Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
lebu777
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 40
Joined: 13 Apr 2013, 15:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by lebu777 »

Om2…mohon info dong bengkel oli yg bisa langsung ganti oli di tempat untuk Eneos 75w-90 GL5 di jakarta barat dan pusat? Kalau beli online akhir nya ke bengkel juga untuk ganti. Thx sebelum nya.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4607
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

lebu777 wrote: 15 Jan 2022, 09:35 Om2…mohon info dong bengkel oli yg bisa langsung ganti oli di tempat untuk Eneos 75w-90 GL5 di jakarta barat dan pusat? Kalau beli online akhir nya ke bengkel juga untuk ganti. Thx sebelum nya.
Eneos 75W90 GL5 sudah ga ada om, skrg adanya 80W90.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2517
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

lebu777 wrote: 15 Jan 2022, 09:35 Om2…mohon info dong bengkel oli yg bisa langsung ganti oli di tempat untuk Eneos 75w-90 GL5 di jakarta barat dan pusat? Kalau beli online akhir nya ke bengkel juga untuk ganti. Thx sebelum nya.
Yg pasti banyak opsi oli ya Toda, alternatif lain Bengkel BOS, atau Mobeng
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
forzanetti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 10 Jul 2021, 17:04

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by forzanetti »

baru ganti oli matic di 2GD (km 10rb) pake Aisin AFW VI. oli bawaan ketika diliat masih agak bening.

cuma ganti yang di pan aja, abis 4L. setelah ganti yang dirasain pindah dari D ke N udah gak ada jedug ringan kaya sebelumnya.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4607
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

forzanetti wrote: 18 Jan 2022, 17:03 baru ganti oli matic di 2GD (km 10rb) pake Aisin AFW VI. oli bawaan ketika diliat masih agak bening.

cuma ganti yang di pan aja, abis 4L. setelah ganti yang dirasain pindah dari D ke N udah gak ada jedug ringan kaya sebelumnya.
Kalau ms 10rb ya pasti masih bersih om..

Wow ganti merk tapi cuma ganti di pan aja? Biasa orang2 kalau ganti merk suka flush total om. Haha
forzanetti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 10 Jul 2021, 17:04

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by forzanetti »

sintoni wrote: Yesterday, 06:32
forzanetti wrote: 18 Jan 2022, 17:03 baru ganti oli matic di 2GD (km 10rb) pake Aisin AFW VI. oli bawaan ketika diliat masih agak bening.

cuma ganti yang di pan aja, abis 4L. setelah ganti yang dirasain pindah dari D ke N udah gak ada jedug ringan kaya sebelumnya.
Kalau ms 10rb ya pasti masih bersih om..

Wow ganti merk tapi cuma ganti di pan aja? Biasa orang2 kalau ganti merk suka flush total om. Haha
memang wajib flush total ya om? saya pikir nanti flush total di km 40rb aja
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8738
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

forzanetti wrote: Yesterday, 09:03


memang wajib flush total ya om? saya pikir nanti flush total di km 40rb aja

ganti merk alangkah baiknya tidak hanya ganti yang di oil pan.
kalau males flush total :
1. buang yang di oil pan
2. isi
3. pakai jalan 15-20 km lalu buang yang di pan
4. isi

ulangi langkah nomer 3 dan 4 sampai habis kira-kira 10 liter.
dan ini 6 speed a/t kan? hati-hati dengan volume atf-nya.
forzanetti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 10 Jul 2021, 17:04

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by forzanetti »

marmut wrote: Yesterday, 09:59
forzanetti wrote: Yesterday, 09:03


memang wajib flush total ya om? saya pikir nanti flush total di km 40rb aja

ganti merk alangkah baiknya tidak hanya ganti yang di oil pan.
kalau males flush total :
1. buang yang di oil pan
2. isi
3. pakai jalan 15-20 km lalu buang yang di pan
4. isi

ulangi langkah nomer 3 dan 4 sampai habis kira-kira 10 liter.
dan ini 6 speed a/t kan? hati-hati dengan volume atf-nya.
kemarin pas dikasih oli baru sekitar 3.5L, yg keluar dari lubang baut drain udah bening, tapi karena tanggung sisa 0.5L ya udah dituang semua, trus ditungguin sampe yg keluar dari lubang cek oli udah tinggal dikit, baru ditutup.

apa sudah benar mbah?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4607
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

forzanetti wrote: Yesterday, 10:11
marmut wrote: Yesterday, 09:59
forzanetti wrote: Yesterday, 09:03


memang wajib flush total ya om? saya pikir nanti flush total di km 40rb aja

ganti merk alangkah baiknya tidak hanya ganti yang di oil pan.
kalau males flush total :
1. buang yang di oil pan
2. isi
3. pakai jalan 15-20 km lalu buang yang di pan
4. isi

ulangi langkah nomer 3 dan 4 sampai habis kira-kira 10 liter.
dan ini 6 speed a/t kan? hati-hati dengan volume atf-nya.
kemarin pas dikasih oli baru sekitar 3.5L, yg keluar dari lubang baut drain udah bening, tapi karena tanggung sisa 0.5L ya udah dituang semua, trus ditungguin sampe yg keluar dari lubang cek oli udah tinggal dikit, baru ditutup.

apa sudah benar mbah?
Maksudnya pas dibuka baut pan keluar 3.5?

Terus masukin 4 liter tapi yang lubang check volume tetap dibuka?

Sampe ga ngocor baru ditutup gitu?
forzanetti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: 10 Jul 2021, 17:04

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by forzanetti »

sintoni wrote: Yesterday, 10:48
Maksudnya pas dibuka baut pan keluar 3.5?

Terus masukin 4 liter tapi yang lubang check volume tetap dibuka?

Sampe ga ngocor baru ditutup gitu?
pas dibuka baut pan keluar 2 liter lebih.

masukin 3.5L itu sampe keluarnya bening, dan dilanjutin masukin sampe total 4L, sampe ga ngocor baru ditutup.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8738
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

selip? enggak... selip? enggak... selip? enggak...

:mky_03:

:big_biglaugh:


















:ngacir:
Mesinanak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 15 Jul 2021, 10:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Mesinanak »

forzanetti wrote: Yesterday, 10:11
marmut wrote: Yesterday, 09:59
forzanetti wrote: Yesterday, 09:03


memang wajib flush total ya om? saya pikir nanti flush total di km 40rb aja

ganti merk alangkah baiknya tidak hanya ganti yang di oil pan.
kalau males flush total :
1. buang yang di oil pan
2. isi
3. pakai jalan 15-20 km lalu buang yang di pan
4. isi

ulangi langkah nomer 3 dan 4 sampai habis kira-kira 10 liter.
dan ini 6 speed a/t kan? hati-hati dengan volume atf-nya.
kemarin pas dikasih oli baru sekitar 3.5L, yg keluar dari lubang baut drain udah bening, tapi karena tanggung sisa 0.5L ya udah dituang semua, trus ditungguin sampe yg keluar dari lubang cek oli udah tinggal dikit, baru ditutup.

apa sudah benar mbah?
Kurang lebih nya sih bisa lah..

Tp lebih tepat lg klo oil temp di pan antara 35-45C
Dan mesin sambil hidup idle, baru buka baut level check
Solidarität für immer
Mellow
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 10 Feb 2015, 06:01

Ganti Filter Oli CVT Jazz Gk5

Post by Mellow »

Tmn2 SM, mohon infonya:
Saya baru beli Jazz GK5 Matic tahun 2017, odometer hampir 40 ribu. rencana Mau saya ganti oli CVT-nya di Beres. pertanyaan-nya apakah dah perlu ganti filter/strainer Oli CVT-nya?
saya pas booking servis ke Honda, SA-nya bilang cukup ganti Oli CVT aja.

Terima kasih sebelumnya.
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 617
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Ganti Filter Oli CVT Jazz Gk5

Post by osbertc0ol »

Mellow wrote: Yesterday, 15:17 Tmn2 SM, mohon infonya:
Saya baru beli Jazz GK5 Matic tahun 2017, odometer hampir 40 ribu. rencana Mau saya ganti oli CVT-nya di Beres. pertanyaan-nya apakah dah perlu ganti filter/strainer Oli CVT-nya?
saya pas booking servis ke Honda, SA-nya bilang cukup ganti Oli CVT aja.

Terima kasih sebelumnya.
ga perlu om. next nya setiap 15k, max di 20k aja om.
mobilio saya ganti setiap 15k, sekarang di 70k km. masih alusss
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8600
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Ganti Filter Oli CVT Jazz Gk5

Post by Omnibus »

Mellow wrote: Yesterday, 15:17 Tmn2 SM, mohon infonya:
Saya baru beli Jazz GK5 Matic tahun 2017, odometer hampir 40 ribu. rencana Mau saya ganti oli CVT-nya di Beres. pertanyaan-nya apakah dah perlu ganti filter/strainer Oli CVT-nya?
saya pas booking servis ke Honda, SA-nya bilang cukup ganti Oli CVT aja.

Terima kasih sebelumnya.
ada filter di oil warmer nya (yg dilewatin coolant) itu ganti aja. mudah dan murah.
kl strainer filter yg buka oil pan ga perlu, nanti aja 60-80k km kl mau.
Post Reply