Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by suketcell »

Misi om, ini kan ane lagi nyari Oli Sinopec transmisi GL4 75/90, ada yg jual 75K 1,5L, di tokped, posisinya Sukoharjo
Pas habis tanya ke BeRes, kok bedanya jauh banget ya, kira2 ini ori apa ga ya?
reviewnya juga oke..
makasih
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

Selamat malam om2 mbah2 suhu2 tersayang,

Ane kan lg mau ganti oli DCT Fiesta ane.

Ane baca2 kalau DCT Ford ini aslinya transmisi manual yg dikontrol sama TCM di mobil ini.

Ini speknya: WSS-M2C200-D2 SAE 75, dari sini kan keliatan ini harusnya pake oli Manual karena SAE 75.

Image

Nah, iseng2 orang2 banyak yg nyaranin pake MTF merk 77 75W-80 GL4. Ane cek di tokoijo emang dia comply ke spek tsb.

Image

Nah, karena ane lokasi di Kalimantan, ane kepikiran mau cari oli yg tersedia disini aja. Ane iseng2 cek Mitsubishi sama Suzuki ada keluarin MTF 75W-80 GL4, tapi emang ga ada tulis comply ke spek Ford tsb.

Apa kira2 aman misal pakai yg MTF Mitsubishi / Suzuki dengan spek visko + GL4 yg sama? Karena bisa dibeli offline di BeRes. Harga jg 2x lipat lebih kalau pakai yg 77, belum biaya ongkir pula.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: Sat Sep 17, 2022 12:58 Selamat malam om2 mbah2 suhu2 tersayang,

Ane kan lg mau ganti oli DCT Fiesta ane.

Ane baca2 kalau DCT Ford ini aslinya transmisi manual yg dikontrol sama TCM di mobil ini.

Ini speknya: WSS-M2C200-D2 SAE 75, dari sini kan keliatan ini harusnya pake oli Manual karena SAE 75.

Image

Nah, iseng2 orang2 banyak yg nyaranin pake MTF merk 77 75W-80 GL4. Ane cek di tokoijo emang dia comply ke spek tsb.

Image

Nah, karena ane lokasi di Kalimantan, ane kepikiran mau cari oli yg tersedia disini aja. Ane iseng2 cek Mitsubishi sama Suzuki ada keluarin MTF 75W-80 GL4, tapi emang ga ada tulis comply ke spek Ford tsb.

Apa kira2 aman misal pakai yg MTF Mitsubishi / Suzuki dengan spek visko + GL4 yg sama? Karena bisa dibeli offline di BeRes. Harga jg 2x lipat lebih kalau pakai yg 77, belum biaya ongkir pula.
Satu pilihan lagi juga bisa Q8 DCT EVO , dia bisa buat manual (bmw lt-5) dan juga bisa buat Ford Powershift 6. Spesifikasi original kan pake 75W , kalo pake 75w80 takutnya shifting lebih bolot. V100nya aja kalo diliat diatas 9, sedangkan spek aslinya yaitu 75w biasanya sekitar 7. Kalo Q8 DCT evo di 6.9 jadi mirip yang di minta.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

sahabatq8 wrote: Sat Sep 17, 2022 16:26 Satu pilihan lagi juga bisa Q8 DCT EVO , dia bisa buat manual (bmw lt-5) dan juga bisa buat Ford Powershift 6. Spesifikasi original kan pake 75W , kalo pake 75w80 takutnya shifting lebih bolot. V100nya aja kalo diliat diatas 9, sedangkan spek aslinya yaitu 75w biasanya sekitar 7. Kalo Q8 DCT evo di 6.9 jadi mirip yang di minta.
Ane cek sendiri malah ga boleh pke DCTF karena dia dry clutch, yg pake oli itu transmisinya.

Si Ford Powershift ini emang ada yg wet sama dry om, tapi yg beredar di Indo yg dry.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: Sat Sep 17, 2022 22:24
sahabatq8 wrote: Sat Sep 17, 2022 16:26 Satu pilihan lagi juga bisa Q8 DCT EVO , dia bisa buat manual (bmw lt-5) dan juga bisa buat Ford Powershift 6. Spesifikasi original kan pake 75W , kalo pake 75w80 takutnya shifting lebih bolot. V100nya aja kalo diliat diatas 9, sedangkan spek aslinya yaitu 75w biasanya sekitar 7. Kalo Q8 DCT evo di 6.9 jadi mirip yang di minta.
Ane cek sendiri malah ga boleh pke DCTF karena dia dry clutch, yg pake oli itu transmisinya.

Si Ford Powershift ini emang ada yg wet sama dry om, tapi yg beredar di Indo yg dry.
Pernah tanya ke Q8 pusat kalo DCT EVO additive packagenya lebih baru jadi bisa both dry clutch sama wet, dan manual (kalo saenya cocok). Kyk kalo di vw polo kan masih dry clutch itu bisa, selain itu comply sama bmw lt5 (gl-4) juga. Tapi ada juga Q8 DCT yang sebelumnya beredar tapi udah discontinue yaitu Q8 Auto DCT (gak ada tulisan evonya) , kalo itu hanya boleh untuk wet clutch.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

Yang ini om?

Ane SS di toped ente.

Ini W-DCT apa bukan maksudnya wet DCT?

Image

Ane cek sih emang comply Powershift tapi ga ada tulisan comply spek yg tertulis di buku itu.

Cek2 di forum Fiesta US jarang yg pake Q8 ya. Haha.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9623
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

sintoni wrote: Sun Sep 18, 2022 2:52 Yang ini om?

Ane SS di toped ente.

Ini W-DCT apa bukan maksudnya wet DCT?

Image

Ane cek sih emang comply Powershift tapi ga ada tulisan comply spek yg tertulis di buku itu.

Cek2 di forum Fiesta US jarang yg pake Q8 ya. Haha.
Ane iseng kan ada post UOA Q8 0w20 di bitog
Mereka nanya" beli dmn?

Krn di US emg gak masuk :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: Sun Sep 18, 2022 2:52 Yang ini om?

Ane SS di toped ente.

Ini W-DCT apa bukan maksudnya wet DCT?

Image

Ane cek sih emang comply Powershift tapi ga ada tulisan comply spek yg tertulis di buku itu.

Cek2 di forum Fiesta US jarang yg pake Q8 ya. Haha.
Iya yang DCT EVO itu
Iya di us gak ada Q8. Kalo mo double check, senin ane tanyain lagi ya om, btw ford fiestanya tahun berapa? Kalo disini mesinnya yang 1.5 kan ya.
Selain Q8 ada beberapa juga yang bisa both wet sama dry salah satunya yang saya tau Motul Multi DCTF. Tapi memang gak semua DCTF wet clutch bisa dipake di dry clutch, harus yang bisa di pake di manual baru bisa dipake di dry clutch.
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2491
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by WiraSoenaryo »

Halo,

Silakan dilanjutkan di part 02
Link : viewtopic.php?t=31889

Terima kasih
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota