Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

adri31
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: 24 Feb 2016, 16:01

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by adri31 »

Turboman wrote:
adri31 wrote:Oli Mtf honda ini apakah gl4? Apakah bisa dipakai untuk avanza?
Avanza manual bukannya minta 75W90 GL-4 ???

di manual book tertulis apa
Avanza < 2021 iya.
tapi di yg baru, mintanya sae 80 gl4. Pakai apa ni sebaiknya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21721
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

adri31 wrote:
Turboman wrote:
adri31 wrote:Oli Mtf honda ini apakah gl4? Apakah bisa dipakai untuk avanza?
Avanza manual bukannya minta 75W90 GL-4 ???

di manual book tertulis apa
Avanza < 2021 iya.
tapi di yg baru, mintanya sae 80 gl4. Pakai apa ni sebaiknya?
TMO LV75W

pesan di BeRes

olinya masi buatan luar
babam20
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: 27 Sep 2021, 10:11

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by babam20 »

mbah...

barusan bongkar2 gudang nemu 1 liter thuban GL5 80w90 masih segel, seinget ane ini oli udah lebih dari 5 thn ditangan ane

kira2 ini oli masih layak di pake ga buat gardan avanza? kalo masih layak rencananya beli thuban 2 liter lagi, jadinya 2 liter pake yang baru beli dan 0,5 liternya pake oli yang lama

btw, oli gardan avanza veloz sekitar 2,5 liter kan mbah
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5043
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

babam20 wrote: 05 Jun 2022, 15:46 mbah...

barusan bongkar2 gudang nemu 1 liter thuban GL5 80w90 masih segel, seinget ane ini oli udah lebih dari 5 thn ditangan ane

kira2 ini oli masih layak di pake ga buat gardan avanza? kalo masih layak rencananya beli thuban 2 liter lagi, jadinya 2 liter pake yang baru beli dan 0,5 liternya pake oli yang lama

btw, oli gardan avanza veloz sekitar 2,5 liter kan mbah
Kalau ms segel mah sikat aja.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4367
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Profith83 »

babam20 wrote: 05 Jun 2022, 15:46 mbah...

barusan bongkar2 gudang nemu 1 liter thuban GL5 80w90 masih segel, seinget ane ini oli udah lebih dari 5 thn ditangan ane

kira2 ini oli masih layak di pake ga buat gardan avanza? kalo masih layak rencananya beli thuban 2 liter lagi, jadinya 2 liter pake yang baru beli dan 0,5 liternya pake oli yang lama

btw, oli gardan avanza veloz sekitar 2,5 liter kan mbah
Gardan kan pakai 2 sd 3 thn atau 20rb KM.

Beli saja mbah 3 botol sebagai persiapan, kalau ternyata oli lama ada endapan. Jadi gak bongkar 2 kali avanza nya.

Kalau ternyata bagus, nah oli yang baru disisakan untuk dipakak 2 atau 3 thn kemudian
chrisha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: 03 Sep 2020, 09:32
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: Nissan X-Trail T31 CVT

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by chrisha »

selamat sore semua,
nanya dong, mau ganti oli matic Yaris 2012,
baca-baca trhead ini, banyak yg rekomen pakai bawaan Toyota aja TMO ATF WS.

barangkali ada yg tau, seller di tokoijo yg rekomen jual Original / Asli bukan oli palsu, boleh di share om2 semua.

nemu toko ini,
https://www.tokopedia.com/varellautoshop

apakah ada yg sudah pernah transaksi dengan toko ini?

terima kasih sebelumnya

salam sehat selalu buat semuanya
Chr1stm1
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2NRVE

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Chr1stm1 »

chrisha wrote: 06 Jun 2022, 15:59 selamat sore semua,
nanya dong, mau ganti oli matic Yaris 2012,
baca-baca trhead ini, banyak yg rekomen pakai bawaan Toyota aja TMO ATF WS.

barangkali ada yg tau, seller di tokoijo yg rekomen jual Original / Asli bukan oli palsu, boleh di share om2 semua.

nemu toko ini,
https://www.tokopedia.com/varellautoshop

apakah ada yg sudah pernah transaksi dengan toko ini?

terima kasih sebelumnya

salam sehat selalu buat semuanya
Kalo oli2 oem, mending ke shop n drive aja lah, aman
babam20
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: 27 Sep 2021, 10:11

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by babam20 »

makasih ya mbah semua buat infonya...
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by well »

Suhu mohon info, bedanya oli untuk gardan biasa sprt innova diesel, kalau pakai yg LSD dgn yg biasa apa y?
User avatar
sahabatq8
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 756
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sahabatq8 »

well wrote: 07 Jun 2022, 18:06 Suhu mohon info, bedanya oli untuk gardan biasa sprt innova diesel, kalau pakai yg LSD dgn yg biasa apa y?
Sama aja sih kalo untuk mobil non lsd
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by well »

sahabatq8 wrote: 07 Jun 2022, 18:10
well wrote: 07 Jun 2022, 18:06 Suhu mohon info, bedanya oli untuk gardan biasa sprt innova diesel, kalau pakai yg LSD dgn yg biasa apa y?
Sama aja sih kalo untuk mobil non lsd
Ok thx infonya
Spike71
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 28 Mar 2013, 20:42

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Spike71 »

Minta sarannya suhu, mau kuras oli matic Honda 5speed mintanya ATF-Z1, pengen coba ganti merek lain ke PTT Automat 1A, apakah merek lain yang lebih direkomendasikan dengan range harga PTT Automat 1A ?
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4934
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

Spike71 wrote: 09 Jun 2022, 23:30 Minta sarannya suhu, mau kuras oli matic Honda 5speed mintanya ATF-Z1, pengen coba ganti merek lain ke PTT Automat 1A, apakah merek lain yang lebih direkomendasikan dengan range harga PTT Automat 1A ?
Aisin AFW-VI

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... cuMD8D7AFh

Di cakra 115rb seliter
*Colek me if I'm wrong
Spike71
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 28 Mar 2013, 20:42

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Spike71 »

Suryaputra wrote: 09 Jun 2022, 23:43
Spike71 wrote: 09 Jun 2022, 23:30 Minta sarannya suhu, mau kuras oli matic Honda 5speed mintanya ATF-Z1, pengen coba ganti merek lain ke PTT Automat 1A, apakah merek lain yang lebih direkomendasikan dengan range harga PTT Automat 1A ?
Aisin AFW-VI

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... cuMD8D7AFh

Di cakra 115rb seliter
AFW-VI dibanding AFW+ beda jauh kah performanya untuk 5 Speed AT Honda ?
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4934
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

Spike71 wrote: 11 Jun 2022, 03:38
Suryaputra wrote: 09 Jun 2022, 23:43
Spike71 wrote: 09 Jun 2022, 23:30 Minta sarannya suhu, mau kuras oli matic Honda 5speed mintanya ATF-Z1, pengen coba ganti merek lain ke PTT Automat 1A, apakah merek lain yang lebih direkomendasikan dengan range harga PTT Automat 1A ?
Aisin AFW-VI

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... cuMD8D7AFh

Di cakra 115rb seliter
AFW-VI dibanding AFW+ beda jauh kah performanya untuk 5 Speed AT Honda ?
Yg pasti afw VI visconya lbh encer, cocok buat yg suka responsive driving.

Antara afw-vi dan Afw+ dua2nya comply to Z1

Di seller officialnya Indo Utama Otoparts, even cheaper
85k per liter untuk AFW-VI :upss:
*Colek me if I'm wrong
L0b4k
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 15 Jun 2019, 06:12
Location: Bandar Lampung
Daily Vehicle: Toyota

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by L0b4k »

Spike71 wrote: 09 Jun 2022, 23:30 Minta sarannya suhu, mau kuras oli matic Honda 5speed mintanya ATF-Z1, pengen coba ganti merek lain ke PTT Automat 1A, apakah merek lain yang lebih direkomendasikan dengan range harga PTT Automat 1A ?
2 bulan lalu ganti at jazz 2012 dg valvo maxlife tanpa kuras.
Impresi awal terasa lebih smooth perpindahan gigi nya,
Tapi belakangan kok jadi sama aja rasanya :big_think:

mungkin perlu ganti sekali lagi supaya lebih banyak sirkulasi oli yg baru (sudah persiapan 1galon lg)
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4934
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

L0b4k wrote: 11 Jun 2022, 07:05
Spike71 wrote: 09 Jun 2022, 23:30 Minta sarannya suhu, mau kuras oli matic Honda 5speed mintanya ATF-Z1, pengen coba ganti merek lain ke PTT Automat 1A, apakah merek lain yang lebih direkomendasikan dengan range harga PTT Automat 1A ?
2 bulan lalu ganti at jazz 2012 dg valvo maxlife tanpa kuras.
Impresi awal terasa lebih smooth perpindahan gigi nya,
Tapi belakangan kok jadi sama aja rasanya :big_think:

mungkin perlu ganti sekali lagi supaya lebih banyak sirkulasi oli yg baru (sudah persiapan 1galon lg)
Boleh tuh, pakai lagi 1 galon abisin.
Terus Pakai dulu aja setahun.

Trus coba nanti ganti lagi dengan Q8 Auto JK gmn :mky_04:
*Colek me if I'm wrong
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25917
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Spike71 wrote: 11 Jun 2022, 03:38
Suryaputra wrote: 09 Jun 2022, 23:43
Spike71 wrote: 09 Jun 2022, 23:30 Minta sarannya suhu, mau kuras oli matic Honda 5speed mintanya ATF-Z1, pengen coba ganti merek lain ke PTT Automat 1A, apakah merek lain yang lebih direkomendasikan dengan range harga PTT Automat 1A ?
Aisin AFW-VI

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... cuMD8D7AFh

Di cakra 115rb seliter
AFW-VI dibanding AFW+ beda jauh kah performanya untuk 5 Speed AT Honda ?
Numpang jawap

Utk at honda 5 spit, bagusan afw vi, inipun sebenernya ga encer2 amat, jauh lebi encer toyota ws

Afw plus itu lmayan kentel, cocok buat afansa 4 spit, agya ayla sigra calya 4 spit, kijang kapsul inofa awal metik 4 spit
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Spike71
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 28 Mar 2013, 20:42

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Spike71 »

Suryaputra wrote: 11 Jun 2022, 05:22
Spike71 wrote: 11 Jun 2022, 03:38
Suryaputra wrote: 09 Jun 2022, 23:43

Aisin AFW-VI

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... cuMD8D7AFh

Di cakra 115rb seliter
AFW-VI dibanding AFW+ beda jauh kah performanya untuk 5 Speed AT Honda ?
Yg pasti afw VI visconya lbh encer, cocok buat yg suka responsive driving.

Antara afw-vi dan Afw+ dua2nya comply to Z1

Di seller officialnya Indo Utama Otoparts, even cheaper
85k per liter untuk AFW-VI :upss:
Mantap Nice Info om 👍
Untuk kuras ATF-Z1 yang lama pake atf changer, 8liter apakah cukup om ?
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4934
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

Spike71 wrote: 12 Jun 2022, 08:40
Suryaputra wrote: 11 Jun 2022, 05:22
Spike71 wrote: 11 Jun 2022, 03:38
AFW-VI dibanding AFW+ beda jauh kah performanya untuk 5 Speed AT Honda ?
Yg pasti afw VI visconya lbh encer, cocok buat yg suka responsive driving.

Antara afw-vi dan Afw+ dua2nya comply to Z1

Di seller officialnya Indo Utama Otoparts, even cheaper
85k per liter untuk AFW-VI :upss:
Mantap Nice Info om 👍
Untuk kuras ATF-Z1 yang lama pake atf changer, 8liter apakah cukup om ?
Ini pilihan masing" sih hahahaha
1. Ada yg pakai atf changer
2. Ada yg sistem drain and refill 2x jd ngabisin 2 galon
3. Ada manual ganti pakai copot selang atf cooler.

Klo sy pernah miara matic non cvt, penganut nomer 2, siapapun bisa ngerjain.
Asalkan rutin sblm2nya ganti atf juga

Apalagi CVT nya hondda enak banget, itu girboks mini ganti lendir kaya ganti oli mesin aja :big_biglaugh:
*Colek me if I'm wrong
mnugra
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: 04 Jul 2015, 14:43

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by mnugra »

Mumpung tadi bahas afw vi, mau nanya afw vi sama kixx dx vi itu sama ga ya isiannya, soalnya e46 saya minta spec dex vi dan ada yg make kixx dx vi impresinya enak sekali compared to dex iii, nah saya liat msds kedua produk itu emang sekilas sama sama dari gs caltex, flash point sama v100 juga sama, kalau beneran sama saya beli afw vi aja soale lebih murah hihi
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5043
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

mnugra wrote: 13 Jun 2022, 11:11 Mumpung tadi bahas afw vi, mau nanya afw vi sama kixx dx vi itu sama ga ya isiannya, soalnya e46 saya minta spec dex vi dan ada yg make kixx dx vi impresinya enak sekali compared to dex iii, nah saya liat msds kedua produk itu emang sekilas sama sama dari gs caltex, flash point sama v100 juga sama, kalau beneran sama saya beli afw vi aja soale lebih murah hihi
Ya kalau dex 3 ke dex 6 ya jauh lah, pasti lebih encer.
ariswp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ariswp »

pernah baca statemen klo dexron vi itu backward kompatible di girbox dexron iii
tapi tidak dengan sebaliknya

di bitog pernah dibahas juga, meskipun dex vi lebih encer dibanding dex iii
tapi karena base udah beda, parameter yg dikejar juga lebih strict, tetep aja dex vi jadi lebih bisa mempertahankan viskositasnya

Misal dex iii cst awal di 7.5, setelah dipakai 20rb km cst udah turun ke 4.3
Sementara dex vi cst awal 6.1, setelah dipakai 20rb km cst turun ke 5.0

buat matic 4at mobil modern macem xpander pre fl dan all new ertiga 4at pun sudah diisi atf low visc dari sononya

Di US mulai ngetrend ATF ULV, soalnya tren maticnya udah 9AT-10AT di GM/ford/honda
itu cst awal di 4 koma sekian kecil
Present
R20A 5AT 08 / Fuchs Titan Syn SN+ 5w30
R18Z CVT 17 / Eneos Asia SN 0w20
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4934
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

ariswp wrote: 13 Jun 2022, 15:25 pernah baca statemen klo dexron vi itu backward kompatible di girbox dexron iii
tapi tidak dengan sebaliknya

di bitog pernah dibahas juga, meskipun dex vi lebih encer dibanding dex iii
tapi karena base udah beda, parameter yg dikejar juga lebih strict, tetep aja dex vi jadi lebih bisa mempertahankan viskositasnya

Misal dex iii cst awal di 7.5, setelah dipakai 20rb km cst udah turun ke 4.3
Sementara dex vi cst awal 6.1, setelah dipakai 20rb km cst turun ke 5.0

buat matic 4at mobil modern macem xpander pre fl dan all new ertiga 4at pun sudah diisi atf low visc dari sononya

Di US mulai ngetrend ATF ULV, soalnya tren maticnya udah 9AT-10AT di GM/ford/honda
itu cst awal di 4 koma sekian kecil
Iya intinya ATF encer bisa masuk ke girboks jadul.

Tp klo ATF kentel, haram masuk ke girboks jaman now.
*Colek me if I'm wrong
User avatar
sahabatq8
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 756
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sahabatq8 »

ariswp wrote: 13 Jun 2022, 15:25 pernah baca statemen klo dexron vi itu backward kompatible di girbox dexron iii
tapi tidak dengan sebaliknya

di bitog pernah dibahas juga, meskipun dex vi lebih encer dibanding dex iii
tapi karena base udah beda, parameter yg dikejar juga lebih strict, tetep aja dex vi jadi lebih bisa mempertahankan viskositasnya

Misal dex iii cst awal di 7.5, setelah dipakai 20rb km cst udah turun ke 4.3
Sementara dex vi cst awal 6.1, setelah dipakai 20rb km cst turun ke 5.0

buat matic 4at mobil modern macem xpander pre fl dan all new ertiga 4at pun sudah diisi atf low visc dari sononya

Di US mulai ngetrend ATF ULV, soalnya tren maticnya udah 9AT-10AT di GM/ford/honda
itu cst awal di 4 koma sekian kecil
Setau saya dexron 6 itu pasti backward compatible dengan dexron 3 hanya di mobil GM (yang teruji). Kalo pabrikan mobil lain yang pakenya spek dexron mending ikut sesuai rekomendasi aja, kecuali emang udah pernah ada yang coba.
Dulu Temen saya pernah ada yang pake oli dexron 6 merek apa gitu di mobil eropa tua at 4 ato 5 speed, transmisinya rontok. Tapi gak jelas juga sih karena cairannya ato memang sebenernya udah bermasalah itu mobil.

Edit: apa jangan jangan dia 5 speed mt yang pake atf ya. Soalnya backward compatibility dexron 6 cuma untuk automatic transmission, kalo manual yang pake atf gak bisa.
Post Reply