Diskusi mengenai motor 4 tak dan dua tak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
satrianya full korek FXRnya standart ya pasti kalah donk..ato yg bawanya gak bisa kali hehehehe enggak ding..............tapi yg jelas mesin FXR yg DOHC 4 valve itu termasuk mesin motor tercanggih di indonesia tapi di negara lain tuh mesin dah kunooooooooo karena taun 70 an aja honda cb 750 dah pake 4 silinder DOHC 16 valve ( saya gak bandingin jumlah silindernya looh hanya DOHC multivalvenya saja ) kayaknya mekanik sini tuh masih bingung cara ngorek mesin FXR karena masih termasuk baru buat mekanik sini ,jadi kesimpulan saya si FXR yg kalah tadi kemungkinanya adalah:
-mesin dan sasis masih dikorek ama mekanik yg bingung
-yg bawa gak jago
-masih standart
-satrianya pasti full korek
tapi kalo tuh fxr pake komponen full kompetisi dari thailand baik mesin dan sasis+pembalap jago saya kira keadaanya akan berbalik
-mesin dan sasis masih dikorek ama mekanik yg bingung
-yg bawa gak jago
-masih standart
-satrianya pasti full korek
tapi kalo tuh fxr pake komponen full kompetisi dari thailand baik mesin dan sasis+pembalap jago saya kira keadaanya akan berbalik
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
Komparasi
Wah kalo sepengetahuan saya 4 tak dgn 2 tak kalo mau di adu larinya yah kemungkinan menang 2 tak lah (dgn cc yg sama atau tidak beda jauh seperti rider dan satria) lihat contoh yg gampang lah dari MotoGP saat ini kenapa 2 tak yg 500 cc diadu dengan 4 tak 900 cc itu untuk spek mesin balap ambil contoh lagi yg sederhana dan ada di negeri kita yaitu Tiger(200 cc) or thunder(250 cc) diadu dgn Ninja(150 cc) dgn spek standar saya enggak usah kasih tau siapa yg menang tapi dari spek yg saya tau Tiger itu top speed 130-135 km/h, Thunder sekitar 140-an lebih dan Ninja 150 - 170 km/h.Yongis_CD wrote:suzuki raider 125 cc 4 tak lawan satria 120cc 2 tak, saya yakin raider bisa menandingi satria , cuma belum ada informasi testride raider sih soalnya masi belum masuk sini masih built up
jadi kalo soal lari saya pikir masih 2 tak lah yg pegang bukan membela motor 2 tak kekurangannya ya itu tadi boros dan polusi udara.
dari pencita motor 2 tak dan 4 tak (King, Ninja, Tiger & GSX 750)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
Re: Numpang ngobrol
yah apa boleh buat kalo saya cermati lagi memang ada kemungkinan besar begitu karena dari masyarakat pemakai juga minatnya masih besar sekali terhadap motor 2 tak yah contohnya yamaha rx king yg penjualanya masih laris,harusnya sih produsen dan pemerintah bekerjasama mengedukasi masyarakat untuk mempercepat berakhirnya era 2 tak bila tidak demikian era 2 tak masih akan lama di bumi kita yg makin tercemar inimickey wrote:Halo all Biker's.....
Salam kenal dari Bro mickey, menurut saya motor 2 tak tuh masih lama beredar di Ind mungkin sekitar 6 or 7 thn lagi jadi saran saya untuk penggemar 4 tak yah tunggu aja deh sekitar 6 or 7 thn lagi baru bisa dimulai program langit biru itu dan untuk penunggang 2 tak jangan sedih di tuding sebagai penghambat program langit biru, rawatlah motor anda sebaik mungkin sehingga tidak terlalu banyak menyumbang racun di udara negri ini. (kalo perlu beli 2 tak yg pake catalik converter)
untuk catalityc converter saya kok belum pernah dengar untuk 2 tak ya?? toh kalaupun ada akan ada kerugianya yaitu:
-tenaga berkurang bila dibadingakan tanpa katalitik konverter
-harga jadi tambah mahal ( entar gak ada yg mo beli motornya )
-perawatan jadi tambah rumit ,bayangkan aja membersihkan knalpot 2 tak tanpa konverter aja dah repot benget apalagi pake konverter yg macam sarang tawon dan lubangnya kecil2 banget.......
mungkin ada yg mo nambahin?
silahken.......
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
motor 2 tak yg build up rata-rata pakai catalik converter tetapi pada saat sampai di sini Indonesia banyak yg di lepas oleh pabrikan itu sendiri, yg saya denger sih kenapa dilepas adalah kualitas BBM kita yg masih kurang baik atau belum sesuai dgn spek negara asal motor CBU itu kalo di paksakan akan merusak performa dari motor bersangkutan karena terlalu cepat terjadi pengendapan hasil pembakaran di kenalpot akan sangat sering utk membersihkannya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
Re: Komparasi
mickey wrote:Wah kalo sepengetahuan saya 4 tak dgn 2 tak kalo mau di adu larinya yah kemungkinan menang 2 tak lah (dgn cc yg sama atau tidak beda jauh seperti rider dan satria) lihat contoh yg gampang lah dari MotoGP saat ini kenapa 2 tak yg 500 cc diadu dengan 4 tak 900 cc itu untuk spek mesin balap ambil contoh lagi yg sederhana dan ada di negeri kita yaitu Tiger(200 cc) or thunder(250 cc) diadu dgn Ninja(150 cc) dgn spek standar saya enggak usah kasih tau siapa yg menang tapi dari spek yg saya tau Tiger itu top speed 130-135 km/h, Thunder sekitar 140-an lebih dan Ninja 150 - 170 km/h.Yongis_CD wrote:suzuki raider 125 cc 4 tak lawan satria 120cc 2 tak, saya yakin raider bisa menandingi satria , cuma belum ada informasi testride raider sih soalnya masi belum masuk sini masih built up
jadi kalo soal lari saya pikir masih 2 tak lah yg pegang bukan membela motor 2 tak kekurangannya ya itu tadi boros dan polusi udara.
dari pencita motor 2 tak dan 4 tak (King, Ninja, Tiger & GSX 750)
mungkin saya juga kurang lengkap memberikan keterangan
ini ada sedikit faktor yg mungkin juga pengaruh........
bensin kita oktanya hanya 87 mungkin malah lebih rendah lagi
kompresi mesin 2 tak kita rata2 1:6 s/d 1: 7 jadi cukup untuk membangkitkan tenaga besar sesuai cc nya tanpa ngelitik
kompresi tiger dan thunder berkisar di 1 : 8
GL pro 145 lama 1:9 makanya kadang tarikanya terasa lebih kuat namun mesin kasar dibanding tiger200 dan neotech 160
*kompresi mesin 2 tak lebih rendah dari 4 tak*
semua spek yg dibuat disini berdasarkan iklim & sample bensin yg dikirim ke prinsipal di jepang kenapa gak kirim superTT98?? karena asumsinya konsumen motor disini adalah kalangan bawah jadi dikirim sample bensin premium biasa dengan kata lain agak sulit masukin motor 4 tak dengan spek tinggi ke indonesia
mesin DOHC multivalve biasanya berkompresi tinggi dan powernya muncul di putaran tinggi pula dan tidak akan tahan memakai premium biasa ,jadi walaupun belum ada test ride nya saya yakin bila raider dengan spek asli thailand ( standard pabrik ) + bensin oktan 98 ( sayangnya sekarang cuma ada pertamax plus okt 95 )performanya tidak akan kalah dengan satria karena perbandingan kompresinya pasti berkisar 1 : 10
masih ingat kasus tiger 2000 sesaat sebelum dipasarkan? ( th 94 )
memang benar tiger tsb telah mengalahkan RGR ,ternyata tiger tsb spek asli thailand dengan kompresi tinggi,durasi camshaft, dan klep lebih besar dari yg dipasarkan sekarang, mengapa yg dipasarkan yg loyo? selain masalah bensin tiger tsb pasarnya disegmenkan ke segala umur alias tua muda jadi ditakutkan kalo terlalu kencang tidak enak dibawa pelan orang2 tua gak ada yg mau, informasi tsb saya dapatkan dari orang bekas R&D honda sunter
mungkin ada informasi lain?
silahkan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Re: Komparasi
hehhehe bung yongis tapi kenapa di GP sekarang pakai mesin 4 tak butktinya di GP motor 2 tak pada ketet3r ngejar motor 4 taknya valentiono rossi hayooo
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
Re: Komparasi
maaf bung Yongis saya tambahkan informasi sedikit:Yongis_CD wrote:mickey wrote:Wah kalo sepengetahuan saya 4 tak dgn 2 tak kalo mau di adu larinya yah kemungkinan menang 2 tak lah (dgn cc yg sama atau tidak beda jauh seperti rider dan satria) lihat contoh yg gampang lah dari MotoGP saat ini kenapa 2 tak yg 500 cc diadu dengan 4 tak 900 cc itu untuk spek mesin balap ambil contoh lagi yg sederhana dan ada di negeri kita yaitu Tiger(200 cc) or thunder(250 cc) diadu dgn Ninja(150 cc) dgn spek standar saya enggak usah kasih tau siapa yg menang tapi dari spek yg saya tau Tiger itu top speed 130-135 km/h, Thunder sekitar 140-an lebih dan Ninja 150 - 170 km/h.Yongis_CD wrote:suzuki raider 125 cc 4 tak lawan satria 120cc 2 tak, saya yakin raider bisa menandingi satria , cuma belum ada informasi testride raider sih soalnya masi belum masuk sini masih built up
jadi kalo soal lari saya pikir masih 2 tak lah yg pegang bukan membela motor 2 tak kekurangannya ya itu tadi boros dan polusi udara.
dari pencita motor 2 tak dan 4 tak (King, Ninja, Tiger & GSX 750)
mungkin saya juga kurang lengkap memberikan keterangan
ini ada sedikit faktor yg mungkin juga pengaruh........
bensin kita oktanya hanya 87 mungkin malah lebih rendah lagi
kompresi mesin 2 tak kita rata2 1:6 s/d 1: 7 jadi cukup untuk membangkitkan tenaga besar sesuai cc nya tanpa ngelitik
kompresi tiger dan thunder berkisar di 1 : 8
GL pro 145 lama 1:9 makanya kadang tarikanya terasa lebih kuat namun mesin kasar dibanding tiger200 dan neotech 160
*kompresi mesin 2 tak lebih rendah dari 4 tak*
semua spek yg dibuat disini berdasarkan iklim & sample bensin yg dikirim ke prinsipal di jepang kenapa gak kirim superTT98?? karena asumsinya konsumen motor disini adalah kalangan bawah jadi dikirim sample bensin premium biasa dengan kata lain agak sulit masukin motor 4 tak dengan spek tinggi ke indonesia
mesin DOHC multivalve biasanya berkompresi tinggi dan powernya muncul di putaran tinggi pula dan tidak akan tahan memakai premium biasa ,jadi walaupun belum ada test ride nya saya yakin bila raider dengan spek asli thailand ( standard pabrik ) + bensin oktan 98 ( sayangnya sekarang cuma ada pertamax plus okt 95 )performanya tidak akan kalah dengan satria karena perbandingan kompresinya pasti berkisar 1 : 10
masih ingat kasus tiger 2000 sesaat sebelum dipasarkan? ( th 94 )
memang benar tiger tsb telah mengalahkan RGR ,ternyata tiger tsb spek asli thailand dengan kompresi tinggi,durasi camshaft, dan klep lebih besar dari yg dipasarkan sekarang, mengapa yg dipasarkan yg loyo? selain masalah bensin tiger tsb pasarnya disegmenkan ke segala umur alias tua muda jadi ditakutkan kalo terlalu kencang tidak enak dibawa pelan orang2 tua gak ada yg mau, informasi tsb saya dapatkan dari orang bekas R&D honda sunter
mungkin ada informasi lain?
silahkan
Kompresi Tiger itu adalah 9:1 rekomendasi pakai premix waktu thn 97 .
Tiger Thailand itu juga pake oil cooler jadi pendinginan mesin bisa lebih baik dari yg beredar di Indonesia otomatis performa mesin juga lebih baik, yg beredar di sini juga bisa menggunakan oil cooler karena tempat sudah di sediakan di sebelah kana blok mesin Tiger dan teman club saya pernah menggunakan tanpa repot mencari lobang untuk pemasangan selang dari mesin menuju oil coolernya dan ternyata dgn spek sama dgn motor saya dulu itu larinya agak lebih baik terutama pada saat touring atau jalan jauh bisa lebih stabil performa mesinnya.
sekian tambahan dari saya....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
Re: Komparasi
me pernah ngeliat waktu me main di sirkuit sentul disitu pas ad event pertandinganmickey wrote:Yongis_CD wrote:suzuki raider 125 cc 4 tak lawan satria 120cc 2 tak, saya yakin raider bisa menandingi satria , cuma belum ada informasi testride raider sih soalnya masi belum masuk sini masih built up
me bandingin kecepatan n waktu anatara suzuki raider 125 cc sama satria 120 cc masegh cepetan suzuki satria 120 cc
n malah satria 120 cc mampu menyaingi n megalahkan suzuki FXR 150 cc tuh
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 38
- Joined: Fri Feb 28, 2003 12:44
- Location: Bandung-Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
Re: Komparasi
yap saya setuju, kalo cc nya sama n teknologi satu angkatan pasti 2 tak lebih kenceng jauhhhhhhhhhhhhhhhhhh, karakteristik mesin 2 tak memang begitu kan, spontan, lah cuman butuh 2 langkah uda muter dibanding 4 tak mesti 4 langkah, hehehe ya uda ketinggalan satu puteran dunk, hmm..setau saya fxr memang agak kurang ya (sorry lho buat yang punya fxr)vandekar wrote:mickey wrote:me pernah ngeliat waktu me main di sirkuit sentul disitu pas ad event pertandinganYongis_CD wrote:suzuki raider 125 cc 4 tak lawan satria 120cc 2 tak, saya yakin raider bisa menandingi satria , cuma belum ada informasi testride raider sih soalnya masi belum masuk sini masih built up
me bandingin kecepatan n waktu anatara suzuki raider 125 cc sama satria 120 cc masegh cepetan suzuki satria 120 cc
n malah satria 120 cc mampu menyaingi n megalahkan suzuki FXR 150 cc tuh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
betul tapi coba baca dulu posting2 diatas,faktor2yg menentukannya banyak,untuk kalimat anda mungkin lebih baik saya perjelas yaitu:
untuk mesin 2 tak setiap piston bergerak keatas maka langsung terjadi kompresi disusul pembakaran = tenaga,setiap piston bergerak kebawah berarti tenaga,setiap 1 rotasi adalah 1 tenaga.
untuk mesin 4 tak pada saat piston bergerak keatas dan terjadi pembakaran, putaran berikutnya adalah proses pembuangan gas bekas dan penghisapan gas baru = jadi setiap 2 rotasi barulah didapat 1 tenaga
dengan teori diatas maka dengan cc yg sama pasti lebih besar tenaga yg dua tak ,tapi lagi2 saya ingatkan jangan lupa dengan polusi yg ditimbulkanya jauh lebih tinggi dan membahayakan lingkungan dibanding mesin 4 tak .negara2 maju telah menghapus produksi mesin 2 tak,sementara 2 tak masih berjaya di asia pasifik
untuk mesin 2 tak setiap piston bergerak keatas maka langsung terjadi kompresi disusul pembakaran = tenaga,setiap piston bergerak kebawah berarti tenaga,setiap 1 rotasi adalah 1 tenaga.
untuk mesin 4 tak pada saat piston bergerak keatas dan terjadi pembakaran, putaran berikutnya adalah proses pembuangan gas bekas dan penghisapan gas baru = jadi setiap 2 rotasi barulah didapat 1 tenaga
dengan teori diatas maka dengan cc yg sama pasti lebih besar tenaga yg dua tak ,tapi lagi2 saya ingatkan jangan lupa dengan polusi yg ditimbulkanya jauh lebih tinggi dan membahayakan lingkungan dibanding mesin 4 tak .negara2 maju telah menghapus produksi mesin 2 tak,sementara 2 tak masih berjaya di asia pasifik
Last edited by Yongis_CD on Wed Mar 05, 2003 7:25, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
iya sih, mesin 2 tak pembakarannya ngga sempurna yach? terus ditambah oli samping yang ikut andil bikin polusi, memang harusnya 2 tak dilarang kalo mau buat udara lebih bersih, tapi balik lagi ke keadaan mutu bahan bakan di indo masih belum menunjang mesin 4 tak dengan kompresi tinggi (kalo mesin 4 tak biasa2 aja ngga bisa setara sama 2 tak dunk hehe), dan harga mesin 4 tak lebih mahal dibanding 2 tak, hm...gimana yah, saya pribadi sih lebih suka pake 4 tak, praktis n lebih bersih, tapi kalo buat kepuasan kenceng2an hehehe.... ya masih 2 tak untuk saat ini
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
hal ini dikarenakan situasi yg tidak memungkinkan :
1. motor 2 tak cenderung berpolusi tinggi
2. motor 2 tak cenderung boros
3. motor 2 tak membutuhkan oli samping
4. motor 2 tak mahal biaya operasional nya
1. motor 2 tak cenderung berpolusi tinggi
2. motor 2 tak cenderung boros
3. motor 2 tak membutuhkan oli samping
4. motor 2 tak mahal biaya operasional nya
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Eh....bisik...bisik......Honda Thailand meluncurkan Honda Tena RS. Mesin 2-tak, namun diklaim ramah lingkungan. Dengan Catalizer untuk mengurangi polusi.
Semuanya tergantung kebutuhan juga. Biasanya yang muda masih seneng tarik-tarikan pasti seneng 2 tak. Sedangkan untuk yang memikirkan lingkungan, boros, berisik, pasti milih 4 tak.
Kalo saya sih untuk jalan-jalan di kota asyik 4 tak. Nyaman, irit, tidak berisik. Tapi kalo lagi pengin ngebut pakai deh yang 2 tak.
ZX-150 Community
Semuanya tergantung kebutuhan juga. Biasanya yang muda masih seneng tarik-tarikan pasti seneng 2 tak. Sedangkan untuk yang memikirkan lingkungan, boros, berisik, pasti milih 4 tak.
Kalo saya sih untuk jalan-jalan di kota asyik 4 tak. Nyaman, irit, tidak berisik. Tapi kalo lagi pengin ngebut pakai deh yang 2 tak.
ZX-150 Community
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 55
- Joined: Fri Mar 07, 2003 3:15
- Location: Jakarta
Saya mau nambahin nih.... u/mereka yg setia terhadap produk Honda, per tahun 2003 ini Honda sudah tidak memproduksi mesin 2 tak lagi.
Honda merupakan produsen otomotif satu2nya yang care terhadap lingkungan hidup. Dengan tidak memproduksi mesin 2 tak lagi, secara tidak langsung mengurangi polusi udara.
Langkah Honda ini patut ditiru oleh produsen otomotif yang lain.
Bravo Honda....!
Honda merupakan produsen otomotif satu2nya yang care terhadap lingkungan hidup. Dengan tidak memproduksi mesin 2 tak lagi, secara tidak langsung mengurangi polusi udara.
Langkah Honda ini patut ditiru oleh produsen otomotif yang lain.
Bravo Honda....!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
Sorry sedikit tambahan buat yg udah kasih pendapat tentang 2 tak dan 4 tak, topik ini bagus untuk para new biker dan privater biker untuk memilih pasangan hidupnya (maksud saya istri ke dua setelah istri beneran atau pacar) dan bagus juga untuk masukkan pabrikan motor di indonesia supaya bisa seperti negara maju lainnya tapi buat real bikers ini tidak terlalu banyak artinya karena ada rasa brotherhood yg tinggi di banding jenis motor dan mesinnya yg penting sesama pecinta roda dua peace for all bikers....sampai ketemu di Kemon III.