Page 95 of 117

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Dec 30, 2021 10:20
by Omnibus
adiputra4 wrote: Thu Dec 30, 2021 10:01
Omnibus wrote: Thu Dec 30, 2021 6:12
11 quart om. 3x drain n fill
omm

kalo boleh kepo, kenapa om memilih drain n fill dibanding pake ATF changer ?
krn sy DIYer ga punya n not a fan of atf changer.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Dec 30, 2021 14:52
by ctopher7
Omnibus wrote:
adiputra4 wrote: Thu Dec 30, 2021 10:01
Omnibus wrote: Thu Dec 30, 2021 6:12
11 quart om. 3x drain n fill
omm

kalo boleh kepo, kenapa om memilih drain n fill dibanding pake ATF changer ?
krn sy DIYer ga punya n not a fan of atf changer.
gimana caranya om biar muterin oliny jadi pas di drain itu yang bekas?

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Dec 30, 2021 15:32
by sintoni
ctopher7 wrote: Thu Dec 30, 2021 14:52
Omnibus wrote:
adiputra4 wrote: Thu Dec 30, 2021 10:01

omm

kalo boleh kepo, kenapa om memilih drain n fill dibanding pake ATF changer ?
krn sy DIYer ga punya n not a fan of atf changer.
gimana caranya om biar muterin oliny jadi pas di drain itu yang bekas?
Ya ga bisa, karena itu 3x kurasnya, jadi mayoritas oli baru.

Mau pake ATF changer pun jg ga bisa 100% baru.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Dec 30, 2021 15:43
by Omnibus
sintoni wrote: Thu Dec 30, 2021 15:32
ctopher7 wrote: Thu Dec 30, 2021 14:52
Omnibus wrote:
krn sy DIYer ga punya n not a fan of atf changer.
gimana caranya om biar muterin oliny jadi pas di drain itu yang bekas?
Ya ga bisa, karena itu 3x kurasnya, jadi mayoritas oli baru.

Mau pake ATF changer pun jg ga bisa 100% baru.
yes ....

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Dec 30, 2021 15:46
by marmut
Suryaputra wrote: Thu Dec 30, 2021 10:12 Pakai atf changer, beresiko kontaminasi dgn lendir jenis lain.

Klo drain and refill, spec nya sama, hanya beda merk dan aditif yg lbh baik (krn ATFnya amsowel top tier punya).


kontaminasi masih toleransi, toh persentasenya sangat kecil. katakanlah 500 ml berbanding (minimal) 8000 ml. 1:16.
yang jadi pertanyaan utama adalah :

tepatkah jumlah atf yang masuk ke transmisi?

:mky_03:

kalo kurang, rasanya enggak. hampir 100% mereka overfill. bagaimana supaya bisa pas?
sila belajar sama mbah ono....

:mky_03:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Dec 30, 2021 21:56
by Suryaputra
marmut wrote: Thu Dec 30, 2021 15:46
Suryaputra wrote: Thu Dec 30, 2021 10:12 Pakai atf changer, beresiko kontaminasi dgn lendir jenis lain.

Klo drain and refill, spec nya sama, hanya beda merk dan aditif yg lbh baik (krn ATFnya amsowel top tier punya).


kontaminasi masih toleransi, toh persentasenya sangat kecil. katakanlah 500 ml berbanding (minimal) 8000 ml. 1:16.
yang jadi pertanyaan utama adalah :

tepatkah jumlah atf yang masuk ke transmisi?

:mky_03:

kalo kurang, rasanya enggak. hampir 100% mereka overfill. bagaimana supaya bisa pas?
sila belajar sama mbah ono....

:mky_03:
Kontaminasi sekecil apapun, gak bs ditoleransi.
Ngedorong oli lama di mesin pun kudu pakai amsowel jg :ngacir:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Dec 31, 2021 4:20
by adiputra4
Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..

Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..

Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..

Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..

Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Dec 31, 2021 5:36
by ctopher7
sintoni wrote:
ctopher7 wrote: Thu Dec 30, 2021 14:52
Omnibus wrote: krn sy DIYer ga punya n not a fan of atf changer.
gimana caranya om biar muterin oliny jadi pas di drain itu yang bekas?
Ya ga bisa, karena itu 3x kurasnya, jadi mayoritas oli baru.

Mau pake ATF changer pun jg ga bisa 100% baru.
wadaw kalo pake lendir mahal sayang jg ya wkwkwk

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Dec 31, 2021 5:37
by ctopher7
adiputra4 wrote:Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..

Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..

Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..

Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..

Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
pake oli apa om?

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Dec 31, 2021 5:42
by adiputra4
ctopher7 wrote: Fri Dec 31, 2021 5:37
adiputra4 wrote:Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..

Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..

Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..

Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..

Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
pake oli apa om?
Ptt automat lv1 om

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Dec 31, 2021 6:26
by Mesinanak
adiputra4 wrote: Fri Dec 31, 2021 4:20 Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..

Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..

Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..

Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..

Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Info begini nih ane demen

Om ikutin prosedur level check?
Nah jd total overfill nya brp ml?

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Dec 31, 2021 6:37
by Mesinanak
ctopher7 wrote: Thu Dec 30, 2021 14:52
Omnibus wrote:
adiputra4 wrote: Thu Dec 30, 2021 10:01

omm

kalo boleh kepo, kenapa om memilih drain n fill dibanding pake ATF changer ?
krn sy DIYer ga punya n not a fan of atf changer.
gimana caranya om biar muterin oliny jadi pas di drain itu yang bekas?
Alternatif gini om..
Klo ada selang ke arah radiator, bisa dicoba:
1. Drain semua oli
2. Selang ke radiator itu dilepas, hidupkan mesin sampe abis oli nya, keliatan kok
3. Bbrp detik setelah habis atau berhenti aliran oli nya, baru matiin mesin
4. Refill deh

Klo mo lebih minimize sisa oli; yg ada di pan, radiator, selang; sedot pake suction gun dll...

Klo mo lebih bersih, langkah diatas diulang

Klo reborn cmn kepake 4.5ltr oli baru

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Dec 31, 2021 7:41
by adiputra4
Mesinanak wrote: Fri Dec 31, 2021 6:26
adiputra4 wrote: Fri Dec 31, 2021 4:20 Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..

Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..

Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..

Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..

Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Info begini nih ane demen

Om ikutin prosedur level check?
Nah jd total overfill nya brp ml?
Prosedur check sudah ane lakuin om dg benar..pernah ane post jg

Shifting quality nya beda om kalo gak ane overfill..

Ane sampe hapal bgt karakternya ni matic wkwkwk

Total overfill kurleb 550ml.. bbrp kali ane ngolong buat dapetin feel nya yg pass

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat Jan 01, 2022 8:19
by Mesinanak
adiputra4 wrote: Fri Dec 31, 2021 7:41
Mesinanak wrote: Fri Dec 31, 2021 6:26
adiputra4 wrote: Fri Dec 31, 2021 4:20 Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..

Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..

Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..

Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..

Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Info begini nih ane demen

Om ikutin prosedur level check?
Nah jd total overfill nya brp ml?
Prosedur check sudah ane lakuin om dg benar..pernah ane post jg

Shifting quality nya beda om kalo gak ane overfill..

Ane sampe hapal bgt karakternya ni matic wkwkwk

Total overfill kurleb 550ml.. bbrp kali ane ngolong buat dapetin feel nya yg pass
Makasih banyak ilmunya om.. :big_deal: :big_exellent:

Memang ane jg ngerasain ketika gigi 1 ke 2 agak gak enak, apalagi klo baru mulai jalan, alias oli msh dingin

Tadi pagi cobain top up sekitar 500ml
Trs pake jalan.. dan terasa bgt bedanya :mky_02:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat Jan 01, 2022 9:12
by ctopher7
adiputra4 wrote:
ctopher7 wrote: Fri Dec 31, 2021 5:37
adiputra4 wrote:Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..

Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..

Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..

Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..

Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
pake oli apa om?
Ptt automat lv1 om
sip thankyou infonya om. saya punya baru pake 2000an km, masih aman. nanti kalo muncul gejala begitu lagi topup aja paling deh. kebetulan oli atf nya sama nih hehe

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat Jan 01, 2022 10:34
by adiputra4
Mesinanak wrote: Sat Jan 01, 2022 8:19
adiputra4 wrote: Fri Dec 31, 2021 7:41
Mesinanak wrote: Fri Dec 31, 2021 6:26

Info begini nih ane demen

Om ikutin prosedur level check?
Nah jd total overfill nya brp ml?
Prosedur check sudah ane lakuin om dg benar..pernah ane post jg

Shifting quality nya beda om kalo gak ane overfill..

Ane sampe hapal bgt karakternya ni matic wkwkwk

Total overfill kurleb 550ml.. bbrp kali ane ngolong buat dapetin feel nya yg pass
Makasih banyak ilmunya om.. :big_deal: :big_exellent:

Memang ane jg ngerasain ketika gigi 1 ke 2 agak gak enak, apalagi klo baru mulai jalan, alias oli msh dingin

Tadi pagi cobain top up sekitar 500ml
Trs pake jalan.. dan terasa bgt bedanya :mky_02:
Nah iya emg berasa om.. lbh smooth kan

sama2 om :big_okay:
ctopher7 wrote: Sat Jan 01, 2022 9:12
sip thankyou infonya om. saya punya baru pake 2000an km, masih aman. nanti kalo muncul gejala begitu lagi topup aja paling deh. kebetulan oli atf nya sama nih hehe
yep sama2 om :big_okay:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat Jan 01, 2022 12:29
by forzanetti
om2 sekalian, untuk Innova 2GD :

1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV

apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat Jan 01, 2022 13:09
by marmut
forzanetti wrote: Sat Jan 01, 2022 12:29 om2 sekalian, untuk Innova 2GD :

1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV

apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.


2gd? kalo pengen aisin pake yang afw-vi.
afw+ di 2gd cuma cocok buat power steering.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat Jan 01, 2022 14:50
by forzanetti
marmut wrote: Sat Jan 01, 2022 13:09
forzanetti wrote: Sat Jan 01, 2022 12:29 om2 sekalian, untuk Innova 2GD :

1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV

apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.


2gd? kalo pengen aisin pake yang afw-vi.
afw+ di 2gd cuma cocok buat power steering.
maaf mbah, AFW-VI sama AFW+ bedanya apa ya kalo buat 2GD? saya liat sama2 sertifikasi Toyota WS.

oya, sekarang posisi mobil umur 2 tahun, km 9rb. baiknya diganti kapan ya mbah? kalo liat bukman sih lama banget 80rb km/48 bulan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat Jan 01, 2022 14:56
by ctopher7
forzanetti wrote:om2 sekalian, untuk Innova 2GD :

1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV

apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.
+1 buat lv-1. uda pake sendiri maknyus diganti pake atf changer

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat Jan 01, 2022 15:10
by Omnibus
pake yg 100% synthetic baru maknyus. kl cuma sebut full/synthetic belum tentu 100% synthetic msh ada mineral oilnya.

yah harga mah ga boong lah kl di oli.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat Jan 01, 2022 15:30
by marmut
forzanetti wrote: Sat Jan 01, 2022 14:50
maaf mbah, AFW-VI sama AFW+ bedanya apa ya kalo buat 2GD? saya liat sama2 sertifikasi Toyota WS.

oya, sekarang posisi mobil umur 2 tahun, km 9rb. baiknya diganti kapan ya mbah? kalo liat bukman sih lama banget 80rb km/48 bulan


afw-vi lebih encer dari afw+.
afw-vi k.v @100°c 6,12cst.
afw+ k.v @100°c 7,41cst.

afw+ kalau di ptt itu yang 1a, dan di q8 kalo nggak salah jk.

sudah 2 taun, nggak ada salahnya sedikit memanjakan mobil mengingat jasanya kepada pemilik.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sat Jan 01, 2022 15:38
by adiputra4
forzanetti wrote: Sat Jan 01, 2022 14:50
marmut wrote: Sat Jan 01, 2022 13:09
forzanetti wrote: Sat Jan 01, 2022 12:29 om2 sekalian, untuk Innova 2GD :

1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV

apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.


2gd? kalo pengen aisin pake yang afw-vi.
afw+ di 2gd cuma cocok buat power steering.
maaf mbah, AFW-VI sama AFW+ bedanya apa ya kalo buat 2GD? saya liat sama2 sertifikasi Toyota WS.

oya, sekarang posisi mobil umur 2 tahun, km 9rb. baiknya diganti kapan ya mbah? kalo liat bukman sih lama banget 80rb km/48 bulan
innova 2gd bawaannya WS.. WS ini ATF slip lock.. low viscosity.. kekentalannya setara Dexron VI

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sun Jan 02, 2022 7:56
by forzanetti
marmut wrote: Sat Jan 01, 2022 15:30 afw-vi lebih encer dari afw+.
afw-vi k.v @100°c 6,12cst.
afw+ k.v @100°c 7,41cst.

afw+ kalau di ptt itu yang 1a, dan di q8 kalo nggak salah jk.

sudah 2 taun, nggak ada salahnya sedikit memanjakan mobil mengingat jasanya kepada pemilik.

sipp mbah, thanks infonya. ane bakal ganti antara Aisin AFW-VI atau PTT LV-1

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sun Jan 02, 2022 9:39
by walid_007
masi heran dengan distick toyota matic jadul

ada tulisan long life use