Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5726
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sintoni »

Chr1stm1 wrote: Sun Mar 06, 2022 5:15 Sekilas info case:

Teman kantor pengguna grand avanza 2018, matic 4AT.
Kemarin kuras oli matic pake Q8, cuma salah tipe, krn ini harusnya pakai yg Auto JK, tapi dikuras pakai Auto MV.
Impresi awal sih enteng, tapi ga tau longtermnya...
Apakah aman yah setidaknya sampai 10rb km?

Dan pernah searching2 pds castrol transmax multivehicle, itu encer banget di 5,9 cst..ini bisa 2 efek, enteng atau selip..😂
ATF ini bukannya backward compatible ya?

Misal kentel dikasi encer boleh, tapi kalau encer dikasi kentel ga boleh?
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ariswp »

Chr1stm1 wrote: Sun Mar 06, 2022 5:15 Sekilas info case:

Teman kantor pengguna grand avanza 2018, matic 4AT.
Kemarin kuras oli matic pake Q8, cuma salah tipe, krn ini harusnya pakai yg Auto JK, tapi dikuras pakai Auto MV.
Impresi awal sih enteng, tapi ga tau longtermnya...
Apakah aman yah setidaknya sampai 10rb km?

Dan pernah searching2 pds castrol transmax multivehicle, itu encer banget di 5,9 cst..ini bisa 2 efek, enteng atau selip..😂
Baca2 di bitog harusnya tetep aman sih, base oil yg bagus meskipun lebih encer tapi tetep mempertahankan keenceran dari baru dgn lebih baik
Pernah ada yg nulis misal dex III vs dex vi
Dex III ketika baru dituang cst kisaran 7.5 ketika mau diganti setelah 40rb ditest UOA cst drop ke 4.6
Sementara Dex VI ketika baru dituang cst 6 setelah 40rb ditest UOA cst dropnya ke 5.1
Deltanya lebih banyak yg DEX III tadi karena dari base dan aditif2 lainnya memang lebih bagus (lebih ketat) DEX VI tadi
Dan setahuku biasanya atf2 baru ini backward comptible (WS bisa dipake di matic TIV tdk swbaliknya, begitu juga DW1 bisa dipake di matic yg mensyaratkan Z1 atau Dex VI td bisa dipake di Dex III)

Buat saya eman2 sih dikeluarin lagi itu Q8 MV, dipake aja dulu, klo ada anomali2 yg gak well, baru dikuras aja
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9807
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Suryaputra »

ariswp wrote: Sun Mar 06, 2022 7:06
Chr1stm1 wrote: Sun Mar 06, 2022 5:15 Sekilas info case:

Teman kantor pengguna grand avanza 2018, matic 4AT.
Kemarin kuras oli matic pake Q8, cuma salah tipe, krn ini harusnya pakai yg Auto JK, tapi dikuras pakai Auto MV.
Impresi awal sih enteng, tapi ga tau longtermnya...
Apakah aman yah setidaknya sampai 10rb km?

Dan pernah searching2 pds castrol transmax multivehicle, itu encer banget di 5,9 cst..ini bisa 2 efek, enteng atau selip..😂
Baca2 di bitog harusnya tetep aman sih, base oil yg bagus meskipun lebih encer tapi tetep mempertahankan keenceran dari baru dgn lebih baik
Pernah ada yg nulis misal dex III vs dex vi
Dex III ketika baru dituang cst kisaran 7.5 ketika mau diganti setelah 40rb ditest UOA cst drop ke 4.6
Sementara Dex VI ketika baru dituang cst 6 setelah 40rb ditest UOA cst dropnya ke 5.1
Deltanya lebih banyak yg DEX III tadi karena dari base dan aditif2 lainnya memang lebih bagus (lebih ketat) DEX VI tadi
Dan setahuku biasanya atf2 baru ini backward comptible (WS bisa dipake di matic TIV tdk swbaliknya, begitu juga DW1 bisa dipake di matic yg mensyaratkan Z1 atau Dex VI td bisa dipake di Dex III)

Buat saya eman2 sih dikeluarin lagi itu Q8 MV, dipake aja dulu, klo ada anomali2 yg gak well, baru dikuras aja
Yep ini proven.
Sy pakai lendir q8 (mesin)
Pakai 9800km

Pgn buktiin sendiri aja, Test lab oli baru dan oli lama di trakindo.

V100 baru : 8,4
V100 lama (setelah dihajar 9800km) : 8,7
Artinya: Amazingly visco nya stabil tetap di rentang w20.

Karakternya mirip spt UOA amsoil signature dan mobil 1
Yg bertebaran di bitog.

Maka dr itu, visco stabil, jd biar dah waktunya OCI
Tetap feelnya enak spt baru.

Ya intinya merk dan model mobil1, amsoil signature, q8 formula.
Ini emang base oil dan aditifnya istimewa :big_love:

So.. biar lebih pasti & klo mau valid, perlu diukur to be proven.
Dan klo mau ganti merk atf/cvtf, sekalian aja pakai merk keraton.
Atau tetap pakai genuine beres ajaa.

Drpd knp2.
Karena bbrp merk mobil, girboksnya inhouse made, kyk honda dan mazda.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

penasaran mau ngintip pulley n belt cvt gerobak GK ane, eh dapetnya final gear, diff, sama batang selector doang. itu dr fill plug yg di atas.

mungkin kl dr overfill plug keliatan kali belt nya. tp tadi males udah keringetan. atau mungkin borescope nya perlu upgrade nih sm yg bisa meliuk2 cantik :big_think:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Mar 06, 2022 3:32
DOHC wrote: Sun Mar 06, 2022 3:23



membingungkan publik... :big_bored:

owner, founder member, manajer, suplier, sales, kolektor DOHCGenuineOil kok pake hcf2?
itu karena lg dalam rangka studi banding , alias nyolong ilmu, nyolong resep, nyolong bahan, nyolong sgalanya
Omnibus wrote: Sun Mar 06, 2022 4:25
DOHC wrote: Sun Mar 06, 2022 3:23
itu bukan saya om

tapi mods CHZ tuh di civic turbo nya

kl saya tetep stick di HCF2 d hrv saya, ud jalan nyaris 140 rebu km, so far so good, ganti tiap 2 kali ganti oli ( 2 x 7000 km )
malah ngendors oli merk lain bukannya bantu pompom oli merk sendiri.

kerja rodi ai sbg marketing manager merangkap chief supply chain, jij sbg brand owner malah ugals begitu :big_bored: :big_bored: :big_bored:

buruan semedi lagi sono mbah biar dgo cvt segera lontjing :big_slap: :big_weee:
ini namanya taktik reverse marketing mbah

pertama ngendors merk laen dl, trus pelan2 selipin crita, blg ga bagus lah, ampas lah, cepet gosong lah

nahh baru deh kuarin si DGO atf multipurpose multivehicle multiusage kita ke market

jadinya orang2 ga berasa ud masup ke perangkap marketing kta
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by jnkr »

Om, ada yang sudah pakai ATF Q8 auto MV atau Valvoline maxlife ATF di ANPS dakarnya? Share donk gmn impresinya... [emoji846]
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ariswp »

jnkr wrote: Mon Mar 07, 2022 14:41 Om, ada yang sudah pakai ATF Q8 auto MV atau Valvoline maxlife ATF di ANPS dakarnya? Share donk gmn impresinya... [emoji846]
Tinggal sesuaikan dana aja, ada duit lebih sikat Q8 auto mv, duit agak mepet maxlife juga feedback di US sana pada suka (ini atf terlaris di US)

keduanya (Q8 auto MV sama maxlife botol merah) bisa dipake di 8at anps
Data pds, cst di temp 40 dan 100 derajat juga mirip2 (antara 28 dan 5.8 )
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1870
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sahabatq8 »

jnkr wrote: Mon Mar 07, 2022 14:41 Om, ada yang sudah pakai ATF Q8 auto MV atau Valvoline maxlife ATF di ANPS dakarnya? Share donk gmn impresinya... [emoji846]
Si Q8 sponsor rally dakar 2022, siapa tau abis ganti auto MV anps dakarnya jadi berasa kyk mobil balap :big_biglaugh:
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by jnkr »

ariswp wrote:
jnkr wrote: Mon Mar 07, 2022 14:41 Om, ada yang sudah pakai ATF Q8 auto MV atau Valvoline maxlife ATF di ANPS dakarnya? Share donk gmn impresinya... [emoji846]
Tinggal sesuaikan dana aja, ada duit lebih sikat Q8 auto mv, duit agak mepet maxlife juga feedback di US sana pada suka (ini atf terlaris di US)

keduanya (Q8 auto MV sama maxlife botol merah) bisa dipake di 8at anps
Data pds, cst di temp 40 dan 100 derajat juga mirip2 (antara 28 dan 5.8 )
Well noted om. Suwun
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by jnkr »

sahabatq8 wrote:
jnkr wrote: Mon Mar 07, 2022 14:41 Om, ada yang sudah pakai ATF Q8 auto MV atau Valvoline maxlife ATF di ANPS dakarnya? Share donk gmn impresinya... [emoji846]
Si Q8 sponsor rally dakar 2022, siapa tau abis ganti auto MV anps dakarnya jadi berasa kyk mobil balap :big_biglaugh:
Gaaas om gaaassss.... #wisatakuwaitgratis
sarwani
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sun Jul 26, 2015 6:33

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sarwani »

mo minta saran om semua, untuk fortuner VNT penggantian oli matik terakhir setahun lalu total 8 liter, pakai metode tap di pan dan lepas selang.. dulu pakai aisin AFW+ dan sekarang jalan 25.000

sekarang apakah cukup mengganti 4l saja di oilpan apa perlu ganti ke merek lain? mengingat akhir² ini AFW+ sudah jarang yg membahas .. terimakasih
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Chr1stm1 »

sarwani wrote: Wed Mar 09, 2022 22:42 mo minta saran om semua, untuk fortuner VNT penggantian oli matik terakhir setahun lalu total 8 liter, pakai metode tap di pan dan lepas selang.. dulu pakai aisin AFW+ dan sekarang jalan 25.000

sekarang apakah cukup mengganti 4l saja di oilpan apa perlu ganti ke merek lain? mengingat akhir² ini AFW+ sudah jarang yg membahas .. terimakasih
Upgrade atfnya ke amsoil atf tutup biru atau q8 auto MV, jamin smooth...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

sarwani wrote: Wed Mar 09, 2022 22:42 mo minta saran om semua, untuk fortuner VNT penggantian oli matik terakhir setahun lalu total 8 liter, pakai metode tap di pan dan lepas selang.. dulu pakai aisin AFW+ dan sekarang jalan 25.000

sekarang apakah cukup mengganti 4l saja di oilpan apa perlu ganti ke merek lain? mengingat akhir² ini AFW+ sudah jarang yg membahas .. terimakasih


cukup ganti yang di pan.
kalau mau ganti merk ya musti kuras total butuh mininal 8 liter lagi.

ada masalah nggak pakai afw+? misal dirasa kurang enak ya tinggal ganti ke merk lain yang lebih nyaman di hati.
kalau sudah cocok ya dilanjut saja dengan ganti yang di oil pan. jangan lupa fine tuning atf level kalau shifting mau sempurna.
sarwani
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sun Jul 26, 2015 6:33

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sarwani »

marmut wrote: Thu Mar 10, 2022 2:24
sarwani wrote: Wed Mar 09, 2022 22:42 mo minta saran om semua, untuk fortuner VNT penggantian oli matik terakhir setahun lalu total 8 liter, pakai metode tap di pan dan lepas selang.. dulu pakai aisin AFW+ dan sekarang jalan 25.000

sekarang apakah cukup mengganti 4l saja di oilpan apa perlu ganti ke merek lain? mengingat akhir² ini AFW+ sudah jarang yg membahas .. terimakasih


cukup ganti yang di pan.
kalau mau ganti merk ya musti kuras total butuh mininal 8 liter lagi.

ada masalah nggak pakai afw+? misal dirasa kurang enak ya tinggal ganti ke merk lain yang lebih nyaman di hati.
kalau sudah cocok ya dilanjut saja dengan ganti yang di oil pan. jangan lupa fine tuning atf level kalau shifting mau sempurna.
tidak ada masalah om, cuma istilah oli sapu jagat pada merk aisin agak² gimana gitu dengernya :mky_01:
padahal dulu pake AFW+ juga hasil dr baca² SM

oke..makasih sarannya om
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

sarwani wrote: Thu Mar 10, 2022 3:21
tidak ada masalah om, cuma istilah oli sapu jagat pada merk aisin agak² gimana gitu dengernya :mky_01:
padahal dulu pake AFW+ juga hasil dr baca² SM

oke..makasih sarannya om



cmiiw dan mohon maaf kalo saya salah ngerti, atf yang pake tulisan MV atawa multi vehicle, apa itu bukan sapujagat?
sarwani
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sun Jul 26, 2015 6:33

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sarwani »

marmut wrote: Thu Mar 10, 2022 4:04
sarwani wrote: Thu Mar 10, 2022 3:21
tidak ada masalah om, cuma istilah oli sapu jagat pada merk aisin agak² gimana gitu dengernya :mky_01:
padahal dulu pake AFW+ juga hasil dr baca² SM

oke..makasih sarannya om



cmiiw dan mohon maaf kalo saya salah ngerti, atf yang pake tulisan MV atawa multi vehicle, apa itu bukan sapujagat?
oh..sy bacanya sapujagat itu compatible dg spek matik apapun, bukan kendaraan apapun (MV), sy salah berarti.. mohon maaf 🙏 😊
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

sarwani wrote: Thu Mar 10, 2022 4:17

oh..sy bacanya sapujagat itu compatible dg spek matik apapun, bukan kendaraan apapun (MV), sy salah berarti.. mohon maaf 🙏 😊


sans om... saya juga masih belajar.

:beer:

kalo kompatibel dengan metik apapun sepertinya saya belum nemu.
cuman yang saya perhatikan adalah, metik 5 speed kebawah umumnya minta dex 3 atau kalo produsen oli nulisnya MV. di toyota kan atf pakenya antara t-iv (setara dex 3) atau ws (setara dex 6).
nah, yang 5 speed keatas, biasa ada tulisan LV (low viscosity) atau ada juga yang nyantumin (angka romawi) VI atau setara dex 6.
sarwani
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sun Jul 26, 2015 6:33

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sarwani »

marmut wrote: Thu Mar 10, 2022 4:40
sarwani wrote: Thu Mar 10, 2022 4:17

oh..sy bacanya sapujagat itu compatible dg spek matik apapun, bukan kendaraan apapun (MV), sy salah berarti.. mohon maaf 🙏 😊


sans om... saya juga masih belajar.

:beer:

kalo kompatibel dengan metik apapun sepertinya saya belum nemu.
cuman yang saya perhatikan adalah, metik 5 speed kebawah umumnya minta dex 3 atau kalo produsen oli nulisnya MV. di toyota kan atf pakenya antara t-iv (setara dex 3) atau ws (setara dex 6).
nah, yang 5 speed keatas, biasa ada tulisan LV (low viscosity) atau ada juga yang nyantumin (angka romawi) VI atau setara dex 6.
siap om.. makasih pencerahannya :beer:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1870
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by sahabatq8 »

marmut wrote: Thu Mar 10, 2022 4:40
sarwani wrote: Thu Mar 10, 2022 4:17

oh..sy bacanya sapujagat itu compatible dg spek matik apapun, bukan kendaraan apapun (MV), sy salah berarti.. mohon maaf 🙏 😊


sans om... saya juga masih belajar.

:beer:

kalo kompatibel dengan metik apapun sepertinya saya belum nemu.
cuman yang saya perhatikan adalah, metik 5 speed kebawah umumnya minta dex 3 atau kalo produsen oli nulisnya MV. di toyota kan atf pakenya antara t-iv (setara dex 3) atau ws (setara dex 6).
nah, yang 5 speed keatas, biasa ada tulisan LV (low viscosity) atau ada juga yang nyantumin (angka romawi) VI atau setara dex 6.
Kalo compatible dengan semua matik termasuk cvt dan dct sih gak ada. Tapi kalo yang comply dengan t-iv dan Toyota ws ada , contohnya Q8 Auto JK. Kalo MVnya Q8 low viscosity setara D VI .
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Omnibus »

marmut wrote: Thu Mar 10, 2022 4:40
..
kalo kompatibel dengan metik apapun sepertinya saya belum nemu.
dgo atf kompatibel dgn metik jenis apapun. :ungg:

kl dipake ke mobil yg perlu dex 6 n ternyata jeduk tinggal minta air mawar ke mbah delko aja siramin spy lbh encer. :mky_03:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

Omnibus wrote: Thu Mar 10, 2022 5:59
dgo atf kompatibel dgn metik jenis apapun. :ungg:

kl dipake ke mobil yg perlu dex 6 n ternyata jeduk tinggal minta air mawar ke mbah delko aja siramin spy lbh encer. :mky_03:


saya mau tulis itu tadinya, tapi uang promosi kemaren aja belon cair. gimana saya bisa promosi lagi mbah? sementara tagihan nasi pecel, nasi uduk, ketan urap, dan mie ayam sudah panjang daftarnya.... malu saya.
saya mau demo nanti malam jam 12.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Mar 10, 2022 5:59
marmut wrote: Thu Mar 10, 2022 4:40
..
kalo kompatibel dengan metik apapun sepertinya saya belum nemu.
dgo atf kompatibel dgn metik jenis apapun. :ungg:

kl dipake ke mobil yg perlu dex 6 n ternyata jeduk tinggal minta air mawar ke mbah delko aja siramin spy lbh encer. :mky_03:
marmut wrote: Thu Mar 10, 2022 6:16
Omnibus wrote: Thu Mar 10, 2022 5:59
dgo atf kompatibel dgn metik jenis apapun. :ungg:

kl dipake ke mobil yg perlu dex 6 n ternyata jeduk tinggal minta air mawar ke mbah delko aja siramin spy lbh encer. :mky_03:


saya mau tulis itu tadinya, tapi uang promosi kemaren aja belon cair. gimana saya bisa promosi lagi mbah? sementara tagihan nasi pecel, nasi uduk, ketan urap, dan mie ayam sudah panjang daftarnya.... malu saya.
saya mau demo nanti malam jam 12.
harap sabar

DGO atf FULL SYN multivehicle, multiviscosity, dex 99 lg mo ujian d deptamben, juru2 kunci, juru2 weton dulu

nanti kl ud kuar, lgs bsa di dapatkan di ayung ayung terdekat anda :big_weee: :big_weee: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Leonhart »

Greenhunter wrote: Sat Mar 05, 2022 13:11
sahabatq8 wrote: Sat Mar 05, 2022 11:56
Greenhunter wrote: Sat Mar 05, 2022 11:40 Para suhu, mau tanya apakah aisin AFW vi cocok untuk gantikan HCF2 di mobilio ? Kalau tidak cocok ada saran oli lain ? Selama ini hanya tahu hcf2 di beres
HCF2 kan oli CVT. Transmisi CVT seperti mobilio , jazz , civic, crv dll gak bisa dikasih oli ATF biasa seperti AFW VI, pakenya oli CVT.

Kalo mau coba yang bagusan bisa pake Q8 CVT EVO, exceed spec HCF 2
Q8 CVT overbudget.
Kalau pakai Aisin CFEX dibandingkan HCF2 bagaimana ?
Kebeneran ane udh 2 taon an pake aisin cfex buat gantiin hcf2

Ya tarikan lebih enak
Gk selip lagi kyk pk hcf2

Selain aisin cfex
Bisa juga coba ptt cvt automat tmen ane udah nyoba
Feeling mirip aisin cfex
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 530
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ariswp »

The real sapu jagat, transmisi gear AT sampe CVT dilahap
Bahkan klaimnya di PDS juga bisa dipake di ZF 8AT :big_slap:

cuma gak bisa dipake di CVT honda 2001-2007 models (asumsi ini honda GD/multimatic based yg pake cvtf fluid)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 852
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by well »

Mau share saja, oli cvt, ini penampakan drain ke 3 kilometer 50rb..
Drain pertama km 40rb-2,5ltr
Drain kedua km 45rb -2,5ltr
Drain ke 3 km 50rb 2,5 ltr
Aslinya sekali drain cm 1,6ltr, lebihnya dibuang saat buka baut..
Lumayan hitam tp tdk parah
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.