Problem SX4

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

ada update nih: kemaren beli pivot raizin Volt stabilizer dan earth wire, setelah dipasang, saya merasakan beberpa hal:
1. mesin jadi lebih stabil stasionernya, kalo biasanya naik turun antara 700 - 900 RPM kali ini manteng anteng di 750 an rpm, naik turun pun hanya paling 50 RPM.
2. starter lebih gampang, berasa beda terutama jika start di kondisi mesin dingin.
3. torsi bawah agak bertambah, suara gluduk2 di rpm bawah berkurang, meskipun tidak hilang
4. audio lebih bening suaranya.
5. klakson lebih bulet suaranya.

kesimpulan gw menyangkut suara gluduk gluduk sesuai threat ini, terjadi jika tenaga mesin kurang di low RPM, kalo di perbaiki torsi di low RPM masalah nya akan terselesaikan. yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya naikin torsi tanpa keluar biaya ekstra, kalo bisa suzuki yang remap ulang prog ECU supaya tenaga bawah bertambah...

demikian sekilas info
Tedsx4
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Tue Jun 19, 2007 1:04

Post by Tedsx4 »

Gimana neh Suzuki?? mobil gue udah jalan 4000 km tapi masih bunyi gluduk gluduk, udah gitu ditambah lagi di gigi 3 persenelingnya bunyi kalo dipegang persenelingnya bunyinya ilang
skhang
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Aug 22, 2007 4:38

Post by skhang »

bung piterr, jadi pasangin volt stabilizer ngebantu ya. harganya berapa tuh? aku punya udah sampai 5000an kadang masih suka drop rpmnya. kadang dibawah 500rpm. tapi gak nentu, kadang normal. jadi waktu ngelepas kopling kudu ngimbangin deh ama gas. Tapi kayaknya emang kayak voltagenya kurang daya kali ya...??? [/i][/u][/b]
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Post by id-grand-vitara »

skhang wrote:bung piterr, jadi pasangin volt stabilizer ngebantu ya. harganya berapa tuh? aku punya udah sampai 5000an kadang masih suka drop rpmnya. kadang dibawah 500rpm. tapi gak nentu, kadang normal. jadi waktu ngelepas kopling kudu ngimbangin deh ama gas. Tapi kayaknya emang kayak voltagenya kurang daya kali ya...??? [/i][/u][/b]
Menurut orang bengkel Suzuki PI, SX-4 emang settingan idle-nya di 500 RPM dari ECU-nya. Hal ini uda dimintakan ke jepang agar dirubah ke 600, tapi jepangnya ndak mau... di jepang bensinnya mungkin kualitas no 1, jadi idle di 500 RPM mungkin ndak jadi masalah, tapi bensin di indo kan tau sendiri...
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Post by maxx »

id-grand-vitara wrote:
skhang wrote:bung piterr, jadi pasangin volt stabilizer ngebantu ya. harganya berapa tuh? aku punya udah sampai 5000an kadang masih suka drop rpmnya. kadang dibawah 500rpm. tapi gak nentu, kadang normal. jadi waktu ngelepas kopling kudu ngimbangin deh ama gas. Tapi kayaknya emang kayak voltagenya kurang daya kali ya...??? [/i][/u][/b]
Menurut orang bengkel Suzuki PI, SX-4 emang settingan idle-nya di 500 RPM dari ECU-nya. Hal ini uda dimintakan ke jepang agar dirubah ke 600, tapi jepangnya ndak mau... di jepang bensinnya mungkin kualitas no 1, jadi idle di 500 RPM mungkin ndak jadi masalah, tapi bensin di indo kan tau sendiri...
Wadow.. repot dong.. mungkin mesin bergetar krn RPM idle terlalu rendah sedangkan kualitas bensinnya kurang baik.. jadinya idle ga stabil.. alias geter2 mesin mo mati .. spt orang batuk ringan... ya jelas aja deh mesin bergetar terus... kalo pake pertamax gimana?.. apakah getarnya berkurang? ... atau malah udah pakai pertamax? :shock:

Memangnya kalo idle RPM minta stel dinaikkan jadi 750RPM ga bisa?.. kenapa harus di 500 RPM kalo bikin mesin bergetar abnormal? :shock:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
buayamankid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: Sat Oct 07, 2006 9:19
Location: jakbar

Post by buayamankid »

emang kapan SX4 keluar CKD nya?btw kapan nich ada second nya,pingin beli tapi yang second aja dech.
jaul parfum murah bermerek dengan kualitas yang bagus,bersegel,wangi sama,botol sama,bersegel dengan harga 30 ribu- 45 ribu
http://www.parfum-murah.blogspot.com
naldo

Post by naldo »

Sebenernya si pake volt stabilizer juga nolong dikit aja. Saya tau yang SX4 manual memang gasnya harus agak gede, karena Gw pke mobil kantor bokap gak ada masalah selama ini untuk yang manual, kalau di imbangi gas yang besar sekitar sebelum melepas kopling, di imbangi sekitar 2000RPM keatas n baru lepas koplingnya. Terus yang masalah gigi 3, itu memang sedikit di rasakan di mobil kantor bokap, tetapi rasanya ini faktor bensin di indo juga karena kalau lagi tanggung n gas abis pasti akan terjadi sedikit ndut2an, ya ini karena faktor bensin lagi(pake premium). Tetapi overall yang manual gw suka karena ganas. Tarik2an ma mini cooper yang 1.6supercharged, dalam kota, nyaris sebanding. Pernah coba.

Terus, SX4 sedan akan keluar pada januari/febuari. SX4 crossover CKD, keluar pada bulan mei/juni 2008. Untuk SX4 sedan/crossover, sama sekali tidak ada penurunan spec. Semua tetep ada seperti MID, velg 16", ABS-EBD-Airbag. Semua sama n yang sedan memakai disc brake/rem cakram untuk roda belakang, tetapi ini untuk yang SX4 sedan atau yang di sebut New Baleno. Ini sekedar bocoran aja buat konsumen karena SX4 crossover indennya sudah sampai bulan april 2008. Ya memang lama, tetapi nanti yang CKD produksinya bisa lebih dari yang sekarang di import dari Jepang, karena sekarang ini cuma dapet stock 400Unit perbulan dari jepang, karena permintaan di Eropa n Australia yang besar.
Btw, bagaimana dengan new baleno? pada suka modelnya? Nanti semuanya akan di produksi di indonesia n produksi indo juga akan buat negara2 asia lainnya, tetapi prioritas akan tetap besar untuk konsumen Indonesia
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

naldo wrote:Sebenernya si pake volt stabilizer juga nolong dikit aja. Saya tau yang SX4 manual memang gasnya harus agak gede, karena Gw pke mobil kantor bokap gak ada masalah selama ini untuk yang manual, kalau di imbangi gas yang besar sekitar sebelum melepas kopling, di imbangi sekitar 2000RPM keatas n baru lepas koplingnya. Terus yang masalah gigi 3, itu memang sedikit di rasakan di mobil kantor bokap, tetapi rasanya ini faktor bensin di indo juga karena kalau lagi tanggung n gas abis pasti akan terjadi sedikit ndut2an, ya ini karena faktor bensin lagi(pake premium). Tetapi overall yang manual gw suka karena ganas. Tarik2an ma mini cooper yang 1.6supercharged, dalam kota, nyaris sebanding. Pernah coba.

Terus, SX4 sedan akan keluar pada januari/febuari. SX4 crossover CKD, keluar pada bulan mei/juni 2008. Untuk SX4 sedan/crossover, sama sekali tidak ada penurunan spec. Semua tetep ada seperti MID, velg 16", ABS-EBD-Airbag. Semua sama n yang sedan memakai disc brake/rem cakram untuk roda belakang, tetapi ini untuk yang SX4 sedan atau yang di sebut New Baleno. Ini sekedar bocoran aja buat konsumen karena SX4 crossover indennya sudah sampai bulan april 2008. Ya memang lama, tetapi nanti yang CKD produksinya bisa lebih dari yang sekarang di import dari Jepang, karena sekarang ini cuma dapet stock 400Unit perbulan dari jepang, karena permintaan di Eropa n Australia yang besar.
Btw, bagaimana dengan new baleno? pada suka modelnya? Nanti semuanya akan di produksi di indonesia n produksi indo juga akan buat negara2 asia lainnya, tetapi prioritas akan tetap besar untuk konsumen Indonesia
thanks bocorannya bro naldo. :D
batchmania
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri May 18, 2007 12:10

Post by batchmania »

naldo wrote: SX4 sedan atau yang di sebut New Baleno. Ini sekedar bocoran aja buat konsumen karena SX4 crossover indennya sudah sampai bulan april 2008.
ga kapok pake nama baleno? lagian baleno next g kan tuh gatot, harga 2ndnya juga terjun bebas. mana mau orang beli dgn bayang2 baleno nextg.
lebih baik tetep pake nama sx4, varian jelas hatchback dan sedan. udah jelas laku dunk
naldo

Post by naldo »

Tetap pke nama baleno. Karena nama baleno itu sudah digunakan di indonesia sejak tahun 1996 dimana penjualannya meningkat jauh dari biasanya. Lagian tidak nyambung bila memakai nama SX4 sedan di indonesia, pasti akan menggunakan baleno. Jangan disamakan dengan baleno next-g, because this is totally new car. Itu adalah baleno next g not new baleno. So, namanya akan baleno, karena pelopor sedan kecil dibawah 200juta untuk produk suzuki di indonesia adalah baleno. Ini juga untuk membedakan dengan SX4, apalagi pernah ada yang bilang di forum ini, kenapa suzuki mulai menghilangkan produk2 lamanya? Padahal nanti juga akan ada new baleno n new aerio.
Ngk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Mon Sep 24, 2007 10:25

Post by Ngk »

dulu saya naksir abis ma SX4 en mo beli, indentnya lama en kata temen BCA Financing jelek, masih gak percaya sih, kini beli GV Manual, eh dua2nya ternyata bermasalah di transmisi. Suzuki sdh dikirim email kaga dibalas-balas, sptnya untuk mobil mumer (Murah-meriah) kelas 1000an cc Suzuki diakui jago tapi diatas itu, kalah ma Toyota, Nisan en Honda, terutama dari quality of produk en image, duh... ,mungkin recal terjadi ketika sudah deket mo abis ato rusak dah parah
User avatar
buayamankid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: Sat Oct 07, 2006 9:19
Location: jakbar

Post by buayamankid »

waduh CKD nya keluar juga nich,apa nanti harganya turun drastis.
jaul parfum murah bermerek dengan kualitas yang bagus,bersegel,wangi sama,botol sama,bersegel dengan harga 30 ribu- 45 ribu
http://www.parfum-murah.blogspot.com
edo123
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Nov 01, 2007 6:47

Post by edo123 »

Hi SX4 mania,
ada yang punya pengalaman pake SX4 matic, boleh tau bagaimana konsumsi bahan bakarnya. Denger2x selentingan kabar agak boros ya. 1 liter untuk 8km. Bener nggak sieh...
Wah kalau bener, minum juga tu mobil yaaa....
Ditunggu tanggapannya.
edo123
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Nov 01, 2007 6:47

Konsumsi bahan bakar SX4 matic

Post by edo123 »

--------------------------------------------------------------------------------

Hi SX4 mania,
ada yang punya pengalaman pake SX4 matic, boleh tau bagaimana konsumsi bahan bakarnya. Denger2x selentingan kabar agak boros ya. 1 liter untuk 8km. Bener nggak sieh...
Wah kalau bener, minum juga tu mobil yaaa....
Ditunggu tanggapannya
naldo

Post by naldo »

Siapa yang bilang bro edo123, SX4 matic boros dalam kota 1:8? Saya aja pke punya kantor bokap terus2an 1:10-1:11, lebih irit dibanding honda Jazz I-DSI, yang mengklaim bisa 1:20(ukuran orang awam yang menyetir). Rata2 yang pke SX4 pada bilang irit. Sedangkan temen pke jazz i-dsi maupun vtec, cuma bisa dapet dalam kota 1:7-1:9. SX4 pernah seirit-iritnya pke, 1:16.5, itu pun tol dalam kota. Ini fakta ya n bukan mau menjelek2an Jazz, tapi bukti.
naldo

Post by naldo »

Siapa yang bilang bro edo123, SX4 matic boros dalam kota 1:8? Saya aja pke punya kantor bokap terus2an 1:10-1:11, lebih irit dibanding honda Jazz I-DSI, yang mengklaim bisa 1:20(ukuran orang awam yang menyetir). Rata2 yang pke SX4 pada bilang irit. Sedangkan temen pke jazz i-dsi maupun vtec, cuma bisa dapet dalam kota 1:7-1:9. SX4 pernah seirit-iritnya pke, 1:16.5, itu pun tol dalam kota. Ini fakta ya n bukan mau menjelek2an Jazz, tapi bukti.
naldo

Post by naldo »

Siapa yang bilang bro edo123, SX4 matic boros dalam kota 1:8? Saya aja pke punya kantor bokap terus2an 1:10-1:11, lebih irit dibanding honda Jazz I-DSI, yang mengklaim bisa 1:20(ukuran orang awam yang menyetir). Rata2 yang pke SX4 pada bilang irit. Sedangkan temen pke jazz i-dsi maupun vtec, cuma bisa dapet dalam kota 1:7-1:9. SX4 pernah seirit-iritnya pke, 1:16.5, itu pun tol dalam kota. Ini fakta ya n bukan mau menjelek2an Jazz, tapi bukti.
dion
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Tue May 01, 2007 7:58

Post by dion »

ya jelas dong bro, jazz teknologi 4 tahun silam sedangkan sx4 baru kemarin keluar. kalo lebih boros dari jazz itu baru aneh
batchmania
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri May 18, 2007 12:10

Post by batchmania »

Dulu gw pake manual rata2 dapet 1:11,5 buat dalem kota, campuran jalan biasa dan tol dalkot.
Pernah lagi macet parah di fatmawati gw reset MID dari best. trus jalan macet sampe blok m, di MID 1:4
kalau tol betul bisa 1:16. Susahlah nentuin fc dalkot, karena macet juga macem2, ada yg macet parah ada
yg macet2an dll. yang bisa cuman average, itupun tergantung rute masing2 orang juga.
edo123
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Thu Nov 01, 2007 6:47

Post by edo123 »

Thanks ya Aldo. Membuat saya semakin yakin dengan pilihan saya. Soalnya akhir bulan ini mobil pesanan 'ku akan datang. Trims atas infor dan pengalamannya. Bravoo SX4.....
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Bro naldo,
SX4 jd ga di produksi di Indo?
naldo

Post by naldo »

Juni/Juli 2008 mulai CKD di indo tapi tidak ada penurunan spec. Nanti farian SX4 akan menjadi banyak. Tunggu saja.
Sekarang masih CBU, tapi inden sampai april 2008 karena stock per bulan cuma 400unit dari jepang. Nanti produksi sini, 800-1000unit.
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Bro naldo, kalo di produksi sini, bakal ada varian yg AWD ga?
User avatar
Sugie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
Location: Look at your rear view mirror

Post by Sugie »

Suzuki menawarkan varian mesin diesel untuk crossover SX4 dengan kapasitas 1.6 DDiS di Inggris. Mesin yang dipasok Peugeot ini menjadi mesin diesel kedua untuk SX4, melengkapi mesindiesel 1.9 DDiS.

Mesin ini dipasangkan dengan gearbox 5-MT dan menggunakan system penggerak roda depan. Konsumsi bahan bakarnya 53.3mpg (4.4 liter/100km) dan emisi CO2 sebanyak 139g/km. Akselerasi 0 – 100km/jam dalam 12.2 detik dan top speed bisa mencapai 175km/jam.

Mesin 1.6DDiS menawarkan kombinasi pengendaraan responsif, dinamis, praktis dan gaya yang menarik. Kelengkapannya termasuk AC, alloy wheel berukuran 16inch, lampu kabut dan harganya dipatok £11,999 on-the road (Rp 229 juta).
User avatar
buayamankid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: Sat Oct 07, 2006 9:19
Location: jakbar

Post by buayamankid »

kalo sx4 ckd keluar kira2 baru nya berapa ya??apa sama dengan CBU nya,kan ga ada penurunan spec nich..
jaul parfum murah bermerek dengan kualitas yang bagus,bersegel,wangi sama,botol sama,bersegel dengan harga 30 ribu- 45 ribu
http://www.parfum-murah.blogspot.com