Saran utk pihak marketing Nissan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Saran utk pihak marketing Nissan

Post by Turboman »

Sekedar saran utk pihak marketing Nissan Motor Indonesia yg mungkin juga join di forum ini (kalau memang benar ada) :

Jikalau ingin membuat produk lebih berkesan di mata orang banyak / calon customer :

1. Daripada propaganda yg nggak ada habis2 nya di forum, bagaimana jika membuat acara yg berkesan khusus bagi member SM ? Intinya adalah "Membangkitkan minat orang banyak"

2. Soal konsumsi BBM, nggak perlu sampe "semangat 45" utk menjelaskan ke org. banyak / calon konsumen, yg. penting selalu ada solusi utk "membahagiakan" konsumen bila ternyata ada konsumen yg kurang puas (misalnya) either servis dgn bersihkan ruang bakar scr teratur, guidance penggunaan busi yg pas, setting lambda / CO yg pas, jasa bersihkan saringan udara (tiup angin) scr gratis / biaya sgt. murah bagi pengguna Nissan yg lewat / mampir sesaat, dll.

3. Bikin event / promosi yg menarik, misalnya saja (di masa datang nanti) pembeli Livina utk setahun pertama mendapat kartu Cashback dr bank tertentu tanpa harus bayar iuran tahunan, dimana pada saat2 tertentu kartu cashback ada program diskon bensin di SPBU2 tertentu. (Utk tagihan bulanan ya tetep konsumen / pengguna harus bayar) :P

4. Kerjasama dgn bengkel tertentu, jadi kalau misalnya pembeli Livina mau tambah ini itu (audio, TV, DVD, electric mirror, peredam, jok kulit, etc.) bisa dapat dengan harga sangat miring.



Demikian ide & usulan dari ogut, semoga bermanfaat & maap se besar besarnya jika ada yg kurang berkenan.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

ide2 bung turboman boleh juga tuh.
memang yg penting nurut gua tuh produsen bisa memberikan service LEBIH yg membuat konsumen merasa diperhatikan, diperdulikan n spesial. jadinya loyalitas lebih bisa bertahan. drpd cuman promosi2 produknya.... bukan berarti produknya gak harus bagus loh. produk bagus kalo disertai dengan servis yg EXCELLENCE, baru hebat....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

hunter wrote: memang yg penting nurut gua tuh produsen bisa memberikan service LEBIH yg membuat konsumen merasa diperhatikan, diperdulikan n spesial. jadinya loyalitas lebih bisa bertahan. drpd cuman promosi2 produknya.... bukan berarti produknya gak harus bagus loh. produk bagus kalo disertai dengan servis yg EXCELLENCE, baru hebat....
Betul sekali pak, biasanya kalau di lapangan nanti complain tuh pasti ada aja, jangankan Livina, mobil yg kelasnya jauh di atas Livina pun bisa di recall, dulu spt X5 pernah recall gara2 selang rem.

Nah daripada pihak Nissan gembar gembor scr bombastis ttg Livina, sampai ada yg menyuarakan pendapat yg berbeda pun mau "dihajar" (istilahnya mau coba2 jelekkin Livina, langkahin dulu mayat guwe !) lebih baik membangkitkan minat konsumen dgn pendekatan persuasive yang unik & menarik.

Kalau after sales service (ASS) saya sih percaya NMI oke, 1 teman baik saya & 2 sodara saya pakai X-Trail 2.5 mereka semua cerita sgt puas dgn ASS dr NMI, ada yg reflektor headlampnya diganti krn berembun, muffler diganti, radiator diganti & semuanya Free. :e-clap:

Membangkitkan minat konsumen, dengan rasa rendah hati & tulus, saya rasa tentu akan jauh lebih berkenan di mata konsumen drpd otoriterisme dalam berpendapat.

Maap bila ada yg kurang berkenan.


Sukses selalu buat pihak NMI & jangan lupa consider Qashqai 1.5 dCi atau X Trail 2.2 dCi utk market Indonesia di masa yg akan datang.
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2491
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

Post by WiraSoenaryo »

Saya pindahkan ke forum umum ya...
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

kerjasama ama gw aja.. beli Livina bonus GE megalight.. wakakaka
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

Saya setuju, daripada koar-koar nggak ada bukti.
Akhirnya ekspetasi calon konsumen sudah mencapai nilai 99, barang dan service yang diperoleh cuman 75 atau bahkan lebih rendah.
Akibatnya sudah pasti dimaki-maki.

Kan udah ada contoh, beberapa orang mulai komplain dengan cara indent NMI yang amburadul dan tidak tranparant.
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

post topic pertama dari jam 8 tadi... sekarang uda mau jam 2, n dari pembela nissan yg paling bersemangat sampe sekarang kok belon bersuara? :)
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
yol127
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
Location: Yogyakarta

Post by yol127 »

Aha ... setelah sekian lama jadi "viewer", ada juga topik yang mendorong untuk join dan nimbrung.

Setuju banget bung Turboman. Dan sedikit tambahan adalah :
Program "trade off". Kalau ada customer yang mau upgrade, entah itu grill, spion, kursi, handel, etc ... kasih dong program fasilitas. Komponen yang lama dihargain dan cukup tambah sedikit uang untuk dapat yang baru. Jangan disuruh beli, sebab kalau beli yang lama mo dikemanain.... Pelopor custom-made.

Paling sebel, ada yang mau bela2in beli electric mirror, malah dijawab gak bisalah, ganggu ecu dsb. Padahal kalau masalah catu dayatoh bisa ambil dari lighter. Masak lighter ganggu ecu ... :e-naughty:

Peace
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

Mungkin kalo Nissan udah sebesar Toyota di Indonesia, baru bisa memberikan services yang lebih lagi, karena adanya responds dari customers Indonesia sendiri.

Tapi gw liat psotnya bung Turbo, sepertinya servicesnya udah cukup memuaskan ya ? seperti gantiin lampu karena berembun secara free.

Sedangkan untuk post dari Yol127, kayaknya hal itu ga bisa terjadi deh. Kalo misalnya kecelakaan dan grill'nya pecah, lalu ke dealer nissan mau ganti grill. Apa bisa Nissan "membeli" grill yang udah pecah itu ?

Tapi kalau trade off sih, gw udah pernah tanya ke dealer Nissan, kalau misalnya beli tapi ga mau tape'nya dikurangin berapa ? dia ga mau ngurangin... katanya ga bisa. Soalnya harga'nya udah segitu complete semuanya, ga bisa kurangin ini itu.
yol127
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
Location: Yogyakarta

Post by yol127 »

----
Sedangkan untuk post dari Yol127, kayaknya hal itu ga bisa terjadi deh. Kalo misalnya kecelakaan dan grill'nya pecah, lalu ke dealer nissan mau ganti grill. Apa bisa Nissan "membeli" grill yang udah pecah itu ?
----

Maksud saya adalah untuk yang baru inden trus pingin upgrade. Dari forum udah banyak - terutama yang varian 1.5 - pada mau upgrade tuh.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Jikalau ingin membuat produk lebih berkesan di mata orang banyak / calon customer :

1. Daripada propaganda yg nggak ada habis2 nya di forum, bagaimana jika membuat acara yg berkesan khusus bagi member SM ?

2. Soal konsumsi BBM, nggak perlu sampe "semangat 45" utk menjelaskan ke org. banyak / calon konsumen
Setuju sekali.
Nah daripada pihak Nissan gembar gembor scr bombastis ttg Livina, sampai ada yg menyuarakan pendapat yg berbeda pun mau "dihajar" (istilahnya mau coba2 jelekkin Livina, langkahin dulu mayat guwe !)
Lebih setuju lagi. Been there, done that.

Belakangan rasanya memang makin parah saja (masak tiap orang yang kritis sedikit, langsung dituduh sebagai orang TAM semuanya) dan aku mulai merasakan forum ini tidak lagi se-independen dulu. Memang aneh karena waktu peluncuran Avanza/Innova, APV lalu Jazz pun, forum ini tidak pernah dibanjiri oleh begitu banyak pihak yang merasa atau memang berkepentingan dengan merk yang bersangkutan.

Dulu CRV vs X-Trail dapat dibahas secara objektif dan bebas dari bias, kalau sekarang aku tidak yakin lagi dan jangan2 nanti waktu new X-Trail keluar, akan dipuji2 setinggi langit lagi dan siapapun yang kritik, lagi2 akan diserang habis2an?

:roll:
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

intinya liat produk jgn karena brand fanatic.. liat kenyataan aja. jangan tar dikritik ato diketahui ada spek down malah ngoceh2 :D
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

hahahaha, kita dari tadi ngoceh di sini tapi si nissannya sendiri diem aja... apa karena semuanya mengena?
:twisted:
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

mana nih orang dealer Nissan?
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
kikipik
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Apr 23, 2007 6:56

Post by kikipik »

yup2 , agree banget ama saran dari para mod ..

cuman sekedar usulan , gimana kalo emang ini forum udah makin rame , ada sub forum dari masing2 merk yang diwakili oleh perwakilannya masing2 , kaya customer service or FAQ gitu lah .. dari pada trolling or flaming yg ga jelas ..
Gua rasa orang juga kalo tahu bahwa yg bersangkutan adalah perwakilan dari merk2 tersebut , bakal lebih respek or minimal bertanya secara baik2 (kan namanya juga orang kerja) .. daripada yg ngaku orang ga ada affiliation tapi membelanya berlebihan , kan bisa bikin banyak orang ill fill.. jujur aja gw fanatic MU , tapi kalo emang MU maen kaya sampah and deserved kalah yah musti nerima dunk .. or kalo ngga dalam soal mobil sih , kasih masukan ama brand favorit dia supaya bisa memperbaiki kelemahannya ( bukan dengan cara menjelekkan brand lain )
Hopefully , apapun yang ada di forum ini (terutama perdebatan) dapat memberikan masukan buat para produsen mobil disini , how to keep their (the protester) mouth shut , dengan improvement buat mobil2 tsbt yang ujung2nya kita para konsumen lebih diuntungkan lagi :D :D

salam kenal buat semua

cheers ! :wink:
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

wah... ntar semakin bingung liatnya.... terlalu banyak sub forum
kikipik
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Mon Apr 23, 2007 6:56

Post by kikipik »

kan sub forumnya ada perwakilan dari merk bersangkutan bro , dan ditujukan buat pemakai langsung yg mau uneg2 .. jadi kalo gw liat di forum2 lain ( khususnya forum komputer yah ) , kalo ada complain , lebih baik buat liat dulu tanggapan brand tsb , daripada koar2 ga jelas maunya apa .. but ini cuman saran gw bro , dan ini pun kalo pihak brand menganggap forum ini cukup besar anggotanya :)
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

bikin grup aja kalee, kan ada tuh fungsinya, cuman kagak kepake :D
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

StRaDe_Jazz wrote:post topic pertama dari jam 8 tadi... sekarang uda mau jam 2, n dari pembela nissan yg paling bersemangat sampe sekarang kok belon bersuara? :)
Nyindir sapa nih yah? :roll:
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

don't forget, they don't care we talk bad :)
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

KAlo dibuat subforum antar merek kurang efisien lah.. mending kaya sekarang, dibagi berdasar jenis kendaraan. Jadi kalo sedan Toyota di forum sedan, MPV Nissan bisa di forum minibus, SUV Suzuki di forum SUV, dan seterusnya. Begitu jauh lebih teratur dan tertata.

Kalopun ada masalah dalam mobil masing2, misal member mengeluh suatu hal, bisa dijawab sama member lain yg juga memiliki mobil serupa, atau orang yg mengerti akan hal tsb. Begitu kan inti dari sebuah forum?

GA usah terlalu melebih2kan keunggulan dari sebuah produk, mengkomparasi boleh, tapi harus relevan dan sesuai fakta.

KAn kita semua tahu, namanya buatan manusia, pasti ada saja kekurangannya. Di satu sisi mungkin sebuah produk unggul dari kompetitor, tapi di sisi lain pasti ada kekurangannya.

Kalo sudah masuk dalam unsur subjektif seperti desain dan lain2, hal ini malah tidak perlu diperdebatkan, karena hanya merupakan opini pribadi.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

omong2 soal headlamp berembun, kayaknya semua pabrikan kasih garansi utk produknya (headlamp), jadi ada cacat dikit boleh minta ganti langsung (gratis). contoh : xenia abang saya yg selalu berembun, diganti oleh DAI.

brgkali nissan harus kasih servis lebih daripada sekedar garansi utk produknya... biar berbeda gicu loh
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
neostungsten
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Sun Apr 08, 2007 10:26
Location: depan notebook

Post by neostungsten »

WP wrote:KAlo dibuat subforum antar merek kurang efisien lah.. mending kaya sekarang, dibagi berdasar jenis kendaraan. Jadi kalo sedan Toyota di forum sedan, MPV Nissan bisa di forum minibus, SUV Suzuki di forum SUV, dan seterusnya. Begitu jauh lebih teratur dan tertata.
setuju bro....
cuman kalo bisa memang ada semacam perwakilan resmi dari setiap merek, jadi ada penjelasan yg akurat....
jangan sampai info yg disampaikan tidak valid
jadi kalo ada yg menyampaikan kelemahan atas produk satu merek, mereka akan bisa kasih penjelasan berdasarkan fakta.... bukan asal bela... tapi ga berani ngaku mewakili merek tertentu.... :)
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

neostungsten wrote:
WP wrote:KAlo dibuat subforum antar merek kurang efisien lah.. mending kaya sekarang, dibagi berdasar jenis kendaraan. Jadi kalo sedan Toyota di forum sedan, MPV Nissan bisa di forum minibus, SUV Suzuki di forum SUV, dan seterusnya. Begitu jauh lebih teratur dan tertata.
setuju bro....
cuman kalo bisa memang ada semacam perwakilan resmi dari setiap merek, jadi ada penjelasan yg akurat....
jangan sampai info yg disampaikan tidak valid
jadi kalo ada yg menyampaikan kelemahan atas produk satu merek, mereka akan bisa kasih penjelasan berdasarkan fakta.... bukan asal bela... tapi ga berani ngaku mewakili merek tertentu.... :)
nice reply... tp orang itu kemana ya? yuhuu?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
yol127
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
Location: Yogyakarta

Post by yol127 »

Bagaimana ya kalau para humas / public relation masing2 ATPM diinvite secara resmi untuk gabung aja ? Internet kan harusnya salah satu media yang bisa dipakai oleh mereka untuk berhubungan dengan customer.
Bos-bos moderator atau pengurus club atau yang punya relasi dengan ATPM barangkali bisa kirim undangan ?