Page 115 of 117

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Mon Jun 13, 2022 10:33
by Chr1stm1
All new rush tetangga salah isi, harusnya q8 auto JK, ini masuknya q8 autoMV, secara 4at konven jadul harusnya autoJk, udah jalan bbrp bulan sejak awal 2022, baik2 aja sih ( isinya overfill pula )

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Mon Jun 13, 2022 10:51
by mnugra
sahabatq8 wrote:
ariswp wrote: Mon Jun 13, 2022 8:25 pernah baca statemen klo dexron vi itu backward kompatible di girbox dexron iii
tapi tidak dengan sebaliknya

di bitog pernah dibahas juga, meskipun dex vi lebih encer dibanding dex iii
tapi karena base udah beda, parameter yg dikejar juga lebih strict, tetep aja dex vi jadi lebih bisa mempertahankan viskositasnya

Misal dex iii cst awal di 7.5, setelah dipakai 20rb km cst udah turun ke 4.3
Sementara dex vi cst awal 6.1, setelah dipakai 20rb km cst turun ke 5.0

buat matic 4at mobil modern macem xpander pre fl dan all new ertiga 4at pun sudah diisi atf low visc dari sononya

Di US mulai ngetrend ATF ULV, soalnya tren maticnya udah 9AT-10AT di GM/ford/honda
itu cst awal di 4 koma sekian kecil
Setau saya dexron 6 itu pasti backward compatible dengan dexron 3 hanya di mobil GM (yang teruji). Kalo pabrikan mobil lain yang pakenya spek dexron mending ikut sesuai rekomendasi aja, kecuali emang udah pernah ada yang coba.
Dulu Temen saya pernah ada yang pake oli dexron 6 merek apa gitu di mobil eropa tua at 4 ato 5 speed, transmisinya rontok. Tapi gak jelas juga sih karena cairannya ato memang sebenernya udah bermasalah itu mobil.

Edit: apa jangan jangan dia 5 speed mt yang pake atf ya. Soalnya backward compatibility dexron 6 cuma untuk automatic transmission, kalo manual yang pake atf gak bisa.
Nah kasus gini sama kaya di E46 saya dgn tranny GM 5L40E, factory fill sama bmw nya itu oli spec 7045e yang berarti golongan oli 7-7.5 cst, tapi pabrikan tranny nya yaitu GM bilang bahwa dex vi bisa digunain / gantiin di line up tranny yg dulunya pake dex iii. Awalnya sempet bingung mau ikutin bmw atau yg buat tranny nya wkwkw tapi ngeliat diluaran sana udh banyak yg switch ke dex vi jadi ngerasa agak tenang

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Mon Jun 13, 2022 10:53
by mnugra
Oh iya, kalau dex vi yang approve licence sama yang ngga itu ada bedanya kah? semisal kaya valvo maxlife & afw vi, kalo afw vi kan ada licence number nya

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jun 14, 2022 1:58
by bryanguppiez
Chr1stm1 wrote: Mon Jun 13, 2022 10:33 All new rush tetangga salah isi, harusnya q8 auto JK, ini masuknya q8 autoMV, secara 4at konven jadul harusnya autoJk, udah jalan bbrp bulan sejak awal 2022, baik2 aja sih ( isinya overfill pula )
all new rush itu spek oli maticny apa ya? atf ws bukan?

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jun 14, 2022 2:00
by sahabatq8
bryanguppiez wrote: Tue Jun 14, 2022 1:58
Chr1stm1 wrote: Mon Jun 13, 2022 10:33 All new rush tetangga salah isi, harusnya q8 auto JK, ini masuknya q8 autoMV, secara 4at konven jadul harusnya autoJk, udah jalan bbrp bulan sejak awal 2022, baik2 aja sih ( isinya overfill pula )
all new rush itu spek oli maticny apa ya? atf ws bukan?
Masih T-IV

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jun 14, 2022 2:48
by josomba
Chr1stm1 wrote: Mon Jun 13, 2022 10:33 All new rush tetangga salah isi, harusnya q8 auto JK, ini masuknya q8 autoMV, secara 4at konven jadul harusnya autoJk, udah jalan bbrp bulan sejak awal 2022, baik2 aja sih ( isinya overfill pula )
berarti efek gaenak baru berasa kalau yg harusnya encer, diisi kental ya.

Saya pernah salah masukin spek atf, lemot n ganti gigi-nya berasa jedug-nya gitu...

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jun 14, 2022 4:05
by DOHC
josomba wrote: Tue Jun 14, 2022 2:48
Chr1stm1 wrote: Mon Jun 13, 2022 10:33 All new rush tetangga salah isi, harusnya q8 auto JK, ini masuknya q8 autoMV, secara 4at konven jadul harusnya autoJk, udah jalan bbrp bulan sejak awal 2022, baik2 aja sih ( isinya overfill pula )
berarti efek gaenak baru berasa kalau yg harusnya encer, diisi kental ya.

Saya pernah salah masukin spek atf, lemot n ganti gigi-nya berasa jedug-nya gitu...
Kl vice versa jg berefek mbah

1KR-JZGTE kita orang itu kan metik 4 spit jadul kuaran taon 80an, spek nya cuman dex 3, bahkan mekanisme perpindahan gigi nya masi model hidrolik , tp kita orang kasi asinan afw enem yg encer, jadinya tiap kl engage gigi dr p atau N ke D atau R, pasti ngejedug kenceng

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jun 14, 2022 4:11
by Chr1stm1
josomba wrote: Tue Jun 14, 2022 2:48
Chr1stm1 wrote: Mon Jun 13, 2022 10:33 All new rush tetangga salah isi, harusnya q8 auto JK, ini masuknya q8 autoMV, secara 4at konven jadul harusnya autoJk, udah jalan bbrp bulan sejak awal 2022, baik2 aja sih ( isinya overfill pula )
berarti efek gaenak baru berasa kalau yg harusnya encer, diisi kental ya.

Saya pernah salah masukin spek atf, lemot n ganti gigi-nya berasa jedug-nya gitu...
Kebanyakan spt itu, mirip oli mesin, keencerna dikit gpp, kalo kentel agak kerasa berat

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jun 14, 2022 4:12
by josomba
DOHC wrote: Tue Jun 14, 2022 4:05
Kl vice versa jg berefek mbah

1KR-JZGTE kita orang itu kan metik 4 spit jadul kuaran taon 80an, spek nya cuman dex 3, bahkan mekanisme perpindahan gigi nya masi model hidrolik , tp kita orang kasi asinan afw enem yg encer, jadinya tiap kl engage gigi dr p atau N ke D atau R, pasti ngejedug kenceng
i see mbah.

Ane pas nyentak2 gitu dulu lgsg parno, besoknya lgsg ganti lg ke oli kesukaan-nya mbah surya

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jun 14, 2022 4:13
by Chr1stm1
DOHC wrote: Tue Jun 14, 2022 4:05
josomba wrote: Tue Jun 14, 2022 2:48
Chr1stm1 wrote: Mon Jun 13, 2022 10:33 All new rush tetangga salah isi, harusnya q8 auto JK, ini masuknya q8 autoMV, secara 4at konven jadul harusnya autoJk, udah jalan bbrp bulan sejak awal 2022, baik2 aja sih ( isinya overfill pula )
berarti efek gaenak baru berasa kalau yg harusnya encer, diisi kental ya.

Saya pernah salah masukin spek atf, lemot n ganti gigi-nya berasa jedug-nya gitu...
Kl vice versa jg berefek mbah

1KR-JZGTE kita orang itu kan metik 4 spit jadul kuaran taon 80an, spek nya cuman dex 3, bahkan mekanisme perpindahan gigi nya masi model hidrolik , tp kita orang kasi asinan afw enem yg encer, jadinya tiap kl engage gigi dr p atau N ke D atau R, pasti ngejedug kenceng


Horor Hu...bisa amsyong itu maticnya..

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jun 14, 2022 6:13
by aspsilver
ignis di indonesia, semuanya pakai MT, AGS hanya modul robot untuk menggerakan transmisinya.
jadi pakai oli MT.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Tue Jun 14, 2022 8:11
by babam20
siang mbah,

barusan nemu di toped ada yg jual Eneos Touring Asia GL5 75W90 & katanya produksi taon 2021

bukannya Eneos udah ga produksi barang ini ya? trus ane liat di website indonesia, adanya yang 80W90

udah gitu di toped cuma ada 1 atau 2 toko yang jual oli ini, malah di offical storenya ga jual

mohon wejangan para mbah dimari...

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Jun 17, 2022 6:15
by Turboman
babam20 wrote:siang mbah,

barusan nemu di toped ada yg jual Eneos Touring Asia GL5 75W90 & katanya produksi taon 2021

bukannya Eneos udah ga produksi barang ini ya? trus ane liat di website indonesia, adanya yang 80W90

udah gitu di toped cuma ada 1 atau 2 toko yang jual oli ini, malah di offical storenya ga jual

mohon wejangan para mbah dimari...
Bohong itu

mau aman pakai SEIKEN 75W90 GL-5 aja

itu produksi terus

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Jun 17, 2022 6:24
by ariswp
aspsilver wrote: Tue Jun 14, 2022 6:13 ignis di indonesia, semuanya pakai MT, AGS hanya modul robot untuk menggerakan transmisinya.
jadi pakai oli MT.
Mau tanya om, jadi di AGS suzuki ada dua oli khan ya?
Satu oli transmisi MTnya (bisa pake oli MTF biasa) sama satu lagi oli aktuator AGS yg kecil, jadi yang oli aktuator AGS ini lifetime/tidak diganti selamanya?
Terima kasih

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Fri Jun 17, 2022 8:16
by aspsilver
iya bener, ada 2, oli transmisi pakai MTF biasa, pakai klasifikasi GL-4, GL -5 kurang cocok

Actuatornya suzuki sudah jual olinya. 500 rb/liter. sudah ada di toko online juga, harganya 500 an jg.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sun Jun 26, 2022 2:14
by kingpower
Kemarin abis service corolla cross hybrid 40rb km.

Minta ganti oli maticnya. Ga ngecek pake atf apa. Pas pulang cek bungkusan ternyata dikasih atf ws toyota. Padahal infonya ini transmisi cvt. Tadinya mau complaint, tapi pas cek manual book ternyata requirementnya atf ws. Cek di gugel pun sama mintanya atf ws, sementara yang non hybrid mintanya cvt fe. Aneh juga ya ternyata bisa beda req spec oli matic untuk hybrid dan non hybrid.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Sun Jun 26, 2022 2:24
by sahabatq8
kingpower wrote: Sun Jun 26, 2022 2:14 Kemarin abis service corolla cross hybrid 40rb km.

Minta ganti oli maticnya. Ga ngecek pake atf apa. Pas pulang cek bungkusan ternyata dikasih atf ws toyota. Padahal infonya ini transmisi cvt. Tadinya mau complaint, tapi pas cek manual book ternyata requirementnya atf ws. Cek di gugel pun sama mintanya atf ws, sementara yang non hybrid mintanya cvt fe. Aneh juga ya ternyata bisa beda req spec oli matic untuk hybrid dan non hybrid.
Iya om, hybridnya toyota memang agak beda sendiri cvtnya kalo ga salah maticnya camry hybrid juga pake ws

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Wed Jun 29, 2022 7:06
by Chr1stm1
Sore Guys, mau tanya efek kalo overfill oli gear AT gimana yah? Jadi avanza matic 2019 punya kantor baru flush di snd pakai shell apirax, cuma kalo liat dipstick kayaknya kelebihan setengah cm dari batas max..

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Wed Jun 29, 2022 7:10
by ariswp
Chr1stm1 wrote: Wed Jun 29, 2022 7:06 Sore Guys, mau tanya efek kalo overfill oli gear AT gimana yah? Jadi avanza matic 2019 punya kantor baru flush di snd pakai shell apirax, cuma kalo liat dipstick kayaknya kelebihan setengah cm dari batas max..
Kelebihan setengah cm harusnya aman sih
Saya pernah overfill yg harusnya 3-3.3 liter jadi 4 liter pas, masih aman (dipake 10rb km)
Ganti atf berikutnya baru disesuaikan 3liter

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Wed Jun 29, 2022 7:52
by ChZ
sekedar info utk honda HCF-2, aftermarketnya bisa pakai FK CVT B.

ini penggantinya "FK CVTF for Honda" yang tempo ari ane pernah post.

sekitar 160k/liter. kmaren abis isi di CRV. lbh mahal dari HCF-2 tapi klo ane sehh di enjin yang udah tuned lebih cocok yah. selipnya berkurang, lbh responsif jg. pke HCF-2 bawaan selip banget.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Wed Jun 29, 2022 9:58
by Suryaputra
ChZ wrote: Wed Jun 29, 2022 7:52 sekedar info utk honda HCF-2, aftermarketnya bisa pakai FK CVT B.

ini penggantinya "FK CVTF for Honda" yang tempo ari ane pernah post.

sekitar 160k/liter. kmaren abis isi di CRV. lbh mahal dari HCF-2 tapi klo ane sehh di enjin yang udah tuned lebih cocok yah. selipnya berkurang, lbh responsif jg. pke HCF-2 bawaan selip banget.
Saya malah kmrn beli dan br mau nyobain
Q8 CVT Evo

Seliter 165rb.

Nanti dishare gmn impresinya scr berkala.

Klo HCF2 ketika udah operating temp, apalagi suhu terik di luar, udh berasa banget selipnya lbh banyak.
Padahal cm mesin std 1500cc :big_biglaugh:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Wed Jun 29, 2022 12:28
by ChZ
Suryaputra wrote: Wed Jun 29, 2022 9:58 Saya malah kmrn beli dan br mau nyobain
Q8 CVT Evo

Seliter 165rb.

Nanti dishare gmn impresinya scr berkala.

Klo HCF2 ketika udah operating temp, apalagi suhu terik di luar, udh berasa banget selipnya lbh banyak.
Padahal cm mesin std 1500cc :big_biglaugh:
Wah iya mbah jauuuh bgt lebih stabil si FK klo panas terik. Dlu HCF2 di tap bau sangit bgt udah serem.

Makanya masuk akal ada user civic tuned yang blg "masa iya oli cvt disapu jagat dari brio ampe odessi sama semua, torquenya aja beda".

Yg penting asal ada kompatibel dengan hcf2 :mky_03: kiu eit cvt evo jg termasuk kl gak salah

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 30, 2022 1:26
by RezPrat
Chr1stm1 wrote: Wed Jun 29, 2022 7:06 Sore Guys, mau tanya efek kalo overfill oli gear AT gimana yah? Jadi avanza matic 2019 punya kantor baru flush di snd pakai shell apirax, cuma kalo liat dipstick kayaknya kelebihan setengah cm dari batas max..
InsyaAllah Aman Om, dulu matic Xenia ane jg overfilled. 4 tahun d pake aman aja, gak ada rasa aneh2. Pas tahun ketiga ane sempat sedot dikit dari dipstick. Selepas itu sama aja rasa nya.
Tp ane pake Toyota T-IV ya, kan dia lebih encer dari dex3.

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 30, 2022 1:35
by AbdulHakim
Suryaputra wrote: Wed Jun 29, 2022 9:58
ChZ wrote: Wed Jun 29, 2022 7:52 sekedar info utk honda HCF-2, aftermarketnya bisa pakai FK CVT B.

ini penggantinya "FK CVTF for Honda" yang tempo ari ane pernah post.

sekitar 160k/liter. kmaren abis isi di CRV. lbh mahal dari HCF-2 tapi klo ane sehh di enjin yang udah tuned lebih cocok yah. selipnya berkurang, lbh responsif jg. pke HCF-2 bawaan selip banget.
Saya malah kmrn beli dan br mau nyobain
Q8 CVT Evo

Seliter 165rb.

Nanti dishare gmn impresinya scr berkala.

Klo HCF2 ketika udah operating temp, apalagi suhu terik di luar, udh berasa banget selipnya lbh banyak.
Padahal cm mesin std 1500cc :big_biglaugh:
ini Q8 CVT Evo saya jg lagi pake di T32 om, udah jalan 6 bulan dari pergantian.
tapi saya cuma pake 4 liter aja, drain and refill, ga dikuras.
kalo kuras khan 8 liter kalo ga salah? nah konsekuensinya dompet ane yg ikut terkuras kalo gitu :big_cry:

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Posted: Thu Jun 30, 2022 2:25
by Chr1stm1
ac235287 wrote: Thu Jun 30, 2022 1:26
Chr1stm1 wrote: Wed Jun 29, 2022 7:06 Sore Guys, mau tanya efek kalo overfill oli gear AT gimana yah? Jadi avanza matic 2019 punya kantor baru flush di snd pakai shell apirax, cuma kalo liat dipstick kayaknya kelebihan setengah cm dari batas max..
InsyaAllah Aman Om, dulu matic Xenia ane jg overfilled. 4 tahun d pake aman aja, gak ada rasa aneh2. Pas tahun ketiga ane sempat sedot dikit dari dipstick. Selepas itu sama aja rasa nya.
Tp ane pake Toyota T-IV ya, kan dia lebih encer dari dex3.
Siap Mbah