Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Dan kalau bisa, baik baik ngomong ama service advisornya, saat oli mau masuk ke mesin, saya mau saksikan sendiri. Bukan ngak percaya, tapi takut montirnya lupa, masukin yang 20w50. I ALWAYS saksikan sendiri oli saat masuk mesin.


Dan oli NGO itu bagus. Warnanya kuning muda, mirip oli yang super mahal warna dan flownya. Looks delicious !


Oh bung newcomers, pertanyaan yang amat bagus ! Nah hati hati guys, GL di samping pintu driver sudah tulis, tekanan ban depan 35 psi saat DINGGIN. Belakang 35 psi kalau orangnya sedikit, tapi harus naik ke kalau ngak salah 40+ psi kalau muat banyak orang / barang. Kalau saya ambil saja tengah 37 psi....


Dan yang penting, kebanyakan toko ban, bengkel non-ATPM suka assumsi mobil tekanan ban sekitar 30 psi. Takutnya you guys 1 hari ke bengkel lain, bannya di stel 30 psi, mati deh. Pasti lebih boros dan ban cepat haus...


So know yr car's tekanan pressure dan tiap kali habis service / ganti ban, check dan recheck. JANGAN assumsi orang lain akan tau GL anda itu tekanan bannya perlu lebih tinggi, 35 dan bukan 30 psi.


So untuk optimal performance, dan irit BBM, enak etc, do what Nissan says should be done, yaitu ban depan 35, belakang say 37. Dan kalau sudah jalan ke bengkel kan ban sudah panas. Kalau ngak mau nunggu dinggin, check tekanan naikin saja say 2 angka. So tiba di bengkel / toko ban check ban depan 37 dan belakang 39.


I bet ada orang yang kirain semua mobil sekitar 30 psi. Salah. GL kalau 30 pasti mengecewakan BBMnya. CHECK pls, for yr own good....


MOTHER KNOWS BEST, inggat selalu....
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Oh, 35 / 37 itu untuk GL 1.8 A/T XV. Yang 1.5 ngak tau deh. Harus check label sticker samping pintu driver. Siapa tau 1.5 lebih ringgan dikit bobotnya tekanannya beda tipis ?
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

Sithlord wrote:Dan oli NGO itu bagus. Warnanya kuning muda, mirip oli yang super mahal warna dan flownya. Looks delicious !
dr warna n flow sih gak jelas bagusnya gmana.
musti dilihat speknya. kalo di website2 oli biasanya dikasih spesifikasinya, spt viskositas, kandungan2 zatnya dll.

ada info ga oli NGO itu pake oli pabrik mana? soalnya kan Nissan gak mungkin produksi oli...jadi kita bisa cek langsung ke website pabrikan oli itu.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Benar, tapi kalau lihat oli kental murah, flownya lebih pelan, dan kuningnya lebih mirip kencing orang yang kuning pekat sesudah di tahan lama !


Katanya yang bikin Idemitsu. Specnya saya juga lagi cari, tapi belum ketemu... Terutama TBNnya, Viscosity Indexnya, etc... Tapi setidaknya pakai di Serena rasa enak. Ngak kalah ama oli mahal yang selama ini saya pakai...


Ya itu feeling doang. Ada data lebih bagus lagi. Takutnya itu oli khusus untuk Nissan dan datanya susah di dapat..
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Ngomong2 soal oli, sudah +/-10 thn ini gw selalu pakai oli Yacco Synthetic 10W40 .. Made in Prancis.. setau gw yg import cuma 1 toko di JKT.

Dulu gw kalo beli selalu 1 pail (1dirigen = 25 ltr) krn harga lebih murah 5rb/ltr dibanding ngecer dan Jirigen masih disegel paten asli pasti rusak bila dibuka.
1 pail bisa untuk 5 kali ganti oli mesin + 2 kali ganti oli transimisi (*mobil Honda Ferio).

Untuk oli asli Yacco synthetic 10W40 gw acungi 4 jempol (bukan 2lagi), mesin honda ferio yg gw beli dari baru thn 2000 smp sekarang masih bersih jeroan mesinnya.

Harga perliter untuk Yacco Synthetic 10W40 sekarang Rp. 40.000 (bisa dikasih 37.500 kalo langganan)

Tp terakhir kali gw tanya yg pail 25ltr sdh ga ada lagi, adanya botol pack oval dari plastik isi 2ltr-an.

Dulu segel tutup botol 2ltr-an pasti rusak bila dibuka dan si montir stlh selesai mengisi oli...botol kosongnya selalu di tusuk pake pisau/obeng sampe tembus 2 sisi, yg dulu gw yakini si TOKO/IMPORTIR takut botolnya digunakan orang untuk isi oli palsu.
Tapi terakhir kali gw ganti oli disana sambil bawa jirigen 25ltr yg sudah gw beli 6bln lalu, ada kejadian bikin gw jd curiga melihat montir yg sdg ganti oli mobil orang lain bisa buka tutup botol plastik 2ltr-an itu tanpa membuka segel dan dikumpulin lagi tuh Botolnya!!

Tambah bingung dan curiga-nya gw, mereka punya alat dg tabung besar (sptnya ada filternya juga) untuk sedot oli dari atas mesin, bukan buka baut dari kolong mesin dg alasan untuk menghindari rusaknya baut oli mesin kalo keterusan buka tutup baut. ADA APE NEH!!! sblmnya tidak spt ini! Apakah dg alat itu mereka bisa olah lagi oli bekasnya dg ditambah chemical or additive? terus dimasukkan lagi ke dalam botol 2ltr-an yg belum dirusak segelnya?

So guys... bisa kasih info dimana bisa beli oli bagus dan pasti tidak palsu? Merk apa dan berapa harganya?
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

Sithlord wrote:Tapi setidaknya pakai di Serena rasa enak. Ngak kalah ama oli mahal yang selama ini saya pakai...
boleh share bung lord, sebelum pake NGO, anda pake oli apa? apakah stream anda juga pake oli yg sama (bukan yg NGO skrng) ?
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Wah ! Oli saya sudah coba banyak macam. Castrol Magnatec 10w40, Petronas full syn 0w30, Havoline 0w30, Valvoline 10w30, Shell 5w40 etc.


Serena lebih sering dapat oli bagus, kalau Stream saya sedikit lebih anak tirikan, sebab saya yakin ngak akan saya simpan tu mobil terlalu lama. Kalau Serena bisa lama di garasi saya... Tapi bukan artinya Stream di siksa. Tetap di kasih Castrol Magnatec 10w40, not bad kan ?


Nah itu dia, di Indonesia, ANYTHING can happen ! Saya memang takut beli oli palsu. Wong pernah dengar cerita belakangan itu package untuk infus di rumah sakit itu ada yang recycle dan isi ulang pakai air sungai / atau sumur lupa ceritanya. Nah, yang sakit di infus air palsu bukan sembuh malah makin kumat ! Kadang orang cari duit ngak ada hati nurani yah ? Ngak takut 1 hari saudaranya masuk RS di infus pakai cairan infus palsu yang dia ciptakan...


Thats why saya sekarang pakai NGO. At least its supplied by NMI, chance palsu kecil lah.


Penar industry palsu di Indo gila !
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

saya juga lagi nyari spek oli idemitsu. wah susah banget.
ke website http://www.idemitsu.co.jp yg english-nya, gak list productnya. wah diliat2 idemitsu sdh ada sejak 1911.
ketemu website di singapur http://www.idemitsu-ils.com.sg/products/products.htm gak ada list productnya juga. tapi seri olie2nya: Racing, Super dan paling rendah Formula.

akhirnya liat2 website yg jepang, ada oli2nya, tapi bahasa jepang semua dan gak ketemu speknya. kalo di jepang sono nama olinya Zepro.
http://www.idemitsu.co.jp/zepro/lineup/index.html

liat2 oli TDF buat CVT. dipajangin CVT Nissan di webpagenya. kayaknya Idemitsu ada kerjasama yg kuat dengan Nissan kali ya, atau ada sahamnya, sampe2 CVT Nissan dipajang disono.

oh ya bung lord, ngomong2 obat infus palsu, itu pernah masuk di TV koq, acara apa lupa, yg investigasi gitu, trus ada wawancara dengan yg malsuin juga. bukan cuman obat infus, bahkan sampe hampir segala macam obat juga ada. bahkan obat2 untuk penyakit kritis juga dipalsuin. kacau. dan obat2 itu bukan cuman buat apotik ecek2, tapi bahkan sampai Rumah Sakit2 pun ada yg pake. gak dikasih tau RS apa.

habis pake oli mustinya tiap botol kosong itu diancurin/dirusak yah biar gak bisa dipake ulang.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Thats why saya kalau sakit, mending makan Vitamin / mineral dosis tinggi. Makan obat kalau benar sudah ngak tahan....


Indonesia benar industry palsunya jago ! Pantesan banyak orang mati di rumah sakit. Bukan makin sembuh makin rusak... Juga banyak yang ke luar negeri. Bukan ngak cinta negara, tapi systemnya kacau, doktornya matere, obatnya palsu, siapa yang mau belain ?


Sama dengan oli. BEWARE .....
sutanmudonankayo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Apr 13, 2007 10:15

Post by sutanmudonankayo »

Winata wrote:Kalo gw baris ke2 itu 3 orang menurut gw sudah cukup lega kok. Tapi yang penting iritnya, kan bbm lagi muahal2 banget. Sekali lagi congrats untuk yang dah dapat unitnya.
News update perihal BBM :

Pertamax naik harga dari 5600 menjadi 6050, cuman muterin angka aja tapi jadi selisih 450 perak....

Wah bisa-bisa nggak jadi pake pertamax terus nih, pantesan belakangan ini susah banget nyari pertamax, rupanya lagi ditahan nunggu harganya naik... weleh..weleh....

Please recalculate mengenai hemat atau tidaknya penggunaan pertamax.... dibandingkan dgn premium (yg tidak naik)... :P
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

maxx wrote:Ngomong2 soal oli, sudah +/-10 thn ini gw selalu pakai oli Yacco Synthetic 10W40 .. Made in Prancis.. setau gw yg import cuma 1 toko di JKT.

Dulu gw kalo beli selalu 1 pail (1dirigen = 25 ltr) krn harga lebih murah 5rb/ltr dibanding ngecer dan Jirigen masih disegel paten asli pasti rusak bila dibuka.
1 pail bisa untuk 5 kali ganti oli mesin + 2 kali ganti oli transimisi (*mobil Honda Ferio).

Untuk oli asli Yacco synthetic 10W40 gw acungi 4 jempol (bukan 2lagi), mesin honda ferio yg gw beli dari baru thn 2000 smp sekarang masih bersih jeroan mesinnya.

Harga perliter untuk Yacco Synthetic 10W40 sekarang Rp. 40.000 (bisa dikasih 37.500 kalo langganan)

Tp terakhir kali gw tanya yg pail 25ltr sdh ga ada lagi, adanya botol pack oval dari plastik isi 2ltr-an.

So guys... bisa kasih info dimana bisa beli oli bagus dan pasti tidak palsu? Merk apa dan berapa harganya?

Wah langganan ke Siaga Motor yah oom, gimana kabar si oom tua kacamata & si nci di sana :D

Kalau oli asli, mustinya toko2 oli gede macam TODA & Synergy jaga nama CMIIW, saya kadang sering hunting oli2 stok lama di TODA dulu macam Pentosin, Wintershall & oli2 tsb. memang oke, mana harganya juga miring (harga lama).

Oli oli dr brand yg nggak kelewat populer mungkin ga banyak dipalsu, krn pemalsu ngincer merek2 yg selling volume-nya besar. CMIIW

Kalau misalnya beli Shell mustinya di SPBU Shell sih aman.

Yg udah pasti asli bagi saya ya Elf & Amsoil, salah 1 teman saya jadi distro resmi Elf, kalo Amsoil kenal ama importirnya.......hahahahaha :mrgreen:
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

belum lama ada iklan baris di koran menyediakan Livina ready stock.
ifmarch wrote:
ichsan_n wrote:kampreett.t.. buat iri aja.. wooii NMI.. MUANAAA MOBILNYAAA.. cuapee dee cuman bisa denger cerita orang...
Bung ichsan, makanya moment saat inden harus cepat, dulu saat ada info Livina jangan kebanyakan pikirnya .... pikir sebentar aja, langsung action ... he..he..

Jangan sampe nanti BPKB GL bung ichsan bukan lagi tahun 2007 tapi tahun 2008 .... wakakakaka....
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

IDEMITSU
hunter wrote: dr warna n flow sih gak jelas bagusnya gmana.
musti dilihat speknya. kalo di website2 oli biasanya dikasih spesifikasinya, spt viskositas, kandungan2 zatnya dll.

ada info ga oli NGO itu pake oli pabrik mana? soalnya kan Nissan gak mungkin produksi oli...jadi kita bisa cek langsung ke website pabrikan oli itu.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Ehh.. turboman tau aja neh, si om & nci masih ada disana :D
Mau dong referensi untuk ambil Elf & Amsoilnya.. sapa tau bisa lebih murah getooo...
Jangan peditt.. bagi2 infonya yg berguna buat forum dong...
Turboman wrote: Wah langganan ke Siaga Motor yah oom, gimana kabar si oom tua kacamata & si nci di sana :D

Kalau oli asli, mustinya toko2 oli gede macam TODA & Synergy jaga nama CMIIW, saya kadang sering hunting oli2 stok lama di TODA dulu macam Pentosin, Wintershall & oli2 tsb. memang oke, mana harganya juga miring (harga lama).

Oli oli dr brand yg nggak kelewat populer mungkin ga banyak dipalsu, krn pemalsu ngincer merek2 yg selling volume-nya besar. CMIIW

Kalau misalnya beli Shell mustinya di SPBU Shell sih aman.

Yg udah pasti asli bagi saya ya Elf & Amsoil, salah 1 teman saya jadi distro resmi Elf, kalo Amsoil kenal ama importirnya.......hahahahaha :mrgreen:
marcell
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Mon Apr 30, 2007 8:08

Post by marcell »

Bung Sithlord, apakah penggantian oli yang bermacam-macam jenis itu dilakukan di authorized bengkel atau tidak?

Kalau tidak, apakah akan mempengaruhi warranty dari pabrik?

Saya juga sudah indent GL 1.8 XV AT. Ini adalah pertama kali saya menggunakan nissan, jadi saya tidak tahu bagaiman policy dari nissan mengenai penggantian oli di luar bengkel resmi.

Mohon pencerahannya bung Sithlord. Thanks
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Bung Marcell, pertanyaan yang menarik !


Nah, selama ini saya punya 2 mobil. Yang 1 Honda. Kalau Honda, HARUS beli oli yang di jual mereka, dan terutama mereka sangat suka anjurkan oli TOP 1 ! Jadi mau ngak mau saya kalau ganti oli di luar Honda, misalnya di Toda. Terus saat service berkala bilang ama Honda, jangan ganti olinya. Tapi pernah juga beli oli dari Honda merek Shell... Itupun I mau saksikan saat oli di isi tidak boleh...


Nah, kalau Nissan bedanya apa ? Selama ini, saya selalu service ganti oli di dealer Nissan. Meskipun saya berapa kali bawa oli sendiri mereka OK. Tiap kali isi oli sendiri saya mau saksikan, lihat sendiri di workshop, asal sudah minta permisi dari service advisornya di perbolahkan.


Cuman seingat saya, kalau bawa oli sendiri, garansi masih berlaku, tapi kalau nanti terbukti ada kerusakan yang ada hubungan ama oli, dan sudah tau saya bawa sendiri, nah itu kalau ngak salah mereka tentu tidak mau tanggung, sebab olinya dari luar. SAya merasa itu cengli kok. Di catat di car record sheetnya, oli di sekian km bawa sendiri.


Saya rasa lebih enak begitu. Mau pakai oli sendiri, silahkan, tapi kalau oli yang saya bawa sendiri palsu, dan ganggu mobil, tentu bukan salah Nissan, jadi mereka tidak tanggung jawab atas gangguan yang sebab oleh oli....


Dan enaknya, saya selalu beli oli dari toko besar, seperti Toda, jadi selama ini baik baik saja. Ngak pernah ada problem. So I am Happy. Nissan dealer also Happy. Everybody happy....


Tapi kalau di dealer Nissan lain saya ngak tau yah, seharusnya sama. Cuman kalau mau lebih yakin, contact saja Pak Ronny atau bagian customer service lain, supaya bisa confirmasi pengalaman saya...


Atau bisa saja saya langganan dealer tertentu, jadi muka saya di kenal di seluruh bengkel, dan mereka lebih " cing cai " ama saya ? I don't know... Tapi di dealer Honda ngak ada orang yang kenal saya. Mungkin terlalu sibuk kali... Di Nissan service advisornya selalu inggat dan panggil nama saya. Hmm berasa seperti orang penting sedikit saat itu... Itulah namanya customer service... Jangan hanggap saya itu satu dari ribuan pengunjung yang tidak ada namanya.


Tapi heres a hint.. Mau dapat pengalaman seperti saya, kalau bisa setia ama satu dealer favourite. Kenali service advisornya, respect mereka dan get to know them. Otomatis mereka akan inggat anda, dan akan give you extra courtesy and service.... Common sense...


Tapi saya bukan anak Jenderal atau anak pejabat. I am nobody. So kalau saya boleh bawa dan isi oli sendiri di Nissan, kenapa you guys tidak bisa ? Tapi sekarang sudah ada Nissan Genuine Oil. Kalau ngak mau pusing takut garansi bagian tertentu hilang atau kena oli palsu, ya sudah, pakai saja Nissan Genuine Oil. Di jamin garansi 100% berlaku...


Ngak di rayu pakai oli Top 1 lagi....
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Nah, pikir pikir benar ngak. Kebijakan Honda juga anyway percuma. Misalnya saya masih mau garansi berlaku. OK. Saya ganti say oli Top1 atau Mesran yang murah di jual Honda.


Terus sesudah service, saya langsung ke Toda, buang oli murah itu dan ganti oli favourite saya. Eh, nanti kena oli palsu, saya complain ke Honda " Oli lu bikin masalah nih... "


Bisa kah Honda verifikasi oli di mesin saya itu Top1, mesran atau oli yang di luar jualan Honda yang saya ganti ? Bung Turboman, bisa kah oli di mesin di analisa supaya tau olinya merek apa ? Atau asalnya dari mana ?


Kalau susah, ya mau bypass kebijakan Honda jadi lebih mudah juga... Percuma larang saya bawa oli sendiri.... Kecuali bisa di deteksi, di check...
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Bung lord, gw biasa pake mobil 1 super 10-40 Kira2 cocok untuk livina tidak. Kalo tekanan ban mobil gw biasa depan 30psi dan belakang 32 psi. Itu gw rasa bantingan palling enak. Tapi belum tau di GL.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Good question my friend ! Tentu saja 10w40 cocok, tapi kalau bisa lebih encer dan tidak akan akibat buruk, demi lebih hemat lagi BBM, kenapa ngak turun lagi ke 10w30 ?


Nah, seperti saya bilang, benar kan ? Image tekanan ban di banyak orang adalah 30 psi dan sama atau sedikit di atas di belakang.


So kalau anda nanti GLnya pakai tekanan 30 /32 pasti BBMnya bisa lebih boros. Sebab Nissan sudah hitung dan GL tekanan ban optimumnya adalah 35/35 or 35/37-40+ tergantung load di belakang.


So once again all GL owners, inggat, mobil ini jangan pakai 30/32. Naikan lah ke 35/37 pasti sip, kencang, mantap di tol dan hemat BBM. Biayanya cuman UDARA !


Beda mobil perlu tekanan beda, jadi 30 sudah tidak bisa lagi jadi benchmark untuk semua mobil. FYI Serena ku perlu 33/33. Stream kalau ngak salah 32/35. Kalau jaman dulu kayaknya lebih banyak yang pakai 30.


MOTHER KNOWS BEST (Ibu yang ciptakan mobil tersebut), not me, not you bung Winata... So go for 35, not 30, for your own good...
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Gw belum tau yang GL. Tapi mobil gw semua disarankan 35/35. Tapi tetap saja saya buat 30/32 karena kalo 35/35 kekerasan dan gw biasanya pake mobil sendirian.

But thx atas informasinya GL gw pasti gw buat 35/35.
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Karena kebiasaan isi angin nitrogen saat pake avanza supaya suspensi jadi lembut. So, Apakah aturan pengisian 35/35 or 35/37 untuk GL juga berlaku untuk yg anginnya nitrogen?
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Gw suka pake nitrogen lebih lembut dan ban tidak cepat panas. Masalahnya kalo keluar kota kalo lagi kurang angin ga ada tempat untuk isi nitrogen. Kalo campur takutnya ga bagus. Makanya ga pernah pake nitrogen lagi sampe sekarang
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Winata wrote:Gw suka pake nitrogen lebih lembut dan ban tidak cepat panas. Masalahnya kalo keluar kota kalo lagi kurang angin ga ada tempat untuk isi nitrogen. Kalo campur takutnya ga bagus. Makanya ga pernah pake nitrogen lagi sampe sekarang
Tidak perlu kuatir!

Ingat lagi pelajaran fisika di SD : komposisi udara itu = 78% Nitrogen, 20% oksigen, 2% gas2 lain.

Mengisi ban dengan gas nitrogen tujuannya hanyalah mengurangi kadar oksigen dan gas lain yang 22% itu, jadi tidak apa2 ditambahkan udara biasa yang memang sudah mengandung 78% nitrogen. Setelah beberapa lama boleh dikuras dan diisi penuh nitrogen lagi, tapi kalau hanya untuk menambah angin, tidak perlu isi yang 100% nitrogen.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Thx bung conan atas infonya. Mungkin gw SD belum ada fisika disekolah gw hehehe. Soalnya dengar dari montir2 ga boleh isi campur ya gw ga berani takut pecah ban di jalan. Tapi mulai kali ini gw mau isi nitrogen.

Oh ya katanya nitrogen bisa hemat bbm apa benar ya. Tapi kalo bantingan sih memang kerasa nitrogen itu bagus.
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

Sithlord wrote:Nah, pikir pikir benar ngak. Kebijakan Honda juga anyway percuma. Misalnya saya masih mau garansi berlaku. OK. Saya ganti say oli Top1 atau Mesran yang murah di jual Honda.


Terus sesudah service, saya langsung ke Toda, buang oli murah itu dan ganti oli favourite saya. Eh, nanti kena oli palsu, saya complain ke Honda " Oli lu bikin masalah nih... "


Bisa kah Honda verifikasi oli di mesin saya itu Top1, mesran atau oli yang di luar jualan Honda yang saya ganti ? Bung Turboman, bisa kah oli di mesin di analisa supaya tau olinya merek apa ? Atau asalnya dari mana ?


Kalau susah, ya mau bypass kebijakan Honda jadi lebih mudah juga... Percuma larang saya bawa oli sendiri.... Kecuali bisa di deteksi, di check...
wah, boleh juga nih...
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D