(ASK) Gmn yah cara ganti transmisi motor kopling

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
vasiley
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 12 Aug 2006, 10:06
Location: surabaya

(ASK) Gmn yah cara ganti transmisi motor kopling

Post by vasiley »

tolong nanya neh, cuman jangan diketawain yah :oops:

Kalo sistem transmisi motor bebek kan cuman dari N-1-2-3-4-5-N kan ke bawah terus kan, nah gimana kalo motor laki yang ganti giginya 1-N-2-3-4-5-6, maksudnya apaan tuh? kalo gigi 1 ke bawah terus 2 dan seterusnya ke atas gt ??? Kalo mau balikin ke gigi netral gmn?

Atas bantuannya saya ucapkan beribu2 terima kasih :)
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 08 Nov 2005, 17:19
Location: Indonesia
Contact:

Post by budzaemon »

Ga diketawain kok... (ihik2 cuma nahan tawa doank.. :-P)
wajar kok nanya gitu, dulu gw juga ga ngarti..
klo motor laki yg gw tau gigi satu cuma buat pengumpan gear doank sebenernya... trus naikin ke gigi dua tinggal congkel penuh (jangan setengah ntar malah masuk ke N)
klo mo balikin ke netral (biasanya setelah gigi tinggi) dari 3 turunin ke 2 trus turunin setengah aja, itu N (jangan terlalu dalem itu masuk gigi 1) makanya gunanya lampu indikator gear ya buat ngeliat udah netral atw belum... sebenernya tanpa lampu indikator juga bisa kok dirasain udah netral atw belum (lepas aja koplingnya pelan2 klo kerasa masih kedorong maju berarti blm netral)..
vasiley
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: 12 Aug 2006, 10:06
Location: surabaya

Post by vasiley »

owwwwww, ic2
Jadi kalo ga dicongkel penuh tuh masuk N ya, hmmmmmm gmn kalo wa dari gigi N lgs aja tak masukin 2 boleh ga? cepet merusak gearnya ga, soalnya kalo mobil manual kan gpp asal gasnya digedein>?
User avatar
crayon
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: 21 Jul 2006, 07:58
Location: jakarta the polution city

Post by crayon »

bisa masukin langsung ke gear 2 tapi mesin bakal gak kuat napas aja. :lol:
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: 21 Apr 2006, 11:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

maksudnya dari netral ke gigi 1 tuas gigi diinjak ke bawah dan untuk ke gigi 2 dan seterusnya tuas gigi dicungkil ke atas melewati netral dulu baru masuk ke gigi 2, nanti klo dari gigi 6 mau turun ke satu tuh tuas tinggal diinjak turun sesuai dengan gigi yg tepat dengan kecepatan.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 08 Nov 2005, 17:19
Location: Indonesia
Contact:

Post by budzaemon »

vasiley wrote:owwwwww, ic2
Jadi kalo ga dicongkel penuh tuh masuk N ya, hmmmmmm gmn kalo wa dari gigi N lgs aja tak masukin 2 boleh ga? cepet merusak gearnya ga, soalnya kalo mobil manual kan gpp asal gasnya digedein>?
sebenernya bisa aja, tapi klo bener2 dari berhenti langsung ke gigi2 rada keras ngopernya, lagi pula klo pun bisa dipaksain pas digeber gasnya, mesin nariknya rada berat.. ibarat loe klo maen game balap trus ngoper giginya loe pake Manual, klo langsung loe naekin ke gigi gede, tarikan mesin berat, akslerasi jadi ga sempurna..
gw dulu juga belajarnya dari game kok, mulai dari game bapuk sampe yang mendekati realita seseungguhnya
User avatar
Berux_bogor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: 12 Oct 2005, 11:59
Location: JABOTABEK

Post by Berux_bogor »

weyyy budzaemon lu gak boleh ketawain dasar...

heheheheheheeehehehe.......
lucu ya?????
dari netral ke 5 juga bisa.....
kalo mau dirubah,,, rubah aja pake blok kopling...tp sistem transmisi tetep aja 1...dst 4 untuk bebek,,gw sih belom tau udah ada yg rubah ke sistem 1N2345

perputaran bebek N1234-4321 atau 1234-1234,

perputaran motor laki 1N2345-5432N1
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

nah..
klo yg begini sy kadang2 lupa..maklum..udah lama gak bawa montor kopling pas pake motor kopling kadang2 kagok oper gigi.

biasanya klo motor bebek 1-4 depan semua..nah..kadang2 klo pas bawa motor kopling sy kadang lupa oper giginya..tp lama2 yah biasa lg.

BTW.. :?
denger2 motor2 sport India pola perpindahan giginya beda yah? katanya Bajaj Pulsar, TVS dsb. gigi 1 ke belakang 2 s/d 5 ke depan. koq tebalik yah?? :roll:
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: 08 Sep 2004, 03:44

Post by yoyoyo »

anak_singkong wrote: denger2 motor2 sport India pola perpindahan giginya beda yah? katanya Bajaj Pulsar, TVS dsb. gigi 1 ke belakang 2 s/d 5 ke depan. koq tebalik yah?? :roll:
Apache blm tau bro (thanks utk inputnya,kita titip ke tester SM,hehe)
Kalau Pulsar biasa kok, copy paste dari roadtest Autocar India
The gearshift on this bike is thankfully the one-down, four-up pattern.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 08 Nov 2005, 17:19
Location: Indonesia
Contact:

Post by budzaemon »

yoyoyo wrote:
anak_singkong wrote: denger2 motor2 sport India pola perpindahan giginya beda yah? katanya Bajaj Pulsar, TVS dsb. gigi 1 ke belakang 2 s/d 5 ke depan. koq tebalik yah?? :roll:
Apache blm tau bro (thanks utk inputnya,kita titip ke tester SM,hehe)
Kalau Pulsar biasa kok, copy paste dari roadtest Autocar India
The gearshift on this bike is thankfully the one-down, four-up pattern.
wah ga tau juga, tapi lo motor india yang ganti giginya kebalik yang gw tau TVS City 100cc klo ga salah (penah diulas di M+) cuma 100cc tp model sport, trus yang naek org india yang posturnya gede2 gitu.. apa mesinnya ga tersiksa yah? :-P
wynmalik
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 09 Jul 2020, 13:22
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Smash Titan 2010

Re: (ASK) Gmn yah cara ganti transmisi motor kopling

Post by wynmalik »

Biar bisa 1N234 gimna yah??? Please answer
IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1112
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: (ASK) Gmn yah cara ganti transmisi motor kopling

Post by IGedeAmat »

wynmalik wrote: 09 Jul 2020, 13:24 Biar bisa 1N234 gimna yah??? Please answer
ganti BPKB....
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

(ASK) Gmn yah cara ganti transmisi motor kopling

Post by VanzMatic »

Pemindahan gigi persneling Supra V dan Supra XX yang sudah menganut kopling tangan asli bawaan pabrik, pola pemindahan giginya juga kayak motor sport tapi cuman sampe gigi 4.
Jadinya 1-N-2-3-4. Ga bisa langsung netral lagi deh kayaknya kalo dari 4.
Cmiiw ya
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ASK) Gmn yah cara ganti transmisi motor kopling

Post by VanzMatic »

wynmalik wrote:Biar bisa 1N234 gimna yah??? Please answer
Kalo akal akalan awam alias ilmu kira kira, satu set gir persneling Supra XX atau Supra V dicangkok ke mesin lama. Tapi ga tau bisa nggaknya. Perlu lihat juga ruang transmisinya apakah sama dengan pola bebek biasa. Karena kan beda pola di botol pengungkit persneling dan susunan gir nya.

Makanya paling mudah ganti BPKB.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: (ASK) Gmn yah cara ganti transmisi motor kopling

Post by VanzMatic »

VanzMatic wrote:
wynmalik wrote:Biar bisa 1N234 gimna yah??? Please answer
Kalo akal akalan awam alias ilmu kira kira, satu set gir persneling Supra XX atau Supra V dicangkok ke mesin lama. Tapi ga tau bisa nggaknya. Perlu lihat juga ruang transmisinya apakah sama dengan pola bebek biasa. Karena kan beda pola di botol pengungkit persneling dan susunan gir nya.

Makanya paling mudah ganti BPKB.
FYI Supra XX 2001 kondisi mendekati mint dihargai 6 jutaan. Lokasi Kembangan Jakbar. Tinggal balik nama dan langsung pakai.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post