Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by maskopat »

paddock wrote: Klo enjoy the ride jadi peugeot dong hehe

Klo masalah stabil Galant Hiu tuh.Ga kerasa tiba2 dah 220 km/jam
belum pernah bawa peug. :ungg:
pernah nebeng doang peug 505GR thn 85-an. dah lupa rasanya kayak apa.

kalo sekarang saya bawa mitsu, akan lebih hati2. pernah bawa dan-gan GTI 1800. emang iblis. Gigi 3, putaran 1500rpm, bejek gas dalem, kepala saya nempel di headrest. langsung lemes Om.. gak berani lagi bejek gas dan-gan.

kalo mobil sendiri, lancer SL, pernah digeber 165+ di tol jagorawi :big_peace:
gak takut... walau tua2, mobil ini emang enak digeber. tapi kalo sekarang geber SL, udah bau asep dari kap mesin :big_weee:

btw, ada yang pernah nyoba di belokan semanggi dari arah HI ke slipi, berani kecepatan berapa di situ?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by roadtrain99 »

@risol1

nah, itu br inget, gw pk yg type sport dan m/t. speedo nya yg diupload oleh gmx. emang sih bukan utk kebut2an, kan lagi ngomongin perbedaan speedo hehehe...
klo ga salah yg model country itu lampu rem nya beda dikit dgn yg '95 versi indo kan *cmiiw*, klo ga salah lebih lengkung, sedangkan yg lama lebih kotak.

lah jadi ngomongin cherokee..kan ini trit eterna hiaeieahihaie...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by roadtrain99 »

maskopat wrote: btw, ada yang pernah nyoba di belokan semanggi dari arah HI ke slipi, berani kecepatan berapa di situ?
yg mana nih? maksudnya putaran naik yg ke arah hilton/sultan?
rame terus klo pas lewat situ...

klo mo coba, exit tol yg ke bsd/gading serpong dr arah jkt, tikungannya huruf "S", bisa diliat dari google earth. nah coba deh disitu, muantap...
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by asudarsono »

Wah, kalau cloverleaf Semanggi mah masih waras tuh, desainnya masih oke. Asal di tengah jalan jangan dikasih pembatas beton ama polisi sih, 100 juga enteng. Lha exitnya ke jalan 3 jalur sih, lebaaaaaaaar. Apalagi ini mintanya nanjak. Cuma di atas itu, belon pernah, jalan umum sih.

Kalau yg di BSD sih, itu baru asyik. Modelnya kayak jalan Nice - Monaco tempat mobil Grace Rainier masuk jurang. Kudu pakai drifting kali ya.
Ready to Race
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by Risol1 »

roadtrain99 wrote:@risol1

nah, itu br inget, gw pk yg type sport dan m/t. speedo nya yg diupload oleh gmx. emang sih bukan utk kebut2an, kan lagi ngomongin perbedaan speedo hehehe...
klo ga salah yg model country itu lampu rem nya beda dikit dgn yg '95 versi indo kan *cmiiw*, klo ga salah lebih lengkung, sedangkan yg lama lebih kotak.

lah jadi ngomongin cherokee..kan ini trit eterna hiaeieahihaie...
kayaknya sih engga beda ya speedonya yg tipe sport (MT) dan tipe Lmtd (AT), kalo yg sport top speed di dashnya diatas 200, kayaknya yg lmtd juga sama.

hehehe...maksudnya kalo yg versi USDM dikasi speedo yg cupu kan secara cherokee disana termasuk mobil "student", sedangkan kalo di asia kan termasuk mobil mewah, masa dikasi yg top speednya cuma 140kpj? hehehe...entar bisa2 engga ada yg beli.
Tapi kalo diliat dari kapasitas mesinnya, memang mustinya engga mentok di 140kpj karena mini SUV jepang aja tulisan top speed di speedonya rata2 diatas 200kpj semua.

Cherokee model country di indo kayaknya mulai di thn 97 pertengahan tahun.....bedanya cukup banyak dari yg tahun sebelumnya. Depan belakang beda, dashboard jg beda walaupun basis nya masih sama.

Cherokee model country
Image
Image
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by maskopat »

asudarsono wrote:Wah, kalau cloverleaf Semanggi mah masih waras tuh, desainnya masih oke. Asal di tengah jalan jangan dikasih pembatas beton ama polisi sih, 100 juga enteng. Lha exitnya ke jalan 3 jalur sih, lebaaaaaaaar. Apalagi ini mintanya nanjak. Cuma di atas itu, belon pernah, jalan umum sih.

Kalau yg di BSD sih, itu baru asyik. Modelnya kayak jalan Nice - Monaco tempat mobil Grace Rainier masuk jurang. Kudu pakai drifting kali ya.
wadow, 100km/jam? pake mobil apa nih?
saya paling berani cuman 65km/jam pake lancer SL ban 185/60-14. itupun ban sudah mencicit. mungkin karena gak ngambil racing line dengan bener

waktu itu semanggi lagi sepi. tahun baruan soalnya. pas kosong langsung aja saya sikat :big_weee:

saya pernah juga keluar pintu jorr bintaro, rempoa. sekitar 65-an km/jam juga di sana, langsung masuk jalan RC Veteran :big_peace:

BSD? keluar tolnya ya? nanti saya coba. emang pernah berapa di situ? nanti dilihat dulu di google-earth
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by asudarsono »

Peugeot 306 ban Turanza velg standar.

Ah, masa 65 km/jam sih? Itu kecepatan pas keluar tikungannya kali. Kecepatan masuk tikungannya setidaknya 80 kudu bisalah, karena setahu saya desainnya pakai standar Amrik (55 mph).

Maksudnya bung roadtrain99 itu habis pintu keluar Rempoa sebelum pintu keluar Jl Gading Serpong. Jalan tadinya enak2 3 jalur tiba2 jadi 2 jalur, nekuk ke kiri lagi.
Ready to Race
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by gmx »

gw ga bisa nyobain.. eterna gw lagi dipinjem untuk beberapa minggu :shrug:

kalo nyobain pake pajero atau blazer serem kali ya
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by maskopat »

asudarsono wrote:Peugeot 306 ban Turanza velg standar.

Ah, masa 65 km/jam sih? Itu kecepatan pas keluar tikungannya kali. Kecepatan masuk tikungannya setidaknya 80 kudu bisalah, karena setahu saya desainnya pakai standar Amrik (55 mph).

Maksudnya bung roadtrain99 itu habis pintu keluar Rempoa sebelum pintu keluar Jl Gading Serpong. Jalan tadinya enak2 3 jalur tiba2 jadi 2 jalur, nekuk ke kiri lagi.
bener Om, pas mau keluar tikungannya. waktu masuknya gak sempet lihat. karena habis nyalip mobil yang lambat di tengah tikungan :big_slap:
itu pun ban mobil sudah bedecit decit. gak berani deh nerusin. soalnya mobil tuir 27 tahun..
kalo saya lebih suka masuk tikungan pelan, tapi pas di tikungan dan keluar tikungannya bejek gas. :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by roadtrain99 »

@risol1

gw ga tau klo cherokee yg di us nya, tp emang wkt itu yg masuk sini speedo nya memang spt yg diupload gmx. Parah bgt klo limit 140kmh, knp gitu ya...
suv asia yg di jepangnya aja dilimitin 180.
Namun klo liat tenaganya, cherokee emang kenceng
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by roadtrain99 »

klo tikungan semanggi itu lari 100 masih ok, soalnya tikungan panjang.

cobain tikungan ini
1. tol tangerang keluar di exit bsd-serpong. Pertama keluar ada exit ke tangerang, ambil yg ke arah bsd-serpong. Itu ancang2 exit lurus nya bisa lari 130, ambil dari jalur paling kanan, terus ke kiri, ancang2 masuk tikungan tajem ke kanan bisa sampe berdecit..lalu ancang2 dari jalur kanan menuju tikungan arah kiri yg terus menanjak keluar..muantap..
ini masih enak, soalnya aspal.

2. tikungan tol bintaro arah veteran. sering bgt neh, tapi kurang enak, soalnya aspal beton ga rata. kayaknya klo ini tikungan "u", nikungnya kanan, lurus kanan lagi..

3. tol bintaro, masuk dari veteran, ada tikungan kiri (deket sambungan rencana tol ke airport) lumayan tajem tuh, lalu nanti ada tikungan kanan (aspal) agak tajam dan tricky, sebab jalannya miring ke kiri pdhal nikung kanan udah gitu jalanya bergelombang hahaha..bisa mental2 sambil nikung...

try at your own risk heheheh...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by roadtrain99 »

maskopat wrote:
asudarsono wrote:Peugeot 306 ban Turanza velg standar.

Ah, masa 65 km/jam sih? Itu kecepatan pas keluar tikungannya kali. Kecepatan masuk tikungannya setidaknya 80 kudu bisalah, karena setahu saya desainnya pakai standar Amrik (55 mph).

Maksudnya bung roadtrain99 itu habis pintu keluar Rempoa sebelum pintu keluar Jl Gading Serpong. Jalan tadinya enak2 3 jalur tiba2 jadi 2 jalur, nekuk ke kiri lagi.
bener Om, pas mau keluar tikungannya. waktu masuknya gak sempet lihat. karena habis nyalip mobil yang lambat di tengah tikungan :big_slap:
itu pun ban mobil sudah bedecit decit. gak berani deh nerusin. soalnya mobil tuir 27 tahun..
kalo saya lebih suka masuk tikungan pelan, tapi pas di tikungan dan keluar tikungannya bejek gas. :mrgreen:
ini ngomongin exit tol yg bsd-gading serpong? harus hati2 emang..krn tikungan kanan pertama, kita ga bisa liat kalo ada mobil berhenti krn macet atau berhenti hehehe..itu dia hehehe..
User avatar
Spun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Fri Feb 06, 2009 5:59

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by Spun »

Hi, ,mo nanya dong.. kalo sy mau beli eterna 2nd apa aja yang mesti di cek yah? mis. ECUnya ngeceknya gimana, plat kopling ngeceknya gmn.. newbie ama boil neh..
-spun-
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride... :big_exellent:
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by paddock »

Ada yang jual Camshaft 272 derajat tuh buat eterna.Masih cukup nyaman buat harian and sangar di putaran atas
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by gmx »

Spun wrote:Hi, ,mo nanya dong.. kalo sy mau beli eterna 2nd apa aja yang mesti di cek yah? mis. ECUnya ngeceknya gimana, plat kopling ngeceknya gmn.. newbie ama boil neh..
standardnya milih mobil bekas aja deh bro, udah pernah dibahas di thread lain di sini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 8&start=25
secara spesifik gw ga bisa bantu nih, soalnya waktu gw ambil eterna, gw ga bisa milih2 ga ada pilihan lain hanya itu satu2nya pilihan, dan itu pun dalam kondisi MATOT (Mati Total)
Dennif
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Mon Jan 14, 2008 7:32

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by Dennif »

Spun wrote:Hi, ,mo nanya dong.. kalo sy mau beli eterna 2nd apa aja yang mesti di cek yah? mis. ECUnya ngeceknya gimana, plat kopling ngeceknya gmn.. newbie ama boil neh..
Sama aja bro kayak cek mobkas lainnya, tapi mungkin dieterna yang harus sedikit diperhatikan servonya bro karena kadang udah mulai lemah/rusak ditandai dengan rpmnya hunting (naik turun) saat mobil dibebani AC atau lampu dll.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by gmx »

buat yg familiar dengan eterna, mobil gw ini kalo pagi dinyalain langsung naik ke rpm 2200 selama beberapa menit, kemudian turun bertahap sampai rpm 800, itu normal ga?
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by paddock »

gmx wrote:buat yg familiar dengan eterna, mobil gw ini kalo pagi dinyalain langsung naik ke rpm 2200 selama beberapa menit, kemudian turun bertahap sampai rpm 800, itu normal ga?
Cek Chokes otomatisnya.Barangkali udah mulai lemah/perlu diganti.
Bersihkan Air flow meter di boks filter
Bersihkan saringan udara/ganti
Turunkan Manifold dan Throttle body.Cek apakah banyak kotoran yang menyumbat? bersihinnya bisa pake dicelupkan minyak tanah/resin A di ember seharian penuh klo mau clear
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by roadtrain99 »

ngecek plat kopling mobkas, kalo ga salah
mesin idup, masuk gigi, tarik rem tangan, lalu lepas kopling spt normal. Kalo baru lepas dikit spt mau jalan, berarti plat masih ok. atau mungkin klo lagi jalan, perhatiin aja klo koplingnya selip, kayak di gas tapi ga ada tarikan.
*cmiiw* lho, gw agak lupa.
User avatar
Spun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Fri Feb 06, 2009 5:59

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by Spun »

nah kalo eterna 88-90 ama 91 ke atas bedanya apa? kalo Eterna SOHC gimana? ada berapa jenis eterna seh?
-spun-
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride... :big_exellent:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by gmx »

paddock wrote:
gmx wrote:buat yg familiar dengan eterna, mobil gw ini kalo pagi dinyalain langsung naik ke rpm 2200 selama beberapa menit, kemudian turun bertahap sampai rpm 800, itu normal ga?
Cek Chokes otomatisnya.Barangkali udah mulai lemah/perlu diganti.
Bersihkan Air flow meter di boks filter
Bersihkan saringan udara/ganti
Turunkan Manifold dan Throttle body.Cek apakah banyak kotoran yang menyumbat? bersihinnya bisa pake dicelupkan minyak tanah/resin A di ember seharian penuh klo mau clear
thx, wis beres, sabtu kemaren tune up (emang udah waktunya udah 5000km) ke sigma speed + bersihin injector
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by gmx »

Spun wrote:nah kalo eterna 88-90 ama 91 ke atas bedanya apa? kalo Eterna SOHC gimana? ada berapa jenis eterna seh?
berhubung gw jg ga tau, jd nyari2 dulu jawabannya, dapet di idmoc
kalo bedanya setau ane...
89= lampu sen belakang tumpuk diatas lampu rem, lis kaca+hendel pintu krom, model bumper katanya blom pake lips (SOHC style)
90(awal)=lampu belakang masih sama seperti 89, bumper udah pake lips (kaya generasi 91-93), foglamp belom model proyektor, ada lampu sen di sisi luarnya, pelek hampir nutup, ada lobang2 di bagian tepi, murnya ditutup dop, lis & hendel udah item
90(akhir-91)=lampu belakang, sen ada di bawah lampu rem, garnish lebih pendek & gak nyala, foglamp model proyektor, pelek model jari2 pendek, tanpa dop (gambar bisa dilihat di forum galeri "brosur")
92=garnish lebih panjang(tempat plat nomer lebih pendek) & nyala bareng lampu rem, pelek model palang 5, jok sopir elektrik
93=lampu belakang beda sendiri, lampu sen ada dibagian samping, gril ada tambahan sirip horizontal

CMIIW
kalo SOHC beda engine-nya, masih pake karbu kalo ga salah
User avatar
Spun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Fri Feb 06, 2009 5:59

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by Spun »

Oh, jadi beda lampu2nya doang yah.. kalo performanya yang DOHC ama SOHC jauh banget gak yah? kalo beli eterna, kira2 butuh berapa lagi yang mesti di siapin buat benerin ini-itu (yang umum) sampe mobilnya bener2 enak yah? yang umum di ganti kalo beli mobil second kan paling timing belt, kanvas kopling en rem, de el el... kira2 kalo buat eterna abis berapa? thx
-spun-
BlackBlazer BIC#892
....ridin' my new BlackBlazie with pride... :big_exellent:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by gmx »

performa jauh banget, yang GTi DOHC, yang SOHC ya SOHC. berapa dana yang mesti disiapkan, tergantung kondisi juga bro, yang namanya mobil tua pasti ada aja perjuangan tiada akhir, tapi gw puas pelihara eterna, kebayar dengan performancenya
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Tanya Mistsubishi Eterna GTi 90-an

Post by gmx »

perbandingan performance, dari brosur eterna DOHC & SOHC
DOHC : 145.5 PS @ 6500 rpm, 17.3 kgm @ 5000 rpm
SOHC : 97 PS @ 5000 RPM, 16 kgm @ 3000 rpm

ngeliat torsinya, kayaknya buat dalkot macet2an enak pake SOHC ya, lebih irit lagi katanya. tapi kalo mau speeding ya jauh enak DOHC, tapi IMHO kalo buat dalkot, daripada eterna SOHC mending sekalian Dan Gan GLX kali ya

kalo timing belt, DOHC ada timing belt A dan timing belt B, kalo SOHC cuma 1 timing belt aja

fast moving part lainnya banyak yg kw jadi bisa lebih murah. kalo mau genuine part juga bisa, yang pasti jatuhnya lebih mahal, tapi part mitsu asli sih awet

DOHC
Image

SOHC
Image