Re: Oli Gardan dan Transmisi
Posted: Fri Apr 23, 2021 5:07
AUTOMAT 1Afajarrian wrote:aisin AFW+ sama PTT ATF 1A yang lebih enak buat suzuki 3317 kira kira yang mana suhu2?
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
AUTOMAT 1Afajarrian wrote:aisin AFW+ sama PTT ATF 1A yang lebih enak buat suzuki 3317 kira kira yang mana suhu2?
Om boleh tau proses flush di cvt os nya kayak gimana?slapnuts wrote:Barusan ganti oli CVT OS yang udah item bgt di odo 80k, terlahir ganti di beres pas odometer 40k dan 60k (ganti bukan flush). Meluncurlah ke Toda Radal, tadinya mau ambil Amsoil CVT sekalian, eh ternyata harganya aduhai 300k/liter (butuh 8 liter untuk flush, mayan juga), jadinya ambil Q8 Auto CVT kena 200k per liter.
Cek spesifikasi Q8 ternyata kompatibel dengan Mitsu CVTF-J4, yaudah gas.
Begitu jalan langsung kerasa bedanya, tarikan lebih enteng dan meluncur. Memang lah oli arab ini ga main-main. Setelah coba Q8 0w-20 D1 FE di mesin, langsung ketagihan, jauh dibanding bawaannya MMGO.. hahahaa
Pakai mesin mereka Om.indeskey wrote: ↑Fri Apr 23, 2021 16:57Om boleh tau proses flush di cvt os nya kayak gimana?slapnuts wrote:Barusan ganti oli CVT OS yang udah item bgt di odo 80k, terlahir ganti di beres pas odometer 40k dan 60k (ganti bukan flush). Meluncurlah ke Toda Radal, tadinya mau ambil Amsoil CVT sekalian, eh ternyata harganya aduhai 300k/liter (butuh 8 liter untuk flush, mayan juga), jadinya ambil Q8 Auto CVT kena 200k per liter.
Cek spesifikasi Q8 ternyata kompatibel dengan Mitsu CVTF-J4, yaudah gas.
Begitu jalan langsung kerasa bedanya, tarikan lebih enteng dan meluncur. Memang lah oli arab ini ga main-main. Setelah coba Q8 0w-20 D1 FE di mesin, langsung ketagihan, jauh dibanding bawaannya MMGO.. hahahaa
LV1 meet MA1AGSA wrote:Adakah pengganti oli matic yang kompatibel dengan mitsubishi ma1 karena saya lihat PTT automat 1a dan PTT LV serta total mvlv tdk mencantumkan ma1 di pds nya
Noted om. Makasihslapnuts wrote:Pakai mesin mereka Om.indeskey wrote: ↑Fri Apr 23, 2021 16:57Om boleh tau proses flush di cvt os nya kayak gimana?slapnuts wrote:Barusan ganti oli CVT OS yang udah item bgt di odo 80k, terlahir ganti di beres pas odometer 40k dan 60k (ganti bukan flush). Meluncurlah ke Toda Radal, tadinya mau ambil Amsoil CVT sekalian, eh ternyata harganya aduhai 300k/liter (butuh 8 liter untuk flush, mayan juga), jadinya ambil Q8 Auto CVT kena 200k per liter.
Cek spesifikasi Q8 ternyata kompatibel dengan Mitsu CVTF-J4, yaudah gas.
Begitu jalan langsung kerasa bedanya, tarikan lebih enteng dan meluncur. Memang lah oli arab ini ga main-main. Setelah coba Q8 0w-20 D1 FE di mesin, langsung ketagihan, jauh dibanding bawaannya MMGO.. hahahaa
Pertama karter oli cvt bawah dibuka, keluar sekitar 3,5-4 liter. Lalu oli baru dimasukan 3,5-4 liter dari lubang dipstick, sambil mesin dinyalakan. Kemudian oli yang sudah tercampur disedot lagi dari lubang dipstick pakai mesin. Lalu dimasukan lagi 3,5-4 liter oli baru. Total habis 8 botol.
antara yg buatan SINOPEC vs TOTAL ?doko86 wrote:Mau tanya om, kalau oli mtf wuling rekomend yg warna kuning atau yg biru y om? Untuk tipe sama 75w90 GL4, beda di kemasan doank
Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?DJpapi wrote: ↑Thu May 20, 2021 23:34 Salam kenal dan selamat pagi semuanya ..
Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.
Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.
Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?
Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah ..
Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) ..sintoni wrote: ↑Fri May 21, 2021 0:06Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?DJpapi wrote: ↑Thu May 20, 2021 23:34 Salam kenal dan selamat pagi semuanya ..
Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.
Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.
Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?
Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah ..
Di manual book rekomendasinya single grade ya om? Saya selama ini pake multi grade castrol sama q8 t65, dan skrg bearing roda belakang udh dengung dan grok grok. Apa jgn jgn keenceran ya oli yg saya pakeDJpapi wrote:Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) ..sintoni wrote: ↑Fri May 21, 2021 0:06Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?DJpapi wrote: ↑Thu May 20, 2021 23:34 Salam kenal dan selamat pagi semuanya ..
Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.
Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.
Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?
Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah ..
Saya dulu pernah pake Veloz jg pake nya 75w-90 GL5 Om. Harga ngga beda jauh dan penggantiannya jg gak tiap bulan itu oli gardan kanDJpapi wrote: ↑Fri May 21, 2021 0:39Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) ..sintoni wrote: ↑Fri May 21, 2021 0:06Napa ga ambil yang multigrade aja om? Kayak 75-90 atau 80-90?DJpapi wrote: ↑Thu May 20, 2021 23:34 Salam kenal dan selamat pagi semuanya ..
Mau tanya tentang oli gardan spesifikasi SAE-90 GL-5,
Di pasaran saya sudah cari bbrp merk dan ada 3 yg menarik, yaitu VALVOLINE Gear Gard Super, PTT Gear Oil, STP Gear Oil.
Dari ketiganya, hanya PTT yg ada PDS nya utk tahu gambaran karakteristrik olinya .. sedangkan sisanya tdk ada PDSnya sama sekali.
Seolah PTT adl yg terbaik, cuman saya perhatikan STP mengklaim olinya berjenis sintetis sedangkan PTT masih mineral.
Ada saran kalau dari 3 merk tsb mana yg sebaiknya saya pilih dan alasannya kenapa?
Atau ada merk lain yg lebih baik dari 3 merk yg saya sudah saya sebutkan di atas?
Terima kasih sblmnya bagi yg nanti berkenan menjawab yah ..
Iya di manualnya begitu sprt gbr di atas, khusus transmisi manual baru yg multi grade.
Iya om betul, antara single dan multi grade viscocity ..sintoni wrote: ↑Fri May 21, 2021 1:02 Ya kayak oktan min 90 tapi kalau diisi agak bagusan kan gpp.
Single grade 90 sama multi grade bedanya sih pas kondisi dingin aja, kalau yang single grade mungkin kentel banget pas dingin.
Valvoline bagus jg kalau diliat dari harganya.
Kalau masalah rusak karena diks multi grade ane ga perna denger sih
Bener om, kalo harga ngga masalah krn emang saya cek cukup rendah harganya, PTT aja masih 70rb/ltr, nemu yg paling mahal jg cman CASTROL sekitar 85rb/ltr tp data di PDS sprt tdk lebih baik drpd PTT.evanbngdor wrote: ↑Fri May 21, 2021 1:19Saya dulu pernah pake Veloz jg pake nya 75w-90 GL5 Om. Harga ngga beda jauh dan penggantiannya jg gak tiap bulan itu oli gardan kan
Kalo saya sih anti ikutin jadwal service dr manual book ya. Oli gardan&transmisi saya selalu ganti setiap 20rb kmDJpapi wrote: ↑Fri May 21, 2021 1:31Bener om, kalo harga ngga masalah krn emang saya cek cukup rendah harganya, PTT aja masih 70rb/ltr, nemu yg paling mahal jg cman CASTROL sekitar 85rb/ltr tp data di PDS sprt tdk lebih baik drpd PTT.evanbngdor wrote: ↑Fri May 21, 2021 1:19Saya dulu pernah pake Veloz jg pake nya 75w-90 GL5 Om. Harga ngga beda jauh dan penggantiannya jg gak tiap bulan itu oli gardan kan
Betul jg, kalo manual book nyaranin tiap 40rb KM/4 tahun - kondisi normal
Bolehlah saya liat-liat lg yg multi-grade pilihannya menarik apalagi hehehe
Hehehe sama om, Avanza 2017 saya selama ini pake SAE 90 terus untuk gardan. Intervalnya tiap 20 rb km saya ganti.DJpapi wrote:triport13 wrote: ↑Fri May 21, 2021 0:50Di manual book rekomendasinya single grade ya om? Saya selama ini pake multi grade castrol sama q8 t65, dan skrg bearing roda belakang udh dengung dan grok grok. Apa jgn jgn keenceran ya oli yg saya pakeDJpapi wrote: Karena sesuai manual book dan gardan belakangnya konvensional di Veloz 1.5 (2017) ..
Iya di manualnya begitu sprt gbr di atas, khusus transmisi manual baru yg multi grade.
Kalau masalah bunyi-bunyi an di gardan saya kurang paham krn selama ini pake Avanza dari 1.5S,GNA,sampai skr si GNV blm pernah sih ada kendala di gardan blkg ..
Baru pernah pake bawaan Daihatsu, makanya kepikiran utk NEXT, apa ada yg lebih baik drpd versi pabrikan .. hehehe
Maaf, saya salah baca, seharusnya sesuai manual book adl 40rb KM/2thn sekali (sblmnya saya tulis 2thn sekali)evanbngdor wrote: ↑Fri May 21, 2021 1:39Kalo saya sih anti ikutin jadwal service dr manual book ya. Oli gardan&transmisi saya selalu ganti setiap 20rb kmDJpapi wrote: ↑Fri May 21, 2021 1:31Bener om, kalo harga ngga masalah krn emang saya cek cukup rendah harganya, PTT aja masih 70rb/ltr, nemu yg paling mahal jg cman CASTROL sekitar 85rb/ltr tp data di PDS sprt tdk lebih baik drpd PTT.evanbngdor wrote: ↑Fri May 21, 2021 1:19
Saya dulu pernah pake Veloz jg pake nya 75w-90 GL5 Om. Harga ngga beda jauh dan penggantiannya jg gak tiap bulan itu oli gardan kan
Betul jg, kalo manual book nyaranin tiap 40rb KM/4 tahun - kondisi normal
Bolehlah saya liat-liat lg yg multi-grade pilihannya menarik apalagi hehehe