Page 2 of 2

Re: Kapan harus ganti oli power steering??

Posted: Wed Oct 03, 2007 16:19
by PenyuTurbo
Risol1 wrote: Thanks bro penyu untuk tipsnya...gw mao coba ah di mobil gw weekend ini....
ini berlaku disemua mobil kan pak? :D
Tentu saja hanya mobil yang dilengkapi dengan Power Steering :lol:

Posted: Thu Oct 04, 2007 12:29
by calvin99
thx pak penyu.. weekend ini mau coba juga ah..haha gak mau kalah gini ama bro risol.. :lol:

jadi yang saya bisa simpulkan, rasa berdesir di setir itu akibat ada kotoran ya di olinya?
berarti kalo abis dikuras harusnya rasa berdesir ini ilang donk yah?kalo misalnya masih berasa apa ada kemungkinan kalo pompanya udah kena pak?

Posted: Thu Oct 04, 2007 14:06
by PenyuTurbo
calvin99 wrote:thx pak penyu.. weekend ini mau coba juga ah..haha gak mau kalah gini ama bro risol.. :lol:

jadi yang saya bisa simpulkan, rasa berdesir di setir itu akibat ada kotoran ya di olinya?
berarti kalo abis dikuras harusnya rasa berdesir ini ilang donk yah?kalo misalnya masih berasa apa ada kemungkinan kalo pompanya udah kena pak?
Konsekwensi kalau terlambat ganti oli PS secara teratur dan kontinu ... yaitu tadi PS Pump nya yang kena ... mudah mudahan kasus Bung Calvin99 ... cuman kotor aja ... harapannya begitu.

Re: Kapan harus ganti oli power steering??

Posted: Sun Nov 11, 2007 16:19
by r1210g
PenyuTurbo wrote: Caranya nguras DIY :

1. Buka tutup reservoir oli PS
2. Hisap (keluarkan) olinya dengan menggunakan selang atau pipet besar atau suntikan besar ... sampai asat.
3. Tuang/isi kembali dengan ATF Dexron III yang baru, kemudian pasang kembali tutupnya.
4. Start mesin dan biarkan idle selama 2 menit. Selama idle itu ... setir digerakkan mentok kekanan dan mentok kekiri. Pada saat mentok kekanan atau kekiri jangan lama-lama (3 s/d 5 detik) ... dilakukan berulang-ulang selama dua menit tadi.
5. Matikan Mesin.
6. Ulangi Prosedur 1 s/d 5 ... sampai 1 liter Oli ATF baru habis ... Oli PS akan menjadi bersih dan Fresh.

Catatan : Lebih baik mengganti/menguras oli PS secara teratur ... ketimbang problem di PS Pump dan atau Rack & Pinion nya hanya gara-gara oli PS nya Kotor.

Semoga membantu ..... dan bermanfaat.
Bung penyu...
Saya kemarin ini liat cara nguras oleh montir berbeda...
1. Buka tutup reservoir
2. Buka baut pengikat reservoir
3. Sebelumnya diberi penampung dibawahnya, lalu salah satu selang dilepaskan, yang menuju ke pompa P/S
4. Setelah semua lewat atau keluar, ambil ATF baru, masukin 1/2 nya, selang yang kebuka disumbat pake tangan
reservoir dimiringkan biar ATF baru masuk ke selang satunya.
5. Setir ke kiri kanan tapi ga banyak
6. Buang lagi
7. Pasang selang satunya
8. Isi dikit2 ATFnya
9. Setir dibantai habis kiri kanan, ATF dihabiskan.

Wah olinya yang lama hitam sekali, kayaknya ga pernah ganti sejak beli = 10th.. ga tau juga..
Sebelumnya kalo belok mentok, ada bunyi "deg".. Itu apa ya?
Tapi sejak ganti, ga pernah lagi begitu..
Setir lebih enteng..

Nah saya dah pelajari cara2nya, lalu mau saya coba sendiri di mobil satunya..
Yang saya mau tanya
1. Di reservoir ada 2 selang, yang mana yang dicabut ya? Selang yang 1 kmn? yang lain kmn? gmn cara bedainnya?
kalo pada mobil yang telah dikerjakan, terliha pompa P/Snya... Nah satu lagi mobil Honda yg ga kliatan pompanya dmn.
2. Cairannya ga apa2 kena tangan?
3. Mengapa sasis di bawah reservoir dan reservoir yang terkena oli bekas P/S, yg tadinya debunya tebal malah jadi bersih dan mengkilap? Apakah ini ga apa2? Koq bisa gitu ya? Terutama bagian bawah yang ga kena di lap..

Posted: Sun Nov 11, 2007 23:41
by Cloud
hei, hati-hati oli ps, agak keras, rasanya cenderung panas. kalo tangan sensitif bisa gatal-gatal, bahkan melepuh. Kalo gak sensitif n terbiasa, gak papa, tapi cepet2 dibersihkan, ok?

Posted: Mon Nov 12, 2007 3:34
by y_anjasrana
Berarti tiap berapa kali ganti oli mesin mesti ikutan ganti oli p/s tuh?

Wah... berarti kyknya oli p/s gw dah musti ganti kali ya.. Dah setaun lebih blom pernah ganti. Tapi masih enak sih... :D

Re:

Posted: Sat Sep 26, 2015 23:32
by nugroho bagor
y_anjasrana wrote:Berarti tiap berapa kali ganti oli mesin mesti ikutan ganti oli p/s tuh?

Wah... berarti kyknya oli p/s gw dah musti ganti kali ya.. Dah setaun lebih blom pernah ganti. Tapi masih enak sih... :D
Jadi sebaiknya tiap 20.000 km atau setahun ya afdolnya gantinya :ungg:

Re: Kapan harus ganti oli power steering??

Posted: Tue Oct 22, 2019 12:50
by sudahlah
Mau nanya oli power steering yang bagus pakai apa ya untuk avanza gen 1? Terus butuh berapa liter? Terima kasih

Re: Kapan harus ganti oli power steering??

Posted: Sun Sep 11, 2022 0:43
by suketcell
sudahlah wrote: Tue Oct 22, 2019 12:50 Mau nanya oli power steering yang bagus pakai apa ya untuk avanza gen 1? Terus butuh berapa liter? Terima kasih
Jadinya pake oli apa om?

Re: Kapan harus ganti oli power steering??

Posted: Thu Sep 29, 2022 4:15
by suketcell
PenyuTurbo wrote: Wed Oct 03, 2007 15:58
calvin99 wrote:guys, mau tanya nih. biasanya itu tiap brapa puluh ribu sih oli PS harus diganti?
mobil gw ud jalan 5 taon, dari baru blom pernah ganti itu oli PS. efeknya apa ya?
akhir2 ini di setir kalo dirasakan pake tangan itu kaya ada yg "berdesir" & kalo belok patah juga ada rasa kaya gitu di tangan. itu knapa ya? apa pompa PSnya ud lemah? ato emg cuma harus ganti PS fluid aja?

thx
Oli PS itu juga akan mengalami degradasi ... ada satu waktu oli PS ini kepanasan dan akan teroksidasi membentuk kotoran (kerak) ... Supaya PS pump Awet dan stir tuned terus ... ada baiknya dikuras setiap 20.000 km ... paling banter hanya menggunakan 1 liter untuk menguras.

Jika menggunakan ATF sebagai oli PS ... maka pilih ATF dengan spec DEXRON III ... oli ATF ini cukup murah ... sekitar 27rb s/d 30rb ... gak perlu yang mahal-mahal.

Caranya nguras DIY :

1. Buka tutup reservoir oli PS
2. Hisap (keluarkan) olinya dengan menggunakan selang atau pipet besar atau suntikan besar ... sampai asat.
3. Tuang/isi kembali dengan ATF Dexron III yang baru, kemudian pasang kembali tutupnya.
4. Start mesin dan biarkan idle selama 2 menit. Selama idle itu ... setir digerakkan mentok kekanan dan mentok kekiri. Pada saat mentok kekanan atau kekiri jangan lama-lama (3 s/d 5 detik) ... dilakukan berulang-ulang selama dua menit tadi.
5. Matikan Mesin.
6. Ulangi Prosedur 1 s/d 5 ... sampai 1 liter Oli ATF baru habis ... Oli PS akan menjadi bersih dan Fresh.

Catatan : Lebih baik mengganti/menguras oli PS secara teratur ... ketimbang problem di PS Pump dan atau Rack & Pinion nya hanya gara-gara oli PS nya Kotor.

Semoga membantu ..... dan bermanfaat.
Numpang tanya om..
Step no 6, ini berarti butuh 2 L kalo kuras?
Rencana pake Prestone PS Fluid sekitar 50k/pcs(946cc
Buat avnza, warna putih/merah/merah lama?
=> ini bedanya cuma d warna aja/gimana?

Apakah ada pilihan lain d harga segitu?

Sekalian tanya, kalo Brake Oil, mau ambil Prestone juga, +/- 65k, Udah cukup kah?
Butuh 2L buat kuras?
Haturnuhun

Re: Kapan harus ganti oli power steering??

Posted: Thu Sep 29, 2022 4:58
by semarnanjak
suketcell wrote: Thu Sep 29, 2022 4:15
PenyuTurbo wrote: Wed Oct 03, 2007 15:58
calvin99 wrote:guys, mau tanya nih. biasanya itu tiap brapa puluh ribu sih oli PS harus diganti?
mobil gw ud jalan 5 taon, dari baru blom pernah ganti itu oli PS. efeknya apa ya?
akhir2 ini di setir kalo dirasakan pake tangan itu kaya ada yg "berdesir" & kalo belok patah juga ada rasa kaya gitu di tangan. itu knapa ya? apa pompa PSnya ud lemah? ato emg cuma harus ganti PS fluid aja?

thx
Oli PS itu juga akan mengalami degradasi ... ada satu waktu oli PS ini kepanasan dan akan teroksidasi membentuk kotoran (kerak) ... Supaya PS pump Awet dan stir tuned terus ... ada baiknya dikuras setiap 20.000 km ... paling banter hanya menggunakan 1 liter untuk menguras.

Jika menggunakan ATF sebagai oli PS ... maka pilih ATF dengan spec DEXRON III ... oli ATF ini cukup murah ... sekitar 27rb s/d 30rb ... gak perlu yang mahal-mahal.

Caranya nguras DIY :

1. Buka tutup reservoir oli PS
2. Hisap (keluarkan) olinya dengan menggunakan selang atau pipet besar atau suntikan besar ... sampai asat.
3. Tuang/isi kembali dengan ATF Dexron III yang baru, kemudian pasang kembali tutupnya.
4. Start mesin dan biarkan idle selama 2 menit. Selama idle itu ... setir digerakkan mentok kekanan dan mentok kekiri. Pada saat mentok kekanan atau kekiri jangan lama-lama (3 s/d 5 detik) ... dilakukan berulang-ulang selama dua menit tadi.
5. Matikan Mesin.
6. Ulangi Prosedur 1 s/d 5 ... sampai 1 liter Oli ATF baru habis ... Oli PS akan menjadi bersih dan Fresh.

Catatan : Lebih baik mengganti/menguras oli PS secara teratur ... ketimbang problem di PS Pump dan atau Rack & Pinion nya hanya gara-gara oli PS nya Kotor.

Semoga membantu ..... dan bermanfaat.
Numpang tanya om..
Step no 6, ini berarti butuh 2 L kalo kuras?
Rencana pake Prestone PS Fluid sekitar 50k/pcs(946cc
Buat avnza, warna putih/merah/merah lama?
=> ini bedanya cuma d warna aja/gimana?

Apakah ada pilihan lain d harga segitu?

Sekalian tanya, kalo Brake Oil, mau ambil Prestone juga, +/- 65k, Udah cukup kah?
Butuh 2L buat kuras?
Haturnuhun
numpang jawab om, kebetulan kemarin habis ganti oli PS & oli rem, mobil innova reborn.

kemarin saya pake oli ATF yg comply Dexron III (sesuai buku manual). kalo di saya 1 liter udah cukup, cuman kalau pengen lebih bersih bisa pake 2 liter sekalian. ini baru pertama kali kuras dari baru (mobil jalan 45rb km).

brake fluid kemarin juga butuh 1 botol aja dan masih sisa dikit karena oli lama masih keliatan bersih jadi ngga perlu kuras yg ekstra. brake fluid saya rutin ganti tiap 2 tahun/20.000 km.

Re: Kapan harus ganti oli power steering??

Posted: Fri Sep 30, 2022 2:58
by suketcell
semarnanjak wrote: Thu Sep 29, 2022 4:58 numpang jawab om, kebetulan kemarin habis ganti oli PS & oli rem, mobil innova reborn.

kemarin saya pake oli ATF yg comply Dexron III (sesuai buku manual). kalo di saya 1 liter udah cukup, cuman kalau pengen lebih bersih bisa pake 2 liter sekalian. ini baru pertama kali kuras dari baru (mobil jalan 45rb km).

brake fluid kemarin juga butuh 1 botol aja dan masih sisa dikit karena oli lama masih keliatan bersih jadi ngga perlu kuras yg ekstra. brake fluid saya rutin ganti tiap 2 tahun/20.000 km.
kalo avanza 05 manual, pake Power Steering Fluid bisa yak?
Apa harus ATF dexron III?
ga tau pemilik sebelume pake apa

Siap om, 1 botol Brake Fluid

Re: Kapan harus ganti oli power steering??

Posted: Fri Sep 30, 2022 4:03
by semarnanjak
suketcell wrote: Fri Sep 30, 2022 2:58
semarnanjak wrote: Thu Sep 29, 2022 4:58 numpang jawab om, kebetulan kemarin habis ganti oli PS & oli rem, mobil innova reborn.

kemarin saya pake oli ATF yg comply Dexron III (sesuai buku manual). kalo di saya 1 liter udah cukup, cuman kalau pengen lebih bersih bisa pake 2 liter sekalian. ini baru pertama kali kuras dari baru (mobil jalan 45rb km).

brake fluid kemarin juga butuh 1 botol aja dan masih sisa dikit karena oli lama masih keliatan bersih jadi ngga perlu kuras yg ekstra. brake fluid saya rutin ganti tiap 2 tahun/20.000 km.
kalo avanza 05 manual, pake Power Steering Fluid bisa yak?
Apa harus ATF dexron III?
ga tau pemilik sebelume pake apa

Siap om, 1 botol Brake Fluid
kalau power steering fluid harusnya bisa bisa aja om. kalo saya pake atf dexron III semata mata cuma ngikut di buku manualnya. kalau mau yakin coba cek aja di bku manualnya avanza om. tapi feeling saya sih harusnya sama speknya.

Re: Kapan harus ganti oli power steering??

Posted: Mon Nov 07, 2022 5:50
by suketcell
semarnanjak wrote: Fri Sep 30, 2022 4:03
suketcell wrote: Fri Sep 30, 2022 2:58
semarnanjak wrote: Thu Sep 29, 2022 4:58 numpang jawab om, kebetulan kemarin habis ganti oli PS & oli rem, mobil innova reborn.

kemarin saya pake oli ATF yg comply Dexron III (sesuai buku manual). kalo di saya 1 liter udah cukup, cuman kalau pengen lebih bersih bisa pake 2 liter sekalian. ini baru pertama kali kuras dari baru (mobil jalan 45rb km).

brake fluid kemarin juga butuh 1 botol aja dan masih sisa dikit karena oli lama masih keliatan bersih jadi ngga perlu kuras yg ekstra. brake fluid saya rutin ganti tiap 2 tahun/20.000 km.
kalo avanza 05 manual, pake Power Steering Fluid bisa yak?
Apa harus ATF dexron III?
ga tau pemilik sebelume pake apa

Siap om, 1 botol Brake Fluid
kalau power steering fluid harusnya bisa bisa aja om. kalo saya pake atf dexron III semata mata cuma ngikut di buku manualnya. kalau mau yakin coba cek aja di bku manualnya avanza om. tapi feeling saya sih harusnya sama speknya.
Masalahnya kagak punya buku manual... :big_cry:
Rekom warna merah / bening om?

Re: Kapan harus ganti oli power steering??

Posted: Mon Nov 07, 2022 8:22
by semarnanjak
suketcell wrote: Mon Nov 07, 2022 5:50
semarnanjak wrote: Fri Sep 30, 2022 4:03
suketcell wrote: Fri Sep 30, 2022 2:58

kalo avanza 05 manual, pake Power Steering Fluid bisa yak?
Apa harus ATF dexron III?
ga tau pemilik sebelume pake apa

Siap om, 1 botol Brake Fluid
kalau power steering fluid harusnya bisa bisa aja om. kalo saya pake atf dexron III semata mata cuma ngikut di buku manualnya. kalau mau yakin coba cek aja di bku manualnya avanza om. tapi feeling saya sih harusnya sama speknya.
Masalahnya kagak punya buku manual... :big_cry:
Rekom warna merah / bening om?
menurut saya aman-aman aja om kalau pake PSF yang merknya jelas.
warna sesuai selera om. kalo saya sih kemarin merah, pertimbangannya biar warnanya sama kayak oli bawaannya.