Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Ahahaha.. betul. betull.. indent padalah 14 april kemarin.. itu juga pas dalam perjalanan mau bayar new jazz yg ready.. mampir bentar ke nissan.. ehhh.. terperangkapp deh... hik.. hik.. tapi daripada gw nyesel, ngga papa nunggu deh... ASAL KAGA KELAMAAN AJA YAH NMI!, NMI IYA NGGA?!
ifmarch wrote:
ichsan_n wrote:kampreett.t.. buat iri aja.. wooii NMI.. MUANAAA MOBILNYAAA.. cuapee dee cuman bisa denger cerita orang...
Bung ichsan, makanya moment saat inden harus cepat, dulu saat ada info Livina jangan kebanyakan pikirnya .... pikir sebentar aja, langsung action ... he..he..

Jangan sampe nanti BPKB GL bung ichsan bukan lagi tahun 2007 tapi tahun 2008 .... wakakakaka....
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

hunter wrote:emang betul bung ifmarch. tapi tetep yg diutamakan unit yg mayoritas. jadi untuk kasus kaya saya dan bung winata (yg pesen ultimate), dapetnya tetep mei. padahal bung winata setahu saya indennya sdh sangat awal.
Oh ..ya sorry untuk kasus yang Ultimate, jangan sampe bosen aja nunggunya.

Oh ..ya, dulu ada yang bilang bahwa di GL belum ada jam digital, siapa ya yang pernah bilang begitu ?? Jangan dibilang tidak ada, karena di tape GL display nya emang kan sudah digital mulai dari info tuning radio sampe cd track CD.

Tapi ada satu yang menggembirakan bahwa disisi kiri display tape ada jam digital dimana jam tetap hidup saat tape di-on-kan ataupun juga saat tape di-off-kan. So jangan ada lagi yang bilang di GL tidak ada jam digital. Jam digitalnya udah jadi satu dgn tape.
ichsan_n
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1121
Joined: Wed Apr 18, 2007 2:03

Post by ichsan_n »

Lah pakk?!!! tapi pemanas air mandinya beneran ngga ada loh??!!.. wahh.. wahh.. udah mulai ngaco neh gw kelamaan nunggu ni mobil..
ifmarch wrote:
hunter wrote:emang betul bung ifmarch. tapi tetep yg diutamakan unit yg mayoritas. jadi untuk kasus kaya saya dan bung winata (yg pesen ultimate), dapetnya tetep mei. padahal bung winata setahu saya indennya sdh sangat awal.
Oh ..ya sorry untuk kasus yang Ultimate, jangan sampe bosen aja nunggunya.

Oh ..ya, dulu ada yang bilang bahwa di GL belum ada jam digital, siapa ya yang pernah bilang begitu ?? Jangan dibilang tidak ada, karena di tape GL display nya emang kan sudah digital mulai dari info tuning radio sampe cd track CD.

Tapi ada satu yang menggembirakan bahwa disisi kiri display tape ada jam digital dimana jam tetap hidup saat tape di-on-kan ataupun juga saat tape di-off-kan. So jangan ada lagi yang bilang di GL tidak ada jam digital. Jam digitalnya udah jadi satu dgn tape.
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

ichsan_n wrote:Lah pakk?!!! tapi pemanas air mandinya beneran ngga ada loh??!!.. wahh.. wahh.. udah mulai ngaco neh gw kelamaan nunggu ni mobil..
Bung ichsan pemanas air mandi ??##....emang GL multi fungsi ya selain berfungsi sbg mobil juga berfungsi sebagai pemanas air ....he...he..

Oh ..ya, tutup tangki bensin sudah dilengkapi dengan tali pengikat (kalau avanza tidak ada), so kalau dulu di avanza saat mau isi bensin bela-belain untuk menjaga tutup bensinnya supaya gak hilang or jatuh. Tapi kalau di GL tutup bensin sdh ada tali pengikatnya so gak perlu takut hilang or jatuh.
tomat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Tue Apr 17, 2007 15:56

Post by tomat »

GL.. Kalau pake Roof Rack ... keren ngga ya..?
surya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Sat Apr 14, 2007 4:44

Post by surya »

JESKONENG wrote:Kayaknya bakal jadi kandidat "car of the year" yang digelar majalah2 otomotif ya ? Sejauh ini banyak kelebihan Livina yang digembor2kan... kalo kelemahannya apa aja ya, dibandingkan dengan mobil lain yang setara mesinnya (1,5 dan 1,8) ?
Kelemahannya sih menuut gue yg paling kelihatan.... model eksteriornya jelek! Kalah sama Honda Stream. Coba kalo dibuat lampu belakangnya model stream yg di atas gitu, pasti lebih bagus....

Btw, kalo mau pasang lampu LED model Grandis atau Toyota [cencored] gitu, berapaan yee.. hehehe
sutanmudonankayo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Fri Apr 13, 2007 10:15

Post by sutanmudonankayo »

Coba-cobanya itu lho yang pastinya bikin harganya nggak mungkin seharga sekarang... lha wong spion aje untuk 1.5 masih dikasih manual koq

Nanti malah nggak jadi kandidat "car of the year" lagi, karena sudah berkurang poin value for moneynya...

BTW kalau jadi car of the year nantinya pasti bakal berseliweran tuh, jadi mobil sejuta umat.. jadi nggak istimewa lagi donk.. koq jadi antiklimaks yah perasaan?
Padahal jiwa ane pengen lain daripada yg lain.. pengennya sih.. tapi terbentur budget..wakakakakk.. (sebelum dibilang yg lain suruh beli aje Lamborghini or ferrari) dah tahu kan the most important is value for money bro... so nanti deh ane puasin kemauan jiwa kalo deh jadi konglomerat.. sekarang masih ngengkong melarat..
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Soal konsumsi BBM.. kita tunggu nih hasil itung2ann REAL DAY TO DAY USAGE-nya berapa.

Soal kesenyapan didalam mobil kejadian pertama dan kedua.. gua akui krn sudah alami sendiri saat test drive.

Nah kalo soal performa mesin.. lain pengalamannya neh... Gw sudah Test Drive 1.5VX maupun 1.8VX, yg 1.5L menurut gw ada kosong/belet pada putaran +/-2200-3200rpm.
Soal Kenceng sih realtif masing2 orang yg merasakan dan tergantung kebiasaan bawa boil apa.
Dari TD experience gw, Speed 1.5VX untuk day to day usage jalan dalam kota.. OKlah.. no problem (waktu TD cuma isi 3 orang w/o luggage)
Yang perlu dipertimbangkan bila 1.5VX di isi 6 orang (+/-50-75kg/orang) + Luggage untuk perjalanan jauh keluar kota yg menempuh jalan naik/menanjak yg cukup significant spt Puncak/Bandung/Lembang dlsb, kayaknya akan susah tarik napas tuh, tetap pasti nyampe seh... cuma ngos-ngosan sudah pasti ada.

Bukan mau memprovokasi kalo 1.5VX tidak baik, krn baik atau tidak itu suatu hal yg relatif berdasarkan kebutuhan, kebiasaan dan kemampuan.
Tapi bilamana dilihat dan ditelaah lebih jauh (kenyamanan, feature, kelengkapan, performa 6speed 1.8L, dslb) dg perbedaan 19.5jt versi 1.8VX memberikan value lebih baik dibanding dg 1.5VX, tentu saja anda harus merogoh kantung lebih dalam lagi, sekali lagi ini relatif untuk masing2 pribadi .. bila dana anda memadai maka 1.8VX pilihan lebih baik dari 1.5VX

All is up to you.. pertimbangkan baik2.. krn hanya kamu yg tau sikon untuk untuk ambil keputusan tsb.
ifmarch wrote: Bung Sith, kalo dibawa jalan-jalan so pasti udah, tapi setelah saya hitung kayaknya lebih banyak istri saya yang bawa dibanding saya sendiri, sepertinya istri lagi enjoy-enjoynya membandingkan jazz-nya dgn Livina. Akhirnya saya yang mengalah untuk bawa jazz ke kantor....he...he..

Mengenai konsumsi bbm, dari baru sampe sekarang udah jalan +-100km dan langsung saya isi dgn pertamax, capek deh ... nunggu jarum penunjuk bbm turun, feeling saya emang lumayan lebih irit dibanding Avanza saya yg dulu dan mungkinpun bisa jadi lebih irit dari jazz (tapi harus ada data yang pasti dulu).

Ada juga nih kejadian lucu dgn sistem kesenyapan kabin di Livina:

pertama karena mobil baru awal-awal bawa pernah 2 kali tiba-tiba mati mesin. Mati mesinnya selain kayaknya saya harus adaptasi dgn setting kopling yang beda dgn mobil sebelumnya, juga karena mesin mobil hanya terdengar pelan sangat sulit untuk memastikan apakah mesin hidup apa tidak ... inilah kesenyapan kabin setara mobil mewah .... he...he..sampe-sampe suara mesin tidak masuk kabin.

kedua biasanya kalau mau jalan-jalan istri suka kelupaan membawa barang-barang keperluan anak-anak selama perjalanan (seperti botol susu, trolley), istri sempat marah karena istri sudah teriak-teriak kencang di dalam mobil untuk mengambil barang-barang yg tertinggal tersebut, tapi saya yang masih diluar mobil tidak kedengaran padahal jaraknya tidak terlalu jauh hanya sekitar 6-8 meter....he..he..

Kalau tarikan mesin, untuk Livina 1.5 XV gigi satu dan gigi 2 cukup panjang-panjang, malahan selama ini saya belum pernah memakai gigi 3 sedangkan info dari istri ia udah pernah memakai gigi 3. Kerapatan gear, mirip seperti sedan karena untuk kecepatan < 60km belum membutuhkan untuk masuk kegigi 3.

Untuk tarikan mobil walaupun 1.5 XV saya rasa cukup kencang juga, kalau kita bejek agak dalam (walaupun sdh drive by wire) serasa tarikan mobil membuat badan kita terdorong kebelakang, rekan-rekan SM-er kalau yang udah inden 1.5 XV, jangan terprovokasi bahwa mesin 1.5 XV tidak kencang .... itu salah besar .... kencang sekali kok. Jadi sekarang kalau mau membejek gas saya agak hati-hati.

Untuk steer emang ringan banget, malah karena udah kebiasaan memakai setir agak berat, saat mau berbelok arah serasa satu kali putar setir udah mentok padahal kan biasanya dua kali putar baru mentok, saat memutar steernya gak terasa .... he...he.
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

maxx wrote:Soal konsumsi BBM.. kita tunggu nih hasil itung2ann REAL DAY TO DAY USAGE-nya berapa.

Soal kesenyapan didalam mobil kejadian pertama dan kedua.. gua akui krn sudah alami sendiri saat test drive.

Nah kalo soal performa mesin.. lain pengalamannya neh... Gw sudah Test Drive 1.5VX maupun 1.8VX, yg 1.5L menurut gw ada kosong/belet pada putaran +/-2200-3200rpm.
Soal Kenceng sih realtif masing2 orang yg merasakan dan tergantung kebiasaan bawa boil apa.
Dari TD experience gw, Speed 1.5VX untuk day to day usage jalan dalam kota.. OKlah.. no problem (waktu TD cuma isi 3 orang w/o luggage)
Yang perlu dipertimbangkan bila 1.5VX di isi 6 orang (+/-50-75kg/orang) + Luggage untuk perjalanan jauh keluar kota yg menempuh jalan naik/menanjak yg cukup significant spt Puncak/Bandung/Lembang dlsb, kayaknya akan susah tarik napas tuh, tetap pasti nyampe seh... cuma ngos-ngosan sudah pasti ada.

Bukan mau memprovokasi kalo 1.5VX tidak baik, krn baik atau tidak itu suatu hal yg relatif berdasarkan kebutuhan, kebiasaan dan kemampuan.
Tapi bilamana dilihat dan ditelaah lebih jauh (kenyamanan, feature, kelengkapan, performa 6speed 1.8L, dslb) dg perbedaan 19.5jt versi 1.8VX memberikan value lebih baik dibanding dg 1.5VX, tentu saja anda harus merogoh kantung lebih dalam lagi, sekali lagi ini relatif untuk masing2 pribadi .. bila dana anda memadai maka 1.8VX pilihan lebih baik dari 1.5VX

All is up to you.. pertimbangkan baik2.. krn hanya kamu yg tau sikon untuk untuk ambil keputusan tsb.
Bro analisanya sama.....kalo gak salah neh Livina itu design awalnya bukan untuk 7 seater, jadi apa iya untuk 7 seater sudah "terbukti" handal?
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

siapa yg bilang sudah terbukti?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

Kalo menurut gw dan yg gw tau, Livina didesign untuk 7 seater sejak dari awal oleh R&D Nissan Japang.

Launch pertama di China dg nama "Livina Genesis" 7-Seater dg mesin 1.8L. Setelah itu belakangan ini Launch lagi Livina 5-Seater dg mesin 1.6L (ape 1.5L gw lupa) yg panjangnya dipangkas dikit dan tentu dengan harga lebih murah.

Kalo di indo diberi nama "Grand Livina" dg 2 tipe varian mesin : 1.5L & 1.8L.
Mesin 1.8L (sama dg mesin Livina Genesis di China) di Indo market positioning-nya untuk mengisi Market MPV/SUV/Family Car dg harga 160JT keatas, ga usah disebut2 deh merk dan type.. pikir aja sendiri deh, OK bro!?

Sedangkan yg 1.5L dipakai krn:
1. Pajak untuk mesin 1.6L 2x lipat dari 1.5L
2. Market positioning untuk mengisi pasar MPV/SUV/Family Car yg berada rentang harga 150Jt kebawah, sama yg ini ga usah disebut merk dan type, loe pikir sendiri ada siapa saja dipasar tsb.

Sebenarnya Grand Livina 1.5L untuk 7-seater, performanya pas2-an alias.. so so lahhh, maksudnya ya itu.. kalo cuma isi 3-4 orang w/o luggage - performanya lebih dari cukup, tp kl sudah isi 6-7 orang + luggage - performa turun drastis alhasil masih bisa tp sedikit maksa dan agak bolot.
Kalo mesin yg 1.8L 6speed ga usah dibacarakan soal performa, gw yakin pasti SIPPP punya, NO COMPLAIN ABOUT IT.

Sekali lagi, all is up to you, cuma kamu sbg decision maker yg tau sikon untuk masalah kebutuhan, keinginan, kebiasaan and kemampuan finansial.

Itu menurut gw, Punya pendapat lain?? .. suka2 loe deh... toh kalo loe ikuti pendapat gw, ga ada benefit untuk gw kok.
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

maxx wrote:Kalo menurut gw dan yg gw tau, Livina didesign untuk 7 seater sejak dari awal oleh R&D Nissan Japang.

Launch pertama di China dg nama "Livina Genesis" 7-Seater dg mesin 1.8L. Setelah itu belakangan ini Launch lagi Livina 5-Seater dg mesin 1.6L (ape 1.5L gw lupa) yg panjangnya dipangkas dikit dan tentu dengan harga lebih murah.

Kalo di indo diberi nama "Grand Livina" dg 2 tipe varian mesin : 1.5L & 1.8L.
Mesin 1.8L (sama dg mesin Livina Genesis di China) di Indo market positioning-nya untuk mengisi Market MPV/SUV/Family Car dg harga 160JT keatas, ga usah disebut2 deh merk dan type.. pikir aja sendiri deh, OK bro!?

Sedangkan yg 1.5L dipakai krn:
1. Pajak untuk mesin 1.6L 2x lipat dari 1.5L
2. Market positioning untuk mengisi pasar MPV/SUV/Family Car yg berada rentang harga 150Jt kebawah, sama yg ini ga usah disebut merk dan type, loe pikir sendiri ada siapa saja dipasar tsb.

Sebenarnya Grand Livina 1.5L untuk 7-seater, performanya pas2-an alias.. so so lahhh, maksudnya ya itu.. kalo cuma isi 3-4 orang w/o luggage - performanya lebih dari cukup, tp kl sudah isi 6-7 orang + luggage - performa turun drastis alhasil masih bisa tp sedikit maksa dan agak bolot.
Kalo mesin yg 1.8L 6speed ga usah dibacarakan soal performa, gw yakin pasti SIPPP punya, NO COMPLAIN ABOUT IT.

Sekali lagi, all is up to you, cuma kamu sbg decision maker yg tau sikon untuk masalah kebutuhan, keinginan, kebiasaan and kemampuan finansial.

Itu menurut gw, Punya pendapat lain?? .. suka2 loe deh... toh kalo loe ikuti pendapat gw, ga ada benefit untuk gw kok.
Wah makasih banget pencerahannya....
Jadi Grand Livina sama dengan Livina Genesis ya bos?

CMIIW ane lagi ya bos. Kalo liat di web nissan china, kok yang ada tipe Geniss bukan Genesis.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Geniss kok...dari awal namanya gitu....mungkin saru sama Sentra Genesis atau mungkin salah ketik dia...hehe...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

sukasuka_man wrote: Wah makasih banget pencerahannya....
Jadi Grand Livina sama dengan Livina Genesis ya bos?

CMIIW ane lagi ya bos. Kalo liat di web nissan china, kok yang ada tipe Geniss bukan Genesis.
Sorry bro.. ngetik kepleset dikit aja ga boleh disini nih.. pada kritis semua. :D

Gw ga bilang Grand Livina sama dengan Livina Geniss, baca lagi deh.. gw bilang mesin 1.8L yg digunakan Grand Livina di Indo sama dg mesin yg digunakan Livina Genesis.. eh... Geniss di China, .. repot juga neh salah dikit langsung diprotes.
firstmpv
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 124
Joined: Tue Mar 27, 2007 10:00
Location: The Green

Post by firstmpv »

Smatic wrote:
firstmpv wrote: Gw dah pake GL 1.5 M/T kurang lebih semingguan. Dari hasil perhitungan didapat konsumsi bbm-nya sekitar 11,3km perliter. Ini setelah jalan sekitar 250km dengan rute kombinasi normal, tanpa macet.
pada periode "running-in" (<2000 km pertama) pemakaian bensin belum dapat dipake sbg acuan (pemakaian bensin lebih boros dalam periode "running-in" krn beban putaran mesin masih berat/seret).
Update seminggu setelah report pertama. Pemakaian minggu ini 343km dengan rute kurang lebih sama dengan minggu sebelumnya, diperoleh konsumsi bbm 14,1km perliter. Naik cukup signifikan dari sebelumnya. Sepertinya terbukti bahwa pada periode running-in engine tambah lama tambah efisien.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Wah irit ya. Congrats nih.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Oh guys, saya pernah baca atau dengar atau 22nya (lupa), ada batch Livina yang awal, yang kalau sebelum lewat tanggal tertentu, oli di mesinnya pakai Indomobil yang lebih kental.


Tapi batch yang sudah lewat sudah pakai oli Nissan Genuine Oil. So nanti saat 1000 km, saya anjurkan ganti olinya ke Nissan Genuine Oil ini. Ada 2 tipe. Pilih yang lebih licin 10W30. Sebab saya lagi pakai oli ini dan looks good. Engine start up lebih lancar dan halus, tarikan juga enteng, dan yang paling penting, konsumsi BBM ada kemajuan.


Tapi masih belum 1 ciclus. Saya nanti lari lebih banyak lagi dan lihat apakah kemajuan itu benar ada.


Sebab kalau Livina pakai mesin baru yang canggih ini, jika di isi oli " umum " yang murah tipe say 20w50 terlalu kental olinya. Pasti lebih boros. Jadi try it. Pakailah Nissan Genuine Oil tipe 10W30 itu.


Sebab meskipun bukan oli bermerek macam Castrol, tapi chance untuk dapat oli palsu lebih kecil. Takutnya di luar beli oli bermerek, ketemu toko nakal, dapat oli palsu, nanti performa mobil menurun, kecewa, mau salahkan siapa ?


Bukan saya bilang jangan beli oli lain. Asal anda kenal baik itu toko dan yakin bisa di percaya olinya. Tapi jika ngak mau pakai Nissan Genuine Oil, tetap saya anjurkan pakai tipe 10W30 atau 5w30 atau bahkan 0w30. Lebih licin dari kulit bayi....


Pilihan oli itu sangat penting. Salah pilih atau dapat palsu, hmm. Pasti merosot mesinnya...


Gantilah olinya saat 1000 km nanti. Jangan lupa... Especially yang terima GL sangat dini. Meskipun ngak tau oli di dalam Indomobil oil atau Nissan Genuine oil, just change the oil saat 1000 km ganti oli favourite anda. Cuman sekali lagi, jangan pakai yang tipe xw50. Max. xw40 masih OK. xw30 paling sip dari pengalaman saya... Tapi jangan turun lagi sampai xw20 of course...


Ngomong ngomong ada yang tau oli Amsoil bisa di beli di mana yah ? Dengar itu merek bagus sebenernya. Entah true or not....
alex99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Apr 02, 2007 6:59

Post by alex99 »

firstmpv wrote:
Smatic wrote:
firstmpv wrote: Gw dah pake GL 1.5 M/T kurang lebih semingguan. Dari hasil perhitungan didapat konsumsi bbm-nya sekitar 11,3km perliter. Ini setelah jalan sekitar 250km dengan rute kombinasi normal, tanpa macet.
pada periode "running-in" (<2000 km pertama) pemakaian bensin belum dapat dipake sbg acuan (pemakaian bensin lebih boros dalam periode "running-in" krn beban putaran mesin masih berat/seret).
Update seminggu setelah report pertama. Pemakaian minggu ini 343km dengan rute kurang lebih sama dengan minggu sebelumnya, diperoleh konsumsi bbm 14,1km perliter. Naik cukup signifikan dari sebelumnya. Sepertinya terbukti bahwa pada periode running-in engine tambah lama tambah efisien.
di milis sebelah juga ada. berarti orangnya sama ya :D
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Wow ! Serena saya dalam kota susah pecahkan angka 1:8 ! 1:14.1 untuk mobil BARU kalau saya sih puas ! Coba nanti pakai oli bagus, rawat dengan benar, perhatikan tekanan ban, sesudah 3000 km, bisa lebih irit lagi pasti....


So GL owners, inggat, yang belajar Engineering pasti pernah dengar kata " DESIGN IS ABOUT COMPROMISES ! "


Seperti bung Winata bilang, mana bisa dapat mobil keluarga 1:10-12 dalam kota, bisa ngangkut 8 orang dengan lega, etc dengan harga terjangkau ? Harus kompromi.


Thats why yang berasa GL baris 2nya ngak super lega, JAWABNYA ya ini, konsumsi BBM jadi amat efficient ! Design itu sering mensajikan, tapi kadang perlu korbankan sesuatu...


Justru kalau GL BBMnya dalam kota cuman beda 1 angka ama Innova, seperti siapa yang ngotot waktu itu ? Saya baru heran... Impossible. Bobot saja sudah beda 300 kg lebih, plus mesin GL lebih kecil...
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Kalo gw baris ke2 itu 3 orang menurut gw sudah cukup lega kok. Tapi yang penting iritnya, kan bbm lagi muahal2 banget. Sekali lagi congrats untuk yang dah dapat unitnya.
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Bung Sith, sebenarnya untuk mobil GL baru klu gak salah dapat service + ganti oli gratis selama 2x (pada km 5000 dan km 10000). Karena dapet gratis dari dealer so pasti dikasih Nissan Genuine Oil.

O ..ya, bung firstmpv udah baca gak buku manualnya khususnya pada topik oli yang direkomendasi. Coba cek lagi bung firstmpv, karena di spek oil yang dicantumkan sebenarnya direkomendasikan 5W30 tapi pada buku manualnya ditutup oleh stiker yg menyatakan spesifikasinya jadi 10W30. Apa ini untuk mengakomodasi oli Nissan 10W30?

Tolong dicek bung firstmpv, apa hanya dibuku manual saya saja yang ditempel stiker atau semua buku manual ?
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

ifmarch wrote:Tolong dicek bung firstmpv, apa hanya dibuku manual saya saja yang ditempel stiker atau semua buku manual ?
loh koq aneh. stiker putih atau hitam? hehehe
koq spt itu, jelek amat cara buatnya. kalopun ada koreksi, seharusnya gak boleh ada koreksi. berarti ada keteledoran nih dr NMI atau Indomobil sih? lagian itu buku semuanya secara manual ditempelin stiker? capek juga yah yg bertugas nempelin...hehehehe
newcomers
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Wed Apr 11, 2007 1:30

Post by newcomers »

omong2 b sithlord, tekanan ban yang bagus untuk keiritan mesti berapa (dpn dan blkgnya)?
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

hunter wrote:
ifmarch wrote:Tolong dicek bung firstmpv, apa hanya dibuku manual saya saja yang ditempel stiker atau semua buku manual ?
loh koq aneh. stiker putih atau hitam? hehehe
koq spt itu, jelek amat cara buatnya. kalopun ada koreksi, seharusnya gak boleh ada koreksi. berarti ada keteledoran nih dr NMI atau Indomobil sih? lagian itu buku semuanya secara manual ditempelin stiker? capek juga yah yg bertugas nempelin...hehehehe
Gak tahu ya bung hunter mana yg betul, tapi sepertinya itu salah satu bentuk revisi dari manual book. Tulisan dibawah yang tempel setelah saya perhatikan dibawah sinar lampu jelas tertulis direkomendasikan oli spek 5W30, sedangkan hasil koreksinya menjadi 10W30. Positive thinking aja, gak ada kok buku yang sempurna apalagi ciptaan manusia. Pasti ada revisinya.


Manalagi dibuku manualnya masih banyak penjelasan antara Livina versi China dan versi non China, so memang harus teliti membacanya. Karena manualnya cukup tebal, kayaknya kalau cara banyak seperti saya lakukan bahwa apa aja yg saya butuh baru saya buka, mungkin 1 minggu gak tamat deh membacanya .... he...he...


Masalah inreyen juga ada, kalau gak salah poin yg saya inget; kendaraan selama masa inreyen gak boleh dipakai dalam kecepatan konstan terus-menerus, kecepatannya gak boleh melewati km tertentu (lupa maybe diatas 120 km, nanti saya cek lagi).
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Oh, kalau ngak salah, angka pertama di depan W itu cuman untuk bedakan performa olinya di cuaca dinggin seperti di Eropa. Tapi di tropis seperti di Indo, ngak beda jauh kok 5w30 atau 10w30. Bahkan nyaris sama kalau cuacanya panas seperti di Indo. Bung Turboman, tolong confirm kasus ini.... Anda paling ngerti mobil / mesin / oli deh..


Pula oh, yang dapat oli gratis (benar gratis atau tidak ?) cek deh. Takutnya yang gratis di kasih versi yang 20w50 itu. Kalau iya, MENDING tambah duit sendiri beli versi 10w30. Ngak lebih dari 200,000 per 4 liter deh. Balik modalnya ngak lama. Tarikan lebih kencang dan irit...


Sometimes the BEST things in life are NOT FREE....