Pake Engine Treatment??? Siapa Takut?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
jojon
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 20, 2003 2:02

Pake Engine Treatment??? Siapa Takut?

Post by jojon »

Gara-gara Ich susah dapet mekanik yang bagus (jujur & oke) akhirnya Ich musti cari cara untuk merawat mesin sendiri.
Salah satunya yang Ich pikirkan saat ini adalah pake Engine Treatment,
lumayan juga buat digunakan (yang sekarang Ich pake merek Top One). Kalo kata iklannya sih bisa bikin bersih karburator, bikin busi jadi bersih, bikin kerak-kerak di katup dan ruang bakar jadi bersih. Dan memang terasa juga kinerja mesin lebih oke.
Cuma Ich butuh sharing pengalaman dari kalian yang udah pernah pake juga gimana pertimbangannya dari segi ekonomisnya, atau dari performansi mesinnya sendiri dalam jangka panjang.
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

mungkin bisa diperjelas ini campuran bensin ataukah semprotan pembersih?.............
terima kasih
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Sepertinya maksudnya campuran mas, bukan penyemprot ..
Cobain merk Valvoline Synpower ..
saya gak pernah percaya merk Top1
User avatar
jojon
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 20, 2003 2:02

Post by jojon »

Sebenernya Ich juga ragu sama merek Top One... cuma kebetulan pertama Ich liat yaaa merek itu... Lagipula sebenernya itu juga katanya buat mesin mobil... tapi sengaja Ich pake buat motor. Lagian apa bedanya mesin mobil sama mesin motor. :e-dance:
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

Ini maksudnya yg dicampur ke bensin kah?
atau yg di mix sama pelumas
User avatar
jojon
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 20, 2003 2:02

Post by jojon »

Yang dicampur dengan bensin...
katanya sih bisa bikin ruang bakar jadi bersih, tapi gak tau juga sih... :roll:
Emangnya kalau yang dicampur dengan olie mesin gimana?
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

ya kalo yg dicampur bensin dia bersifat melepaskan kerak dari ruang bakar langsung ke gas buang.....kalo pelumas sebenarnya ga perlu treatment, oli2 sekarang detergen dan dispersannya uda bagus dari pabriknya, nah kalo yg pelumas bersifat membersihkan dinding silinder dan ring ring nya dari kerak yg menumpuk,intinya treatment pelumas berfungsi membersihkan mesin pada bagian2 sisi piston dan seluruh mesin bagian bawah ( inilah yg membuat oli lama2 hitam )
User avatar
jojon
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 20, 2003 2:02

Post by jojon »

Bung Yongis, maaf... Ich jadi mikir apa bener kerak-kerak yang nempel di ruang bakar, dan di klep-klep (utk motor 4 tak) bisa dilibas habis dengan memakai treatment???
Maaf Ich kurang yakin karena Ich sendiri gak terlalu yakin sama produk Top One, mungkin ada yang tau merek lain..??
Bagaimana dengan merek Valvoline Synpower nya bung Equaliser???
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Wah saya engga bisa komentar performa motor setelah memakai engine treatment .. bukan saya yang pake sehari hari pak Image

Tapi kalau saya pakai hari minggu, sih kayaknya gak banyak ngepek yaa
apa motor saya yang emang payah setelannya gak tau dah Image
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Bersihin kerak??? Kalo saya kok kurang yakin yaa???

Mungkin kalo bahan bakar yang dicampur Engine Treat. bisa jadi lebih bersih, tapi kalo kerak yang sudah menempel rasanya ndak mungkin dibersihkan hanya dengan Bensin yang "numpang lewat". Tetep aja kalo mau bersih yaa......buka dan bersihin.

Kalo sebangsa Octane Booster emang efek banget, karena bahan bakar disini kadang banyak campurannya.

Numpang tanya nih, di Jakarta harga NOS Octane Booster yang tutup merah (Racing Performance menaikan oktan sekitar 7 angka) berapa yaa??? Disini harus beli di toko variasi mobil, tau sendiri kan kadang-kadang harganya nipu.
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

teorinya bisa! ,cuma merk2 yg beredar sekarang belum ada yg terbukti..dulu waktu saya masih kerja bikin premix (1994-1996) ada campuran premix yg namanya HITEC bahanya mirip kecap sangat hitam dan kental ,dikemas dalam drum 200literan sekali dateng ratusan drum, ini dimaksudkan agar premix punya daya pembersih terhadap mesin ( ruang bakar dan klep2 tentunya ),nah heranya supir2 tanki di proyek itu sering minta sebanyak 1 botol aqua besar ke saya ternyata buat dimasukan ke tanki solarnya, kebetulan sebulan kemudian pada saat truk itu buka cylinder head untuk mengganti paking yg bocor saya melihat, dan memang terbukti cylinder head dan klep2 nya cukup bersih..kerak solar lebih tebal looh dari kerak bensin,ngebersihinya juga lama dan bikin pegel ( kalo ini dulu pernah ngerasain PKL di bengkel DAMRI cilacap tahun 1990 )
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Apakah di Pertamax & Pertamax + masih ada senyawa seperti itu? Anehnya saya coba pake premium suhu kerja mesin lebih adem dari pada pertamax (2-tak). Bagaimana bisa yaa??
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

1-waduh pertamax dan pertamax plus dibuat langsung oleh pertamina tidak oleh swasta seperti dulu lagi ,jadi saya kurang tahu dan pertamina tidak transparan soal ini, padahal kamilah yg mendistribusikanya jadi yah ga ada yg menjamin,
2- bisa! karena kompresi mesin dua tak lebih rendah dari 4 tak, untuk 2 tak lokal dengan kompresi 7:1 sd/8:1 lebih cocok pake premium karena timing pembakaranya jadi pas,harusnya pake oktan tinggi timing pengapianya dimajukan...
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Yongis_CD wrote:1-waduh pertamax dan pertamax plus dibuat langsung oleh pertamina tidak oleh swasta seperti dulu lagi ,jadi saya kurang tahu dan pertamina tidak transparan soal ini, padahal kamilah yg mendistribusikanya jadi yah ga ada yg menjamin,
2- bisa! karena kompresi mesin dua tak lebih rendah dari 4 tak, untuk 2 tak lokal dengan kompresi 7:1 sd/8:1 lebih cocok pake premium karena timing pembakaranya jadi pas,harusnya pake oktan tinggi timing pengapianya dimajukan...
Thank`s atas infonya.........Bener juga yach! :e-clap:
User avatar
jojon
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 20, 2003 2:02

Post by jojon »

indy wrote:Bersihin kerak??? Kalo saya kok kurang yakin yaa???

Mungkin kalo bahan bakar yang dicampur Engine Treat. bisa jadi lebih bersih, tapi kalo kerak yang sudah menempel rasanya ndak mungkin dibersihkan hanya dengan Bensin yang "numpang lewat". Tetep aja kalo mau bersih yaa......buka dan bersihin.
Mungkin begini penjelasannya bung indy:
Dengan campuran bahan bakar yang dapat menghasilkan pembakaran sempurna di dalam ruang bakar, maka kerak-kerak yang menempel di ruang bakar dan katup akan habis terbakar oleh api pembakaran bensin yang sudah dicampur dengan Engine Treatment, dan terbuang lewat saluran pembuangan atau knalpot.
Justru yang menjadi pertanyaan adalah sampai seberapa 'hebat' Engine Treatment bisa menghasilkan pembakaran yang sempurna di dalam mesin??? :wink:
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Sorry kalau sedikit OOT
tapi bukannya di Pelumas Mesin juga ada tambahan additif deterjen ?

jadi kalau pakai yang campuran bensin ditambah pelumas yg mengandung ini jadi kinclong dong :P
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

sudah dijelaskan diatas.......


ya kalo yg dicampur bensin dia bersifat melepaskan kerak dari ruang bakar langsung ke gas buang.....kalo pelumas sebenarnya ga perlu treatment, oli2 sekarang detergen dan dispersannya uda bagus dari pabriknya, nah kalo yg pelumas bersifat membersihkan dinding silinder dan ring ring nya dari kerak yg menumpuk,intinya treatment pelumas berfungsi membersihkan mesin pada bagian2 sisi piston dan seluruh mesin bagian bawah ( inilah yg membuat oli lama2 hitam )
deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
Location: Jakarta/Bandung

Post by deanz »

Inilah bedanya Oil treatment dan Fuel treatment....kekeke......pada kaga nyambung deh gw
vien03
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Jan 15, 2004 4:36
Location: Jakarta

Post by vien03 »

Jadi menurut lo lo semua, kalo bensin gw dicampur oli samping ( 2tak ) sama aja pake addiktif gak yah ?????
:-)
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

kalo mesin anda 2 tak yah cuma boros2 in oli sama nambah polusi udara.........oktan mah ga nambah
kalo mesin 4 tak? wah ini baru super aneh.......
User avatar
ivanov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
Location: Yogyakarta

Post by ivanov »

Aku sih kadang nyampur bensin langsung ama oli samping motul r800 dan di wadah oli sampingnya cuman shell advance SX2t.Mesinnya ringan,rpm enteng buat dibetot, dan gak khawatir ngancing kalo baru narik2.
Speed is a game??!!
vien03
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Jan 15, 2004 4:36
Location: Jakarta

Post by vien03 »

ivanov wrote:Aku sih kadang nyampur bensin langsung ama oli samping motul r800 dan di wadah oli sampingnya cuman shell advance SX2t.Mesinnya ringan,rpm enteng buat dibetot, dan gak khawatir ngancing kalo baru narik2.
apa tuh ngancing mas ????
:-)
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

ngancing tuh maksudnya piston lengket dengan dinding silinder

CMIIW
User avatar
jojon
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Thu Mar 20, 2003 2:02

Post by jojon »

vien03 wrote:Jadi menurut lo lo semua, kalo bensin gw dicampur oli samping ( 2tak ) sama aja pake addiktif gak yah ?????
Kalo motornya 2tak vespa jelas perlu tuh...
Karena vespa oli sampingnya yaaa memang dicampur ke bensin.. :oops:
vien03
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Jan 15, 2004 4:36
Location: Jakarta

Post by vien03 »

bukan begitu bro, motor gw bukan vespa, tapi temen2 gw bilang supaya piston ama silindernya gak cepet aus ( kalo gak salah )
:-)