Kia Carens Gen 4 (KY)
Posted: Wed Aug 14, 2024 15:51
sepertinya belum ada postingan carens disini..
izin review mobil carens generasi terbaru. kebetulan beli nik 2022 pasca giias. mobil ini adalah mobil ketiga saya setelah lancer glxi '97 dan yaris s '12.
pertimbangan awal ganti mobil adalah karena udah punya anak satu dan perintilan bayi cukup lumayan mengingat bagasi yaris yang sekadarnya. kriteria pemilihan ganti mobil pada saat itu adalah muat banyak, lega, kalau bisa baris 3. kandidat yang terbersit pada saat itu adalah biante, voxy, xl7, dan c26. istri sudah berbinar binar kepincut liat pintu geser (padahal luxio juga pintu geser ). gerilya mulai cari cari di marketplace. udah mulai banyak wishlist dan kunjungan ke dealer mobil seken sampai akhirnya giias 2022 muncul. muter muter dapet merchandise gratisan (gamau rugi tiket), pas lewatin booth kia kok ada yang unik. carens yang di kepala saya bentukannya kayak kia carnival versi sachet, jadi keliatan beda banget sama yg versi sebelumnya (lupa kalau ada all new carens). singkat cerita muncullah mobil itu di garasi. yang saya beli ini kia carens biasa 7 seater (opsi nya ada 7seater non turbo atau 6 seater turbo). karena ga butuh butuh amat turbo di jakarta
karena kelamaan bawa yaris, masuk ke carens itu beda banget. tapi dibandingkan sama kijang innova barong tipe G punya kantor, masih better yang ini. kita mulai dari tampilan luar bagian depan. orang kantor bilang modelnya disangka mobil listrik karena grill radiatornya berupa lis (aslinya ada di bawah yg bolong-bolongnya). model headlamp nya cukup unik. dibagian samping ada bodi kasar hitam yang nutupin sampai bawah pintu (jadi ga kotor kalau abis ujan saat buka pintu). bagian belakang feels nya terasa india (karena pabriknya katanya di india) dan keliatan kayak agak sedikit nungging hahaha. kap depan mobil cukup berat (kayak double plat) dan udah ada peredamnya walaupun blm ada cover ruang mesin. bagian belakang juga belum ada power tailgate.
masuk ke dalam kabin terasa kedap. suara bising diluar hampir ga terlalu terdengar. instrumen kluster rupanya mirip stargazer. entertaiment system udah cakep menurut saya (mungkin karena bose merk nya). kursinya mengcengkram walaupun belum elektrik. favorit saya adalah kursi depan semuanya ada pendingin jok (dudukan dan sandaran) jadi cocok banget di jakarta yang agak berkeringat. stir udah atas bawah maju mundur. udah dapet sunroof juga. satu hal unik lagi, di penyimpanan gelas deket handbrake udah ada pendingin nya juga dari semburan ac (kayak kisi ac kecil gitu nyembur) cocok buat minuman kaleng jadi tetep dingin
baris kedua lebih dimanjakan. ngga ada gundukan ac di plafon. pengaturan ac di konsol box. dapet meja lipet. ada krey jendela kiri kanan biar privacy. dapet pendingin lagi di konsol box tengah bagian belakang. ada 2 port colokan usb c. legroom cukup lega dan posisi duduknya sangat nyaman. ditambah ada ambient light dari bagian kursi depan sampai ke belakang. duduk di tengah baris kedua juga ga ketinggian dan cukup empuk. jok tengah baris kedua kalau diturunin bisa jadi handrest berikut cup holder. baris kedua formatnya 40-60.
baris ketiga masih dikasih port usb c di kiri dan kanan berikut cup holder. posisi duduknya masih bisa di recline sedikit tapi agak ngorbanin ruang bagasi sedikit. posisi duduknya lebih manusiawi dan bukan posisi jongkok. paha masih bisa dapet sandaran. barisan ini masih dikasih slot ac di bagian atas. jok baris ketiga kalau dilipat modelnya flat sampai bagasi (ga ada gundukannya). bagian bagasi cukup lah kalau kursi baris ketiga dinaikin. dibalik cover bagasi ada kompartemen storage (satu lagi ada laci penyimpanan dibawah jok depan kiri)
masuk ke cara nyetir, bantingannya empuk khas mpv (mungkin profil ban nya ngaruh ya). merk ban bawaan MRF. rasa berkendaranya beda dari innova barong. karena sering masuk tol, kebantu banget sama cruise control. rute luar kota kalau kakinya sekolah dan mode eco bisa 19-20kml. kalau dalam kota apalagi sudirman yg macet pake mode eco bisa 12/kml. kalau lagi pengen satset bisa ganti ke mode sport. jambakan rpm nya lebih gigit tapi ya ngorbanin konsumsi bahan bakar. dalam kota mode sport bisa 8-9kml sedangkan luar kota. bisa 14kml.
saat ini kilometer udah 24ribu dengan rute paling jauh jakarta lampung dan jakarta bali. nanjak pas ke bromo ga terkendala.
minusnya sekarang ini agak sedikit bunyi tipis tipis di plastikan doortrim kalau pas setel musik ngebass. kaca film bawaan itu puanas, solusinya bisa pake yg agak gelapan (sekarang pake renzumint). idling stop kadang suka agak ngeselin kalau pas lagi stop n go. dan defaultnya bakal nyala saat idupin mesin walaupun udah dimatiin di switch nya. minusnya lagi diatas mobil gabisa dipasang roofbox karena roof rail (kayak lis memanjang gitu diatas mobil) cuman pemanis aja. gabisa dipasang karena cuma lem ajaa. handbrake juga masih yang otot sehingga ga ada auto hold, tapi gantinya ada hill start assist 2-3 detikan gitu.
selebihnya sih puas dengan fitur fiturnya plus irit dan kenyamanannya. auto headlamp, apple carplay, android auto, tpms, sunroof, pendingin jok dan console tengah, meja lipet, krey jendela, rear foglamp.
terima kasihh
izin review mobil carens generasi terbaru. kebetulan beli nik 2022 pasca giias. mobil ini adalah mobil ketiga saya setelah lancer glxi '97 dan yaris s '12.
pertimbangan awal ganti mobil adalah karena udah punya anak satu dan perintilan bayi cukup lumayan mengingat bagasi yaris yang sekadarnya. kriteria pemilihan ganti mobil pada saat itu adalah muat banyak, lega, kalau bisa baris 3. kandidat yang terbersit pada saat itu adalah biante, voxy, xl7, dan c26. istri sudah berbinar binar kepincut liat pintu geser (padahal luxio juga pintu geser ). gerilya mulai cari cari di marketplace. udah mulai banyak wishlist dan kunjungan ke dealer mobil seken sampai akhirnya giias 2022 muncul. muter muter dapet merchandise gratisan (gamau rugi tiket), pas lewatin booth kia kok ada yang unik. carens yang di kepala saya bentukannya kayak kia carnival versi sachet, jadi keliatan beda banget sama yg versi sebelumnya (lupa kalau ada all new carens). singkat cerita muncullah mobil itu di garasi. yang saya beli ini kia carens biasa 7 seater (opsi nya ada 7seater non turbo atau 6 seater turbo). karena ga butuh butuh amat turbo di jakarta
karena kelamaan bawa yaris, masuk ke carens itu beda banget. tapi dibandingkan sama kijang innova barong tipe G punya kantor, masih better yang ini. kita mulai dari tampilan luar bagian depan. orang kantor bilang modelnya disangka mobil listrik karena grill radiatornya berupa lis (aslinya ada di bawah yg bolong-bolongnya). model headlamp nya cukup unik. dibagian samping ada bodi kasar hitam yang nutupin sampai bawah pintu (jadi ga kotor kalau abis ujan saat buka pintu). bagian belakang feels nya terasa india (karena pabriknya katanya di india) dan keliatan kayak agak sedikit nungging hahaha. kap depan mobil cukup berat (kayak double plat) dan udah ada peredamnya walaupun blm ada cover ruang mesin. bagian belakang juga belum ada power tailgate.
masuk ke dalam kabin terasa kedap. suara bising diluar hampir ga terlalu terdengar. instrumen kluster rupanya mirip stargazer. entertaiment system udah cakep menurut saya (mungkin karena bose merk nya). kursinya mengcengkram walaupun belum elektrik. favorit saya adalah kursi depan semuanya ada pendingin jok (dudukan dan sandaran) jadi cocok banget di jakarta yang agak berkeringat. stir udah atas bawah maju mundur. udah dapet sunroof juga. satu hal unik lagi, di penyimpanan gelas deket handbrake udah ada pendingin nya juga dari semburan ac (kayak kisi ac kecil gitu nyembur) cocok buat minuman kaleng jadi tetep dingin
baris kedua lebih dimanjakan. ngga ada gundukan ac di plafon. pengaturan ac di konsol box. dapet meja lipet. ada krey jendela kiri kanan biar privacy. dapet pendingin lagi di konsol box tengah bagian belakang. ada 2 port colokan usb c. legroom cukup lega dan posisi duduknya sangat nyaman. ditambah ada ambient light dari bagian kursi depan sampai ke belakang. duduk di tengah baris kedua juga ga ketinggian dan cukup empuk. jok tengah baris kedua kalau diturunin bisa jadi handrest berikut cup holder. baris kedua formatnya 40-60.
baris ketiga masih dikasih port usb c di kiri dan kanan berikut cup holder. posisi duduknya masih bisa di recline sedikit tapi agak ngorbanin ruang bagasi sedikit. posisi duduknya lebih manusiawi dan bukan posisi jongkok. paha masih bisa dapet sandaran. barisan ini masih dikasih slot ac di bagian atas. jok baris ketiga kalau dilipat modelnya flat sampai bagasi (ga ada gundukannya). bagian bagasi cukup lah kalau kursi baris ketiga dinaikin. dibalik cover bagasi ada kompartemen storage (satu lagi ada laci penyimpanan dibawah jok depan kiri)
masuk ke cara nyetir, bantingannya empuk khas mpv (mungkin profil ban nya ngaruh ya). merk ban bawaan MRF. rasa berkendaranya beda dari innova barong. karena sering masuk tol, kebantu banget sama cruise control. rute luar kota kalau kakinya sekolah dan mode eco bisa 19-20kml. kalau dalam kota apalagi sudirman yg macet pake mode eco bisa 12/kml. kalau lagi pengen satset bisa ganti ke mode sport. jambakan rpm nya lebih gigit tapi ya ngorbanin konsumsi bahan bakar. dalam kota mode sport bisa 8-9kml sedangkan luar kota. bisa 14kml.
saat ini kilometer udah 24ribu dengan rute paling jauh jakarta lampung dan jakarta bali. nanjak pas ke bromo ga terkendala.
minusnya sekarang ini agak sedikit bunyi tipis tipis di plastikan doortrim kalau pas setel musik ngebass. kaca film bawaan itu puanas, solusinya bisa pake yg agak gelapan (sekarang pake renzumint). idling stop kadang suka agak ngeselin kalau pas lagi stop n go. dan defaultnya bakal nyala saat idupin mesin walaupun udah dimatiin di switch nya. minusnya lagi diatas mobil gabisa dipasang roofbox karena roof rail (kayak lis memanjang gitu diatas mobil) cuman pemanis aja. gabisa dipasang karena cuma lem ajaa. handbrake juga masih yang otot sehingga ga ada auto hold, tapi gantinya ada hill start assist 2-3 detikan gitu.
selebihnya sih puas dengan fitur fiturnya plus irit dan kenyamanannya. auto headlamp, apple carplay, android auto, tpms, sunroof, pendingin jok dan console tengah, meja lipet, krey jendela, rear foglamp.
terima kasihh