EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by ChZ »

AbdulHakim wrote: Thu Jan 11, 2024 2:47 apalagi resale valuenya ya om b0ku, ICE is the king, selama itu mobil populernya aHond dan Dai-Toyo.
Masyarakat +62 itu prinsipnya bisa pake bbm subsidi, resale value, dan gampang proses kreditnya.
gak cuma +62 sih om, di luaran juga resale value diliat om. cuma brand nya lebih diverse aja.

di sini apesnya kapitalis astra mendominasi bgt (big 10 yang mendominasi astra gang) jadi kesannya beli mobil buatan astra gegara resale value padahal mah emang hukum alam aja mobil banyak diminati pasti resale value kuat.

di luar resale EV juga ancur ancuran dan ditambah cost battery pada menghindari beli EV bekas.

ane juga malas om beli mobil yang gak diminati market. kalo bosen menuh2in garasi, dikampak juga kaga ada yang mau.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by b0ku »

AbdulHakim wrote: Thu Jan 11, 2024 2:47 apalagi resale valuenya ya om b0ku, ICE is the king, selama itu mobil populernya aHond dan Dai-Toyo.
Masyarakat +62 itu prinsipnya bisa pake bbm subsidi, resale value, dan gampang proses kreditnya.
biar ribet gimana ice itu lebih gampang di predict karena mekanikalnya masih kuat ,kalo EV apalagi MG4 ini ud ada kasus ownernya kena culik mobilnya sendiri gara2x eror atau ngeglitch mobilnya maju gak bisa berenti sampe polisi nahan2x juga di tabrak sama tuh mobil :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by b0ku »

ChZ wrote: Thu Jan 11, 2024 3:04 gak cuma +62 sih om, di luaran juga resale value diliat om. cuma brand nya lebih diverse aja.

di sini apesnya kapitalis astra mendominasi bgt (big 10 yang mendominasi astra gang) jadi kesannya beli mobil buatan astra gegara resale value padahal mah emang hukum alam aja mobil banyak diminati pasti resale value kuat.

di luar resale EV juga ancur ancuran dan ditambah cost battery pada menghindari beli EV bekas.

ane juga malas om beli mobil yang gak diminati market. kalo bosen menuh2in garasi, dikampak juga kaga ada yang mau.
lama2x kalo reputasi apinya mulai keluar juga tukang kampakan sini kagak berani nampung om liat aja cara mereka nyimpen barang bisa jadi bencana itu :mky_07:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by alvin23 »

bisa ditebak sendiri pajak mobil biasa itu berapa dibanding costnya wkwkwk. Makanya dr dulu mobil kita mahal2 dibanding US wkwkwk

Welcome MG dan mobil-mobil listrik lainnya
Rocky R ADS CVT 2021
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by vipere »

mobil listrik makin populer, di kantor saya populasi ionic nambah drastis, karena ada kebijakan perusahaan , kalo beli mobil ev, budget cop nya lebih gede.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Zaxis »

AbdulHakim wrote: Thu Jan 11, 2024 1:21
Zaxis wrote: Thu Jan 11, 2024 0:38 Mantab nih, sales Onda ketar ketir
Nonik2 mau kuliah bisa ganti SPK
Mending beli MG,bebas ganjil genep keliling ibukota
Mau ngecas tinggal ke mal
ga mungkin ketar-ketir om, jualan Brio aja udah bisa ongkang-ongkang kaki sales aHond.
Tebakan saya siy, jualan brio satya udah nutup target, brio RS + BRV dapet bonus, sukur2 nambah SPK HRV udah tumpah-tumpah komisi.
EV-EV ini bukanlah ancaman buat aHond dan Dai-Toyo.
Yang beli brio beda dgn yg beli mobil 400 jt
Beda komisi nya juga
Kecil kemungkinan dari spk brio diganti jadi spk hrv

Kalo Toyota mah enak jualan zenix fortie alfred
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Andhyka »

alvin23 wrote: Thu Jan 11, 2024 3:19 bisa ditebak sendiri pajak mobil biasa itu berapa dibanding costnya wkwkwk. Makanya dr dulu mobil kita mahal2 dibanding US wkwkwk

Welcome MG dan mobil-mobil listrik lainnya
Betul, harga dan pajak mobil di Indonesia sudah hampir dibilang keterlaluan.

Sebagai contoh Innova matic diesel OTR 440jt itu pajaknya 130jt + cuan dealer 90jt. Silakan hitung sendiri nilai mobil aslinya itu berapa.

Kok bisa tahu? Jika belinya atas nama perusahaan (minta faktur pajak), hitungannya baru muncul.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1403
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by AbdulHakim »

Zaxis wrote: Fri Jan 12, 2024 2:06
AbdulHakim wrote: Thu Jan 11, 2024 1:21
Zaxis wrote: Thu Jan 11, 2024 0:38 Mantab nih, sales Onda ketar ketir
Nonik2 mau kuliah bisa ganti SPK
Mending beli MG,bebas ganjil genep keliling ibukota
Mau ngecas tinggal ke mal
ga mungkin ketar-ketir om, jualan Brio aja udah bisa ongkang-ongkang kaki sales aHond.
Tebakan saya siy, jualan brio satya udah nutup target, brio RS + BRV dapet bonus, sukur2 nambah SPK HRV udah tumpah-tumpah komisi.
EV-EV ini bukanlah ancaman buat aHond dan Dai-Toyo.
Yang beli brio beda dgn yg beli mobil 400 jt
Beda komisi nya juga
Kecil kemungkinan dari spk brio diganti jadi spk hrv

Kalo Toyota mah enak jualan zenix fortie alfred
Terima kasih atas koreksinya om, karena saya jujur saja ga paham nilai nominal besaran dari komisi-komisi ini, hanya wild guess saya saja.
Tapi intinya adalah brand Jepang (aHond dan Dai-Toyo) ini sudah sangat kuat di IDM, terbukti selalu merajai di segmen masing-masing, Brio, AgAy, HRV, AvXen, CalSig, bahkan yang dibilang overprice kyk CRV pun masih laku keras kayak kacang goreng :big_grin: padahal gempuran dari market tiongkok dan Korea sudah kencang sekali.
Time will tell lah gmn kiprah mobcin ini ke depannya di IDM
Saya ga punya kepentingan apa-apa di sini, cuma meramaikan SM forum saja biar ga mati kyk forum online lainnya :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by ChZ »

Andhyka wrote: Fri Jan 12, 2024 2:31
alvin23 wrote: Thu Jan 11, 2024 3:19 bisa ditebak sendiri pajak mobil biasa itu berapa dibanding costnya wkwkwk. Makanya dr dulu mobil kita mahal2 dibanding US wkwkwk

Welcome MG dan mobil-mobil listrik lainnya
Betul, harga dan pajak mobil di Indonesia sudah hampir dibilang keterlaluan.

Sebagai contoh Innova matic diesel OTR 440jt itu pajaknya 130jt + cuan dealer 90jt. Silakan hitung sendiri nilai mobil aslinya itu berapa.

Kok bisa tahu? Jika belinya atas nama perusahaan (minta faktur pajak), hitungannya baru muncul.
130juta nya itu lho. kalau 90jt margin itu kan musti potong2 juga sama operasional dealer dll. apalagi kalau ngomong ada produk yang sengaja disubsidi silang dgn profit margin lebih besar daripada unit2 yang sengaja dijual rugi.

kalo 130 juta per unitnya itu jadi kayak singapur beneran dipake buat bangun jalan jalan kota dan benahin transportasi ya rela lah. ini buat bancakan tiap taun......

ya pantes investor lari... besaran pengenaan pajaknya ngeri. cuma dijadiin tempat buat buang buangin produk ga sesuai standar.

TL,DR : jualan mobil di indo itu bocuan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Bpurna »

Mau tidak mau eventually akan beralih ke ev. Namanya aja udah didukung pemerintah.. susah utk dilawan. Saya bilang itu kunci utamanya kalo pemerintah support full.

Jepang ada potensi ketinggalan dan ditinggal kalau ga segera berubah dalam 1-2 thn. Mobil nya jd berasa kemahalan utk yg di dapat. Generasi muda lama2 ga peduli fanatik merk lagi.

Pengalaman saya dari ice, lanjut hybrid, skrg ev… mobil paling favorit yah ev terus yg dipake. Jamin kalo udh make ev utk harian, udh males balik ke hybrid, apalagi ice. Trus lama2 kepikiran mau jual sisain ev aja. Temen2 juga udh banyak yg pada pengen ganti ev full, udah eneq katanya bayarin pajak dan bensinnya.

Thn ini bakalan rame. Dengan MG bikin gebrakan harga gini, yg lain akan ngikut. Chery e5, BYD, vinfast ga lama lagi ikutan. Tambah seru deh bakalan.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by ChZ »

Bpurna wrote: Fri Jan 12, 2024 2:59 Mau tidak mau eventually akan beralih ke ev. Namanya aja udah didukung pemerintah.. susah utk dilawan. Saya bilang itu kunci utamanya kalo pemerintah support full.

Jepang ada potensi ketinggalan dan ditinggal kalau ga segera berubah dalam 1-2 thn. Mobil nya jd berasa kemahalan utk yg di dapat. Generasi muda lama2 ga peduli fanatik merk lagi.

Pengalaman saya dari ice, lanjut hybrid, skrg ev… mobil paling favorit yah ev terus yg dipake. Jamin kalo udh make ev utk harian, udh males balik ke hybrid, apalagi ice. Trus lama2 kepikiran mau jual sisain ev aja. Temen2 juga udh banyak yg pada pengen ganti ev full, udah eneq katanya bayarin pajak dan bensinnya.

Thn ini bakalan rame. Dengan MG bikin gebrakan harga gini, yg lain akan ngikut. Chery e5, BYD, vinfast ga lama lagi ikutan. Tambah seru deh bakalan.
justru jpn akan semakin leluasa ngembangin produk dan upclass ke premium class. krn persaingan di third world itu udah akhirnya dimakan china kalau scr volume japs ga bisa melawan udah kapasitas produksi dll nya.

hajar aja segment premium tp kasih semua premium kyk new CRV yang nggak cuma luxury trimming tapi safety meningkat banyak. jor-joran aja sekalian dan jualan skema CBU biar nggak rugi bandar hrs clearance sale akhir taun melulu.

di indo jpn brand disisain produk2 nggak sesuai standar. toh lobby2 sedikit sama penguasaha segala regulasi bs ditembusin...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Zaxis »

AbdulHakim wrote: Fri Jan 12, 2024 2:42
Zaxis wrote: Fri Jan 12, 2024 2:06
AbdulHakim wrote: Thu Jan 11, 2024 1:21
ga mungkin ketar-ketir om, jualan Brio aja udah bisa ongkang-ongkang kaki sales aHond.
Tebakan saya siy, jualan brio satya udah nutup target, brio RS + BRV dapet bonus, sukur2 nambah SPK HRV udah tumpah-tumpah komisi.
EV-EV ini bukanlah ancaman buat aHond dan Dai-Toyo.
Yang beli brio beda dgn yg beli mobil 400 jt
Beda komisi nya juga
Kecil kemungkinan dari spk brio diganti jadi spk hrv

Kalo Toyota mah enak jualan zenix fortie alfred
Terima kasih atas koreksinya om, karena saya jujur saja ga paham nilai nominal besaran dari komisi-komisi ini, hanya wild guess saya saja.
Tapi intinya adalah brand Jepang (aHond dan Dai-Toyo) ini sudah sangat kuat di IDM, terbukti selalu merajai di segmen masing-masing, Brio, AgAy, HRV, AvXen, CalSig, bahkan yang dibilang overprice kyk CRV pun masih laku keras kayak kacang goreng :big_grin: padahal gempuran dari market tiongkok dan Korea sudah kencang sekali.
Time will tell lah gmn kiprah mobcin ini ke depannya di IDM
Saya ga punya kepentingan apa-apa di sini, cuma meramaikan SM forum saja biar ga mati kyk forum online lainnya :big_peace:
Laris kaya kacang goreng?
Tiap bulan aja kalah dibanding ionic
Padahal jumlah dealer lebih banyak

Itu ada honda boy aja musti nunggu diskonan buat beli sielpih baru
Kelewatan onda terlalu serakah ambil cuan nya gak mikirin fan boy nya
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Bibieight »

Bpurna wrote: Fri Jan 12, 2024 2:59 Pengalaman saya dari ice, lanjut hybrid, skrg ev… mobil paling favorit yah ev terus yg dipake. Jamin kalo udh make ev utk harian, udh males balik ke hybrid, apalagi ice. Trus lama2 kepikiran mau jual sisain ev aja. Temen2 juga udh banyak yg pada pengen ganti ev full, udah eneq katanya bayarin pajak dan bensinnya.

Thn ini bakalan rame. Dengan MG bikin gebrakan harga gini, yg lain akan ngikut. Chery e5, BYD, vinfast ga lama lagi ikutan. Tambah seru deh bakalan.
Saya malah lompat dari ICE langsung EV oom :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , kalo STNK ama bensin relatip laah, nama juga risiko punya mobil. Tapi driving experience-nya itu yang bikin ndak bisa balik lagi ke ICE apa hybrid. Torsi linier, presisi, ndak ada getaran itu sensasi-nya beda. Belun lagi kalo yang EV-nya dah ada one pedal mode, lupa dah itu pedal rem :big_peace: :big_peace: :big_peace: ...

Tinggal nunggu EV di kelas2 Rocky/Raize/WR-V/Creta, versi EV-nya bakal selisih berapa sama ICE-nya. Yang udah muncul kan Binguo, tapi sejak MG keluarin harga 433 juta si Binguo jadi berasa amit2 mahalnya (batere-nya selisih 10-an kWh itu). Kalo EC3 kan CBU prindapan, harganya ndak bisa dibandingin. Paling pas itu kalo seukuran Rocky/Raize, dikasih batere 40-45 kWh, liquid cooled, one pedal driving, arsitektur min 400V (AirEV cuma 144V) terus dipasang harga di 290 - 310 sih :big_okay: :big_okay: :big_okay:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by b0ku »

Zaxis wrote: Fri Jan 12, 2024 3:37 Laris kaya kacang goreng?
Tiap bulan aja kalah dibanding ionic
Padahal jumlah dealer lebih banyak

Itu ada honda boy aja musti nunggu diskonan buat beli sielpih baru
Kelewatan onda terlalu serakah ambil cuan nya gak mikirin fan boy nya
ioniq bentar lagi juga jualannya tiarap om kan ud ada MG4 sama MG ZS EV :big_grin:

kemaren2x kan pilihan cuma 2 antara AIR EV atau ioniq 5 lagian buyer CRV ud lama lari ke HRV di tambah ada ZENIX yang murah meriah ngakunya sih MPV padahal ya doi juga medium SUV :mky_07:
Last edited by b0ku on Fri Jan 12, 2024 3:51, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by ChZ »

Bibieight wrote: Fri Jan 12, 2024 3:46
Bpurna wrote: Fri Jan 12, 2024 2:59 Pengalaman saya dari ice, lanjut hybrid, skrg ev… mobil paling favorit yah ev terus yg dipake. Jamin kalo udh make ev utk harian, udh males balik ke hybrid, apalagi ice. Trus lama2 kepikiran mau jual sisain ev aja. Temen2 juga udh banyak yg pada pengen ganti ev full, udah eneq katanya bayarin pajak dan bensinnya.

Thn ini bakalan rame. Dengan MG bikin gebrakan harga gini, yg lain akan ngikut. Chery e5, BYD, vinfast ga lama lagi ikutan. Tambah seru deh bakalan.
Saya malah lompat dari ICE langsung EV oom :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , kalo STNK ama bensin relatip laah, nama juga risiko punya mobil. Tapi driving experience-nya itu yang bikin ndak bisa balik lagi ke ICE apa hybrid. Torsi linier, presisi, ndak ada getaran itu sensasi-nya beda. Belun lagi kalo yang EV-nya dah ada one pedal mode, lupa dah itu pedal rem :big_peace: :big_peace: :big_peace: ...

Tinggal nunggu EV di kelas2 Rocky/Raize/WR-V/Creta, versi EV-nya bakal selisih berapa sama ICE-nya. Yang udah muncul kan Binguo, tapi sejak MG keluarin harga 433 juta si Binguo jadi berasa amit2 mahalnya (batere-nya selisih 10-an kWh itu). Kalo EC3 kan CBU prindapan, harganya ndak bisa dibandingin. Paling pas itu kalo seukuran Rocky/Raize, dikasih batere 40-45 kWh, liquid cooled, one pedal driving, arsitektur min 400V (AirEV cuma 144V) terus dipasang harga di 290 - 310 sih :big_okay: :big_okay: :big_okay:
ane bawa si batu makam tendang malah one pedal selalu ane matiin om. cewe ane selalu nyalain :mky_07: gak biasa kayak mobilnya dilepas gas gak meluncur. model bawa pedal to the kampret kemaren ke tegal aja kayaknya cuma dapet 1:12 deh :ungg: jatohnya nggak beda sama bawa siarpi turbo

si logo batman mobil tamiya nya amit amit kemahalan semua kalo gini :big_bored: air ipi aja rasanya kemahalan ini binguo speknya menyedihkan banding si MG.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Bibieight »

ChZ wrote: Fri Jan 12, 2024 3:50
ane bawa si batu makam tendang malah one pedal selalu ane matiin om. cewe ane selalu nyalain :mky_07: gak biasa kayak mobilnya dilepas gas gak meluncur. model bawa pedal to the kampret kemaren ke tegal aja kayaknya cuma dapet 1:12 deh :ungg: jatohnya nggak beda sama bawa siarpi turbo

si logo batman mobil tamiya nya amit amit kemahalan semua kalo gini :big_bored: air ipi aja rasanya kemahalan ini binguo speknya menyedihkan banding si MG.
Naaaah... saya terpaksa jujur nih oom :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , setaun setengah pake Ioniq 5 gak pernah idupin itu one pedal. Gara2 kemaren di Oz sewa EV, terpaksa latihan one pedal. Yang Polestar 2 creep mode-nya ganas (cepet bener maju kedepannya), yang Tesla 3 malah ndak ada creep-nya. Balik2 kemari, idupin one pedal cuma butuh penyesuaian sehari, sekarang malah tuman krasan one pedal mulu, sekali bawa ICE ampir aja nyusruk nabrak portal kompleks gara2 lupa ndak ngerem :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

BTW, ini si MG ada fitur one pedal juga gak ya ?, harusnya si ada ya, kan cuman nambahin programming di kontroller motornya tuh. Arsitektur kayaknya 400V. Soalnya kalo fast charging 20-80% diatas 30 menit pasti 400V, kalo 400V difast-charging 20-80% cuma 20 menit yang ada kabel2-nya yang lumer dimakan amper :big_peace:. V2L kayaknya juga dikasih, terus regen kayaknya juga ada.
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by the-mantal »

one pedal driving itu cm regen nya kuat aja atau ada tambahan rem nya sih sbnrnya?
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Bpurna »

Bibieight wrote: Fri Jan 12, 2024 4:01
ChZ wrote: Fri Jan 12, 2024 3:50
ane bawa si batu makam tendang malah one pedal selalu ane matiin om. cewe ane selalu nyalain :mky_07: gak biasa kayak mobilnya dilepas gas gak meluncur. model bawa pedal to the kampret kemaren ke tegal aja kayaknya cuma dapet 1:12 deh :ungg: jatohnya nggak beda sama bawa siarpi turbo

si logo batman mobil tamiya nya amit amit kemahalan semua kalo gini :big_bored: air ipi aja rasanya kemahalan ini binguo speknya menyedihkan banding si MG.
Naaaah... saya terpaksa jujur nih oom :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: , setaun setengah pake Ioniq 5 gak pernah idupin itu one pedal. Gara2 kemaren di Oz sewa EV, terpaksa latihan one pedal. Yang Polestar 2 creep mode-nya ganas (cepet bener maju kedepannya), yang Tesla 3 malah ndak ada creep-nya. Balik2 kemari, idupin one pedal cuma butuh penyesuaian sehari, sekarang malah tuman krasan one pedal mulu, sekali bawa ICE ampir aja nyusruk nabrak portal kompleks gara2 lupa ndak ngerem :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

BTW, ini si MG ada fitur one pedal juga gak ya ?, harusnya si ada ya, kan cuman nambahin programming di kontroller motornya tuh. Arsitektur kayaknya 400V. Soalnya kalo fast charging 20-80% diatas 30 menit pasti 400V, kalo 400V difast-charging 20-80% cuma 20 menit yang ada kabel2-nya yang lumer dimakan amper :big_peace:. V2L kayaknya juga dikasih, terus regen kayaknya juga ada.

Saya begitu coba one pedal langsung ketagihan. Berasa lebih safe aja dan lebih pakem, belum lagi benefit lain (lebih irit karena regen, kampas rem utuh). Itu hanya penyesuaian saja, tp harusnya dimanfaatin sih.

Utk MG kalo liat reviewer gak ada one pedal, hanya bisa di set regen max aja, tp gak sampai berenti full. Sayang sih hrsnya dibuat bisa yah.

Ev yg penting jgn ada kejadian heboh aja di Indo, misal kebakar tiba2, jd calon2 buyer ragu utk pindah. Kalau aman2 trus dan positif semua, ditambah infrastruktur nambah drastis, yah 2-3 thn lagi udh bisa jadi pilihan pertama org beli mobil. Ev gimanapun juga udh lebih baik hampir dari segala hal. Yg udh pake paham deh tuh (ga brisik, ga geter, tarikan enak, irit, ga polusi). Ditambah kedepan range makin baik, charge makin cepet, harga makin murah (dulu taunya ev itu jauh lbh mahal utk kelasnya, skrg malah bisa setara or even dibawah ice sekelas)
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Bibieight »

the-mantal wrote: Fri Jan 12, 2024 4:34 one pedal driving itu cm regen nya kuat aja atau ada tambahan rem nya sih sbnrnya?
Regen yg kuat kayaknya si ya, soalnya ndak kerasa ada ngeremnya sama sekali tuh. Motornya jadi kayak motor servo/stepper gitu, antara muter ama hold. Jadi kayaknya kontroller-nya baca rate of change throttle pedal, angkat cepet atau angkat pelan2. Soalnya kalo di 20-30 km/h kalo gas dilepas dadakan ndak sampe 2 mobil juga dah brenti, kalo dilepas alus2an kayak engine brake, tapi begitu lepas total ya lsg brenti tu mobil.
Terus kayaknya ndak pake rem, soalnya pas digas ndak ada kerasa/suara rem dilepas kayak pake brake hold. Bake hold-nya ioniq 5 kerasa koq, ampir sealus G20/F30, tp tetep krasa.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by KielConstantine »

kendibocor wrote: Thu Jan 11, 2024 0:32 Menarik sih nih BEV kalo harga 400an apalagi si MG ini lumayan laku di eropah :big_exellent:
Ntah lah ya mbah … eropah bagian mana itu


Tapi kemaren sih wara wiri roadtrip autobahn dari stuttgart , ke munchen, lanjut innsbruck - salzburg, sampe trakhir sampe ke vienna di austria


Ane jaranggggggggg banget nemu EV :mky_07:


Justru paling banyak mobil diesel buat harian. Yes mereka fanatik banget bahkan cendrung freak diesel :big_slap:

Mulai dari bmw 730d ; audi A8 diesel; A6 tdi estate. Vw golf GTD. Bmw 320d ; 520d . Merkedes E400 d . GLE diesel. Porsche Cayenne diesel. Serie 840d . Banyak banget seliweran

Mobil rakyat mereka justru merk skoda, itupun engine diesel :mky_03:



Pernah liat sekali merk MG suv ntah apa. Plat nomornya tapi SK (dari slovakia) which iz zone 2 europe union

EV ada sih beberapa yg pakai tapi itu kebanyakan merk tesla tesla aja. Sama segelintir ioniq 5 & 6 .

Ada jg momen pas parkir sebelahan sama sedan merk KIA di tempat sewa penginapan airbnb, kluar bareng sama ownernya.. eh diesel jg pas di stater tu engine :big_biglaugh:




Trus di Rastplatz sama Raststation (kalo bahasa kita: rest area) autobahn memang bejejer komplit charging station EV nya . Tapi cendrung sepi.. cuman ada 1 tesla nge charge wktu ntuh. Yg di serbu ya pomp bensin biasa itupun ngantri pada isi diesel liquid wkwkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: Fri Jan 12, 2024 5:45

Ntah lah ya mbah … eropah bagian mana itu


Tapi kemaren sih wara wiri roadtrip autobahn dari stuttgart , ke munchen, lanjut innsbruck - salzburg, sampe trakhir sampe ke vienna di austria


Ane jaranggggggggg banget nemu EV :mky_07:


Justru paling banyak mobil diesel buat harian. Yes mereka fanatik banget bahkan cendrung freak diesel :big_slap:

Mulai dari bmw 730d ; audi A8 diesel; A6 tdi estate. Vw golf GTD. Bmw 320d ; 520d . Merkedes E400 d . GLE diesel. Porsche Cayenne diesel. Serie 840d . Banyak banget seliweran

Mobil rakyat mereka justru merk skoda, itupun engine diesel :mky_03:



Pernah liat sekali merk MG suv ntah apa. Plat nomornya tapi SK (dari slovakia) which iz zone 2 europe union

EV ada sih beberapa yg pakai tapi itu kebanyakan merk tesla tesla aja. Sama segelintir ioniq 5 & 6 .

Ada jg momen pas parkir sebelahan sama sedan merk KIA di tempat sewa penginapan airbnb, kluar bareng sama ownernya.. eh diesel jg pas di stater tu engine :big_biglaugh:




Trus di Rastplatz sama Raststation (kalo bahasa kita: rest area) autobahn memang bejejer komplit charging station EV nya . Tapi cendrung sepi.. cuman ada 1 tesla nge charge wktu ntuh. Yg di serbu ya pomp bensin biasa itupun ngantri pada isi diesel liquid wkwkwkwk
lakunya di uk doank om :mky_03:
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by mobilover »

Seru nih pengen denger sharingan pemilik EV early adopters. Pengen tau pro kontra pelihara EV di kasus pemakaian sehari2 untuk nguli. Sekaligus tips utk yg baru minat beli EV kira2 apa yg harus diperhatikan misalkan tips naikin daya listrik pln di rumah, tips charging biar batere aman, dan tips2 lainnya.

Waktu dan tempat dipersilakan utk om bibieight, om bpurna, dan yg lainnya kl mau sharing hehe
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Fri Jan 12, 2024 5:45 Ntah lah ya mbah … eropah bagian mana itu


Tapi kemaren sih wara wiri roadtrip autobahn dari stuttgart , ke munchen, lanjut innsbruck - salzburg, sampe trakhir sampe ke vienna di austria


Ane jaranggggggggg banget nemu EV :mky_07:


Justru paling banyak mobil diesel buat harian. Yes mereka fanatik banget bahkan cendrung freak diesel :big_slap:

Mulai dari bmw 730d ; audi A8 diesel; A6 tdi estate. Vw golf GTD. Bmw 320d ; 520d . Merkedes E400 d . GLE diesel. Porsche Cayenne diesel. Serie 840d . Banyak banget seliweran

Mobil rakyat mereka justru merk skoda, itupun engine diesel :mky_03:



Pernah liat sekali merk MG suv ntah apa. Plat nomornya tapi SK (dari slovakia) which iz zone 2 europe union

EV ada sih beberapa yg pakai tapi itu kebanyakan merk tesla tesla aja. Sama segelintir ioniq 5 & 6 .

Ada jg momen pas parkir sebelahan sama sedan merk KIA di tempat sewa penginapan airbnb, kluar bareng sama ownernya.. eh diesel jg pas di stater tu engine :big_biglaugh:




Trus di Rastplatz sama Raststation (kalo bahasa kita: rest area) autobahn memang bejejer komplit charging station EV nya . Tapi cendrung sepi.. cuman ada 1 tesla nge charge wktu ntuh. Yg di serbu ya pomp bensin biasa itupun ngantri pada isi diesel liquid wkwkwkwk
pan emang sebenernya market EV udah winter kalo gak mau dibilang ilang hype nya. nggak diserap dengan baik sama market. ya bayangin aja dari bawa BMW seri-3 top speed 255 kph di autobahn terus EV yang punya kemampuan selevel harganya 2-3 kali lipet ya larinya ke diesel kalo mau irit :mky_07:

d indo? di kota ane si jarang liat ioniq5 plat baru. yg keliatan di jalan2 ntu udah lama seliweran dari awal mobilnya hype.

itu pada diskon gede gedean krn numpuk di stockyard kalo di USA.

ntah ya, mungkin kita berasa EV is the next big thing gegara efek pompomnya si elon musk ama media media. padahal realitanya mah ......
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Jan 12, 2024 6:33
pan emang sebenernya market EV udah winter kalo gak mau dibilang ilang hype nya. nggak diserap dengan baik sama market. ya bayangin aja dari bawa BMW seri-3 top speed 255 kph di autobahn terus EV yang punya kemampuan selevel harganya 2-3 kali lipet ya larinya ke diesel kalo mau irit :mky_07:

d indo? di kota ane si jarang liat ioniq5 plat baru. yg keliatan di jalan2 ntu udah lama seliweran dari awal mobilnya hype.

itu pada diskon gede gedean krn numpuk di stockyard kalo di USA.

ntah ya, mungkin kita berasa EV is the next big thing gegara efek pompomnya si elon musk ama media media. padahal realitanya mah ......
tapi konyolnya diesel kan di cari2x terus salahnya akhirnya pada jualan hybrid di eropa :big_bored:

lagian di lapangan gak segampang omongan influenza apalagi daerah makannya toyota daihatsu kena skandal mane peduli orang mereka mikirnya yang penting punya mobil gelinding gak kepansan rusak bisa lsg di benerin siksa lagi :big_biglaugh:
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: EV Rakitan Lokal Terjangkau dari MG

Post by Poporing »

inden brp lama ya ini mg 4 ev?
apakah lgsg dirakit banyak, let's say 2000?
menarik juga buat nunggu harga varian bawahnya....