Nissan AUV : tahun 2008, lebih kecil dr Innova

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Sithlord wrote: I am not saying 100% how good these new MR / HR engines are, TAPI, masa jika uji di Jepang, dengan kondisi sama, ada kemajuan 37% lebih irit, di pakai di Indonesia itu 37%nya langsung hilang ? Istilah tidak ada improvement sama sekali ?

Apakah masuk akal ? Toh sekarang kita tau BBM Pertamax kita sudah lumayan OK, mirip dengan Shell (thanks to competition, Pertamina sudah ngak gitu gila oplosnya). Even allowing for Indonesia's extra jams plus jalan rusak, masa loncatan maju dari QR ke MR semua jadi ENOL ?
Wuah, ditinggal sehari sudah banyak banget :)
Sith, saya gak mau komentar lagi tentang mesin itu sebelum nempel di body AUV, entar kalau saya komentar lagi nadanya jadi nyinyir mirip nenek nenek bawel.
Yang sekarang nempel di body Lafesta yang sudah ada di Indonesia, iritnya juga tidak seperti yang didengung-dengungkan.
Gini-gini saya kenal loh sama importirnya, Mr. Sasan.
Coba entar saya tanya ke Mr. Setiadi jika C25-nya masuk :)

Yang saya takutkan, kita terjebak lagi dalam yang namanya "jargon marketing".
Saya lihat simple saja, toh itu mesin tidak ada tambahan sesuatu teknologi yang berarti.

Wuah mengenai pertamax kok saya tidak setuju, saya dari dulu pakai pertamax dan pertamax plus kok rasanya tetap saja, apa mungkin pom bensin di dekat rumah saya memang tidak nakal ?
Kalau premium, gak usah ditanya deh :D
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Yeah ! Like I said ! Di Indonesia sudah pasti Lafesta ngak bakal seirit di Jepang ! Jadi kalau di Jepang bisa say 1:15, di Indo pasti kurang !

Cuman kurang berapa I don't know !

Tapi gini loh ! Kalau MR and QR ternyata ngak ada difference, jangan bilang di Indo, di Jepang, Nissan akan di tertawai dan di gugat jika mereka terbukti bohong kepada Japanese public.

There IS an improvement, cuman how much di Indonesia, we will all know saat test drive nanti.

I know it saat test drive, suaranya, tarikannya beda ama QR20DE. Its obvious !

Anyway, gini saja, I juga ngak mau kesannya seperti nenek. Tell me if saat ini Toyota dan Honda akan segera sajikan mesin baru ke kita di Indonesia yang lebih improve banding mesin mereka sekarang di Innova, CRV yang toh, sama saja borosnya ama mesin Serena ku. I will be very interested.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Dan jangan compare ama marketing Honda Indonesia. Kalau Jazz gembar gembor bisa 1:35, 1:40+ itu kan tau sendiri, Honda Eco-Challenge, NGAK PAKAI AC ! gaya stir abnormal etc.

Tentu hasil Jazz di real life paling cuman 1:13-15. FAR from 1:35 !

TAPI what Nissan did with their test results kan pakai 2 mesin itu test di Jepang dengan kondisi normal, mixed traffic. Memang traffic Jepang dan kondisi jalan di Indo pasti hasilnya beda.

TAPI still the test is fair, QR and MR di test condisi sama. Unlike Jazz yang di ujinya caranya tidak normal.

Anyway, kalau teman U di CBU showroom bilang mesin Lafesta itu sama dengan Serena, I terus terang ngak percaya.

1, itu mobil sudah lama ngak di jalanin, cause sleep in showroom for quite sometime. Tekanan ban sudah jadi apa, olinya sudah makin tua, etc. apakah di control semua ?

U maysay, ah ! Mereka itu showroom, pasti lebih teliti dari saya. REALLY ? Tolong titip pesan dari saya ke teman U. Awasin staff mereka ! Sudah berapa kali di showroom CBU, termasuk Platinum Motor, itu staffnya bersihkan mobilnya dengan lap kasar ! Akibatnya mobilnya pada baret ! Catnya seperti spiderweb scratch !

Saya sempat lihat Stepwagon di Platinum, catnya sudah hancur cause staffnya begok, lap mobil kering pasti pakai lap yang kasar dan tidak layak. I wonder, itu showroom gimana mau jual mobilnya ?

Tell Ur friends, be more careful with what their workers are doing. Jangan sampai stock mobilnya pada rusak catnya only because bossnya ngak teliti dalam awasi maintenance mobilnya oleh staffnya !

One last point. Some people in this forum pasti ada yang pikir, mesin Toyota and Honda will always be the best, even though yang masuk ke Indo may not be their best crop. Nissan's will always be inferior.

Kalau gitu, ya sudah. Tapi let me remind U, in this game, loyalty to a brand, jika saat itu mesin dia belom yang paling irit, will cost U extra money, and that ATPM is not going to pay U for being loyal !

I go with the best at anytime. Of course nanti mesin AUV pasti banyak yang awasi dan test drive. I will keep an eye on the results.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Sithlord wrote:.....................
One last point. Some people in this forum pasti ada yang pikir, mesin Toyota and Honda will always be the best, even though yang masuk ke Indo may not be their best crop. Nissan's will always be inferior.
........................
Gw enggak....
bagi gw Nissan lebih hebat, cuman emang di Indonesia mereka telat
maen dgn serius....

Pernah gw doeloe (sekitar taun 91-92)pake Nissan Coupe 1600cc, kebut2-an di Jagorawi ama Corolla GTI (mesin 4A-GE 1600cc), sukses gw asepin....
yg bisa nempel gw waktu itu tjoeman Mazda MX-6 dan Eterna GTi yg
Notabene mesinnya lebih gede..........

Sayangnya setelah era Sentra/Coupe, Nissan tenggelam oleh gemuruh
Genio dan Great.....
Image
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Sithlord wrote: Anyway, kalau teman U di CBU showroom bilang mesin Lafesta itu sama dengan Serena, I terus terang ngak percaya.

Sith, Lafesta bukan dibandingkan dengan Serena lama, tapi banding mobil CBU Jepang yang sejenis yang pernah dia jual.
Lafesta, kalau pakai mesin lama pun jelas lebih irit banding Serena, bobotnya beda, apalagi kalau pakai mesin baru
Kalau Sithlord gak percaya, kalau Serena lama lebih boros dibandingkan kompetitiornya (di Jepang) coba cari artikelnya di majalah otomotif Jepang.
Mesin MR20DE, sudah pasti ada improvement, dan TENTU SAJA LEBIH IRIT, tapi sifatnya mirip oprek-an mesin saja - (pabrik yang melakukan oprek-an) - rubah langkah piston dan ada komponen yang di-polish.
Lain kalau misal itu mesin pakai FSI, benar-benar ada teknologi baru yang dicangkok-kan

C-25-nya sudah ada tuh di Batu Tulis, Roy Jaya.
Saya tidak akan ngomong lagi masalah mesin (sebelum nempel di AUV), bisa debate tanpa ujung, kesannya juga jadi saya yang berlebihan.
Jadi di forum ini, mungkin kita yang harus kendali-in diri sendiri, kalau gak mau kebablasan.

Saya berusaha untuk netral, dan maaf saja kalau kadang juga kebablasan.
Last edited by TomS on Mon May 08, 2006 3:27, edited 1 time in total.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Benar, I sudah bilang, MR itu improvement for the QR machine, thats why ngak seperti hybrids, kita ngak perlu bayar extra 100 jutaan cuman dapat mesin beda total ! Biaya yang kita keluar sama atau sedikit naik untuk dapat improvement.

Anyway, even if tomorrow Nissan keluar hybrid atau mesin fuel cell atau apa, I tetap lebih tenang beli improved ICE engine yang perlu keluar say extra 10 juta, banding machine baru belom terbukti dan extra costnya hampir 100 juta or more extra.

Kecuali hybrid minibus harga say 300 juta dan warrantynya 10 tahun ya we can think about it.

An improved ICE chance untuk rewelnya jauh lebih dikit. And there is nothing wrong with that.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Yup, Hybrid masih mahal....
(sementara harga bensin lebih murah)
huehuheuheuhe.....
Image
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Tapi gw terus terang masih keki ama stream, waktu masih pake
Corona Absolute, beberapa kalo diasapi mentah2 ama stream
di Tol Cikampek.
Padahal gw liat itu Stream 1.7
Saat itu lari berapa ? Pas diasapi-nya.
Akhirnya gw beli Honda XXXX, tetep aja diasapi
Yah iya lah bro, loe pake Jazz mau diaduin sama yg cc-nya lebih besar. Kalo gw pikir 2kali dech...
FYI,
itu Ketua HACi (AB-red) mobilnya khan Stream, kenceng lohh...
Yg berapa cc ? Tiptronic ato Manual ? Terus bisa lari berapa sih ? Btw, ada temen gw yg pake Stream juga cuma gw belom ngobrol banyak about Streamnya. Tapi yg pasti dia hobby ngebut juga ...
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Bole...bole...
Di Toll Jagorawi ya?
Boleh ikutan ?!
Syarat : modif Body bebas,
mesin juga bebas, kecuali :
Gak boleh pake TurboCharge/Supercharged, NOS juga gak boleh.
Bensin : Maximum pake Pertamax Plus ato yg sekelas.
(Bensol, Avtur ato bhn bakar khusus balap lainnya
gak boleh)
Syarat mobilnya bebas juga ya ?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

yg bisa nempel gw waktu itu tjoeman Mazda MX-6 dan Eterna GTi
Ehem ... ehem ...
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

DigitALL wrote: Saat itu lari berapa ? Pas diasapi-nya.
Sekitar 175 km/h
DigitALL wrote: Yah iya lah bro, loe pake Jazz mau diaduin sama yg cc-nya lebih besar. Kalo gw pikir 2kali dech...
XXXX = CITY
Yoi, kalo gw pikir emang malu2-in,
soalnya waktu gw bawa tu City VTEC, bisa tembus 200 Km/H
tapi akselerasi kalah ama Stream... :?
Image
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

DigitALL wrote: Boleh ikutan ?!
Huehuehue...bole aja....

DigitALL wrote: Syarat mobilnya bebas juga ya ?
Pan Bung Frontier ngajak ngadu Jazz,
ya harus pake Jazz donks... 8) 8)
Image
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Nissan AUV : tahun 2008, lebih kecil dr Innova

Post by nugroho bagor »

Wah SM sudah panas juga ya dulu2
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Nissan AUV : tahun 2008, lebih kecil dr Innova

Post by montirangin »

jgn2 itu stream dulu ampir 10thn yg lalu yg sering keliaran ke bandung. dari bandung jkt tengah malem atau hampir waktu segitu. bbrp kali liat stream itu tapi ga tau yg 1.7 atau 2.0. Bener2 selap selip sini sono padahal keliatannya pantatnya ngesot sini sono
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: Nissan AUV : tahun 2008, lebih kecil dr Innova

Post by jason28 »

apakah ini hasilnya? :upss:
Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Nissan AUV : tahun 2008, lebih kecil dr Innova

Post by edward »

:big_weee: Hahahahaha..........................diskusi panjang dan menyakitkan utk sebuah Livina? :big_weee:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Nissan AUV : tahun 2008, lebih kecil dr Innova

Post by ween »

nugroho bagor wrote:Wah SM sudah panas juga ya dulu2
Wah, sm jaman dulu beda bgt d banding sekarang......sampe tiap mlm pasti g ud duduk manis, nonton pertunjukan seru kyk film perang bintang....

Kalo jaman sekarang, buka sm pake tablet d ranjang.....gak sampe 10mnt udah ketiduran......

:big_bored: