Page 4 of 4

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Fri Nov 27, 2015 13:25
by white11
oli pake shell aja yang 10w-40 buat motor supra x 125 pgm-fi, klu mpx kurang cocok aja sama oli ini. motor injeksi ya seharusnya pake pertamaax, kan motor canggih baiknya di beri minuman bagus juga.

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Fri Nov 27, 2015 23:26
by batumakam
white11 wrote:oli pake shell aja yang 10w-40 buat motor supra x 125 pgm-fi, klu mpx kurang cocok aja sama oli ini. motor injeksi ya seharusnya pake pertamaax, kan motor canggih baiknya di beri minuman bagus juga.

Pengalaman pake shell cuma enak di awal saja ntar kalo sering jalan jauh sama macet kemampuan oli berkurang jauh, penguapan oli juga terhitung lumayan tinggi kudu sering2 cek oli :ungg: shell ax-7 yg ane coba..
Pertamina enduro racing juga enak tarikan haluss cuma performa agak kalah sama shell, paling sip ya castrol power 1 kwkwkw.. Tarikan enak bisa sampe 2k kalo misal kepepet juga masih enak...
Jujur ini motor jarang dipake tapi sekali ane pulang n make udah pasti minimal 1k dalam 1 minggu hahahaha... BBM dari awal sih pertamax cuma kemaren habis dari pacitan kehabisan pertamax yaa terpaksa isi premium...

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Sat Nov 28, 2015 1:24
by shoepatu
Baru jual supra 125 masa abdi 7thn, body lecet smua, odo 65k, masi laku 5jt :ungg:


Oli valvoline mantep.

Re: RE: Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Sat Nov 28, 2015 23:49
by VanzMatic
white11 wrote:oli pake shell aja yang 10w-40 buat motor supra x 125 pgm-fi, klu mpx kurang cocok aja sama oli ini. motor injeksi ya seharusnya pake pertamaax, kan motor canggih baiknya di beri minuman bagus juga.
Jenis RON BBM ngga bergantung pada injeksi atau karbu. Injeksi dan karbu itu sistem pasokan bahan bakar. Sedangkan Ron adalah kemampuan bahan bakar untuk menahan gempuran kompresi mesin agar ngga meledak duluan di ruang bakar sebelum dipantik api busi . Sedikit korelasinya adalah, kalo pake injeksi semprotannya lebih akurat timing masuk dan debitnya disesuaikan dengan parameter debit udara, suhu sekitar dan massa udara.

Sedangkan RON BBM berkaitan LANGSUNG dengan kompresi mesin. Mau itu karbu, tapi kalo kompresinya 10:1, ya tetep wajib RON 95.
Mau itu injeksi tapi kompresi lemah 8,8:1, minimal ron88, maksimal ron 90-92.

Jadi sudah benar kalo Suprex kompresi 9an:1 dikasi ron92. Itu baru bener. Energi keluar, grip gas ga perlu puter grip terlalu dalem. Ini yg menyebabkan irit. Jadi seimbang. Bukan hanya menang irit tapi tenaga underpowered seperti halnya kalo diisi ron95. Overkill.

Demikian semoga bermanfaat.

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Wed Dec 02, 2015 23:12
by Ryan Steele
batumakam wrote:Ini motor boros amat ya kalo pake premium :ungg: dibetot langsung nyut nyuy itu meteran bensin :glodak:
Tapi kalo pertamax beuh irit gila rekor ane 66kpl :upss:
Sayang oli mpx bawaan ahond kagak enak, klaimnya sih sampe 4000km lah ini baru 1,5k aja udah ndut ndut begini kwkw.. Besok ganti castrol power 1 pengalaman di mx jadi ngacir tuh motor.....
Borosnya seberapa, om? Rekor saya pakai premium memang cuma 1:58, rute macet, dan kalau kosong langsung ngacir.

Re: RE: Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Wed Dec 02, 2015 23:17
by Ryan Steele
VanzMatic wrote:
white11 wrote:oli pake shell aja yang 10w-40 buat motor supra x 125 pgm-fi, klu mpx kurang cocok aja sama oli ini. motor injeksi ya seharusnya pake pertamaax, kan motor canggih baiknya di beri minuman bagus juga.
Jenis RON BBM ngga bergantung pada injeksi atau karbu. Injeksi dan karbu itu sistem pasokan bahan bakar. Sedangkan Ron adalah kemampuan bahan bakar untuk menahan gempuran kompresi mesin agar ngga meledak duluan di ruang bakar sebelum dipantik api busi . Sedikit korelasinya adalah, kalo pake injeksi semprotannya lebih akurat timing masuk dan debitnya disesuaikan dengan parameter debit udara, suhu sekitar dan massa udara.

Sedangkan RON BBM berkaitan LANGSUNG dengan kompresi mesin. Mau itu karbu, tapi kalo kompresinya 10:1, ya tetep wajib RON 95.
Mau itu injeksi tapi kompresi lemah 8,8:1, minimal ron88, maksimal ron 90-92.

Jadi sudah benar kalo Suprex kompresi 9an:1 dikasi ron92. Itu baru bener. Energi keluar, grip gas ga perlu puter grip terlalu dalem. Ini yg menyebabkan irit. Jadi seimbang. Bukan hanya menang irit tapi tenaga underpowered seperti halnya kalo diisi ron95. Overkill.

Demikian semoga bermanfaat.

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
Setujuh... pake ron 95 tenaga hampir gak ada bedanya, konsumsi bbm iritnya beda dikiiiiiiiit sama ron 92, malah boros di kantong.

Perbandingan ron 92 (berdasarkan pengalaman pribadi)
1. Pertamax: tenaga ajib, suara mesin kasar. FC selalu di atas 1:50
2. Shell Super: tenaga kurang, suara mesin halus. FC sangat ajaib, seringnya di bawah 1:50

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Wed Dec 02, 2015 23:19
by Ryan Steele
batumakam wrote:
white11 wrote:oli pake shell aja yang 10w-40 buat motor supra x 125 pgm-fi, klu mpx kurang cocok aja sama oli ini. motor injeksi ya seharusnya pake pertamaax, kan motor canggih baiknya di beri minuman bagus juga.

Pengalaman pake shell cuma enak di awal saja ntar kalo sering jalan jauh sama macet kemampuan oli berkurang jauh, penguapan oli juga terhitung lumayan tinggi kudu sering2 cek oli :ungg: shell ax-7 yg ane coba..
Pertamina enduro racing juga enak tarikan haluss cuma performa agak kalah sama shell, paling sip ya castrol power 1 kwkwkw.. Tarikan enak bisa sampe 2k kalo misal kepepet juga masih enak...
Jujur ini motor jarang dipake tapi sekali ane pulang n make udah pasti minimal 1k dalam 1 minggu hahahaha... BBM dari awal sih pertamax cuma kemaren habis dari pacitan kehabisan pertamax yaa terpaksa isi premium...
Saya malah enak pakai ax-7. Maknyus sampai 2000 km. Enduro racing enaknya malah 1000 km pertama saja.

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Thu Dec 03, 2015 1:04
by batumakam
Ryan Steele wrote:
batumakam wrote:
white11 wrote:oli pake shell aja yang 10w-40 buat motor supra x 125 pgm-fi, klu mpx kurang cocok aja sama oli ini. motor injeksi ya seharusnya pake pertamaax, kan motor canggih baiknya di beri minuman bagus juga.

Pengalaman pake shell cuma enak di awal saja ntar kalo sering jalan jauh sama macet kemampuan oli berkurang jauh, penguapan oli juga terhitung lumayan tinggi kudu sering2 cek oli :ungg: shell ax-7 yg ane coba..
Pertamina enduro racing juga enak tarikan haluss cuma performa agak kalah sama shell, paling sip ya castrol power 1 kwkwkw.. Tarikan enak bisa sampe 2k kalo misal kepepet juga masih enak...
Jujur ini motor jarang dipake tapi sekali ane pulang n make udah pasti minimal 1k dalam 1 minggu hahahaha... BBM dari awal sih pertamax cuma kemaren habis dari pacitan kehabisan pertamax yaa terpaksa isi premium...
Saya malah enak pakai ax-7. Maknyus sampai 2000 km. Enduro racing enaknya malah 1000 km pertama saja.
Kalo pake premium paling mentok 1:55 Pertamax 1:58 itu pasti dapet gak pernah kurang dari segitu.. Ya karena dimari lalin lancar jadi ya betot gas mulu hehehe.. Soal shell ax7 pengaruh lalin juga sepertinya soalnya ini motor sering jalan jauh naik turun bukit sampe gunung bahkan.. Maklum yg pake kadang sepupu ane yg masih abege jadi ya ngacir terus. Weekend pasti keluar jauh.. Shell enak di 1000km pertama abis itu agak berat pake enduro 1,5k masih oke.. Kemaren abis ganti castrol power 1 (biasa ane pake di jup mx) ini baru 250km tarikan paling yahud diantara oli yg lain hehehehe..
Tapi gak tau ntar gimana ane minggu depan udah kudu balik gawe ke luar pulau soalnya....
Yg jelas kudu pake pertamax pake premium ngeri lihat meteran bensin turun cepet banget kwkwk..

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Fri Dec 04, 2015 11:15
by Ryan Steele
batumakam wrote: Saya malah enak pakai ax-7. Maknyus sampai 2000 km. Enduro racing enaknya malah 1000 km pertama saja
Kalo pake premium paling mentok 1:55 Pertamax 1:58 itu pasti dapet gak pernah kurang dari segitu.. Ya karena dimari lalin lancar jadi ya betot gas mulu hehehe.. Soal shell ax7 pengaruh lalin juga sepertinya soalnya ini motor sering jalan jauh naik turun bukit sampe gunung bahkan.. Maklum yg pake kadang sepupu ane yg masih abege jadi ya ngacir terus. Weekend pasti keluar jauh.. Shell enak di 1000km pertama abis itu agak berat pake enduro 1,5k masih oke.. Kemaren abis ganti castrol power 1 (biasa ane pake di jup mx) ini baru 250km tarikan paling yahud diantara oli yg lain hehehehe..
Tapi gak tau ntar gimana ane minggu depan udah kudu balik gawe ke luar pulau soalnya....
Yg jelas kudu pake pertamax pake premium ngeri lihat meteran bensin turun cepet banget kwkwk..
Terakhir ane pake AX7. Tapi udah pindah tangan nih si Suprex.
Ane skrg pake MX AT. Sementara pake Yamalube Super Sport.

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Fri Dec 04, 2015 14:17
by batumakam
Ryan Steele wrote:
batumakam wrote: Saya malah enak pakai ax-7. Maknyus sampai 2000 km. Enduro racing enaknya malah 1000 km pertama saja
Kalo pake premium paling mentok 1:55 Pertamax 1:58 itu pasti dapet gak pernah kurang dari segitu.. Ya karena dimari lalin lancar jadi ya betot gas mulu hehehe.. Soal shell ax7 pengaruh lalin juga sepertinya soalnya ini motor sering jalan jauh naik turun bukit sampe gunung bahkan.. Maklum yg pake kadang sepupu ane yg masih abege jadi ya ngacir terus. Weekend pasti keluar jauh.. Shell enak di 1000km pertama abis itu agak berat pake enduro 1,5k masih oke.. Kemaren abis ganti castrol power 1 (biasa ane pake di jup mx) ini baru 250km tarikan paling yahud diantara oli yg lain hehehehe..
Tapi gak tau ntar gimana ane minggu depan udah kudu balik gawe ke luar pulau soalnya....
Yg jelas kudu pake pertamax pake premium ngeri lihat meteran bensin turun cepet banget kwkwk..
Terakhir ane pake AX7. Tapi udah pindah tangan nih si Suprex.
Ane skrg pake MX AT. Sementara pake Yamalube Super Sport.
Ane juga ada jup mx mt (135) aslinya sih mau ambil mx king tapi ya karena faktor dapet harga murmer jadi ya ambil aja tuh neng supra.. Buat dalkot sih enak supra tarikan 0-60 cepet buat liuk2 juga asik kwkwk yg utama tangan kiri juga gak pegel, cuma kalo jarak jauh ane masih megang mx hehehe oli sama2 Castrol power 1,pernah make motul tapi gak tahan sama harganya hahahaha......
Btw ni ahond kok semua produk baru sekarang ganti pake led yak headlampnya? Terang sih terang tapi begitu hujan deras alamak kagak tembus hahahaha..

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Fri Dec 04, 2015 23:52
by Ryan Steele
batumakam wrote:
Ryan Steele wrote:
batumakam wrote: Saya malah enak pakai ax-7. Maknyus sampai 2000 km. Enduro racing enaknya malah 1000 km pertama saja
Kalo pake premium paling mentok 1:55 Pertamax 1:58 itu pasti dapet gak pernah kurang dari segitu.. Ya karena dimari lalin lancar jadi ya betot gas mulu hehehe.. Soal shell ax7 pengaruh lalin juga sepertinya soalnya ini motor sering jalan jauh naik turun bukit sampe gunung bahkan.. Maklum yg pake kadang sepupu ane yg masih abege jadi ya ngacir terus. Weekend pasti keluar jauh.. Shell enak di 1000km pertama abis itu agak berat pake enduro 1,5k masih oke.. Kemaren abis ganti castrol power 1 (biasa ane pake di jup mx) ini baru 250km tarikan paling yahud diantara oli yg lain hehehehe..
Tapi gak tau ntar gimana ane minggu depan udah kudu balik gawe ke luar pulau soalnya....
Yg jelas kudu pake pertamax pake premium ngeri lihat meteran bensin turun cepet banget kwkwk..
Terakhir ane pake AX7. Tapi udah pindah tangan nih si Suprex.
Ane skrg pake MX AT. Sementara pake Yamalube Super Sport.
Ane juga ada jup mx mt (135) aslinya sih mau ambil mx king tapi ya karena faktor dapet harga murmer jadi ya ambil aja tuh neng supra.. Buat dalkot sih enak supra tarikan 0-60 cepet buat liuk2 juga asik kwkwk yg utama tangan kiri juga gak pegel, cuma kalo jarak jauh ane masih megang mx hehehe oli sama2 Castrol power 1,pernah make motul tapi gak tahan sama harganya hahahaha......
Btw ni ahond kok semua produk baru sekarang ganti pake led yak headlampnya? Terang sih terang tapi begitu hujan deras alamak kagak tembus hahahaha..
Saya sebenernya nungguin MX injeksi keluar. Pas mbrojol kok m/t semua... gak ada a/t lagi. Jadi ya belinya MX karbu 2014 deh...
Kalau dalkot sih sama saja, ya. Paling kalau ketemu jalur ekstrim (tanjakan curam) baru deh kerasa enaknya punya motor gede torsinya.
Ada 1 jalan di daerah Pondok Labu yang tanjakannya curam. Pakai Suprex diayun dari bawah, sampai tengah masuk gear 2, sampai atas udah harus siap2 masuk gear 1 lagi kalau gak kuat. Pakai MX, sampai paling atas udah masuk gear 3 dan RPM gak drop.
Tapi kalau bicara fuel consumption, MX harus mengakui kedigdayaan Supra X 125. 1:50 sih paling boros untuk Supra pakai premium. MX bisa tembus 1:45 sudah bagus, apa lagi pakai Pertamax. Saya sih selalu di atas 1:45, sekali2nya dapat 1:50 pakai Total 92.

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Sat Dec 30, 2017 14:57
by neo88
Maste

mau tanya

saya punya supra x 125 pgm-fi 2017, kalau mau ganti busi NGK CPR6EAGP-9 apa bisa langsung pasang (tanpa seting ) ? (tanpa seting ulang pasokan udara & BBM)

BBM pakai pertamax


adakah efek negatif ke depannya dari penggantian busi platinum dari yang standart nikel


trima kasih

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Sat Dec 30, 2017 16:12
by bero89
Jawaban ngawur

Bukannya kalo fi gitu dia udah bisa atur timing pengapian sendiri ya, bayangan saya sih sama kayak atur pengapian kalo kita ganti2 bahan bakar. CWIMIE

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Sat Dec 30, 2017 16:48
by octafiantos
bero89 wrote: Sat Dec 30, 2017 16:12 Jawaban ngawur

Bukannya kalo fi gitu dia udah bisa atur timing pengapian sendiri ya, bayangan saya sih sama kayak atur pengapian kalo kita ganti2 bahan bakar. CWIMIE
Kalo motor kayaknya ngga seadvanced itu.
Mobil yang bisa atur timing, itu punya sensor tambahan: ping sensor (knock sensor). Dari input ping sensor dia atur timing standar atau retard. Motor setahu saya ngga ada sensornya.

Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Sun Dec 31, 2017 15:26
by hakage

neo88 wrote:Maste

mau tanya

saya punya supra x 125 pgm-fi 2017, kalau mau ganti busi NGK CPR6EAGP-9 apa bisa langsung pasang (tanpa seting ) ? (tanpa seting ulang pasokan udara & BBM)

BBM pakai pertamax


adakah efek negatif ke depannya dari penggantian busi platinum dari yang standart nikel


trima kasih
saya pakai karisma x yang mesin hampir sama kayak supra biasa tinggal sebut aja busi motor apa sama merk yg mau di pilih jadi gak hafal kode busi

kalau efek ganti busi ke platinum atau apa dengan spek mesin standar gak begitu kerasa om


Re: Tentang supra x 125 PGM-FI

Posted: Mon Jan 01, 2018 6:33
by octafiantos
Malah kalo hasil ganti busi iridium dites dengan vericom di beberapa merek motor (yang saya ingat Honda Revo) yang dimuat tabloid otomotif, hasilnya turun. 0-100 turun sekitar 0.2 detik, dan konsisten di beberapa tipe yang diuji.