Diskusi mengenai motor 4 tak dan dua tak

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

satrianya full korek FXRnya standart ya pasti kalah donk..ato yg bawanya gak bisa kali hehehehe enggak ding..............tapi yg jelas mesin FXR yg DOHC 4 valve itu termasuk mesin motor tercanggih di indonesia tapi di negara lain tuh mesin dah kunooooooooo karena taun 70 an aja honda cb 750 dah pake 4 silinder DOHC 16 valve ( saya gak bandingin jumlah silindernya looh hanya DOHC multivalvenya saja ) kayaknya mekanik sini tuh masih bingung cara ngorek mesin FXR karena masih termasuk baru buat mekanik sini ,jadi kesimpulan saya si FXR yg kalah tadi kemungkinanya adalah:
-mesin dan sasis masih dikorek ama mekanik yg bingung
-yg bawa gak jago
-masih standart
-satrianya pasti full korek

tapi kalo tuh fxr pake komponen full kompetisi dari thailand baik mesin dan sasis+pembalap jago saya kira keadaanya akan berbalik
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Komparasi

Post by mickey »

Yongis_CD wrote:suzuki raider 125 cc 4 tak lawan satria 120cc 2 tak, saya yakin raider bisa menandingi satria , cuma belum ada informasi testride raider sih soalnya masi belum masuk sini masih built up
Wah kalo sepengetahuan saya 4 tak dgn 2 tak kalo mau di adu larinya yah kemungkinan menang 2 tak lah (dgn cc yg sama atau tidak beda jauh seperti rider dan satria) lihat contoh yg gampang lah dari MotoGP saat ini kenapa 2 tak yg 500 cc diadu dengan 4 tak 900 cc itu untuk spek mesin balap ambil contoh lagi yg sederhana dan ada di negeri kita yaitu Tiger(200 cc) or thunder(250 cc) diadu dgn Ninja(150 cc) dgn spek standar saya enggak usah kasih tau siapa yg menang tapi dari spek yg saya tau Tiger itu top speed 130-135 km/h, Thunder sekitar 140-an lebih dan Ninja 150 - 170 km/h.
jadi kalo soal lari saya pikir masih 2 tak lah yg pegang bukan membela motor 2 tak kekurangannya ya itu tadi boros dan polusi udara.

dari pencita motor 2 tak dan 4 tak (King, Ninja, Tiger & GSX 750)
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Re: Numpang ngobrol

Post by Yongis_CD »

mickey wrote:Halo all Biker's.....

Salam kenal dari Bro mickey, menurut saya motor 2 tak tuh masih lama beredar di Ind mungkin sekitar 6 or 7 thn lagi jadi saran saya untuk penggemar 4 tak yah tunggu aja deh sekitar 6 or 7 thn lagi baru bisa dimulai program langit biru itu dan untuk penunggang 2 tak jangan sedih di tuding sebagai penghambat program langit biru, rawatlah motor anda sebaik mungkin sehingga tidak terlalu banyak menyumbang racun di udara negri ini. (kalo perlu beli 2 tak yg pake catalik converter)
yah apa boleh buat kalo saya cermati lagi memang ada kemungkinan besar begitu karena dari masyarakat pemakai juga minatnya masih besar sekali terhadap motor 2 tak yah contohnya yamaha rx king yg penjualanya masih laris,harusnya sih produsen dan pemerintah bekerjasama mengedukasi masyarakat untuk mempercepat berakhirnya era 2 tak bila tidak demikian era 2 tak masih akan lama di bumi kita yg makin tercemar ini
untuk catalityc converter saya kok belum pernah dengar untuk 2 tak ya?? toh kalaupun ada akan ada kerugianya yaitu:
-tenaga berkurang bila dibadingakan tanpa katalitik konverter
-harga jadi tambah mahal ( entar gak ada yg mo beli motornya )
-perawatan jadi tambah rumit ,bayangkan aja membersihkan knalpot 2 tak tanpa konverter aja dah repot benget apalagi pake konverter yg macam sarang tawon dan lubangnya kecil2 banget.......

mungkin ada yg mo nambahin?

silahken.......
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

motor 2 tak yg build up rata-rata pakai catalik converter tetapi pada saat sampai di sini Indonesia banyak yg di lepas oleh pabrikan itu sendiri, yg saya denger sih kenapa dilepas adalah kualitas BBM kita yg masih kurang baik atau belum sesuai dgn spek negara asal motor CBU itu kalo di paksakan akan merusak performa dari motor bersangkutan karena terlalu cepat terjadi pengendapan hasil pembakaran di kenalpot akan sangat sering utk membersihkannya...
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Re: Komparasi

Post by Yongis_CD »

mickey wrote:
Yongis_CD wrote:suzuki raider 125 cc 4 tak lawan satria 120cc 2 tak, saya yakin raider bisa menandingi satria , cuma belum ada informasi testride raider sih soalnya masi belum masuk sini masih built up
Wah kalo sepengetahuan saya 4 tak dgn 2 tak kalo mau di adu larinya yah kemungkinan menang 2 tak lah (dgn cc yg sama atau tidak beda jauh seperti rider dan satria) lihat contoh yg gampang lah dari MotoGP saat ini kenapa 2 tak yg 500 cc diadu dengan 4 tak 900 cc itu untuk spek mesin balap ambil contoh lagi yg sederhana dan ada di negeri kita yaitu Tiger(200 cc) or thunder(250 cc) diadu dgn Ninja(150 cc) dgn spek standar saya enggak usah kasih tau siapa yg menang tapi dari spek yg saya tau Tiger itu top speed 130-135 km/h, Thunder sekitar 140-an lebih dan Ninja 150 - 170 km/h.
jadi kalo soal lari saya pikir masih 2 tak lah yg pegang bukan membela motor 2 tak kekurangannya ya itu tadi boros dan polusi udara.

dari pencita motor 2 tak dan 4 tak (King, Ninja, Tiger & GSX 750)

mungkin saya juga kurang lengkap memberikan keterangan
ini ada sedikit faktor yg mungkin juga pengaruh........
bensin kita oktanya hanya 87 mungkin malah lebih rendah lagi
kompresi mesin 2 tak kita rata2 1:6 s/d 1: 7 jadi cukup untuk membangkitkan tenaga besar sesuai cc nya tanpa ngelitik
kompresi tiger dan thunder berkisar di 1 : 8

GL pro 145 lama 1:9 makanya kadang tarikanya terasa lebih kuat namun mesin kasar dibanding tiger200 dan neotech 160

*kompresi mesin 2 tak lebih rendah dari 4 tak*

semua spek yg dibuat disini berdasarkan iklim & sample bensin yg dikirim ke prinsipal di jepang kenapa gak kirim superTT98?? karena asumsinya konsumen motor disini adalah kalangan bawah jadi dikirim sample bensin premium biasa dengan kata lain agak sulit masukin motor 4 tak dengan spek tinggi ke indonesia

mesin DOHC multivalve biasanya berkompresi tinggi dan powernya muncul di putaran tinggi pula dan tidak akan tahan memakai premium biasa ,jadi walaupun belum ada test ride nya saya yakin bila raider dengan spek asli thailand ( standard pabrik ) + bensin oktan 98 ( sayangnya sekarang cuma ada pertamax plus okt 95 )performanya tidak akan kalah dengan satria karena perbandingan kompresinya pasti berkisar 1 : 10

masih ingat kasus tiger 2000 sesaat sebelum dipasarkan? ( th 94 )
memang benar tiger tsb telah mengalahkan RGR ,ternyata tiger tsb spek asli thailand dengan kompresi tinggi,durasi camshaft, dan klep lebih besar dari yg dipasarkan sekarang, mengapa yg dipasarkan yg loyo? selain masalah bensin tiger tsb pasarnya disegmenkan ke segala umur alias tua muda jadi ditakutkan kalo terlalu kencang tidak enak dibawa pelan orang2 tua gak ada yg mau, informasi tsb saya dapatkan dari orang bekas R&D honda sunter

mungkin ada informasi lain?

silahkan
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Re: Komparasi

Post by vandekar »

hehhehe bung yongis tapi kenapa di GP sekarang pakai mesin 4 tak butktinya di GP motor 2 tak pada ketet3r ngejar motor 4 taknya valentiono rossi hayooo :lol: 8) :P
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

oh ya kalo motor bebek 4 tak yg paling okeh apa ya :lol: :D
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

yaa.....selain cc nya hampir dua kali lipat kan teknologinya sudah canggih sekali.......kayaknya udah dibahas deh di atas coba baca semua halaman

dengan berat hati sementara dipegang oleh shogun
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

kayanya bebek 4 tak sekarang mungkin bergeser ke Kharisma untuk top speednya (selain bebek 4 tak CBU)
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

ohh iya sorry sekarang bergeser ke kharisma ,apa boleh buat shogun mulai bergeser ke posisi 2 hehehe
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Re: Komparasi

Post by mickey »

Yongis_CD wrote:
mickey wrote:
Yongis_CD wrote:suzuki raider 125 cc 4 tak lawan satria 120cc 2 tak, saya yakin raider bisa menandingi satria , cuma belum ada informasi testride raider sih soalnya masi belum masuk sini masih built up
Wah kalo sepengetahuan saya 4 tak dgn 2 tak kalo mau di adu larinya yah kemungkinan menang 2 tak lah (dgn cc yg sama atau tidak beda jauh seperti rider dan satria) lihat contoh yg gampang lah dari MotoGP saat ini kenapa 2 tak yg 500 cc diadu dengan 4 tak 900 cc itu untuk spek mesin balap ambil contoh lagi yg sederhana dan ada di negeri kita yaitu Tiger(200 cc) or thunder(250 cc) diadu dgn Ninja(150 cc) dgn spek standar saya enggak usah kasih tau siapa yg menang tapi dari spek yg saya tau Tiger itu top speed 130-135 km/h, Thunder sekitar 140-an lebih dan Ninja 150 - 170 km/h.
jadi kalo soal lari saya pikir masih 2 tak lah yg pegang bukan membela motor 2 tak kekurangannya ya itu tadi boros dan polusi udara.

dari pencita motor 2 tak dan 4 tak (King, Ninja, Tiger & GSX 750)

mungkin saya juga kurang lengkap memberikan keterangan
ini ada sedikit faktor yg mungkin juga pengaruh........
bensin kita oktanya hanya 87 mungkin malah lebih rendah lagi
kompresi mesin 2 tak kita rata2 1:6 s/d 1: 7 jadi cukup untuk membangkitkan tenaga besar sesuai cc nya tanpa ngelitik
kompresi tiger dan thunder berkisar di 1 : 8

GL pro 145 lama 1:9 makanya kadang tarikanya terasa lebih kuat namun mesin kasar dibanding tiger200 dan neotech 160

*kompresi mesin 2 tak lebih rendah dari 4 tak*

semua spek yg dibuat disini berdasarkan iklim & sample bensin yg dikirim ke prinsipal di jepang kenapa gak kirim superTT98?? karena asumsinya konsumen motor disini adalah kalangan bawah jadi dikirim sample bensin premium biasa dengan kata lain agak sulit masukin motor 4 tak dengan spek tinggi ke indonesia

mesin DOHC multivalve biasanya berkompresi tinggi dan powernya muncul di putaran tinggi pula dan tidak akan tahan memakai premium biasa ,jadi walaupun belum ada test ride nya saya yakin bila raider dengan spek asli thailand ( standard pabrik ) + bensin oktan 98 ( sayangnya sekarang cuma ada pertamax plus okt 95 )performanya tidak akan kalah dengan satria karena perbandingan kompresinya pasti berkisar 1 : 10

masih ingat kasus tiger 2000 sesaat sebelum dipasarkan? ( th 94 )
memang benar tiger tsb telah mengalahkan RGR ,ternyata tiger tsb spek asli thailand dengan kompresi tinggi,durasi camshaft, dan klep lebih besar dari yg dipasarkan sekarang, mengapa yg dipasarkan yg loyo? selain masalah bensin tiger tsb pasarnya disegmenkan ke segala umur alias tua muda jadi ditakutkan kalo terlalu kencang tidak enak dibawa pelan orang2 tua gak ada yg mau, informasi tsb saya dapatkan dari orang bekas R&D honda sunter

mungkin ada informasi lain?

silahkan
maaf bung Yongis saya tambahkan informasi sedikit:
Kompresi Tiger itu adalah 9:1 rekomendasi pakai premix waktu thn 97 .
Tiger Thailand itu juga pake oil cooler jadi pendinginan mesin bisa lebih baik dari yg beredar di Indonesia otomatis performa mesin juga lebih baik, yg beredar di sini juga bisa menggunakan oil cooler karena tempat sudah di sediakan di sebelah kana blok mesin Tiger dan teman club saya pernah menggunakan tanpa repot mencari lobang untuk pemasangan selang dari mesin menuju oil coolernya dan ternyata dgn spek sama dgn motor saya dulu itu larinya agak lebih baik terutama pada saat touring atau jalan jauh bisa lebih stabil performa mesinnya.

sekian tambahan dari saya....
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Re: Komparasi

Post by vandekar »

mickey wrote:
Yongis_CD wrote:suzuki raider 125 cc 4 tak lawan satria 120cc 2 tak, saya yakin raider bisa menandingi satria , cuma belum ada informasi testride raider sih soalnya masi belum masuk sini masih built up
me pernah ngeliat waktu me main di sirkuit sentul disitu pas ad event pertandingan :P
me bandingin kecepatan n waktu anatara suzuki raider 125 cc sama satria 120 cc masegh cepetan suzuki satria 120 cc

n malah satria 120 cc mampu menyaingi n megalahkan suzuki FXR 150 cc tuh 8)
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
ko_zak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Fri Feb 28, 2003 12:44
Location: Bandung-Indonesia

Post by ko_zak »

vandekar wrote:oh ya kalo motor bebek 4 tak yg paling okeh apa ya :lol: :D
Kawasaki Kaze_R.........ngeeeeeeeeng!!Image
Image
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Re: Komparasi

Post by e121ck »

vandekar wrote:
mickey wrote:
Yongis_CD wrote:suzuki raider 125 cc 4 tak lawan satria 120cc 2 tak, saya yakin raider bisa menandingi satria , cuma belum ada informasi testride raider sih soalnya masi belum masuk sini masih built up
me pernah ngeliat waktu me main di sirkuit sentul disitu pas ad event pertandingan :P
me bandingin kecepatan n waktu anatara suzuki raider 125 cc sama satria 120 cc masegh cepetan suzuki satria 120 cc

n malah satria 120 cc mampu menyaingi n megalahkan suzuki FXR 150 cc tuh 8)
yap saya setuju, kalo cc nya sama n teknologi satu angkatan pasti 2 tak lebih kenceng jauhhhhhhhhhhhhhhhhhh, karakteristik mesin 2 tak memang begitu kan, spontan, lah cuman butuh 2 langkah uda muter dibanding 4 tak mesti 4 langkah, hehehe ya uda ketinggalan satu puteran dunk, hmm..setau saya fxr memang agak kurang ya (sorry lho buat yang punya fxr)
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

betul tapi coba baca dulu posting2 diatas,faktor2yg menentukannya banyak,untuk kalimat anda mungkin lebih baik saya perjelas yaitu:
untuk mesin 2 tak setiap piston bergerak keatas maka langsung terjadi kompresi disusul pembakaran = tenaga,setiap piston bergerak kebawah berarti tenaga,setiap 1 rotasi adalah 1 tenaga.
untuk mesin 4 tak pada saat piston bergerak keatas dan terjadi pembakaran, putaran berikutnya adalah proses pembuangan gas bekas dan penghisapan gas baru = jadi setiap 2 rotasi barulah didapat 1 tenaga
dengan teori diatas maka dengan cc yg sama pasti lebih besar tenaga yg dua tak ,tapi lagi2 saya ingatkan jangan lupa dengan polusi yg ditimbulkanya jauh lebih tinggi dan membahayakan lingkungan dibanding mesin 4 tak .negara2 maju telah menghapus produksi mesin 2 tak,sementara 2 tak masih berjaya di asia pasifik
Last edited by Yongis_CD on Wed Mar 05, 2003 7:25, edited 1 time in total.
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

iya sih, mesin 2 tak pembakarannya ngga sempurna yach? terus ditambah oli samping yang ikut andil bikin polusi, memang harusnya 2 tak dilarang kalo mau buat udara lebih bersih, tapi balik lagi ke keadaan mutu bahan bakan di indo masih belum menunjang mesin 4 tak dengan kompresi tinggi (kalo mesin 4 tak biasa2 aja ngga bisa setara sama 2 tak dunk hehe), dan harga mesin 4 tak lebih mahal dibanding 2 tak, hm...gimana yah, saya pribadi sih lebih suka pake 4 tak, praktis n lebih bersih, tapi kalo buat kepuasan kenceng2an hehehe.... ya masih 2 tak untuk saat ini
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

hehhe tapi lambat laun motor 2 tak pasti kegusur tuh sama motor 4 tak
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
User avatar
vandekar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
Location: Naik Turun Diatas Tungganganku

Post by vandekar »

hal ini dikarenakan situasi yg tidak memungkinkan :
1. motor 2 tak cenderung berpolusi tinggi
2. motor 2 tak cenderung boros
3. motor 2 tak membutuhkan oli samping
4. motor 2 tak mahal biaya operasional nya
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Eh....bisik...bisik......Honda Thailand meluncurkan Honda Tena RS. Mesin 2-tak, namun diklaim ramah lingkungan. Dengan Catalizer untuk mengurangi polusi.

Semuanya tergantung kebutuhan juga. Biasanya yang muda masih seneng tarik-tarikan pasti seneng 2 tak. Sedangkan untuk yang memikirkan lingkungan, boros, berisik, pasti milih 4 tak.

Kalo saya sih untuk jalan-jalan di kota asyik 4 tak. Nyaman, irit, tidak berisik. Tapi kalo lagi pengin ngebut pakai deh yang 2 tak.


ZX-150 Community
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

tapi kalo orang indo yang pake tetep aja dikasih minum premium d tuh tena, catalizernya ngga jalan dunk (catalizer jalannya kalo pake Super TT yach?, kalo ngga salah lho hehehe, sorry kalo salah)
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
Slayer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Mar 07, 2003 3:15
Location: Jakarta

Post by Slayer »

Saya mau nambahin nih.... u/mereka yg setia terhadap produk Honda, per tahun 2003 ini Honda sudah tidak memproduksi mesin 2 tak lagi.

Honda merupakan produsen otomotif satu2nya yang care terhadap lingkungan hidup. Dengan tidak memproduksi mesin 2 tak lagi, secara tidak langsung mengurangi polusi udara.

Langkah Honda ini patut ditiru oleh produsen otomotif yang lain.

Bravo Honda....!
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

ilangin 2 tak tapi mesti buat 4 tak yang OK dunk
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Honda 2 Tak di Indonesia contohnya apa yaa :roll:
User avatar
e121ck
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
Location: Jakarta

Post by e121ck »

NSR.... tapi uda almarhum hehehe,

eh iya mas indy, tena kan uda lama keluar di thailand, soale si ahmad jayadi pake itu kalo balapan di pasar senggol eh.. di sentul juga pake itu
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
mickey
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
Location: On Road

Post by mickey »

Sorry sedikit tambahan buat yg udah kasih pendapat tentang 2 tak dan 4 tak, topik ini bagus untuk para new biker dan privater biker untuk memilih pasangan hidupnya (maksud saya istri ke dua setelah istri beneran atau pacar) dan bagus juga untuk masukkan pabrikan motor di indonesia supaya bisa seperti negara maju lainnya tapi buat real bikers ini tidak terlalu banyak artinya karena ada rasa brotherhood yg tinggi di banding jenis motor dan mesinnya yg penting sesama pecinta roda dua peace for all bikers....sampai ketemu di Kemon III.