Re: Oli Gardan dan Transmisi
Posted: Thu Dec 30, 2021 10:20
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
gimana caranya om biar muterin oliny jadi pas di drain itu yang bekas?
Ya ga bisa, karena itu 3x kurasnya, jadi mayoritas oli baru.
Suryaputra wrote: ↑Thu Dec 30, 2021 10:12 Pakai atf changer, beresiko kontaminasi dgn lendir jenis lain.
Klo drain and refill, spec nya sama, hanya beda merk dan aditif yg lbh baik (krn ATFnya amsowel top tier punya).
Kontaminasi sekecil apapun, gak bs ditoleransi.marmut wrote: ↑Thu Dec 30, 2021 15:46Suryaputra wrote: ↑Thu Dec 30, 2021 10:12 Pakai atf changer, beresiko kontaminasi dgn lendir jenis lain.
Klo drain and refill, spec nya sama, hanya beda merk dan aditif yg lbh baik (krn ATFnya amsowel top tier punya).
kontaminasi masih toleransi, toh persentasenya sangat kecil. katakanlah 500 ml berbanding (minimal) 8000 ml. 1:16.
yang jadi pertanyaan utama adalah :
tepatkah jumlah atf yang masuk ke transmisi?
kalo kurang, rasanya enggak. hampir 100% mereka overfill. bagaimana supaya bisa pas?
sila belajar sama mbah ono....
wadaw kalo pake lendir mahal sayang jg ya wkwkwk
pake oli apa om?adiputra4 wrote:Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Ptt automat lv1 omctopher7 wrote: ↑Fri Dec 31, 2021 5:37pake oli apa om?adiputra4 wrote:Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Info begini nih ane demenadiputra4 wrote: ↑Fri Dec 31, 2021 4:20 Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Alternatif gini om..
Prosedur check sudah ane lakuin om dg benar..pernah ane post jgMesinanak wrote: ↑Fri Dec 31, 2021 6:26Info begini nih ane demenadiputra4 wrote: ↑Fri Dec 31, 2021 4:20 Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Om ikutin prosedur level check?
Nah jd total overfill nya brp ml?
Makasih banyak ilmunya om..adiputra4 wrote: ↑Fri Dec 31, 2021 7:41Prosedur check sudah ane lakuin om dg benar..pernah ane post jgMesinanak wrote: ↑Fri Dec 31, 2021 6:26Info begini nih ane demenadiputra4 wrote: ↑Fri Dec 31, 2021 4:20 Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Om ikutin prosedur level check?
Nah jd total overfill nya brp ml?
Shifting quality nya beda om kalo gak ane overfill..
Ane sampe hapal bgt karakternya ni matic wkwkwk
Total overfill kurleb 550ml.. bbrp kali ane ngolong buat dapetin feel nya yg pass
sip thankyou infonya om. saya punya baru pake 2000an km, masih aman. nanti kalo muncul gejala begitu lagi topup aja paling deh. kebetulan oli atf nya sama nih heheadiputra4 wrote:Ptt automat lv1 omctopher7 wrote: ↑Fri Dec 31, 2021 5:37pake oli apa om?adiputra4 wrote:Kemarin flush ATF VRZ dan udah dapet takaran yg pas setelah fine tuning top up sampai 250ml (shifting smooth, kikdon gak delay, no slip2)..
Setelah dipake 3rb KM, belakangan ini gejala kurang ATF muncul kembali.. shiftingnya mulai gak enak.. tarikan berat.. kadang jedug halus.. kadang selip (di gas mesin ngegerung dulu).. padahal kemarin nggak gitu..
Akhirnya ane top up lagi dikit2 sampai 300ml, baru nih dapet enaknya.. shifting smooth.. tarikan enteng.. no jeduk2 halus.. shifting gak nyendal..kikdon jg aman gak diley..
Buat ane kerasa bgt nih mobil kalo shifting nya mulai gak enak.. paling gampang ketauan kalo dr gear 1 ke 2.. kalo halus bgt berarti aman.. kalo berasa dan agak nyendal kemungkinan kurang ATF..
Jd ane overfill cukup banyak.. tak apa lah yah karena perbedaannya cukup berasa.. kalo gak di overfill rasanya gak enak ni matic
Nah iya emg berasa om.. lbh smooth kanMesinanak wrote: ↑Sat Jan 01, 2022 8:19Makasih banyak ilmunya om..
Memang ane jg ngerasain ketika gigi 1 ke 2 agak gak enak, apalagi klo baru mulai jalan, alias oli msh dingin
Tadi pagi cobain top up sekitar 500ml
Trs pake jalan.. dan terasa bgt bedanya
yep sama2 om
forzanetti wrote: ↑Sat Jan 01, 2022 12:29 om2 sekalian, untuk Innova 2GD :
1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV
apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.
maaf mbah, AFW-VI sama AFW+ bedanya apa ya kalo buat 2GD? saya liat sama2 sertifikasi Toyota WS.marmut wrote: ↑Sat Jan 01, 2022 13:09forzanetti wrote: ↑Sat Jan 01, 2022 12:29 om2 sekalian, untuk Innova 2GD :
1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV
apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.
2gd? kalo pengen aisin pake yang afw-vi.
afw+ di 2gd cuma cocok buat power steering.
+1 buat lv-1. uda pake sendiri maknyus diganti pake atf changerforzanetti wrote:om2 sekalian, untuk Innova 2GD :
1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV
apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.
forzanetti wrote: ↑Sat Jan 01, 2022 14:50
maaf mbah, AFW-VI sama AFW+ bedanya apa ya kalo buat 2GD? saya liat sama2 sertifikasi Toyota WS.
oya, sekarang posisi mobil umur 2 tahun, km 9rb. baiknya diganti kapan ya mbah? kalo liat bukman sih lama banget 80rb km/48 bulan
innova 2gd bawaannya WS.. WS ini ATF slip lock.. low viscosity.. kekentalannya setara Dexron VIforzanetti wrote: ↑Sat Jan 01, 2022 14:50maaf mbah, AFW-VI sama AFW+ bedanya apa ya kalo buat 2GD? saya liat sama2 sertifikasi Toyota WS.marmut wrote: ↑Sat Jan 01, 2022 13:09forzanetti wrote: ↑Sat Jan 01, 2022 12:29 om2 sekalian, untuk Innova 2GD :
1. Aisin AFW+
2. PTT Autoamat LV-1
3. Q8 Auto MV
apakah beda kualitasnya juga sesuai urutan harganya? posisi sekarang masih pake oli bawaan. lagi menimbang2 untuk rencana nanti ganti oli transmisi.
2gd? kalo pengen aisin pake yang afw-vi.
afw+ di 2gd cuma cocok buat power steering.
oya, sekarang posisi mobil umur 2 tahun, km 9rb. baiknya diganti kapan ya mbah? kalo liat bukman sih lama banget 80rb km/48 bulan