Torsi pd sepeda motor

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: Torsi pd sepeda motor

Post by anak_singkong »

makanya gunanya panel indikator rpm dimotor laki/sport spy pengendara bs mendeteksi pd rpm sekian adlh torsi maksimum dan rpm sekian adlh daya maksimum.

misalnya..
pd Honda Mega Pro yg punya daya maksimum 13dk/8500rpm dan torsi maksimum 1,3kg-m/6000rpm..klo mo enak akselerasi geber sampe batas rpm dimana torsi maksimum keluar tp lewat 6000rpm itu berarti torsinya udh berkurang. kecuali klo ketemu jln lurus yg panjang..daya maksimum bs di optimalkan..tarik aja sampe masuk 8500rpm..

catatan..
jgn pernah nahan rpm lbh dr rpm daya maksimum lho..misalnya Mega Pro dipaksa sampe masuk 10000rpm dlm waktu lama..soale kruk as bs melintir. makanya perhatiin deh tuh di indikator rpm ada garis merah itu artinya rpm motor ga boleh digeber sampe segitu. :e-naughty:

gitulah kira2.
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Torsi pd sepeda motor

Post by hanx13 »

^^^
rpmnya dilebihin dikit jgn pas di peak-nya... ntar drop rpm mesin waktu oper malah dapet yg di bawah bgt kurva torsi/powernya...:)
klo dilebihin kan enak ,ntar jatohnya rpm masih di daerah yg gembung.... jadi masih kerasa nariknya....

klo dari contoh itu sih, oper gigi di 7000 rpm, jatuh nya di 5500-6000rpm, jadi pas...


garis merah cuman sebagai penunjuk ajah kog....:D

aslinya kan dah dilimit ama CDI (buat yg limiter)...
Image
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: Torsi pd sepeda motor

Post by anak_singkong »

hanx13 wrote:^^^
rpmnya dilebihin dikit jgn pas di peak-nya... ntar drop rpm mesin waktu oper malah dapet yg di bawah bgt kurva torsi/powernya...:)
klo dilebihin kan enak ,ntar jatohnya rpm masih di daerah yg gembung.... jadi masih kerasa nariknya....

klo dari contoh itu sih, oper gigi di 7000 rpm, jatuh nya di 5500-6000rpm, jadi pas...


garis merah cuman sebagai penunjuk ajah kog....:D

aslinya kan dah dilimit ama CDI (buat yg limiter)...
waduh..maksudnya kurva apa nih? :ungg:

utk sy yg namanya otomotif tuh ribed, bos..dulu sy praktek otomotif sampe ngulang :e-doh:

banyak faktor yg menyebabkan daya itu jd krg optimal antara lain krn adanya transmisi, gesekan antar komponen, bobot komponen, pengapian, ukuran2 yg hrs pas ditiap penyetelan; makanya motor klo mo enak trus ya hrs sering2 diservis/tune-up..

trus gmna caranya utk mengoptimalkan daya itu..?? ya cuma insinyur2 pabrikan mobil/motor yg dibayar utk mikirin hal2 kya gitu.

banyak faktor sebenernya yg bikin torsi didapat pd rpm brp shg tenaga mesin lbh optimal sekaligus irit bensin..antara lain;
- rasio gigi: biasanya rasio gigi rapat tuh ga bikin torsi ngedrop
- aplikasi kopling manual: kopling manual cenderung bikin kerja mesin sdkt lbh enteng drpd yg semi otomatis kya motor bebek.
- setingan karbu: spuyer diseting ulang utk dpt power lbh pd saat oper gigi

klo garis merah di tachometer itu sbg peringatan klo qta ga boleh lama2 nahan rpm di area tsb.
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: Torsi pd sepeda motor

Post by hanx13 »

^^^
emang bener banyak yg mempengaruhi torsi n power.

cuman soal oper gigi jg musti perhatiin rasio gear jg. maksudnya torsi drop itu kan rpm nya turun di kurva torsi yg kecil.


kurva yg gw maksud,kurva power n torsi waktu tes dyno.


klo ada gambar kurvanya lebih enak buat nentuin rpm berapa oper gigi,biar gak terlalu ngedrop.



cara nambah torsi bisa pake memperberat magnet atau bandul as kruk,konsekuensi rpm max sedikit turun...
Image
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: Torsi pd sepeda motor

Post by anak_singkong »

o kurva yg itu..

tambah panjang langkah jg bs menambah torsi..tepatnya mempercepat torsi itu didapat.