Yaris memang beda...

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Yaris memang beda...

Post by pinoh_boy »

Yaris memang beda


(14/02/2006) - Seperti telah dijanjikan, TAM meluncurkan Yaris hatchback yang sudah ditunggu-tunggu. Peluncuran dikemas dalam acara bertema party khas anak muda kota, target pasar yang dibidik TAM untuk Yaris. Seperti kedua pendahulunya, Honda Jazz dan Suzuki Swift, Yaris menawarkan kekompakan, peforma, dan harga menarik.

Yang membedakan, Yaris dilengkapi beberapa fitur yang tidak ditemui di dua rivalnya dan rentang harga yang sangat lebar, yang memberi peluang memperbesar cakupan pasarnya. Rentang harga itu mulai dari Rp 148.5 juta (Yaris E manual transmission ), Rp 158.5 juta (Yaris E AT ), Rp 168 juta (Yaris S AT) hingga Rp 174 juta (S AT limited edition). Toyota sendiri memasang target 1000 - 1500 unit perbulan.

Yaris yang ini adalah generasi kedua, dimana generasi pertama diluncurkan 6 tahun lalu, tapi tidak dipasarkan di Indonesia. Generasi pertama Yaris menjadi salah satu mobil kompak terlaris di Eropa. Model terbaru ini dirancang sebagai kendaraan kompak yang keren. Bagian depannya di dominasi lampu berukuran besar dengan multi reflektor dan lampu kabut (absen di tipe E). Disain eksteriornya sangat aerodinamis dengan coefficient of drag 0.3. Bagian belakangnya dilengkapi high mount stop lamp dengan teknologi LED untuk tanda peringatan pengereman responsif.

Interiornya lapang, dengan penempatan panel ergonomis membuat nyaman empat penumpang dewasa, bahkan diperjalanan panjang. Seperti Vios, meter kombinasi ditempatkan di tengah-tengah dengan pencahayaan orange (S dan S limited) dan putih (E). Electric steering wheel (menggunakan motor listrik sebagai sumber daya, jadi lebih hemat bensin) jadi standar di semua model. Roda kemudi tipe E menggunakan urethane sedangkan S pakai kulit. Untuk mengatur ketinggian roda kemudi, ada fitur tilt steering.

Sistem audio Yaris memiliki spesifikasi 2 DIN AM/FM Cassette dengan 1 CD indash yang dilengkapi 4 speaker (tipe E) dan 6 speaker (Tipe S). CD player Yaris bisa memainkan lagu berformat MP3 dan WMA. Sayang belum dilengkapi iPod adaptor, mungkin pertimbangan harga.Sistem pendingin udaranya menggunakan teknologi subcooling condensor yang bobotnya ringan dan hemat energi.

Khusus S limited, memiliki teknologi smart entry untuk kemudaran menutup/membuka dan mengoperasikan kendaraan tanpa kunci. Teknologi smart start system memungkin konsumen hanya perlu menekan tombol start/stop engine. Selain itu juga ada teknologi immobilizer untuk sekuriti.

Kenyaman penumpang didukung lay out kursi. Kursi belakangnya bisa di atur sudut kemiringannya, juga digeser dan dilipat rata lantai untuk menghasilkan ruang lapang pada bagasi Yaris. Untuk kursi pengemudi ada fitur seat height adjuster. Bagasi Yaris punya volume 274 liter. Akan bertambah jadi 363 liter bila kursi digeser maju dan saat dilipat rata lain menjadi 737 liter. Masih ditambah cup holder, seat back pocket, hanger, glove box dan cooler box.

Mengusung mesin serupa Vios -1NZ-FE 1500cc 16 katup DOHC dengan teknologi VVT-i (varible valve timing with inteligent) yang mampu mencapai tenaga maksimum 109ps dan torsi 14.5 kg, Yaris menawarkan efisiensi bahan bakar lebih baik karena bobotnya lebih ringan. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed dan automatic 4-speed. Teknologi Super ECT (Electronic Controlled Transmission) membuat pergantian gigi transmisi lebih halus dan memperkecil frekuensi pergantian gigi saat jalan mendaki atau turun. Tuas transmisi gate type shift memberikan nilai kepraktisan dan menambah penampilan sporti.

Kombinasi MacPherson Strut dengan coil spring plus stabilizer (suspensi depan) dan torsion beam dan coil spring dibelakang, meredam getaran permukaan jalan. Dengan sudut putar minimum 4.7 meter, Yaris dijanjikan lincar bermanuver.

Yaris menggunakan cakram berventilasi di roda depan dan cakram solid (tipe S)/Tromol (tipe E) untuk mengendalikan laju mobil. Untuk keamanan optimal, didukung teknologi ABS, EBD dan Brake Assist. Dan seperti model Toyot lain, struktur bodynya menganut teknologi GOA plus Head Impact Protection structure (melindungi penumpang bila mobil terguling atau tertimpa beban berat dari atas) dan Side impact beam pada setiap pintu untuk melindungi dari benturan samping.

Sabuk pengaman di semua kursi menjadi pelindung utama didukung dua airbag di depan dan sandaran kepala dengan teknologi Whiplash Injury Lessening untuk mengurangi dampak benturan belakang pada batang leher.

Yaris ditawarkan dengan 7 warna. Bagi yang tidak puas dengan racikan TAM, Toyota menawarkan aneka part modifikasi, baik body part maupun pendongkrak performance dari TRD. Yang terakhir ini belum ada sekarang, tapi dijanjikan segara hadir di Indonesia dalam waktu dekat.
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

Memang lumayan keren sih tp blm mau ganti boil hehehe
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

kereen dan canggih, tp sayang kenaapaaa dashboard-nya di tengah, bikin jelek
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
teckteck
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Sun Sep 26, 2004 15:40

yaris gaul

Post by teckteck »

[img
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

ya ya yaa,,,, TT
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

baca di topgear test komparasi overall masih kalah ama jazz dan swift nih heheheh
ktaufik
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: Mon Jul 19, 2004 11:03

I prefer the Sedan one :-)

Post by ktaufik »

I tunggu nanti aja dech ... sapa tau pengganti VIOS adalah Yaris Sedan ini :-)

Image
--------------------------------------------------------
Indonesia Ku !!!
http://www.mobilindo.com
http://www.propertyindo.com
--------------------------------------------------------
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Yaris sedan ada rencana masup indo?
Image
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Sedan Toyota itu secara umum jeleknya cuma di suspensi, terlalu limbung :)
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

mpoezz wrote:baca di topgear test komparasi overall masih kalah ama jazz dan swift nih heheheh
masih kalah? dah keliatan kog kayaknya... hwa hwa hwa...

kalahnya dmana aja bung, mpoezz?
thanks
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

mpoezz wrote:baca di topgear test komparasi overall masih kalah ama jazz dan swift nih heheheh
Kalau soal mesin, jazz yang paling lemah banding mereka bertiga.
Mesin SOHC, limitnya udah pasti beda dengan yg DOHC.

Tapi kalau ditambah transmisi matic, karena CVT, Jazz paling ok, baru Yaris dan Swift.
Kalau transmisi manual, antara Yaris dan Swift perlu bukti lebih lanjut (kalau gue pribadi cenderung mesin Toyota, 1NZ-FE lebih bagus, karena sudah ada buktinya), baru yang paling bontot Jazz.

Majalah lokal yang saya baca seinget saya membandingkan antara matic dan manual, jadi kisruh hasilnya

Mengenai handling nomer satu Honda, yang terakhir pasti Toyota, tengah2 pasti Swift.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Kalo kondisi standar, sama2 manual, trus kebut2-an
di Cipularang...
kira2 lebih gesit mana?
Image
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Mike wrote:Kalo kondisi standar, sama2 manual, trus kebut2-an
di Cipularang...
kira2 lebih gesit mana?
Honda kali yg ketinggalan, tipikal mesin Honda torque-nya agak kurang kalau buat nanjak.
Peace ah :)
User avatar
skullkid
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 556
Joined: Thu Feb 16, 2006 10:31

Post by skullkid »

iya neh, Vtec mmg bukan tipikal mesin yang bnr2 kenceng... pernah baca dmana gt, lebih cepet VVT-i daripada VTEC
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Jelaslah VVT-I elbih unggul, sudah kencang plus hemat. Tapi kalau di adu ama VTEC honda yang DOHC sih, g kurang tau yah. Kekkee
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

secara desain, VVTi gak bisa dibandingkan apple to apple dengan VTEC karena prinsip kerjanya beda. VVTi kalo di Honda namanya VTC, kalo digabung dengan VTEC namanya i-VTEC, sedangkan Toyota punya VVTLi yang prinsip kerja nya sangat mirip dengan iVTEC nya Honda, dipakai antara lain di Celica GTS. kalo membandingkan dari segi teknologi, memang VTEC di Jazz / City masih kalah canggih dibanding dengan VVTi nya Toyota maupun Suzuki, namun dari output yang dihasilkan tidak, Honda yang masih SOHC VTEC-E mampu menghasilkan daya 110dk, bisa bejaban sama DOHC VVTi nya Toyota ataupun Suzuki, sedangkan seperti di City type Z, dengan SOHC VTEC murni, bukan VTEC 12V/16V, bisa menghasilkan daya lebih gede yakni 115dk, bahkan di Honda Ferio Vi, yang bermesin sama dengan city type Z, D15B mampu menghasilkan 135PS
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Yaris 2 pintu keren juga padahal, sayang gak ada di Indo...

Image
Image
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Yaris 2 pintu keren juga padahal, sayang gak ada di Indo...

Image
Image
euis
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Fri Mar 02, 2007 18:25
Location: usa

Post by euis »

nissan versa, toyota yaris, honda jazz, chevrolet aveo, modelnya gak beda'' amat.. tapi lebih suka jazz seh
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

VVT-i lawannya ama i-VTEC dong, jangan VTEC
tipikal VTEC honda emang lemah dibawah, dulunya sih gitu Jazz gw, tapi berhubung sering digeber, uda gak lagi (uda dilatih ala neraka :) )
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Sbenernya lawan i-VTEC itu VVTL-i Toyota
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

yup bener..

VVTL-i = i-VTEC

VVTi = VTC nya Honda (tau kan i-VTEC = VTEC + VTC)
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Masih ada ga sih VTC di mobil terbaru Honda? udah ga ada kan?
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

gk ada. yg ada VTEC ama i-VTEC
dulu pernah ada VTC ya? sori kalo katro :lol: gw belon setaon terjebak di dunia ini :e-dance:
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Sebelum VTEC tuh VTC.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear