Turboman wrote: Gw test drive yg 1.5 A/T di Senayan City, yg lucu sewaktu mau mulai bergerak terkesan ada power surge (power surge itu akibat dari penggunaan teknik "throttle blipping" di Nissan pak yi skep throttle dibuka lebih cepat saat akselerasi awal utk memperoleh dorongan awal yg lebih cepat makanya pembukaan thottle di mesin Nissan sudah tidak pake kawat lagi tho), tetapi begitu mulai bergerak & berakselerasi power di RPM sekitar 1800 - 3500 terasa "kopong" (rpm 3500 di OD gear berarti kecepatan GL 1.5 A/T sudah nyampe di 145 km/jam ato hampir top-speed lho, jadi kapan bisa nikmati ndak kopong tarikannya di GL 1.5 A/T pak ?), ibarat nyetir mobil bermesin Turbo yg lagnya amat sgt panjang........wakakakakakakak
Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 1
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Last edited by Smatic on Mon Apr 09, 2007 0:21, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Aduh, Mr. Alvin, aku agak capai menjelaskan tentang hal ini..alvin_kiak wrote:Klo ga salah kmrn gw liat ada diskusi mengenai transmisi maticnya Livina di sini, yg katanya bukan CVT tapi matic konvensional, namun ada postingan berikut di thread "Foto/Video Livina Launching @ Senayan City 5 Apr 2007" di kamar sebelah :
Hansen
Newbie
Joined: 03 Apr 2007
Posts: 9
PostPosted: Sun Apr 08, 2007 15:29 Post subject: Reply with quote
btw baik varian 1.5 maupun 1.8 sudah memakai transmisi Xtronic CVT 4speed lho! menurut tabloid OTOMOTIF.
Mohon pencerahannya, terutama dari bos Conan..
Sebelumnya, aku ingin tanya dulu apakah Anda mengerti tentang apa itu transmisi CVT atau belum..kalau belum, tolong Anda baca beberapa postinganku sebelumnya tentang CVT ini..
Jika sudah, Anda akan mengerti bahwa jika transmisi CVT, tidak akan ada istilah '4-speed' atau 4 gigi, karena pada CVT itu bisa disebut tidak bergigi atau bergigi hanya satu, tapi rationya bisa diubah2 (variable), hence the name : Continuous Variable Transmission.
Lebih gampangnya, kalau dalam bahasa sehari-hari, apakah pada Livina ini Anda bisa merasakan waktu gigi berpindah atau tidak (sedikit menghentak). Kalau bisa, berarti bukan CVT karena kalau pada CVT, tidak ada gigi yang berpindah secara mekanik.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18
Ok thx Mr. Conan, I got it..conan wrote:Aduh, Mr. Alvin, aku agak capai menjelaskan tentang hal ini..alvin_kiak wrote:Klo ga salah kmrn gw liat ada diskusi mengenai transmisi maticnya Livina di sini, yg katanya bukan CVT tapi matic konvensional, namun ada postingan berikut di thread "Foto/Video Livina Launching @ Senayan City 5 Apr 2007" di kamar sebelah :
Hansen
Newbie
Joined: 03 Apr 2007
Posts: 9
PostPosted: Sun Apr 08, 2007 15:29 Post subject: Reply with quote
btw baik varian 1.5 maupun 1.8 sudah memakai transmisi Xtronic CVT 4speed lho! menurut tabloid OTOMOTIF.
Mohon pencerahannya, terutama dari bos Conan..
Sebelumnya, aku ingin tanya dulu apakah Anda mengerti tentang apa itu transmisi CVT atau belum..kalau belum, tolong Anda baca beberapa postinganku sebelumnya tentang CVT ini..
Jika sudah, Anda akan mengerti bahwa jika transmisi CVT, tidak akan ada istilah '4-speed' atau 4 gigi, karena pada CVT itu bisa disebut tidak bergigi atau bergigi hanya satu, tapi rationya bisa diubah2 (variable), hence the name : Continuous Variable Transmission.
Lebih gampangnya, kalau dalam bahasa sehari-hari, apakah pada Livina ini Anda bisa merasakan waktu gigi berpindah atau tidak (sedikit menghentak). Kalau bisa, berarti bukan CVT karena kalau pada CVT, tidak ada gigi yang berpindah secara mekanik.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Setuju bung Turboman klu kelas Grand Livina 1500cc memang di atas Avanza 1500cc krn memang harga jualnya juga sudah lebih mahal Rp 15 juta-an (Avz A/T 1500cc @ Rp 141 jt vs GL A/T 1500cc @ Rp 156 jt), padahal di Grand Livina A/T 1500cc belum ada perlengkapan standar spt : ABS/EBD, no electric power mirrors, no fog lamps, no parking sensor, no head rest & no seat belt di bangku belakang, dan velg kaleng utk ban cadangan. Klu semua feature tsb dilengkapi ke Grand Livina 1500cc XV maka akan dibutuhkan tambahan biaya sekitar Rp 15-20 juta lagi, shg perbedaan harga "apple to apple" antara Avz 1500cc dgn Grand Livina 1500cc sekitar Rp 30-35 juta-an.Turboman wrote:
Overall score Livina dibanding Avanza sejauh ini memang Livina jauh lebih OK, tetapi yg saya kurang suka setirnya terlalu enteng, juga yg disayangkan kursi pengemudi tidak dilengkapi mekanisme naik - turun.
Positive aspect :
remnya oke
Electric power steering yg tidak begitu memakan tenaga mesin
CAI di atas radiator
tata letak mesin & komponen2 mesin yg rapi (MR18DE)
Belum lagi perbedaan biaya maintenance & harga suku cadang, spt ECU Grand Livina @ Rp 15 juta (Avz 1500cc @ Rp 4 juta), sensor oksigen Grand Livina @ Rp 1,5-1,6 juta (Avz 1500cc @ Rp 250 ribu) dll.
Jadi cukup berat utk Grand Livina 1500cc turun bersaing ke kelas Avanza 1500cc krn perbedaan harga unit & harga spare partnya yg cukup significant (kecuali harga filter-filternya yg hampir sama), mengingat konsumen Avanza (low MPV) sangat peka thdp harga suku cadang & biaya perawatannya.
Apalagi klu Grand Livina harus bersaing di kelas Avanza/Xenia 1300cc.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Fri Mar 30, 2007 4:20
Kemarin liat di Tunjungan Plaza Surabaya. belum sempet TD. Di sana ada 2 varian yang dipamerkan 1.5 M/T dan 1.8 M/T.
Kekuatiran saya terhadap dimensi kabin ternyata benar. Baris kedua memang bisa dimuat 3 dewasa (apalagi kalo dewasa cewe2). Namun yang SANGAT TIDAK ENAK adalah ergonomis dari sofa di 2nd row. Hampir tidak mungkin ada keenakan dan kenyamanan orang yang duduk ditengah. Sandaran amat keras dan sofa duduk di tengah tidak mengenakan.....
Tolong bagi empunya stream, Jazz atau Sedan lainnya, apakah 2nd row mobil anda juga hampir sama dengan Livina..... maksud saya apakah memang seperti itu pada umumnya, karena avanza saya walaupun leg room sempit tp baris tengah duduknya jauh lebih enak....
Lalu mengenai maju mundurnya 2nd row juga tidak banyak membantu. Maju mundurnya hanya u kep 3rd row saja. padahal saya tadi pikir 2nd row bisa dimundurin sekali sampai full sehingga sangat leluasa di 2d row. JADI walaupun 2nd row dimundurin, saya rasa kaki belum bisa selega di Innova....
Saya jadi bertanya2 apakah sebenarnya ini mobil memang nyaman untuk berempat saja...
(karena 3rd dimanapun pasti tidak enak)
SO, cuma mau nanya, kira2 misalnya..... baris kedua saya modifikasi sendiri atau saya ganti, itu akan habis cost berapa ya ?????
Untuk performance, karena belum TD saya mau nanya ama yg uda coba, krn agak terganggu dgn komentar diatas nih, mengenai performance 1.5 /AT, tidak responsif sama sekali ya???
help me guys before i make up my mind ...
Thanks guys,
Kekuatiran saya terhadap dimensi kabin ternyata benar. Baris kedua memang bisa dimuat 3 dewasa (apalagi kalo dewasa cewe2). Namun yang SANGAT TIDAK ENAK adalah ergonomis dari sofa di 2nd row. Hampir tidak mungkin ada keenakan dan kenyamanan orang yang duduk ditengah. Sandaran amat keras dan sofa duduk di tengah tidak mengenakan.....
Tolong bagi empunya stream, Jazz atau Sedan lainnya, apakah 2nd row mobil anda juga hampir sama dengan Livina..... maksud saya apakah memang seperti itu pada umumnya, karena avanza saya walaupun leg room sempit tp baris tengah duduknya jauh lebih enak....
Lalu mengenai maju mundurnya 2nd row juga tidak banyak membantu. Maju mundurnya hanya u kep 3rd row saja. padahal saya tadi pikir 2nd row bisa dimundurin sekali sampai full sehingga sangat leluasa di 2d row. JADI walaupun 2nd row dimundurin, saya rasa kaki belum bisa selega di Innova....
Saya jadi bertanya2 apakah sebenarnya ini mobil memang nyaman untuk berempat saja...
(karena 3rd dimanapun pasti tidak enak)
SO, cuma mau nanya, kira2 misalnya..... baris kedua saya modifikasi sendiri atau saya ganti, itu akan habis cost berapa ya ?????
Untuk performance, karena belum TD saya mau nanya ama yg uda coba, krn agak terganggu dgn komentar diatas nih, mengenai performance 1.5 /AT, tidak responsif sama sekali ya???
help me guys before i make up my mind ...
Thanks guys,
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13
Kalo 1.5 M/T nanjak dengan 7 penumpang kuat ga ya? misal tanjakan masuk parkir di mall artha gading itu.Smatic wrote: Sudah diduga sebelumnya pak dony klu akselerasi Grand Livina A/T 1500cc cukup berat (apalagi klu berbeban penuh/7 penumpang di tanjakan panjang) krn pemilihan final gear ratio yi 4,072:1 utk Grand Livina 1500cc A/T tidak mengutamakan pencapaian akselerasi yg optimal ttp lebih mengutamakan pada keiritan konsumsi bensin di jalan tol (pencapaian kecepatan tinggi di rpm serendah mungkin).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon Mar 12, 2007 6:14
di http://www.nissan.co.id, kenapa grand Livina belum nongol? Webmasternya pada sibuk ikut pameran kali ya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Nah, Mr. Lexastan, mungkin kini Anda paham bahwa apa yang sebelumnya aku katakan adalah apa adanya, tidak melebih-lebihkan ataupun mengurang-ngurangkan sesuatu.lexastan wrote:Kemarin liat di Tunjungan Plaza Surabaya. belum sempet TD. Di sana ada 2 varian yang dipamerkan 1.5 M/T dan 1.8 M/T.
Kekuatiran saya terhadap dimensi kabin ternyata benar. Baris kedua memang bisa dimuat 3 dewasa (apalagi kalo dewasa cewe2). Namun yang SANGAT TIDAK ENAK adalah ergonomis dari sofa di 2nd row. Hampir tidak mungkin ada keenakan dan kenyamanan orang yang duduk ditengah. Sandaran amat keras dan sofa duduk di tengah tidak mengenakan.....
Aku mengerti Anda tentu kecewa karena sebelumnya Anda mendapat kesan bahwa baris kedua bisa muat 3 orang dengan nyaman, bahkan mungkin 2 + 4 seperti yang Anda mau. Setelah mencobanya sendiri tentu Anda mengerti yang sebenarnya.
Last edited by conan on Mon Apr 09, 2007 3:28, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
hehe. livina lebih kayak sedan.. dan gua rasa yg mengharapkan Livina akan spt Innova, akan kecewa berat, krn dlm sisi space, emang Livina jelas beda jauh dibanding spacenya Innova.
Dan gua rasa bagi yg mau space yg lebih lapang dan ga masalah dengan bongsornya Innova, pasti lebih baik milih Innova. masalahnya Livina, cuman terbatasnya ukuran fisik.
makanya bingung juga gua, dengan uang 200jt, apa orang mau milih Livina dibanding Innova?
secara interior sih, nurut gua (spt yg dibilang Conan), sdh sangat bagus koq. ga kayak cheap plastic. gua masih belum test drive, kmrn weekend mau test drive, ga jadi....
Dan gua rasa bagi yg mau space yg lebih lapang dan ga masalah dengan bongsornya Innova, pasti lebih baik milih Innova. masalahnya Livina, cuman terbatasnya ukuran fisik.
makanya bingung juga gua, dengan uang 200jt, apa orang mau milih Livina dibanding Innova?
secara interior sih, nurut gua (spt yg dibilang Conan), sdh sangat bagus koq. ga kayak cheap plastic. gua masih belum test drive, kmrn weekend mau test drive, ga jadi....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Fri Mar 30, 2007 17:00
- Location: Surabaya
bung smatic, bagaimana dengan harga suku cadang fast movingnya, apa beda jauh dengan yang lain.
bung lexastan, untuk ruang memang ga bisa dibandingin dengan inova, karena dimensinya juga beda, terpaut 135 mm untuk panjangnya, lebarnya terpaut 80 mm. Yg duduk ditengah memang ga enak banget krn bersandar pada armrest, jadi pasti keras.
bung lexastan, untuk ruang memang ga bisa dibandingin dengan inova, karena dimensinya juga beda, terpaut 135 mm untuk panjangnya, lebarnya terpaut 80 mm. Yg duduk ditengah memang ga enak banget krn bersandar pada armrest, jadi pasti keras.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 96
- Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44
Klu harga filter-filter (oli, udara, bensin) hampir sama, harga parts yg lain blum dibandingin ttp menurut informasi NMI harga parts Grand Livina mmg jauh lebih mahal dp parts Avanza ttp masih sebanding dgn harga parts Innova/Stream.Tango wrote:bung smatic, bagaimana dengan harga suku cadang fast movingnya, apa beda jauh dengan yang lain.
Mungkin utk 2-3 tahun pertama ndak perlu kuatir parts krn masih digaransi tho.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Mon Jul 12, 2004 6:31
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Wah, udah test drive semua. Asyik donk. Gw baru bisa liat2 doang.
Kesan pertama hampir sama dgn yg diatas2. Saat ini, mobil ini bukan Innova Killer.
Nissan bisa bikin Livina ini jadi Innova Killer kalo mereka bisa mengubah cara pandang orang Indo yg selama ini selalu beli mobil tinggi besar (7 seater) kemudian 90% dari pemakaiannya dipakai buat 1-5 orang, menjadi calon pembeli yg butuh mobil kecil kapasitas 5 orang, yg sekali2 bisa dipake/dipaksa buat 7 orang.
Kesan pertama hampir sama dgn yg diatas2. Saat ini, mobil ini bukan Innova Killer.
Nissan bisa bikin Livina ini jadi Innova Killer kalo mereka bisa mengubah cara pandang orang Indo yg selama ini selalu beli mobil tinggi besar (7 seater) kemudian 90% dari pemakaiannya dipakai buat 1-5 orang, menjadi calon pembeli yg butuh mobil kecil kapasitas 5 orang, yg sekali2 bisa dipake/dipaksa buat 7 orang.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Saya nggak sempat ngukur2, tapi kalo benar bedanya cuman 13,5 cm (panjang) dan 8 cm (lebar), harusnya nggak beda jauh ya. Masa sih gara2 8 cm, Innova disebut "lega" buat 3 orang, Livina sempit..?Tango wrote:bung smatic, bagaimana dengan harga suku cadang fast movingnya, apa beda jauh dengan yang lain.
bung lexastan, untuk ruang memang ga bisa dibandingin dengan inova, karena dimensinya juga beda, terpaut 135 mm untuk panjangnya, lebarnya terpaut 80 mm. Yg duduk ditengah memang ga enak banget krn bersandar pada armrest, jadi pasti keras.
Tapi by visual emang keliatan banget lebih sempit ya... Jgn2 hidung Livina lebih jauh panjang...?
BingungJgTentangSpace
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
hehe. kalo dibilang interior masih luasan avanza. tergantung juga. harus diukur baru ketauan, nurut gua. soalnya nurut gua ga beda jauh. malahan livina gua rasa lebih lega dikit. tapi, gua sih penasaran, mau ngukur sebetulnya... yg jelas, avanza lebih tinggi, jadi headroom beda jauh, dan berasanya lega banget jadinya.martomo wrote:Saya sangat antusias mengikuti topic livina tapi ketika kemarin melihat langsung, harapan tinggal harapan, interior aja masih luasan avanza, maka sepertinya saya lebih memilih avanza s matic yg cuma beda 3 jutaan dari standardnya livina.
kalo nyarinya emang lega, nurut gua sih bukan avanza. tp bisa kayak innova dkk. dan livina punya banyak kelebihan yg ga didapat pd avanza IMHO. btw, sdh test drive blum? (gua sih blum hehehe).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
uch wrote:Wah, udah test drive semua. Asyik donk. Gw baru bisa liat2 doang.
Kesan pertama hampir sama dgn yg diatas2. Saat ini, mobil ini bukan Innova Killer.
Nissan bisa bikin Livina ini jadi Innova Killer kalo mereka bisa mengubah cara pandang orang Indo yg selama ini selalu beli mobil tinggi besar (7 seater) kemudian 90% dari pemakaiannya dipakai buat 1-5 orang, menjadi calon pembeli yg butuh mobil kecil kapasitas 5 orang, yg sekali2 bisa dipake/dipaksa buat 7 orang.
gue setuju bro, perlu yg namanya change of paradigm buat local market, soalnya di sini itu kl gue liat market kadang msh menganut filosofi "lebih mahal berarti lbh besar".
mungkin ini bisa jd handycap buat si livina (personal opinion yah, blm tentu bener sih).
ngomong2 bung Sithlord kemana ya?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Fri Mar 30, 2007 17:00
- Location: Surabaya
bung uch, itu spec yang saya dapt dari brosur livina (4420L x 1690W x 1595H) dan webnya inova (4555L x 1770W x 1745H). kalau dilihat dari gambar, proporsi pintu depan livina lebih besar daripada pintu belakang (2nd row), kalau inova sepertinya sama, untuk hidung sepertinya hampir sama, ini cuma visual pada gambar lho.
setuju dengan bung uch, buat saya sebenarnya 3rd row itu hanya untuk insidentil, bukan utk daily use, jadi nggak terlalu mempermasalahkanl, ini kembali lagi ke kebutuhan.
setuju dengan bung uch, buat saya sebenarnya 3rd row itu hanya untuk insidentil, bukan utk daily use, jadi nggak terlalu mempermasalahkanl, ini kembali lagi ke kebutuhan.
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Mar 30, 2007 2:18
Ini requirement gue banget, makanya Livina meet my expectation. Dan satu lagi yang penting banget buat gue adalah handling spt sedan-nya.uch wrote: Nissan bisa bikin Livina ini jadi Innova Killer kalo mereka bisa mengubah cara pandang orang Indo yg selama ini selalu beli mobil tinggi besar (7 seater) kemudian 90% dari pemakaiannya dipakai buat 1-5 orang, menjadi calon pembeli yg butuh mobil kecil kapasitas 5 orang, yg sekali2 bisa dipake/dipaksa buat 7 orang.
Udah test drive 1.5 AT keliling2 naek tol, jalan macet dan jalan jelek sabtu kemarin, overall puas. Tapi emang akselerasi-nya gak seresponsif yang di harapkan. Tapi mau gimana lagi, kantong belom sanggup buat nebus 1.8
Btw, masalah space, emang cocok-nya buat 6 orang dewasa yang nyaman, tapi again ini sesuai kebutuhan gue..hehe
posisi nyupir juga nyaman banget (FYI, tinggi/berat gw 190cm/85kg)
duduk di baris ke dua juga okeh...
belom nyoba di baris ke tiga...
conclusion : jadi beli 1.5 AT dark grey...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 312
- Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55
Malahan jika space exteriornya sama BESAR dgn Ipah, bisa jadi banyak yang gak mau ambil Livina, karena badannya terlalu bongsor.hunter wrote:hehe. livina lebih kayak sedan..:) dan gua rasa yg mengharapkan Livina akan spt Innova, akan kecewa berat, krn dlm sisi space, emang Livina jelas beda jauh dibanding spacenya Innova.
Dan gua rasa bagi yg mau space yg lebih lapang dan ga masalah dengan bongsornya Innova, pasti lebih baik milih Innova. masalahnya Livina, cuman terbatasnya ukuran fisik.
makanya bingung juga gua, dengan uang 200jt, apa orang mau milih Livina dibanding Innova?
secara interior sih, nurut gua (spt yg dibilang Conan), sdh sangat bagus koq. ga kayak cheap plastic. :) gua masih belum test drive, kmrn weekend mau test drive, ga jadi.... :(
In my view, dimensi luar Livina SANGAT PAS (tdk terlalu besar & tidak terlalu kecil).
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Fri Mar 30, 2007 2:18
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 312
- Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55
Mas Martono, saya pemakai Avanza & Jazz, so kualitas interior lebih bagus Livina.martomo wrote:Saya sangat antusias mengikuti topic livina tapi ketika kemarin melihat langsung, harapan tinggal harapan, interior aja masih luasan avanza, maka sepertinya saya lebih memilih avanza s matic yg cuma beda 3 jutaan dari standardnya livina.
Kalau mau membandingkan baris ke-3, Avanza hanya layak untuk anak-anak, sedangkan Livina untuk orang dewasa (tinggi 160 - 170) masih layak diisi 2 orang.
Gejala ndut-ndutan dan suspensi keras juga belum bisa hilang dari Avanza asli (beda kalau sudah dimodifikasi).
Sorry mungkin beda pendapat tp ini pendapat objektif saya sebagai pemakai Avanza.