Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by W42d »

Ijin share, pernah miara brio 5AT 2015. Mobil yang cukup robust. Terakhir dilepas km 185k. Saya rasa sudah cukup long term.
Perawatan normal reguler aja. Ganti oli mesin tiap 5k, oli matic tiap 10k, filter udara n ac tiap 10k, busi 20k, filter bensin 100k, belt 60k,coolant ptt tiap taun. Bersih2 TB tiap 5k sekalian gantol, 10k buka manifold, semprot2 valve. Kerjain sendiri modal baca2 SM. Tambah atf cooler yg generik aja, punya L300.
Kaki2 saya ganti total di 150k. Rack stir, rack end,tie rod end,link stabil, shock depan blkg+support+bearing+dust cover, lower arm assy, disc brake, kampas rem, engine mounting kanan.
Pas dicopot, lower arm uda robek, tp blm copot, shock ga ada bocor, masih oke, engine mounting dah turun, tp blm oblak.
Ban pake hankook ukuran std aja, bisa tahan 90rb km, kampas rem ori tahan smpe 100rb. Semuanya masih ada sisa umur, tp dah diganti consider sekalian kerja, mengurangi downtime.
Ban nya di saya cukup tahan lama, sblmnya pernah naik r15 plus yokohama sdrive dan tein stech, itu ban bisa 70k blm botak, mgkn karena ringan mobilnya.
Brio nya uda pernah dipake ke bali 2x, surabaya, semarang, jogja berkali2, tiap hari PP bogor jkt buat nguli.
Motor fan dua2nya ganti di 150k, yg lama masih muter no problem. Diganti karena parno umur.
Bensin pertalite, terakhir2 suka cemplungin injector cleaner tiap 5k. Ganti2 dr yg murah sampe yg mahal.
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

W42d wrote: Wed Mar 27, 2024 8:38 Ijin share, pernah miara brio 5AT 2015. Mobil yang cukup robust. Terakhir dilepas km 185k. Saya rasa sudah cukup long term.
Perawatan normal reguler aja. Ganti oli mesin tiap 5k, oli matic tiap 10k, filter udara n ac tiap 10k, busi 20k, filter bensin 100k, belt 60k,coolant ptt tiap taun. Bersih2 TB tiap 5k sekalian gantol, 10k buka manifold, semprot2 valve. Kerjain sendiri modal baca2 SM. Tambah atf cooler yg generik aja, punya L300.
Kaki2 saya ganti total di 150k. Rack stir, rack end,tie rod end,link stabil, shock depan blkg+support+bearing+dust cover, lower arm assy, disc brake, kampas rem, engine mounting kanan.
Pas dicopot, lower arm uda robek, tp blm copot, shock ga ada bocor, masih oke, engine mounting dah turun, tp blm oblak.
Ban pake hankook ukuran std aja, bisa tahan 90rb km, kampas rem ori tahan smpe 100rb. Semuanya masih ada sisa umur, tp dah diganti consider sekalian kerja, mengurangi downtime.
Ban nya di saya cukup tahan lama, sblmnya pernah naik r15 plus yokohama sdrive dan tein stech, itu ban bisa 70k blm botak, mgkn karena ringan mobilnya.
Brio nya uda pernah dipake ke bali 2x, surabaya, semarang, jogja berkali2, tiap hari PP bogor jkt buat nguli.
Motor fan dua2nya ganti di 150k, yg lama masih muter no problem. Diganti karena parno umur.
Bensin pertalite, terakhir2 suka cemplungin injector cleaner tiap 5k. Ganti2 dr yg murah sampe yg mahal.
Wah sepuh bgt ni brio nya :big_smoking: Kuat jg ya trnyata part brio ini klo ditarik jangka panjang
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

zylo14 wrote: Tue Mar 26, 2024 10:02 As promised, ini foto si kecil saya hehehe. Walaupun memang agak menyusahkan hidup dengan fitment 1 jari, tapi setiap parkir selalu nengok ke belakang :big_love:
Wkwkwkwkkw kalo istilah jawanya wani perih om.

Salam fitment 2 jari kalo saya :ngacir:
IMG20240221135238.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
cengki308
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 72
Joined: Fri Jun 26, 2015 6:01
Location: Bogor

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by cengki308 »

epinjose wrote: Wed Mar 27, 2024 5:43
cengki308 wrote: Tue Mar 26, 2024 4:07 Brio.jpg
Sama seperti brio istri ecvt 2017, awet sih nih mobil udah mau 7 tahun 50rb km, banyak bener yg nawar, tiap ke bengkel ada aja yg nanya mau di jual ga wkwk, inget waktu 2017 beli 139, setelah disc
Rack steer ternyata di tambah gemuk sudah adem ga ada bunyi, long tierod saja yg di ganti
Mesin awet dah sudah 50rb ga ngelitik sama sekali, oli cvt ganti per 2thn, oli mesin per 4000 5000
Sama udah ganti karet support
cakep ni.. brio pake OEM nya GE/GK. Pilar blackout.
Trimakasih, iya pake oem velg jazz rs gk5 16inch et53 ban 185 55 , pas banget tinggal plek ga ada mentok sama sekali, bagian depan jg rata ga keluar body
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

ChZ wrote: Wed Mar 27, 2024 11:45
zylo14 wrote: Tue Mar 26, 2024 10:02 As promised, ini foto si kecil saya hehehe. Walaupun memang agak menyusahkan hidup dengan fitment 1 jari, tapi setiap parkir selalu nengok ke belakang :big_love:
Wkwkwkwkkw kalo istilah jawanya wani perih om.

Salam fitment 2 jari kalo saya :ngacir:

IMG20240221135238.jpg
Ternyata ini penampakan civic legend yg sering saya jadikan acuan reviewnya. Dari niat beli, sampe gak jadi niat karena harganya terlalu crispy :big_cry:

Cakep omm
Secretboys
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Aug 24, 2023 5:11
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: 2014 L15Z1 CVT

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by Secretboys »

zylo14 wrote: Tue Mar 26, 2024 10:02 As promised, ini foto si kecil saya hehehe. Walaupun memang agak menyusahkan hidup dengan fitment 1 jari, tapi setiap parkir selalu nengok ke belakang :big_love:
Cakep om,klo boleh tau spek kaki"nya apa ya om soalnya manis banget liatnya :big_love:
2014 Mobilio Prestige CVT
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

Secretboys wrote: Wed Mar 27, 2024 23:32
zylo14 wrote: Tue Mar 26, 2024 10:02 As promised, ini foto si kecil saya hehehe. Walaupun memang agak menyusahkan hidup dengan fitment 1 jari, tapi setiap parkir selalu nengok ke belakang :big_love:
Cakep om,klo boleh tau spek kaki"nya apa ya om soalnya manis banget liatnya :big_love:
Wah makasih omm heheheh. Speknya velg lebar 6.5" x 15 ET 42. Depannya di camber -1.5 derajat biar ngepas fender. Untuk ban 195/55 R15 gt radial champiro gtx pro
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by sapifr22 »

zylo14 wrote: Wed Mar 27, 2024 0:05
sapifr22 wrote: Tue Mar 26, 2024 15:02 Brio E CVT 2017 di rumah, sekarang sdh lewat 110k km.
Di sekitar 50k ganti karet support shock depan dan tie rod.
Di 100k ganti karet support, tie rod lagi, dan shock breaker depan
Di 110k ganti steering rack.

Yg sering ganti malah ban, sdh 3 set. Terakhir naik ke 175/70, supaya ground clearance lebih tinggi. Lumayan mengurangi gesekan kalau lewat jalan yang curam, plus suara ban sedikit turun.

Full pertalite sampai ngelitik di 90k, kemudian treatment pakai pertamax dan valve & injector cleaner berkali-kali, sekarang sdh membaik.

Herannya, dibanding ladder frame, Brio ini setirnya sangat anteng. Lurus, ngga narik kiri kanan, meskipun kondisi kaki sedang kurang sehat.
Sedang si ladder, kalau kena spooring yang geser dikit aja langsung lari...
Wah ud bnyk jg ya om jajan kaki-kaki.

Sering ganti ban nya kenapa om? Karena ud mulai botak atau karena emg pgn ganti aja?
Karena botak dan banyak tambalan.
Utk kaki, pola nyetir ladder frame kebawa terus, jadi wajar sih sering ganti :big_grin:
Secretboys
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Aug 24, 2023 5:11
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: 2014 L15Z1 CVT

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by Secretboys »

zylo14 wrote: Thu Mar 28, 2024 4:48
Secretboys wrote: Wed Mar 27, 2024 23:32
zylo14 wrote: Tue Mar 26, 2024 10:02 As promised, ini foto si kecil saya hehehe. Walaupun memang agak menyusahkan hidup dengan fitment 1 jari, tapi setiap parkir selalu nengok ke belakang :big_love:
Cakep om,klo boleh tau spek kaki"nya apa ya om soalnya manis banget liatnya :big_love:
Wah makasih omm heheheh. Speknya velg lebar 6.5" x 15 ET 42. Depannya di camber -1.5 derajat biar ngepas fender. Untuk ban 195/55 R15 gt radial champiro gtx pro

Thx om resepnya,kapan" saya coba : :big_exellent:
2014 Mobilio Prestige CVT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

zylo14 wrote: Wed Mar 27, 2024 18:54
Ternyata ini penampakan civic legend yg sering saya jadikan acuan reviewnya. Dari niat beli, sampe gak jadi niat karena harganya terlalu crispy :big_cry:

Cakep omm
saking crispy nya ane jg gak tega jual om :ngacir:

iya om abis diturunin jadi langganan gesrot padahal waktu stock kemana-mana hajar :big_biglaugh: skrg isi 2 orang di belakang udah deg deg an.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

Secretboys wrote: Thu Mar 28, 2024 6:30
zylo14 wrote: Thu Mar 28, 2024 4:48
Secretboys wrote: Wed Mar 27, 2024 23:32

Cakep om,klo boleh tau spek kaki"nya apa ya om soalnya manis banget liatnya :big_love:
Wah makasih omm heheheh. Speknya velg lebar 6.5" x 15 ET 42. Depannya di camber -1.5 derajat biar ngepas fender. Untuk ban 195/55 R15 gt radial champiro gtx pro

Thx om resepnya,kapan" saya coba : :big_exellent:
Siap siap bunyi gesrot aja ya om kalo lupa ngerem wkwkw otw jadi ban parut itu depan 2 biji. Kalau mau aman wheel gap nya 2 jari an keatas sih, pny sy trlalu pendek itu 1 jari an sbnerny utk daily dijalanan lucknut macem jakarta ini :big_biglaugh:
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

ChZ wrote: Thu Mar 28, 2024 7:40
zylo14 wrote: Wed Mar 27, 2024 18:54
Ternyata ini penampakan civic legend yg sering saya jadikan acuan reviewnya. Dari niat beli, sampe gak jadi niat karena harganya terlalu crispy :big_cry:

Cakep omm
saking crispy nya ane jg gak tega jual om :ngacir:

iya om abis diturunin jadi langganan gesrot padahal waktu stock kemana-mana hajar :big_biglaugh: skrg isi 2 orang di belakang udah deg deg an.
Udh setaun lebih ngincer' mobil pengganti sbnernya. Awal tertarik civic krna mau nyoba honda turbo, tapi harganya gk kesentuh jdi turun kelas

Lagi ngelirik hrv e SE 2020 / city hb 2021 / bahkan altis 2019 TNGA yang skrg hrga bekasny udh bisa cash di 300an kecil

Cuma brhubung mobil msih dibawa sendiri, dan blm ada urgency ganti, kykny brio setrika ini bakal masih ane pake terus sih. Mau ganti brio model baru pun males sejujurnya wkwk ky cuma beda kulit luar doang, tpi nambah puluhan jt juga tetep
Secretboys
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Aug 24, 2023 5:11
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: 2014 L15Z1 CVT

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by Secretboys »

zylo14 wrote: Thu Mar 28, 2024 8:12
Secretboys wrote: Thu Mar 28, 2024 6:30
zylo14 wrote: Thu Mar 28, 2024 4:48

Wah makasih omm heheheh. Speknya velg lebar 6.5" x 15 ET 42. Depannya di camber -1.5 derajat biar ngepas fender. Untuk ban 195/55 R15 gt radial champiro gtx pro

Thx om resepnya,kapan" saya coba : :big_exellent:
Siap siap bunyi gesrot aja ya om kalo lupa ngerem wkwkw otw jadi ban parut itu depan 2 biji. Kalau mau aman wheel gap nya 2 jari an keatas sih, pny sy trlalu pendek itu 1 jari an sbnerny utk daily dijalanan lucknut macem jakarta ini :big_biglaugh:

Wkwkwkk iya om
2014 Mobilio Prestige CVT
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by mobilkutu »

ChZ wrote: Tue Mar 26, 2024 8:07
fansdiesel wrote: Tue Mar 26, 2024 6:44
beli 139 , pake 7 tahun jual masih 110 .... cuan luber luber si ini mobil...

gak ngerti juga isi kepala orang yang mau beli :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
tp yg proven rawatannya plg gampang emang si brio sehh. paket lengkap miara brio ini gampang modip sekaligus gampang rawat. efek samping dari salam satu dasbor salam satu mesin. palagi tuh L12B masih dipake ampe skrg.
Jgn lupa pajak tahunan cmn 2jtan.
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

mobilkutu wrote: Fri Mar 29, 2024 11:33
ChZ wrote: Tue Mar 26, 2024 8:07
fansdiesel wrote: Tue Mar 26, 2024 6:44
beli 139 , pake 7 tahun jual masih 110 .... cuan luber luber si ini mobil...

gak ngerti juga isi kepala orang yang mau beli :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
tp yg proven rawatannya plg gampang emang si brio sehh. paket lengkap miara brio ini gampang modip sekaligus gampang rawat. efek samping dari salam satu dasbor salam satu mesin. palagi tuh L12B masih dipake ampe skrg.
Jgn lupa pajak tahunan cmn 2jtan.
Ane kebetulan kena di 3 kecil om, krna progresif. Tpi klo mobil prtama sih iya harusny cm 2 jt an ya. Cucok lah utk bajet mahasiswa & young adult
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by adri31 »

buset. Pakai standar aja, diisi berdua, udah pernah kepentok lubang/polisi tidur.
zylo14 wrote: Tue Mar 26, 2024 10:02 As promised, ini foto si kecil saya hehehe. Walaupun memang agak menyusahkan hidup dengan fitment 1 jari, tapi setiap parkir selalu nengok ke belakang :big_love:
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

adri31 wrote: Fri Mar 29, 2024 22:22 buset. Pakai standar aja, diisi berdua, udah pernah kepentok lubang/polisi tidur.
zylo14 wrote: Tue Mar 26, 2024 10:02 As promised, ini foto si kecil saya hehehe. Walaupun memang agak menyusahkan hidup dengan fitment 1 jari, tapi setiap parkir selalu nengok ke belakang :big_love:
Kalo bawa ini memang harus sarjana matematika dulu om wkwkw ngitung sudut supaya bemper depan & chasiss tengah gak jeduk :big_biglaugh:
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by sherryandkez »

zylo14 wrote: Tue Mar 26, 2024 10:02 As promised, ini foto si kecil saya hehehe. Walaupun memang agak menyusahkan hidup dengan fitment 1 jari, tapi setiap parkir selalu nengok ke belakang :big_love:
si cakeeep :big_love: modifannya punya taste gak kayak anak2 abege brio/jazz jaman now

btw soal brio, ane sering banget sebel sama pengguna ini mbl di tol cipularang/trans jawa.. modifan bunyinya kenceng cem kentut tp gak ada larinya :big_weee: beneran ga ada lari ngempos doang, adu kebut sama zenix full std aja gampang bgt ninggalinnya

pernah di tol cipularang ada sebiji sok2 ngedim pake mini projie, dikasi jalan sok2 geber.. sy kasi jarak, downshift langsung gaspol 160++ :big_weee: makan tuh AMG quad exhaust :big_weee:

ini mobil saking fungsionalnya, ada partner di kantor pake brio putih setrikaan, akhir taun jual cuma rugi 10jt :big_biglaugh:

dan gantinya brio lagi, putih lagi :big_biglaugh:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
zylo14
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Wed Sep 13, 2023 15:34
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2017 Honda Brio 2016 Toyota Sienta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by zylo14 »

sherryandkez wrote: Sun Mar 31, 2024 12:34
zylo14 wrote: Tue Mar 26, 2024 10:02 As promised, ini foto si kecil saya hehehe. Walaupun memang agak menyusahkan hidup dengan fitment 1 jari, tapi setiap parkir selalu nengok ke belakang :big_love:
si cakeeep :big_love: modifannya punya taste gak kayak anak2 abege brio/jazz jaman now

btw soal brio, ane sering banget sebel sama pengguna ini mbl di tol cipularang/trans jawa.. modifan bunyinya kenceng cem kentut tp gak ada larinya :big_weee: beneran ga ada lari ngempos doang, adu kebut sama zenix full std aja gampang bgt ninggalinnya

pernah di tol cipularang ada sebiji sok2 ngedim pake mini projie, dikasi jalan sok2 geber.. sy kasi jarak, downshift langsung gaspol 160++ :big_weee: makan tuh AMG quad exhaust :big_weee:

ini mobil saking fungsionalnya, ada partner di kantor pake brio putih setrikaan, akhir taun jual cuma rugi 10jt :big_biglaugh:

dan gantinya brio lagi, putih lagi :big_biglaugh:
Makasih om. Memang dari dulu prinsip saya less is more, kalau keramean modif brio beuhh jiwa jamet nya kerasa banget om.

Sejujurnya dulu brio ane pas awal modif full system berisik bgt, cm mulai 2023 awal tobat & ganti muffler silent :big_biglaugh: percuma suara keras juga wong cuma 1200cc berharap apa, gk ada bagus-bagusnya malu sama bmw tua 6 silinder yg lagi cruising di tol

Memang mobil fungsional yang hayuk buat diajak nyetir seruntulan. Walaupun dengan bagasi yg gk seberapa dan suspensi gradakan, bisa menemani rintis toko, bolak balik bawa barang. Mkny gak tega jualnya wkwkw
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

zylo14 wrote: Mon Apr 01, 2024 2:41
Makasih om. Memang dari dulu prinsip saya less is more, kalau keramean modif brio beuhh jiwa jamet nya kerasa banget om.

Sejujurnya dulu brio ane pas awal modif full system berisik bgt, cm mulai 2023 awal tobat & ganti muffler silent :big_biglaugh: percuma suara keras juga wong cuma 1200cc berharap apa, gk ada bagus-bagusnya malu sama bmw tua 6 silinder yg lagi cruising di tol

Memang mobil fungsional yang hayuk buat diajak nyetir seruntulan. Walaupun dengan bagasi yg gk seberapa dan suspensi gradakan, bisa menemani rintis toko, bolak balik bawa barang. Mkny gak tega jualnya wkwkw
perna dulu pake sivik FB modip full depan ampe belakang. belakangnya brong enak waktu ditarik, tp dalem kota kesiksa dapet berisik doang wkwkwk.

giliran dibalikin belakangnya ke std, bawahnya malah lebih ngacir buat kota kota :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Tue Apr 02, 2024 3:35
zylo14 wrote: Mon Apr 01, 2024 2:41
Makasih om. Memang dari dulu prinsip saya less is more, kalau keramean modif brio beuhh jiwa jamet nya kerasa banget om.

Sejujurnya dulu brio ane pas awal modif full system berisik bgt, cm mulai 2023 awal tobat & ganti muffler silent :big_biglaugh: percuma suara keras juga wong cuma 1200cc berharap apa, gk ada bagus-bagusnya malu sama bmw tua 6 silinder yg lagi cruising di tol

Memang mobil fungsional yang hayuk buat diajak nyetir seruntulan. Walaupun dengan bagasi yg gk seberapa dan suspensi gradakan, bisa menemani rintis toko, bolak balik bawa barang. Mkny gak tega jualnya wkwkw
perna dulu pake sivik FB modip full depan ampe belakang. belakangnya brong enak waktu ditarik, tp dalem kota kesiksa dapet berisik doang wkwkwk.

giliran dibalikin belakangnya ke std, bawahnya malah lebih ngacir buat kota kota :mky_03:
kaya gini udh sering baca nih bahasanya mgkn kerasa ngempos ya kalo ditarik.jadi apa sih om yg bikin ngempos gitu? apa artinya kalo ganti knalpot full system aftermarket, enaknya cuma pas di tol kenceng? di dalkot nya juga ngempos?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by b0ku »

iamwewe wrote: Tue Apr 02, 2024 3:49
kaya gini udh sering baca nih bahasanya mgkn kerasa ngempos ya kalo ditarik.jadi apa sih om yg bikin ngempos gitu? apa artinya kalo ganti knalpot full system aftermarket, enaknya cuma pas di tol kenceng? di dalkot nya juga ngempos?
ini suka ngawur orang2x mobil sekarang kebanyakan matic kenalpot brong itu di design buat naekin HP dan HP itu peakny di RPM tinggi makannya kalo mobilnya matic apalagi rationya panjang HONDA pulak ya loyo lah :big_dunno:

mendingan set upnya semua khusus matic kayak GE8 saya depan KANSAI KHUSUS matic down pipe kansai kusus matic, centrepipe pake reson khusus matic, dan muffler ternyata paling nampol pake ori karena ada backpreesure buat RPM bawah karena design khusus matic pipanya gak terlalu gede dan ada backpressurenya buat rpm bawah :mky_03:

jgn lupa filter udara mendingan pake replacement daripada gaya2xan pake open :mky_03:

kalo settingan brong sama open itu cocoknya manual karena rationya pendek2x apalagi ud 6 speed jd tinggal tahan gigi 1 sampe rpm tinggi lsg berasa gainnya wong kita matic di honda aja 2000rpm suka di upshift sendiri :mky_07:

intinya kalo torsi RPM bawah itu lebih butuh udara yang di mampatkan kayak tornado sedangkan hp maen rpm atas lebih butuh banyak flow angin masuk 2 ini susah ketemu musti ada yang di korbanin emang kecuali mobilnya turbo jebolin aja semua bikin plong flownya lebih berasa jauh.......... :big_biglaugh:

itupun buat rpm bawah lebih enakan turbo kecil soalnya saya ada dakar sama exced enakan exced rpm bawahnya dakar karena turbonya gede jadi lagnya lebih berasa di rpm bawah :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Tue Apr 02, 2024 3:49
kaya gini udh sering baca nih bahasanya mgkn kerasa ngempos ya kalo ditarik.jadi apa sih om yg bikin ngempos gitu? apa artinya kalo ganti knalpot full system aftermarket, enaknya cuma pas di tol kenceng? di dalkot nya juga ngempos?
analoginya mirip kaya selang om.

selang yang bagus itu kan harus lancar dari keran sampe ujung, knalpot aftermarket pun begitu. didesain biar lancar jaya jadi nyaris gak ada tahanannya.

masalahnya kalo kita ngebuka kerannya cuma separo, tuh aer malah jadi pelan banget musti kita pencet dikit (kasi hambatan / tahanan) biar lajunya kenceng.

nah gimana biar maksimal kepake tuh selang gede, ya dibesarin bukaan keran aernya. ini ibarat kita nge gaspoll debit udaranya makin gede makin kuat dorongannya. baru maksimal ginian pake knalpot brong.

makanya kan orang suka bilang jangan pake brong di mobil matic itu bener, krn mobil matic 2000 rpm paling udah ngoper, dapet ngemposnya doang.

emang urusan knalpot itu agak tricky, musti specify itu mobil matic atau manual dan kondisi tuning mesinnya gimana dan banyak trial and error, gak jamin kalo beli yang mahal pasti hasil bagus. kadang full set custom bikinan abang abang bisa lebih oke hasilnya kalo beneran diukur dan suaranya bisa adem. apalagi mobil zaman now fuel injectionnya udah canggih.

om fitra aja beli muffler asli TRD gak dituning hasilnya malah ngempos juga tuh :big_biglaugh: mahal mahal tuh beli knalpot kaga kepake.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by iamwewe »

b0ku wrote: Tue Apr 02, 2024 4:48
ini suka ngawur orang2x mobil sekarang kebanyakan matic kenalpot brong itu di design buat naekin HP dan HP itu peakny di RPM tinggi makannya kalo mobilnya matic apalagi rationya panjang HONDA pulak ya loyo lah :big_dunno:

mendingan set upnya semua khusus matic kayak GE8 saya depan KANSAI KHUSUS matic down pipe kansai kusus matic, centrepipe pake reson khusus matic, dan muffler ternyata paling nampol pake ori karena ada backpreesure buat RPM bawah karena design khusus matic pipanya gak terlalu gede dan ada backpressurenya buat rpm bawah :mky_03:

jgn lupa filter udara mendingan pake replacement daripada gaya2xan pake open :mky_03:

kalo settingan brong sama open itu cocoknya manual karena rationya pendek2x apalagi ud 6 speed jd tinggal tahan gigi 1 sampe rpm tinggi lsg berasa gainnya wong kita matic di honda aja 2000rpm suka di upshift sendiri :mky_07:

intinya kalo torsi RPM bawah itu lebih butuh udara yang di mampatkan kayak tornado sedangkan hp maen rpm atas lebih butuh banyak flow angin masuk 2 ini susah ketemu musti ada yang di korbanin emang kecuali mobilnya turbo jebolin aja semua bikin plong flownya lebih berasa jauh.......... :big_biglaugh:

itupun buat rpm bawah lebih enakan turbo kecil soalnya saya ada dakar sama exced enakan exced rpm bawahnya dakar karena turbonya gede jadi lagnya lebih berasa di rpm bawah :mky_03:
nah kalo om boku kan kasih contoh mbilnya GE8 nih. kalo mobil turbo honda skrg gimana?

kalo di marketplace ada misal jual knalpot fullsystem HKS utk civic turbo, ini nanti ngempos juga ga kalo gak dibarengin dengan ganti filter udara?
ChZ wrote: Tue Apr 02, 2024 7:03
iamwewe wrote: Tue Apr 02, 2024 3:49
kaya gini udh sering baca nih bahasanya mgkn kerasa ngempos ya kalo ditarik.jadi apa sih om yg bikin ngempos gitu? apa artinya kalo ganti knalpot full system aftermarket, enaknya cuma pas di tol kenceng? di dalkot nya juga ngempos?
analoginya mirip kaya selang om.

selang yang bagus itu kan harus lancar dari keran sampe ujung, knalpot aftermarket pun begitu. didesain biar lancar jaya jadi nyaris gak ada tahanannya.

masalahnya kalo kita ngebuka kerannya cuma separo, tuh aer malah jadi pelan banget musti kita pencet dikit (kasi hambatan / tahanan) biar lajunya kenceng.

nah gimana biar maksimal kepake tuh selang gede, ya dibesarin bukaan keran aernya. ini ibarat kita nge gaspoll debit udaranya makin gede makin kuat dorongannya. baru maksimal ginian pake knalpot brong.

makanya kan orang suka bilang jangan pake brong di mobil matic itu bener, krn mobil matic 2000 rpm paling udah ngoper, dapet ngemposnya doang.

emang urusan knalpot itu agak tricky, musti specify itu mobil matic atau manual dan kondisi tuning mesinnya gimana dan banyak trial and error, gak jamin kalo beli yang mahal pasti hasil bagus. kadang full set custom bikinan abang abang bisa lebih oke hasilnya kalo beneran diukur dan suaranya bisa adem. apalagi mobil zaman now fuel injectionnya udah canggih.

om fitra aja beli muffler asli TRD gak dituning hasilnya malah ngempos juga tuh :big_biglaugh: mahal mahal tuh beli knalpot kaga kepake.

dih.. ini iya banget nih dari jaman dulu denger kaya gini. taunya analogi nya gitu ya om. ibarat keran air ya. :big_exellent: :big_exellent:

nah ini nih aneh amat. yg dibeli cuma muffler doang, padahal udh TRD. harusnya dedicated dong buat mobil tersebut. ini menurut om, sama kaya analogi keran air mampet itu? ini utk mobil manual or matic nih om casenya.

berarti kalo utk mobil turbo jaman sekarang gini, harusnya gimana utk ningkatin tenaga dari knalpot? ganti dari depan sampe blkg full?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Long term usage review Brio Satya E CVT 2017

Post by b0ku »

iamwewe wrote: Tue Apr 02, 2024 9:33 nah kalo om boku kan kasih contoh mbilnya GE8 nih. kalo mobil turbo honda skrg gimana?

kalo di marketplace ada misal jual knalpot fullsystem HKS utk civic turbo, ini nanti ngempos juga ga kalo gak dibarengin dengan ganti filter udara?
nah kalo turbo om AT MT emang si mendingan korbanin low rpm tapi bagusan emang di bikin flow selancar mungkin ,saya soalnya maen dakar juga itu back pressure cuma nolong pas rpm turbolag doank ,pas turbonya spolling malah bikin efek mobil keselek ibaratnya kek kita minum buru2x bukannya cepet malah bikin keselek kira2x gitu rasanya , jadi pas turbonya spolling itu catalic malah bikin turbo jd ngeden lagi jadi ud kena turbo lag ditambah kena tahan flow pipa kecil atau catalic jd double2x delaynya enakan ud plong semua sampe belakang pipa gede semua , soalnya setup asli pajero ya kayak gitu catalic doank buat bersihin emisi sampe belakang beneran cuma pipa , sekarang catalic saya cabut juga hasilnya awal2x berasa banget gainnya beneran smooth pas turbospolling :mky_03:

sekarang ud biasa malah berasa kurang cuma untunglah turun mesin yang ke 2 berasa papas headnya jd pas rpm turbo lag tenaga lebih nendang :mky_03:

kalo buat mobil turbo pake merek si harusnya malah enak om jangan ud mobil N/A terus matic oe jamin kelar power loe bukanya gain malah loss tapi di dyno keliatannya gain padahal di jalan berasanya loss karena rpm gainnya gak kepake :big_biglaugh:

soalnya kebanyakan merek itu keluarin buat manual kecuali mobilnya emang cuma bikin varian matic baru percaya saya gain kek kemaren saya ada beli hks khusus cx5 :mky_03:

oh iya omong2x ge8 kenalpot at itu juga sebenernya nolong putaran tengahnya doank kalo dari 0 gak berasa gainnya emang musti combo pake throtle control baru berasa gainnya dari 0 sampe atas :mky_03:

yang lucu saya pernah ketemu T30 pake kenalpot pipanya gede semua keliatan banget modifnya pake barang mahal semua, mesinnya 2.5 kan at semua soalnya keliatan dari bodynya saya tau nih sasaran empuk buat saya kerjain bener kan pas lampu merah saya tarik dia ngejar cuma bisa nempel doank gak lama ketemu tikungan ud makin saya tinggal :big_biglaugh: