Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Bibieight »

b0ku wrote: Tue Jan 09, 2024 0:56
itu rental hertz aja bonyok piara tesla banyak2x oe kirain cuan karena gak bayar bensin dan bakalan di jadiin kuli pecut sampe ratusan ribu mile tanpa service sama ganti oli tau2x babak belur juga :mky_07:



yang jadi masalah juga sekali bongkar kan semua musti ngolong karena batre motor listrik semua di kolong dan berat akhirnya gak bisa di benerin pake alat biasa :mky_07:

keknya dapet unit ud mau rusak kali om :mky_03: pnyakitnya motor listrik ya gitu ngedengung tesla banyak masalah kek gitu biasanya benerinnya ya ganti satu gelondong ini salah satu cost yang gak di pikirin pembeli EV awam mereka cuma tau ganti batre lupa itu motornya juga sebnernya gak awet dan harganya juga horor :big_biglaugh:
Kemarin rental Sixt di Melb. enak2 aja tuh Tesla. Gara2 banyak bilang BQ amburadul akhirnya udah ekspektasi dapet mobil gedubrakan, ternyata ya bener tuh built quality, ndak beda dibanding Camry lah, jd kalo ada yg bilang built quality Tesla jelek, naah suru coba pake Yarcrot (global juga kan ini :big_peace: :big_peace: :big_peace: ).
Nah kalo dengung kayaknya normal deh, soalnya suara dengungnya itu sama ama BYD Dolphin-nya Bluebird (EV yg lama). Kalo Ioniq 5 sama Polestar 2 kan baru kedengeran kalo akselerasi cepet.
Perkara motor listrik, malah saya baru tau kalo Camry Hybrid itu ada peculiaritiesnya, yg saya pake di Melb. itu gak mau lama2 di N, tau2 keluar peringatan supaya batere awet, terus mati. Begitu saya masuk P, terus stater lagi, ICE-nya langsung muter kenceng banget kayak ngecas batere gitu. Zenix hibrid dimari kayak gini juga ndak sih kelakuan ?, kalo iya ntar ada edukasi lagi pas Papanjah hibrid launching :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Tue Jan 09, 2024 7:59
Kemarin rental Sixt di Melb. enak2 aja tuh Tesla. Gara2 banyak bilang BQ amburadul akhirnya udah ekspektasi dapet mobil gedubrakan, ternyata ya bener tuh built quality, ndak beda dibanding Camry lah, jd kalo ada yg bilang built quality Tesla jelek, naah suru coba pake Yarcrot (global juga kan ini :big_peace: :big_peace: :big_peace: ).
Nah kalo dengung kayaknya normal deh, soalnya suara dengungnya itu sama ama BYD Dolphin-nya Bluebird (EV yg lama). Kalo Ioniq 5 sama Polestar 2 kan baru kedengeran kalo akselerasi cepet.
Perkara motor listrik, malah saya baru tau kalo Camry Hybrid itu ada peculiaritiesnya, yg saya pake di Melb. itu gak mau lama2 di N, tau2 keluar peringatan supaya batere awet, terus mati. Begitu saya masuk P, terus stater lagi, ICE-nya langsung muter kenceng banget kayak ngecas batere gitu. Zenix hibrid dimari kayak gini juga ndak sih kelakuan ?, kalo iya ntar ada edukasi lagi pas Papanjah hibrid launching :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
tesla bq ambrul kan lebih ke fit n finish, sama panel2x interiornya aj gak beres keknya gak ada ngaruh sama kualitas ride mobilnya deh om karena bodynya solid dan chasisnya batre jadi road noisenya keredam, soalnya pajero road noisenya juga minim karena ya itu chasis ladernya kan tebel jd kena redam chasisnya duluan coba CRV berisik karena chasisnya lsg di bawah kaki kita sama yang mishain kita sama kolong cuma besi dek sama karpet doank :mky_03:

yaris crot ya lebih ke bodynya kaleng juga sih jauh lah :mky_07:

cuma kalo ud rusak ntar ada lagi suara2x tambahan aneh komplennya sih gitu mungkin bearing dengung dkk ya sama lah kek AC kalo outdoornya ud ngaco kan berisik juga itu juga kan listrik2x juga puterannya :big_biglaugh:
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by sapifr22 »

Bibieight wrote: Tue Jan 09, 2024 7:59
b0ku wrote: Tue Jan 09, 2024 0:56
itu rental hertz aja bonyok piara tesla banyak2x oe kirain cuan karena gak bayar bensin dan bakalan di jadiin kuli pecut sampe ratusan ribu mile tanpa service sama ganti oli tau2x babak belur juga :mky_07:



yang jadi masalah juga sekali bongkar kan semua musti ngolong karena batre motor listrik semua di kolong dan berat akhirnya gak bisa di benerin pake alat biasa :mky_07:

keknya dapet unit ud mau rusak kali om :mky_03: pnyakitnya motor listrik ya gitu ngedengung tesla banyak masalah kek gitu biasanya benerinnya ya ganti satu gelondong ini salah satu cost yang gak di pikirin pembeli EV awam mereka cuma tau ganti batre lupa itu motornya juga sebnernya gak awet dan harganya juga horor :big_biglaugh:
Kemarin rental Sixt di Melb. enak2 aja tuh Tesla. Gara2 banyak bilang BQ amburadul akhirnya udah ekspektasi dapet mobil gedubrakan, ternyata ya bener tuh built quality, ndak beda dibanding Camry lah, jd kalo ada yg bilang built quality Tesla jelek, naah suru coba pake Yarcrot (global juga kan ini :big_peace: :big_peace: :big_peace: ).
Nah kalo dengung kayaknya normal deh, soalnya suara dengungnya itu sama ama BYD Dolphin-nya Bluebird (EV yg lama). Kalo Ioniq 5 sama Polestar 2 kan baru kedengeran kalo akselerasi cepet.
Perkara motor listrik, malah saya baru tau kalo Camry Hybrid itu ada peculiaritiesnya, yg saya pake di Melb. itu gak mau lama2 di N, tau2 keluar peringatan supaya batere awet, terus mati. Begitu saya masuk P, terus stater lagi, ICE-nya langsung muter kenceng banget kayak ngecas batere gitu. Zenix hibrid dimari kayak gini juga ndak sih kelakuan ?, kalo iya ntar ada edukasi lagi pas Papanjah hibrid launching :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Emang hybrid Toyota tdk boleh lama2 di N, karena e-CVTnya disengaged, sehingga tdk ngecharge baterai.
Taruh di P atau D. Itu juga makanya mobil hybrid pakai brake dengan auto hold, supaya bisa berlama-lama di D :big_smile]
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Jenson »

newrubble wrote: Sat Jan 06, 2024 6:47 lg ditimbang-timbang perodua atau adm yg bye bye
unik cara jepang u closure
30th nipu itukan kata mrk
ibarat dia sendiri yg mbakar n dia sendiri yg lapor brandweer
Hmm apakah mgkin ad plan mereka merger daihatsu jd toyota and smua operation diambil alih?
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by satriakarisma »

Jenson wrote: Tue Jan 09, 2024 19:45
newrubble wrote: Sat Jan 06, 2024 6:47 lg ditimbang-timbang perodua atau adm yg bye bye
unik cara jepang u closure
30th nipu itukan kata mrk
ibarat dia sendiri yg mbakar n dia sendiri yg lapor brandweer
Hmm apakah mgkin ad plan mereka merger daihatsu jd toyota and smua operation diambil alih?
kayanya malah tyt yang cabut n tinggalin dhtsu di sini.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kunaskun »

newrubble wrote: Sat Jan 06, 2024 6:47 lg ditimbang-timbang perodua atau adm yg bye bye
unik cara jepang u closure
30th nipu itukan kata mrk
ibarat dia sendiri yg mbakar n dia sendiri yg lapor brandweer
exit strategy yang rada "antik" ya.
:big_biglaugh:

Perodua bye2 lebih "murah" daripada ADM kayanya ya. Astral lebih gede bisnisnya :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by b0ku »

Jenson wrote: Tue Jan 09, 2024 19:45 Hmm apakah mgkin ad plan mereka merger daihatsu jd toyota and smua operation diambil alih?
:big_think: sebenernya ngirit banyak tuh dealernya juga jadi gak banyak komponen bemper juga irit gak usah bikin banyak2x bemper buat bedain xenia avanza dll :big_biglaugh:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Bibieight »

kunaskun wrote: Wed Jan 10, 2024 2:39
newrubble wrote: Sat Jan 06, 2024 6:47 lg ditimbang-timbang perodua atau adm yg bye bye
unik cara jepang u closure
30th nipu itukan kata mrk
ibarat dia sendiri yg mbakar n dia sendiri yg lapor brandweer
exit strategy yang rada "antik" ya.
:big_biglaugh:

Perodua bye2 lebih "murah" daripada ADM kayanya ya. Astral lebih gede bisnisnya :big_think:
Tergantung oom, kalo pabrikan harus diliat harga keluar pabrik, bukan harga di bayar pembeli. Kalo produksi > ADM berarti fixed cost per unit bisa murah ADM, tapi belun tentu, gaji tukang ngencengin baut masa kerja 15 tahun di ADM itu dah dua digit dikit lagi kepala 2, bonus lebih banyak dari jari satu tangan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: … Kalo part perlu liat pajak importasi bahan baku gede mana MAL apa INA, terus pabrikan komponen lokal murah mana MAL ama INA.
Perlu diingat, kita pan dah ada AFTA, jd tarip impor dr sesama ASEAN ndak gede2 banget, wong Indomobil impor Sijuki dari prindapan aja idup, apalagi impor Daihatsu dari MAL.
Perlu diliat juga Perodua ama Astra, dimata TMC itu lebih pliable mana :big_peace: :big_peace: :big_peace:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kunaskun »

Bibieight wrote: Wed Jan 10, 2024 3:00 Tergantung oom, kalo pabrikan harus diliat harga keluar pabrik, bukan harga di bayar pembeli. Kalo produksi > ADM berarti fixed cost per unit bisa murah ADM, tapi belun tentu, gaji tukang ngencengin baut masa kerja 15 tahun di ADM itu dah dua digit dikit lagi kepala 2, bonus lebih banyak dari jari satu tangan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: … Kalo part perlu liat pajak importasi bahan baku gede mana MAL apa INA, terus pabrikan komponen lokal murah mana MAL ama INA.
Perlu diingat, kita pan dah ada AFTA, jd tarip impor dr sesama ASEAN ndak gede2 banget, wong Indomobil impor Sijuki dari prindapan aja idup, apalagi impor Daihatsu dari MAL.
Perlu diliat juga Perodua ama Astra, dimata TMC itu lebih pliable mana :big_peace: :big_peace: :big_peace:
bener juga, ADM boleh lebih gede volume produksinya tapi kalau modal awa udah lebih mahal bisa beda ya :big_biglaugh:
dan gossip soal TMMIN mau udahan akan jadi nyata dong ya :big_biglaugh:
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by mkamil »

Bibieight wrote: Wed Jan 10, 2024 3:00
kunaskun wrote: Wed Jan 10, 2024 2:39
newrubble wrote: Sat Jan 06, 2024 6:47 lg ditimbang-timbang perodua atau adm yg bye bye
unik cara jepang u closure
30th nipu itukan kata mrk
ibarat dia sendiri yg mbakar n dia sendiri yg lapor brandweer
exit strategy yang rada "antik" ya.
:big_biglaugh:

Perodua bye2 lebih "murah" daripada ADM kayanya ya. Astral lebih gede bisnisnya :big_think:
Tergantung oom, kalo pabrikan harus diliat harga keluar pabrik, bukan harga di bayar pembeli. Kalo produksi > ADM berarti fixed cost per unit bisa murah ADM, tapi belun tentu, gaji tukang ngencengin baut masa kerja 15 tahun di ADM itu dah dua digit dikit lagi kepala 2, bonus lebih banyak dari jari satu tangan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: … Kalo part perlu liat pajak importasi bahan baku gede mana MAL apa INA, terus pabrikan komponen lokal murah mana MAL ama INA.
Perlu diingat, kita pan dah ada AFTA, jd tarip impor dr sesama ASEAN ndak gede2 banget, wong Indomobil impor Sijuki dari prindapan aja idup, apalagi impor Daihatsu dari MAL.
Perlu diliat juga Perodua ama Astra, dimata TMC itu lebih pliable mana :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Hmm lagi ditimbang-timbang ya
IMG_0167.jpeg
IMG_0168.jpeg
IMG_0169.jpeg
Yang satu disebut mobil nasional, Yang satu…

Berat juga
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Bibieight »

mkamil wrote: Wed Jan 10, 2024 4:05
Bibieight wrote: Wed Jan 10, 2024 3:00
kunaskun wrote: Wed Jan 10, 2024 2:39

exit strategy yang rada "antik" ya.
:big_biglaugh:

Perodua bye2 lebih "murah" daripada ADM kayanya ya. Astral lebih gede bisnisnya :big_think:
Tergantung oom, kalo pabrikan harus diliat harga keluar pabrik, bukan harga di bayar pembeli. Kalo produksi > ADM berarti fixed cost per unit bisa murah ADM, tapi belun tentu, gaji tukang ngencengin baut masa kerja 15 tahun di ADM itu dah dua digit dikit lagi kepala 2, bonus lebih banyak dari jari satu tangan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: … Kalo part perlu liat pajak importasi bahan baku gede mana MAL apa INA, terus pabrikan komponen lokal murah mana MAL ama INA.
Perlu diingat, kita pan dah ada AFTA, jd tarip impor dr sesama ASEAN ndak gede2 banget, wong Indomobil impor Sijuki dari prindapan aja idup, apalagi impor Daihatsu dari MAL.
Perlu diliat juga Perodua ama Astra, dimata TMC itu lebih pliable mana :big_peace: :big_peace: :big_peace:
Hmm lagi ditimbang-timbang ya

IMG_0167.jpeg

IMG_0168.jpeg

IMG_0169.jpeg

Yang satu disebut mobil nasional, Yang satu…

Berat juga
Perodua : 310.529 unit
ADM : 548.452 unit (206.411 Daihatsu, 342.041 Toyota).
Disini berarti ADM yang bakal bakal diadu ama TMMIN, tinggal TMMIN tutup Zenix 100% kirim dari Thailand, atau ADM tutup, 342.041-nya dirakit di TMMIN. Disini kayaknya skenario ADM bakal tutup kalo kapasitas TMMIN masih longgar, jadi yang 206.411 bakal sebagian dirakit di TMMIN dan sebagian diimpor.
Nah, TMMIN gak repot ketiban kerjaan kalo yg digarap gombal, eh global product. Global product itu : Xenia, Luxio, Grand Max, Rocky, jumlah : 122.330 unit, Xenia ama Rocky, 28.798 unit toolingnya sama plek ada di TMMIN. Sekarang tinggal Luxio, Grand Max : 70.678 unit dan Ayla, Sigra : 84.081 unit yang bakal diadu ama Perodua.
Skenario paling runyam ya kalo TMMIN pindah Thai, ADM pindah Perodua :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Or4cle »

Yang lagi anget ...
Avanza Velos aquaplanning, tabrak baliho terbelah 2 di Padang
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by peterming77 »

sapifr22 wrote: Tue Jan 09, 2024 11:07
Bibieight wrote: Tue Jan 09, 2024 7:59
b0ku wrote: Tue Jan 09, 2024 0:56
itu rental hertz aja bonyok piara tesla banyak2x oe kirain cuan karena gak bayar bensin dan bakalan di jadiin kuli pecut sampe ratusan ribu mile tanpa service sama ganti oli tau2x babak belur juga :mky_07:



yang jadi masalah juga sekali bongkar kan semua musti ngolong karena batre motor listrik semua di kolong dan berat akhirnya gak bisa di benerin pake alat biasa :mky_07:

keknya dapet unit ud mau rusak kali om :mky_03: pnyakitnya motor listrik ya gitu ngedengung tesla banyak masalah kek gitu biasanya benerinnya ya ganti satu gelondong ini salah satu cost yang gak di pikirin pembeli EV awam mereka cuma tau ganti batre lupa itu motornya juga sebnernya gak awet dan harganya juga horor :big_biglaugh:
Kemarin rental Sixt di Melb. enak2 aja tuh Tesla. Gara2 banyak bilang BQ amburadul akhirnya udah ekspektasi dapet mobil gedubrakan, ternyata ya bener tuh built quality, ndak beda dibanding Camry lah, jd kalo ada yg bilang built quality Tesla jelek, naah suru coba pake Yarcrot (global juga kan ini :big_peace: :big_peace: :big_peace: ).
Nah kalo dengung kayaknya normal deh, soalnya suara dengungnya itu sama ama BYD Dolphin-nya Bluebird (EV yg lama). Kalo Ioniq 5 sama Polestar 2 kan baru kedengeran kalo akselerasi cepet.
Perkara motor listrik, malah saya baru tau kalo Camry Hybrid itu ada peculiaritiesnya, yg saya pake di Melb. itu gak mau lama2 di N, tau2 keluar peringatan supaya batere awet, terus mati. Begitu saya masuk P, terus stater lagi, ICE-nya langsung muter kenceng banget kayak ngecas batere gitu. Zenix hibrid dimari kayak gini juga ndak sih kelakuan ?, kalo iya ntar ada edukasi lagi pas Papanjah hibrid launching :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Emang hybrid Toyota tdk boleh lama2 di N, karena e-CVTnya disengaged, sehingga tdk ngecharge baterai.
Taruh di P atau D. Itu juga makanya mobil hybrid pakai brake dengan auto hold, supaya bisa berlama-lama di D :big_smile]
Pengguna Corolla Cross: apa itu auto hold? Adanya foot hold alias injak rem.... :big_weee:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by newrubble »

harus di ingat ina-mal-tha-vn harusnya tdk ada (import) taxation (/ duties / levies ) issue krn dlm framework afta bahkan effort vietnam u naikin import tax 8 thn lalu (mitsubishi) gagal krn afta (max 5%)

sedangkan distribusi global daihatsu (under its brand , bukan rebrand) adalah dunia kecil krn main market daihatsu (beyond jdm) tinggal indo sj (mal: pero2 branding spt dulu kalo ditempat sy seat = fiat n skrg seat = vw)
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kunaskun »

Bibieight wrote: Wed Jan 10, 2024 8:28
Skenario paling runyam ya kalo TMMIN pindah Thai, ADM pindah Perodua :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
newrubble wrote: Wed Jan 10, 2024 12:24 harus di ingat ina-mal-tha-vn harusnya tdk ada (import) taxation (/ duties / levies ) issue krn dlm framework afta bahkan effort vietnam u naikin import tax 8 thn lalu (mitsubishi) gagal krn afta (max 5%)

sedangkan distribusi global daihatsu (under its brand , bukan rebrand) adalah dunia kecil krn main market daihatsu (beyond jdm) tinggal indo sj (mal: pero2 branding spt dulu kalo ditempat sy seat = fiat n skrg seat = vw)
dan makin jelas terlihat :big_biglaugh:
siap2 pindah ke Mitsubishi? mayan lah dapet sentuhan Nissan Renault dikit :upss:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by alvin23 »

kunaskun wrote: Thu Jan 11, 2024 2:32
Bibieight wrote: Wed Jan 10, 2024 8:28
Skenario paling runyam ya kalo TMMIN pindah Thai, ADM pindah Perodua :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
newrubble wrote: Wed Jan 10, 2024 12:24 harus di ingat ina-mal-tha-vn harusnya tdk ada (import) taxation (/ duties / levies ) issue krn dlm framework afta bahkan effort vietnam u naikin import tax 8 thn lalu (mitsubishi) gagal krn afta (max 5%)

sedangkan distribusi global daihatsu (under its brand , bukan rebrand) adalah dunia kecil krn main market daihatsu (beyond jdm) tinggal indo sj (mal: pero2 branding spt dulu kalo ditempat sy seat = fiat n skrg seat = vw)
dan makin jelas terlihat :big_biglaugh:
siap2 pindah ke Mitsubishi? mayan lah dapet sentuhan Nissan Renault dikit :upss:
HPM udah done wkwkwk
Rocky R ADS CVT 2021
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by newrubble »

benz is done
saya yg pindahin
tapi bbrp wkt sblm nya kan sy kasitau disini n cuma disini
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Wed Jan 10, 2024 8:28 Skenario paling runyam ya kalo TMMIN pindah Thai, ADM pindah Perodua :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
sebenernya skenario gini jg ga masalah, kan ud ada afta

cuma tar urusan sama principal aja nego nya gmn

klo rese ya alamat mahal :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by kunaskun »

newrubble wrote: Thu Jan 11, 2024 3:40 benz is done
saya yg pindahin
tapi bbrp wkt sblm nya kan sy kasitau disini n cuma disini
lama2 di Indo yang ngerakit mobil tinggal merek Asli China ya :big_think:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by TUFF Stough »

pelos aja kebelah

Code: Select all

 https://www.instagram.com/p/C16jtLNJMv2
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by newrubble »

kunaskun wrote: Sat Jan 13, 2024 1:43
newrubble wrote: Thu Jan 11, 2024 3:40 benz is done
saya yg pindahin
tapi bbrp wkt sblm nya kan sy kasitau disini n cuma disini
lama2 di Indo yang ngerakit mobil tinggal merek Asli China ya :big_think:
lama2 ga ada yg brani direct invest di indo tapi mrk sdh gunakan zhonghwan n indian investment side
water-test benz (dulu) foton
skrg gm (wuling dgn chevy joy)
trus maruti meski ttp dgn suzuki branding spt juga renault chennai pvt.ltd.
tar dongfeng (honda) enak kan kalo yg jalan itu third world specialists
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by Bibieight »

newrubble wrote: Sat Jan 13, 2024 6:11 tar dongfeng (honda) enak kan kalo yg jalan itu third world specialists
Hmmm.... jangan2 kalo motor listrik Honda yg baru launching kemaren dibongkar isinya Zhongguo semua yak :big_think: :big_think: :big_think: ... Belun ada influenza yutub yg bongkar motor ini sih yak ?
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by walid_007 »

engine roaring!
User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by loid »

newrubble wrote: Sat Jan 13, 2024 6:11
kunaskun wrote: Sat Jan 13, 2024 1:43
newrubble wrote: Thu Jan 11, 2024 3:40 benz is done
saya yg pindahin
tapi bbrp wkt sblm nya kan sy kasitau disini n cuma disini
lama2 di Indo yang ngerakit mobil tinggal merek Asli China ya :big_think:
lama2 ga ada yg brani direct invest di indo tapi mrk sdh gunakan zhonghwan n indian investment side
water-test benz (dulu) foton
skrg gm (wuling dgn chevy joy)
trus maruti meski ttp dgn suzuki branding spt juga renault chennai pvt.ltd.
tar dongfeng (honda) enak kan kalo yg jalan itu third world specialists
Makes sense. Honda e:N1 rakitan Thai kalo ga salah ampir gada beda ama e:NS1 rakitan Dongfeng Honda China diliat dari desain dan spek motor listriknya, dan at least si e:N1/e:NS1 ini diexport ke EU jga yg standarnya cukup ketat sebagai e:NY1. Trs Honda Odyssey utk JDM jga dirakit GAC Honda pasca penutupan Sayama plant pada 2021

Kalo Vinfast gimana om? Soalnya mereka udh berani commit direct investment ke indo, apakah karena economies of scale mereka sudah menyamai manufacturer asli chinese/indian atau jv global manufacturer dgn chinese/indian, atau malah si Vinfast ini aslinya cuman ngambil technya chinese/indian?
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7371
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Efek Kasus Safety, Daihatsu Stop Distribusi Semua Mobil di Seluruh Dunia, Toyota Ikut Terdampak

Post by newrubble »

brand vietnam itu mirip awal-awal proton
fully supported by govt
lbh alat politik drpd alat transport contohnya masuknya brand ini ke us-dm sbg imbal balik removal vietnam dari GSP (jan 2023)
bgitu juga masuknya brand ini ke indo-dm (jadi hadiah pensiun moeldoko meski mgkn a/n org lain nantinya)
meredam keinginan vietnam u kluar dari skema afta urusan CBU importation dr indo
brand ini di us-dm paling cepet masuk timbangan best dgn breakdown rate yg bgitu tinggi