Halo om,
saat ini saya sedang tertarik punya 1 mobil hobi off-road jenis double cabin 4x4 untuk dipakai perjalanan adventure (bukan untuk daily), mungkin setahun 3-4 kali saja. Setelah searching2 dan menyesuaikan budget, pilihan jatuh ke Toyota Hilux Tiger 2002 manual dengan mesin 1KZ Turbodiesel Intercooler,
Pertanyaan saya :
1. Apakah mesin 1KZ ini perawatannya mudah?
2. Apakah mesin 1KZ ini spare partsnya banyak tersedia?
3. Apa kelemahan/penyakit mesin 1KZ ini?
4. Apakah mesin 1KZ ini sudah menganut teknologi commonrail?
5. Apakah spare parts fast moving mobil ini banyak tersedia?
6. Mohon info bengkel2 terbaik yang biasa menangani mesin diesel CBU disekitar Bandung, Jakarta dan Tangsel.
Terima kasih sebelumnya.
Adakah Yang Pengalaman Pelihara Toyota HILUX Tiger 2002 (1KZ Turbodiesel)?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2620
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Ford Ranger T7
Re: Adakah Yang Pengalaman Pelihara Toyota HILUX Tiger 2002 (1KZ Turbodiesel)?
Kl buat adventure cari hilux vigo aja om, parts banyak, apa lg adventure resiko body lampu bonyok sana sini, cr yg gampang aja. Mesin 1kd juga terbukti badak dan pasti jg lebih modern dan enak dibanding 1kz cmiiw
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Thu Sep 28, 2023 13:02
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Tue Nov 28, 2023 11:22
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LCGC
Re: Adakah Yang Pengalaman Pelihara Toyota HILUX Tiger 2002 (1KZ Turbodiesel)?
coba jawab cmiiw ya
1. untuk mobil yang berusia > 20 tahun dengan status tidak dijual oleh atpm, ya jatuhnya mobil hobby. sehingga untuk perawatan mesinnya tergantung dari perjalanan mobil itu sendiri, apakah selama ini pakai parts ori atau kw, atau copotan dari mesin toyota lainnya
2 dan 5. sepertinya tidak, karena tidak dijual resmi oleh atpm. common partsnya paling dengan prado yang seumuran yang juga tidak dijual resmi oleh atpm
3. standar mesin diesel aja, tergantung perawatan owner2 sebelumnya, trus mungkin nggak bisa minum solar modern kyk lc80
4. sudah
6. bisa tanya2 ke bengkel yg biasa nanganin lc80 atau prado seumuran
hilux vigo yang dimaksud om farizfsa itu kalo disini hilux pengganti kijang kapsul pickup/sebasis ama fortuner gen 1 tahun 2008/9an kalo nggak salah. diawal2 ada mesin 3000 cc tapi kyknya unitnya jarang juga
1. untuk mobil yang berusia > 20 tahun dengan status tidak dijual oleh atpm, ya jatuhnya mobil hobby. sehingga untuk perawatan mesinnya tergantung dari perjalanan mobil itu sendiri, apakah selama ini pakai parts ori atau kw, atau copotan dari mesin toyota lainnya
2 dan 5. sepertinya tidak, karena tidak dijual resmi oleh atpm. common partsnya paling dengan prado yang seumuran yang juga tidak dijual resmi oleh atpm
3. standar mesin diesel aja, tergantung perawatan owner2 sebelumnya, trus mungkin nggak bisa minum solar modern kyk lc80
4. sudah
6. bisa tanya2 ke bengkel yg biasa nanganin lc80 atau prado seumuran
hilux vigo yang dimaksud om farizfsa itu kalo disini hilux pengganti kijang kapsul pickup/sebasis ama fortuner gen 1 tahun 2008/9an kalo nggak salah. diawal2 ada mesin 3000 cc tapi kyknya unitnya jarang juga