Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8738
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

adri31 wrote: 25 Dec 2021, 09:28 makasih infonya om marmut. Apakah ada alternatif oli yg lebih baik dari honda mtf? kebetulan kalau di mobil avanza, karena pakai GL4, cukup mudah cari alternatif yg lebih bagus.
Kebetulan baru pegang brio, rencana mau ganti di km 1000. bingung cari oli transmisinya. apakah ada alternatif oli lain dari q8/mobil1 atau merk lain?



alternatif ya banyak banget... dari merk sampe harga per liter pasti bikin bingung, yang penting oli asli saja.
merk disesuaikan dengan keyakinan masing-masing, harga disesuaikan dengan kantong.
kalo saya pribadi, samain aja dengan oli mesin biar nggak pusing. dulu jaman pake senia M/T juga begitu, olmes dengan oli girbok sama.

mungkin mbah shifu lain bisa membantu...?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by rendr »

adri31 wrote: 25 Dec 2021, 09:28 makasih infonya om marmut. Apakah ada alternatif oli yg lebih baik dari honda mtf? kebetulan kalau di mobil avanza, karena pakai GL4, cukup mudah cari alternatif yg lebih bagus.
Kebetulan baru pegang brio, rencana mau ganti di km 1000. bingung cari oli transmisinya. apakah ada alternatif oli lain dari q8/mobil1 atau merk lain?
marmut wrote: 25 Dec 2021, 09:22 ini sekedar contekan dari manual book brio...

20191110_181156.jpg
pake low visco ya... kalo ga MTF honda / suzuki ya redline MTL berarti...

kalo ga ya MTF hondanya dicepetin aja intervalnya..
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4607
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

marmut wrote: 25 Dec 2021, 09:22 ini sekedar contekan dari manual book brio...



20191110_181156.jpg
Wah, makasih mbah, baru tau jg.

Selain Honda sama Panther, pabrikan / mobil mana lg yg pake oli mesin sebagai oli manual mbah?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8738
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

sintoni wrote: 25 Dec 2021, 11:49

Wah, makasih mbah, baru tau jg.

Selain Honda sama Panther, pabrikan / mobil mana lg yg pake oli mesin sebagai oli manual mbah?

ada peugeot sama renault juga kalo nda salah.
paling inget cuma hondut dowang. kalo be em we sama volvo pakenya atf.
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24693
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

marmut wrote: 25 Dec 2021, 09:26
sintoni wrote: 25 Dec 2021, 08:45

Emang di buku manual SAE berapa?

Baru tau ane kalau Brio jg pake oli mesin buat transmisi, kayak Panther aje..


honda yang M/T sedari dulu pake oli encer buat transmisinya.
jaman masih piara excellent sekitar ahir 80, dikasih 20w50 karena jaman itu yang ngetop ya oli begituan.
kalo mau enak dan mau nyoba iseng aja kasih atf.
musti nya ngana so kasi migor

keenceran paling sempurna itu jo
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3592
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: 25 Dec 2021, 16:22
marmut wrote: 25 Dec 2021, 09:26
sintoni wrote: 25 Dec 2021, 08:45

Emang di buku manual SAE berapa?

Baru tau ane kalau Brio jg pake oli mesin buat transmisi, kayak Panther aje..


honda yang M/T sedari dulu pake oli encer buat transmisinya.
jaman masih piara excellent sekitar ahir 80, dikasih 20w50 karena jaman itu yang ngetop ya oli begituan.
kalo mau enak dan mau nyoba iseng aja kasih atf.
musti nya ngana so kasi migor

keenceran paling sempurna itu jo
Ini the truth paling hakiki.
Nothing better than bimoli.
*Colek me if I'm wrong
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: 18 Apr 2015, 09:06

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by lawyerone »

Permisi guys, balik ke pertanyaan lama terutama yang pake transmisi Mazda FW6A-EL (front wheel 6 speed) di Mazda 2. Umurnya udah 6 tahun dari 2015.

Menurut manual, disuruh pake Mazda OEM Atf Fz (kalo di Indonesia, bikinan Idemitsu dan di distribute sama Eurokars, atf nya warna biru).

Pas di km 40k+++ 2 tahun lalu, udah saya full flush 12 liter pake Q8 Auto MV (yang katanya meet Atf FZ specs tapi ga certified/approved) . Mungkin dalam waktu dekat saya mau ganti lagi itu atf karena shifting rasanya mulai lelet di low rpm.

Pertanyaannya, mendingan ini saya drain and refill biasa (yang mungkin hanya butuh 4-5 liter oli) pake Q8 Auto MV lagi, atau lebih baik full flush balik ke Mazda Atf Fz yg akan habisin 12 liter lagi?

Ada yang punya pengalaman dan masukan? Karena sebetulnya ini juga jadi debat cukup panjang di forum luar, karena atf fz itu sepertinya petroleum based sedangkan merek skrg udah pada pake full synth. Tapi karena atf fz warnanya beda dan banyak gosip, banyak yg bilang mendingan stick to atf fz.

Sebetulnya dulu udah memantapkan pilihan pindah ke Q8 Auto MV ketika full flush 2 tahun lalu, tapi belakangan ga sengaja nonton konten doktermobil di youtube dia bilang jangan pake atf lain selain mazda atf fz.

Jadi mikir 2 kali nih skrg gimana.

Mohon masukan ya suhu2 sekalian.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3592
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 19:28 Permisi guys, balik ke pertanyaan lama terutama yang pake transmisi Mazda FW6A-EL (front wheel 6 speed) di Mazda 2. Umurnya udah 6 tahun dari 2015.

Menurut manual, disuruh pake Mazda OEM Atf Fz (kalo di Indonesia, bikinan Idemitsu dan di distribute sama Eurokars, atf nya warna biru).

Pas di km 40k+++ 2 tahun lalu, udah saya full flush 12 liter pake Q8 Auto MV (yang katanya meet Atf FZ specs tapi ga certified/approved) . Mungkin dalam waktu dekat saya mau ganti lagi itu atf karena shifting rasanya mulai lelet di low rpm.

Pertanyaannya, mendingan ini saya drain and refill biasa (yang mungkin hanya butuh 4-5 liter oli) pake Q8 Auto MV lagi, atau lebih baik full flush balik ke Mazda Atf Fz yg akan habisin 12 liter lagi?

Ada yang punya pengalaman dan masukan? Karena sebetulnya ini juga jadi debat cukup panjang di forum luar, karena atf fz itu sepertinya petroleum based sedangkan merek skrg udah pada pake full synth. Tapi karena atf fz warnanya beda dan banyak gosip, banyak yg bilang mendingan stick to atf fz.

Sebetulnya dulu udah memantapkan pilihan pindah ke Q8 Auto MV ketika full flush 2 tahun lalu, tapi belakangan ga sengaja nonton konten doktermobil di youtube dia bilang jangan pake atf lain selain mazda atf fz.

Jadi mikir 2 kali nih skrg gimana.

Mohon masukan ya suhu2 sekalian.
Q8 auto mv comply ke atf-fz
Imho, aman aman ajah mbah.
Malah bagus itu. :mky_03:

Klo blh tau, kapasitas lendir girboks full dan di oil pan, di manual book brp?

Flush itu kan termasuk ngebuang / nyuci / circulate atf lama / oem.
Apalagi ngeflushnya malah pakai Q8 12 liter :ungg:
*Colek me if I'm wrong
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: 18 Apr 2015, 09:06

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by lawyerone »

Suryaputra wrote: 26 Dec 2021, 19:40
lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 19:28 Permisi guys, balik ke pertanyaan lama terutama yang pake transmisi Mazda FW6A-EL (front wheel 6 speed) di Mazda 2. Umurnya udah 6 tahun dari 2015.

Menurut manual, disuruh pake Mazda OEM Atf Fz (kalo di Indonesia, bikinan Idemitsu dan di distribute sama Eurokars, atf nya warna biru).

Pas di km 40k+++ 2 tahun lalu, udah saya full flush 12 liter pake Q8 Auto MV (yang katanya meet Atf FZ specs tapi ga certified/approved) . Mungkin dalam waktu dekat saya mau ganti lagi itu atf karena shifting rasanya mulai lelet di low rpm.

Pertanyaannya, mendingan ini saya drain and refill biasa (yang mungkin hanya butuh 4-5 liter oli) pake Q8 Auto MV lagi, atau lebih baik full flush balik ke Mazda Atf Fz yg akan habisin 12 liter lagi?

Ada yang punya pengalaman dan masukan? Karena sebetulnya ini juga jadi debat cukup panjang di forum luar, karena atf fz itu sepertinya petroleum based sedangkan merek skrg udah pada pake full synth. Tapi karena atf fz warnanya beda dan banyak gosip, banyak yg bilang mendingan stick to atf fz.

Sebetulnya dulu udah memantapkan pilihan pindah ke Q8 Auto MV ketika full flush 2 tahun lalu, tapi belakangan ga sengaja nonton konten doktermobil di youtube dia bilang jangan pake atf lain selain mazda atf fz.

Jadi mikir 2 kali nih skrg gimana.

Mohon masukan ya suhu2 sekalian.
Q8 auto mv comply ke atf-fz
Imho, aman aman ajah mbah.
Malah bagus itu. :mky_03:

Klo blh tau, kapasitas lendir girboks full dan di oil pan, di manual book brp?

Flush itu kan termasuk ngebuang / nyuci / circulate atf lama / oem.
Apalagi ngeflushnya malah pakai Q8 12 liter :ungg:
Many thanks om inputnya, cuma parno aja kenapa jadi ada yang bilang jgn pake selain OEM ATF FZ :')
Dan ternyata forum luar juga pada ributin itu. Sampe ada yang buka data katanya Mazda FW6A-EL sebetulnya upgradean nya Aisin yg dipake di Mazda lama, harusnya boleh pake T-WS, tapi ad yg bilang jangan. Jadi bingung :mky_01: :mky_01: :mky_01:

Cari pan capacity dimana ya? Nemunya hanya full capacity.

Kalo di buku manual sih kapasitasnya 7.8L. Baca2 di forum luar, drain and refillnya 3,5 liter (ga termasuk yang di torque converter).

Btw, ketika kita flush pake mesin flushing 12L, sebetulnya yang di torque converter ikut ke flush ga sih?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2238
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by josomba »

lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 19:54
Suryaputra wrote: 26 Dec 2021, 19:40
lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 19:28 Permisi guys, balik ke pertanyaan lama terutama yang pake transmisi Mazda FW6A-EL (front wheel 6 speed) di Mazda 2. Umurnya udah 6 tahun dari 2015.

Menurut manual, disuruh pake Mazda OEM Atf Fz (kalo di Indonesia, bikinan Idemitsu dan di distribute sama Eurokars, atf nya warna biru).

Pas di km 40k+++ 2 tahun lalu, udah saya full flush 12 liter pake Q8 Auto MV (yang katanya meet Atf FZ specs tapi ga certified/approved) . Mungkin dalam waktu dekat saya mau ganti lagi itu atf karena shifting rasanya mulai lelet di low rpm.

Pertanyaannya, mendingan ini saya drain and refill biasa (yang mungkin hanya butuh 4-5 liter oli) pake Q8 Auto MV lagi, atau lebih baik full flush balik ke Mazda Atf Fz yg akan habisin 12 liter lagi?

Ada yang punya pengalaman dan masukan? Karena sebetulnya ini juga jadi debat cukup panjang di forum luar, karena atf fz itu sepertinya petroleum based sedangkan merek skrg udah pada pake full synth. Tapi karena atf fz warnanya beda dan banyak gosip, banyak yg bilang mendingan stick to atf fz.

Sebetulnya dulu udah memantapkan pilihan pindah ke Q8 Auto MV ketika full flush 2 tahun lalu, tapi belakangan ga sengaja nonton konten doktermobil di youtube dia bilang jangan pake atf lain selain mazda atf fz.

Jadi mikir 2 kali nih skrg gimana.

Mohon masukan ya suhu2 sekalian.
Q8 auto mv comply ke atf-fz
Imho, aman aman ajah mbah.
Malah bagus itu. :mky_03:

Klo blh tau, kapasitas lendir girboks full dan di oil pan, di manual book brp?

Flush itu kan termasuk ngebuang / nyuci / circulate atf lama / oem.
Apalagi ngeflushnya malah pakai Q8 12 liter :ungg:
Many thanks om inputnya, cuma parno aja kenapa jadi ada yang bilang jgn pake selain OEM ATF FZ :')
Dan ternyata forum luar juga pada ributin itu. Sampe ada yang buka data katanya Mazda FW6A-EL sebetulnya upgradean nya Aisin yg dipake di Mazda lama, harusnya boleh pake T-WS, tapi ad yg bilang jangan. Jadi bingung :mky_01: :mky_01: :mky_01:

Cari pan capacity dimana ya? Nemunya hanya full capacity.

Kalo di buku manual sih kapasitasnya 7.8L. Baca2 di forum luar, drain and refillnya 3,5 liter (ga termasuk yang di torque converter).

Btw, ketika kita flush pake mesin flushing 12L, sebetulnya yang di torque converter ikut ke flush ga sih?
Hemm

Saya dah 80 rb (bentar lg mau 90rb) KM pake q8 auto mv om d girbok fw6a-el ini. Tapi dengan durasi tiap 30rb KM saya ganti.

Saya bilang stick to q8 auto mv gapapa. Paling kalau mau aman, ganti filternya dan bersih2 debris di magnet dalam pan-nya.

Kondisi mobil sering saya bejek ampe 6000 rpm.

Mengenai kapasitas ganti, better setok 5L saja. Kalau mobil ga dibikin nungging (didongkrak bagian pantat), butuh 3-4L. Kalau nungging sekitar 4-4.5L.

:ungg:
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8738
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

josomba wrote: 26 Dec 2021, 20:16



Mengenai kapasitas ganti, better setok 5L saja. Kalau mobil ga dibikin nungging (didongkrak bagian pantat), butuh 3-4L. Kalau nungging sekitar 4-4.5L.

:ungg:


sedot dari pan 4 liter. kalo drain sepertinya kurang dari 4 liter.
the omnibus way bisa ada tambahan setengah liter lagi yang keluar.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2238
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by josomba »

marmut wrote: 26 Dec 2021, 20:28
josomba wrote: 26 Dec 2021, 20:16



Mengenai kapasitas ganti, better setok 5L saja. Kalau mobil ga dibikin nungging (didongkrak bagian pantat), butuh 3-4L. Kalau nungging sekitar 4-4.5L.

:ungg:


sedot dari pan 4 liter. kalo drain sepertinya kurang dari 4 liter.
the omnibus way bisa ada tambahan setengah liter lagi yang keluar.
Nah mbahnya dah bersabda.

Yg ngana bikin mobil kita orang nungging, itu omnibus way tah (?)
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8738
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

josomba wrote: 26 Dec 2021, 20:37

Nah mbahnya dah bersabda.

Yg ngana bikin mobil kita orang nungging, itu omnibus way tah (?)


it's the asemreges way mamen....

:big_smoking:

kala itu belum kenal omnibus way. :mky_01:
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: 18 Apr 2015, 09:06

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by lawyerone »

josomba wrote: 26 Dec 2021, 20:16
lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 19:54
Suryaputra wrote: 26 Dec 2021, 19:40

Q8 auto mv comply ke atf-fz
Imho, aman aman ajah mbah.
Malah bagus itu. :mky_03:

Klo blh tau, kapasitas lendir girboks full dan di oil pan, di manual book brp?

Flush itu kan termasuk ngebuang / nyuci / circulate atf lama / oem.
Apalagi ngeflushnya malah pakai Q8 12 liter :ungg:
Many thanks om inputnya, cuma parno aja kenapa jadi ada yang bilang jgn pake selain OEM ATF FZ :')
Dan ternyata forum luar juga pada ributin itu. Sampe ada yang buka data katanya Mazda FW6A-EL sebetulnya upgradean nya Aisin yg dipake di Mazda lama, harusnya boleh pake T-WS, tapi ad yg bilang jangan. Jadi bingung :mky_01: :mky_01: :mky_01:

Cari pan capacity dimana ya? Nemunya hanya full capacity.

Kalo di buku manual sih kapasitasnya 7.8L. Baca2 di forum luar, drain and refillnya 3,5 liter (ga termasuk yang di torque converter).

Btw, ketika kita flush pake mesin flushing 12L, sebetulnya yang di torque converter ikut ke flush ga sih?
Hemm

Saya dah 80 rb (bentar lg mau 90rb) KM pake q8 auto mv om d girbok fw6a-el ini. Tapi dengan durasi tiap 30rb KM saya ganti.

Saya bilang stick to q8 auto mv gapapa. Paling kalau mau aman, ganti filternya dan bersih2 debris di magnet dalam pan-nya.

Kondisi mobil sering saya bejek ampe 6000 rpm.

Mengenai kapasitas ganti, better setok 5L saja. Kalau mobil ga dibikin nungging (didongkrak bagian pantat), butuh 3-4L. Kalau nungging sekitar 4-4.5L.

:ungg:

marmut wrote: 26 Dec 2021, 20:28
josomba wrote: 26 Dec 2021, 20:16



Mengenai kapasitas ganti, better setok 5L saja. Kalau mobil ga dibikin nungging (didongkrak bagian pantat), butuh 3-4L. Kalau nungging sekitar 4-4.5L.

:ungg:


sedot dari pan 4 liter. kalo drain sepertinya kurang dari 4 liter.
the omnibus way bisa ada tambahan setengah liter lagi yang keluar.
Hahahaha siap deh om, stay di Q8 Auto MV aja berarti yaaak. Gausah balik ke FZ biru :D


Harganya brp sih skrg si FZ biru itu? Denger2 harganya naik gila gilaan ya?
Mobilnya belom jalan 20rb dalam 2 tahun sejak ganti, tp ud mulai ga enak low rev shiftingnya :')

Kayaknya mau ganti di Toda aja, keluar berapa ganti berapa biar gampang hehehehe. Sayang di Toda ga punya pan dan filter nya :')

Atau beli oli nya di luar, ganti di bengkel authorized Subaru deket rumah, dia bisa ambilin pan filternya Mazda. Tapi udah perlu ganti kah itu pan filter matic?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2238
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by josomba »

lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 20:42
Hahahaha siap deh om, stay di Q8 Auto MV aja berarti yaaak. Gausah balik ke FZ biru :D


Harganya brp sih skrg si FZ biru itu? Denger2 harganya naik gila gilaan ya?
Mobilnya belom jalan 20rb dalam 2 tahun sejak ganti, tp ud mulai ga enak low rev shiftingnya :')

Kayaknya mau ganti di Toda aja, keluar berapa ganti berapa biar gampang hehehehe. Sayang di Toda ga punya pan dan filter nya :')

Atau beli oli nya di luar, ganti di bengkel authorized Subaru deket rumah, dia bisa ambilin pan filternya Mazda. Tapi udah perlu ganti kah itu pan filter matic?
Buat ref VOA ATF FZ

https://www.oil-club.ru/forum/topic/404 ... %B5%D0%B5/

Karena pake bahasanya "cyka blyat", monggo pake google translate. Kalau sekilas baca2 diskusi disitu, atf fz ini bisa dibilang toyota ws dengan added ester (?)

So karena dia ga "mineral oil", pake atf full synth yg compatible ke FZ sih no problemo. Yang malah perlu diperhatikan sih V100C-nya 5.8-6.0. Bener2 butuh yg encer...

---

Harga FZ dah gatau lg berapa di BeRes wkwk
Image
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3592
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 20:42
josomba wrote: 26 Dec 2021, 20:16
lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 19:54

Many thanks om inputnya, cuma parno aja kenapa jadi ada yang bilang jgn pake selain OEM ATF FZ :')
Dan ternyata forum luar juga pada ributin itu. Sampe ada yang buka data katanya Mazda FW6A-EL sebetulnya upgradean nya Aisin yg dipake di Mazda lama, harusnya boleh pake T-WS, tapi ad yg bilang jangan. Jadi bingung :mky_01: :mky_01: :mky_01:

Cari pan capacity dimana ya? Nemunya hanya full capacity.

Kalo di buku manual sih kapasitasnya 7.8L. Baca2 di forum luar, drain and refillnya 3,5 liter (ga termasuk yang di torque converter).

Btw, ketika kita flush pake mesin flushing 12L, sebetulnya yang di torque converter ikut ke flush ga sih?
Hemm

Saya dah 80 rb (bentar lg mau 90rb) KM pake q8 auto mv om d girbok fw6a-el ini. Tapi dengan durasi tiap 30rb KM saya ganti.

Saya bilang stick to q8 auto mv gapapa. Paling kalau mau aman, ganti filternya dan bersih2 debris di magnet dalam pan-nya.

Kondisi mobil sering saya bejek ampe 6000 rpm.

Mengenai kapasitas ganti, better setok 5L saja. Kalau mobil ga dibikin nungging (didongkrak bagian pantat), butuh 3-4L. Kalau nungging sekitar 4-4.5L.

:ungg:

marmut wrote: 26 Dec 2021, 20:28
josomba wrote: 26 Dec 2021, 20:16



Mengenai kapasitas ganti, better setok 5L saja. Kalau mobil ga dibikin nungging (didongkrak bagian pantat), butuh 3-4L. Kalau nungging sekitar 4-4.5L.

:ungg:


sedot dari pan 4 liter. kalo drain sepertinya kurang dari 4 liter.
the omnibus way bisa ada tambahan setengah liter lagi yang keluar.
Hahahaha siap deh om, stay di Q8 Auto MV aja berarti yaaak. Gausah balik ke FZ biru :D


Harganya brp sih skrg si FZ biru itu? Denger2 harganya naik gila gilaan ya?
Mobilnya belom jalan 20rb dalam 2 tahun sejak ganti, tp ud mulai ga enak low rev shiftingnya :')

Kayaknya mau ganti di Toda aja, keluar berapa ganti berapa biar gampang hehehehe. Sayang di Toda ga punya pan dan filter nya :')

Atau beli oli nya di luar, ganti di bengkel authorized Subaru deket rumah, dia bisa ambilin pan filternya Mazda. Tapi udah perlu ganti kah itu pan filter matic?
Klo rutin ganti 2 thn sekali, ganti filter atf bs panjaaanng umurnya.
Krn ganti filter atf, (biasanya) harus buka dan ganti seal oil pan nya.

Sering macet2an ya?
Stop and go itu nyiksa lendir mesin dan girboks.
*Colek me if I'm wrong
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8738
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

Suryaputra wrote: 26 Dec 2021, 21:19




Krn ganti filter atf, (biasanya) harus buka dan ganti seal oil pan nya.

Sering macet2an ya?
Stop and go itu nyiksa lendir mesin dan girboks.


masdut pake liquid gasket mbah.

tinggal nanti diliat aja kebengkelnya tanggal muda apa tanggal tua. kalo tanggal tua, kasih gasket lima ribuan aja beli di toko matrial yang bau kecut. nanti umur 3 bulanan oil pan karatan. masuk bulan ke 6 oil pan bolong atf netes.
kalo tanggal muda kasih yang tigaratus ribuan gasketnya.
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3592
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

josomba wrote: 26 Dec 2021, 21:10
lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 20:42
Hahahaha siap deh om, stay di Q8 Auto MV aja berarti yaaak. Gausah balik ke FZ biru :D


Harganya brp sih skrg si FZ biru itu? Denger2 harganya naik gila gilaan ya?
Mobilnya belom jalan 20rb dalam 2 tahun sejak ganti, tp ud mulai ga enak low rev shiftingnya :')

Kayaknya mau ganti di Toda aja, keluar berapa ganti berapa biar gampang hehehehe. Sayang di Toda ga punya pan dan filter nya :')

Atau beli oli nya di luar, ganti di bengkel authorized Subaru deket rumah, dia bisa ambilin pan filternya Mazda. Tapi udah perlu ganti kah itu pan filter matic?
Buat ref VOA ATF FZ

https://www.oil-club.ru/forum/topic/404 ... %B5%D0%B5/

Karena pake bahasanya "cyka blyat", monggo pake google translate. Kalau sekilas baca2 diskusi disitu, atf fz ini bisa dibilang toyota ws dengan added ester (?)

So karena dia ga "mineral oil", pake atf full synth yg compatible ke FZ sih no problemo. Yang malah perlu diperhatikan sih V100C-nya 5.8-6.0. Bener2 butuh yg encer...

---

Harga FZ dah gatau lg berapa di BeRes wkwk
Wah pas tuh.
Visco 100 C nya q8 MV kan 5,8 :mky_04:
*Colek me if I'm wrong
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: 18 Apr 2015, 09:06

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by lawyerone »

josomba wrote: 26 Dec 2021, 21:10
lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 20:42
Hahahaha siap deh om, stay di Q8 Auto MV aja berarti yaaak. Gausah balik ke FZ biru :D


Harganya brp sih skrg si FZ biru itu? Denger2 harganya naik gila gilaan ya?
Mobilnya belom jalan 20rb dalam 2 tahun sejak ganti, tp ud mulai ga enak low rev shiftingnya :')

Kayaknya mau ganti di Toda aja, keluar berapa ganti berapa biar gampang hehehehe. Sayang di Toda ga punya pan dan filter nya :')

Atau beli oli nya di luar, ganti di bengkel authorized Subaru deket rumah, dia bisa ambilin pan filternya Mazda. Tapi udah perlu ganti kah itu pan filter matic?
Buat ref VOA ATF FZ

https://www.oil-club.ru/forum/topic/404 ... %B5%D0%B5/

Karena pake bahasanya "cyka blyat", monggo pake google translate. Kalau sekilas baca2 diskusi disitu, atf fz ini bisa dibilang toyota ws dengan added ester (?)

So karena dia ga "mineral oil", pake atf full synth yg compatible ke FZ sih no problemo. Yang malah perlu diperhatikan sih V100C-nya 5.8-6.0. Bener2 butuh yg encer...

---

Harga FZ dah gatau lg berapa di BeRes wkwk
Thanks mbah, iya tadi udah search post lama soal V100C 5.8, sempet ada yang post juga di thread sebelah kan. Tapi soal added ester ini pertama kali denger.

Apa itu ester? Additive sesuatu kah? Sesuatu yang wajib? Atau sebetulnya merek keraton Q8 aditifnya sudah lebih dari cukup untuk protect ini tranny FW6A?
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: 18 Apr 2015, 09:06

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by lawyerone »

Suryaputra wrote: 26 Dec 2021, 21:19 Klo rutin ganti 2 thn sekali, ganti filter atf bs panjaaanng umurnya.
Krn ganti filter atf, (biasanya) harus buka dan ganti seal oil pan nya.

Sering macet2an ya?
Stop and go itu nyiksa lendir mesin dan girboks.
Wah bukan sering lagi :')

Apalagi dulu pas WFH rutin, ini ga tiap hari tp kalo dr kantor ud pasti kena macet hahahaha.

40rb km di tahun ke 3,5, itu ATF udah item dan sedikit bau hangus ketika cabut takaran. Untung pas di drop sisa ATF nya ga bau hangus dan ga item2 amat.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2238
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by josomba »

lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 23:28
Thanks mbah, iya tadi udah search post lama soal V100C 5.8, sempet ada yang post juga di thread sebelah kan. Tapi soal added ester ini pertama kali denger.

Apa itu ester? Additive sesuatu kah? Sesuatu yang wajib? Atau sebetulnya merek keraton Q8 aditifnya sudah lebih dari cukup untuk protect ini tranny FW6A?
Ester biasanya part of base oil. Dengan menggunakan sedikit ester, oli ga mudah breakdown kena heat n friction. CMIIW.

Kalau isi persis dr q8 saya ga tahu sih ya detailnya, belum pernah ada yg nguji kek dr link d atas. Haha. Tapi harga ga bohong sih (harusnya).

Jika ingin top tier, apa mau icip si amsoil om? Tp harganya ngajak ribut :ungg:
Image
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 24693
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 19:28 tapi belakangan ga sengaja nonton konten doktermobil di youtube dia bilang jangan pake atf lain selain mazda atf fz.
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: dl ampe rahang copot ahhhh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
FatManSlim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: 08 May 2009, 12:50
Location: Depok

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by FatManSlim »

Mohon info dan pencerahannya dari suhu-suhu sekalian.
Rencana mau flushing transmission fluid ZF 5HP19 (BMW E46 325i 2001), meskipun terakhir flushing baru sekitar 30rb km yang lalu dalam rentang 5 tahun.
Pertanyaannya, apakah oli UNIL MATIC LT recommended? Karena kalau lihat spesifikasi nya sudah support ESSO LT 71141 dan BMW P/N 83229407807.
Atau ada alternatif transmission fluid yg recommended?

Terima kasih.
lawyerone
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: 18 Apr 2015, 09:06

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by lawyerone »

josomba wrote: 27 Dec 2021, 06:11
lawyerone wrote: 26 Dec 2021, 23:28
Thanks mbah, iya tadi udah search post lama soal V100C 5.8, sempet ada yang post juga di thread sebelah kan. Tapi soal added ester ini pertama kali denger.

Apa itu ester? Additive sesuatu kah? Sesuatu yang wajib? Atau sebetulnya merek keraton Q8 aditifnya sudah lebih dari cukup untuk protect ini tranny FW6A?
Ester biasanya part of base oil. Dengan menggunakan sedikit ester, oli ga mudah breakdown kena heat n friction. CMIIW.

Kalau isi persis dr q8 saya ga tahu sih ya detailnya, belum pernah ada yg nguji kek dr link d atas. Haha. Tapi harga ga bohong sih (harusnya).

Jika ingin top tier, apa mau icip si amsoil om? Tp harganya ngajak ribut :ungg:
Dari VC100 saya lebih yakin q8 malahan

Ya harusnya sih, kalau kita lihat harga dan secara teori, q8 yang full synth harusnya lebih bagus dari atf fz ya (yang katanya idemitsu petroleum oil ya). Tap ad jg yg bilang atf fz itu full syn ravenol. Entah mana yg bener.

Tapi kalo mbah jo pake auto mv ud 80rb km tanpa masalah, harusnya aman ya 😁😁
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3592
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

https://www.ravenolamerica.com/transmis ... -fz-fluid/

Khusus mazda atf fz.
Klo masuk sini, bs nyentuh 250-300k seliter
*Colek me if I'm wrong
Post Reply