krn sy DIYer ga punya n not a fan of atf changer.
Oli Gardan dan Transmisi
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 772
- Joined: 11 Jun 2021, 19:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner gerobak
Re: Oli Gardan dan Transmisi
gimana caranya om biar muterin oliny jadi pas di drain itu yang bekas?
pecinta bio solar
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5684
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Ya ga bisa, karena itu 3x kurasnya, jadi mayoritas oli baru.
Mau pake ATF changer pun jg ga bisa 100% baru.
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi
- marmut
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10950
- Joined: 16 Oct 2013, 13:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Suryaputra wrote: ↑30 Dec 2021, 17:12 Pakai atf changer, beresiko kontaminasi dgn lendir jenis lain.
Klo drain and refill, spec nya sama, hanya beda merk dan aditif yg lbh baik (krn ATFnya amsowel top tier punya).
kontaminasi masih toleransi, toh persentasenya sangat kecil. katakanlah 500 ml berbanding (minimal) 8000 ml. 1:16.
yang jadi pertanyaan utama adalah :
tepatkah jumlah atf yang masuk ke transmisi?
kalo kurang, rasanya enggak. hampir 100% mereka overfill. bagaimana supaya bisa pas?
sila belajar sama mbah ono....
- Suryaputra
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9518
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Kontaminasi sekecil apapun, gak bs ditoleransi.marmut wrote: ↑30 Dec 2021, 22:46Suryaputra wrote: ↑30 Dec 2021, 17:12 Pakai atf changer, beresiko kontaminasi dgn lendir jenis lain.
Klo drain and refill, spec nya sama, hanya beda merk dan aditif yg lbh baik (krn ATFnya amsowel top tier punya).
kontaminasi masih toleransi, toh persentasenya sangat kecil. katakanlah 500 ml berbanding (minimal) 8000 ml. 1:16.
yang jadi pertanyaan utama adalah :
tepatkah jumlah atf yang masuk ke transmisi?
kalo kurang, rasanya enggak. hampir 100% mereka overfill. bagaimana supaya bisa pas?
sila belajar sama mbah ono....
Ngedorong oli lama di mesin pun kudu pakai amsowel jg
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
- adiputra4
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: 06 Oct 2017, 11:05
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 772
- Joined: 11 Jun 2021, 19:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner gerobak
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 772
- Joined: 11 Jun 2021, 19:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner gerobak
Re: Oli Gardan dan Transmisi
pake oli apa om?adiputra4 wrote:Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
pecinta bio solar
- adiputra4
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: 06 Oct 2017, 11:05
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Ptt automat lv1 omctopher7 wrote: ↑31 Dec 2021, 12:37pake oli apa om?adiputra4 wrote:Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: 15 Jul 2021, 10:42
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Info begini nih ane demenadiputra4 wrote: ↑31 Dec 2021, 11:20 Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Om ikutin prosedur level check?
Nah jd total overfill nya brp ml?
Solidarität für immer
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: 15 Jul 2021, 10:42
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Alternatif gini om..
Klo ada selang ke arah radiator, bisa dicoba:
1. Drain semua oli
2. Selang ke radiator itu dilepas, hidupkan mesin sampe abis oli nya, keliatan kok
3. Bbrp detik setelah habis atau berhenti aliran oli nya, baru matiin mesin
4. Refill deh
Klo mo lebih minimize sisa oli; yg ada di pan, radiator, selang; sedot pake suction gun dll...
Klo mo lebih bersih, langkah diatas diulang
Klo reborn cmn kepake 4.5ltr oli baru
Solidarität für immer
- adiputra4
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: 06 Oct 2017, 11:05
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Prosedur check sudah ane lakuin om dg benar..pernah ane post jgMesinanak wrote: ↑31 Dec 2021, 13:26Info begini nih ane demenadiputra4 wrote: ↑31 Dec 2021, 11:20 Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Om ikutin prosedur level check?
Nah jd total overfill nya brp ml?
Shifting quality nya beda om kalo gak ane overfill..
Ane sampe hapal bgt karakternya ni matic wkwkwk
Total overfill kurleb 550ml.. bbrp kali ane ngolong buat dapetin feel nya yg pass
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: 15 Jul 2021, 10:42
- Location: Indonesia
- Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Makasih banyak ilmunya om..adiputra4 wrote: ↑31 Dec 2021, 14:41Prosedur check sudah ane lakuin om dg benar..pernah ane post jgMesinanak wrote: ↑31 Dec 2021, 13:26Info begini nih ane demenadiputra4 wrote: ↑31 Dec 2021, 11:20 Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Om ikutin prosedur level check?
Nah jd total overfill nya brp ml?
Shifting quality nya beda om kalo gak ane overfill..
Ane sampe hapal bgt karakternya ni matic wkwkwk
Total overfill kurleb 550ml.. bbrp kali ane ngolong buat dapetin feel nya yg pass
Memang ane jg ngerasain ketika gigi 1 ke 2 agak gak enak, apalagi klo baru mulai jalan, alias oli msh dingin
Tadi pagi cobain top up sekitar 500ml
Trs pake jalan.. dan terasa bgt bedanya
Solidarität für immer
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 772
- Joined: 11 Jun 2021, 19:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner gerobak
Re: Oli Gardan dan Transmisi
sip thankyou infonya om. saya punya baru pake 2000an km, masih aman. nanti kalo muncul gejala begitu lagi topup aja paling deh. kebetulan oli atf nya sama nih heheadiputra4 wrote:Ptt automat lv1 omctopher7 wrote: ↑31 Dec 2021, 12:37pake oli apa om?adiputra4 wrote:Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
pecinta bio solar
- adiputra4
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: 06 Oct 2017, 11:05
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Nah iya emg berasa om.. lbh smooth kanMesinanak wrote: ↑01 Jan 2022, 15:19Makasih banyak ilmunya om..
Memang ane jg ngerasain ketika gigi 1 ke 2 agak gak enak, apalagi klo baru mulai jalan, alias oli msh dingin
Tadi pagi cobain top up sekitar 500ml
Trs pake jalan.. dan terasa bgt bedanya
sama2 om
yep sama2 om
- forzanetti
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: 10 Jul 2021, 17:04
Re: Oli Gardan dan Transmisi
om2 sekalian, untuk Innova 2GD :
1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV
apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.
1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV
apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.
- marmut
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10950
- Joined: 16 Oct 2013, 13:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Gardan dan Transmisi
forzanetti wrote: ↑01 Jan 2022, 19:29 om2 sekalian, untuk Innova 2GD :
1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV
apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.
2gd? kalo pengen aisin pake yang afw-vi.
afw+ di 2gd cuma cocok buat power steering.
- forzanetti
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: 10 Jul 2021, 17:04
Re: Oli Gardan dan Transmisi
maaf mbah, AFW-VI sama AFW+ bedanya apa ya kalo buat 2GD? saya liat sama2 sertifikasi Toyota WS.marmut wrote: ↑01 Jan 2022, 20:09forzanetti wrote: ↑01 Jan 2022, 19:29 om2 sekalian, untuk Innova 2GD :
1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV
apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.
2gd? kalo pengen aisin pake yang afw-vi.
afw+ di 2gd cuma cocok buat power steering.
oya, sekarang posisi mobil umur 2 tahun, km 9rb. baiknya diganti kapan ya mbah? kalo liat bukman sih lama banget 80rb km/48 bulan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 772
- Joined: 11 Jun 2021, 19:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner gerobak
Re: Oli Gardan dan Transmisi
+1 buat lv-1. uda pake sendiri maknyus diganti pake atf changerforzanetti wrote:om2 sekalian, untuk Innova 2GD :
1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV
apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.
pecinta bio solar
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11280
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Oli Gardan dan Transmisi
pake yg 100% synthetic baru maknyus. kl cuma sebut full/synthetic belum tentu 100% synthetic msh ada mineral oilnya.
yah harga mah ga boong lah kl di oli.
yah harga mah ga boong lah kl di oli.
- marmut
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10950
- Joined: 16 Oct 2013, 13:27
- Location: tangerang selatan
Re: Oli Gardan dan Transmisi
forzanetti wrote: ↑01 Jan 2022, 21:50
maaf mbah, AFW-VI sama AFW+ bedanya apa ya kalo buat 2GD? saya liat sama2 sertifikasi Toyota WS.
oya, sekarang posisi mobil umur 2 tahun, km 9rb. baiknya diganti kapan ya mbah? kalo liat bukman sih lama banget 80rb km/48 bulan
afw-vi lebih encer dari afw+.
afw-vi k.v @100°c 6,12cst.
afw+ k.v @100°c 7,41cst.
afw+ kalau di ptt itu yang 1a, dan di q8 kalo nggak salah jk.
sudah 2 taun, nggak ada salahnya sedikit memanjakan mobil mengingat jasanya kepada pemilik.
- adiputra4
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: 06 Oct 2017, 11:05
Re: Oli Gardan dan Transmisi
innova 2gd bawaannya WS.. WS ini ATF slip lock.. low viscosity.. kekentalannya setara Dexron VIforzanetti wrote: ↑01 Jan 2022, 21:50maaf mbah, AFW-VI sama AFW+ bedanya apa ya kalo buat 2GD? saya liat sama2 sertifikasi Toyota WS.marmut wrote: ↑01 Jan 2022, 20:09forzanetti wrote: ↑01 Jan 2022, 19:29 om2 sekalian, untuk Innova 2GD :
1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV
apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.
2gd? kalo pengen aisin pake yang afw-vi.
afw+ di 2gd cuma cocok buat power steering.
oya, sekarang posisi mobil umur 2 tahun, km 9rb. baiknya diganti kapan ya mbah? kalo liat bukman sih lama banget 80rb km/48 bulan
- forzanetti
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: 10 Jul 2021, 17:04
Re: Oli Gardan dan Transmisi
sipp mbah, thanks infonya. ane bakal ganti antara Aisin AFW-VI atau PTT LV-1
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3139
- Joined: 30 Mar 2013, 07:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Oli Gardan dan Transmisi
masi heran dengan distick toyota matic jadul
ada tulisan long life use
ada tulisan long life use
engine roaring!
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 2481 Replies
- 140698 Views
-
Last post by sh00t
-
- 942 Replies
- 29661 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 6 Replies
- 1250 Views
-
Last post by ricz
-
- 21 Replies
- 1146 Views
-
Last post by Pboyz97
-
- 11 Replies
- 2264 Views
-
Last post by RBCrew
-
- 10 Replies
- 893 Views
-
Last post by Kaleng
-
- 86 Replies
- 6822 Views
-
Last post by vulvy8858
-
- 205 Replies
- 13114 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 12 Replies
- 2220 Views
-
Last post by ChZ
-
- 9 Replies
- 1014 Views
-
Last post by leogalih