Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Mon Dec 18, 2023 3:34
ChZ wrote: Mon Dec 18, 2023 3:29
Suryaputra wrote: Mon Dec 18, 2023 3:18 Chery ini gak bisa dipandang sebelah mata.
krn BUMN / State owned.

Karena klo State owned company, biasanya akan lbh serius dan gak main2 ketika penetrasi ke Negara lain.
Mereka pasti udah punya Go to Market Strategy yg komprehensif dan lebih matang dibanding kompetitor brand tiongkok lain.

Ditambah lagi, mereka kan JV 50% bareng Tata Motors (Jaguar - Land Rover), sejak 10 tahun lalu.
jadi gak main2 ini mah :upss:
buset, baru nyadar JLR udah bukan punya tata motors lagi.

kasian bener dah JLR ma volvo, pindah2 mulu ujungnya dibeli china :upss:
makanya wakakak
china the best lah
perlu banyak belajar sm mereka

mereka dah bisa bikin semua
dr urusan ICT, sampai ke otomotif, kereta cepat, pesawat komersil, tempur, sampai roket ke luar angkasa :upss:
padahal pangsa pasar IDM ini kecil (total sales 700rb-an unit per tahun) khan dibanding pangsa pasar domestik China, apakah tujuan mereka itu lebih ke melemahkan kompetitor dibanding profit yang mungkin "ga seberapa"?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9684
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Mon Dec 18, 2023 3:52
Suryaputra wrote: Mon Dec 18, 2023 3:34
ChZ wrote: Mon Dec 18, 2023 3:29

buset, baru nyadar JLR udah bukan punya tata motors lagi.

kasian bener dah JLR ma volvo, pindah2 mulu ujungnya dibeli china :upss:
makanya wakakak
china the best lah
perlu banyak belajar sm mereka

mereka dah bisa bikin semua
dr urusan ICT, sampai ke otomotif, kereta cepat, pesawat komersil, tempur, sampai roket ke luar angkasa :upss:
padahal pangsa pasar IDM ini kecil (total sales 700rb-an unit per tahun) khan dibanding pangsa pasar domestik China, apakah tujuan mereka itu lebih ke melemahkan kompetitor dibanding profit yang mungkin "ga seberapa"?
asumsi saya aja ini
- Brand awareness & global strategy
- maintain presence dan perkokoh Nama Negara Tiongkok di NKRI
- ngasih bukti ke jepang dan kroya, untuk product portfolio tiongkok gak bisa dianggap remeh

ada aspek strategis lain yg lbh besar, selain "ekonomi"
hahaha.

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Mon Dec 18, 2023 3:58
AbdulHakim wrote: Mon Dec 18, 2023 3:52
Suryaputra wrote: Mon Dec 18, 2023 3:34

makanya wakakak
china the best lah
perlu banyak belajar sm mereka

mereka dah bisa bikin semua
dr urusan ICT, sampai ke otomotif, kereta cepat, pesawat komersil, tempur, sampai roket ke luar angkasa :upss:
padahal pangsa pasar IDM ini kecil (total sales 700rb-an unit per tahun) khan dibanding pangsa pasar domestik China, apakah tujuan mereka itu lebih ke melemahkan kompetitor dibanding profit yang mungkin "ga seberapa"?
asumsi saya aja ini
- Brand awareness & global strategy
- maintain presence dan perkokoh Nama Negara Tiongkok di NKRI
- ngasih bukti ke jepang dan kroya, untuk product portfolio tiongkok gak bisa dianggap remeh

ada aspek strategis lain yg lbh besar, selain "ekonomi"
hahaha.

:ngacir:
this! :big_exellent: nice assumption mbah
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9684
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Mon Dec 18, 2023 4:14
Suryaputra wrote: Mon Dec 18, 2023 3:58
AbdulHakim wrote: Mon Dec 18, 2023 3:52
padahal pangsa pasar IDM ini kecil (total sales 700rb-an unit per tahun) khan dibanding pangsa pasar domestik China, apakah tujuan mereka itu lebih ke melemahkan kompetitor dibanding profit yang mungkin "ga seberapa"?
asumsi saya aja ini
- Brand awareness & global strategy
- maintain presence dan perkokoh Nama Negara Tiongkok di NKRI
- ngasih bukti ke jepang dan kroya, untuk product portfolio tiongkok gak bisa dianggap remeh

ada aspek strategis lain yg lbh besar, selain "ekonomi"
hahaha.

:ngacir:
this! :big_exellent: nice assumption mbah
Klo gak gini, negri ono dkk bisa makin makin mbah

jd biar mereka takut juga #eh :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by zylo14 »

ChZ wrote: Mon Dec 18, 2023 2:45
zylo14 wrote: Sun Dec 17, 2023 15:58
Sebenernya ad sienta jg om di rumah, cm kebutuhan ny mobil kalau bisa 2"ny harus selalu redy to drive, karena 1 dipake saya & 1 lagi dipake adik brhubung tmpat kerja kita arahny sangat bertolak belakang jdi gbs bareng. Mkny poin inden menjadi salah satu pertimbangan sy
nah kalau gak mau taruhan dengan indent parts sepertinya enak ambil HRV ya om. gimana2 se inden indennya parts merek H chain dealership banyak itu menguntungkan. krn shipment gak terlalu bergantung dengan minimal pengambilan. setau saya parts division ada kuota minimal untuk pengambilan parts.

kalau mau coba chery omoda tunggu bekas aja. toh akan murah. baru 300 juta-an bekas paling turun 50%
Oke om thankyou jawabannya 🙏 sepertinya memang as usual Hondo menjadi pilihan yang paling sensible, easy to use, & all rounder
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by zylo14 »

Suryaputra wrote: Mon Dec 18, 2023 3:18 Chery ini gak bisa dipandang sebelah mata.
krn BUMN / State owned.

Karena klo State owned company, biasanya akan lbh serius dan gak main2 ketika penetrasi ke Negara lain.
Mereka pasti udah punya Go to Market Strategy yg komprehensif dan lebih matang dibanding kompetitor brand tiongkok lain.

Ditambah lagi, mereka kan JV 50% bareng Tata Motors (Jaguar - Land Rover), sejak 10 tahun lalu.
jadi gak main2 ini mah :upss:
Sebenernya emg ini brand mobcin yang ane banyak lirik sih om. Kepo sama tiggo 8 pro & omoda nya, aplgi trkhir keluarin omoda 5 gt AWD dgn spek yang mantap betul wkwk.

Masih wait and see sih, tapi I can definitely see myself getting one of these in the future kalau memang brand ny serius main di Indo
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by zylo14 »

Pboyz97 wrote: Mon Dec 18, 2023 3:15
zylo14 wrote: Sat Dec 16, 2023 16:30 Malam semua, lagi ad kegalauan untuk mobil harian compact SUV dibawah 300jt (310jt masi bole la :upss: )

Setelah membuat proposal bisnis dan prospek 5 tahun kedepan dan di presentasikan ke nyokap, pilihan jatuh kepada HR-V SE 2021 dengan harga cash pasaran 290jt an

Tapi tiba" di parkiran mall ketemulah 1 mobil dengan grill paling traumatizing yang pernah saya lihat, tapi bentukan belakangnya cukup oke, dan sekilas ngintip interiorny lumayan bagus (untung gaad orangnya di dalem, dikira mau maling ntar). Yak ketemu lah makhluk chery omoda 5 ini, yang trim Z karena gaad lis merah alay ky di RZ

Nontonlah video om 177cm dan lugnutz, makin tergiur karena for it's cheap price of 310jt cash (per post ini dibuat), fitur dan mesin nya oke banget dibanding HR-V. Tapi pilihan tsb ditolak mentah-mentah oleh RI 1 karena beliau sangat kurang percaya barang cungkuo (no offense yaa buat yg punya)

Nah disini ane mau tanya sih buat para suhu:
1. Apakah aftersales cherry masih belum terbukti?
2. Apakah inden sparepart selama itu? (kalau baca komenan wuling di SM bnyk yg bilang inden walopun under warranty)
3. Apakah reliability nya bagus? Ini kykny no issue karena cherry kasih garansi yg cukup lama ya
4. Apakah trypophobia saya bisa sembuh setelah terbiasa dengan mobil ini? :big_biglaugh:

Jokes aside, pertanyaan berikut cukup terngiang di otak saya sih stelah ngbrol sama nyokap

5. Dengan harga tsb dan dapet fitur yang melimpah, it sounds too good to be true.. dan biasa yang too good to be true pasti menyimpan suatu jebakan betmen / keburukan yang kasat mata kalau kita belum punya mobilnya. Apakah di SM ada yang udh pernah punya bbrp bulan dan merasakan kekurangan si omoda ini? Karena di IG tdi ane iseng cek, ketemu bbrp yg jual masih km 3rb, 6rb, jadi agak ngeri ky ad "something wrong" gitu

Sorry panjang pertanyaannya, semoga bisa terjawab, karena mobilny emg masih baru banget sih dan blm nemu yg bener-bener usage review seperti long term review FK4 nya om chz yang ane jadikan sebagai holy bible ketika nanti suatu saat mau ambil civic turbo untuk hura-hura sendiri. Tapi for now, untuk kepentingan keluarga dulu wkwk

Thankss
kebetulan saya ex user brio 2022 & HRV 2018 & sekarang pake AN HRV 2023 + sudah pernah TD omoda jg

Nah disini ane mau tanya sih buat para suhu:
1. Apakah aftersales cherry masih belum terbukti?
jawaban:
belum, apalagi diluar jabodetabek, soalnya brand ini dulu pernah cabut dari indo sejak 2013 apa 2014 - comeback lagi 2022. kalo saya priibadi, bakal liat 4-5 tahun lagi dr skrg apakah dia akan survive dan bertahan atau bakal cabut lagi kaya jaman 2013 / 2014an dan bernasib sama dengan chevy , datsun & ford
2. Apakah inden sparepart selama itu? (kalau baca komenan wuling di SM bnyk yg bilang inden walopun under warranty)
jawaban:
kurang tau, tapi kalo saya pribadi lebih milih yg peace of mind aja, apalagi bakal jadi mobil satu2nya, tp kalo tinggal di jabodetabek harusnya aftersales aman
3. Apakah reliability nya bagus? Ini kykny no issue karena cherry kasih garansi yg cukup lama ya
jawaban:
no komen, kita tunggu saja user reviewnya entah di sm or youtube 2-3 tahun kedepan mobil mereka impresi pemakaiannya gmn
4. Apakah trypophobia saya bisa sembuh setelah terbiasa dengan mobil ini? :big_biglaugh:
jawaban:
harusnya kalo udh make lebih dari 6 bulan bakal terbiasa, tp kalo saya pribadi diantara 2 itu, saya pilih HRV aja, entah knp kalo mobil tiongkok, saya masih blm percaya akan long term aftersalesnya buat jangka panjang, apalagi andaikata saya tinggal di luar jabodetabek ( no offence ya)

diantara 2 itu saya pilih HRV aja, tahun 2021 harusnya masih sangat muda, sehingga cukup mudah untuk menemukkan yg kondisinya bagus & terawat & upgrade juga kok dari brio + all rounder juga. gc tinggi, lega, bantingan lumayan empuk, tapi masih enak disetir, tarikan enak & handling enak + cukup irit bbm jg
Thx for the comprehensive answer om pboyz. Oiya berhubung ada mention HR-V 2023, dibanding sama yang 2021 piye om? Kalau yg non turbo sy ntn review di yutub tarikanny spertinya masi kalah sama yang RU1 ya?

Kalau bentuk sih emang lebih masuk ya sbnernya buat selera saya, karena HR-V RU modelny lebih cocok untuk wanita karier wkwk. Cm berhubung harga cash yg E dan SE 2022 nya masih beda 60-80jt dibanding gen sebelumnya, budget bkl ttp ambil yg 2021 sih soalny mau spare dana utk jaga" perbaikan

*otw ngintip review HR-V next gen di SM dulu
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9684
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by Suryaputra »

zylo14 wrote: Tue Dec 19, 2023 11:34
Suryaputra wrote: Mon Dec 18, 2023 3:18 Chery ini gak bisa dipandang sebelah mata.
krn BUMN / State owned.

Karena klo State owned company, biasanya akan lbh serius dan gak main2 ketika penetrasi ke Negara lain.
Mereka pasti udah punya Go to Market Strategy yg komprehensif dan lebih matang dibanding kompetitor brand tiongkok lain.

Ditambah lagi, mereka kan JV 50% bareng Tata Motors (Jaguar - Land Rover), sejak 10 tahun lalu.
jadi gak main2 ini mah :upss:
Sebenernya emg ini brand mobcin yang ane banyak lirik sih om. Kepo sama tiggo 8 pro & omoda nya, aplgi trkhir keluarin omoda 5 gt AWD dgn spek yang mantap betul wkwk.

Masih wait and see sih, tapi I can definitely see myself getting one of these in the future kalau memang brand ny serius main di Indo
Yess agree mbah.
Worth to buy juga sih klo gak concern banget ke resale factor
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by zonepublic »

zylo14 wrote: Tue Dec 19, 2023 11:42
Thx for the comprehensive answer om pboyz. Oiya berhubung ada mention HR-V 2023, dibanding sama yang 2021 piye om? Kalau yg non turbo sy ntn review di yutub tarikanny spertinya masi kalah sama yang RU1 ya?

Kalau bentuk sih emang lebih masuk ya sbnernya buat selera saya, karena HR-V RU modelny lebih cocok untuk wanita karier wkwk. Cm berhubung harga cash yg E dan SE 2022 nya masih beda 60-80jt dibanding gen sebelumnya, budget bkl ttp ambil yg 2021 sih soalny mau spare dana utk jaga" perbaikan

*otw ngintip review HR-V next gen di SM dulu
Omoda 5 aja sama HRV RS turbo drag race 500m standaran menang omoda 5 meskipun tipis dan power di kertas menang HRV RS jadi Klo butuh tarikan kenceng ya omoda
Hrv 2021 mesin L15 SOHC secara power dan potensi mending mesinnya HRV 2023 yang sudah DOHC tapi karena transmisinya dua2nya CVT ya mau dimodif gimana juga susah,takutnya ga kuat transmisinya
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by kendibocor »

Suryaputra wrote: Mon Dec 18, 2023 3:34
ChZ wrote: Mon Dec 18, 2023 3:29
Suryaputra wrote: Mon Dec 18, 2023 3:18 Chery ini gak bisa dipandang sebelah mata.
krn BUMN / State owned.

Karena klo State owned company, biasanya akan lbh serius dan gak main2 ketika penetrasi ke Negara lain.
Mereka pasti udah punya Go to Market Strategy yg komprehensif dan lebih matang dibanding kompetitor brand tiongkok lain.

Ditambah lagi, mereka kan JV 50% bareng Tata Motors (Jaguar - Land Rover), sejak 10 tahun lalu.
jadi gak main2 ini mah :upss:
buset, baru nyadar JLR udah bukan punya tata motors lagi.

kasian bener dah JLR ma volvo, pindah2 mulu ujungnya dibeli china :upss:
makanya wakakak
china the best lah
perlu banyak belajar sm mereka

mereka dah bisa bikin semua
dr urusan ICT, sampai ke otomotif, kereta cepat, pesawat komersil, tempur, sampai roket ke luar angkasa :upss:
Target mereka brp tahun kedepan wes mendarat ke bulan mbah :upss:
Bwat bikin mobil sebenernya urusan kecil lah :big_biglaugh:

Sebenernya saat2 gini lumayan tepat sih mo nyobain mobcin yg harganya masih masuk akal tp uda full spec. Nunggu nama uda established kaya jepang ya harganya jg nanti mirip jepang ditambah sunat sana-sini :upss:

Siklus awal2 bikin sesuatu hasilnya busuk kaya motor-mobil china 10-20 tahun lalu uda ga relevant lah karena perkembangan teknologi udah jauh daripada dlu. Produsen otomotif eropa, amrik, jepang, koreya jg pasti mengalami barang buatannya busuk kok cuman uda lama aja makanya uda pada lupa. Mana ada barang baru langsung jadi n reliabel sampe kiamat.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Rocky
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Dec 20, 2023 9:50
Location: Semarang
Daily Vehicle: Lexus rx200t

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by Rocky »

Gw udah pake omoda z sebulanan lebih sementara ini enggak ada masalah sama sekali. Performancenya lumayan banget untuk ukuran mobil kecil gini. Kalo nanya kelemahannya paling cuman ngelitik aja kalo diisi ron 92. Diganti pertamax turbo beres langsung ilang. Tp kalo mau tetep diisi pertamax bisa di remap harusnya. Cuman gw kerasa kalo pake pertamax malah boros begitu gw ganti turbo langsung irit. Avg 13-14km/liter pemakaian hari2 dalem kota tanpa tol. Over all pake mobil ini puas banget sih belom ada keluhan apa2 sementara
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by Pboyz97 »

zylo14 wrote: Tue Dec 19, 2023 11:42
Thx for the comprehensive answer om pboyz. Oiya berhubung ada mention HR-V 2023, dibanding sama yang 2021 piye om? Kalau yg non turbo sy ntn review di yutub tarikanny spertinya masi kalah sama yang RU1 ya?

Kalau bentuk sih emang lebih masuk ya sbnernya buat selera saya, karena HR-V RU modelny lebih cocok untuk wanita karier wkwk. Cm berhubung harga cash yg E dan SE 2022 nya masih beda 60-80jt dibanding gen sebelumnya, budget bkl ttp ambil yg 2021 sih soalny mau spare dana utk jaga" perbaikan

*otw ngintip review HR-V next gen di SM dulu
kalo dibanding yg 2021 ya ada plus minusnya. plusnya ada di desain & fitur yg lebih modern & lebih fresh, lebih empuk, lebih kedap, bq lebih bagus & lebih nyaman. cuma ya minusnya kaya yg om bilang, tarikan, driving feel sm handlingnya masih enakkan Ru1 menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by carlzeiss »

saya vote HRV aja, omodo ini kayanya ga bakal sekenceng almas penjualannya terbukti di kota besar unitnya pas baru launching sampai skrg unitnya jarang
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
tula
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Tue Dec 15, 2009 9:26

Re: Cherry omoda 5 Z vs HR-V SE 2021

Post by tula »

penasaran ini jadi nya beli yg mana thread poster nya ?