Oli mesin paling pas buat motor

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by TUFF Stough »

Gak usah jauh2 ke sumber laen. Di sini juga dah lengkap kok. Pembahasannya sampe 27 halaman oleh pakarnya.

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=3519
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by eNeR »

TUFF Stough wrote:Gak usah jauh2 ke sumber laen. Di sini juga dah lengkap kok. Pembahasannya sampe 27 halaman oleh pakarnya.

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=3519
iya mas, saking banyaknya gak kebaca semua...
...
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by sjamsul »

r1210g wrote: waduh2 banyak yang kecele nih ama ilmu per-oli-an...

Angka2 pada SAE sebenarnya BUKAN viskositas dan BUKAN buat nunjukin tingkat kekentalan oli tapi karena berhubungan dekat jadinya para pakar jelasinnya pake itu..

Yang bener tingkat kekentalan oli itu namanya viskositas [cSt]..

Emang kalo yang dibilang bener, pasti 10W40 lebih encer dibanding 20W50 misalnya..
karena emang satuan viskositasnya lebih rendah..

tapii tiap oli yang 10W40 dari beda pabrik punya tingkat keenceran masing2 tergantung aditif (sintetis) yang dimasukin ke oli tersebut..

mungkin itu yang perlu dijelasin..

kalo masalah encer kental yang bener makin panas makin encer sekali lagi tergantung aditifnya..
karena semakin panas mesin pemauain logam2 makin besar, jalur relatif lebih sempit..
butuh oli yg ga kental..

bukti lapangan:
BIASANYA orang2 lebih sering disuruh ganti oli pas mesin agak panas, supaya oli lebih encer dan cepet turun..

gitu..


karena motor saya 2 tak, lagi pengen coba oli dari repsol yang transmisionese..
jadi khusus lindungin gearbox ama kopling aja..
tapi mahalll!!! 500cc (1botol) = 45rb..
ga tau skarang dah naik lagi pa kagak..
tapi katanya sih lifetime..

pake shell yang di motor 4tak bagus, tapi dimotor ogud cuma bertahan 1 bulan enak oper giginya..
sisanya (sampe sekarang) berantakan (kasar) dah 3 bulan sjak dimasukin..
ho..ohhhh aja dah............. :ungg:
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by eNeR »

oli shell vsx baru dipake 2 bulan/1500km kok rasanya di mesin udah kasar, ni yg aneh mesinnya ato olinya? padahal pas pake SGO dulu bisa tahan 3 bulan/2000km,
...
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by sjamsul »

eNeR wrote:oli shell vsx baru dipake 2 bulan/1500km kok rasanya di mesin udah kasar, ni yg aneh mesinnya ato olinya? padahal pas pake SGO dulu bisa tahan 3 bulan/2000km,
mungkin itu hanya perasaan nt ajah ato bisa juga setelan klepnya kurang tepat ato berubah shg mesin terdengar lebih kasar..........

ane pake motul di mtr ane n dah hampir 5000 km masih terasa baik............... :big_peace:
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by eNeR »

sjamsul wrote:
eNeR wrote:oli shell vsx baru dipake 2 bulan/1500km kok rasanya di mesin udah kasar, ni yg aneh mesinnya ato olinya? padahal pas pake SGO dulu bisa tahan 3 bulan/2000km,
mungkin itu hanya perasaan nt ajah ato bisa juga setelan klepnya kurang tepat ato berubah shg mesin terdengar lebih kasar..........

ane pake motul di mtr ane n dah hampir 5000 km masih terasa baik............... :big_peace:
kalo setelan klep kayaknya iya, cz 2 minggu lg mo servis, mungkin pada oblak
motul yg jenisnya bagaimana eyang?
...
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by Cloud »

sjamsul wrote:sae 10 emang lbh encer dari sae 40. Yg benar adalah saat dingin kekentalannye itu 10, saat panas maksimal itu oli bisa ampe 40. gitu lohh......
Sebenarnya bukan berubah dari 10 (saat dingin/winter, belum digunakan), terus jadi 40 saat panas (ketika digunakan), tapi ketika dingin tetep 10, lalu ketika panas, ya tetep 10, berhubung ada aditif tertentu, jadinya pengenceran sae 10 tidak terlalu jauh, sifatnya sama dengan encernya sae 40 pada suhu tinggi. so, tidak jadi lebih kental, tetep encer, malah lebih encer, tapi penurunannya tidak jauh, cuma sedikit.

kemudian, pada mesin yang sudah panas, memang benar semua komponen memuai, tapi belum tentu makin rapat. kenapa? karena semua komponen memuai, sehingga celahnya cenderung stabil, malah jadi lebih besar. itulah kenapa mesin jika sudah panas lebih berisik dari mesin yang masih dingin (dalam kondisi oli sudah sama2 naik/melumasi). sebagai contoh, ketika mesin dingin celah katup pada hampir semua mesin lebih kecil daripada ketika panas. coba aja, stel katup ketika mesin dingin, lalu ketika panas dicek, pasti lebih besar. itu karena pemuaian kepala silinder lebih besar dari pemuaian katup.
demikian pula dengan komponen lainnya seperti bearing, bushing, dsb. rata2 makin panas makin longgar.
celah tersebut sebenarnya diperlukan buat ruang gerak agar komponen dapat bergerak maksimal ketika rpm tinggi. juga diperlukan buat celah oli, supaya oli dapat melapisi dengan baik.

Hal tersebut berkebalikan dengan celah piston, ketika dingin lebih longgar, dan ketika panas lebih sempit (karena piston lebih panas dari dinding silinder), namun tetap ada batasan tertentu. ketika mesin terlalu panas (overheat) namun celah piston standar (sesuai spek), tetap terjadi pemuaian besar pada dinding silinder, celah pun justru melebar, sehingga tenaga berkurang karena berkurangnya tekanan. jika celah piston terlalu sempit, maka bukannya kehilangan tekanan, tapi yang terjadi adalah piston macet karena pemuaian piston lebih besar. jika overheating terlalu tinggi, piston bisa macet karena celahnya terlalu sempit, atau karena lapisan oli (oil film) terbakar, sehingga tidak ada pelumasan.

oh ya, saya pake idemitsu 10w/30, tadinya pake enduro 20w/50, asumsi awal, pasti suara lebih berisik namun tenaga lebih baik, namun asumsi tersebut salah. mesin malah lebih halus baik pada temperatur tinggi maupun rendah. dan tenaga justru bertambah. nah, kayaknya pada mesin dengan celah yang relatif sempit (seperti sepeda motor) justru oli encer lebih cocok, asalkan olinya mampu melindungi metal dari keausan, dan memiliki daya luncur yang baik.
hal tersebut juga terbukti bahwa sekarang hampir semua produsen mengeluarkan oli encer, karena formulasinya lebih bagus daripada jaman dulu (jaman dulu, oli cenderung lebih kental).
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by sjamsul »

@cloud:
tengkyu bro, ane jadi tambah ilmu neh.. :frm_tumbright:
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by eNeR »

@cloud, thanks infonya, jadi lebih pede make oli encer, sebelumnya pernah baca di salah satu blog, katanya oli yg baik adalah yg memiliki keenceran 20w-40, hampir aja aku kemakan blog, thanks bro
...
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by sjamsul »

eNeR wrote:@cloud, thanks infonya, jadi lebih pede make oli encer, sebelumnya pernah baca di salah satu blog, katanya oli yg baik adalah yg memiliki keenceran 20w-40, hampir aja aku kemakan blog, thanks bro
oli 20w-40 itu bukan oli jelek bro, tergantung kebiasaan ajah. Coba ajah sekarang nt kaga liat saat isi oli n si mekanik diberikan 2 pilihan oli, yg satu sae 20w-40 n yg satu lagi sae 10w-40 (misalkan). Nah yg ane mau tau adalah apakah nt bisa tau oli mana yg diisi ? :e-think: :e-think: :e-think:
hayooo.................... :big_peace: :big_peace:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by y_anjasrana »

Tergantung kebutuhan lahhh....

Kalu mesin sekarang, katanya sih kualitas pembuatannya lebih baik, atau lebih rapi. Jadi utk melumasi piston dan dinding silinder yg rapet, butuh oli yg lebih encer. Kalau pake oli yg kental malah jadi seret.

Makanya kalu mesinnya udah tua atau sering di"pake", pasti udah ga begitu rapet lagi. Jadi harus pakai yg lebih kental supaya lebih "rapet"...

Dimana2 yg rapet2 khan lebih enakkk.....

:upss:
Accurate V5 Accounting System Consultant
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by TUFF Stough »

Rekomen pabrik masih pake SAE20W50 kok Bro. Jadi gak mutlak SAE20W50 atau SAE20W40 tuh oli jelek.

Kecuali apes dapet oli palsu yang oplosan.
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by avansa »

TUFF Stough wrote:Rekomen pabrik masih pake SAE20W50 kok Bro. Jadi gak mutlak SAE20W50 atau SAE20W40 tuh oli jelek.

Kecuali apes dapet oli palsu yang oplosan.
Apalagi olie palsu..kalau olie oplosan ane belon pernah liat seperti apa,tapi kalau olie palsu ane udah pernah liat,bahkan dari proses pembuatanya,dari bahan ane jelas mengenal itu minyak tanah,terus nggak tahu di campur apa ,yang jelas di masak dalam panci besar di atas api dan di aduk terus,jadinya mirip sekali dengan olie yang asli.
Di kemas dalam botol an plastik,di distribusikan ke bengkel bengkel kecil dan di pasok ke pertamini pertamini.
Ane nggak bisa ngebayangin mesin yang di kasih olie palsu itu.
Image
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by Cloud »

yup, yang penting sesuai spek mesin, misal speknya 20w/40, ya pake itu yang terbaik, dari merk apapun, yang penting jelas dan bersertifikat, gak palsu. lebih baik lagi jika merknya yang direkomendasi, jikalau ada apa2 kan bisa diklaim, (misal masih garansi, kan rata2 garansi 3 th ato 30.000 km)
namun adakalanya konsumen pengen lebih, jadinya pake 10w/30 (biar lebih enteng, n hemat bbm), nah, asalkan kondisi mesin ok (mesin keluaran baru rata2 bisa diisi oli encer), dan olinya bermutu gak palsu, tidak ada salahnya dipake.

yang perlu diperhatikan justru waktu penggantian oli, jangan termakan iklan, misalnya oli longlife, sanggup 7500 km buat motor (misal), padahal jadwalnya ganti tiap 2000 km, ya jangan dipakai sampai 7500 km. kenapa?
meski oli bagus, namun tetap ada kontaminan2 dari mesin jika sudah terpakai lama. misal, oksidasi. walau oli bagus, oksidasi tetap ada karena suhu yang tinggi (apalagi pendinginan udara), adanya blowby gass, dsb.
kemudian, kontaminan dari komponen yang aus. metal2 mesin pasti ada yang aus, meski tidak kasat mata, nah geram2 tak terlihat itu akan menyebabkan keausan lebih cepat pada komponen, terutama yang tidak memakai filter oli. yang memakai filter oli, lebih cepat tersumbat, dan kalo tersumbat, tetep aja tak tersaring. kan ada katup pengamannya.
dan yang juga cepat bikin oli kotor, adalah serbuk kampas kopling (entah manual ato sentrifugal). yang ini pasti banyak, serbuk ini juga mengacaukan pelumasan, dan relatif cepat terbentuk, apalagi kalo udah ribuan km.
jadi, tetaplah mengganti oli sesuai rekomendasi pabrik, juga jangan lupa ganti filter oli sesuai jadwal,
mending pake oli yang bermutu (standar jelas, ato sesuai spek) namun tidak mahal2 amat dengan penggantian teratur (beserta filter2nya sesuai jadwal) daripada oli mahal dan dijamin tahan beribu2 km, dan dipakainya juga beribu2 km, jauh diatas jadwal penggantian.
ingat, kita pakai motor tidak selalu halus, pelan, namun kadang kasar, menyentak, juga kadang sampai mentok limiter (ato sampai redline), jadi, emang lebih safe penggantian sesuai jadwal.

satu lagi, kalo kita membuang kaleng/bungkus oli, harus dirusak dulu, gak usah extreme2, cukup tusuk aja pake pisau ato belati di bagian nomor seri, ato di bagian yang transparan, ato di bagian dasar. tapi jangan cuma 1 tusukan. segel harus dibuang, bakar aja segel plastiknya. kalo cuma ditusuk minor gitu (gak keliatan, tapi cukup lebar), botolnya masih bisa laku, tapi si pemalsu oli bakal kelimpungan, udah beli botol2, ternyata botolnya bocor2, rasain para pemalsu, hehehe.......
Dan, kalo bisa oli jangan dibuang di tanah, mending dibakar, misal buat tambahan bahan bakar tungku, ato yang lain (buat antirayap kayu2 rumah juga bisa, campur aja dengan minyak tanah ato solar, terus disiram di bagian yang terkena rayap, ato disuntikkan merata. yah, tentunya pada kayu2 yang tak terlihat, misal kayu2 atap, dsb). tapi ati2, mudah terbakar.
Artan
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Feb 24, 2009 14:34

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by Artan »

cocok ga sih oli 0w-40 utk dipake di Indonesia??????
:thanks:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by sjamsul »

Artan wrote:cocok ga sih oli 0w-40 utk dipake di Indonesia??????
:thanks:
menurut ane sih kaga cocok, krn oli dg kekentalan 0w itu dimaksudkan spy kaga beku saat musim salju................, tapi ane salut deh ama nyang memasarkan di indo, krn oli tsb harganye khan lumayan mahal.................. :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by sjamsul »

y_anjasrana wrote:
Dimana2 yg rapet2 khan lebih enakkk.....

:upss:
setujuuuuuuu........................ :ngacir: :ngacir: :ngacir:
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by eNeR »

lha terus seumpamanya oli bawaan pabrik (biasanya mineral 20w-50) ntu kan oli kental, nah apakah kita harus tetap make oli tsb? yg notabene oli tsb dipake cuma sebagai pelarut gram2 yg terbentuk saat mesin inreyen. sedang bila sudah melebihi masa inreyen diganti ama oli lain (semi sint. 10w-40) yg lebih bagus, apakah akan ada efek negatifnya?
thanks
...
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by sjamsul »

eNeR wrote:lha terus seumpamanya oli bawaan pabrik (biasanya mineral 20w-50) ntu kan oli kental, nah apakah kita harus tetap make oli tsb? yg notabene oli tsb dipake cuma sebagai pelarut gram2 yg terbentuk saat mesin inreyen. sedang bila sudah melebihi masa inreyen diganti ama oli lain (semi sint. 10w-40) yg lebih bagus, apakah akan ada efek negatifnya?
thanks
oli sae 20w-50 itu termasuk oli encer bro, klo yg kental itu biasanya single grade, misalkan sae 30 ato sae 40 ato sae 50. Klo mo dipake terus menerus juga kaga apa2 sih (sae 20w-50)....
Saat ini elmu logam dah sangat berkembang, jadi di mbl baru ato motor baru kaga usah pake inreyen segala, tancappp ajah..........

Sebetulnye saat dari baru nt mo pakein oli semi sint juga kaga apa2, cuma ada satu efek negatifnye, yaitu kantong jadi lbh terkuras, krn harga oli tsb biasanye lbh mahal dibandingkan dg oli mineral. :big_peace:
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by eNeR »

ooo begono...
...
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by nescafe »

sjamsul wrote:
eNeR wrote:lha terus seumpamanya oli bawaan pabrik (biasanya mineral 20w-50) ntu kan oli kental, nah apakah kita harus tetap make oli tsb? yg notabene oli tsb dipake cuma sebagai pelarut gram2 yg terbentuk saat mesin inreyen. sedang bila sudah melebihi masa inreyen diganti ama oli lain (semi sint. 10w-40) yg lebih bagus, apakah akan ada efek negatifnya?
thanks
oli sae 20w-50 itu termasuk oli encer bro, klo yg kental itu biasanya single grade, misalkan sae 30 ato sae 40 ato sae 50. Klo mo dipake terus menerus juga kaga apa2 sih (sae 20w-50)....
Saat ini elmu logam dah sangat berkembang, jadi di mbl baru ato motor baru kaga usah pake inreyen segala, tancappp ajah..........

Sebetulnye saat dari baru nt mo pakein oli semi sint juga kaga apa2, cuma ada satu efek negatifnye, yaitu kantong jadi lbh terkuras, krn harga oli tsb biasanye lbh mahal dibandingkan dg oli mineral. :big_peace:
nah apalagi kalau oli full sintetis.. :big_slap:

cm kalau dr daya tahan, sepengetahuan gw, oli berteknologi sintetis lebih baik drpada oli mineral.. :e-think:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by sjamsul »

nescafe wrote: nah apalagi kalau oli full sintetis.. :big_slap:

cm kalau dr daya tahan, sepengetahuan gw, oli berteknologi sintetis lebih baik drpada oli mineral.. :e-think:
sayang sekali ane belon bisa menggambar di komputer, krn ane bisa menjelaskan dg lbh rinci, secara garis besar perbedaannye melalui gambar.
mungkin nanti saat ada ketemuan nt bisa mengingatkan ane .................. :big_peace:
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by eNeR »

sjamsul wrote:
nescafe wrote: nah apalagi kalau oli full sintetis.. :big_slap:

cm kalau dr daya tahan, sepengetahuan gw, oli berteknologi sintetis lebih baik drpada oli mineral.. :e-think:
sayang sekali ane belon bisa menggambar di komputer, krn ane bisa menjelaskan dg lbh rinci, secara garis besar perbedaannye melalui gambar.
mungkin nanti saat ada ketemuan nt bisa mengingatkan ane .................. :big_peace:
mang oli bisa digambar?
...
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by sjamsul »

eNeR wrote:mang oli bisa digambar?
maksudnye gambar grafik........... :weekk: ...... :ngacir: :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Oli mesin paling pas buat motor

Post by nescafe »

sjamsul wrote:
nescafe wrote: nah apalagi kalau oli full sintetis.. :big_slap:

cm kalau dr daya tahan, sepengetahuan gw, oli berteknologi sintetis lebih baik drpada oli mineral.. :e-think:
sayang sekali ane belon bisa menggambar di komputer, krn ane bisa menjelaskan dg lbh rinci, secara garis besar perbedaannye melalui gambar.
mungkin nanti saat ada ketemuan nt bisa mengingatkan ane .................. :big_peace:
hmm pa mungkin gambarnya bisa dikirm via email pak? nanti dijelaskannya via telpon sama saya.. :D :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir: