PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Tue May 30, 2006 11:26
PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
sy minta tolong bgt sy punya mobil harrier thn 2003, kalo setir ga bisa stabil alias suka lari lari kanan kiri.apalagi kalo lewatin jalan ga rata sdikit langsung tarik tarikan kanan kiri tuh steer, sy ud cape keluar masuk ampe 5 bengkel , spooring pun ampe 8 kali bolak balik nawilis n start tire.padahal tie rod,ball joint,arm semuanya dalam kondisi baik. apa yah kerusakannya itu,sampai ud sy coba buka roda sebelah kanannya dan dilihat isi dalamnya(king pen)jg kata org bengkel panca julang,dlm kondisi baik.sampai sudah sy cek sasisnya pake alat komp pun dalam kondisi normal, lalu yg sy ga bs cek pada bag support yg pegang shock depan, apa bs jadi kendalanya dr support tsb? lalu sy pernah juga melakukan penyetelan kembali pada hose steering,sy cb kerasin, memang terbantu sedikit tapi yg dirassakan setelah itu jika melewati jalan yg tdk terlalu rata,tetap roda lari kiri kanan meskipun makin lama pula setir ikut tertarik juga, dan sy mo tny pula apakah semua mbl bks pun begini kendalanya soal sdh 4 mbl yg sy sdh alami selalu begini... dan kalo anda punya bkl rekomendasi yg sdh sudah bisa menangani masalah macam ini, dan knp kalo mobkas ganti velg lbh gede sedikit pun setirnya ga stabil juga?
( mbl ini blm prnh nabrak ) sebelumnyaq saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatiannya
( mbl ini blm prnh nabrak ) sebelumnyaq saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatiannya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
sudah pernah coba yang namanya finish balance ?
katanya bisa ngobatin penyakit ini...
biasanya balancing dilakukan dalam keadaan ban terlepas satu persatu....
setelah seluruh ban di-balance, dipasang kembali dan di-balance kembali dalam keadaan terpasang.... begitulah ceritanya finish balance....
semoga bermanfaat....
katanya bisa ngobatin penyakit ini...
biasanya balancing dilakukan dalam keadaan ban terlepas satu persatu....
setelah seluruh ban di-balance, dipasang kembali dan di-balance kembali dalam keadaan terpasang.... begitulah ceritanya finish balance....
semoga bermanfaat....
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Tue May 30, 2006 11:26
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
kondisi saat ini velg dan ban nya standar gak?...coba dibalikin standar dulu..trus cari info TOE-IN - TOE-OUT mobil ini sebenarnya berapa derajad?....khususnya buat tahun 2003 ...,setelah itu coba spooring ke jakarta ban...gak usah di balance ato finishbalance dulu....setir lari bukanlah masalah balance...tapi masalah spooring...( dengan catatan semua komponen stir dan suspensi sehat dan sesuai pabrikan )
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Tue May 30, 2006 11:26
semua dalam keadaan standar abis..memang benar skali bkn masalah balancing... yang saya rasakan seperti titik spooringan selalu berubah2/toe maen terus. tapi ketika saya dongkrak lalu saya gerak2in kekiri kanan dengan cara rodanya digoyang pake tangan, tidak ada oblak sama skali, jadi sekiranya saya ketika roda mengalami tekanan berat mobil ketika mobil menapak dijalan disitu adanya oblak diroda maen kiri kanan,ngikutin jalan yang lebih rendah,dan ketika melewati marka/garis jalan tol yang di paling kanan/kiri/ garis putus2.itupun berasa ngegibek roda depannya.daan ketika sekarang posisinya saya sdh kencangkan stelan steeringnya sy keraskan sedikit. memang terbantu sedikit.meskipun setir jadi ga ada perenya tapi jika melindas marka jalan/jalan yg sedikit tidak rata...setir mmg bisa diam tapi roda depan ada lari2 sepersekian derajat. menjadikan badan mobil pun ikut lari juga. thanks
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Jan 28, 2007 17:00
hai gw juga mau sharing, gw juga punya masalah yg sama, gw punya genio 95, gw baru rubah velg dari 14 ke 15, yg jadi masalah sekarang mobil gw lari ke kiri, padahal waktu pake velg 14 lepas tangan pun bisa, gw udah bawa ke 3 bengkel spooring ngga ada yg bisa, mungkin ada yg bisa kasih info o pengalaman ? trus bengkel spooring di wilayah tangerang yg bagus di mana ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
velgnya kali yg masalah, bengkok tuh coba dicek/balans
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
mobil gw juga gitu, emang yang dikencengin steering box (house) itu. orang bengkel pernah ganti part ini untuk client mereka, problem langsing ilang. tapi mahal banget, belasan juta.
abis dikencengin, setirnya jadi berat ya.. abis belok, ngga mau balik lurus sendiri
tapi problemnya langsung kurang banyak tuh. dicobain kenceng sampe ga getar/lari lagi, setirnya jadi berat banget, abis belok mau balikin setirnya pun perlu tenaga.
abis dikencengin, setirnya jadi berat ya.. abis belok, ngga mau balik lurus sendiri
tapi problemnya langsung kurang banyak tuh. dicobain kenceng sampe ga getar/lari lagi, setirnya jadi berat banget, abis belok mau balikin setirnya pun perlu tenaga.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 358
- Joined: Fri Feb 24, 2006 0:24
Shochu..bukannya kenceng in setelan mur di rumah stir itu buat ilangin 'spelling' aja? Emang spelling bisa ilang, cuman rotate stirnya jadi berat..shochu wrote:mobil gw juga gitu, emang yang dikencengin steering box (house) itu.
BTW harrier ada shock stir nya nggak? Kalo ada mungkin perlu check shock stir nya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
ya gitu deh..
gigi2 di dalemnya posisinya udah kendor di bagian tengah (bentuknya V kebalik, jadi di puncak gunungnya itu).
ada 2 gigi inverted V yang sambungin gerakan rod yg posisinya vertikal (nyambung ke bawah/roda) & rod yang naik/miring horizontal ke batang setir.
di bagian sambungan itu yang kendor & bikin oblak. kendornya itu karena gesekan2 & benturan pas mobil kena lobang2 jalan, jadi besi giginya dikit demi sedikit kemakan. udah mulai kendor dikit kalo ga dikencengin, karena oblaknya makin kenceng, benturannya juga jadi makin keras, jadi kemakannya makin cepet.
dikencengin jadinya antara 2 gigi itu jadi makin rapat. makanya setir makin berat.
penjelasan orang bengkel gw sih gitu. ga tau bener apa ngga. tapi ada mobil client dia setelah diganti steering box nya itu problemnya langsung ilang. katanya bahaya di jalan (copot atau patah) sih ngga, cuma kurang nyaman aja.
mobil tua gw nih bro.. sebel juga gw.
kata orang bengkel buat tiger aja udah sekitar 15-17jt an, mobil gw ya mungkin lebih mahal dikit cappeee dehh..
nunggu taon depan aja abis bonus kantor. ngga jadi cat mobil deh..
ni ada gambar (tapi buat mobil gw yah). tiap2 mobil ya beda2.
steering box itu part no 5.
gigi2 di dalemnya posisinya udah kendor di bagian tengah (bentuknya V kebalik, jadi di puncak gunungnya itu).
ada 2 gigi inverted V yang sambungin gerakan rod yg posisinya vertikal (nyambung ke bawah/roda) & rod yang naik/miring horizontal ke batang setir.
di bagian sambungan itu yang kendor & bikin oblak. kendornya itu karena gesekan2 & benturan pas mobil kena lobang2 jalan, jadi besi giginya dikit demi sedikit kemakan. udah mulai kendor dikit kalo ga dikencengin, karena oblaknya makin kenceng, benturannya juga jadi makin keras, jadi kemakannya makin cepet.
dikencengin jadinya antara 2 gigi itu jadi makin rapat. makanya setir makin berat.
penjelasan orang bengkel gw sih gitu. ga tau bener apa ngga. tapi ada mobil client dia setelah diganti steering box nya itu problemnya langsung ilang. katanya bahaya di jalan (copot atau patah) sih ngga, cuma kurang nyaman aja.
mobil tua gw nih bro.. sebel juga gw.
kata orang bengkel buat tiger aja udah sekitar 15-17jt an, mobil gw ya mungkin lebih mahal dikit cappeee dehh..
nunggu taon depan aja abis bonus kantor. ngga jadi cat mobil deh..
ni ada gambar (tapi buat mobil gw yah). tiap2 mobil ya beda2.
steering box itu part no 5.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by shochu on Fri Aug 03, 2007 1:46, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
pake velg gede yah?Risol1 wrote:masa harrier 2003 steering boxnya udah oblak...apa sering dipake nerjang jalan jelek?
biasa kalo pake velg gede, karena tebelnya ban yang juga berfungsi jadi bantalan dampers jadi berkurang, kalo kena lobang ya getarannya juga jadi makin kenceng. akibatnya ya gigi2 steering box itu makin cepet aus.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
gambar 'isi' nya steering box & penjelasannya (jiplak doang nih, maap yah):
This is how mechanical steering, or rather Mercedes-Benz mechanical "worm and sector recirculating ball steering", works. Any rotation of the steering wheel is transferred via the steering column (Figure 1: 1) to a steering worm (Figure1: 2). The steering worm is - in simple terms - rather like a screw with a thread. The counterpart to the screw is formed by the nut - here called the steering gear nut (Figure 1: 3). As a link between the steering worm and the steering gear nut, steel balls are embedded in the thread, and these help to reduce friction during the turning motion. The steering worm and steering gear nut have, as it were, a thread with ball bearings. The steering gear nut is so fixed that is can not move "right round" during the turning process.
And now just try to picture it: When the steering wheel is turned, the steering gear nut moves along the steering worm. The steering gear nut has a row of teeth on one side meshed directly with the sector on the Pitman shaft (Figure 1: 4). All movements of the shaft are transferred to the wheels via the drop arm (Figure 1: 5) and the steering linkage.
The advantages of worm and sector recirculating ball steering are based on two points. First of all, as already mentioned, there is very little friction between the steering worm and steering gear nut due to the system of "recirculating balls", thus making for light, positive steering. Furthermore, such steering has a constant reduction ratio within the steering box.
Adjustment:
Correctly adjusted worm bearings have no clearance and no pre-load. The Pitman shaft (Figure 1: 4) adjusting screw (Figure 1: 6 ) must be adjusted when the steering wheel is in the straight ahead position; tighten the adjusting screw until the spring is fully compressed and then back off approximately 3-4mm, measured at the circumference of the adjusting screw.
This is how mechanical steering, or rather Mercedes-Benz mechanical "worm and sector recirculating ball steering", works. Any rotation of the steering wheel is transferred via the steering column (Figure 1: 1) to a steering worm (Figure1: 2). The steering worm is - in simple terms - rather like a screw with a thread. The counterpart to the screw is formed by the nut - here called the steering gear nut (Figure 1: 3). As a link between the steering worm and the steering gear nut, steel balls are embedded in the thread, and these help to reduce friction during the turning motion. The steering worm and steering gear nut have, as it were, a thread with ball bearings. The steering gear nut is so fixed that is can not move "right round" during the turning process.
And now just try to picture it: When the steering wheel is turned, the steering gear nut moves along the steering worm. The steering gear nut has a row of teeth on one side meshed directly with the sector on the Pitman shaft (Figure 1: 4). All movements of the shaft are transferred to the wheels via the drop arm (Figure 1: 5) and the steering linkage.
The advantages of worm and sector recirculating ball steering are based on two points. First of all, as already mentioned, there is very little friction between the steering worm and steering gear nut due to the system of "recirculating balls", thus making for light, positive steering. Furthermore, such steering has a constant reduction ratio within the steering box.
Adjustment:
Correctly adjusted worm bearings have no clearance and no pre-load. The Pitman shaft (Figure 1: 4) adjusting screw (Figure 1: 6 ) must be adjusted when the steering wheel is in the straight ahead position; tighten the adjusting screw until the spring is fully compressed and then back off approximately 3-4mm, measured at the circumference of the adjusting screw.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri Mar 23, 2007 5:43
Gw juga pernah punya pengalaman sama, all new corolla 96 gw nggak stabil jalannya kalo ngelewatin jalan bergelombang sedikit aja. Abis di sprooring, balancing, cek kaki kaki lainnya enggak ada yang oblak, masalah stir nggak stabil enggak juga ilang. Abis itu gw ganti shock depan belakang semuanya, mobil jadi normal lagi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Bro smua... Gw masih blom ngerti tentang tie-rod,long tie rod,ball joint...
Mereka itu apa sih? Kerjanya ap?
Mobil gw juga lari2 ke kiri neh...
Padahal baru spooring 3D kemaren...
Mereka itu apa sih? Kerjanya ap?
Mobil gw juga lari2 ke kiri neh...
Padahal baru spooring 3D kemaren...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Bisa dicheck lagi TOE-nya ... supaya gak lari kiri kanan --- bikin TOE-IN atau TOE Positive.adh wrote:sy minta tolong bgt sy punya mobil harrier thn 2003, kalo setir ga bisa stabil alias suka lari lari kanan kiri.apalagi kalo lewatin jalan ga rata sdikit langsung tarik tarikan kanan kiri tuh steer, sy ud cape keluar masuk ampe 5 bengkel , spooring pun ampe 8 kali bolak balik nawilis n start tire.padahal tie rod,ball joint,arm semuanya dalam kondisi baik. apa yah kerusakannya itu,sampai ud sy coba buka roda sebelah kanannya dan dilihat isi dalamnya(king pen)jg kata org bengkel panca julang,dlm kondisi baik.sampai sudah sy cek sasisnya pake alat komp pun dalam kondisi normal, lalu yg sy ga bs cek pada bag support yg pegang shock depan, apa bs jadi kendalanya dr support tsb? lalu sy pernah juga melakukan penyetelan kembali pada hose steering,sy cb kerasin, memang terbantu sedikit tapi yg dirassakan setelah itu jika melewati jalan yg tdk terlalu rata,tetap roda lari kiri kanan meskipun makin lama pula setir ikut tertarik juga, dan sy mo tny pula apakah semua mbl bks pun begini kendalanya soal sdh 4 mbl yg sy sdh alami selalu begini... dan kalo anda punya bkl rekomendasi yg sdh sudah bisa menangani masalah macam ini, dan knp kalo mobkas ganti velg lbh gede sedikit pun setirnya ga stabil juga?
( mbl ini blm prnh nabrak ) sebelumnyaq saya ucapakan banyak terima kasih atas perhatiannya
FRONT ALIGNMENT SPECS
Toe : 1 [+ or-] 2mm (0.040 [+ or-] 0.080 in.)
Camber : -0[degrees]20' [+ or-] 45'
Caster : 2.05[degrees] [+ or-] 45'
SAI : 12[degrees] 10 [+ or -] 45'
REAR ALIGNMENT SPECS
Toe : 2WD, 2 [+ or-] 2mm (0.080 [+ or-] 0.080 in.);
4WD, 3 [+ or -] 2mm (0.120 [+ or -] 0.080 in.)
Camber : 2WD, 0[degrees]30' [+ or -] 45';
4WD, 0[degrees]35' [+ or -] 45'
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Melengkapi spesifikasi :
Production run : 1999-2003
Model variants : 2WD, 4WD
Engines : No variations; model being redesigned for 2004 MY
1MZ-FE ENGINE SPECS
Type : 3.0L V6, belt/gear driven DOHC, four-valve WTi,
Displacement : 2995cc (183 cid)
Bore x stroke : 87.5 x 83mm (3.44 x 3.27 in.)
Horsepower : 220 hp @ 5,800 rpm
Torque : 222 lb.-ft. @ 4,400 rpm
Compression ratio : 10.5:1
Emission control :OBD II, EVAP
Fuel system : SFI
Fuel pressure : 44-55 psi, vacuum disconnected
Fuel Injectors : 13.4 - 14.2 ohms
Oil pressure : 43 psi @ idle, 78 psi max @ 3,000 rpm
Valve clearance : Intake, 0.006-0.010 in. (0.15-0.25mm)
Exhaust, 0.010-0.014 in. (0.25-0.35mm)
Spark plug gap : 0.039 in. (1.0mm)
Firing order : 1-2-3-4-5-6
Ignition timing : 8-12[degrees] BTDC @ idle
Base idle speed 700 [+ or -] 50 rpm
ELECTRICAL SYSTEM
Battery : 65 ah
Alternator : 120 amp
Ignition : Direct
CAPACITIES
Oil change : 5.0 qt. (4.7L)
Automatic trans : 2WD, 3.7 qt. (3.5L); 4WD, 4.3 qt. (4.1L)
Transfer case : 0.95 qt. (0.9L)
Rear differential : 0.95 qt. (0.9L)
Fuel tank : 17.2 gal. (65L)
Cooling system : 9.5 qt. (9.0L)
Refrigerant : R134a, 650g [+ or -] 50g (1.32 lbs. [+ or -] 0.11 lbs.)
Compressor : PAG 40cc (1.4 oz.)
LUBRICANTS
Brake fluid : DOT 3
Engine oil : API SH or newer, 5W-30
ATF : Type T-IV
Transfer case oil : GL-5, 80W-90
Differential oil : GL-5 w/LSD, 80W-90
Power steering : Dexron II or III
MAINTENANCE SCHEDULE
Oil and filter : 7,500 miles
Transmission : See Technical Notes.
Coolant : 30,000 miles
Spark plugs : 90,000 miles
Timing belt : 90,000 miles
Transfer case : 60,000 miles
Differential : 60,000 miles
Brake Fluid : 30,000 miles
CHASSIS SPECS
Drivetrain : FWD or full-time 4WD, electronic three-speed with O/D,
optional Torsen limited-slip rear differential
Brake system : Disc/disc with three-channel ABS
WS sensors : Front: 1,000-2,500 ohms; Rear: 2WD, 1,100-2,300 ohms;
Rear: 4WD, 650-1,800 ohms
Front disc thickness : 1.024 in. (26mm)
Rear drum diameter : Parking brake, 6.73 in. (171mm)
Rear disc thickness : 0.354 in. (9.0mm)
SUSPENSION SYSTEM
Front : Strut, lower control arm, stabilizer bar
Rear : Strut, one trailing and two lateral links per side, stabilizer bar
Wheel bearing nut torque:
Front 217 lb.-ft. (294 Nm); Rear: (4WD) 159 lb.-ft. (216 Nm)
Lug nut torque : 76 lb.-ft. (103Nm)
Production run : 1999-2003
Model variants : 2WD, 4WD
Engines : No variations; model being redesigned for 2004 MY
1MZ-FE ENGINE SPECS
Type : 3.0L V6, belt/gear driven DOHC, four-valve WTi,
Displacement : 2995cc (183 cid)
Bore x stroke : 87.5 x 83mm (3.44 x 3.27 in.)
Horsepower : 220 hp @ 5,800 rpm
Torque : 222 lb.-ft. @ 4,400 rpm
Compression ratio : 10.5:1
Emission control :OBD II, EVAP
Fuel system : SFI
Fuel pressure : 44-55 psi, vacuum disconnected
Fuel Injectors : 13.4 - 14.2 ohms
Oil pressure : 43 psi @ idle, 78 psi max @ 3,000 rpm
Valve clearance : Intake, 0.006-0.010 in. (0.15-0.25mm)
Exhaust, 0.010-0.014 in. (0.25-0.35mm)
Spark plug gap : 0.039 in. (1.0mm)
Firing order : 1-2-3-4-5-6
Ignition timing : 8-12[degrees] BTDC @ idle
Base idle speed 700 [+ or -] 50 rpm
ELECTRICAL SYSTEM
Battery : 65 ah
Alternator : 120 amp
Ignition : Direct
CAPACITIES
Oil change : 5.0 qt. (4.7L)
Automatic trans : 2WD, 3.7 qt. (3.5L); 4WD, 4.3 qt. (4.1L)
Transfer case : 0.95 qt. (0.9L)
Rear differential : 0.95 qt. (0.9L)
Fuel tank : 17.2 gal. (65L)
Cooling system : 9.5 qt. (9.0L)
Refrigerant : R134a, 650g [+ or -] 50g (1.32 lbs. [+ or -] 0.11 lbs.)
Compressor : PAG 40cc (1.4 oz.)
LUBRICANTS
Brake fluid : DOT 3
Engine oil : API SH or newer, 5W-30
ATF : Type T-IV
Transfer case oil : GL-5, 80W-90
Differential oil : GL-5 w/LSD, 80W-90
Power steering : Dexron II or III
MAINTENANCE SCHEDULE
Oil and filter : 7,500 miles
Transmission : See Technical Notes.
Coolant : 30,000 miles
Spark plugs : 90,000 miles
Timing belt : 90,000 miles
Transfer case : 60,000 miles
Differential : 60,000 miles
Brake Fluid : 30,000 miles
CHASSIS SPECS
Drivetrain : FWD or full-time 4WD, electronic three-speed with O/D,
optional Torsen limited-slip rear differential
Brake system : Disc/disc with three-channel ABS
WS sensors : Front: 1,000-2,500 ohms; Rear: 2WD, 1,100-2,300 ohms;
Rear: 4WD, 650-1,800 ohms
Front disc thickness : 1.024 in. (26mm)
Rear drum diameter : Parking brake, 6.73 in. (171mm)
Rear disc thickness : 0.354 in. (9.0mm)
SUSPENSION SYSTEM
Front : Strut, lower control arm, stabilizer bar
Rear : Strut, one trailing and two lateral links per side, stabilizer bar
Wheel bearing nut torque:
Front 217 lb.-ft. (294 Nm); Rear: (4WD) 159 lb.-ft. (216 Nm)
Lug nut torque : 76 lb.-ft. (103Nm)
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Sorry bangkitin tret 8 tahun lalu
Ane ngalamin problem yg sama.
Saat jalan alus, setir masih stabil, bahkan pas hard cornering atau digeber sampe top speed (175 kmh limit jdm)
Tapi begitu lewat jalan agak ga rata, setir langsung narik kanan kiri.
Begitu juga saat berat mobil berpindah kedepan (posisi ngerem/turunan, tekanan ke ban depan bertambah) serta saat berat berpindah kebelakang (hard acceleration/tanjakan, tekanan ke ban depan berkurang), setir terasa lari2.
Masalah ini udah terjadi di 2 mobil, pertama livina '08, masalah mulai terjadi tahun 2012, odometer 30k-an. Kedua terjadi di cx-5 '12, setir narik2 ini mulai terjadi tahun 2015, odometer 22k. Udah berkali2 cek di GBT, dibilang kaki2 ga ada masalah. Udah spooring berkali2, pindah2 tempat, ga beres juga. Pindah bengkel kaki2 3 tempat, dibilang kaki2 sehat semua.
Kira2 ini apa yg perlu diganti ya suhu2?
Dan cara mengemudi apa yg menyebabkan komponen tersebut cepet rusak?
Thx
Ane ngalamin problem yg sama.
Saat jalan alus, setir masih stabil, bahkan pas hard cornering atau digeber sampe top speed (175 kmh limit jdm)
Tapi begitu lewat jalan agak ga rata, setir langsung narik kanan kiri.
Begitu juga saat berat mobil berpindah kedepan (posisi ngerem/turunan, tekanan ke ban depan bertambah) serta saat berat berpindah kebelakang (hard acceleration/tanjakan, tekanan ke ban depan berkurang), setir terasa lari2.
Masalah ini udah terjadi di 2 mobil, pertama livina '08, masalah mulai terjadi tahun 2012, odometer 30k-an. Kedua terjadi di cx-5 '12, setir narik2 ini mulai terjadi tahun 2015, odometer 22k. Udah berkali2 cek di GBT, dibilang kaki2 ga ada masalah. Udah spooring berkali2, pindah2 tempat, ga beres juga. Pindah bengkel kaki2 3 tempat, dibilang kaki2 sehat semua.
Kira2 ini apa yg perlu diganti ya suhu2?
Dan cara mengemudi apa yg menyebabkan komponen tersebut cepet rusak?
Thx
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Pernah ngalamin yang sama. Mekanik BeRes cuman nyaranin spooring, ternyata gak manjur.
Waktu itu kebetulan ada problem mechatronic. Setelah ganti dan update ECU, ban depan saya ganti sepasang. Sekarang problemnya hilang. Jadi saya tidak bisa pastikan apakah sembuhnya gara-gara ganti mechatronic + update ECU ataukah ganti ban depan. Tapi kalau punya ban belakang lebih tebal/bagus kondisinya dibandingkan ban depan, boleh juga dicoba dulu tukar dengan ban depan. Siapa tahu hilang problemnya.
Waktu itu kebetulan ada problem mechatronic. Setelah ganti dan update ECU, ban depan saya ganti sepasang. Sekarang problemnya hilang. Jadi saya tidak bisa pastikan apakah sembuhnya gara-gara ganti mechatronic + update ECU ataukah ganti ban depan. Tapi kalau punya ban belakang lebih tebal/bagus kondisinya dibandingkan ban depan, boleh juga dicoba dulu tukar dengan ban depan. Siapa tahu hilang problemnya.
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
Ane sudah coba ganti ban om,
Ane ganti ke-4 nya langsung malah.
Tetep aja problem ga ilang.
Kemungkinan lain apa ya yg rusak..
Ane ganti ke-4 nya langsung malah.
Tetep aja problem ga ilang.
Kemungkinan lain apa ya yg rusak..
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: PROBLEM SETIR LARI-LARI SELALU ADANYA DI MOBKAS
judul yang aneh menurut saya, dan terlalu menyudutkan bahwa mobil bekas = masalah besar.
di kantor saya ada granmax blind van beli bulan januari 2015, umur sampai dengan hari ini berarti 4 bulan sahaja. yang 1 baru menempuh 8000an KM tapi setir sudah lari-lari nggak karuan dan saat jalan lurus pun posisi setir agak miring ke kanan.
@ kodok, ente pake velg ring berapa oom? velg kebesaran juga bisa berpengaruh. sudah coba camber dibikin 0 (nol) atau negatif? karena pada umumnya mobil jaman sekarang camber-nya positif semua supaya setir enteng, tapi akibatnya ya saat high speed jadi aneh rasanya.
di kantor saya ada granmax blind van beli bulan januari 2015, umur sampai dengan hari ini berarti 4 bulan sahaja. yang 1 baru menempuh 8000an KM tapi setir sudah lari-lari nggak karuan dan saat jalan lurus pun posisi setir agak miring ke kanan.
@ kodok, ente pake velg ring berapa oom? velg kebesaran juga bisa berpengaruh. sudah coba camber dibikin 0 (nol) atau negatif? karena pada umumnya mobil jaman sekarang camber-nya positif semua supaya setir enteng, tapi akibatnya ya saat high speed jadi aneh rasanya.