Nissan Grand Livina Test Drive saya di Bali - Part 1

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

Turboman wrote: Gw test drive yg 1.5 A/T di Senayan City, yg lucu sewaktu mau mulai bergerak terkesan ada power surge (power surge itu akibat dari penggunaan teknik "throttle blipping" di Nissan pak yi skep throttle dibuka lebih cepat saat akselerasi awal utk memperoleh dorongan awal yg lebih cepat makanya pembukaan thottle di mesin Nissan sudah tidak pake kawat lagi tho), tetapi begitu mulai bergerak & berakselerasi power di RPM sekitar 1800 - 3500 terasa "kopong" (rpm 3500 di OD gear berarti kecepatan GL 1.5 A/T sudah nyampe di 145 km/jam ato hampir top-speed lho, jadi kapan bisa nikmati ndak kopong tarikannya di GL 1.5 A/T pak ?), ibarat nyetir mobil bermesin Turbo yg lagnya amat sgt panjang........wakakakakakakak
Last edited by Smatic on Mon Apr 09, 2007 0:21, edited 1 time in total.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

alvin_kiak wrote:Klo ga salah kmrn gw liat ada diskusi mengenai transmisi maticnya Livina di sini, yg katanya bukan CVT tapi matic konvensional, namun ada postingan berikut di thread "Foto/Video Livina Launching @ Senayan City 5 Apr 2007" di kamar sebelah :

Hansen
Newbie

Joined: 03 Apr 2007
Posts: 9

PostPosted: Sun Apr 08, 2007 15:29 Post subject: Reply with quote
btw baik varian 1.5 maupun 1.8 sudah memakai transmisi Xtronic CVT 4speed lho! menurut tabloid OTOMOTIF.

Mohon pencerahannya, terutama dari bos Conan..
Aduh, Mr. Alvin, aku agak capai menjelaskan tentang hal ini..

Sebelumnya, aku ingin tanya dulu apakah Anda mengerti tentang apa itu transmisi CVT atau belum..kalau belum, tolong Anda baca beberapa postinganku sebelumnya tentang CVT ini..

Jika sudah, Anda akan mengerti bahwa jika transmisi CVT, tidak akan ada istilah '4-speed' atau 4 gigi, karena pada CVT itu bisa disebut tidak bergigi atau bergigi hanya satu, tapi rationya bisa diubah2 (variable), hence the name : Continuous Variable Transmission.

Lebih gampangnya, kalau dalam bahasa sehari-hari, apakah pada Livina ini Anda bisa merasakan waktu gigi berpindah atau tidak (sedikit menghentak). Kalau bisa, berarti bukan CVT karena kalau pada CVT, tidak ada gigi yang berpindah secara mekanik. :)
alvin_kiak
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18

Post by alvin_kiak »

conan wrote:
alvin_kiak wrote:Klo ga salah kmrn gw liat ada diskusi mengenai transmisi maticnya Livina di sini, yg katanya bukan CVT tapi matic konvensional, namun ada postingan berikut di thread "Foto/Video Livina Launching @ Senayan City 5 Apr 2007" di kamar sebelah :

Hansen
Newbie

Joined: 03 Apr 2007
Posts: 9

PostPosted: Sun Apr 08, 2007 15:29 Post subject: Reply with quote
btw baik varian 1.5 maupun 1.8 sudah memakai transmisi Xtronic CVT 4speed lho! menurut tabloid OTOMOTIF.

Mohon pencerahannya, terutama dari bos Conan..
Aduh, Mr. Alvin, aku agak capai menjelaskan tentang hal ini..

Sebelumnya, aku ingin tanya dulu apakah Anda mengerti tentang apa itu transmisi CVT atau belum..kalau belum, tolong Anda baca beberapa postinganku sebelumnya tentang CVT ini..

Jika sudah, Anda akan mengerti bahwa jika transmisi CVT, tidak akan ada istilah '4-speed' atau 4 gigi, karena pada CVT itu bisa disebut tidak bergigi atau bergigi hanya satu, tapi rationya bisa diubah2 (variable), hence the name : Continuous Variable Transmission.

Lebih gampangnya, kalau dalam bahasa sehari-hari, apakah pada Livina ini Anda bisa merasakan waktu gigi berpindah atau tidak (sedikit menghentak). Kalau bisa, berarti bukan CVT karena kalau pada CVT, tidak ada gigi yang berpindah secara mekanik. :)
Ok thx Mr. Conan, I got it..
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

Turboman wrote:
Overall score Livina dibanding Avanza sejauh ini memang Livina jauh lebih OK, tetapi yg saya kurang suka setirnya terlalu enteng, juga yg disayangkan kursi pengemudi tidak dilengkapi mekanisme naik - turun.

Positive aspect :
remnya oke
Electric power steering yg tidak begitu memakan tenaga mesin
CAI di atas radiator
tata letak mesin & komponen2 mesin yg rapi (MR18DE)
Setuju bung Turboman klu kelas Grand Livina 1500cc memang di atas Avanza 1500cc krn memang harga jualnya juga sudah lebih mahal Rp 15 juta-an (Avz A/T 1500cc @ Rp 141 jt vs GL A/T 1500cc @ Rp 156 jt), padahal di Grand Livina A/T 1500cc belum ada perlengkapan standar spt : ABS/EBD, no electric power mirrors, no fog lamps, no parking sensor, no head rest & no seat belt di bangku belakang, dan velg kaleng utk ban cadangan. Klu semua feature tsb dilengkapi ke Grand Livina 1500cc XV maka akan dibutuhkan tambahan biaya sekitar Rp 15-20 juta lagi, shg perbedaan harga "apple to apple" antara Avz 1500cc dgn Grand Livina 1500cc sekitar Rp 30-35 juta-an.

Belum lagi perbedaan biaya maintenance & harga suku cadang, spt ECU Grand Livina @ Rp 15 juta (Avz 1500cc @ Rp 4 juta), sensor oksigen Grand Livina @ Rp 1,5-1,6 juta (Avz 1500cc @ Rp 250 ribu) dll.

Jadi cukup berat utk Grand Livina 1500cc turun bersaing ke kelas Avanza 1500cc krn perbedaan harga unit & harga spare partnya yg cukup significant (kecuali harga filter-filternya yg hampir sama), mengingat konsumen Avanza (low MPV) sangat peka thdp harga suku cadang & biaya perawatannya.
Apalagi klu Grand Livina harus bersaing di kelas Avanza/Xenia 1300cc.
User avatar
liongkiky
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19

Post by liongkiky »

Wew pinter juga nissan kasih harga mobil murah dahulu lalu untungnya belakangan dari spare parts dan accessoris, mirip kaya orang jualan printer. Tapi apa benar harganya beda jauh begitu? Apakah ada data-data spare part nissan yang real?
lexastan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Fri Mar 30, 2007 4:20

Post by lexastan »

Kemarin liat di Tunjungan Plaza Surabaya. belum sempet TD. Di sana ada 2 varian yang dipamerkan 1.5 M/T dan 1.8 M/T.

Kekuatiran saya terhadap dimensi kabin ternyata benar. Baris kedua memang bisa dimuat 3 dewasa (apalagi kalo dewasa cewe2). Namun yang SANGAT TIDAK ENAK adalah ergonomis dari sofa di 2nd row. Hampir tidak mungkin ada keenakan dan kenyamanan orang yang duduk ditengah. Sandaran amat keras dan sofa duduk di tengah tidak mengenakan.....

Tolong bagi empunya stream, Jazz atau Sedan lainnya, apakah 2nd row mobil anda juga hampir sama dengan Livina..... maksud saya apakah memang seperti itu pada umumnya, karena avanza saya walaupun leg room sempit tp baris tengah duduknya jauh lebih enak....

Lalu mengenai maju mundurnya 2nd row juga tidak banyak membantu. Maju mundurnya hanya u kep 3rd row saja. padahal saya tadi pikir 2nd row bisa dimundurin sekali sampai full sehingga sangat leluasa di 2d row. JADI walaupun 2nd row dimundurin, saya rasa kaki belum bisa selega di Innova....

Saya jadi bertanya2 apakah sebenarnya ini mobil memang nyaman untuk berempat saja...
(karena 3rd dimanapun pasti tidak enak)

SO, cuma mau nanya, kira2 misalnya..... baris kedua saya modifikasi sendiri atau saya ganti, itu akan habis cost berapa ya ?????


Untuk performance, karena belum TD saya mau nanya ama yg uda coba, krn agak terganggu dgn komentar diatas nih, mengenai performance 1.5 /AT, tidak responsif sama sekali ya???

help me guys before i make up my mind ...

Thanks guys,
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Post by andihp »

Smatic wrote: Sudah diduga sebelumnya pak dony klu akselerasi Grand Livina A/T 1500cc cukup berat (apalagi klu berbeban penuh/7 penumpang di tanjakan panjang) krn pemilihan final gear ratio yi 4,072:1 utk Grand Livina 1500cc A/T tidak mengutamakan pencapaian akselerasi yg optimal ttp lebih mengutamakan pada keiritan konsumsi bensin di jalan tol (pencapaian kecepatan tinggi di rpm serendah mungkin).
Kalo 1.5 M/T nanjak dengan 7 penumpang kuat ga ya? misal tanjakan masuk parkir di mall artha gading itu.
dony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Sep 27, 2006 8:22

Post by dony »

Utk perfomance 1800 cc yg matic pasti lbh responsif dibandingkan yg 1500 cc yg agak lemot, baris ke 2 H.Jazz nggk enak terlalu tegak.
Mungkin ada yg test drive 1800 cc comment dong, atau Mr Conan minta comment dong kitra-2 maticnya 1800 cc gimana ?
ahmad
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon Mar 12, 2007 6:14

Post by ahmad »

di http://www.nissan.co.id, kenapa grand Livina belum nongol? Webmasternya pada sibuk ikut pameran kali ya..
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

lexastan wrote:Kemarin liat di Tunjungan Plaza Surabaya. belum sempet TD. Di sana ada 2 varian yang dipamerkan 1.5 M/T dan 1.8 M/T.

Kekuatiran saya terhadap dimensi kabin ternyata benar. Baris kedua memang bisa dimuat 3 dewasa (apalagi kalo dewasa cewe2). Namun yang SANGAT TIDAK ENAK adalah ergonomis dari sofa di 2nd row. Hampir tidak mungkin ada keenakan dan kenyamanan orang yang duduk ditengah. Sandaran amat keras dan sofa duduk di tengah tidak mengenakan.....
Nah, Mr. Lexastan, mungkin kini Anda paham bahwa apa yang sebelumnya aku katakan adalah apa adanya, tidak melebih-lebihkan ataupun mengurang-ngurangkan sesuatu.

Aku mengerti Anda tentu kecewa karena sebelumnya Anda mendapat kesan bahwa baris kedua bisa muat 3 orang dengan nyaman, bahkan mungkin 2 + 4 seperti yang Anda mau. Setelah mencobanya sendiri tentu Anda mengerti yang sebenarnya.
Last edited by conan on Mon Apr 09, 2007 3:28, edited 1 time in total.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

(double posting)
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

hehe. livina lebih kayak sedan..:) dan gua rasa yg mengharapkan Livina akan spt Innova, akan kecewa berat, krn dlm sisi space, emang Livina jelas beda jauh dibanding spacenya Innova.

Dan gua rasa bagi yg mau space yg lebih lapang dan ga masalah dengan bongsornya Innova, pasti lebih baik milih Innova. masalahnya Livina, cuman terbatasnya ukuran fisik.

makanya bingung juga gua, dengan uang 200jt, apa orang mau milih Livina dibanding Innova?

secara interior sih, nurut gua (spt yg dibilang Conan), sdh sangat bagus koq. ga kayak cheap plastic. :) gua masih belum test drive, kmrn weekend mau test drive, ga jadi.... :(
Tango
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Fri Mar 30, 2007 17:00
Location: Surabaya

Post by Tango »

bung smatic, bagaimana dengan harga suku cadang fast movingnya, apa beda jauh dengan yang lain.

bung lexastan, untuk ruang memang ga bisa dibandingin dengan inova, karena dimensinya juga beda, terpaut 135 mm untuk panjangnya, lebarnya terpaut 80 mm. Yg duduk ditengah memang ga enak banget krn bersandar pada armrest, jadi pasti keras.
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

Tango wrote:bung smatic, bagaimana dengan harga suku cadang fast movingnya, apa beda jauh dengan yang lain.
Klu harga filter-filter (oli, udara, bensin) hampir sama, harga parts yg lain blum dibandingin ttp menurut informasi NMI harga parts Grand Livina mmg jauh lebih mahal dp parts Avanza ttp masih sebanding dgn harga parts Innova/Stream.
Mungkin utk 2-3 tahun pertama ndak perlu kuatir parts krn masih digaransi tho.
martomo
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Mon Jul 12, 2004 6:31
Location: Jakarta

Post by martomo »

Saya sangat antusias mengikuti topic livina tapi ketika kemarin melihat langsung, harapan tinggal harapan, interior aja masih luasan avanza, maka sepertinya saya lebih memilih avanza s matic yg cuma beda 3 jutaan dari standardnya livina.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Wah, udah test drive semua. Asyik donk. Gw baru bisa liat2 doang.

Kesan pertama hampir sama dgn yg diatas2. Saat ini, mobil ini bukan Innova Killer.

Nissan bisa bikin Livina ini jadi Innova Killer kalo mereka bisa mengubah cara pandang orang Indo yg selama ini selalu beli mobil tinggi besar (7 seater) kemudian 90% dari pemakaiannya dipakai buat 1-5 orang, menjadi calon pembeli yg butuh mobil kecil kapasitas 5 orang, yg sekali2 bisa dipake/dipaksa buat 7 orang.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Tango wrote:bung smatic, bagaimana dengan harga suku cadang fast movingnya, apa beda jauh dengan yang lain.

bung lexastan, untuk ruang memang ga bisa dibandingin dengan inova, karena dimensinya juga beda, terpaut 135 mm untuk panjangnya, lebarnya terpaut 80 mm. Yg duduk ditengah memang ga enak banget krn bersandar pada armrest, jadi pasti keras.
Saya nggak sempat ngukur2, tapi kalo benar bedanya cuman 13,5 cm (panjang) dan 8 cm (lebar), harusnya nggak beda jauh ya. Masa sih gara2 8 cm, Innova disebut "lega" buat 3 orang, Livina sempit..?

Tapi by visual emang keliatan banget lebih sempit ya... Jgn2 hidung Livina lebih jauh panjang...?

BingungJgTentangSpace
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

martomo wrote:Saya sangat antusias mengikuti topic livina tapi ketika kemarin melihat langsung, harapan tinggal harapan, interior aja masih luasan avanza, maka sepertinya saya lebih memilih avanza s matic yg cuma beda 3 jutaan dari standardnya livina.
hehe. kalo dibilang interior masih luasan avanza. tergantung juga. harus diukur baru ketauan, nurut gua. soalnya nurut gua ga beda jauh. malahan livina gua rasa lebih lega dikit. tapi, gua sih penasaran, mau ngukur sebetulnya...:) yg jelas, avanza lebih tinggi, jadi headroom beda jauh, dan berasanya lega banget jadinya.

kalo nyarinya emang lega, nurut gua sih bukan avanza. tp bisa kayak innova dkk. dan livina punya banyak kelebihan yg ga didapat pd avanza IMHO. btw, sdh test drive blum? (gua sih blum hehehe).
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

uch wrote:Wah, udah test drive semua. Asyik donk. Gw baru bisa liat2 doang.

Kesan pertama hampir sama dgn yg diatas2. Saat ini, mobil ini bukan Innova Killer.

Nissan bisa bikin Livina ini jadi Innova Killer kalo mereka bisa mengubah cara pandang orang Indo yg selama ini selalu beli mobil tinggi besar (7 seater) kemudian 90% dari pemakaiannya dipakai buat 1-5 orang, menjadi calon pembeli yg butuh mobil kecil kapasitas 5 orang, yg sekali2 bisa dipake/dipaksa buat 7 orang.

gue setuju bro, perlu yg namanya change of paradigm buat local market, soalnya di sini itu kl gue liat market kadang msh menganut filosofi "lebih mahal berarti lbh besar".
mungkin ini bisa jd handycap buat si livina (personal opinion yah, blm tentu bener sih).
ngomong2 bung Sithlord kemana ya?
Tango
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Fri Mar 30, 2007 17:00
Location: Surabaya

Post by Tango »

bung uch, itu spec yang saya dapt dari brosur livina (4420L x 1690W x 1595H) dan webnya inova (4555L x 1770W x 1745H). kalau dilihat dari gambar, proporsi pintu depan livina lebih besar daripada pintu belakang (2nd row), kalau inova sepertinya sama, untuk hidung sepertinya hampir sama, ini cuma visual pada gambar lho.
setuju dengan bung uch, buat saya sebenarnya 3rd row itu hanya untuk insidentil, bukan utk daily use, jadi nggak terlalu mempermasalahkanl, ini kembali lagi ke kebutuhan.
ekokurniawan
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Fri Mar 30, 2007 2:18

Post by ekokurniawan »

uch wrote: Nissan bisa bikin Livina ini jadi Innova Killer kalo mereka bisa mengubah cara pandang orang Indo yg selama ini selalu beli mobil tinggi besar (7 seater) kemudian 90% dari pemakaiannya dipakai buat 1-5 orang, menjadi calon pembeli yg butuh mobil kecil kapasitas 5 orang, yg sekali2 bisa dipake/dipaksa buat 7 orang.
Ini requirement gue banget, makanya Livina meet my expectation. Dan satu lagi yang penting banget buat gue adalah handling spt sedan-nya.

Udah test drive 1.5 AT keliling2 naek tol, jalan macet dan jalan jelek sabtu kemarin, overall puas. Tapi emang akselerasi-nya gak seresponsif yang di harapkan. Tapi mau gimana lagi, kantong belom sanggup buat nebus 1.8

Btw, masalah space, emang cocok-nya buat 6 orang dewasa yang nyaman, tapi again ini sesuai kebutuhan gue..hehe

posisi nyupir juga nyaman banget (FYI, tinggi/berat gw 190cm/85kg)

duduk di baris ke dua juga okeh...

belom nyoba di baris ke tiga...


conclusion : jadi beli 1.5 AT dark grey...
livina15
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Mar 27, 2007 8:56

Post by livina15 »

Bung Eko,

Sempet tanya nggak bensinnya pake apa, Premium apa Pertamax ....
Kalo emang yg 1.5L irit, pake Pertamax patut dipertimbangkan nih..
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

hunter wrote:hehe. livina lebih kayak sedan..:) dan gua rasa yg mengharapkan Livina akan spt Innova, akan kecewa berat, krn dlm sisi space, emang Livina jelas beda jauh dibanding spacenya Innova.

Dan gua rasa bagi yg mau space yg lebih lapang dan ga masalah dengan bongsornya Innova, pasti lebih baik milih Innova. masalahnya Livina, cuman terbatasnya ukuran fisik.

makanya bingung juga gua, dengan uang 200jt, apa orang mau milih Livina dibanding Innova?

secara interior sih, nurut gua (spt yg dibilang Conan), sdh sangat bagus koq. ga kayak cheap plastic. :) gua masih belum test drive, kmrn weekend mau test drive, ga jadi.... :(
Malahan jika space exteriornya sama BESAR dgn Ipah, bisa jadi banyak yang gak mau ambil Livina, karena badannya terlalu bongsor.

In my view, dimensi luar Livina SANGAT PAS (tdk terlalu besar & tidak terlalu kecil).
ekokurniawan
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Fri Mar 30, 2007 2:18

Post by ekokurniawan »

Menurut salesnya, mobil yang lagi ogut pake sabtu kemarin pake premium.
Apa mungkin itu yang bikin akselerasinya kurang yahud ya...
livina15 wrote:Bung Eko,

Sempet tanya nggak bensinnya pake apa, Premium apa Pertamax ....
Kalo emang yg 1.5L irit, pake Pertamax patut dipertimbangkan nih..
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

martomo wrote:Saya sangat antusias mengikuti topic livina tapi ketika kemarin melihat langsung, harapan tinggal harapan, interior aja masih luasan avanza, maka sepertinya saya lebih memilih avanza s matic yg cuma beda 3 jutaan dari standardnya livina.
Mas Martono, saya pemakai Avanza & Jazz, so kualitas interior lebih bagus Livina.

Kalau mau membandingkan baris ke-3, Avanza hanya layak untuk anak-anak, sedangkan Livina untuk orang dewasa (tinggi 160 - 170) masih layak diisi 2 orang.

Gejala ndut-ndutan dan suspensi keras juga belum bisa hilang dari Avanza asli (beda kalau sudah dimodifikasi).

Sorry mungkin beda pendapat tp ini pendapat objektif saya sebagai pemakai Avanza.