Layanan pada bengkel / workshop

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
FordBadak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Fri Feb 10, 2017 10:22
Location: bekasi
Daily Vehicle: K14B Duratorq TDCI 1KR-VET

Layanan pada bengkel / workshop

Post by FordBadak »

[*]

Malam suhu".. ijin membuka thread baru. Maaf jika ada salah judul / tempat.

Terkait dengan rencana membuat workshop offline (setelah sekian purnama hanya jualan online saja) ijin bertanya terkait masukan dan saran apa aja yg penting untuk di aplikasikan di workshop agar bisa memberikan layanan terbaik dan memuaskan konsumen? Terima kasih suhu salam hormat :big_exellent: :mky_01:
https://www.tokopedia.com/os-custom
www.shopee.co.id/oscustom
https://www.blibli.com/merchant/bombardier-store/BOS-60039
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 594
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by zonepublic »

Garansi dong,makin lama garansi makin bagus
Trus sparepart&cairan jangan setok yg kualitas jelek harus berani tegas kasih barang ori/bagus supaya bisa ngimbangin garansinya,bila perlu harus punya integritas nolak pasang produk standar jelek karena sekali anda memberikan toleransi standar rendah sampai ada pelanggan kecewa dan komplain ,habis smua jerih payah anda membangun bisnis
Saya sbg pengguna ga terlalu peduli harga selama puas dengan servicenya
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by pendoli »

Buka malem
Ada tempat duduk yg proper, syukur2 ber-AC
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by MSU »

- sy paling suka bengkel yang ownernya komunikatif, kurang demen kalo pas ke bengkel bingung ni bengkel siapa owner-nya
- utk cairan wajib asli, parts silahkan kalo ada ori atau kw tp mesti diinfo ke konsumen
- montirnya wajib yg capable & tools ya tergantung om mau buka bengkel level seperti apa...
- syukur2 ada ruang tunggu yg proper
- harga sih utk sy nomor 2, kalo puas pasti sy bayar plus tips montir
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by satriakarisma »

nah iya,
sabtu minggu buka sampai jam 17
weekdays sampai jam 19
ruang tunggu ada AC
kursi enak
toilet bersih wangi
ada wifi

kl minum kasih amdk aja
mau minum yg lain ya beli

itu aja sih cukup
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by azu »

kalau saya sih om:
- tempat workshop yg bersih, rapi, dan terang, saya suka sebel sih ke beberapa bengkel yg workshopnya agak gelap gitu udah gitu lantainya suka becek bahkan cuma tanah aja. lebih mantap kalau lantainya pakai epoxy coating seperti di BeRes :big_biglaugh:
- tools yang proper, nilai plus kalau punya torque wrench. banyak bengkel main asal rapetin baut yg kenceng aja sampai nantinya susah bukanya :mky_01: pernah juga saya ke bengkel ganti seal kaliper dan ganti brake pad belakang, tadinya dia mau main press aja itu piston kaliper belakang untuk tekan piston kalipernya ke dalam, padahal utk kaliper belakang itu kebanyakan pakai caliper winding tool yg pistonnya diputar. untung sebelumnya saya pernah beli jadi saya pinjemin deh itu ke montirnya :mky_01:
- investasi di scan tool yang bagus, kalau bisa yg bi-directional. sekarang sudah banyak mobil yg pakai EPB jadi untuk ganti brake pad belakang aja pakai scan tool (walaupun suka tetep ada cara tanpa pakai scan tool tapi cekservice manual dulu untuk prosedurnya) juga supaya pengecekan mobil juga lebih tepat sasaran
- investasi di service manual, minimal untuk mobil-mobil yang umum di jalan. ini membuat kita lebih tenang aja kalau perbaikan mobil kita sudah sesuai dengan SOPnya.
- sedia fast moving yang original, terutama fluida dan filter-filter. untuk fast moving lain seperti brake pad mungkin bisa sedia merk aftermarket tapi yang kualitasnya juga bagus sebagai alternatif untuk konsumen.
- untuk part slow moving, kalaupun tidak punya stok, konsumen bisa bawa sendiri atau punya rekanan toko terpercaya untuk beli parts nya dan konsumen bisa titip beli ke bengkel.
- sedia pembayaran non tunai, apalagi sekarang orang-orang sudah mulai jarang bawa cash banyak :big_biglaugh: minimal bisa QRIS. seharusnya QRIS sudah cukup sih karena fee yg lebih murah dan lebih fleksibel untuk konsumen karena bisa bayar menggunakan e-wallet, debit, ataupun Credit Card dan PayLater tanpa membebani MDR yang tinggi seperti EDC ke merchant.
- nilai plus kalau buka di hari minggu atau sampai agak malam (mis sekitar jam 19-20)
- ruang tunggu dan toilet yg bersih, sama jualan minuman ataupun makanan kecil seperti mie instan. lumayan bisa jajan sambil nunggu :big_biglaugh:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3414
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by kendibocor »

Overall setuju ma yg uda disebutin yg diatas. Nambahin bisa bayar pake credit card tanpa ada tambahan2 3% itu. Kalo transaksi gede kan lumayan tuh bwat nambah miles atau reward di cc :big_exellent:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by azu »

kendibocor wrote: Mon Feb 26, 2024 3:59 Overall setuju ma yg uda disebutin yg diatas. Nambahin bisa bayar pake credit card tanpa ada tambahan2 3% itu. Kalo transaksi gede kan lumayan tuh bwat nambah miles atau reward di cc :big_exellent:
betul om, lumayan itu ngumpulin reward. beberapa home equipment di rumah hasil tuker reward point CC karena sekarang udah jarang terbang :mky_02:


saya untuk ngakalin yg minta tambahan fee gitu sih transaksinya pakai QRIS aja, kebetulan bbrp bank sudah bisa transaksi QRIS pakai CC dan biasanya kalau QRIS ga minta tambahan.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by ChZ »

FordBadak wrote: Sun Feb 25, 2024 16:58 [*]

Malam suhu".. ijin membuka thread baru. Maaf jika ada salah judul / tempat.

Terkait dengan rencana membuat workshop offline (setelah sekian purnama hanya jualan online saja) ijin bertanya terkait masukan dan saran apa aja yg penting untuk di aplikasikan di workshop agar bisa memberikan layanan terbaik dan memuaskan konsumen? Terima kasih suhu salam hormat :big_exellent: :mky_01:
1 yang kadang orang lupa selain invest tool adalah : TRAINING KARYAWAN.

ngeletakin kunci2 gak sembarangan, tau kalo ngencengin baut gak asal, kalo perlu makan buku manual servis hapal di luar kepala biar kerjanya gak kebanyakan mikir.

paling males tuh liatin bengkel peralatan lengkap, tapi karyawan nggak sat-set. administrasi lambat krn kasir juga pegang komputer masih plegag plegug, mobil customer dijadiin bahan belajaran krn biasanya pegang paling mewah juga avanza ma kijang. cari kunci masih belepotan sambil coba-coba, cari barang penting nunggu sejam sendiri. belom kalo kerja banyak bercanda sama sebat dulu.

kalo saran saya sih jangan takut ambil mekanik yg udah berumur dan bayar agak tinggi jika skillnya bagus itung2 investasi dan ngurangin cost waktu. apalagi kalau om udah punya basic di situ lebih mantep. capek om kerja sambil ngajarin orang baru melulu apalagi kalo skillnya beneran jauh di bawah dan murni otodidak. minimal kalo mau rekrut anak lulusan STM harus ada mekanik seniornya dulu supaya kerjaan yang butuh cepet bisa di handle yang senior.

jangan lupa kalo perlu kenalan towing kalo mobil cust mogok bisa diderek ke tempat kita. jam buka sih standar aja jam 8-4 atau 8.30-4.30 biasa standar orang kerja naroh mobil terus pulang diambil. di atas itu ya ambil besok paginya. kalau pake admin ya adminnya harus dateng sebelum 8.30. kebiasaan di wakanda nih buka 8.30 adminnya baru mulai buka gate jam 8.45.
Last edited by ChZ on Mon Feb 26, 2024 4:36, edited 3 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by fansdiesel »

fokus ke skill mekanik, jangan ke konten marketing :big_smoking: :big_smoking:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by carlzeiss »

mungkin bs contoh GR Garage yang di PIK 2 tuh

1. Bersih
2. Ruang tunggu nyaman ber AC , Ceiling ga kependekan
3. Sofa santai
4. Air Minum Gelas / Botol
5. tv biar ga bosen
6. tv tampil CCTV buat liat pengerjaan
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by ChZ »

fansdiesel wrote: Mon Feb 26, 2024 4:21 fokus ke skill mekanik, jangan ke konten marketing :big_smoking: :big_smoking:
ada pengalaman buruk kemaren barusan ane om, ganti lowering kit janjinya sejam kelar ya ud estimasi gw tungguin aja paling jam 2.30 juga udah kelar, masuk jam 1. kelarnya ? jam 6 sore. gila. untung gw tinggal pulang.

mekaniknya bingung cara buka shock tower depan. yang gw heran apa se langka itu kah civic turbo masa kg ada sebijipun di toko dia yg perna masang lowering kit civic turbo. udah gitu yang bikin males kerjanya lambat bener sambil bercanda sambil ngobrol.

ini toko variasi dengan brand cukup terkenal dan emang rajin "ngonten" plus endors sana sini. :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Or4cle »

Saya share pengalaman selama keluar-masuk bengkel ...

Selama ini langganan bengkel di sekitar Jakbar. Bengkel ini untuk problem solving, know-how mobil2 japan sdh khatam.
Yang sedikit nganjal di aku, saat pengantian parts gak pernah tunjukin bukti parts yang dicopotin untuk diganti.
Even saat overhaul pun gak ditunjukin bekas parts2 yang diganti.

Masalah sepele, trust issue itu penting di bisnis jasa :big_okay:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Mon Feb 26, 2024 4:37 Saya share pengalaman selama keluar-masuk bengkel ...

Selama ini langganan bengkel di sekitar Jakbar. Bengkel ini untuk problem solving, know-how mobil2 japan sdh khatam.
Yang sedikit nganjal di aku, saat pengantian parts gak pernah tunjukin bukti parts yang dicopotin untuk diganti.
Even saat overhaul pun gak ditunjukin bekas parts2 yang diganti.

Masalah sepele, trust issue itu penting di bisnis jasa :big_okay:
trs nanti doi jualin lagi tuh part lama dgn label rekondisi. ke customer lain yang mw repair kerehore males beli baru :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Omnibus »

supaya fair, coba tiap yg kasih saran cantumkan mau bayar berapa ongkos jasa tiap jam nya.

fyi, hourly rate di rata2 beres Rp 180rb-300rb per jam utk kelas merk mobil pasaran.

contoh flat rate hour utk bbrp pekerjaan:
ganti oli: 0.5 jam
ganti fuel pump: 3 jam
ganti shock (1pc): 1 jam

tinggal dikali hourly rate aja.

jangan sampai kepingin fasilitas bengkel ini itu tp cuma berani bayar 100rb buat ganti boot drive shaft.
ganti oli maunya gratis dicas goban aja nawar :big_slap:

kasian yg punya bengkel kerja rodi pdhl teknik itu adalah specialized skill yg seyogyanya dibayar mahal.
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by saturday »

Menurut saya:

1. Buka hari Sabtu dan Minggu akan sangat membantu buat yang tidak punya waktu pada hari kerja. Bagi sebagian orang, Sabtu termasuk hari kerja.

2. Peralatan yang memadai serta dirawat dan mekanik yang terlatih untuk menggunakan alat tersebut.

Pernah kejadian di suatu bengkel spooring, mekanik sudah dibawakan kunci torsi tapi ngotot tidak mau dipakai dengan alasan "biasanya gak perlu". Padahal saya sebagai customer, sudah bawa dan tahu spek torsi baut yang akan dikencangkan. Bengkel tersebut punya kunci torsi tapi sudah lama rusak dan tidak diganti oleh owner.

Ada bengkel yang tidak punya trekker pembuka tutup pompa bensin sehingga montir akal-akalan dengan digetok pahat. Kadang ya terbuka. Kadang ya sompal/pecah.

Bengkel kaki-kaki ada yang enggak punya ball joint puller, ngebuka ball joint ya asal getok aja. Kunci torsi juga tidak punya. Dsb. Anda paham pointnya.

3. Perlengkapan/consumable yang sesuai. Gemuk rem ya pakai brake grease. Gemuk CV Joint ya pakai yang khusus CV joint. Area karet yang harus pakai gemuk silicone ya pakai itu. Crush washer ya sedia, masa baut drain oli dililit teflon tape.

4. Suku cadang yang kualitasnya bisa dipertanggung jawabkan. Jangan bikin customer mondar mandir bengkel karena spareparts berkualitas buruk yang disediakan bengkel.

5. Area pengerjaan bersih, point plus apabila ada "kolong" serta ruang tunggu dan toilet yang oke.

6. Boleh membawa spareparts sendiri; soal garansi pengerjaan akibat spareparts yang dibawa sendiri oleh customer, baiknya dikomunikasikan.
Devourer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Devourer »

Or4cle wrote: Mon Feb 26, 2024 4:37 Saya share pengalaman selama keluar-masuk bengkel ...

Selama ini langganan bengkel di sekitar Jakbar. Bengkel ini untuk problem solving, know-how mobil2 japan sdh khatam.
Yang sedikit nganjal di aku, saat pengantian parts gak pernah tunjukin bukti parts yang dicopotin untuk diganti.
Even saat overhaul pun gak ditunjukin bekas parts2 yang diganti.

Masalah sepele, trust issue itu penting di bisnis jasa :big_okay:
Klo ini menurut ane stuju agak ganjal om, hrsnya hak kt udah bayar ditunjukin part lama yg diganti
setidakny klo mau dibuang tunggu dl arahan dari kita

Klo soal bengkel preferensi ane selain setuju sama komen diatas soal buka Sabtu-minggu ampe malem dikit (maklum nguli weekday jd
bisanya weekend aja) juga soal pake CC gaada fee 3% itu biar bs dpt miles hehe.

sisanya kl menurut ane proper workshop itu

1. skill mekanik sih ttp no 1.

2. Jaga kebersihan staff (proper attire )dan terutama soal mobil kt, dikasih covering entah itu buat jok, stir, karpet mobil
krn kadang hbs dr bengkel terutama interior kotor bikin bete jg. Klo luarnya sih ane ga berharap dicuci
drpd cuci asal2 an mending ga usah hehe.

3. space luas atau setidakny klo kecil jangan dipaksa mobil banyak masuk kyk sarden
resiko baret ato door ding tinggi banget ini

4. Klo soal Harga ane yg penting bisa kasih garansi jasa sama sparepart biar mereka sendiri yakin supply barang bagus ke customer
Ane sendiri skrg uda males belanja2 online mending di bengkel aja ada masalah tinggal claim.

Harga juga yg penting upfront aja bisa kasih estimate di depan dan tunggu kita acc dl baru kerjain

5. Workshop bersih dan ada ruang tunggu ber AC duduk itu plus poin

6. klo bisa ada checklist pas mbl masuk service oke sih soal kondisi mbl biar klo amit2 ada damage dll
ga main lepas tanggung jawab hehe
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Mon Feb 26, 2024 4:43
Or4cle wrote: Mon Feb 26, 2024 4:37 Saya share pengalaman selama keluar-masuk bengkel ...

Selama ini langganan bengkel di sekitar Jakbar. Bengkel ini untuk problem solving, know-how mobil2 japan sdh khatam.
Yang sedikit nganjal di aku, saat pengantian parts gak pernah tunjukin bukti parts yang dicopotin untuk diganti.
Even saat overhaul pun gak ditunjukin bekas parts2 yang diganti.

Masalah sepele, trust issue itu penting di bisnis jasa :big_okay:
trs nanti doi jualin lagi tuh part lama dgn label rekondisi. ke customer lain yang mw repair kerehore males beli baru :mky_07:
Aku lebih ke perasaan rest assured, rasa yakin oooh iya ini buktinya parts2 udah gak layak pakai, saatnya diganti.
Mau mintain ke owner-nya pun sungkan soalnya sudah lama service di bengkel tsb. Makanya aku akalin, tiap ke bengkel sebisa mungkin beli spareparts dari luar dan tongkrongin sampai beres, korbanin waktu hehehe :big_grin:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Or4cle »

Devourer wrote: Mon Feb 26, 2024 5:00
Or4cle wrote: Mon Feb 26, 2024 4:37 Saya share pengalaman selama keluar-masuk bengkel ...

Selama ini langganan bengkel di sekitar Jakbar. Bengkel ini untuk problem solving, know-how mobil2 japan sdh khatam.
Yang sedikit nganjal di aku, saat pengantian parts gak pernah tunjukin bukti parts yang dicopotin untuk diganti.
Even saat overhaul pun gak ditunjukin bekas parts2 yang diganti.

Masalah sepele, trust issue itu penting di bisnis jasa :big_okay:
Klo ini menurut ane stuju agak ganjal om, hrsnya hak kt udah bayar ditunjukin part lama yg diganti
setidakny klo mau dibuang tunggu dl arahan dari kita

Klo soal bengkel preferensi ane selain setuju sama komen diatas soal buka Sabtu-minggu ampe malem dikit (maklum nguli weekday jd
bisanya weekend aja) juga soal pake CC gaada fee 3% itu biar bs dpt miles hehe.

sisanya kl menurut ane proper workshop itu

1. skill mekanik sih ttp no 1.

2. Jaga kebersihan staff (proper attire )dan terutama soal mobil kt, dikasih covering entah itu buat jok, stir, karpet mobil
krn kadang hbs dr bengkel terutama interior kotor bikin bete jg. Klo luarnya sih ane ga berharap dicuci
drpd cuci asal2 an mending ga usah hehe.

3. space luas atau setidakny klo kecil jangan dipaksa mobil banyak masuk kyk sarden
resiko baret ato door ding tinggi banget ini

4. Klo soal Harga ane yg penting bisa kasih garansi jasa sama sparepart biar mereka sendiri yakin supply barang bagus ke customer
Ane sendiri skrg uda males belanja2 online mending di bengkel aja ada masalah tinggal claim.


Harga juga yg penting upfront aja bisa kasih estimate di depan dan tunggu kita acc dl baru kerjain

5. Workshop bersih dan ada ruang tunggu ber AC duduk itu plus poin

6. klo bisa ada checklist pas mbl masuk service oke sih soal kondisi mbl biar klo amit2 ada damage dll
ga main lepas tanggung jawab hehe
Nah yang point 4 ini yang sangat penting
Ada beberapa part elekronik yg rentan banget (fuel pump, extra/motor fan, etc), kualitasnya random banget.
Kalau berani kasih garansi itu next level :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by MSU »

bagusnya gini aja...menurut member sini contoh bengkel yang bagus tu kayak apa
nah om TS mampir dah ke bengkel itu..coba diamati apa plus point-nya & minus point-nya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Mon Feb 26, 2024 4:55 supaya fair, coba tiap yg kasih saran cantumkan mau bayar berapa ongkos jasa tiap jam nya.

fyi, hourly rate di rata2 beres Rp 180rb-300rb per jam utk kelas merk mobil pasaran.

contoh flat rate hour utk bbrp pekerjaan:
ganti oli: 0.5 jam
ganti fuel pump: 3 jam
ganti shock (1pc): 1 jam

tinggal dikali hourly rate aja.

jangan sampai kepingin fasilitas bengkel ini itu tp cuma berani bayar 100rb buat ganti boot drive shaft.
ganti oli maunya gratis dicas goban aja nawar :big_slap:

kasian yg punya bengkel kerja rodi pdhl teknik itu adalah specialized skill yg seyogyanya dibayar mahal.
di bengkel resmi = hourly rate tinggi tapi kualitas pengerjaan begitulah. krn skill pas pasan dan banyakan anak STM + anak magang, akhirnya demi kejar omset maunya kerjaan yang cepet. d beres kalo pake acara diagnosa2 tebak tebak buah manggis paling malesin :big_bored: dari baru gak pernah bunyi, kita komplen bunyi dibilang normal. :mky_07:

akhirnya buat kerjaan yang berat pd ke luaran, yang hourly rate nya bener2 gak manusiawi padahal jam terbang mekaniknya beribu-ribu jam lebih tinggi :big_bored: mentang2 nebak bunyi cuma 1 menit bayarnya juga maunya 1 menit padahal kerjanya bongkar total steering rack :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Omnibus »

ChZ wrote: Mon Feb 26, 2024 5:45
di bengkel resmi = hourly rate tinggi tapi kualitas pengerjaan begitulah. krn skill pas pasan dan banyakan anak STM + anak magang, akhirnya demi kejar omset maunya kerjaan yang cepet. d beres kalo pake acara diagnosa2 tebak tebak buah manggis paling malesin :big_bored: dari baru gak pernah bunyi, kita komplen bunyi dibilang normal. :mky_07:

akhirnya buat kerjaan yang berat pd ke luaran, yang hourly rate nya bener2 gak manusiawi padahal jam terbang mekaniknya beribu-ribu jam lebih tinggi :big_bored: mentang2 nebak bunyi cuma 1 menit bayarnya juga maunya 1 menit padahal kerjanya bongkar total steering rack :mky_07:
mekanik2 yg jebolan beres biasanya punya prosedur bekerja yg lebih teratur dan proper way. ga asal hantem apalagi keroyokan sama bbrp montir yg kl ngebongkar sesuatu naro murbaut aja sembarangan yg ga yakin bakal balik ke tempatnya semula. kl yg biasa bongkar sendiri paham lah, apalagi oil pan baut banyak dan panjangnya beda, hrs balik ke lubangnya lagi.

udah banyak kisah2 pilu org bongkar di tempat gaje trus yg nyebokin mekanik2 jebolan beres yg betul2 tau alasannya bisa malpraktek begitu.

nah mekanik2 ex beres tsb keluar dr beres krn gajinya kecil. tp mrk jg tau di beres hanya utk OJT, ngambil ilmu dan methodologi nya bagaimana cara mengerjakan mobil yg bener. akhirnya mrk buka sendiri tapi tetep ga bisa punya fasilitas spt layaknya beres. sy belum pernah liat yg buka sendiri tp punya tempat mumpuni dgn segala peralatan penunjangnya terutama car lift.

skrg bicara harga, itu flatrate system diciptakan utk membuat harga jasa lbh murah buat customer. seringkali dgn mengorbankan penghasilan mekanik. banyak item pekerjaan yg di flat rate 2 jam pdhl aktualnya lebih dr itu. tp dikompensasi kl ketemu item pekerjaan yg krn udah biasa jd mekanik bisa cepet kerjanya, lbh cepet dr quoted flat rate time nya.
makanya jangan heran kl ada kerjaan yg ditolak apalagi bunyi2, FRT nya berapa aktualnya berapa, ga masuk itungan, rugi mrk. :big_biglaugh:

yg jd masalah kan org indo maunya murah murah murah doang (kebanyakan). FRT aja udah lbh murah drpd pakai actual rate. msh ditawar pake sistem borongan :big_biglaugh:
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by fansdiesel »

Omnibus wrote: Mon Feb 26, 2024 6:17
ChZ wrote: Mon Feb 26, 2024 5:45
di bengkel resmi = hourly rate tinggi tapi kualitas pengerjaan begitulah. krn skill pas pasan dan banyakan anak STM + anak magang, akhirnya demi kejar omset maunya kerjaan yang cepet. d beres kalo pake acara diagnosa2 tebak tebak buah manggis paling malesin :big_bored: dari baru gak pernah bunyi, kita komplen bunyi dibilang normal. :mky_07:

akhirnya buat kerjaan yang berat pd ke luaran, yang hourly rate nya bener2 gak manusiawi padahal jam terbang mekaniknya beribu-ribu jam lebih tinggi :big_bored: mentang2 nebak bunyi cuma 1 menit bayarnya juga maunya 1 menit padahal kerjanya bongkar total steering rack :mky_07:
mekanik2 yg jebolan beres biasanya punya prosedur bekerja yg lebih teratur dan proper way. ga asal hantem apalagi keroyokan sama bbrp montir yg kl ngebongkar sesuatu naro murbaut aja sembarangan yg ga yakin bakal balik ke tempatnya semula. kl yg biasa bongkar sendiri paham lah, apalagi oil pan baut banyak dan panjangnya beda, hrs balik ke lubangnya lagi.

udah banyak kisah2 pilu org bongkar di tempat gaje trus yg nyebokin mekanik2 jebolan beres yg betul2 tau alasannya bisa malpraktek begitu.

nah mekanik2 ex beres tsb keluar dr beres krn gajinya kecil. tp mrk jg tau di beres hanya utk OJT, ngambil ilmu dan methodologi nya bagaimana cara mengerjakan mobil yg bener. akhirnya mrk buka sendiri tapi tetep ga bisa punya fasilitas spt layaknya beres. sy belum pernah liat yg buka sendiri tp punya tempat mumpuni dgn segala peralatan penunjangnya terutama car lift.

skrg bicara harga, itu flatrate system diciptakan utk membuat harga jasa lbh murah buat customer. seringkali dgn mengorbankan penghasilan mekanik. banyak item pekerjaan yg di flat rate 2 jam pdhl aktualnya lebih dr itu. tp dikompensasi kl ketemu item pekerjaan yg krn udah biasa jd mekanik bisa cepet kerjanya, lbh cepet dr quoted flat rate time nya.
makanya jangan heran kl ada kerjaan yg ditolak apalagi bunyi2, FRT nya berapa aktualnya berapa, ga masuk itungan, rugi mrk. :big_biglaugh:

yg jd masalah kan org indo maunya murah murah murah doang (kebanyakan). FRT aja udah lbh murah drpd pakai actual rate. msh ditawar pake sistem borongan :big_biglaugh:
apalagi kalo ownenrya panther, kuda , kijang kapsul , innova bensin..... pelitnya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by ChZ »

Omnibus wrote: Mon Feb 26, 2024 6:17
mekanik2 yg jebolan beres biasanya punya prosedur bekerja yg lebih teratur dan proper way. ga asal hantem apalagi keroyokan sama bbrp montir yg kl ngebongkar sesuatu naro murbaut aja sembarangan yg ga yakin bakal balik ke tempatnya semula. kl yg biasa bongkar sendiri paham lah, apalagi oil pan baut banyak dan panjangnya beda, hrs balik ke lubangnya lagi.

udah banyak kisah2 pilu org bongkar di tempat gaje trus yg nyebokin mekanik2 jebolan beres yg betul2 tau alasannya bisa malpraktek begitu.

nah mekanik2 ex beres tsb keluar dr beres krn gajinya kecil. tp mrk jg tau di beres hanya utk OJT, ngambil ilmu dan methodologi nya bagaimana cara mengerjakan mobil yg bener. akhirnya mrk buka sendiri tapi tetep ga bisa punya fasilitas spt layaknya beres. sy belum pernah liat yg buka sendiri tp punya tempat mumpuni dgn segala peralatan penunjangnya terutama car lift.

skrg bicara harga, itu flatrate system diciptakan utk membuat harga jasa lbh murah buat customer. seringkali dgn mengorbankan penghasilan mekanik. banyak item pekerjaan yg di flat rate 2 jam pdhl aktualnya lebih dr itu. tp dikompensasi kl ketemu item pekerjaan yg krn udah biasa jd mekanik bisa cepet kerjanya, lbh cepet dr quoted flat rate time nya.
makanya jangan heran kl ada kerjaan yg ditolak apalagi bunyi2, FRT nya berapa aktualnya berapa, ga masuk itungan, rugi mrk. :big_biglaugh:

yg jd masalah kan org indo maunya murah murah murah doang (kebanyakan). FRT aja udah lbh murah drpd pakai actual rate. msh ditawar pake sistem borongan :big_biglaugh:
bener mbah. biasa emang enak kalo dapet mekanik luar yang senior jebolan bengkel resmi trs coba coba buka bengkel. kerjanya apik gak ngasal biarpun tools seadanya yang penting2 aja. cuma ya kadang saking baiknya ongkosnya suka suka yang bayar krn yang punya mobil pelit.

makanya langganan jebolan bengkel H, ada yang mau modalin dia jadi toolsnya jg setara bengkel resmi, ya udahlah FRT nya setara bengkel resmi ane rasa worth it aja. krn suka detail kerjanya bagus. orang2 sekitar kalo gw cerita ya kadang bilang ngapain gak sekalian ke bengkel resmi aja, lah gw ada kenalan yang senior ahli beneran ngapain coba coba sama anak STM :mky_07: biar anak STMnya belajar dulu aja pake mobil orang laen, nanti umur 40an dia keluar udah ahli :mky_03:

kerjaan hard labor gini kalo ud ahli emang enak sih, modal otak dan jam terbang bisa buat hidup. repair sling handle pintu E39 aja di cas 50 ribu padahal kerjaan 5 menit :mky_07: .
Last edited by ChZ on Mon Feb 26, 2024 7:41, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Layanan pada bengkel / workshop

Post by Omnibus »

fansdiesel wrote: Mon Feb 26, 2024 7:04
apalagi kalo ownenrya panther, kuda , kijang kapsul , innova bensin..... pelitnya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

makdarit om. mau fasilitas ini itu berani bayar brp. mau disiapin equil botol beling 2 biji tiap habis servis juga bisa.