Layanan pada bengkel / workshop

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by ChZ »

fansdiesel wrote: Mon Feb 26, 2024 7:04 apalagi kalo ownenrya panther, kuda , kijang kapsul , innova bensin..... pelitnya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
mending itu om...

kalo bengkel mobil jerman, datang2 kaum BPJS bawa E46 velg besar dan gaul ceper. biasa anak muda budget cekak pengen gaya yg di SPBU aja antrinya pertalite.

tp repair aja ongkos masi nawar nawar cuma mau bayar uang rokok. malu ma velg woi :mky_07: apalagi kalo sebelahnya ada yang bawa E30 apa E36 tua standar tapi bayar ongkos malah dilebihin kasi tip ke mekanik :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by darrelund »

Omnibus wrote: Mon Feb 26, 2024 4:55 supaya fair, coba tiap yg kasih saran cantumkan mau bayar berapa ongkos jasa tiap jam nya.

fyi, hourly rate di rata2 beres Rp 180rb-300rb per jam utk kelas merk mobil pasaran.

contoh flat rate hour utk bbrp pekerjaan:
ganti oli: 0.5 jam
ganti fuel pump: 3 jam
ganti shock (1pc): 1 jam

tinggal dikali hourly rate aja.

jangan sampai kepingin fasilitas bengkel ini itu tp cuma berani bayar 100rb buat ganti boot drive shaft.
ganti oli maunya gratis dicas goban aja nawar :big_slap:

kasian yg punya bengkel kerja rodi pdhl teknik itu adalah specialized skill yg seyogyanya dibayar mahal.
oe setuju um, memang harusnya dibayar proper yah. cuma emg alasan oe ke bengkel luar ya karena mahalnya jasa tsb *jujur

jadi oe sih mau bayar 90-150rb/jam, bisa lebih klo emg kerjaannya susah

patokan oe sih klo regular maintenance spt ganti oli + tuneup max jasa 1jt, lewat itu buat oe agak syulit

atau ya modelannya kek bengkel oren itu, biaya jasa ud dimasukin ke harga barang, jadi kesannya "free jasa"

klo di beres kan ud jasa mahal, parts di gudang kena ppn, di kita jg pas bayar kena ppn. alamakkkk :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by kendibocor »

Omnibus wrote: Mon Feb 26, 2024 4:55 supaya fair, coba tiap yg kasih saran cantumkan mau bayar berapa ongkos jasa tiap jam nya.

fyi, hourly rate di rata2 beres Rp 180rb-300rb per jam utk kelas merk mobil pasaran.

contoh flat rate hour utk bbrp pekerjaan:
ganti oli: 0.5 jam
ganti fuel pump: 3 jam
ganti shock (1pc): 1 jam

tinggal dikali hourly rate aja.

jangan sampai kepingin fasilitas bengkel ini itu tp cuma berani bayar 100rb buat ganti boot drive shaft.
ganti oli maunya gratis dicas goban aja nawar :big_slap:

kasian yg punya bengkel kerja rodi pdhl teknik itu adalah specialized skill yg seyogyanya dibayar mahal.
Fairnya gitu, tp di wakanda ga ada yg fair mbah. Emang dasarnya bayar jasa apapun (termasuk mekanik) itu murah. Di US benerin mbl antara part sama ongkos bisa lebih mahal ongkos jasanya, makanya banyak yg DIY. Disini gawsah mekanik, liat aja tuh guru dibayarnya brp duit, dokter walaupun keliatannya bayarannya gede tp dicompare sama di malay aja kalah. Itu di kota besar dan praktek swasta aja masih kalah, kalo bpjs ya bwat makan bakso 1 mangkok aja ga cukup :big_biglaugh:

Btw ini di wakanda ya :big_weee:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by darrelund »

kendibocor wrote: Mon Feb 26, 2024 9:03
Btw ini di wakanda ya :big_weee:
parah jg ya itu wakanda um, jauh lah ma indo

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11331
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Omnibus »

darrelund wrote: Mon Feb 26, 2024 8:39
oe setuju um, memang harusnya dibayar proper yah. cuma emg alasan oe ke bengkel luar ya karena mahalnya jasa tsb *jujur

jadi oe sih mau bayar 90-150rb/jam, bisa lebih klo emg kerjaannya susah

patokan oe sih klo regular maintenance spt ganti oli + tuneup max jasa 1jt, lewat itu buat oe agak syulit

atau ya modelannya kek bengkel oren itu, biaya jasa ud dimasukin ke harga barang, jadi kesannya "free jasa"

klo di beres kan ud jasa mahal, parts di gudang kena ppn, di kita jg pas bayar kena ppn. alamakkkk :big_biglaugh:
berarti 50% off dr harga jasa hourly di beres ya om. dan tanpa ppn.

utk ngejar omset yg sehat spy bengkel bisa bertahan berkesinambungan artinya hrs ngejar volume. yg mana akan sangat berat kalau space property/jml bay dan jumlah mekanik ga mencukupi. akhirnya nutupin dgn praktek yg kurang terpuji, a.l. parts kw dijual harga ori, barang ga rusak dibilang rusak hrs ganti, dsb.
kecuali bengkelnya punya mindset "penghasilan hari ini asal cukup utk makan besok. makan lusa gimana nanti."

diluaran banyak bgt yg punya mindset spt itu akhirnya pasang harga kemurahan dan memicu persaingan ga sehat alias main murah2an. jd bengkel swasta yg proper akhirnya kalah saing dr segi volume. knp bisa punya mindset spt itu, krn pelaku bisnisnya kebanyakan dr org teknik yg kaga ngerti bisnis / bagaimana mengelola bisnis termasuk ngeset harga.

buat customer, kan lbh enak punya bengkel langganan yg ga terlalu murah (keuntungan yg cukup) tp jujur, berintegritas dan ahli. dgn begitu dia bisa upgrade skill, upgrade tools, upgrade fasilitas yg ujung2nya utk benefit si pelanggan setianya juga.
daripada bengkel murah utk regular maintenance tp giliran mobil kita kena trouble berat harga jasa digetok. ini jg kan bikin kapok krn cash flow si customer ga selalu siap setiap saat. belom lagi kl hal tsb krn ulah isengnya si bengkel itu sendiri buat nambah pemasukan. tentu utk jangka panjang lebih bagus yg pertama. kalau perlu bikin model membership. mirip asuransi. regular maintenance tiap menghadap bayar 1jt jasanya tp nanti kl kena ganti bearing, ganti rack steer atau apapun yg berat2 dpt diskon besar.

that's why menurut sy harga jasa hourly itu sebaiknya maksimal 30% off dr rate nya beres for the sake of ample profit.
btw hourly rate kl di negara bule diatur bgt ga boleh kurang dr certain limit. ga kaya disini bengkel proper disuruh perang harga sama siapapun yg punya "mindset gimana nanti". :big_biglaugh:
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by lexnic »

kriteria bengkel yg bagus mnurut saya:
1. mekanik yg terampil & bisa jelasin masalah secara runut.
2. sparepart yg disediakan lengkap. klo bisa sih merk OEM, merk aftermarket jga gpp tapi msti dipastikan kualitasnya.
3. memiliki tools yg proper, jdi gk cuma asal pake feeling pas mengerjakan sesuatu.
4. tempat kerja yg rapi & bersih, biar mekanik jga nyaman pas kerja.
5. ruang tunggu yg ber-AC, klo saya pribadi cukup kasih air mineral botolan (dingin ataupun biasa) aja. klo memungkinkan, ditambah CCTV utk memantau progress pekerjaan yg dilakukan.
6. pembayaran bisa non tunai (debit card, CC, atau QRIS).
7. garansi hasil pekerjaan (sesuai dgn jenis pekerjaan yg dilakukan).

utamakan kejujuran ke customer. klo emg rusak, ya dibilang rusak (jgn diakal2in). klo msh bisa diperbaiki, ya diperbaiki. itung2 buat edukasi customer jga mengenai kendaraannya. trus klo space terbatas, bisa diakali dgn arahin customer utk bikin appointment dulu biar kendaraan yg masuk gk numpuk :big_peace:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11033
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by marmut »

numpang duduk..............
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by RezPrat »

FordBadak wrote: Sun Feb 25, 2024 16:58 [*]

Malam suhu".. ijin membuka thread baru. Maaf jika ada salah judul / tempat.

Terkait dengan rencana membuat workshop offline (setelah sekian purnama hanya jualan online saja) ijin bertanya terkait masukan dan saran apa aja yg penting untuk di aplikasikan di workshop agar bisa memberikan layanan terbaik dan memuaskan konsumen? Terima kasih suhu salam hormat :big_exellent: :mky_01:
1. Jujur pada customer
2. Pastikan barang spare part ORI. Baik OEM ataupun non OEM.
3. Sebelum melakukan pekerjaan lakukan analisa dl dan kasi quotation harga upfront ke customer.
4. Lakukan pekerjaan terstandard baik. seperti torsi baut dgn benar, test mobil/motor setelah pekerjaan selesai buat memastikan komponennya udah bekerja dgn benar.
Dsb....semacam SOP gitu.
5. Bersih dalam kerjaan, customer masukin mobil gak belepot oli, kasi ke customer sebagai mana awalnya, kalo perlu lap2 dikit kaca, Bonnet, bersih2 ringan bolehlah sebagai bonus.
6. Peralatan musti lengkap, alalt2 yg lengkap membuat pekerjaan cepat kelar
7. Manage karyawan sesuai kapasitasnya. Jgn terlalu sering kasi over time ke karyawan/montir.
8. Garansi hasil pekerjaan.
9. Kerjasama dgn penyalur sparepart buat bantu garansi k customer juga. Selain bisa mendapatkan sparepart dgn cepat dan mudah.
Last edited by RezPrat on Mon Feb 26, 2024 9:53, edited 1 time in total.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11331
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Omnibus »

kendibocor wrote: Mon Feb 26, 2024 9:03
Fairnya gitu, tp di wakanda ga ada yg fair mbah. Emang dasarnya bayar jasa apapun (termasuk mekanik) itu murah. Di US benerin mbl antara part sama ongkos bisa lebih mahal ongkos jasanya, makanya banyak yg DIY. Disini gawsah mekanik, liat aja tuh guru dibayarnya brp duit, dokter walaupun keliatannya bayarannya gede tp dicompare sama di malay aja kalah. Itu di kota besar dan praktek swasta aja masih kalah, kalo bpjs ya bwat makan bakso 1 mangkok aja ga cukup :big_biglaugh:

Btw ini di wakanda ya :big_weee:
nah itu nyambung sm posting sy di atas. yg proper disuruh saingan sama yg punya "mindset".

bagian kedokteran msh untung ada entry barrier dr sisi sertifikasi profesi. aka ga setiap org boleh buka praktek meskipun ada juga yg nekat jd dokter gadungan. cuma di wakanda banyak dukun yg jg jd saingan dokter :big_biglaugh:

ke dokter aja kita sering kaga tau ini dokter beneran apa gadungan. lulusan mana dah. yakin becus ga nih ngobatin kita. mau nanya rada sungkan.
apalagi mekanik, jarang deh kayanya yg nanya, lulusan STM mana mas? pengalaman kerja udah dimana aja mas? tp kita berani2 aja kasih dia operasi mobil kita, ngurusin rem lagi. :big_slap:

ya gitu ga ada entry barrier ... siapapun bisa jd mekanik asal bisa/berani buka murbaut. yg begini yg ngancurin harga, mending kl kerjanya betul. itu liat yutubnya ST mobi tv paling banyak benerin avansa yg abis turun mesin di bengkel gaje terpaksa turun mesin lagi. lifter valve lah digerinda2. imam wahyudi nemu potongan sendal jepit di dalam cv joint, akal2an buat ngilangin bunyi. :big_biglaugh:

memang sih balik lg ke segmentasi. di luar negri juga ada kok shade tree / back yard mechanics. masing2 punya pangsa pasarnya sendiri2.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: Mon Feb 26, 2024 7:40
fansdiesel wrote: Mon Feb 26, 2024 7:04
apalagi kalo ownenrya panther, kuda , kijang kapsul , innova bensin..... pelitnya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

makdarit om. mau fasilitas ini itu berani bayar brp. mau disiapin equil botol beling 2 biji tiap habis servis juga bisa.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Makanya ane senyum2 aja yg mintanya terlalu utopia, mbah :big_biglaugh:
Service mobilnya itu esensial-nya apa ? Ongkos jasa service di bengkel Indo termasuk murah, yang bikin mahal itu spareparts-nya :big_grin:
Mknya banyak mobil tuwir yg masih wara-wiri, kalo di luar sdh dijadiin scrap, beli baru, gak kuat buat bayar ongkos bengkelnya :big_biglaugh:
User avatar
FordBadak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Fri Feb 10, 2017 10:22
Location: bekasi
Daily Vehicle: K14B Duratorq TDCI 1KR-VET

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by FordBadak »

Wah terima kasih masukannya suhu",

terkait keramahan staff baik admin / mekanik dalam penyambutan (salam sapa seperti satpam BCA) dan setelah selesai pengerjaan apakah juga diperlukan menurut suhu"?
https://www.tokopedia.com/os-custom
www.shopee.co.id/oscustom
https://www.blibli.com/merchant/bombardier-store/BOS-60039
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11331
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: Mon Feb 26, 2024 9:59
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Makanya ane senyum2 aja yg mintanya terlalu utopia, mbah :big_biglaugh:
Service mobilnya itu esensial-nya apa ? Ongkos jasa service di bengkel Indo termasuk murah, yang bikin mahal itu spareparts-nya :big_grin:
Mknya banyak mobil tuwir yg masih wara-wiri, kalo di luar sdh dijadiin scrap, beli baru, gak kuat buat bayar ongkos bengkelnya :big_biglaugh:
bener mbah. yg masuk bengkel umum kan mobil2 yg udah ga garansi. bahkan yg udah ga diproduksi :big_biglaugh:

even mobil yurop2 juga berarti ngejarnya servis murah murah murah.

capcay deh kl owner bengkel keblinger mau menghadirkan utopia pdhl customernya ngirit rit rittt :big_biglaugh:

mendingan buka speed shop sekalian. yg dateng org bawa duit mau spending. lah bengkel biasa yg dateng org suntuk mobilnya rusak. emosi juga beda org dateng bawa duit buat awur2 sama dateng mikir abis duit berapa nih nyervis mobil. :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by pendoli »

FordBadak wrote: Mon Feb 26, 2024 10:12 Wah terima kasih masukannya suhu",

terkait keramahan staff baik admin / mekanik dalam penyambutan (salam sapa seperti satpam BCA) dan setelah selesai pengerjaan apakah juga diperlukan menurut suhu"?
Yg standar2 aja om ga usa kaya satpam bca juga wkwk

Yg penting kita dateng tu jelas diurusin n dikasi arahan (parkir di mana, nanya keluhan dll)
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by sh00t »

marmut wrote: Mon Feb 26, 2024 9:47 numpang duduk..............
Nah, ini yang punya bengkel sudah diam" saja duduk sambil ngudud dan ngopi. Sambil memantau saja tools yang masih kinclong. :upss:
mugs
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Feb 26, 2024 11:36
Location: makassar
Daily Vehicle: accord cm5

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by mugs »

misi numpung nanya suhu
untuk merk rekomendasi CV Joint selain ORi apa yaa ?
untuk mobil accord CM5 2004
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Bibieight »

Omnibus wrote: Mon Feb 26, 2024 4:55 supaya fair, coba tiap yg kasih saran cantumkan mau bayar berapa ongkos jasa tiap jam nya.

fyi, hourly rate di rata2 beres Rp 180rb-300rb per jam utk kelas merk mobil pasaran.

contoh flat rate hour utk bbrp pekerjaan:
ganti oli: 0.5 jam
ganti fuel pump: 3 jam
ganti shock (1pc): 1 jam

tinggal dikali hourly rate aja.

jangan sampai kepingin fasilitas bengkel ini itu tp cuma berani bayar 100rb buat ganti boot drive shaft.
ganti oli maunya gratis dicas goban aja nawar :big_slap:

kasian yg punya bengkel kerja rodi pdhl teknik itu adalah specialized skill yg seyogyanya dibayar mahal.
Hourly beres 180 oom ?, soalnya kapan hari iseng2 ngobrol ngalor ngidul sama SA BMW Sunter jam2an-nya cuma 90rb per jam, tapi kompensasi-nya di FRT. jadi kerjaannya dicharge FRT panjang2 gitu. CMMIW yak, takut saya salah kuping denger 90rb per jam, tapi rasanya ndak deh, soalnya abis ngobrol ngalor ngidul sama SA beres 2 wheel disitu FRT-nya ada di 60 ribu, maka saya kaget, BMW sama roda dua selisih hourly rate-nya ndak banyak.

Tapi semoga kuping saya salah yak, bukan hourly rate 90rb, tapi hourly rate 190rb, soalnya sebenernya lebih sulit kerja bengkel daripada kerja pabrik. Keahlian yang seharusnya dihargai tinggi itu kan trouble shooting, 2008 pernah punya Avanza gen1 ada bunyi glodak2 dari arah depan, A2K Pramuka vonis rack steer, A2K Kalimalang vonis shock absorber, bawa ke A2K Sunter, Kabeng turun tangan langsung, bawa selang sama corong, abis gitu buka kap mesin, karet itemnya diputer dikit eeh ilang tu glodakan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .

Ini baru hourly rate, investasi alat2 kalo bengkel umum kan modal sendiri, beda ama beres. Kalo beres, awal buka alat2nya kan beli harga subsidi dari ATPM, terutama untuk alat2 yang spesial. Lha kalo tau2 dateng bawa F30 minta scan gratis, itu OBD scanner emang modal beli pake daun :big_peace: :big_peace: :big_peace:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11331
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Omnibus »

Bibieight wrote: Mon Feb 26, 2024 12:01
Hourly beres 180 oom ?, soalnya kapan hari iseng2 ngobrol ngalor ngidul sama SA BMW Sunter jam2an-nya cuma 90rb per jam, tapi kompensasi-nya di FRT. jadi kerjaannya dicharge FRT panjang2 gitu. CMMIW yak, takut saya salah kuping denger 90rb per jam, tapi rasanya ndak deh, soalnya abis ngobrol ngalor ngidul sama SA beres 2 wheel disitu FRT-nya ada di 60 ribu, maka saya kaget, BMW sama roda dua selisih hourly rate-nya ndak banyak.

Tapi semoga kuping saya salah yak, bukan hourly rate 90rb, tapi hourly rate 190rb, soalnya sebenernya lebih sulit kerja bengkel daripada kerja pabrik. Keahlian yang seharusnya dihargai tinggi itu kan trouble shooting, 2008 pernah punya Avanza gen1 ada bunyi glodak2 dari arah depan, A2K Pramuka vonis rack steer, A2K Kalimalang vonis shock absorber, bawa ke A2K Sunter, Kabeng turun tangan langsung, bawa selang sama corong, abis gitu buka kap mesin, karet itemnya diputer dikit eeh ilang tu glodakan :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .

Ini baru hourly rate, investasi alat2 kalo bengkel umum kan modal sendiri, beda ama beres. Kalo beres, awal buka alat2nya kan beli harga subsidi dari ATPM, terutama untuk alat2 yang spesial. Lha kalo tau2 dateng bawa F30 minta scan gratis, itu OBD scanner emang modal beli pake daun :big_peace: :big_peace: :big_peace:
kl 90rb sih yakin 1000% salah denger om. taun 2005-2007 aja market leader kl ga salah inget udah di 110rban. sy udah lama jg ga urusan sm beres, barangkali sy salah inget juga. tp barusan ngecek, jasa innova 830rb utk servis 60k km setara FRT 2.5-3 jam kerja. jd per hournya 250-300an. (sumber: carmudi posted 2 tahun lalu)
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Haiqalesha »

Kalau i si, mekanik harus jago skillnya. Dan bener2 paham.
Terakhir jujur. Kalau rusak ya bilang rusak kalau belum waktunya ganti ya bilang belum ganti gak masalah.
dregon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sat Feb 23, 2019 13:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner VRZ

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by dregon »

Kalau saya justru udah hampir gak pernah ke bengkel lagi. Sekarang ganti oli mesin + transmisi, purging diesel dll di rumah aja. Panggil montir bekas toyota ke rumah.

Saya beli oli + filter solar di tokped, terus panggil dia deh. Bayar 300rb aja, bisa nungguin dia sambil WFH. Service record saya pake aplikasi drivvo

bahkan saya pernah ganti shockbreaker di rumah jg sama dia
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by zonepublic »

FordBadak wrote: Mon Feb 26, 2024 10:12 Wah terima kasih masukannya suhu",

terkait keramahan staff baik admin / mekanik dalam penyambutan (salam sapa seperti satpam BCA) dan setelah selesai pengerjaan apakah juga diperlukan menurut suhu"?


Nonton ini aja lah,barusan kmrin dirilis ttg buka usaha perbengkelan
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by sapifr22 »

Tambahan aja om, bengkel yang punya kesan berbeda utk saya :
1. Bengkel yang buka sore sampai pagi. Cocok utk yang kerja dan hanya punya waktu sore - malam.

2. Yang mekaniknya bisa dipanggil ke rumah. Pernah kontak bengkel jam 8 malam, dan mekaniknya sampai rumah jam 12 malam, kerja sampai jam 3 pagi, seminggu sebelum lebaran.....

3. Banyak bengkel yang menyiapkan snack dan minuman, dan juaranya yang punya waiter dan melayani dengan senyum.

4. Bengkel yang ngakunya pakai mekanik jebolan ex beres, pakai tarif based on beres potong 50%, tapi cara kerjanya sama seperti bengkel abal2.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11033
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by marmut »

sh00t wrote: Mon Feb 26, 2024 11:35
Nah, ini yang punya bengkel sudah diam" saja duduk sambil ngudud dan ngopi. Sambil memantau saja tools yang masih kinclong. :upss:


ngelap² dongkrak kuning dulu pak, nanti malem jumat mau dimandiin air kembang. dupa nunggu kiriman dr koh
DOHC
masih di kawi katanya.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11331
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Omnibus »

marmut wrote: Mon Feb 26, 2024 14:29
ngelap² dongkrak kuning dulu pak, nanti malem jumat mau dimandiin air kembang. dupa nunggu kiriman dr koh
DOHC
masih di kawi katanya.
tuh kang ide bisnis, banyak yg request. nyerpis mobil orkay di rumahnya jam 12 malem. lahan parkiran luas, tinggal bawa tools ama autan doang. snack ama minuman dingin/panas tinggal pesen disediakan sm pembokat bohay dengan senyumnya.

njirrr mau dikasih hourly rate brp yak?

ajak mbah delko lah kita bertiga garap nih ide bisnis. dia suruh baca2 mantra biar ga diganggu demit :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1634
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by darrelund »

Omnibus wrote: Mon Feb 26, 2024 9:37
berarti 50% off dr harga jasa hourly di beres ya om. dan tanpa ppn.

utk ngejar omset yg sehat spy bengkel bisa bertahan berkesinambungan artinya hrs ngejar volume. yg mana akan sangat berat kalau space property/jml bay dan jumlah mekanik ga mencukupi. akhirnya nutupin dgn praktek yg kurang terpuji, a.l. parts kw dijual harga ori, barang ga rusak dibilang rusak hrs ganti, dsb.
kecuali bengkelnya punya mindset "penghasilan hari ini asal cukup utk makan besok. makan lusa gimana nanti."

diluaran banyak bgt yg punya mindset spt itu akhirnya pasang harga kemurahan dan memicu persaingan ga sehat alias main murah2an. jd bengkel swasta yg proper akhirnya kalah saing dr segi volume. knp bisa punya mindset spt itu, krn pelaku bisnisnya kebanyakan dr org teknik yg kaga ngerti bisnis / bagaimana mengelola bisnis termasuk ngeset harga.

buat customer, kan lbh enak punya bengkel langganan yg ga terlalu murah (keuntungan yg cukup) tp jujur, berintegritas dan ahli. dgn begitu dia bisa upgrade skill, upgrade tools, upgrade fasilitas yg ujung2nya utk benefit si pelanggan setianya juga.
daripada bengkel murah utk regular maintenance tp giliran mobil kita kena trouble berat harga jasa digetok. ini jg kan bikin kapok krn cash flow si customer ga selalu siap setiap saat. belom lagi kl hal tsb krn ulah isengnya si bengkel itu sendiri buat nambah pemasukan. tentu utk jangka panjang lebih bagus yg pertama.

that's why menurut sy harga jasa hourly itu sebaiknya maksimal 30% off dr rate nya beres for the sake of ample profit.
btw hourly rate kl di negara bule diatur bgt ga boleh kurang dr certain limit. ga kaya disini bengkel proper disuruh perang harga sama siapapun yg punya "mindset gimana nanti". :big_biglaugh:
very fair argument um, oe agree :big_exellent:

tapi setelah pikir" 90-150rb kemurahan yak, klo dipikir dengan skill & tools yg sudah di invest :big_biglaugh:

kyk yg um bilang bener, bengkel mesti milih, mau ikutin profit / nyari murah. susah sih klo mau ikutin maunya cust serba murmer, memang harus cari balancenya :big_biglaugh:

tapi oe terakir kali sih melipir ke bengkel yg ada liftnya, per hour 150-250rb sih, jadi ya bener masih masup range yg um sebutin
kalau perlu bikin model membership. mirip asuransi. regular maintenance tiap menghadap bayar 1jt jasanya tp nanti kl kena ganti bearing, ganti rack steer atau apapun yg berat2 dpt diskon besar.
menarik nih, kyknya diluar populer ya um model ginian?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11033
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by marmut »

Omnibus wrote: Mon Feb 26, 2024 15:01

tuh kang ide bisnis, banyak yg request. nyerpis mobil orkay di rumahnya jam 12 malem. lahan parkiran luas, tinggal bawa tools ama autan doang. snack ama minuman dingin/panas tinggal pesen disediakan sm pembokat bohay dengan senyumnya.

njirrr mau dikasih hourly rate brp yak?

ajak mbah delko lah kita bertiga garap nih ide bisnis. dia suruh baca2 mantra biar ga diganggu demit :big_biglaugh:



:mky_03: