Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by yogaecho »

Siang om,

Rencana mau ganti oli transmisi all new toyota rush 2019, dari baru s.d KM 40 rb ni belum pernah ganti. Utk penggantian ini diharuskam kuras gak ya atau cuma ganti aja cukup?

Di manual book minta nya spek T-IV, klo ganti pakai aisin AFW+ masuk kan ya? Atau ada yg pernah pake gulf MV? Mumpung ada diskon jadi 80 rb seliter dan masuk dgn T-IV [emoji16]

Trims om [emoji120]
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 3:04

serius beneran mbah, cupu. coba nonton video ini, ilmu penting ini wajib ditonton. kl sy yg ngerjain juga pasti sama, ngabisin sekring. :mky_03: tiap kali sekring jeprut pasti diiringi sumpah serapah.



urusan sikring kok di kamar oli gardan.... apa oli gardannya mau disetrum?

:weekk:

tapi ilmu bermanfaat itu, patut diakui. kadang hal seperti itu (cara ngetes dengan 1 serabut kabel) suka nggak kepikir.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ariswp »

yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 3:47 Siang om,

Rencana mau ganti oli transmisi all new toyota rush 2019, dari baru s.d KM 40 rb ni belum pernah ganti. Utk penggantian ini diharuskam kuras gak ya atau cuma ganti aja cukup?

Di manual book minta nya spek T-IV, klo ganti pakai aisin AFW+ masuk kan ya? Atau ada yg pernah pake gulf MV? Mumpung ada diskon jadi 80 rb seliter dan masuk dgn T-IV [emoji16]

Trims om [emoji120]
AFW+ masuk dong
Gulf MV juga bagus,
Saya sih klo udah 40rb prefer kuras
Nanti berikutnya cukup drain and fill per 20rb km, agak "kecepetan" buat gear AT sih, tapi lebih baik klo urusan matic gini "invest" di ganti ATF yg dipercepat ketimbang kadung maticnya sudah gak enak atau rusak xixixi
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Fri Feb 04, 2022 3:51
Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 3:04

serius beneran mbah, cupu. coba nonton video ini, ilmu penting ini wajib ditonton. kl sy yg ngerjain juga pasti sama, ngabisin sekring. :mky_03: tiap kali sekring jeprut pasti diiringi sumpah serapah.



urusan sikring kok di kamar oli gardan.... apa oli gardannya mau disetrum?

:weekk:

tapi ilmu bermanfaat itu, patut diakui. kadang hal seperti itu (cara ngetes dengan 1 serabut kabel) suka nggak kepikir.
Wkwkwk iya.
Padahal suka ngecek sikring, itu kan konduktornya diconnect dgn serabut kabel kecil jg.

Jaman now enak, inovasi bisa lihat dr youtube, trus muncul ide ide yg briliian dikembangin :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by yogaecho »

ariswp wrote:
yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 3:47 Siang om,

Rencana mau ganti oli transmisi all new toyota rush 2019, dari baru s.d KM 40 rb ni belum pernah ganti. Utk penggantian ini diharuskam kuras gak ya atau cuma ganti aja cukup?

Di manual book minta nya spek T-IV, klo ganti pakai aisin AFW+ masuk kan ya? Atau ada yg pernah pake gulf MV? Mumpung ada diskon jadi 80 rb seliter dan masuk dgn T-IV [emoji16]

Trims om [emoji120]
AFW+ masuk dong
Gulf MV juga bagus,
Saya sih klo udah 40rb prefer kuras
Nanti berikutnya cukup drain and fill per 20rb km, agak "kecepetan" buat gear AT sih, tapi lebih baik klo urusan matic gini "invest" di ganti ATF yg dipercepat ketimbang kadung maticnya sudah gak enak atau rusak xixixi
Kira2 klo utk kuras perlu nambah brp liter dari ganti om? Kapasitasnya disini 4.9 L, harus nambah jadi brp? Soalnya oli nya kirim antar pulau, klo kurang bahaya [emoji23]

Dan klo cuma drain and fill aja minus nya apa ya om?

Edit : rupanya KM masih di 31 rb [emoji16]
IMG_20220203_230643.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by yogaecho on Fri Feb 04, 2022 5:23, edited 3 times in total.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5706
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 5:23
ariswp wrote:
yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 3:47 Siang om,

Rencana mau ganti oli transmisi all new toyota rush 2019, dari baru s.d KM 40 rb ni belum pernah ganti. Utk penggantian ini diharuskam kuras gak ya atau cuma ganti aja cukup?

Di manual book minta nya spek T-IV, klo ganti pakai aisin AFW+ masuk kan ya? Atau ada yg pernah pake gulf MV? Mumpung ada diskon jadi 80 rb seliter dan masuk dgn T-IV [emoji16]

Trims om [emoji120]
AFW+ masuk dong
Gulf MV juga bagus,
Saya sih klo udah 40rb prefer kuras
Nanti berikutnya cukup drain and fill per 20rb km, agak "kecepetan" buat gear AT sih, tapi lebih baik klo urusan matic gini "invest" di ganti ATF yg dipercepat ketimbang kadung maticnya sudah gak enak atau rusak xixixi
Kira2 klo utk kuras perlu nambah brp liter dari ganti om? Kapasitasnya disini 4.9 L, harus nambah jadi brp? Soalnya oli nya kirim antar pulau, klo kurang bahaya [emoji23]IMG_20220203_230643.jpg
Kurasnya pake apa dulu? Haha..

Kalau gerlong mah beli 5 aja aman.

Kalau pake ATF changer harus lebih 7-8, nanti kalau sisa tuang jadi minyak PS aja.
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by yogaecho »

sintoni wrote:
yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 5:23
ariswp wrote:
AFW+ masuk dong
Gulf MV juga bagus,
Saya sih klo udah 40rb prefer kuras
Nanti berikutnya cukup drain and fill per 20rb km, agak "kecepetan" buat gear AT sih, tapi lebih baik klo urusan matic gini "invest" di ganti ATF yg dipercepat ketimbang kadung maticnya sudah gak enak atau rusak xixixi
Kira2 klo utk kuras perlu nambah brp liter dari ganti om? Kapasitasnya disini 4.9 L, harus nambah jadi brp? Soalnya oli nya kirim antar pulau, klo kurang bahaya [emoji23]IMG_20220203_230643.jpg
Kurasnya pake apa dulu? Haha..

Kalau gerlong mah beli 5 aja aman.

Kalau pake ATF changer harus lebih 7-8, nanti kalau sisa tuang jadi minyak PS aja.
Sekitar 8 ya om klo pake mesin? Minusnya klo drain and fill rutin 2 tahun atau 20 rb km tapi gak kuras apa ya om?

Kalo beda merk ATF nya utk setiap penggantian apa selalu harus kuras?
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 3:04
marmut wrote: Fri Feb 04, 2022 2:56
Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 2:01

. ai mah kelasnya gerobak cupu aja lah mbah yg bisa dioprek sesuai skill ai yg juga cupu.


coba ngaca mbah, udah kaya pinokio pasti... :big_bored:
serius beneran mbah, cupu. coba nonton video ini, ilmu penting ini wajib ditonton. kl sy yg ngerjain juga pasti sama, ngabisin sekring. :mky_03: tiap kali sekring jeprut pasti diiringi sumpah serapah.


Wedan bahaya ini mbah...
Kalau kabel yg dipakai ngga pas tahanannya yg ada malah ngga putus dan hilang fungsi fuse nya. Trs merembet dah arus besar ke komponen lain akibatnya ngerusak yg lain. Trs kl panas berlebih dan isolator kabelnya jelek yg ada kebakar duluan itu kabel dan ya potensi kebakaran di ruang engine...
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 2:01
DOHC wrote: Fri Feb 04, 2022 1:41
Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 1:09

wah le'sus ini pasti kelas atasnya nih .... doi kl punya le'sus pasti begini ceritanya:

ada teppanyaki, yakiniku, shabu-shabu, robatayaki. cemilannya yakitori, sapporo, asahi, dorayaki, and on and on and on

:mky_03:
... :ngacir:
jd jij kapan mo beli le'sus LX series :upss: :upss:

metik nya aja ud 10 speed loh, kl dipakein atf amsyoil, mantep kayanya
rugi mbah beli gituan 3-4M kalo ai service sendiri. udah ga dpt warranty, ga dpt free serpis, n most importantly ga dapet jatah makan. ai mah kelasnya gerobak cupu aja lah mbah yg bisa dioprek sesuai skill ai yg juga cupu.
kl mo ngejar makan gratis

yg berkelas sikit mbah

sila sambangin gerasi 69, ntar kl serpis dsana, dijamu sate kambing, sop kambing, trus balans as kopel skalian
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Fri Feb 04, 2022 13:01
Omnibus wrote: Fri Feb 04, 2022 3:04
marmut wrote: Fri Feb 04, 2022 2:56



coba ngaca mbah, udah kaya pinokio pasti... :big_bored:
serius beneran mbah, cupu. coba nonton video ini, ilmu penting ini wajib ditonton. kl sy yg ngerjain juga pasti sama, ngabisin sekring. :mky_03: tiap kali sekring jeprut pasti diiringi sumpah serapah.


Wedan bahaya ini mbah...
Kalau kabel yg dipakai ngga pas tahanannya yg ada malah ngga putus dan hilang fungsi fuse nya. Trs merembet dah arus besar ke komponen lain akibatnya ngerusak yg lain. Trs kl panas berlebih dan isolator kabelnya jelek yg ada kebakar duluan itu kabel dan ya potensi kebakaran di ruang engine...
pasti ga nonton sampai habis deh :big_grin:

itu begitu cuma utk troubleshooting aja, kl sdh ketemu masalahnya dan dibenerin ya si fuse diganti lagi dgn fuse beneran. 1 helai itu pasti putus sih kl kasusnya spt di video itu which is short to ground.
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

IMG_20210603_105213.jpg
REVIEW Oli ATF-MV Gulf:

Mobilnya di Grand Veloz 1.5 dengan kebutuhan Toyota T-IV
Oli transmisi sblmnya saya pakai sekitar 17.500 KM.
Saya ganti pakai mesin ATF Changer cuman bayar jasa 150rb aja, kalau oli GULF nya tahun lalu saya beli di toped sekitar 70rb/ltr.

Namun saat oli transmisi lama disirkulasikan pakai mesin ATF Changer, saya masukkan BG Quick Clean untuk ngebersihin semua jalur yg dilewatin dgn durasi sekitar 10mnt. Baru setelah itu didorong keluar oli lamanya pakai oli baru, saya cuman butuh sekitar 7ltr. (kurang dari itu malah)
IMG_20211009_160528.jpg
Terlihat di perbandingan tabung kaca pada mesin ATF Changer, nyaris ngga berubah tuh warna oli lamanya (mungkin karena pakainya jg sebentar bgt ya) masih pink terang dan bening, namun oli GULF yg saya pakai warnanya pink tua/lebih gelap.

Impresinya .. :big_think: .. dibawa normal ya sama aja, ga ada bedanya menurut saya.
TAPI.............begitu coba kickdown, busettt nyaris ngga ada delay transmisinya, lgs turunin gigi dan ngedorong mobil kuat banget .. pokoknya kapan aja butuh akselerasi injek pedal, lgs downshift dan tanpa selip sampe sblm redline, hahaha .. mantap sih ini olinya

Oiya, sebelumnya oli transmisi yg saya pakai adl Aisin AFW+ (beli 8ltr) kepakenya cman 7ltr.
IMG_20210313_092554.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

IMG_20210603_110221.jpg
Review oli gardan DELTALUBE SAE-90 (Omega Oil):

:ungg: .. impresi awalnya apa yah, sprt kek agak berat kali yah .. soalnya ini oli gila lengket banget,banget banget. Jadi udah kental, lengket pula, kek lem gtu, hahaha .. jujur sih lebih berharap ke proteksi aja drpd oli gardan bawaan pabrikan tapi kalo sekilas perhatiin oli gardan lama pas dikeluarin jg nyaris ngga berubah warnanya kek pas baru dulu.
IMG_20210313_092703.jpg
Sebelumnya saya pakai DGO, sekitar 17.500KM saya pakainya .. warnanya kan sprt biru/hijau gelap bgt tp agak transparant sedikit .. nah pas dibuang ya sama aja .. mungkin pemakaian gardan belakang di mbl saya kurang menyiksa yah :big_childish:

Kebutuhannya utk Grand Veloz 1.5 cuman 3ltr, pasti luber .. hehehe
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by yogaecho »

DJpapi wrote:
IMG_20210603_105213.jpg
REVIEW Oli ATF-MV Gulf:

Mobilnya di Grand Veloz 1.5 dengan kebutuhan Toyota T-IV
Oli transmisi sblmnya saya pakai sekitar 17.500 KM.
Saya ganti pakai mesin ATF Changer cuman bayar jasa 150rb aja, kalau oli GULF nya tahun lalu saya beli di toped sekitar 70rb/ltr.

Namun saat oli transmisi lama disirkulasikan pakai mesin ATF Changer, saya masukkan BG Quick Clean untuk ngebersihin semua jalur yg dilewatin dgn durasi sekitar 10mnt. Baru setelah itu didorong keluar oli lamanya pakai oli baru, saya cuman butuh sekitar 7ltr. (kurang dari itu malah)
IMG_20211009_160528.jpg
Terlihat di perbandingan tabung kaca pada mesin ATF Changer, nyaris ngga berubah tuh warna oli lamanya (mungkin karena pakainya jg sebentar bgt ya) masih pink terang dan bening, namun oli GULF yg saya pakai warnanya pink tua/lebih gelap.

Impresinya .. :big_think: .. dibawa normal ya sama aja, ga ada bedanya menurut saya.
TAPI.............begitu coba kickdown, busettt nyaris ngga ada delay transmisinya, lgs turunin gigi dan ngedorong mobil kuat banget .. pokoknya kapan aja butuh akselerasi injek pedal, lgs downshift dan tanpa selip sampe sblm redline, hahaha .. mantap sih ini olinya

Oiya, sebelumnya oli transmisi yg saya pakai adl Aisin AFW+ (beli 8ltr) kepakenya cman 7ltr.
IMG_20210313_092554.jpg
Beda jauh nih om ATF Gulf jua dengan AISIN AFW+ nya? Baik normal maupun kickdown? Di aisin masih kerasa selip nya om? Gulf jya menarik sih tapi pas harga diskon, lah klo gak ada diskon nya lagi bakan ganti lagi dah merk lain [emoji23]

Btw, om kuras oli matic nya emg prefer kuras setiap ganti oli atau krn ganti dgn merk yg beda?
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

yogaecho wrote: Tue Feb 08, 2022 11:31 Beda jauh nih om ATF Gulf jua dengan AISIN AFW+ nya? Baik normal maupun kickdown? Di aisin masih kerasa selip nya om? Gulf jya menarik sih tapi pas harga diskon, lah klo gak ada diskon nya lagi bakan ganti lagi dah merk lain [emoji23]

Btw, om kuras oli matic nya emg prefer kuras setiap ganti oli atau krn ganti dgn merk yg beda?
Kalau bandingin sama oli bawaan Toyota trus Aisin AFW+, mendingan Gulf ini jauh atau lebih baik pake Toyota lg menurut saya drpd ke Aisin.
Kalo pake Aisin dari gigi 1 ke gigi 2 selalu kek kasar perpindahannya .. misal rpmnya nanggung
Pas make Gulf jd lebih baik .. :big_smile]

Kalo bawa normal sih hampir sama aja semuanya, lebih ke pas kickdown nya, cepet bgt di saya responsnya turun gigi, ehehhe ..
Tapi nanti saya coba lg di kondisi tertentu, contoh kek di tanjakan puncak pass yg berkelok, nah itu matic toyota kan kebanyakan ga bisa cpt kapan harus naik-turun gigi sesuai injekan pedal gas .. minggu depan saya report lg deh ya :mky_01:

Kalo saya kuras karena emang biar lebih bersih aja dan lagian kan ganti merk.
Soalnya kalo di tap dari pembuangan oli, itu keluarnya cman dikit banget, sekitar 1.5ltr doang kalo ngga salah. Banyak bgt yg masih numpuk di dalaman transmisinya ..
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by RezPrat »

DJpapi wrote: Tue Feb 08, 2022 11:56
yogaecho wrote: Tue Feb 08, 2022 11:31 Beda jauh nih om ATF Gulf jua dengan AISIN AFW+ nya? Baik normal maupun kickdown? Di aisin masih kerasa selip nya om? Gulf jya menarik sih tapi pas harga diskon, lah klo gak ada diskon nya lagi bakan ganti lagi dah merk lain [emoji23]

Btw, om kuras oli matic nya emg prefer kuras setiap ganti oli atau krn ganti dgn merk yg beda?
Kalau bandingin sama oli bawaan Toyota trus Aisin AFW+, mendingan Gulf ini jauh atau lebih baik pake Toyota lg menurut saya drpd ke Aisin.
Kalo pake Aisin dari gigi 1 ke gigi 2 selalu kek kasar perpindahannya .. misal rpmnya nanggung
Pas make Gulf jd lebih baik .. :big_smile]

Kalo bawa normal sih hampir sama aja semuanya, lebih ke pas kickdown nya, cepet bgt di saya responsnya turun gigi, ehehhe ..
Tapi nanti saya coba lg di kondisi tertentu, contoh kek di tanjakan puncak pass yg berkelok, nah itu matic toyota kan kebanyakan ga bisa cpt kapan harus naik-turun gigi sesuai injekan pedal gas .. minggu depan saya report lg deh ya :mky_01:

Kalo saya kuras karena emang biar lebih bersih aja dan lagian kan ganti merk.
Soalnya kalo di tap dari pembuangan oli, itu keluarnya cman dikit banget, sekitar 1.5ltr doang kalo ngga salah. Banyak bgt yg masih numpuk di dalaman transmisinya ..
Hehehe ane d Innova 2GD juga kuras ganti ke Gulf LV, kickdown jd cepat dan gejala transmisi ngeden berkurang jauh. Terasa bgt koq power delivery nya lebih smooth d banding oli orinya pabrikan.
Kalo Aisin ane agak malas sih, liat dari spek dia lebih kental dari Toyota WS, ane rasa bakal bikin transmisi jd lemot.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5706
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 5:31
sintoni wrote:
yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 5:23 Kira2 klo utk kuras perlu nambah brp liter dari ganti om? Kapasitasnya disini 4.9 L, harus nambah jadi brp? Soalnya oli nya kirim antar pulau, klo kurang bahaya [emoji23]IMG_20220203_230643.jpg
Kurasnya pake apa dulu? Haha..

Kalau gerlong mah beli 5 aja aman.

Kalau pake ATF changer harus lebih 7-8, nanti kalau sisa tuang jadi minyak PS aja.
Sekitar 8 ya om klo pake mesin? Minusnya klo drain and fill rutin 2 tahun atau 20 rb km tapi gak kuras apa ya om?

Kalo beda merk ATF nya utk setiap penggantian apa selalu harus kuras?
Kalau drain fill biasa 2 tahun atau maks 20rb gpp sih, tapi kalau bisa pake merk bawaan.

Kalau ganti merk mungkin bagus kuras.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5706
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

ac235287 wrote: Tue Feb 08, 2022 17:28
DJpapi wrote: Tue Feb 08, 2022 11:56
yogaecho wrote: Tue Feb 08, 2022 11:31 Beda jauh nih om ATF Gulf jua dengan AISIN AFW+ nya? Baik normal maupun kickdown? Di aisin masih kerasa selip nya om? Gulf jya menarik sih tapi pas harga diskon, lah klo gak ada diskon nya lagi bakan ganti lagi dah merk lain [emoji23]

Btw, om kuras oli matic nya emg prefer kuras setiap ganti oli atau krn ganti dgn merk yg beda?
Kalau bandingin sama oli bawaan Toyota trus Aisin AFW+, mendingan Gulf ini jauh atau lebih baik pake Toyota lg menurut saya drpd ke Aisin.
Kalo pake Aisin dari gigi 1 ke gigi 2 selalu kek kasar perpindahannya .. misal rpmnya nanggung
Pas make Gulf jd lebih baik .. :big_smile]

Kalo bawa normal sih hampir sama aja semuanya, lebih ke pas kickdown nya, cepet bgt di saya responsnya turun gigi, ehehhe ..
Tapi nanti saya coba lg di kondisi tertentu, contoh kek di tanjakan puncak pass yg berkelok, nah itu matic toyota kan kebanyakan ga bisa cpt kapan harus naik-turun gigi sesuai injekan pedal gas .. minggu depan saya report lg deh ya :mky_01:

Kalo saya kuras karena emang biar lebih bersih aja dan lagian kan ganti merk.
Soalnya kalo di tap dari pembuangan oli, itu keluarnya cman dikit banget, sekitar 1.5ltr doang kalo ngga salah. Banyak bgt yg masih numpuk di dalaman transmisinya ..
Hehehe ane d Innova 2GD juga kuras ganti ke Gulf LV, kickdown jd cepat dan gejala transmisi ngeden berkurang jauh. Terasa bgt koq power delivery nya lebih smooth d banding oli orinya pabrikan.
Kalo Aisin ane agak malas sih, liat dari spek dia lebih kental dari Toyota WS, ane rasa bakal bikin transmisi jd lemot.
Kalau buat Innova baru sih pake Aisin yang VI, itu baru spek WS viscosity cuma angka 6 koma, kalau AFW+ emang 7 koma.
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by yogaecho »

DJpapi wrote:
yogaecho wrote: Tue Feb 08, 2022 11:31 Beda jauh nih om ATF Gulf jua dengan AISIN AFW+ nya? Baik normal maupun kickdown? Di aisin masih kerasa selip nya om? Gulf jya menarik sih tapi pas harga diskon, lah klo gak ada diskon nya lagi bakan ganti lagi dah merk lain [emoji23]

Btw, om kuras oli matic nya emg prefer kuras setiap ganti oli atau krn ganti dgn merk yg beda?
Kalau bandingin sama oli bawaan Toyota trus Aisin AFW+, mendingan Gulf ini jauh atau lebih baik pake Toyota lg menurut saya drpd ke Aisin.
Kalo pake Aisin dari gigi 1 ke gigi 2 selalu kek kasar perpindahannya .. misal rpmnya nanggung
Pas make Gulf jd lebih baik .. :big_smile]

Kalo bawa normal sih hampir sama aja semuanya, lebih ke pas kickdown nya, cepet bgt di saya responsnya turun gigi, ehehhe ..
Tapi nanti saya coba lg di kondisi tertentu, contoh kek di tanjakan puncak pass yg berkelok, nah itu matic toyota kan kebanyakan ga bisa cpt kapan harus naik-turun gigi sesuai injekan pedal gas .. minggu depan saya report lg deh ya :mky_01:

Kalo saya kuras karena emang biar lebih bersih aja dan lagian kan ganti merk.
Soalnya kalo di tap dari pembuangan oli, itu keluarnya cman dikit banget, sekitar 1.5ltr doang kalo ngga salah. Banyak bgt yg masih numpuk di dalaman transmisinya ..
Aisin kerasa delay apa krn lebih kental ya visc nya di 7,4 dibanding dgn oli bawaan yg visc nya 7,3? Gulf visc nya di 7,3 soalnya jadi lebih sesuai [emoji16] tapi bedanya dikit sih 0,1 [emoji23]

Okee om gulf worthed sih klo harganya masih under 100k per liter nya, klo udh gak diskon gmn om, apa balik ke aisin lagi atau pake oli bawaan? [emoji1787]
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by yogaecho »

sintoni wrote:
yogaecho wrote: Fri Feb 04, 2022 5:31
sintoni wrote: Kurasnya pake apa dulu? Haha..

Kalau gerlong mah beli 5 aja aman.

Kalau pake ATF changer harus lebih 7-8, nanti kalau sisa tuang jadi minyak PS aja.
Sekitar 8 ya om klo pake mesin? Minusnya klo drain and fill rutin 2 tahun atau 20 rb km tapi gak kuras apa ya om?

Kalo beda merk ATF nya utk setiap penggantian apa selalu harus kuras?
Kalau drain fill biasa 2 tahun atau maks 20rb gpp sih, tapi kalau bisa pake merk bawaan.

Kalau ganti merk mungkin bagus kuras.
Ohh gitu om okedeh, klo ganti merk emg lebih baik kuras yak krn klo nge tap resiko bercampur dgn oli lama beda merk [emoji16]
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

ac235287 wrote: Tue Feb 08, 2022 17:28 Hehehe ane d Innova 2GD juga kuras ganti ke Gulf LV, kickdown jd cepat dan gejala transmisi ngeden berkurang jauh. Terasa bgt koq power delivery nya lebih smooth d banding oli orinya pabrikan.
Kalo Aisin ane agak malas sih, liat dari spek dia lebih kental dari Toyota WS, ane rasa bakal bikin transmisi jd lemot.
Nah ini bisa untuk referensi utk gearbox yg pakai liquid sejenis Toyota-WS dan ganti ke Gulf-LV. :big_deal: terima kasih
yogaecho wrote: Wed Feb 09, 2022 3:54 Aisin kerasa delay apa krn lebih kental ya visc nya di 7,4 dibanding dgn oli bawaan yg visc nya 7,3? Gulf visc nya di 7,3 soalnya jadi lebih sesuai [emoji16] tapi bedanya dikit sih 0,1 [emoji23]

Okee om gulf worthed sih klo harganya masih under 100k per liter nya, klo udh gak diskon gmn om, apa balik ke aisin lagi atau pake oli bawaan? [emoji1787]
Ohh .. kali .pds nya ada satu parameter yg bikin saya beralih ke Gulf-MV, yaitu Brookfield Viscosity @ -40˚C.
Parameter untuk menentukan viskositas oli dengan mengukur daya yg dibutuhkan utk memutar suatu poros.
Nilainya Gulf-MV 7500 VS Aisin AFW+ 13.800 (asumsi saya makin kecil makin encer, sehingga tekanan oli transmisi bisa lebih besar dengan tenaga yg sama)

Bahkan uniknya, parameter .pds Gulf-MV seperti dua jenis oli transmisi AMSOIL-SS seri ATF (sekelas Toyota T-IV) & ATL (sekelas Toyota-WS), digabung jd satu.. :big_think:

Mendingan beli GULF nya, di stock di rmh jg bisa kan, asal masih segel dan disimpan baik dalam kardus..soalnya saya jg tahun lalu begitu.
Kalopun harga normal saya tetap pakai ini lagi nantinya, rencana pakai sih sampe 40rb KM (walau manual book anjurkan tiap 80rb KM).

Ini oli hrgnya ga murah-murah amat sbnrnya, aslinya kalo di luar-an kena 125rb/ltr dan di atasnya. :big_smile]
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5706
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

DJpapi wrote: Wed Feb 09, 2022 5:51
Ohh .. kali .pds nya ada satu parameter yg bikin saya beralih ke Gulf-MV, yaitu Brookfield Viscosity @ -40˚C.
Itu viskositas di temperatur -40C, hampir ga relevan untuk negara tropis harusnya om.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1782
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sahabatq8 »

sintoni wrote: Wed Feb 09, 2022 6:00
DJpapi wrote: Wed Feb 09, 2022 5:51
Ohh .. kali .pds nya ada satu parameter yg bikin saya beralih ke Gulf-MV, yaitu Brookfield Viscosity @ -40˚C.
Itu viskositas di temperatur -40C, hampir ga relevan untuk negara tropis harusnya om.
Betul, itu sama sekali ga relevan di Indonesia. Data di -40c belom tentu mencerminkan apa yang terjadi di saat operating temperature. Kalo di negara winter ekstrim oli udah kyk madu kentelnya. Kita "cold start" aja transmisi cepet bgt nyampe 40c.
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DJpapi »

sintoni wrote: Wed Feb 09, 2022 6:00 Itu viskositas di temperatur -40C, hampir ga relevan untuk negara tropis harusnya om.
sahabatq8 wrote: Wed Feb 09, 2022 6:11 Betul, itu sama sekali ga relevan di Indonesia. Data di -40c belom tentu mencerminkan apa yang terjadi di saat operating temperature. Kalo di negara winter ekstrim oli udah kyk madu kentelnya. Kita "cold start" aja transmisi cepet bgt nyampe 40c.
Ya sudah, saya ga pakein data teknis .. kan saya cerita alasan kenapa memilih Gulf, setelah coba Toyota T-IV dan Aisin AFW+

Saya simpel in aja yah:
Nmr.1 ENAK > Gulf MV
Nmr.2 ENAK > Toyota T-IV
Nmr.3 ENAK > AIsin AFW+

di quote saya sebelumnya jg saya tulis kenapa parameter itu saya jadikan pertimbangan, ga bawa-bawa ke relevansi ke kondisi di negara tropis jg, tp mohon di quote kalo ada tulisan saya yg relevan antara suhu -40 derajat dengan negara Indonesia yg tropis .. :big_smile]

Urutan impresi saya dri nmr. 1-3 jg tidak usah dipercaya krn tdk akurat 99.99% walaupun saya coba sendiri, pokoknya jangan ditanggapin serius, read & forget aja.
Saya yakin member SM jauh lebih hebat bat bat bat memberi saran drpd newbie sprt saya.

Salam :big_deal:
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by forzanetti »

DJpapi wrote: Wed Feb 09, 2022 5:51 Ohh .. kali .pds nya ada satu parameter yg bikin saya beralih ke Gulf-MV, yaitu Brookfield Viscosity @ -40˚C.
Parameter untuk menentukan viskositas oli dengan mengukur daya yg dibutuhkan utk memutar suatu poros.
Nilainya Gulf-MV 7500 VS Aisin AFW+ 13.800 (asumsi saya makin kecil makin encer, sehingga tekanan oli transmisi bisa lebih besar dengan tenaga yg sama)
maaf mbah, saya lihat pdsnya Gulf MV, Brookfield Viscosity @ -40˚C. koq di angka 11800 ya?

https://apps.gulfoilltd.com/pds/frmPrin ... tml&type=P
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

forzanetti wrote: Wed Feb 09, 2022 8:07
DJpapi wrote: Wed Feb 09, 2022 5:51 Ohh .. kali .pds nya ada satu parameter yg bikin saya beralih ke Gulf-MV, yaitu Brookfield Viscosity @ -40˚C.
Parameter untuk menentukan viskositas oli dengan mengukur daya yg dibutuhkan utk memutar suatu poros.
Nilainya Gulf-MV 7500 VS Aisin AFW+ 13.800 (asumsi saya makin kecil makin encer, sehingga tekanan oli transmisi bisa lebih besar dengan tenaga yg sama)
maaf mbah, saya lihat pdsnya Gulf MV, Brookfield Viscosity @ -40˚C. koq di angka 11800 ya?

https://apps.gulfoilltd.com/pds/frmPrin ... tml&type=P
https://www.coleparmer.com/tech-article ... ic-gravity
*makin besar angkanya = makin kental

ya karena di suhu -40˚C
oli udah kayak madu, super kentalll.

makin panas = makin encerr = ending nya nguap :mky_01:

suhu freezer berkisar -15 hingga -20
coba masukin oli ke freezer, jadi maduu

klo -40˚C jauh lbh dinginnn.
jadi sour cream :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri