019, cx5 elite 2018 & rx 300 luxury 2018 barengan)

kalo voxy 90. hmm, gimana ya, jujur aja saya agak nyesel ambil ini, apalagi waktu itu sampe2 merelakan 2 mobil yaitu reborn diesel dan crv turbo pres buat digulung jadi 1 mobil ini, even saya termasuk antrian inden dari 2022 & baru dapet bulan mei kmrn , saran saya jangan ambil ini kecuali memang butuh bgt mobil yg gampang akses masuknya or nyari akomodasinya aja , gak worthed di harga segitu menurut saya, banyak minusnya
- walaupun CBU jepang, tapi bqnya biasa2 aja, masih bagussan CX5 elite saya dulu + sejak mobil kmnya baru 1.000 perak, sudah rattle dan geter dari pintu belakang sebelah kiri, bolak balik bengkel pas servis rutin gak sembuh, akhirnya pasrah aja deh, gedein audio aja, kalo bukan karena pusaka keluarga , secara ibu dan nenek saya suka dengan kepraktisan, akomodasi & akses masuknya yg gampang sehingga mobil ini jadi salah 1 mobil kesayangan dikeluarga saya, sudah saya jual dari jauh jauh hari
- BOYO PAKE BANGET di tol. saya bilang gini karena memang saya punya unitnya & sudah pernah saya bawa ke puncak , bandung ,semarang, jogja dan solo. gacuma di tol, di tanjakkan kondisi full load jg bengek parah, minus yg agak fatal buat saya di mobil ini pas lari 120 di transjawa berasa mau terbang, mobil goyang kekiri kekanan. perbandingan saya rute sama pake CRV turbo, innova reborn diesel, cx5 elite, anf vrz & ANPS dakar ngga ada yg segitunya + kalo di tanjakkan full load mesti diurut dulu pedal gasnya, saya kemaren di jogja aja pake mode manual kalo nanjak, kalo pake mode d, bakal ngos ngosan mobilnya :big_biglaugh:
- bantingan nggak empuk2 amat buat mpv sliding door. well, memang membaik dibanding gen sblmnya, tp dibanding c26 & c27 saya berani bilang masih lebih empuk c26 % c27 dibanding voxy saya. mobil ini all rounder alias serba cukup aja, cukup fun to drive dan cukup nyaman, secara driving feel, tarikan dan handlingnya masih dibawah biante + bantingan suspensi, keempukkan dan kenyamanan masih dibawah serena

cuma plusnya ya fitur lumayan, desain exterior dan interior cakep, akomodasi, kelegaan dan kepraktisan juara + akses masuknya jg gampang

kalo zenix no lah, bakal berasa downgradenya kalo dari harrier, apalagi ngomong BQ sm kenyamanan, kalo pindah dari trio ladder or kelas bawahnya baru cocok ( no offence ya) . sm reborn dan gnki saya dulu aja masih lebih solid reborn & gnki interiornya, kalo zenix entah knp agak kurang bq nya buat harga segitu. cm plusnya ya fitur banyak, irit bbm buat dalkotnya terutama kl yg hybrid, interiornay cakep + nyaman juga buat row 2 & dalkotnya secara skrg udh 1 platform sm voxy , udh gak 1 platform sm fortuner lg hehehe

RX300 luxury ngga harus ron 95 kok, saya pake 3 tahunan beli seken pake pertamax terus sampe dijual awal tahun ini gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli aja

kalo saya buat mobil baru vote crv . kalo seken RX, tapi yg f sport hehehe
Waduh detil banget penjelasannya hehe, mana sebagian besar yang di list muncul semua pula haha.
Iyes gak bisa dihindarin memang Alphard juara sih soal kenyamanan, tapi ukurannya ini jadi kendala makanya sempet ngelirik Odyssey juga, biar masih enak buat disupirin dan pas dipake sendiri. Kalo Odyssey RC belum pernah ya om?

Hmm duh jadi pusing juga ya ternyata banyak yang vote CRV hehe, memang kalo Honda ini juara sih tentang tarikan mesin. Yang bikin kesel Cuma BQ overallnya aja :big_biglaugh: reflek pengen tak geplak tu HPM bisa-bisanya bikin mobil harga segini tapi audio sama peredam gak bagus. Yah, tapi peredam sama audio bisa modif tipis2 sih ya.

Hmm berarti Voxy ini kena “nerf” ya sama ATPM. Walau CBU tapi kualitasnya kok begitu… kalo tarikan udah pasti sih ya, karena bentuknya sangat boxy hehe. Juga ngomongin bantingan, berati bener ya Serena masih juara kalo soal bantingan di kelas MPV sliding door. Hmm, jadi penasaran nanti yang C28 bakal begimana, pake system e-Power pula. Teknologi yang bikin mobil super duper irit dan responsive, tapi agak ribet dan gak tau nih longevitynya gimana.
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by MrRichardhn »

imingwahyudi wrote: Thu Dec 07, 2023 8:30 Standar nyaman nya udah jauh banget ke RX/Harrier. Mobil-mobil brand new ya malah macam step down 1-2 langkah dari mobil sekarang, eventho harga ya udah mepet 1 miliar juga. Kalo ada 2nd hand XC90 gen sekarang on market, boleh lah sikat Om
Itu dia, mobil mendekati 1 miliar agak bikin geleng-geleng kepala pas duduk di dalemnya. Agak gak rela juga liat orangtua abis banyak tapi dapetin mobil yang gak seberapa. XC90 menggiurkan sih om hehe, tapi ATPMnya masih belom jelas nih, dan juga kali ini mau hindari mobil Eropa dulu semenjak punya pengalaman pahit ngerawat Mini Countryman di rumah hehe :upss:
b0ku wrote: Thu Dec 07, 2023 4:53 lah di bawah 1m napa gak ganti aja RX200T 800jtan buat 2018 :big_think:
Rencananya begitu, cuma RX200T/RX300 (sebenernya sama cuma beda nomenklatur sama tahun) banyak yang KMnya gondrong kalo di harga segitu. Mungkin kalo direct owner kali ya, tapi selama ini mintanya pada mahal.
AbdulHakim wrote: Thu Dec 07, 2023 9:52 RX300 yg tahun 2019 sekitar 880-an, tapi RX300 tahun 2020 1,1M
itu beda setahun doang padahal, apa karena 2020 itu udah facelift ya? bukannya tahun 2021 RX300 facelift nya?
Kalo asumsi saya bedanya di warranty om, yang 2020 masih masuk warranty 5 tahun dan unlimited KM :big_biglaugh: yang pasti si pembeli 2nd masih kebagian enaknya warranty ini hehe. Nah yang 2018 nih langsung jeblok (walau masih mahal sih ya), karena warranty udah abis tahun depan. RX300 dari 2018an om, sebelumnya itu RX200T. Beda nama tapi sebenernya sama aja mesinnya, bedanya di fitur dan eksterior, dkk.
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by MrRichardhn »

carlzeiss wrote: Thu Dec 07, 2023 10:02 mau nyaranin opsi yg agak unik , toyota BZ4X , unik , langka dan its toyota
BZ4X buat range yang didapet harganya kemahalan menurut saya, juga sampai saat ini belum ketemu unit test drivenya dan belum ada yang bilang secara langsung (non-reviewer) bagaimana bantingannya dkk. Juga akses masuknya agak awkward, lantainya tinggi di dalem, ngebikin atepnya kerasa landai alhasil jadi agak “jongkok” duduk di dalem dan pas keluar kayak loncat. Ioniq5 lebih enak keluar masuknya. Tapi ya kalo BEV saya sudah ada Leaf hehe, buat dalam kota sudah lebih dari cukup. Bawa ke Bandung sebenernya bisa, cuma pas sampai Bandung harus charge lagi.
rakyatwkwkland wrote: Thu Dec 07, 2023 14:29 Biar oom TS makin bingung, ane ikut nambahin kandidat : Hyundai Santa Fe

:ngacir:

Tadinya mau nyaranin palisade atau cx9 karena tenaga terus kenyamanannya harusnya pasti bisa nyaingin harrier, tp ada concern ukuran mobil jadinya coret deh. Itu dua mobil gedenya bukan main. Jadi tambahan saran satu lagi paling santa fe. Denger2 sih urusan kenyamanan lumayan bersaing ya sama cx5 dan CRV RW. Kalo ambil yg diesel juga makin enak buat nanjak2 di cipularang. Model jg masih seger.
Nah, Hyundai SantaFe menarik juga ya apalagi yang tipe bensin masih di 6xx. Kendalanya ya ada di ukuran, tapi engga segede Palisade sih ya yang beneran “US size”. Sayangnya orangtua dan kakak-kakak saya masih punya sentiment negatif sama reliability mobil korea, walau akhir-akhir ini banyak yang puas sama mobilnya.

Yup CX5 sama CRV RW ini head-to head, tinggal pilih mau yang sudah terbukti awetnya, kabin luas dan lega tapi harus tambah peredam dan berbenah audio biar enak (CRV) atau missal BQ bagus dan material interior bagus, cuma kabin agak sempit hehe
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by MrRichardhn »

Hmmm, overall pada vote CRV Turbo/Hybrid ya untuk mobil baru dan RX300 buat mobil 2nd ya. :big_okay:
CX5 dan Ioniq5 masuk honorable mentions, jadi pilihan cadangan saja.
Voxy dan Zenix tereliminasi karena ya... dirasa terlalu jomplang dalam segi kenyamanannya walau konsumsi BBM sepertinya cukup baik.

Nah karena sudah tereliminasi, mari kita masuk ke babak selanjutnya. Disini listnya agak kontradiktif, karena saya kehabisan pilihan MPV atau SUV yang cocok, jadilah di list ini tak masukin sedan dan wagon manatau orangtua ada berubah pikiran :big_childish:
Diantaranya ada:


Sedan dan Wagon
- Honda Civic RS FE ("katanya" bantingannya enak, tapi selama ini kalau sedan benchmark saya itu Camry XV40 jadi gak tau bakal senyaman apa Civic ini. Ruang kabin tentu tidak seluas SUV atau MPV tapi saya coba duduk di posisi saya yang tingginya 174cm masih cukup buat di depan maupun belakang. Rasa berkendara pasti jauh lebih enak... ya namanya juga sedan ehe. Harga bisa dibawah 6xx kalau kena diskon gede)
- Lexus ES300H [BEKAS] (harga 2nd buat tahun 2020-2021 sepantaran RX300 tahun 2018an, makanya lumayan menarik juga buat mobil yang umurnya lebih muda dan artinya masih dapet warranty!)
- Mazda 6 Estate (sangat berwibawa ketika dibawa, tapi kabinnya berasa sempit dan kursi belakang tidak bisa diatur kesandarannya jadi tegak bener. Juga velg 19inch dengan profil ban tipis sudah pasti bakal agak keras bantingannya. BQ mantep sih tapi, jok walau gak bisa diatur tapi masih empuk)
- Subaru Outback BT (ini sebenernya udah coba test drive tapi pas di pameran, joknya enak banget buat didudukin mau itu pas nyetir ato pas duduk di belakang, bantingan cukup empuk, pilihan paling anti mainstream, dan full CBU Jepang. Minusnya ada di RON BBM harus 95 keatas, AWD bikin boros konsumsi BBM, spareparts availability yang belum ada toko spareparts di pasar otomotif biasa. ATPMnya tapi sudah dipegang ATPM yang cukup terpercaya)
- Toyota Camry 2.5V Gasoline (proven reliability, dan juga kami sekeluarga sudah puas pakai mobil kantor bapak yang Camry XV40 yang 2.4V maupun 3.5Q. Semuanya nyaman ditumpangi dan enak disetir, minusnya ada di ruang kabin dan bagasi yang tentu tidak seluas MPV-SUV, dan tentunya posisi menyetir yang rendah. Harga baru sepantaran sama CRV RS Turbo baru, tapi banyak yang jual Camry Gasoline 2nd di harga yang menarik)

SUV/Crossover:
- Hyundai Santa-Fe 2.5 Gasoline (katanya ini mobil empuk ya bantingannya, BQ oke di kelasnya, harga masih 6xx, tapi minusnya orangtua kurang suka sama mobil Korea dan di luar negeri udah mau ganti generasi yang IMHO lebih cakep dari ini
- Subaru Forester 2.5i (sama kayak Outback, masih skeptis dengan parts availability, konsumsi BBM yang lebih buruk karena AWD, tapi BQ CBU Jepang gak bisa bohong)
- Toyota Corolla Cross Hybrid (belum pernah coba sudah coba yang sedan punya temen saya, dan cukup enak mobilnya. Poin plusnya si Cross adalah bentuknya yang "crossover" jadi bagasi lebih bisa muat banyak barang berbagai ukuran, ruang kabin otomatis juga lebih luas. Minusnya cuma unitnya agak jarang, dan kalau mau panoramic harus ambil GR-sport yang notabene suspensi pun beda dan bantingan pasti beda kenyamanannya)

MPV:
- Nissan Serena C28 e-Power (Ini menarik karena kemaren pas minang Leaf ditawarin juga buat PO Serena ini. Kebetulan dulu pernah pake C24 dan C25 dan memang Serena ini bantingannya enak, kekurangannya cuma mesinnya saja agak boyo dan jadinya malah boros BBM. Nah si e-Power ini katanya eliminasi problem itu, cuma kurang tau bakal seawet apa sistem e-Power ini dan bagaimana ATPM handle mobil ini nantinya pas service berkala)
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by darrelund »

MrRichardhn wrote: Thu Dec 07, 2023 17:22
Sedan dan Wagon
- Honda Civic RS FE ("katanya" bantingannya enak, tapi selama ini kalau sedan benchmark saya itu Camry XV40 jadi gak tau bakal senyaman apa Civic ini. Ruang kabin tentu tidak seluas SUV atau MPV tapi saya coba duduk di posisi saya yang tingginya 174cm masih cukup buat di depan maupun belakang. Rasa berkendara pasti jauh lebih enak... ya namanya juga sedan ehe. Harga bisa dibawah 6xx kalau kena diskon gede)

- Lexus ES300H [BEKAS] (harga 2nd buat tahun 2020-2021 sepantaran RX300 tahun 2018an, makanya lumayan menarik juga buat mobil yang umurnya lebih muda dan artinya masih dapet warranty!)
antara kedua ini aja um klo sedan, aplg klo req nya emg sparepart gampang & bisa 92

ES cocok tuh, klo emg sregnya ke RX
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by ChZ »

MrRichardhn wrote: Thu Dec 07, 2023 15:40 Hmmm, selama ini lumayan awet ya CRVnya. Konsumsi BBM juga denger-denger irit juga ini yang Turbo, minusnya memang khas mobil Turbo agak boros pake olinya. :big_think:
Nah kenapa ada kepikiran yang versi Turbo, karena pemikiran ini. Nantinya bakal begimana system Hybridnya, apakah bakal bikin boncos ato engga. Selama ini lihat temen pake Hybrid Toyota lumayan awet sih ya, Cuma gak tau nih kalo Hybridnya Honda.
CX5 memang kepincutnya karena BQ sih ya, ride quality memang stiff tapi kalo teknologi mesin kayaknya masih bisa diandalkan. Toh selama ini belum ada yang bermasalah besar mesinnya.
Boros oli itu cuma masalah kalibrasi software aja om. Udah clear itu yang batch2 awal di update. Ga ada pengaruh pake oli apapun mo pake oli jelek jg sama aja. Soalnya indikator liat dari fuel flow rate mungkin sblmnya algoritma penghitungannya terlalu agresif.

Sensor oli honda ga trlalu canggih2 amat sistemnya Saya di CRV kalo luar kota terus malah disuruh ganti per 10ribu menurut indikator. Civic yang dalem kota terus kena di 5000-6000 an.

Fuel cons utk luar kota 12 km/l dgn style nyetir lari di atas 130 konstan, engine udah remap, bensin ron98. Dalem kota 10 km/l. Yg baru lbh irit setelannya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by b0ku »

MrRichardhn wrote: Thu Dec 07, 2023 15:57
Rencananya begitu, cuma RX200T/RX300 (sebenernya sama cuma beda nomenklatur sama tahun) banyak yang KMnya gondrong kalo di harga segitu. Mungkin kalo direct owner kali ya, tapi selama ini mintanya pada mahal.
ya kalo mau low km kudu berani bayar di atas pasaran om susah soalnya kalo banjirnya km tinggi semua :mky_01:

saya pegang 2016 55rbkm aja 720jt nih :mky_03:
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by sherryandkez »

MrRichardhn wrote: Wed Dec 06, 2023 13:08 Siang semua, ingin tanya-tanya rekomendasi mobil pengganti Harrier orangtua di rumah.

Kebetulan Harrier kami tahun ini sudah habis asuransinya, dan tidak bisa diperpanjang lagi setelah 15 tahun minta terus ke agen asuransinya untuk diperpanjang hehe. Harrier ini seringkali dipakai oleh orangtua untuk perjalanan luar kota Jakarta-Bandung, tidak jauh-jauh amat tapi treknya terbukti cukup membuat Harrier kami kewalahan di usianya sekarang. Juga pastinya ada beberapa part yang perlu diremajakan sesegera mungkin karena faktor usia. Kalau saya yang pakai mungkin bakal tenang-tenang aja, toh mobilnya masih enak, parts berlimpah, dan servisnya pun juga mudah. Tapi orangtua saya lebih memilih mobil baru dengan alasan "ease of mind", dan juga dengan adanya asuransi, masih bisa kalau terjadi apa-apa di jalan ketika dipakai mobilnya.

20231206_114616.jpg


Kriteria mobil yang diinginkan orangtua adalah mobil baru atau bekas yang:
- Bukan Sedan, karena orangtua sudah terbiasa dengan posisi menyetir Harrier.
- Punya bantingan suspensi yang nyaman ketika dipakai di tol, khususnya jalan layang MBZ.
- Mobil masih bisa nunggak bensin RON 92, dengan konsumsi BBM sama atau lebih irit dari Harrier.
- Masih bisa disetir sendiri kalau lagi tidak ada supir (alias tidak besar ukurannya)
- Untuk mobil bekas, umur mobil maksimal 5 tahun.
- Harga dibawah 1m


Agak banyak ya persyaratannya, tapi pada akhirnya setelah menonton beberapa review di youtube dan membaca banyak thread di SM dan forum-forum lainnya. Sejauh ini listnya adalah:

Mobil baru:
- Honda CRV RS Hybrid (Masalahnya si Hybrid ini sudah menyentuh angka 8xx buat sebuah CRV, BQ nothing special tapi cukup solid, bahan jok kulitnya agak bikin geleng-geleng kepala)
- Honda CRV RS Turbo (Sama kayak di atas, tapi harga beli lebih murah namun masih mahal di 7xx, jok baris ke-3 pun gak guna juga malah makan ruang bagasi)
- Mazda CX5 (Ukurannya pas, harga masih di 6xx tapi duduk di baris ke-2 lebih sempit. BQ dan bahan interior bagus, cuma masih skeptis dengan reliability, spareparts not widely available, dan juga cerita horror STNK & BPKB keluarnya lama minta ampun)
- Toyota Voxy R90 (menang di aspek CBU Jepang, yang berarti BQ bagus. Harga pun masih di 6xx rendah. Ukuran mobil overall lebih pendek dan tidak selebar Harrier, tapi katanya agak boyo ya kalau di tol?)
- Toyota Innova Zenix V/Q Hybrid (Ini masih 50:50 karena masih nunggu improvement, BQ masih agak meh, keluar-masuk kabin agak aneh karena lantainya tinggi, tapi menang di brand reliability dan image mobilnya yang bisa dipakai kemana saja tanpa mengundag rasa iri)
- Toyota Innova Zenix V Gasoline (pemikiran yang sama dengan hybrid, tapi sepertinya ini bakal jauh lebih awet untuk pemakaian jangka panjang tapi harus mengorbankan keiritan bensin)

Mobil bekas:
- Lexus RX300 Luxury 2018-2022 (Secara spiritual, cocoknya memang upgrade ke ini. Tapi bensinnya harus RON 95 keatas, dan artinya running costnya berbeda cukup signifikan)
- Honda Odyssey RC 2019 (Facelift dan pre-Honda Sensing, HU masih full touch sensitive tombolnya tapi no big deal sih)
- Honda Odyssey RC 2021 (Facelift dan sudah Honda Sensing, HU sudah Carplay dan Android Auto juga ada tombol fisik buat volume dan tuning)

Sekian dilema saya saat ini. Mohon rekomendasinya, maklum saya masih agak newbie kalau bahas-bahas mobil agak baru jadi manatau ada yang punya rekomendasi mobil yang yang lebih pas :big_childish:
zenix biru bunglon ga jadi dipinang? :big_weee:

anyway RX uda paling bener, hati2 barang busuk luar biasa banyak di pasaran. bekas jeder banjir bejibun, wong benerinnya gampang. mending km tinggi drpd mobil ga beres.

btw ES gw gak mau nih, proven terawat :big_weee:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by MrRichardhn »

darrelund wrote: Thu Dec 07, 2023 17:42
MrRichardhn wrote: Thu Dec 07, 2023 17:22
Sedan dan Wagon
- Honda Civic RS FE ("katanya" bantingannya enak, tapi selama ini kalau sedan benchmark saya itu Camry XV40 jadi gak tau bakal senyaman apa Civic ini. Ruang kabin tentu tidak seluas SUV atau MPV tapi saya coba duduk di posisi saya yang tingginya 174cm masih cukup buat di depan maupun belakang. Rasa berkendara pasti jauh lebih enak... ya namanya juga sedan ehe. Harga bisa dibawah 6xx kalau kena diskon gede)

- Lexus ES300H [BEKAS] (harga 2nd buat tahun 2020-2021 sepantaran RX300 tahun 2018an, makanya lumayan menarik juga buat mobil yang umurnya lebih muda dan artinya masih dapet warranty!)
antara kedua ini aja um klo sedan, aplg klo req nya emg sparepart gampang & bisa 92

ES cocok tuh, klo emg sregnya ke RX
Kalo saya sih yes, tinggal orangtua aja yang nanti tak kasih liat dulu.
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by MrRichardhn »

ChZ wrote: Fri Dec 08, 2023 0:18
MrRichardhn wrote: Thu Dec 07, 2023 15:40 Hmmm, selama ini lumayan awet ya CRVnya. Konsumsi BBM juga denger-denger irit juga ini yang Turbo, minusnya memang khas mobil Turbo agak boros pake olinya. :big_think:
Nah kenapa ada kepikiran yang versi Turbo, karena pemikiran ini. Nantinya bakal begimana system Hybridnya, apakah bakal bikin boncos ato engga. Selama ini lihat temen pake Hybrid Toyota lumayan awet sih ya, Cuma gak tau nih kalo Hybridnya Honda.
CX5 memang kepincutnya karena BQ sih ya, ride quality memang stiff tapi kalo teknologi mesin kayaknya masih bisa diandalkan. Toh selama ini belum ada yang bermasalah besar mesinnya.
Boros oli itu cuma masalah kalibrasi software aja om. Udah clear itu yang batch2 awal di update. Ga ada pengaruh pake oli apapun mo pake oli jelek jg sama aja. Soalnya indikator liat dari fuel flow rate mungkin sblmnya algoritma penghitungannya terlalu agresif.

Sensor oli honda ga trlalu canggih2 amat sistemnya Saya di CRV kalo luar kota terus malah disuruh ganti per 10ribu menurut indikator. Civic yang dalem kota terus kena di 5000-6000 an.

Fuel cons utk luar kota 12 km/l dgn style nyetir lari di atas 130 konstan, engine udah remap, bensin ron98. Dalem kota 10 km/l. Yg baru lbh irit setelannya.
Waduh nyetir ugal aja masih irit ya, bole la ya jadi consideration. Plus tambahin peredam sama ban yang bagusan biar enakan. Tinggal liat langsungnya aja nih begimana,
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Re: Pengganti Harrier XU30 yang sama atau mirip kenyamanannya.

Post by MrRichardhn »

b0ku wrote: Fri Dec 08, 2023 1:27
MrRichardhn wrote: Thu Dec 07, 2023 15:57
Rencananya begitu, cuma RX200T/RX300 (sebenernya sama cuma beda nomenklatur sama tahun) banyak yang KMnya gondrong kalo di harga segitu. Mungkin kalo direct owner kali ya, tapi selama ini mintanya pada mahal.
ya kalo mau low km kudu berani bayar di atas pasaran om susah soalnya kalo banjirnya km tinggi semua :mky_01:

saya pegang 2016 55rbkm aja 720jt nih :mky_03:
Iyes, memang banyak yang bilang mobil enak sih ya hehe jadi dipake terus. Valuenya lumayan bertahan juga ya
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh